صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #481

صحيح ابن حبان ٤٨١: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، وَشُعَيْبُ بْنُ مُحْرِزٍ، وَالْحَوْضِيُّ، قَالُوا‏:‏ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ أَبِي بَزَّةَ، عَنْ عَطَاءٍ الْكَيْخَارَانِيِّ، عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ أَثْقَلُ شَيْءٍ فِي الْمِيزَانِ الْخُلُقُ الْحَسَنُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ عَطَاءٌ هَذَا هُوَ عَطَاءُ بْنُ عَبْدِ اللهِ وَكَيْخَارَانَ‏:‏ مَوْضِعٌ بِالْيَمَنِ وَأُمُّ الدَّرْدَاءِ‏:‏ هِيَ الصُّغْرَى وَاسْمُهَا هُجَيْمَةُ بِنْتُ حُيَيٍّ الأَوْصَابِيَّةُ، وَالْكُبْرَى‏:‏ خَيْرَةُ بِنْتُ أَبِي حَدْرَدٍ الأَنْصَارِيَّةُ، لَهَا صُحْبَةٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 481: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Katsir, Syu’aib bin Muhriz, dan Al Haudhi menceritakan kepada kami, mereka berkata, Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Al Qasim bin Abu Bazzah, dari Atha Al Kaykharani, dari Ummu Ad Darda’, dari Abu Ad-Darda’, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Sesuatu yang paling memberatkan pada Mizan (timbangan amal) adalah Akhlak yang baik”245 Abu Hatim RA berkata: ‘Atha adalah Atha’ bin Abdullah246. Kaikharan adalah nama tempat di Yaman. Ummu Ad-Darda’ Ash-Shughra namanya adalah Hujaimah247 binti Hayy Al Aushabiyah. Ummu Ad-Darda’ Al Kubra namanya adalah Khairah248 binti Hadrad Al Anshariyah.” [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #482

صحيح ابن حبان ٤٨٢: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدٍ، عَنْ مَكْحُولٍ، عَنْ أَبِي ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ إِنَّ أَحَبَّكُمْ إِلَى اللهِ وَأَقْرَبَكُمْ مِنِّي أَحَاسِنُكُمْ أَخْلاَقًا، وَإِنَّ أَبْغَضَكُمْ إِلَى اللهِ وَأَبْعَدَكُمْ مِنِّي الثَّرْثَارُونَ الْمُتَفَيْهِقُونَ الْمُتَشَدِّقُونَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 482: Imran bin Musa mengabarkan kepada kami, ia berkata: Hudabah bin Khalid menceritakan kepada kami, ia berkata: Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami, dari Daud bin Abu Hind, dari Makhul, dari Abu Tsa’labah Al Khusyaniy, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di antara kalian semua yang paling dicintai Allah SWT dan yang paling dekat denganku adalah yang paling baik akhlaknya. Sesungguhnya di antara kalian semua yang paling dibenci Allah SWT dan yang paling jauh denganku adalah orang yang banyak bicara, orang yang sombong, orang yang berlebihan dan buruk, serta (orang yang) mencela orang lain.”249

Shahih Ibnu Hibban #483

صحيح ابن حبان ٤٨٣: أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ إِسْمَاعِيلَ بِبُسْتَ، وَعَبْدُ اللهِ بْنُ مَحْمُودِ بْنِ سُلَيْمَانَ السَّعْدِيُّ الْمَرْوَزِيُّ بِمَرْوَ، قَالاَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ الْعَتَكِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ الزَّنْجِيُّ، عَنِ الْعَلاَءِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ كَرَمُ الْمَرْءِ دِينُهُ، وَمُرُوءَتُهُ عَقْلُهُ، وَحَسَبُهُ خُلُقُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 483: Ishaq bin Ibrahim bin Ismail di Busta, dan Abdullah bin Mahmud bin Sulaiman As-Sa’adi Al Maruzi di Marwa mengabarkan kepada kami, keduanya berkata: Abdul Warits bin Abdullah Al ‘Ataki menceritakan kepada kami, ia berkata: Muslim bin Khalid Az-Zanjiy menceritakan kepada kami, dari Al ‘Ala, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Kemuliaan seseorang (terletak pada) agamanya, harga dirinya (terletak pada) akalnya, dan kehormatannya (terletak pada) Akhlaknya.”250 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #484

صحيح ابن حبان ٤٨٤: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ عَوْنٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي ابْنُ إِسْحَاقَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِخِيَارِكُمْ‏؟‏ قَالُوا‏:‏ بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ‏:‏ أَطْوَلُكُمْ أَعْمَارًا وَأَحْسَنُكُمْ أَخْلاَقًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 484: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata, Ja’far bin Aun menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Ishaq menceritakan kepadaku, dari Muhammad bin Ibrahim At-Taimi, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Maukah kalian aku beri Khabar mengenai orang-orang yang paling baik di antara kalian?" Mereka menjawab: Mau, wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "(Yaitu) orang yang paling panjang umurnya dan paling bagus Akhlaknya." [3:53]

Shahih Ibnu Hibban #485

صحيح ابن حبان ٤٨٥: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قَاسِمُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبِي، عَنْ يَزِيدَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْهَادِ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ فِي مَجْلِسٍ‏:‏ أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِأَحَبِّكُمْ إِلَيَّ، وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ‏؟‏ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ يَقُولُهَا، قُلْنَا‏:‏ بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ‏:‏ أَحْسَنُكُمْ أَخْلاَقًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 485: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata, Qasim bin Abu Syaibah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’ad menceritakan kepada kami, ia berkata: ayahku menceritakan kepada kami, dari Yazid bin Abdullah bin Al Had, dari Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, dari Muhammad bin Abdullah dari Abdullah bin Amru, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda di majlis (ilmunya), “Maukah kalian aku beri Khabar mengenai orang yang paling aku cintai dan yang paling dekat denganku tempat duduknya pada hari kiamat (nanti)?” Beliau mengulang-ulang sabdanya hingga tiga kali. Kami menjawab: Mau, wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “(Yaitu) yang paling baik Akhlaknya.”252 [3: 53]

Shahih Ibnu Hibban #486

صحيح ابن حبان ٤٨٦: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو النَّيْسَابُورِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ حَكِيمٍ، عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلاَقَةَ، عَنْ أُسَامَةَ بْنِ شَرِيكٍ، قَالَ‏:‏ كُنَّا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَأَنَّ عَلَى رُؤُوسِنَا الرَّخَمَ، مَا يَتَكَلَّمُ مِنَّا مُتَكَلِّمٌ، إِذْ جَاءَهُ نَاسٌ مِنَ الأَعْرَابِ، فَقَالُوا‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، أَفْتِنَا فِي كَذَا، أَفْتِنَا فِي كَذَا، فقَالَ‏:‏ أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّ اللَّهَ قَدْ وَضَعَ عَنْكُمُ الْحَرَجَ، إِلاَّ امْرَأً اقْتَرَضَ مِنْ عِرْضِ أَخِيهِ فَذَاكَ الَّذِي حَرِجَ وَهَلَكَ قَالُوا‏:‏ أَفَنَتَدَاوَى يَا رَسُولَ اللهِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ نَعَمْ، فَإِنَّ اللَّهَ لَمْ يُنْزِلْ دَاءً إِلاَّ أَنْزَلَ لَهُ دَوَاءً، غَيْرَ دَاءٍ وَاحِدٍ، قَالُوا‏:‏ وَمَا هُوَ يَا رَسُولَ اللهِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ الْهَرَمُ، قَالُوا‏:‏ فَأَيُّ النَّاسِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ، يَا رَسُولَ اللهِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللهِ أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 486: Abdullah bin Muhammad bin Amru An-Naisaburi mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ali bin Khasyram menceritakan kepada kami, ia berkata, Isa bin Yunus mengabarkan kepada kami, ia berkata: Usman bin Hakim menceritakan kepada kami, dari Ziyad bin ‘Ilaqah, dari Usamah bin Syarik, ia berkata, kami sedang berada bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, seakan-akan di atas kepala kami terdengar suara yang sangat merdu, padahal tidak ada dari kami orang yang berbicara. Tiba-tiba, datang sekelompok orang dari suku Badui, mereka berkata, “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, berilah kami fatwa tentang ini, berilah kami fatwa tentang ini.” Beliau bersabda, "Wahai manusia, sesungguhnya Allah SWT telah meletakkan dosa dari kalian semua kecuali terhadap seseorang yang menginjak-injak harga diri saudaranya. Maka itulah dosa dan kehancuran.” Mereka bertanya: Apakah kami boleh berobat wahai Rasulullah SAW? Beliau menjawab: “Iya. Sesungguhnya Allah SWT tidak menurunkan suatu penyakit kecuali Allah SWT menurunkan pula obatnya, kecuali terhadap satu penyakit” Mereka bertanya: Penyakit apakah itu wahai Rasulullah SAW? Beliau menjawab: “Tua.” Mereka bertanya: Siapakah manusia yang paling di cintai Allah SWT wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ? Beliau menjawab: Manusia yang paling di cintai Allah SWT adalah (manusia) yang paling baik Akhlaknya.” 253 [3:65]

Shahih Ibnu Hibban #487

صحيح ابن حبان ٤٨٧: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ عُبَيْدٍ، عَنِ الرَّبِيعِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ، قَالَ‏:‏ لَمَّا كَانَ يَوْمُ أُحُدٍ، أُصِيبَ مِنَ الأَنْصَارِ أَرْبَعَةٌ وَسَبْعُونَ، وَمِنْهُمْ سِتَّةٌ فِيهِمْ حَمْزَةُ، فَمَثَّلُوا بِهِمْ فَقَالَتِ الأَنْصَارُ‏:‏ لَئِنْ أَصَبْنَا مِنْهُمْ يَوْمًا لَنُرْبِيَنَّ عَلَيْهِمْ، فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ فَتْحِ مَكَّةَ، أَنْزَلَ اللَّهُ‏:‏ ‏{‏وَإِنْ عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوا بِمِثْلِ مَا عُوقِبْتُمْ بِهِ، وَلَئِنْ صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِلصَّابِرِينَ‏}‏، فقَالَ رَجُلٌ‏:‏ لاَ قُرَيْشَ بَعْدَ الْيَوْمِ، فقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ كُفُّوا عَنِ الْقَوْمِ غَيْرَ أَرْبَعَةٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 487: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Al Fadhlu bin Musa mengabarkan kepada kami, ia berkata, Isa bin Ubaid menceritakan kepada kami, dari Ar-Rabi’ bin Anas, dari Abu Al Aliyah ia berkata, Ubay bin Ka’ab menceritakan kepadaku, ia berkata, Tatkala terjadi perang Uhud, korban syahid dari pihak Anshar sebanyak tujuh puluh empat orang, dan dari pihak Muhajirin enam orang, termasuk di dalamnya Hamzah. Kemudian para sahabat (karena emosinya) merencanakan untuk membalas kematian mereka. Kaum Anshar berkata, “Sungguh, jika suatu hari kami mendapat kesempatan untuk membunuh (orang-orang kafir itu), niscaya kami akan membalaskannya dengan membunuh lebih banyak lagi orang-orang kafir. Maka tatkala terjadi Fath Makkah (Penaklukkan Makkah, dan kaum muslimin mempunyai kesempatan untuk membalaskan dendamnya), maka Allah SWT menurunkan firman-Nya: “Dan jika kamu memberikan balasan, Maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu, akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar” (Qs. An-Nahl [16]: 126). Lalu seseorang berkata: Setelah hari ini (Penaklukkan Makkah) tidak akan ada lagi Quraisy. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kemudian bersabda: “Tahanlah diri kalian dari (membunuh) kaum (Quraisy) selain terhadap empat orang.”254 [3:64]

Shahih Ibnu Hibban #488

صحيح ابن حبان ٤٨٨: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ ذَرِيحٍ بِعُكْبَرَا، أَخْبَرَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ضَرَبَ خَادِمًا قَطُّ، وَلاَ ضَرَبَ امْرَأَةً لَهُ قَطُّ، وَلاَ ضَرَبَ بِيَدِهِ شَيْئًا قَطُّ، إِلاَّ أَنْ يُجَاهِدَ فِي سَبِيلِ اللهِ، وَلاَ نِيلَ مِنْهُ شَيْءٌ قَطُّ، فَيَنْتَقِمُهُ مِنْ صَاحِبِهِ إِلاَّ أَنْ يَكُونَ لِلَّهِ فَإِنْ كَانَ لِلَّهِ، انْتَقَمَ لَهُ، وَلاَ عَرَضَ لَهُ أَمْرَانِ، إِلاَّ أَخَذَ بِالَّذِي هُوَ أَيْسَرُ، حَتَّى يَكُونَ إِثْمًا، فَإِذَا كَانَ إِثْمًا كَانَ أَبْعَدَ النَّاسِ مِنْهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 488: Muhammad bin Shalih bin Dzuraih di Akbara mengabarkan kepada kami, Hannad bin As-Sari mengabarkan kepada kami, Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, ia berkata: Aku sama sekali tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memukul pelayannya. Aku juga sama sekali tidak pemah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memukul istri-istrinya. Beliau tidak pemah memukul apapun dengan tangannya, kecuali saat berperang di jalan Allah SWT. Dan juga tidak pemah terjadi, jika ada seseorang menyakiti/menyinggung beliau lalu beliau membalasnya, kecuali jika menyakitinya itu berhubungan dengan (Hak-Hak) Allah SWT. Apabila karena Allah SWT, maka beliau akan membalasnya. Dan beliau tidak dihadapi kepada dua perkara, kecuali beliau mengambil perkara yang paling mudah, sampaipun kepada perbuatan dosa, Jika demikian, maka beliau termasuk orang yang paling menjauhi perbuatan dosa. 255 [5:47]

Shahih Ibnu Hibban #489

صحيح ابن حبان ٤٨٩: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ اعْبُدُوا الرَّحْمَنَ وَأَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ تَدْخُلُوا الْجِنَانَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ اعْبُدُوا الرَّحْمَنَ لَفْظَةٌ يَشْتَمِلُ اسْتِعْمَالُهَا عَلَى شُعَبٍ كَثِيرَةٍ بِاخْتِلاَفِ أَحْوَالِ الْمُخَاطَبِينَ فِيهَا قَدْ تَقَدَّمَ ذِكْرُنَا لِهَذَا الْوَصْفِ فِيمَا قَبْلُ وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ أَفْشُوا السَّلاَمَ لَفْظَةٌ أُطْلِقَتْ عَلَى الْعُمُومِ لاَ يَجِبُ اسْتِعْمَالُهُ فِي كُلِّ الأَحْوَالِ، لأَنَّ الْمَرْءَ إِذَا اسْتَعْمَلَ ذَلِكَ فِي كُلِّ الأَحْوَالِ، عَلَى كُلِّ إِنْسَانٍ، ضَاقَ بِهِ الأَمْرُ، وَخَرَجَ إِلَى مَا لَيْسَ فِي وُسْعِهِ، وَتَكَلَّفَ إلْزَامَ الْفَرَائِضِ بِالرَّدِّ عَلَى الْمُسْلِمِينَ‏.‏وَإِذَا كَانَ الرَّدُّ هُوَ الْفَرْضُ صَارَ عَلَى الْكِفَايَةِ، كَانَ ابْتِدَاءُ السَّلاَمِ الَّذِي لَيْسَ لَهُ تَخْصِيصٌ فَرْضٌ أَوْلَى أَنْ يَكُونَ عَلَى الْكِفَايَةِ، وَقَوْلُهُ‏:‏ أَطْعِمُوا الطَّعَامَ أَمْرٌ نُدِبَ إِلَى اسْتِعْمَالِهِ، وَحُثَّ عَلَيْهِ قَصْدًا لِطَلَبِ الثَّوَابِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 489: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, ia berkata, Jarir bin Abdul Hamid menceritakan kepada kami, dari ‘Atha bin As Sa’ib, dari ayahnya, dari Abdullah bin Amru, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Sembahlah Ar-Rahman, sebarluaskanlah salam, dan memberilah makanan, maka kalian akan masuk surga.256 Abu Hatim RA berkata, “Sabda Nabi SAW: Sembahlah Adalah lafazh yang penggunaannya terkandung atas berbagai cabang pengertian yang banyak, tergantung keadaan orang yang di ajak bicara dan tema yang di bicarakannya.” Permasalahan ini telah kami sampaikan pada pembahasan sebelumnya. Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebarluaskanlah salam; Salam adalah lafazh yang diucapkan atas orang lain. Hukumnya tidak wajib pada semua keadaan. Karena jika menyampaikan salam itu wajib di semua keadaan, atas setiap orang, maka hal itu dapat menyulitkan seseorang dan dapat membebani semua orang dengan kewajiban untuk membalas salam itu. Jika memang membalas salam itu adalah wajib atau fardhu, maka fardhunya hanyalah fardhu kifayah. Sabda Nabi SAW: Memberilah makanan ; adalah perintah yang di sunahkan, dan merupakan anjuran atas seseorang agar dapat memperoleh pahala. [1:70]

Shahih Ibnu Hibban #490

صحيح ابن حبان ٤٩٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الثَّقَفِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحٍ، عَنْ أَبِيهِ الْمِقْدَامِ، عَنْ أَبِيهِ شُرَيْحٍ، عَنْ أَبِيهِ هَانِئٍ أَنَّهُ، قَالَ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، أَخْبِرْنِي بِشَيْءٍ يُوجِبُ لِيَ الْجَنَّةَ، قَالَ‏:‏ عَلَيْكَ بِحُسْنِ الْكَلاَمِ، وَبَذْلِ السَّلاَمِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 490: Muhammad bin Ishaq Ats-Tsaqafi mengabarkan kepada kami, ia berkata: Qutaibah bin Sa’id menceritakan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Al Miqdam bin Syuraih menceritakan kepada kami, dari ayahnya, Syuraih, dari ayahnya, Hani’, bahwa ia berkata: Wahai Rasulullah, berilah aku Khabar tentang sesuatu yang dapat mewajibkanku masuk surga. Beliau bersabda, “Berkatalah dengan perkataan yang baik, dan berikan salam.”257 [1:2]