المستدرك

Al-Mustadrak

Al-Mustadrak #381

المستدرك ٣٨١: حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ الْحَافِظُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ نُعَيْمٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ، ثنا عَلِيُّ بْنُ جَعْفَرٍ الْمَدَائِنِيُّ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ» . «قَدْ ذَكَرَ مُسْلِمٌ هَذَا الْحَدِيثَ فِي أَوْسَاطِ الْحِكَايَاتِ الَّتِي ذَكَرَهَا فِي خِطْبَةِ الْكِتَابِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ رَافِعٍ وَلَمْ يُخَرِّجْهُ مُحْتَجًّا بِهِ فِي مَوْضِعِهِ مِنَ الْكِتَابِ، وَعَلِيُّ بْنُ جَعْفَرٍ الْمَدَائِنِيُّ ثِقَةٌ وَقَدْ نَبَّهْنَا فِي أَوَّلِ الْكِتَابِ عَلَى الِاحْتِجَاجِ بِزَيَادَاتِ الثِّقَاتِ، وَقَدْ أَرْسَلَهُ جَمَاعَةٌ مِنْ أَصْحَابِ شُعْبَةَ»

Al Mustadrak 381: Abu Abdillah Muhammad bin Ya'qub Al Hafizh menceritakan kepada kami, Muhammad bin Nu'aim menceritakan kepada kami, Muhammad bin Rafi menceritakan kepada kami, Ali bin Ja'far Al Mada'ini menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami dari Khubaib bin Abdurrahman, dari Hafsh bin Ashim, dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Seseorang cukup dianggap berdosa bila menceritakan semua yang dia dengar .” Muslim menyebutkan hadits ini di tengah-tengah hikayat yang dia tuturkan di khutbah kitabnya (Muqaddimah) dari Muhammad bin Rafi'. Dia tidak meriwayatkannya karena berhujjah pada tempatnya di kitab tersebut. Ali bin Ja'far Al Mada'ini merupakan periwayat yang tsiqah. Kami telah menjelaskannya pada awal kitab perihal bolehnya berhujjah dengan tambahan redaksi yang diberikan periwayat yang tsiqah. Selain itu, ada beberapa sahabat Syu'bah yang meriwayatkannya secara mursal:

Al-Mustadrak #382

المستدرك ٣٨٢: حَدَّثَنَاهُ أَبُو الْقَاسِمِ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي، بِهَمْدَانَ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثنا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ، وَأَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، أَنْبَأَ إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِسْحَاقَ الْقَاضِي، ثنا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، وَأَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُوسَى، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَيُّوبَ، أَنْبَأَ حَفْصُ بْنُ عُمَرَ، قَالُوا: ثنا شُعْبَةُ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ»

Al Mustadrak 382: Abu Al Qasim Abdurrahman bin Al Hasan Al Qadhi menceritakannya kepada kami di Hamadan, Ibrahim bin Al Husain menceritakan kepada kami, Adam bin Abu Iyas menceritakan kepada kami. Abu Bakar bin Ishaq Al Faqih mengabarkan kepada kami Ismail bin Ishaq Al Qadhi memberitakan (kepada kami), Sulaiman bin Harb menceritakan kepada kami. Abdullah bin Muhammad bin Musa mengabarkan kepadaku, Muhammad bin Ayyub menceritakan kepada kami, Hafsh bin Amr memberitakan (kepada kami), mereka berkata: Syu'bah menceritakan kepada kami dari Khubaib bin Abdurrahman, dari Hafsh bin Ashim, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Seseorang cukup dianggap berdosa bila dia menceritakan semua yang dia dengar."

Al-Mustadrak #383

المستدرك ٣٨٣: أَخْبَرَنِي أَبُو عَمْرٍو إِسْمَاعِيلُ بْنُ نُجَيْدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ يُوسُفَ السُّلَمِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَيُّوبَ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ سِنَانٍ الْعَوَقِيُّ، أَنْبَأَ ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ ابْنِ طَاوُسٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: قَرَأَ ابْنُ عَبَّاسٍ {وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلَّا اللَّهُ وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ} [آل عمران: 7] فَقَالَ: «كُنَّا نَحْفَظُ الْحَدِيثَ وَالْحَدِيثُ يُحْفَظُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى رَكِبْتُمُ الصَّعْبَ وَالذَّلُولَ» . «هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، وَلَهُ شَاهِدٌ آخَرُ مِثْلُهُ»

Al Mustadrak 383: Abu Amr Ismail bin Najid bin Ahmad bin Yusuf As- Sulami mengabarkan kepadaku, Muhammad bin Ayyub menceritakan kepada kami (semoga Allah merahmatinya), Muhammad bin Sinan Al Auqi memberitakan (kepada kami), Ibnu Al Mubarak memberitakan (kepada kami) dari Ma'mar, dari Ibnu Thawus, dari ayahnya, dia berkata: Ibnu Abbas pernah membaca ayat, "Padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata." (Qs. Ali 'Imran [3]: 7) lalu dia berkata, "Kami pernah menghapal hadits sedangkan hadits itu dihapal dari Rasulullah sampai kalian mengalami kesulitan dan kesukaran." Ini merupakan sanad yang shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim. Hadits ini memiliki syahid lain yang serupa, yaitu:

Al-Mustadrak #384

المستدرك ٣٨٤: حَدَّثَنَاهُ أَبُو عَلِيٍّ حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحَافِظُ، أَنْبَأَ أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، ثنا هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ، ثنا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ حُجَيْرٍ، عَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: «كُنَّا نُحَدِّثُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا لَمْ يَكْذِبْ عَلَيْهِ، فَلَمَّا رَكِبَ النَّاسُ الصَّعْبَ وَالذَّلُولَ تَرَكْنَا الْحَدِيثَ عَنْهُ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَسَلَّمَ»

Al Mustadrak 384: Abu Ali Husain bin Ali Al Hafizh menceritakannya kepada kami, Ahmad bin Ali Al Mutsanna memberitakan (kepada kami), Harun bin Ma'ruf menceritakan kepada kami, Sufyan bin Uyainah menceritakan kepada kami dari Hisyam bin Hujair, dari Thawus, dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Dulu kami meriwayatkan hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, yaitu ketika hadits tersebut tidak didustakan atas nama beliau (benar-benar shahih). Lalu ketika orang-orang mulai mengalami kesulitan dan kesukaran, kami pun | meninggalkannya." Semoga Allah senantiasa melimpahkan shalawat dan salam kepada Muhammad dan keluarganya.

Al-Mustadrak #385

المستدرك ٣٨٥: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ، أَنْبَأَ ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ، أَنْ يَحْيَى بْنَ مَيْمُونٍ الْحَضْرَمِيَّ، أَخْبَرَهُ عَنْ أَبِي مُوسَى الْغَافِقِيِّ، قَالَ: آخِرُ مَا عَهِدَ إِلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «عَلَيْكُمْ بِكِتَابِ اللَّهِ، وَسَتَرْجِعُونَ إِلَى قَوْمٍ يُحِبُّونَ الْحَدِيثَ عَنِّي - أَوْ كَلِمَةٌ تُشْبِهُهَا - فَمَنْ حَفِظَ شَيْئًا فَلْيُحَدِّثْ بِهِ، وَمَنْ قَالَ عَلَيَّ مَا لَمْ أَقُلْ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ» . " رُوَاةُ هَذَا الْحَدِيثِ عَنْ آخِرِهِمْ يُحْتَجُّ بِهِمْ، فَأَمَّا أَبُو مُوسَى مَالِكُ بْنُ عُبَادَةَ الْغَافِقِيُّ فَإِنَّهُ صَحَابِيٌّ سَكَنَ مِصْرَ، وَهَذَا الْحَدِيثُ مِنْ جُمْلَةِ مَا خَرَّجْنَاهُ عَنِ الصَّحَابِيِّ إِذَا صَحَّ إِلَيْهِ الطَّرِيقُ، عَلَى أَنَّ وَدَاعَةَ الْجُهَنِيَّ قَدْ رَوَى أَيْضًا عَنْ مَالِكِ بْنِ عُبَادَةَ الْغَافِقِيِّ، وَهَذَا الْحَدِيثُ قَدْ جَمَعَ لَفْظَتَيْنِ غَرِيبَتَيْنِ: إِحْدَاهُمَا قَوْلُهُ: «سَتَرْجِعُونَ إِلَى قَوْمٍ يُحِبُّونَ الْحَدِيثَ عَنِّي» وَالْأُخْرَى: «فَمَنْ حَفِظَ شَيْئًا فَلْيُحَدِّثْ بِهِ» وَقَدْ ذَهَبَ جَمَاعَةٌ مِنْ أَئِمَّةِ الْإِسْلَامِ إِلَى أَنْ لَيْسَ لِلْمُحَدِّثِ أَنْ يُحَدِّثَ بِمَا لَا يَحْفَظْهُ، وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ "

Al Mustadrak 385: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakam memberitakan (kepada kami), Ibnu Wahab memberitakan (kepada kami), Amr bin Al Hants mengabarkan kepadaku, bahwa Yahya bin Maimun Al Hadhrami mengabarkan kepadanya dari Abu Musa Al Ghafiqi, dia berkata, “Hal yang terakhir kali diwasiatkan Rasulullah kepada kami adalah, 'Hendaklah kalian berpegang teguh kepada Kitab Allah, dan nanti kalian akan kembali kepada kaum yang suka meriwayatkan hadits dariku atau kata-kata yang serupa dengannya. Barangsiapa hapal sesuatu darinya maka dia hendaknya menyampaikannya, tapi barangsiapa berkata atas namaku tentang sesuatu yang tidak aku katakan maka bersiap-siaplah menempati tempat duduknya di neraka'." Para periwayat hadits ini dari yang terakhir dijadikan hujjah. Abu Musa Malik bin Ubadah Al Ghafiqi, merupakan seorang sahabat yang menetap di Mesir. Ini termasuk salah satu hadits yang kami riwayatkan dari seorang sahabat jika jalur kepadanya sah. Hanya saja, Wada'ah Al Juhani juga meriwayatkan dari Malik bin Ubadah Al Ghafiqi. Hadits ini menghimpun dua redaksi yang gharib, yaitu: Pertama, hadits, سَتَرْجِعُونَ إِلَى قَوْمٍ يُحِبُّونَ الْحَدِيثَ عَنِّي "Nanti kalian akan kembali menemui suatu kaum yang suka meriwayatkan hadits dariku." Kedua, hadits, فَمَنْ حَفِظَ شَيْئًا فَلْيُحَدِّثْ بِهِ "Barangsiapa hapal sesuatu darinya maka dia hendaknya menuturkannya." Segolongan Imam berpendapat bahwa tidak boleh seorang muhaddits meriwayatkan hadits yang tidak dia hapal. Al Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya.

Al-Mustadrak #386

المستدرك ٣٨٦: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، أَنْبَأَ الْعَبَّاسُ بْنُ الْوَلِيدِ بْنِ مَزْيَدٍ الْبَيْرُوتِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ شَابُورَ، ثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ، وَحدثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، وَاللَّفْظُ لَهُ، أَنْبَأَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ زِيَادٍ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى، ثنا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زَيْدِ بْنِ جَابِرٍ، حَدَّثَنِي بُسْرُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيُّ، حَدَّثَنِي أَبُو إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيُّ، أَنَّهُ سَمِعَ حُذَيْفَةَ بْنَ الْيَمَانِ، يَقُولُ: كَانَ النَّاسُ يَسْأَلُونَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْخَيْرِ، وَكُنْتُ أَسْأَلُهُ عَنِ الشَّرِّ مَخَافَةَ أَنْ يُدْرِكَنِي، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّا كُنَّا فِي جَاهِلِيَّةٍ وَشَرٍّ، فَجَاءَ اللَّهُ بِهَذَا الْخَيْرِ، فَهَلْ بَعْدَ هَذَا الْخَيْرِ مِنْ شَرٍّ؟ قَالَ: «نَعَمْ، وَفِيهِ دَخَنٌ» قُلْتُ: وَمَا دَخَنُهُ؟ قَالَ: «قَوْمٌ يَهْدُونَ بِغَيْرِ هَدْيِي يُعْرَفُ مِنْهُمْ وَيُنْكَرُ» قُلْتُ: وَهَلْ بَعْدَ ذَلِكَ الْخَيْرِ مِنْ شَرٍّ؟، قَالَ: «نَعَمْ، دُعَاةٌ عَلَى أَبْوَابِ جَهَنَّمَ مَنْ أَجَابَهُمْ إِلَيْهِ قَذَفُوهُ فِيهَا» قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، صِفْهُمْ لَنَا، قَالَ: «هُمْ مِنْ جِلْدَتِنَا وَيَتَكَلَّمُونَ بِأَلْسِنَتِنَا» قُلْتُ: فَمَا تَأْمُرُنِي إِنْ أَدْرَكْتُ ذَلِكَ؟ قَالَ: «تَلْزَمْ جَمَاعَةَ الْمُسْلِمِينَ وَإِمَامَهُمْ» قُلْتُ: فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُمْ إِمَامٌ وَلَا جَمَاعَةٌ؟ قَالَ: «فَاعْتَزِلْ تِلْكَ الْفِرَقَ كُلَّهَا، وَلَوْ أَنْ تَعَضَّ بِأَصْلِ شَجَرَةٍ حَتَّى يُدْرِكَكَ الْمَوْتُ وَأَنْتَ كَذَلِكَ» هَذَا حَدِيثٌ مُخَرَّجٌ فِي الصَّحِيحَيْنِ هَكَذَا، وَقَدْ خَرَّجَاهُ أَيْضًا مُخْتَصَرًا مِنْ حَدِيثِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ وَإِنَّمَا خَرَّجْتُهُ فِي كِتَابِ الْعِلْمِ لِأَنِّي لَمْ أَجِدْ لِلشَّيْخَيْنِ حَدِيثًا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ الْإِجْمَاعَ حَجَّةٌ غَيْرَ هَذَا، وَقَدْ خَرَّجْتُ فِي هَذِهِ الْمَوَاضِعِ مِنْ أَحَادِيثِ هَذَا الْبَابِ مَا لَمْ يُخَرِّجَاهُ، الْحَدِيثُ الْأَوَّلُ مِنْهَا "

Al Mustadrak 386: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, Al Abbas bin Al Walid bin Mazid Al Bairuti memberitakan (kepada kami), Muhammad bin Syu'aib bin Syabur menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Yazid bin Jabir menceritakan kepada kami. Abu Bakar bin Ishaq Al Faqih menceritakan kepada kami dengan redaksinya, Al Hasan bin Ali bin Ziyad memberitakan (kepada kami), Ibrahim bin Musa menceritakan kepada kami, Al Walid bin Muslim menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Zaid bin Jabir menceritakan kepadaku, Bisr bin Ubaidillah Al Hadhrami menceritakan kepadaku, Abu Idris Al Khaulani menceritakan kepadaku, bahwa dia mendengar Hudzaifah bin Al Yaman berkata, “Orang-orang bertanya kepada Rasulullah tentang kebaikan, sedangkan aku bertanya kepada beliau tentang keburukan karena takut akan menemukannya. Aku bertanya, Wahai Rasulullah, dulu kita hidup pada masa jahiliyah dan keburukan, kemudian Allah mendatangkan kebaikan ini. Apakah setelah kebaikan ini akan ada keburukan?' Beliau menjawab, 'Ya, dan akan ada tanda-tandanya'. Aku bertanya, 'Apa tanda-tandanya?' Beliau menjawab, '(Munculnya) kaum yang memberi petunjuk tidak dengan petunjukku, (lalu) ada yang mengetahui mereka dan mengingkarinya'. Aku bertanya lagi, 'Apakah setelah kebaikan itu akan ada keburukan?' Beliau menjawab, 'Ya, (yaitu munculnya) dai-dai di atas pintu-pintu Jahanam. Barangsiapa menjawab mereka maka akan dijebloskan ke dalamnya '. Aku bertanya lagi, 'Wahai Rasulullah, beritahukanlah ciri-ciri mereka kepada kami' Beliau menjawab, 'Mereka berasal dari kulit kita (satu ras) dan berbicara dengan bahasa kita'. Aku bertanya lagi, 'Apa yang engkau perintahkan seandainya aku mendapati hal tersebut?' Beliau menjawab, 'Tetaplah dengan jamaah kaum muslim dan imam-imam mereka' Aku bertanya lagi, 'Bagaimana jika tidak ada imam dan jamaah?' Beliau menjawab, 'Menjauhlah dari semua sekte-sekte, sekalipun kamu harus berpegang pada akar pohon sampai kamu meninggal (Kamu akan selamat) selama kamu dalam keadaan demikian'." Hadits ini diriwayatkan dalam kitab AshShahihain. Al Bukhari dan Muslim meriwayatkannya secara ringkas dari hadits Az- Zuhri, dari Abu Idris Al Khaulani. Aku meriwayatkannya dalam pembahasan tentang ilmu, karena aku tidak menemukan hadits milik Al Bukhari dan Muslim yang menunjukkan bahwa ijmak merupakan hujjah selain hadits ini. Dalam bab ini aku juga meriwayatkan beberapa hadits yang temanya serupa tapi tidak diriwayatkan oleh keduanya. Hadits yang pertama adalah:

Al-Mustadrak #387

المستدرك ٣٨٧: حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ بَكْرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَمْدَانَ الصَّيْرَفِيُّ، بِمَرْوَ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ هِلَالٍ الْبُوزَنْجِرْدِيُّ، ثنا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ شَقِيقٍ، أَنْبَأَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ، وَأَخْبَرَنَا أَبُو إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ الْفَقِيهُ الْبُخَارِيُّ، بِنَيْسَابُورَ، ثنا أَبُو الْمُوَجَّهِ، أَنْبَأَ عَبْدَانُ، أَنْبَأَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ، وَحدثنا بَكْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصُّوفِيُّ، بِمَكَّةَ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْمَعْمَرِيُّ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ عِيسَى، أَنْبَأَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ، وَحَدَّثَنِي أَبُو إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْقَارِئُ وَاللَّفْظُ لَهُ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ سَعِيدٍ الدَّارِمِيُّ، ثنا نُعَيْمُ بْنُ حَمَّادٍ، أَنْبَأَ ابْنُ الْمُبَارَكِ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ سُوقَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: خَطَبَنَا عُمَرُ بِالْجَابِيَةِ، فَقَالَ: إِنِّي قُمْتُ فِيكُمْ كَمَقَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِينَا، فَقَالَ: «أُوصِيكُمْ بِأَصْحَابِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ يَفْشُو الْكَذِبُ حَتَّى يَحْلِفَ الرَّجُلُ وَلَا يُسْتَحْلَفُ، وَيَشْهَدَ وَلَا يُسْتَشْهَدُ، فَمَنْ أَرَادَ مِنْكُمْ بُحْبُوحَةَ الْجَنَّةِ فَلْيَلْزَمِ الْجَمَاعَةَ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ مَعَ الْوَاحِدِ وَهُوَ مِنَ الِاثْنَيْنِ أَبْعَدُ، أَلَا لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلَّا كَانَ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ - قَالَهَا ثَلَاثًا - وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ مَعَ الْوَاحِدِ وَهُوَ مِنَ الِاثْنَيْنِ أَبْعَدُ، أَلَا وَمَنْ سَرَّتْهُ حَسَنَتُهُ وَسَاءَتْهُ سَيِّئَتُهُ فَهُوَ مُؤْمِنٌ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، فَإِنِّي لَا أَعْلَمُ خِلَافًا بَيْنَ أَصْحَابِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ فِي إِقَامَةِ هَذَا الْإِسْنَادِ عَنْهُ، وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ وَلَهُ شَاهِدَانِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سُوقَةَ قَدْ يُسْتَشْهَدُ بِمِثْلِهِمَا فِي مِثْلِ هَذِهِ الْمَوَاضِعِ، أَمَّا الشَّاهِدُ الْأَوَّلُ»

Al Mustadrak 387: Abu Ahmad Bakar bin Muhammad bin Hamdan Ash-Shairafi menceritakan kepada kami di Marwa, Ibrahim bin Hilal Al Buzanjardi menceritakan kepada kami, Ali bin Al Hasan bin Syaqiq menceritakan kepada kami, Abdullah bin Al Mubarak memberitakan (kepada kami). Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad Al Faqih Al Bukhari mengabarkan kepada kami di Naisabur, Abu Al Muwajjih menceritakan kepada kami, Abdan memberitakan (kepada kami), Abdullah bin Al Mubarak memberitakan (kepada kami). Bakar bin Muhammad Ash-Shufi menceritakan kepada kami di Makkah, Al Hasan bin Ali Al Ma'mari menceritakan kepada kami, Al Hasan bin Isa menceritakan kepada kami, Abdullah bin Al Mubarak memberitakan (kepada kami). Abu Ishaq Ibrahim bin Ismail Al Qari' menceritakan kepadaku dengan redaksinya, Utsman bin Sa'id Ad-Darimi menceritakan kepada kami, Nu'aim bin Hammad menceritakan kepada kami, Ibnu Al Mubarak memberitakan (kepada kami), Muhammad bin Suqah memberitakan (kepada kami) dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, dia berkata: Umar berpidato di hadapan kami di Jabiyah, “Posisiku di tengah-tengah kalian adalah seperti posisi Rasulullah di tengah-tengah kami. Beliau bersabda, 'Aku berwasiat kepada kalian terhadap sahabat-sahabatku, kemudian orang-orang sesudah mereka, lalu orang-orang sesudah mereka. Setelah itu kebohongan akan tersebar luas hingga seseorang bersumpah tapi dia tidak diminta bersumpah, dia bersaksi tapi tidak diminta bersaksi. Barangsiapa di antara kalian ingin (menempati) tengah-tengah surga, maka dia hendaknya tetap dalam jamaah, karena syetan itu bersama orang yang sendirian, dan akan menjauh dari dua orang. Ketahuilah, tidaklah seorang laki-laki menyepi dengan seorang perempuan kecuali yang ketiga adalah syetan'. (Beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali). Tetaplah kalian dalam jamaah, karena syetan akan bersama orang yang sendirian, dan akan menjauh dari dua orang. Ketahuilah, barangsiapa merasa gembira ketika melakukan kebaikan dan sedih ketika melakukan keburukan, maka dia seorang mukmin'." Hadits ini shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim. Sejauh yang aku ketahui, tidak ada perselisihan antara sahabat-sahabat Abdullah bin Al Mubarak dalam menegakkan sanad ini, tapi Al Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya. Hadits ini memiliki dua syahid dari Muhammad bin Suuah, yang dijadikan sebagai syahid dalam tempat (pembahasan) seperti ini, Syahid pertama adalah:

Al-Mustadrak #388

المستدرك ٣٨٨: فَحَدَّثَنَاهُ أَبُو أَحْمَدَ إِسْحَاقُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ خَالِدٍ الْهَاشِمِيُّ بِالْكُوفَةِ، ثنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْبَلَوِيُّ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ سَعِيدٍ الْمُرِيُّ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ صَالِحٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سُوقَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ خَطَبَ بِالْجَابِيَةِ فَقَالَ: قَامَ فِينَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَقَامِي فِيكُمْ، فَقَالَ: «اسْتَوْصُوا بِأَصْحَابِي خَيْرًا» فَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِنَحْوِهِ. «وَأَمَّا الشَّاهِدُ الثَّانِي»

Al Mustadrak 388: Abu Ahmad Ishaq bin Muhammad bin Khalid Al Masyimi menceritakannya kepada kami di Kufah, Ja'far bin Muhammad Al Balwi menceritakan kepada kami, Utsman bin Sa9id Al Muzani menceritakan kepada kami, Al Hasan bin Shalih menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Suqah, dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, bahwa Umar bin Khaththab berpidato di Jabiyah, dia berkata, “Rasulullah berdiri di tengah-tengah kami seperti berdirinya aku di tengah-tengah kalian. Beliau bersabda, 'Aku berwasiat kepada kalian agar bersikap haik terhadap sahabat-sahabatku' ° Dia lalu menyebutkan haditsnya dengari redaksi yang semakna. Syahid kedua adalah:

Al-Mustadrak #389

المستدرك ٣٨٩: فَحَدَّثَنَاهُ أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ دَاوُدَ بْنِ سُلَيْمَانَ الزَّاهِدُ، ثنا جَعْفَرُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ سِنَانٍ الْوَاسِطِيُّ، ثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَأَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ، قَالَا: ثنا النَّضْرُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْبَجَلِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ سُوقَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: خَطَبَنَا عُمَرُ بِالْجَابِيَةِ، فَقَالَ: إِنِّي قُمْتُ فِيكُمْ كَمَقَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِينَا، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِنَحْوِهِ. «فَأَمَّا الْخِلَافُ فِي هَذَا الْحَدِيثِ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ فَإِنَّهُ مَجْمُوعٌ لِي فِي جُزْءٍ، وَالَّذِي عِنْدِي أَنَّ الْإِمَامَيْنِ يَرْوِيَانِ هَذَا الْحَدِيثَ مِنْ ذَلِكَ الْخِلَافِ بَيْنَ الْأَئِمَّةِ عَلَى عَبْدِ الْمَلِكِ فِيهِ، وَتِلْكَ الْأَسَانِيدُ لَا تُعَلَّلُ بِهَذِهِ الْأَسَانِيدِ الْخَارِجَةِ مِنْهَا» . وَقَدْ رَوَيْنَاهُ بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ، عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا

Al Mustadrak 389: Abu Bakar Muhammad bin Daud bin Sulaiman Az- Zahid menceritakan kepada kami, Ja'far bin Ahmad bin Sinan Al Wasithi menceritakan kepada kami, Ya'qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi dan Ahmad bin Mani' menceritakan kepada kami, keduanya berkata: An-Nadhr bin Ismail Al Bajali menceritakan kepada kami, Muhammad bin Suqah menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, dia berkata: Umar pernah berpidato di Jabiyah, “Sesungguhnya aku berdiri di tengah-tengah kalian seperti berdirinya Rasulullah di tengah-tengah kami.” Kemudian dia menyebutkan haditsnya dengan redaksi yang semakna. Perbedaan pendapat tentang hadits ini dari Abdul Malik bin Umair, maka aku menghimpunnya dalam satu juz. Menurut pendapatku, Al Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadits ini dari perselisihan di antara para imam tentang Abdul Malik. Sanad-sanad tersebut tidak menjadikan ber-illat sanad-sanad ini yang berada di luarnya. Kami telah meriwayatkannya dengan sanad yang shahih dan Sa'ad bin Abu Waqqash, dari Umar .

Al-Mustadrak #390

المستدرك ٣٩٠: حَدَّثَنَاهُ أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، أَنْبَأَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ زِيَادٍ، حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَحْمَدَ الْمُؤَذِّنُ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ زَيْدِ بْنِ هَارُونَ الْقَزَّازُ، بِمَكَّةَ، قَالَا: ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ الْحِزَامِيُّ، حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُهَاجِرِ بْنِ مِسْمَارٍ، عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: وَقَفَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ بِالْجَابِيَةِ، فَقَالَ: رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا سَمِعَ مَقَالَتِي فَوَعَاهَا، إِنِّي رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَفَ فِينَا كَمَقَامِي فِيكُمْ ثُمَّ، قَالَ: «احْفَظُونِي فِي أَصْحَابِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ» ثَلَاثًا «ثُمَّ يَكْثُرُ الْهَرْجُ، وَيَظْهَرُ الْكَذِبُ، وَيَشْهَدُ الرَّجُلُ وَلَا يُسْتَشْهَدُ، وَيَحْلِفُ وَلَا يُسْتَحْلَفُ، مَنْ أَحَبَّ مِنْكُمْ بُحْبُوحَةَ الْجَنَّةِ فَعَلَيْهِ بِالْجَمَاعَةِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ مَعَ الْوَاحِدِ، وَهُوَ مِنَ الِاثْنَيْنِ أَبْعَدُ، أَلَا لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ ثَالِثُهُمَا، مَنْ سَرَّتْهُ حَسَنَتُهُ وَسَاءَتْهُ سَيِّئَتُهُ فَهُوَ مُؤْمِنٌ» . " الْحَدِيثُ الثَّانِي فِيمَا احْتَجَّ بِهِ الْعُلَمَاءُ أَنَّ الْإِجْمَاعَ حَجَّةٌ حَدِيثٌ مُخْتَلَفٌ فِيهِ عَنِ الْمُعْتَمِرِ بْنِ سُلَيْمَانَ مِنْ سَبْعَةِ أَوْجُهٍ: فَالْوَجْهُ الْأَوَّلُ مِنْهَا

Al Mustadrak 390: Abu Bakar bin Ishaq Al Faqih menceritakannya kepada kami, Al Hasan bin Ali bin Ziyad memberitakan (kepada kami). Abu Sa'id Abdurrahman bin Ahmad Al Muadzdzm menceritakan kepadaku, Ahmad bin Zaid bin Harun Al Qazzaz menceritakan kepada kami di Makkah, keduanya berkata: Ibrahim bin Al Mundzir Al Hizami menceritakan kepada kami, Muhammad bin Muhajir bin Mismar menceritakan kepadaku dari Amir bin Sa'ad bin Abu Waqqash, dari ayahnyaa dia berkata: Umar bin Khaththab berdiri di Jabiyah dan berkata, "Semoga Allah memberi rahmat kepada orang yang mendengar perkataanku lalu menghapalnya. Sungguh, aku pernah melihat Rasulullah berdiri di tengah-tengah kami seperti berdirinya aku di tengah-tengah kalian, lalu bersabda, 'Aku berpesan kepada kalian agar meneladani sahabat-sahabatku dan orang-orang setelah mereka, kemudian orang-orang setelah mereka (disebutkan sebanyak tiga kali). Kemudian akan banyak terjadi pembunuhan dan akan muncul kebohongan, seorang laki-laki bersaksi tapi dia tidak diminta bersaksi, seseorang bersumpah tapi dia tidak diminta bersumpah. Barangsiapa di antara kalian ingin (menempati) tengah- tengah surga, maka dia harus tetap dalam jamaah (persatuan umat Islam), karena syetan akan bersama orang yang sendirian, dan dari dua orang dia lebih jauh (tidak dekat). Ketahuilah, tidaklah seorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang perempuan kecuali yang ketiga adalah syetan. Barangsiapa merasa gembira ketika melakukan kebaikan dan sedih ketika melakukan keburukan, maka dia seorang mukmin'. Hadits kedua berisi tentang argumentasi yang dikemukakan oleh para ulama, bahwa ijmak merupakan hujjah (dalil), yaitu hadits yang didalamnya diperselisihkan tentang Al Mu'tamir bin Sulaiman dari tujuh segi: Kontradiksi pertama tentang Al Mu'tamir adalah: