صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #471

صحيح ابن حبان ٤٧١: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، وَالْحُسَيْنُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ يَزِيدَ فِي آخَرِينَ، قَالُوا‏:‏ حَدَّثَنَا الْمُسَيِّبُ بْنُ وَاضِحٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ أَسْبَاطٍ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ مُدَارَاةُ النَّاسِ صَدَقَةٌ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ الْمُدَارَاةُ الَّتِي تَكُونُ صَدَقَةً لِلْمُدَارِي هِيَ تَخَلُّقُ الإِنْسَانِ الأَشْيَاءَ الْمُسْتَحْسَنَةَ، مَعَ مَنْ يُدْفَعُ إِلَى عِشْرَتِهِ، مَا لَمْ يَشُبْهَا بِمَعْصِيَةِ اللهِ وَالْمُدَاهَنَةُ‏:‏ هِيَ اسْتِعْمَالُ الْمَرْءِ الْخِصَالَ الَّتِي تُسْتَحْسَنُ مِنْهُ فِي الْعِشْرَةِ وَقَدْ يَشُوبُهَا مَا يَكْرَهُ اللَّهُ جَلَّ وَعَلاَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 471: Umar bin Sa’id bin Sinan, Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah, dan Al Husain bin Abdullah bin Yazid mengabarkan kepada kami, pada akhirnya mereka berkata: Al Musayyab bin Wadhih menceritakan kepada kami, ia berkata, Yusuf bin Asbath menceritakan j kepada kami, dari Sufyan Ats-sauri, dari Muhammad bin Al Mankadiri, dari Jabir, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Bersikap lemah lembut kepada orang lain merupakan sedekah." 229 Abu Hatim RA berkata, Sikap lemah lembut bisa merupakan sedekah bagi pelakunya selama ia tidak melakukan perbuatan yang menyerupai maksiat kepada Allah SWT. Al Mudahanatu (Mencari muka): Seseorang yang melakukan perkara-perkara yang dapat memperbaikinya di dalam hubungan persahabatan dengan diiringi

Shahih Ibnu Hibban #472

صحيح ابن حبان ٤٧٢: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ الْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ خُطْوَةٍ تَخْطُوهَا إِلَى الْمَسْجِدِ صَدَقَةٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 472: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abdullah bin Muhammad bin Asma' menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Al Mubarak menceritakan kepada kami, dari Ma’mar, dari Hamam bin Munabbih, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Kalimat yang baik merupakan sedekah. Dan setiap langkah menuju ke masjid merupakan sedekah.”231 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #473

صحيح ابن حبان ٤٧٣: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ الْحَوْضِيُّ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ مُحِلِّ بْنِ خَلِيفَةَ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ، فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 473: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, Hafash bin Umar Al Haudhi menceritakan kepada kami, dari Syu’bah, dari Muhalli bin Khalifah, dari Adi bin Hatim, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jauhilah api neraka meskipun dengan (bersedekah) separuh kurma. Dan jika kalian tidak mempunyainya, maka (jauhilah api neraka itu) dengan (berbicara menggunakan) kalimat yang baik” 232 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #474

صحيح ابن حبان ٤٧٤: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ عَبْدِ الْجَبَّارِ الصُّوفِيُّ بِبَغْدَادَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الرُّومِيِّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عِكْرِمَةُ بْنُ عَمَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي أَبُو زُمَيْلٍ، عَنْ مَالِكِ بْنِ مَرْثَدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ أَبُو زُمَيْلٍ هَذَا‏:‏ هُوَ سِمَاكُ بْنُ الْوَلِيدِ الْحَنَفِيُّ يَمَانِيٌّ ثِقَةٌ، وَالنَّضْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ هَذَا‏:‏ هُوَ الْجُرَشِيُّ الْيَمَامِيُّ، وَالنَّضْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْقُرَشِيُّ‏:‏ مَرْوَزِيٌّ، صَاحِبُ الرَّأْيِ، وَكَانَا فِي زَمَنٍ وَاحِدٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 474: Ahmad bin Al Hasan bin Abdul Jabbar Ash-Shufi di Baghdad mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abdullah bin Ar- Rumi menceritakan kepada kami, ia berkata, An-Nadhar bin Muhammad menceritakan kepada kami, ia berkata, Ikrimah bin Amar menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Zumail menceritakan kepadaku, dari Malik bin Martsad, dari ayahnya, dari Abu Dzar, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Senyummu di hadapan saudaramu merupakan sedekah.”.223 Abu Hatim RA berkata: Abu Zumail adalah Simak bin Al Walid Al Hanafi, tsiqah. An Nadhar bin Muhammad adalah Al Jurasyi Al Yamami. An-Nadhar bin Muhammad Al Qurasyi 234 adalah Maruziy, shahib ar-ra’yi. Keduanya berada dalam satu zaman. 235

Shahih Ibnu Hibban #475

صحيح ابن حبان ٤٧٥: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا غَسَّانُ بْنُ الرَّبِيعِ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ شُعَيْبِ بْنِ الْحَبْحَابِ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ‏:‏ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أُتِيَ بِقِنَاعِ جَزْءٍ، فقَالَ‏:‏ ‏{‏مَثَلاً كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا‏}‏، فقَالَ‏:‏ هِيَ النَّخْلَةُ ‏{‏وَمَثَلُ كَلِمَةٍ خَبِيثَةٍ كَشَجَرَةٍ خَبِيثَةٍ اجْتُثَّتْ مِنْ فَوْقِ الأَرْضِ مَا لَهَا مِنْ قَرَارٍ‏}‏، قَالَ‏:‏ هِيَ الْحَنْظَلَةُ‏.‏قَالَ شُعَيْبٌ‏:‏ فَأَخْبَرْتُ بِذَلِكَ أَبَا الْعَالِيَةِ، فقَالَ كَذَلِكَ كُنَّا نَسْمَعُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَوْلُ أَنَسٍ إِنَّهُ أُتِيَ بِقِنَاعِ جَزْءٍ أَرَادَ بِهِ طَبَقَ رُطَبٍ لأَنَّ أَهْلَ الْمَدِينَةِ يُسَمُّونَ الطَّبَقَ الْقِنَاعَ وَالرُّطَبَ الْجَزْءَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 475: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ghasan bin Ar-Rabi’ menceritakan kepada kami, dari Hamad bin Salamah, dari Syu’aib bin Al Habhab, dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam disuguhkan setalam kurma matang. Beliau lalu membaca ayat Al Qur'an, “Perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada Setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.” Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Pohon itu adalah pohon kurma.” “Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun”(Qs. Ibraahiim [14]; 26). Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Pohon itu adalah pohon labu”236 Syu’aib berkata: “Aku dikabarkan seperti itu oleh Abu Al Aliyah. Lalu ia berkata,Seperti itulah yang kami dengar.” Abu Hatim RA berkata, Perkataan Anas, ”Innahu utiya biqinaa’i jaz'in”; Maksudnya adalah disuguhkan setalam kurma matang. Sebab pendudukan Madinah menyebut kata ath-thabaq dengan Al-qina’ dan menyebut kata ar-ruthab dengan Al jaz 'i.” 237 [3:66]

Shahih Ibnu Hibban #476

صحيح ابن حبان ٤٧٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْكَرْخِيُّ، بِبَلَدِ الْمَوْصِلِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ مَا أَكْثَرُ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ الْجَنَّةَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ تَقْوَى اللهِ، وَحُسْنُ الْخُلُقِ قِيلَ‏:‏ فَمَا أَكْثَرُ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ الأَجْوَفَانِ‏:‏ الْفَمُ وَالْفَرْجُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ ابْنُ إِدْرِيسَ هَذَا اسْمُهُ عَبْدُ اللهِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الزَّعَافِرِيُّ الأَوْدِيُّ مِنْ ثِقَاتِ الْكُوفَةِ وَمُتْقِنِيهِمْ، وَلَمْ يَكُنْ فِي عَصْرِهِ بِالْكُوفَةِ مَنْ لاَ يَشْرَبُ غَيْرُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 476: Muhammad bin Ja’far Al Karkhi di negeri Mosul mengabarkan kepada kami, ia berkata, Usman bin Abu Syaibah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Idris menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari kakeknya, dari Abu Hurairah, ia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di tanya, Perbuatan apakah yang paling banyak mengantarkan manusia ke surga? Beliau menjawab, “Ketakwaan dan akhlak yang baik." Beliau ditanya, “Lalu perbuatan apakah yang paling banyak menjerumuskan manusia ke neraka? Beliau menjawab, “Perbuatan yang berasal dari dua lubang, yaitu mulut dan kemaluan.” 238 Abu Hatim RA berkata, Ibnu Idris di sini namanya adalah Abdullah bin Idris bin Yazid bin Abdurrahman239 Az-Za’afiri, Al Audi, la termasuk ulama Kufah yang tsiqah. Dan pada masanya, belum ada di Kufah seseorang yang tidak pemah berdusta240 selain dia. [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #477

صحيح ابن حبان ٤٧٧: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ الْعَبْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، عَنْ مَسْرُوقٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو‏:‏ إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، لَمْ يَكُنْ فَاحِشًا، وَلاَ مُتَفَاحِشًا، وَكَانَ يَقُولُ‏:‏ خِيَارُكُمْ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلاَقًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 477: Al Fadhl bin Al Hubab mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Katsir Al Abdi menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan Ats-Tsauri menceritakan kepada kami, dari Al A’masy, dari Abu Wa’il, dari Masruq, ia berkata, Abdullah bin Amru berkata, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bukanlah seorang yang buruk perkataan dan perbuatannya serta bukan pula orang yang sengaja melakukan demikian. Dan beliau pernah bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik akhlak(nya)” 241 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #478

صحيح ابن حبان ٤٧٨: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ ذَرِيحٍ بِعُكْبَرَا، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ مِسْعَرٍ، وَالثَّوْرِيُّ، عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلاَقَةَ، عَنْ أُسَامَةَ بْنِ شَرِيكٍ، قَالَ‏:‏ قَالُوا‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، مَا أَفْضَلُ مَا أُعْطِيَ الْمَرْءُ الْمُسْلِمُ‏؟‏ قَالَ‏:‏ حُسْنُ الْخُلُقِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 478: Muhammad bin Shalih bin Dzarih di Ukbara mengabarkan kepada kami, ia berkata, Hanad bin As-Sariy menceritakan kepada kami, ia berkata: Waki’ menceritakan kepada kami, dari Mis’ar dan AtsTsauri, dari Ziyad bin ‘Ilaqah, dari Usamah bin Syarik, ia berkata: Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, perbuatan apakah yang paling utama yang diberikan seorang muslim? Beliau menjawab: (Seseorang yang menunjukkan) akhlak yang baik.242 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #479

صحيح ابن حبان ٤٧٩: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 479: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Idris menceritakan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Amru mengabarkan kepada kami, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang mukmin yang paling baik akhlaknya." 243 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #480

صحيح ابن حبان ٤٨٠: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى بْنِ مُجَاشِعٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلاَلٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ أَبِي عَمْرٍو، عَنِ الْمُطَّلِبِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ حَنْطَبٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَيُدْرِكُ بِخُلُقِهِ دَرَجَةَ الصَّائِمِ الْقَائِمِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 480: Imran bin Musa bin Mujasyi’ mengabarkan kepada kami, ia berkata, Usman bin Abu Syaibah menceritakan kepada kami, ia berkata, Khalid bin Makhlad menceritakan kepada kami, ia berkata, Sulaiman bin Bilal menceritakan kepada kami, ia berkata, Amru bin Abu Amru menceritakan kepadaku, dari Al Muthallib bin Abdullah bin Hanthab, dari Aisyah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya seorang mukmin akan mendapatkan -disebabkan Akhlak (baik) nya-, derajatnya orang yang selalu berpuasa dan selalu shalat malam..”244 [1:2]