صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #881

صحيح ابن حبان ٨٨١: أَخْبَرَنَا ابْنُ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلاَنِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ لاَ يَزَالُ يُسْتَجَابُ لِلْعَبْدِ مَا لَمْ يَدْعُ بِإِثْمٍ، أَوْ قَطِيعَةِ رَحِمٍ، مَا لَمْ يَسْتَعْجِلْ، قِيلَ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، كَيْفَ يَسْتَعْجِلُ‏؟‏ قَالَ‏:‏ يَقُولُ‏:‏ قَدْ دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِي، فَيَنْحَسِرُ عِنْدَ ذَلِكَ، فَيَتْرُكُ الدُّعَاءَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 881: Ibnu Qutaibah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, ia berkata: Mu’awiyah bin Shalih mengabarkan kepada kami, dari Rabi’ah bin Yazid, dari Abu Idris Al Khaulani, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Tidak ada henti-hentinya doa seorang hamba dikabulkan selama ia tidak berdoa dengan memohon hal yang sifatnya berdosa atau memutus tali silaturrahim, dan selama ia tidak meminta cepat (terburu-buru)” Beliau ditanya, “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bagaimanakah seseorang dianggap meminta dengan cepat itu? beliau menjawab: ‘Ia berkata: "Sungguh saya telah berdoa tapi belum juga dikabulkan." Kemudian ia memutuskan dari berdoa (fayanhasiru36) karena keadaan tidak dikabulkan doanya, lalu ia pun meninggalkan (berhenti) berdoa.” 37 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #882

صحيح ابن حبان ٨٨٢: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ حُصَيْنِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ رُوَيْبَةَ، أَنَّهُ رَأَى بِشْرَ بْنَ مَرْوَانَ رَافِعًا يَدَيْهِ عَلَى الْمِنْبَرِ، فَقَالَ‏:‏ قَبَّحَ اللَّهُ هَاتَيْنِ الْيَدَيْنِ، لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يَزِيدُ عَلَى أَنْ يَقُولَ بِيَدِهِ كَذَا، وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ لِلسُّبْحَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 882: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata Abu Bakar bin Abu Syaibah menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Idris menceritakan kepada kami, dari Hushain bin Abdurrahman, dari ‘Umarah bin Ruwaibah, 38 bahwa ia pemah melihat Bisyr bin Marwan mengangkat kedua tangannya di atas mimbar. Lalu ia berkata, “Allah SWT menganggap buruk dua telapak tangan itu, sungguh aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pemah melebihkan atas apa yang beliau sabdakan dengan tangannya seperti ini. Dan ia memberi isyarat dengan jari telunjuknya(39)(40).” [5:12]

Shahih Ibnu Hibban #883

صحيح ابن حبان ٨٨٣: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُعَاوِيَةَ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذُبَابٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ‏:‏ مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَاهِرًا يَدَيْهِ يَدْعُو عَلَى مِنْبَرٍ وَلاَ غَيْرِهِ، وَلَكِنْ رَأَيْتُهُ يَقُولُ هَكَذَا‏.‏وَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ‏:‏ بِأُصْبُعِهِ السَّبَّابَةِ مِنْ يَدِهِ الْيُمْنَى يُقَوِّسُهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 883: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ubaidullah bin Umar Al Qawariri menceritakan kepada kami, ia berkata: Bisyr bin Al Mufadhdhal menceritakan kepada kami, dari Abdurrahman bin Ishaq, dari Abdurrahman bin Mu’awiyah, dari Ibnu Abu Dzubab dari Sahal bin Sa’ad, ia berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membuka kedua tangannya saat berdoa di atas mimbar maupun lainnya. Namun saya hanya pernah melihat beliau bersabda seperti ini.” Abu Sa’id berkata, “Dengan telunjuk tangan kanannya yang dibengkokkan.” 41 [5:12]

Shahih Ibnu Hibban #884

صحيح ابن حبان ٨٨٤: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ عَبْدِ الْجَبَّارِ الصُّوفِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ أَبَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ، عَنْ هِشَامٍ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ‏:‏ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبْصَرَ رَجُلاً يَدْعُو بِأُصْبُعَيْهِ جَمِيعًا فَنَهَاهُ وَقَالَ بِإِحْدَاهُمَا، بِالْيُمْنَى‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ أَضْمَرَ فِيهِ أَنَّ الإِشَارَةَ بِالْأُصْبُعَيْنِ لِيَكُونَ إِلَى الاِثْنَيْنِ، وَالْقَوْمُ عَهْدُهُمْ كَانَ قَرِيبًا بِعِبَادَةِ الأَصْنَامِ وَالإِشْرَاكِ بِاللَّهِ، فَمِنْ أَجْلِهِمَا أَمَرَ بِالإِشَارَةِ بِأُصْبُعٍ وَاحِدٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 884: Ahmad bin Al Hasan bin Abdul Jabbar Ash-Shufi mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abdullah bin Umar bin Aban menceritakan kepada kami, ia berkata: Hafash bin Ghiyats menceritakan kepada kami, dari Hisyam, dari Ibnu Sirin, dari Abu Hurairah, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah melihat seorang laki-laki berdoa dengan menggunakan kedua jarinya bersama-sama, beliau lalu melarangnya, dan beliau menyuruhnya menggunakan salah satu jarinya saja, yaitu jari kanan” 42. [2:24] Abu Hatim RA berkata: Tersimpan maksud di dalamnya bahwa memberi isyarat dengan dua jari. Adapun kaum pada masanya sangat akrab dengan beribadah kepada patung-patung dan menyekutukan Allah. Maka karena alasan ini, memberi isyarat itu hanya dibolehkan dengan satu jari saja.

Shahih Ibnu Hibban #885

صحيح ابن حبان ٨٨٥: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي عِيسَى بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ‏:‏ إِذَا أَرَادَ أَحَدُكُمْ أَمْرًا فَلْيَقُلِ‏:‏ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ‏.‏ اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ كَذَا وَكَذَا لِلأَمْرِ الَّذِي يُرِيدُ خَيْرًا لِي فِي دِينِي وَمَعِيشَتِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي وَأَعِنِّي عَلَيْهِ، وَإِنْ كَانَ كَذَا وَكَذَا لِلأَمْرِ الَّذِي يُرِيدُ شَرًّا لِي فِي دِينِي وَمَعِيشَتِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، فَاصْرِفْهُ عَنِّي، ثُمَّ اقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ أَيْنَمَا كَانَ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 885: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ali bin Al Madini menceritakan kepada kami, ia berkata: Ya'qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata: Ayahku menceritakan kepada kami, dari Ibnu Ishaq, ia berkata: Isa bin Abdullah bin Malik, dari Muhammad bin Amaru bin ‘Atha, dari ‘Atha' bin Yasar, dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata: aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian berkehendak mengerjakan suatu perkara, maka hendaknya ia membaca: Allaahumma innii astakhiiruka bi'ilmika, wa astaqdiruka biqudratika, wa as ‘aluka min fadhlika Al azhiim, fainnaka taqdiru walaa aqdiru, wa ta 'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyuub. Allaahumma in kaana "kadzaa wa kadzaa" (disebutkan perkara yang dimaksud) khairaan lii fii diinii wa ma iisyatii wa 'aaqibati amrii, faqdurhu lii wa a'innii 'alihi, wa in kaana "kadzaa wa kadzaa" (disebutkan perkara yang dimaksud) syarran lii fii diinii wa ma' iisyatii wa ‘aaqibati amrii, fashrifhu ‘annii, tsummaqdurlii al-khaira ainamaa kaana, laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi (Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan Ilmu (pengetahuan)-Mu, dan aku memohon ketentuan-Mu dengan Kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu dari keutamaan-Mu yang agung, sesungguhnya Engkau Maha Mampu sedangkan aku tidak mampu, dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, serta Engkau adalah Zat yang Maha mengetahui hal-hal yang ghaib. Ya Allah apabila perkara ini (sebutkan maksud atau niatnyaj baik untukku pada agamaku, kehidupanku, dan hasil perkaraku ini, maka takdirkanlah itu untukku dan mudahkanlah serta bantulah aku untuk mengerjakannya. Dan apabila perkara ini (sebutkan maksud atau niatnyaj buruk untukku pada agamaku, kehidupanku, dan hasil perkaraku ini, maka palingkanlah itu dariku. kemudian takdirkanlah kebaikan untukku di manapun itu berada. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah.”43 [1:104]

Shahih Ibnu Hibban #886

صحيح ابن حبان ٨٨٦: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِدْرِيسَ الأَنْصَارِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَمْزَةُ بْنُ طِلْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الْمُفَضَّلِ بْنُ الْعَلاَءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا أَرَادَ أَحَدُكُمْ أَمْرًا فَلْيَقُلِ‏:‏ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ‏.‏ اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ كَذَا وَكَذَا خَيْرًا لِي فِي دِينِي، وَخَيْرًا لِي فِي مَعِيشَتِي، وَخَيْرًا لِي فِي عَاقِبَةِ أَمْرِي، فَاقْدُرْهُ لِي وَبَارِكْ لِي فِيهِ، وَإِنْ كَانَ غَيْرُ ذَلِكَ خَيْرًا لِي، فَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ مَا كَانَ، وَرَضِّنِي بِقَدَرِكَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ أَبُو الْمُفَضَّلِ اسْمُهُ‏:‏ شِبْلُ بْنُ الْعَلاَءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، مُسْتَقِيمُ الأَمْرِ فِي الْحَدِيثِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 886: Al Husain bin Idris Al Anshari mengabarkan kepada kami, ia berkata: Hamzah bin Thalabah menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Abu Fudaik menceritakan kepada kami, ia berkata: Abu Al Mufadhdhal bin Al ‘Ala’ Ibn Abdurrahman, dari ayahnya, dari kakeknya, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian berkehendak mengerjakan suatu perkara, maka hendaknya ia membaca: Allaahumma innii astakhiiruka bi ’ilmika, wa astaqdiruka biqudratika, wa as ‘aluka min fadhlikal ‘azhiim, fainnaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta ’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allaahumma in kaana “kadzaa wa kadzaa ” khairaan lii fii diinii, wa khairaan lii fii ma’iisyatii, wa khairaan lii ‘aaqibati amrii, faqdurhu lii wa baarik lii fiihi, wa in kaana ghairu dzaalika khairan lii, faqdurhu lii al-khaira haitsu maa kaana, wa radhdhinii biqadarika (Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan Ilmu (pengetahuan)-Mu, dan aku memohon ketentuan-Mu dengan Kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu dari keutamaan-Mu yang agung, sesungguhnya Engkau Maha Mampu sedangkan aku tidak mampu, dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, serta Engkau adalah Zat yang Maha mengetahui hal-hal yang ghaib. Ya Allah apabila perkara ini baik untukku pada agamaku, pada kehidupanku, dan pada hasil perkaraku ini, maka takdirkanlah itu untukku dan berilah keberkahan untukku di dalamnya. Dan apabila bukan perkara itu yang baik untukku, maka taqdirkanlah kepadaku kebaikan sekiranya ia berada, dan berilah keridhaan untukku dengan kekuasaan-Mu” 44 [1:4] Abu Hatim RA berkata, “Abu Al Mufadhdhal namanya adalah Syiblu bin Al ‘Ala’ bin Abdurrahman. Haditsnya merupakan hadits yang lurus (baik).”

Shahih Ibnu Hibban #887

صحيح ابن حبان ٨٨٧: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الْمَوَالِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ، يَقُولُ‏:‏ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ، فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ، ثُمَّ لِيَقُلِ‏:‏ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ‏.‏ اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ هَذَا الأَمْرَ يُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ خَيْرًا لِي فِي دِينِي، وَمَعَاشِي، وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَقَدِّرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ وَرَضِّنِي بِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 887: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Qutaibah bin Sa’id menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdurrahman bin Abu Al Mawal menceritakan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Al Munkadiri menceritakan kepada kami, dari Jabir bin Abdullah berkata, “Rasulullah biasa mengajari kami istikharah dalam berbagai perkara, sebagaimana beliau mengajari kami surah dalam Al Qur'an.” Beliau bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian berkeinginan melakukan suatu urusan, maka hendaknya ia shalat dua rakaat selain shalat fardhu (shalat sunnah). Kemudian mengucapkan: "Allaahumma innii astakhiiruka bi’ilmika, waastaqdiruka biqudratika, wa as’aluka min fadhlika al azhiim, fainnaka taqdiru wa laa aqdiru, wata’lamu walaa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allaahumma fain kunta haadzal amra khairaan lii fii diinii wa ma‘aasyii wa ‘aaqibati amrii, faqaddirhu lii wa yassirhu lii wa baarik fiihi, wa in kaana syarran lii fii diinii wa ma’aadii wa ma ’aasyii wa 'aaqibati amrii, fashrifhu 'annii, washrifnii 'anhu, wa qaddir lii al khaira haitsu kaana, wa radhdhiinii bihi (Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan dari-Mu dengan ilmu-Mu, memohon ketetapan dari-Mu dengan kekuatan-Mu, dan aku meminta kepada-Mu dari karunia-Mu yang agung. Sesungguhnya Engkau berkuasa dan aku tidak kuasa, Engkau mengetahui dan aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha mengetahui perkara yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini - disebut yang jelas urusannya itu- baik bagiku dalam perkara dunia dan kehidupanku serta akhir daripada urusanku, maka tetapkanlah ia untukku dan mudahkanlah ia bagiku, kemudia berkahilah aku padanya. Jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam perkara dunia dan kehidupanku serta akhir daripada urusanku, maka palingkanlah ia dariku dan palingkan aku darinya. Dan tetapkanlah untukku kebaikan di mana saja. Kemudian jadikanlah aku ridha padanya)45 [1:104]

Shahih Ibnu Hibban #888

صحيح ابن حبان ٨٨٨: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الْمَرْوَزِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْوَاسِطِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ حَاطِبٍ، عَنْ أَبِيهِ، وَعَنْ عَمِّهِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى الْهِلاَلَ، قَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 888: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Yahya Al Marwazi menceritakan kepada kami, ia berkata: Sa’id bin Sulaiman Al Wasithi menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdurrahman bin Utsman bin Ibrahim bin Muhammad bin hathib menceritakan kepada kami, dari ayahnya dan pamannya, dari Ibnu Umar, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat hilal, beliau membaca, Allahumma ahillahu 'alainaa bil amni wa Al iimani, wa As-salaamati wa al Islaami, war taufiqi limaa tuhibbu wa tardha, rabbunaawa rabbukallaahu (Ya Allah, terbitkanlah bulan itu kepada kami dengan keamanan dan keimanan, dengan keselamatan dan Islam, dan petunjuk pada sesuatu yang Engkau cintai dan ridha. Tuhan kami dan Tuhanmu adalah Allah).“ 46. [5:12]

Shahih Ibnu Hibban #889

صحيح ابن حبان ٨٨٩: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا سَأَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيُكْثِرْ، فَإِنَّهُ يَسْأَلُ رَبَّهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 889: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Mahmud bin Ghailan menceritakan kepada kami, ia berkata: Abu Ahmad Az-Zubairi menceritakan kepada kami, ia berkata: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,”Apabila salah seorang dari kalian berdoa, maka perbanyaklah (permohonan dalam doanya), sesungguhnya ia sedang meminta kepada Tuhannya.”47[1:2]

Shahih Ibnu Hibban #890

صحيح ابن حبان ٨٩٠: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ ذَرٍّ، عَنْ يُسَيْعٍ الْحَضْرَمِيِّ، عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ، ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ‏:‏ ‏{‏ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ، إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ‏}‏‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 890: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, ia berkata: Jarir menceritakan kepada kami, dari Manshur, dari Dzar, dari Yusai’ Al Hadhrami, dari An-Nu’man bin Basyir, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “,i>Doa merupakan ibadah.” Kemudian beliau membaca ayat ini: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina.” 48 (Qs. Ghaafir [40]:60). [1:2]