المستدرك

Al-Mustadrak

Al-Mustadrak #391

المستدرك ٣٩١: حَدَّثَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ تَمِيمٍ الْأَصَمُّ، بِبَغْدَادَ، ثنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ شَاكِرٍ، ثنا خَالِدُ بْنُ يَزِيدَ الْقَرَنِيُّ، ثنا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يَجْمَعُ اللَّهُ هَذِهِ الْأُمَّةَ عَلَى الضَّلَالَةِ أَبَدًا» وَقَالَ: «يَدُ اللَّهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ فَاتَّبِعُوا السَّوَادَ الْأَعْظَمَ، فَإِنَّهُ مَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ» . «خَالِدُ بْنُ يَزِيدَ الْقَرَنِيُّ هَذَا شَيْخٌ قَدِيمٌ لِلْبَغْدَادِيِّينَ، وَلَوْ حَفِظَ هَذَا الْحَدِيثَ لَحَكَمْنَا لَهُ بِالصِّحَّةِ، وَالْخِلَافُ الثَّانِي فِيهِ عَلَى الْمُعْتَمِرِ

Al Mustadrak 391: Abu Al Husain Muhammad bin Ahmad bin Tamim Al Asham menceritakan kepada kami di Baghdad, Ja'far bin Muhammad bin Syakir menceritakan kepada kami, Khalid bin Yazid Al Qarni menceritakan kepada kami, Al Mu'tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Abdullah bin Dinar, dari ibnu Umar, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan menghimpun umat im di atas kesesatan selamanya" Beliau juga bersabda, “Tangan Allah di atas jamaah, maka ikutilah jumlah mayoritas yang terbesar, karena barangsiapa menyendiri (memisahkan diri dari jamaah), maka dia akan menyendiri di neraka.” Khalid bin Yazid Al Qami adalah seorang syaikh yang tua bagi orang-orang Baghdad. Seandainya dia hapal hadits ini, tentu kami akan menyatakan bahwa hadits ini shahih. Kontradiksi Kedua tentang Al Mu'tamir adalah:

Al-Mustadrak #392

المستدرك ٣٩٢: حَدَّثَنَاهُ أَبُو إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ، ثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، ثنا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، حَدَّثَنِي أَبُو سُفْيَانَ الْمَدِينِيُّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يَجْمَعُ اللَّهُ هَذِهِ الْأُمَّةَ عَلَى الضَّلَالَةِ أَبَدًا، وَيَدُ اللَّهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ فَمَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ» . «وَالْخِلَافُ الثَّالِثُ فِيهِ عَلَى الْمُعْتَمِرِ

Al Mustadrak 392: Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad bin Yahya menceritakannya kepada kami, Muhammad bin Al Musayyib menceritakan kepada kami, Ya'qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Al Mu'tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami, Abu Sufyan Al Madini menceritakan kepadaku dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan menghimpun umat ini di atas kesesatan untuk selamanya. Tangan Allah di atas jamaah. Barangsiapa menyendiri (memisahkan diri dari jamaah) maka dia akan menyendiri di neraka.” Kontradiksi ketiga tentang Al Mu'tamir adalah:

Al-Mustadrak #393

المستدرك ٣٩٣: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عِيسَى بْنِ إِبْرَاهِيمَ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، ثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ، ثنا الْمُعْتَمِرُ، حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ الْمَدَنِيُّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يَجْمَعُ اللَّهُ أُمَّتِي عَلَى الضَّلَالَةِ أَبَدًا» . «وَالْخِلَافُ الرَّابِعُ عَلَى الْمُعْتَمِرِ فِيهِ

Al Mustadrak 393: Diceritakan kepada kami oleh Ali bin Isa bin Ibrahim, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman menceritakan kepada kami, Abu Bakar bin Nafi' menceritakan kepada kami, Al Mu'tamir menceritakan kepada kami, Sulaiman Al Madani menceritakan kepadaku dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan menghimpun umatku dalam kesesatan untuk selamanya.” Kontradiksi keempat tentang Al Mu'tamir adalah:

Al-Mustadrak #394

المستدرك ٣٩٤: أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْعُمَرِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ الدِّرْهَمِيُّ، ثنا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ سُفْيَانَ، أَوْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَنْ يَجْمَعَ اللَّهُ أُمَّتِي عَلَى ضَلَالَةٍ أَبَدًا، وَيَدُ اللَّهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ هَكَذَا - وَرَفَعَ يَدَيْهِ - فَإِنَّهُ مَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ» . " قَالَ الْإِمَامُ أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ: لَسْتُ أَعْرِفُ سُفْيَانَ وَأَبَا سُفْيَانَ هَذَا، وَالْخِلَافُ الْخَامِسُ عَلَى الْمُعْتَمِرِ فِيهِ

Al Mustadrak 394: Muhammad bin Abdullah Al Umari mengabarkan kepadaku, Muhammad bin Ishaq menceritakan kepada kami, Ali bin Al Husain Ad-Dirhami menceritakan kepadaku, Al Mu'tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Sufyan atau Abu Sufyan, dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan menghimpun umatku di atas kesesatan untuk selamanya, dan tangan Allah di atas jamaah.” Beliau lalu mengangkat kedua tangannya (seraya bersabda), “Barangsiapa menyendiri (memisahkan diri dari jamaah) maka dia akan menyendiri di neraka." Abu Bakar Muhammad bin Ishaq berkata, “Aku tidak mengenal Sufyan dan Abu Sufyan.” Kontradiksi kelima tentang Al Mu'tamir adalah:

Al-Mustadrak #395

المستدرك ٣٩٥: حَدَّثَنَاهُ أَبُو الْحُسَيْنِ عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَلِيِّ بْنِ مُكْرَمٍ الْبَزَّارُ، بِبَغْدَادَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبٍ، ثنا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، ثنا الْمُعْتَمِرُ، عَنْ سَلْمِ بْنِ أَبِي الذَّيَّالِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يَجْمَعُ اللَّهُ هَذِهِ الْأُمَّةَ - أَوْ قَالَ أُمَّتِي - عَلَى الضَّلَالَةِ أَبَدًا، وَاتَّبَعُوا السَّوَادَ الْأَعْظَمَ فَإِنَّهُ مَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ» . قَالَ لَنَا عُمَرُ بْنُ جَعْفَرٍ الْبَصْرِيُّ: هَكَذَا فِي كِتَابِ أَبِي الْحُسَيْنِ، عَنْ سَلْمِ بْنِ أَبِي الذَّيَّالِ. قَالَ الْحَاكِمُ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ: «وَهَذَا لَوْ كَانَ مَحْفُوظًا مِنَ الرَّاوِي لَكَانَ مِنْ شَرْطِ الصَّحِيحِ، وَالْخِلَافُ السَّادِسُ عَلَى الْمُعْتَمِرِ فِيهِ

Al Mustadrak 395: Abu Al Husain Abdushshamad bin Ali bin Mukram Al Bazzar di Baghdad menceritakannya kepada kami, Muhammad bin Ghalib menceritakan kepada kami, Khalid bin Abdurrahman menceritakan kepada kami, Al Mu'tamir menceritakan kepada kami dari Salm bin Abu Adz-Dzayyal, dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan menghimpun umat ini —atau: umatku— di atas kesesatan untuk selamanya, dan ikutilah jumlah mayoritas yang terbesar (yakni jamaah), karena barangsiapa menyendiri (memisahkan diri dari jamaah) maka akan menyendiri di neraka.” Umar bin Ja'far Al Bashri berkata kepada kami, “Demikianlah yang terdapat dalam kitab Abu Al Husain dari Salm bin Abu Adz- Dzayyal.” Al Hakim Abu Abdillah berkata, “Seandainya dia (siapa) dihapal oleh sang periwayat, maka hadits ini akan menjadi salah satu syarat shahih." Kontradiksi keenam tentang Al Mu'tamir adalah:

Al-Mustadrak #396

المستدرك ٣٩٦: أَخْبَرْنَاهُ أَبُو عَلِيٍّ الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحَافِظُ، أَنْبَأَ سَهْلُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عُثْمَانَ الْوَاسِطِيُّ، مِنْ كِتَابِهِ، ثنا يَحْيَى بْنُ حَبِيبِ بْنِ عَرَبِيٍّ، ثنا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، قَالَ: قَالَ أَبُو سُفْيَانَ سُلَيْمَانُ بْنُ سُفْيَانَ الْمَدَنِيُّ: عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «لَا يَجْمَعُ اللَّهُ أُمَّتِي عَلَى ضَلَالَةٍ أَبَدًا، وَيَدُ اللَّهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ هَكَذَا، فَاتَّبِعُوا السَّوَادَ الْأَعْظَمَ، فَإِنَّهُ مَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ» . «وَالْخِلَافُ السَّابِعُ عَلَى الْمُعْتَمِرِ فِيهِ

Al Mustadrak 396: Abu Ali Al Husain bin Ali Al Hafizh mengabarkannya kepada kami, Sahi bin Ahmad bin Utsman Al Wasithi memberitakan (kepada kami) dari kitabnya, Yahya bin Habib bin Arabi menceritakan kepada kami, Al Mu'tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami, dia berkata: Abu Sufyan Sulaiman bin Sufyan Al Madani berkata: Dari Amr bin Dinar, dari Ibnu Umar, bahwa Nabi Allah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan menghimpun umatku di atas kesesatan untuk selamanya, dan tangan Allah di atas jamaah (demikian), maka ikutilah jumlah mayoritas yang terbesar, karena barangsiapa menyendiri (memisahkan diri dari Jamaah) maka akan menyendiri di neraka” Kontradiksi ketujuh tentang Al Mu'tamir adalah:

Al-Mustadrak #397

المستدرك ٣٩٧: حَدَّثَنَاهُ أَبُو الْحَسَنِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ مَنْصُورٍ، ثنا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ يُونُسَ الْبَزَّارُ، ثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ، ثنا مُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْمَدَنِيُّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّ اللَّهَ لَا يَجْمَعُ أُمَّتِي - أَوْ قَالَ أُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عَلَى ضَلَالَةٍ أَبَدًا، وَيَدُ اللَّهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ» وَقَالَ بِيَدِهِ يَبْسُطَهَا: «إِنَّهُ مَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ» . قَالَ الْحَاكِمُ: " فَقَدِ اسْتَقَرَّ الْخِلَافُ فِي إِسْنَادِ هَذَا الْحَدِيثِ عَلَى الْمُعْتَمِرِ بْنِ سُلَيْمَانَ، وَهُوَ أَحَدُ أَرْكَانِ الْحَدِيثِ مِنْ سَبْعَةِ أَوْجُهٍ لَا يَسَعُنَا أَنْ نَحْكُمَ أَنَّ كُلَّهَا مَحْمُولَةٌ عَلَى الْخَطَإِ بِحُكْمِ الصَّوَابِ لِقَوْلِ مَنْ قَالَ عَنِ الْمُعْتَمِرِ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ سُفْيَانَ الْمَدَنِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، وَنَحْنُ إِذَا قُلْنَا هَذَا الْقَوْلَ نَسَبْنَا الرَّاوِيَ إِلَى الْجَهَالَةِ فَوَهَنَّا بِهِ الْحَدِيثَ، وَلَكِنَّا نَقُولُ: إِنَّ الْمُعْتَمِرَ بْنَ سُلَيْمَانَ أَحَدُ أَئِمَّةِ الْحَدِيثِ، وَقَدْ رُوِيَ عَنْهُ هَذَا الْحَدِيثَ بِأَسَانِيدَ يَصِحُّ بِمِثْلِهَا الْحَدِيثُ فَلَا بُدَّ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَهُ أَصْلٌ بِأَحَدِ هَذِهِ الْأَسَانِيدِ، ثُمَّ وَجَدْنَا لِلْحَدِيثِ شَوَاهِدَ مِنْ غَيْرِ حَدِيثِ الْمُعْتَمِرِ لَا أَدَّعِي صِحَّتَهَا وَلَا أَحْكُمُ بِتَوْهِينِهَا بَلْ يَلْزَمُنِي ذِكْرُهَا لِإِجْمَاعِ أَهْلِ السُّنَّةِ عَلَى هَذِهِ الْقَاعِدَةِ مِنْ قَوَاعِدِ الْإِسْلَامِ، فَمِمَّنْ رَوَى عَنْهُ هَذَا الْحَدِيثَ مِنَ الصَّحَابَةِ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ "

Al Mustadrak 397: Abu Al Hasan Muhammad bin Al Husain bin Manshur menceritakannya kepada kami, Abu Bakar Muhammad bin Ahmad bin Yunus Al Bazzar menceritakan kepada kami, Abu Bakar bin Nafi' menceritakan kepada kami, Mu'tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami, Sulaiman Abu Abdillah Al Madani menceritakan kepadaku dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak akan menghimpun umatku —atau umat Muhammad di atas kesesatan untuk selamanya, dan tangan Allah di atas jamaah.” Beliau lalu membentangkan kedua tangannya (seraya bersabda), "Selain itu, barangsiapa menyendiri (menyimpang dari jamaah) maka akan menyendiri di neraka." Al Hakim berkata, "Ada perselisihan tentang sanad hadits ini pada Al Mu'tamir bin Sulaiman. Ini merupakan salah satu rukun hadits dari tujuh aspek. Kita tidak bisa menyatakan bahwa kemungkinan semuanya salah dan tidak benar, karena ada periwayat yang berkata: Dari Al Mu'tamir, dari Sulaiman bin Sufyan Al Madani, dari Abdullah bin Dinar. Apabila kita berlandaskan pada perkataan ini, maka kita akan menyatakan bahwa periwayatnya statusnya majhul (tidak diketahui identitasnya), sehingga kita akan melemahkan haditsnya. Akan tetapi kami katakan bahwa Al Mu'tamir bin Sulaiman termasuk salah seorang Imam hadits. Hadits ini telah diriwayatkan dengan sanad- sanad yang sekiranya diterapkan pada hadits yang serupa maka akan shahih. Oleh karena itu, dia harus memiliki pangkal dengan salah satu dari sanad-sanad ini.” Kemudian kami menemukan beberapa syahid hadits tersebut selain hadits Al Mu'tamir, tapi kami tidak menyatakan bahwa dia shahih, atau memvonisnya dha'if, akan tetapi kami tetap menyebutkannya lantaran adanya ijmak di kalangan Ahlus-Sunnah bahwa kaidah ini termasuk salah satu kaidah Islam. Di antara mereka yang meriwayatkan hadits ini dari kalangan sahabat adalah Abdullah bin Abbas."

Al-Mustadrak #398

المستدرك ٣٩٨: حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ حَسَّانُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْفَقِيهُ إِمْلَاءً وَقِرَاءَةً، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ سُلَيْمَانَ بْنِ خَالِدٍ، ثنا سَلَمَةُ بْنُ شَبِيبٍ، ثنا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَنْبَأَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مَيْمُونٍ، أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ طَاوُسٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَاهُ، يُحَدِّثَ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ، يُحَدِّثُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لَا يَجْمَعُ اللَّهُ أُمَّتِي - أَوْ قَالَ هَذِهِ الْأُمَّةَ - عَلَى الضَّلَالَةِ أَبَدًا وَيَدُ اللَّهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ»

Al Mustadrak 398: Abu Al Walid Hassan bin Muhammad Al Faqih menceritakan kepada kami secara imla' (mendikte) dan qira'ah (membaca), Muhammad bin Sulaiman bin Khalid menceritakan kepada kami, Salamah bin Syabib menceritakan kepada kami, Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, Ibrahim bin Maimun memberitakan (kepada kami), Abdullah bin Thawus mengabarkan kepadaku, bahwa diä mendengar ayahnya menceritakan, bahwa dia pernah mendengar Ibnu Abbas berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan menghimpun umatku —atau umat ini— di atas kesesatan untuk selamanya, dan tangan Allah di atas jamaah"

Al-Mustadrak #399

المستدرك ٣٩٩: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنُ بَالَوَيْهِ، ثنا مُوسَى بْنُ هَارُونَ، ثنا الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيمِ، ثنا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مَيْمُونَ الْعَدَنِيُّ وَكَانَ يُسَمَّى قُرَيْشَ الْيَمَنِ وَكَانَ مِنَ الْعَابِدِينَ الْمُجْتَهِدِينَ، قَالَ: قُلْتُ لِأَبِي جَعْفَرٍ: وَاللَّهِ لَقَدْ حَدَّثَنِي ابْنُ طَاوُسٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يَجْمَعُ اللَّهُ أُمَّتِي عَلَى ضَلَالَةٍ أَبَدًا وَيَدُ اللَّهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ» . قَالَ الْحَاكِمُ: «فَإِبْرَاهِيمُ بْنُ مَيْمُونٍ الْعَدَنِيُّ هَذَا قَدْ عَدَّلَهُ عَبْدُ الرَّزَّاقِ وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَعَبْدُ الرَّزَّاقِ إِمَامُ أَهْلِ الْيَمَنِ وَتَعْدِيلُهُ حُجَّةٌ» . وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الْحَدِيثُ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ

Al Mustadrak 399: Abu Bakar Muhammad bin Ahmad bin Balawaih menceritakan kepada kami, Musa bin Harun menceritakan kepada kami, Al Abbas bin Abdul Azhim menceritakan kepada kami, Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, Ibrahim bin Maimun Al Adni —dia dijuluki Quraisy Yaman, salah seorang ahli ibadah yang rajin— menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku berkata kepada Ibnu Ja'far: Demi Allah, Thawus menceritakan kepadaku dari ayahnya, dia berkata: Aku mendengar Ibnu Abbas berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan menghimpun umatku di atas kesesatan untuk selamanya, dan tangan Allah di atas jamaah" Al Hakim berkata: Ibrahim bin Maimun Al Adni dinilai adil dan dipuji baik oleh Abdurrazzaq. Abdurrazzaq adalah Imamnya penduduk Yaman, sedangkan status adilnya merupakan hujjah. Hadits ini juga diriwayatkan dari Anas bin Malik:

Al-Mustadrak #400

المستدرك ٤٠٠: حَدَّثَنَاهُ عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ الْعَدْلُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى بْنِ السَّكَنِ الْوَاسِطِيُّ، ثنا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، ثنا مُبَارَكٌ أَبُو سُحَيْمٍ، مَوْلَى عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ، ثنا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ سَأَلَ رَبَّهُ أَرْبَعًا: «سَأَلَ رَبَّهُ أَنْ لَا يَمُوتَ جُوعًا فَأُعْطِيَ ذَلِكَ، وَسَأَلَ رَبَّهُ أَنْ لَا يَجْتَمِعُوا عَلَى ضَلَالَةٍ فَأُعْطِيَ ذَلِكَ، وَسَأَلَ رَبَّهُ أَنْ لَا يَرْتَدُّوا كُفَّارًا فَأُعْطِيَ ذَلِكَ، وَسَأَلَ رَبَّهُ أَنْ لَا يَغْلِبَهُمْ عَدُوٌّ لَهُمْ فَيَسْتَبِيحَ بَأْسَهُمْ فَأُعْطِيَ ذَلِكَ، وَسَأَلَ رَبَّهُ أَنْ لَا يَكُونَ بَأْسَهُمْ بَيْنَهُمْ فَلَمْ يُعْطَ ذَلِكَ» . «أَمَّا مُبَارَكُ بْنُ سُحَيْمٍ فَإِنَّهُ مِمَّنْ لَا يَمْشِي فِي مِثْلِ هَذَا الْكِتَابِ، لَكِنِّي ذَكَرْتُهُ اضْطِرَارًا. الْحَدِيثُ الثَّالِثُ فِي حُجَّةِ الْعُلَمَاءِ بِأَنَّ الْإِجْمَاعَ حُجَّةٌ»

Al Mustadrak 400: Ali bin Hamsyad Al Adi menceritakan kepada kami Muhammad bin Isa bin As-Sakan Al Wasithi menceritakan kepada kami, Musa bin Ismail menceritakan kepada kami, Mubarak Abu Suhaim (maula Abdul Aziz bin Shuhaib) menceritakan kepada kami, Abdul Aziz bin Shuhaib menceritakan kepada kami dari Anas bin Malik, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau meminta kepada Tuhannya empat hal, (yaitu), "Meminta kepada Tuhannya agar tidak meninggal dalam keadaan lapar, maka beliau diberikan itu. Beliau meminta kepada Tuhannya agar tidak dihimpun di atas kesesatan, maka beliau diberi itu. Beliau meminta kepada Tuhannya agar mereka tidak dikalahkan musuh dan musuh tidak menyakiti mereka, maka beliau diberi itu. Beliau meminta kepada Tuhannya agar siksaan (peperangan dan konflik) tidak terjadi di antara mereka (umat Islam), tapi beliau tidak diberi itu.” Mubarak bin Suhaim adalah orang yang tidak layak disebutkan dalam kitab ini, akan tetapi aku menyebutkannya karena terpaksa. Hadits ketiga tentang argumentasi ulama bahwa ijmak merupakan hujjah adalah: