المستدرك ٣٥١: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ، أَنْبَأَ ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي هَانِئٍ الْخَوْلَانِيٍّ، عَنْ مُسْلِمِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «سَيَكُونُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي يُحَدِّثُونَكُمْ بِمَا لَمْ تَسْمَعُوا أَنْتُمْ وَلَا آبَاؤُكُمْ فَإِيَّاكُمْ وَإِيَّاهُمْ» . «هَذَا حَدِيثٌ ذَكَرَهُ مُسْلِمٌ فِي خِطْبَةِ الْكِتَابِ مَعَ الْحِكَايَاتِ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ فِي أَبْوَابِ الْكِتَابِ، وَهُوَ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِهِمَا جَمِيعًا، وَمُحْتَاجٌ إِلَيْهِ فِي الْجَرْحِ وَالتَّعْدِيلِ وَلَا أَعْلَمُ لَهُ عِلَّةً»
Al Mustadrak 351: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakam memberitakan (kepada kami), Ibnu Wahab memberitakan (kepada kami), Sa'id bin Abu Ayyub mengabarkan kepadaku dari Abu Hani Al Khaulani, dari Muslim bin Yasar, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Nanti pada akhir zaman akan ada orang-orang dari umatku yang menuturkan sesuatu yang tidak pernah didengar oleh kalian dan bapak-bapak kalian, maka berhati-hatilah kalian dan berhati-hatilah mereka." Hadits ini disebutkan oleh Muslim dalam Muqaddimah kitabnya dengan hikayat-hikayat, tapi Al Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya dalam kitab keduanya. Hadist ini shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim. Selain itu, hadits ini perlu di-jarh dan di-ta'dil. Sejauh yang aku ketahui, dia tidak ber-illat.
المستدرك ٣٥٢: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا حَسَنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ عَفَّانَ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ عُمَيْرٍ، وَمَالِكِ بْنِ الْحَارِثِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: «الِاقْتِصَادُ فِي السُّنَّةِ، أَحْسَنُ مِنَ الِاجْتِهَادِ فِي الْبِدْعَةِ» . رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحَارِثِ.
Al Mustadrak 352: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, Hasan bin Ali bin Affan menceritakan kepada kami, Abdullah bin Numair menceritakan kepada kami dari Al A'masy, dari Umarah bin Umair dan Malik bin Al Harits, dari Abdurrahman bin Yazid, dari Abdullah, dia berkata, “Hemat (berhati-hati dalam menyampaikan) Sunnah lebih baik daripada berijtihad dalam (membuat) bid'ah.” Ats-Tsauri meriwayatkannya dari Al A'masy, dari Malik bin Al Harits.
المستدرك ٣٥٣: أَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ الْمَحْبُوبِيُّ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ سَيَّارٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، ثنا سُفْيَانُ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحَارِثِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، مِثْلَهُ. «هَذَا حَدِيثٌ مُسْنَدٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِهِمَا، وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ» إِنَّمَا أَخْرَجَا فِي هَذَا النَّوْعِ حَدِيثَ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ «وَإِنَّمَا هُمَا اثْنَتَانِ الْهَدْيُ وَالْكَلَامُ، فَأَفْضَلُ الْكَلَامِ كَلَامُ اللَّهِ، وَأَحْسَنُ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ» الْحَدِيثَ
Al Mustadrak 353: Abu Al Abbas Muhammad bin Ahmad Al Mahbubi mengabarkan kepada kami, Ahmad bin Sayyar menceritakan kepada kami, Muhammad bin Katsir menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Al A'masy, dari Malik bin Al Harits, dari Abdullah, dengan redaksi yang serupa. Hadits ini musnad dan shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim, tapi keduanya tidak meriwayatkannya. Untuk bahasan ini keduanya hanya meriwayatkan hadits Abu Ishaq dari Abu Al Ahwash, dari Abdullah, “Sesungguhnya keduanya hanyalah petunjuk dan perkataan, perkataan paling utama (paling baik) adalah perkataan Allah, sedangkan petunjuk yang paling baik adalah petunjuk Muhammad .”
المستدرك ٣٥٤: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ، ثنا شُعَيْبُ بْنُ اللَّيْثِ، ثنا اللَّيْثُ، وَأَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَنْصُورٍ الْعَدْلُ، وَأَحْمَدُ بْنُ يَعْقُوبَ الثَّقَفِيُّ، قَالَا: ثنا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ السَّدُوسِيُّ، ثنا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ، ثنا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ، عَنْ أَخِيهِ عَبَّادِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو فَيَقُولُ: " اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْأَرْبَعِ: مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَقَلَبٍ لَا يَخْشَعُ، وَنَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَدُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ «.» هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ فَإِنَّهُمَا لَمْ يُخَرِّجَا عَبَّادَ بْنَ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيَّ، لَا لِجَرْحٍ فِيهِ بَلْ لِقِلَّةِ حَدِيثِهِ وَقِلَّةِ الْحَاجَةِ إِلَيْهِ ". وَقَدْ رَوَاهُ مُحَمَّدُ بْنُ عَجْلَانَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَلَمْ يَذْكُرْ أَخَاهُ عَبَّادًا
Al Mustadrak 354: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, Ar-Rabi' bin Sulaiman menceritakan kepada kami, Al Asy'ats bin Al-Laits menceritakan kepada kami, Al-Laits menceritakan kepada kami. Amr bin Muhammad bin Manshur Al Adi dan Ahmad bin Ya'qub Ats-Tsaqafi mengabarkan kepadaku, keduanya berkata: Umar bin Hafsh As-Sadusi menceritakan kepada kami, Ashim bin Ali mengabarkan kepadaku, Al-Laits bin Sa'ad menceritakan kepada kami, Sa'id bin Abu Sa'id Al Maqburi mengabarkan kepadaku dari saudaranya Abbad bin Abu Sa'id, bahwa dia mendengar Abu Hurairah berkata: Rasulullah berdoa, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari empat hal, (yaitu): ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu, jiwa yang tidak pernah tenang, dan doa yang tidak terkabul." Hadits ini shahih, tapi Al Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya. Keduanya tidak meriwayatkan Abbad bin Abu Sa'id Al Maqburi bukan karena dia dinilai cacat, tapi karena haditsnya sedikit dan tidak terlalu dibutuhkan. Muhammad bin Ajian meriwayatkan dari Sa'id Al Maqburi, dari Abu Hurairah, tanpa menyebutkan saudaranya Abbad.
المستدرك ٣٥٥: حَدَّثَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سُلَيْمَانَ، ثنا سَعِيدُ بْنُ عَمْرٍو الْأَشْعَثِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيُّ، وَهَارُونُ بْنُ إِسْحَاقَ، قَالُوا: ثنا أَبُو خَالِدٍ سُلَيْمَانُ بْنُ حِبَّانَ، عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو فَيَقُولُ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْأَرْبَعِ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَقَلَبٍ لَا يَخْشَعُ، وَنَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَدُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ» . وَلَهُ شَاهِدٌ صَحِيحٌ مِنْ رِوَايَةِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ
Al Mustadrak 355: Abu Muhammad Ahmad bin Abdullah Al Muzani menceritakan kepada kami, Muhammad bin Abdullah bin Salman menceritakan kepada kami, Sa'id bin Amr Al Asy'atsi, Muhammad bin Al Ala' Al Hamadani, dan Harun bin Ishaq menceritakan kepada kami, mereka berkata: Abu Khalid Sulaiman bin Hibban menceritakan kepada kami dari Ibnu Ajian, dari Sa'id Al Maqburi, dari Abu Hurairah, dia berkata: Nabi berdoa, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari empat hal, (yaitu): ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu, jiwa yang tidak pernah tenang, dan doa yang tidak terkabul." Hadits ini memiliki syahid yang shahih dari riwayat Anas bin Malik sesuai syarat Muslim
المستدرك ٣٥٦: حَدَّثَنَاهُ عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ الْعَدْلُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ نُعَيْمٍ، ثنا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، ثنا خَلَفُ بْنُ خَلِيفَةَ، عَنْ حَفْصِ ابْنِ أَخِي أَنَسٍ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: كَانَ مِنْ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَقَلَبٍ لَا يَخْشَعُ، وَنَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَدُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ» وَيَقُولُ فِي آخِرِ ذَلِكَ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَؤُلَاءِ الْأَرْبَعِ» . «وَقَدْ بَلَغَنِي أَنَّ مُسْلِمَ بْنَ الْحَجَّاجِ أَخْرَجَهُ مِنْ حَدِيثِ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ»
Al Mustadrak 356: Ali bin Hamsyad Al Adi menceritakan kepada kami, Muhammad bin Nu'aim menceritakan kepada kami, Qutaibah bin Sa'id menceritakan kepada kami, Khalaf bin Khulaifah menceritakan kepada kami dari Hafsh —putra saudaraku, Anas—, dari Anas, dia berkata: Di antara doa Nabi adalah, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu, jiwa yang tidak pernah tenang, dan doa yang tidak didengar.” Pada akhir doanya beliau berdoa, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari empat hal tersebut ” Aku mendapat informasi bahwa Muslim bin Al Hajjaj meriwayatkannya dari hadits Zaid bin Arqam, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.
المستدرك ٣٥٧: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ إِسْمَاعِيلُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْمَاعِيلَ الضَّرِيرِ بِالرِّيِّ، ثنا أَبُو حَاتِمٍ مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيسَ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ صَالِحٍ، حَدَّثَنِي اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، وَأَخْبَرَنَا أَبُو قُتَيْبَةَ سَلْمُ بْنُ فَضْلٍ الْآدَمِيُّ، بِمَكَّةَ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ نَاجِيَةَ، ثنا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْخُزَاعِيُّ، ثنا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ، ثنا لَيْثُ بْنُ سَعْدٍ الْمِصْرِيُّ، حَدَّثَنِي خَالِدُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ عَبْدِ الْوَاحِدِ بْنِ قَيْسٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَتْ لِي قُرَيْشٌ: تَكْتُبُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِنَّمَا هُوَ بَشَرٌ يَغْضَبُ كَمَا يَغْضَبُ الْبَشَرُ، فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ قُرَيْشًا، تَقُولُ: تَكْتُبُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِنَّمَا هُوَ بَشَرٌ يَغْضَبُ كَمَا يَغْضَبُ الْبَشَرُ، قَالَ: فَأَوْمَأَ إِلَى شَفَتَيْهِ، فَقَالَ: «وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا يَخْرُجُ مِمَّا بَيْنَهُمَا إِلَّا حَقٌّ فَاكْتُبْ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحُ الْإِسْنَادِ أَصْلٌ فِي نَسْخِ الْحَدِيثِ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ، وَقَدِ احْتَجَّا بِجَمِيعِ رُوَاتِهِ إِلَّا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ قَيْسٍ وَهُوَ شَيْخٌ مِنْ أَهْلِ الشَّامِ، وَابْنُهُ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ الدِّمَشْقِيُّ أَحَدُ أَئِمَّةِ الْحَدِيثِ» . وَقَدْ رَوَى عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ قَيْسٍ، عَنْ جَمَاعَةٍ مِنَ الصَّحَابَةِ مِنْهُمْ أَبُو هُرَيْرَةَ، وَأَبُو أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ، وَوَاثِلَةُ بْنُ الْأَسْقَعِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ. وَرَوَى عَنْهُ الْأَوْزَاعِيُّ أَحَادِيثَ. «وَلِهَذَا الْحَدِيثِ شَاهِدٌ قَدِ اتَّفَقَا عَلَى إِخْرَاجِهِ عَلَى سَبِيلِ الِاخْتِصَارِ» . عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ: لَيْسَ أَحَدٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْثَرَ حَدِيثًا مِنِّي إِلَّا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو، فَإِنَّهُ كَانَ يَكْتُبُ وَكُنْتُ لَا أَكْتُبُ. وَعَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنْ وَهْبِ بْنِ مُنَبِّهٍ، عَنْ أَخِيهِ هَمَّامٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ نَحْوَهُ. «فَأَمَّا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ قَيْسٍ، وَحَدِيثُهُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، فَقَدْ وَجَدْتُ لَهُ فِيهِ شَاهِدًا مِنْ حَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ» . وَقَدْ سَمِعْتُ أَبَا الْوَلِيدِ حَسَّانَ بْنَ مُحَمَّدٍ الْفَقِيهَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ الْحَسَنَ بْنَ سُفْيَانَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ إِسْحَاقَ بْنَ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيَّ، يَقُولُ: إِذَا كَانَ الرَّاوِي عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ ثِقَةً، فَهُوَ كَأَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، فَأَمَّا حَدِيثُ الشَّاهِدِ
Al Mustadrak 357: Abu Bakar Ismail bin Muhammad bin Ismail Adh-Dharir menceritakan kepada kami di Rayy, Abu Hatim Muhammad bin Idris menceritakan kepada kami, Abdullah bin Shalih menceritakan kepada kami, Al-Laits bin Sa'ad menceritakan kepada kami. Abu Qutaibah Salam bin Al Fadl Al Adami mengabarkan kepada kami di Makkah, Abdullah bin Muhammad bin Najiyah menceritakan kepada kami, Abdah bin Abdullah Al Khuza'i menceritakan kepada kami, Zaid bin Hubab menceritakan kepada kami, Laits bin Sa'ad Al Mishri menceritakan kepada kami, Khalid bin Yazid menceritakan kepadaku dari Abdul Wahid bin Qais, dan Abdullah bin Amr, dia berkata: Orang-orang Quraisy berkata kepadaku, “Kamu menulis dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, padahal beliau hanya manusia biasa yang bisa marah sebagaimana marahnya manusia pada umumnya?” Aku pun mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, orang-orang Quraisy mengatakan bahwa kami menulis dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, padahal beliau hanya manusia biasa yang bisa marah sebagaimana marahnya manusia pada umumnya.” Beliau lalu mengisyaratkan dengan kedua bibirnya kepadaku seraya bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidak ada yang keluar dari keduanya kecuali yang benar, maka tulislah!" Sanad hadits ini shahih, dan merupakan dalil pokok tentang bolehnya meriwayatkan hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tapi Al Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya. Al Bukhari dan Muslim sama-sama berhujjah dengan seluruh periwayatnya kecuali Abdul Wahid bin Qais. Dia seorang syaikh negeri Syam. Putranya bernama Umar bin Abdul Wahid Ad-Dimasyqi, salah seorang Imam hadits. Abdul Wahid bin Qais meriwayatkan dari segolongan sahabat, diantaranya Abu Hurairah, Abu Umamah Al Bahili, dan Watsilah bin Al Asqa' . Al Auza'i juga meriwayatkan beberapa hadits darinya. Hadits ini memiliki syahid yang diriwayatkan secara ringkas oleh Al Bukhari dan Muslim dari Hammam bin Munabbih, dari Abu Hurairah, dia berkata, “Tidak ada sahabat Nabi yang haditsnya lebih banyak dariku kecuali Abdullah bin Amr, dia menulis sedangkan aku tidak menulisnya.” Hadits ini diriwayatkun pula dart Amr bin Dinar, dari Wahab bin Muntibbih, dari saudaranya Hammam, dari Abu llurairah, dengan redaksi yang serupa. Sedangkan hadits Abdul Wahid bin Qais yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr telah aku temukan syahid-nya, yaitu hadits Amr bin Syu'aib. Aku pernah mendengar Abu Al Walid Hassan bin Muhammad Al Faqih berkata: Aku mendengar Al Hasan bin Sufyan berkata: Aku mendengar Ishaq bin Ibrahim Al Hanzhali berkata, “Jika periwayat dari Amr bin Syu'aib adalah periwayat tsiqah, maka dia seperti riwayat Ayyub dari Nafi', dari Ibnu Umar.” Syahid hadits ini adalah:
المستدرك ٣٥٨: فَحدثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ، أَنْبَأَ ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ سَلْمَانَ، عَنْ عُقَيْلِ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، أَنَّ شُعَيْبًا، حَدَّثَهُ وَمُجَاهِدًا، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو، حَدَّثَهُمْ أَنَّهُ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَكْتُبُ مَا أَسْمَعُ مِنْكَ؟ قَالَ: «نَعَمْ» قُلْتُ عِنْدَ الْغَضَبِ وَعِنْدَ الرِّضَا؟ قَالَ: «نَعَمْ، إِنَّهُ لَا يَنْبَغِي لِي أَنْ أَقُولَ إِلَّا حَقًّا» فَلْيَعْلَمْ طَالِبُ هَذَا الْعِلْمِ أَنَّ أَحَدًا لَمْ يَتَكَلَّمْ قَطُّ فِي عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، وَإِنَّمَا تَكَلَّمَ مُسْلِمٌ فِي سَمَاعِ شُعَيْبٍ مِنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، فَإِذَا جَاءَ الْحَدِيثُ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو فَإِنَّهُ صَحِيحٌ، عَلَى أَنِّي إِنَّمَا ذَكَرْتُهُ شَاهِدًا لِحَدِيثِ عَبْدِ الْوَاحِدِ بْنِ قَيْسٍ، وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الْحَدِيثُ بِعَيْنِهِ، عَنْ يُوسُفَ بْنِ مَاهَكَ
Al Mustadrak 358: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakam memberitakan (kepada kami), Ibnu Wahab memberitakan (kepada kami), Abdurrahman bin Salman mengabarkan kepadaku dari Uqail bin Khalid, dari Amr bin Syu'aib, bahwa Syu'aib dan Mujahid menceritakan kepadanya, bahwa Abdullah bin Amr menceritakan kepada mereka, bahwa dia bertanya (kepada Rasulullah), “Wahai Rasulullah, apakah aku boleh menulis apa yang aku dengar dari engkau?'* Beliau menjawab, “Ya.” Aku bertanya lagi, “Ketika marah dan ketika ridha?” Beliau menjawab, “Ya, karena tidak layak bagiku berkata kecuali yang benari." Para penuntut ilmu hadits perlu mengetahui bahwa tidak ada seorang pun yang memperbincangkan Amr bin Syu'aib. Hanya Muslim yang memperbincangkan tentang apakah Syu'aib bin Abdullah mendengar dari Abdullah bin Amr (atau tidak). Jika suatu hadits datang (diriwayatkan) dari Amr bin Syu'aib, dari Mujahid, dari Abdullah bin Amr, maka hadits tersebut shahih. Aku menyebutkannya hanya sebagai syahid hadits Abdul Wahid bin Qais. Hadits ini dengan redaksi seperti ini diriwayatkan dari Yusuf bin Mahik.
المستدرك ٣٥٩: أَخْبَرَنَا أَبُو عَمْرٍو عُثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ السَّمَّاكِ، بِبَغْدَادَ، ثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدُ بْنِ مَنْصُورٍ الْحَارِثِيُّ، ثنا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، وَحدثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، وَاللَّفْظُ لَهُ، ثنا أَبُو الْمُثَنَّى، ثنا مُسَدَّدٌ، ثنا يَحْيَى، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ الْأَخْنَسِ، عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ يُوسُفَ بْنِ مَاهَكَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: كُنْتُ أَكْتُبُ كُلَّ شَيْءٍ أَسْمَعُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأُرِيدُ حِفْظَهُ فَنَهَتْنِي قُرَيْشٌ، وَقَالُوا: تُكْتَبُ كُلَّ شَيْءٍ تَسْمَعْهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَشَرٌ يَتَكَلَّمُ فِي الرِّضَاءِ وَالْغَضَبِ؟، قَالَ: فَأَمْسَكْتُ، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: «اكْتُبْ فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا خَرَجَ مِنْهُ إِلَّا حَقٌّ» وَأَشَارَ بِيَدِهِ إِلَى فِيهِ. " رُوَاةُ هَذَا الْحَدِيثِ قَدِ احْتَجَّا بِهِمْ، عَنْ آخِرِهِمْ غَيْرِ الْوَلِيدِ هَذَا، وَأَظُنُّهُ الْوَلِيدُ بْنُ أَبِي الْوَلِيدِ الشَّامِيُّ، فَإِنَّهُ الْوَلِيدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، وَقَدْ عُلِمَتْ عَلَى أَبِيهِ الْكَتَبَةُ، فَإِنْ كَانَ كَذَلِكَ فَقَدِ احْتَجَّ مُسْلِمٌ بِهِ، وَقَدْ صَحَّتِ الرِّوَايَةُ عَنْ أَمِيرِ الْمُؤْمِنِينَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ أَنَّهُ قَالَ: قَيِّدُوا الْعِلْمَ بِالْكِتَابِ "
Al Mustadrak 359: Abu Amr Utsman bin Ahmad bin As-Sammak mengabarkan kepada kami di Baghdad, Abdurrahman bin Muhammad bin Manshur Al Haritsi menceritakan kepada kami, Yahya bin Sa'id menceritakan kepada kami. Abu Bakar bin Ishaq Al Faqih menceritakan kepada kami dengan redaksinya, Abu Al Mutsanna menceritakan kepada kami, Musaddad menceritakan kepada kami, Yahya menceritakan kepada kami dari Ubaidillah bin Al Akhnas, dari Al Walid bin Abdullah, dari Yusuf bin Mahik, dari Abdullah bin Amr, dia berkata: Aku menulis segala sesuatu yang aku dengar dari Rasulullah untuk aku hapal, lalu orang-orang Quraisy melarangku, mereka berkata, “Kamu menulis segala sesuatu yang kamu dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, padahal beliau hanya manusia biasa yang berbicara dikala senang dan dikala marah?” Aku pun berhenti, lalu aku menyampaikan hal tersebut kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Mendengar itu, beliau kemudian bersabda, “Tulislah! Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidak keluar darinya kecuali yang benar'' Beliau kemudian memberi isyarat dengan tangannya ke arah mulutnya. Para periwayat hadits ini telah dibuat hujjah oleh Al Bukhari dan Muslim dari yang terakhir selain Al Walid. Aku menduga dia adalah Al Walid bin Abu Al Walid Asy-Syami, karena dia adalah Al Walid bin Abdullah. Aku mengetahui bahwa dia menulis dari ayahnya. Jika demikian, berarti Muslim berhujjah dengannya, dan telah sah riwayat dari Amirul Mukminin Umar bin Khaththab , bahwa dia berkata, “Ikatlah (dokumentasikanlah) ilmu dengan cara menulis.”
المستدرك ٣٦٠: حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ الْحَافِظُ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ السَّعْدِيُّ، ثنا أَبُو عَاصِمٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ، أَنَّهُ سَمِعَ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، يَقُولُ: «قَيِّدُوا الْعِلْمَ بِالْكِتَابِ» . «وَكَذَلِكَ الرِّوَايَةُ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ صَحِيحٌ مِنْ قَوْلِهِ، وَقَدْ أُسْنِدَ مِنْ وَجْهٍ غَيْرِ مُعْتَمَدٍ، فَأَمَّا الرِّوَايَةُ مِنْ قَوْلِهِ»
Al Mustadrak 360: Abu Abdullah Muhammad bin Ya'qub Al Hafizh menceritakan kepada kami, Ibrahim bin Abdullah As-Sa'di menceritakan kepada kami, Abu Ashim menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Abdul Malik bin Abdullah bin Abu Sufyan, bahwa dia mendengar Umar bin Khaththab RA berkata, “Ikatlah (dokumentasikanlah) ilmu dengan tulisan.” Begitu pula riwayat dari Anas bin Malik yang memang benar merupakan perkataannya. Tapi dia diriwayatkan secara musnad dari jalur yang tidak bisa diandalkan. Riwayat tentang perkataannya adalah: