صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #321

صحيح ابن حبان ٣٢١: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ الْوَلِيدِ النَّرْسِيُّ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ، عَنْ مُسْلِمِ بْنِ صُبَيْحٍ، عَنْ مَسْرُوقٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ أَيْقَظَ أَهْلَهُ، وأَحْيَى اللَّيْلَ، وَشَدَّ الْمِئْزَرَ‏.‏ وَقَدْ ذَكَرَ سُفْيَانُ مَرَّةً فِيهِ وَجَدَّ أَبُو يَعْفُورٍ‏:‏ اسْمُهُ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ نِسْطَاسٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 321: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, Al Abbas bin Al Walid An-Narsi menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, dari Abu Ya’fur, dari Muslim bin Shubaih, dari Masruq, dari Aisyah, ia berkata, “Jika sudah masuk pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (selalu) membangunkan keluarganya, menghidupkan malam, dan mengencangkan ikatan tali sarungnya.”28. Sufyan sungguh pernah menjelaskan satu kali mengenai Hadits ini dengan perkataan wajadda (sungguh-sungguh) Abu Ya’fur adalah Abdurrahman bin ‘Ubaid bin Nisthas. 29. [5:47]

Shahih Ibnu Hibban #322

صحيح ابن حبان ٣٢٢: أَخْبَرَنَا حَامِدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ شُعَيْبٍ، حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خِدَاشٍ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، قَالَ‏:‏ سَأَلْتُ عَائِشَةَ عَنْ عَمَلِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَتْ‏:‏ كَانَ عَمَلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دِيمَةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 322: Hamid bin Muhammad bin Syu’aib mengabarkan kepada kami, Mahmud bin Khidasy menceritakan kepada kami, Jarir menceritakan kepada kami, dari Manshur, dari Ibrahim, dari Alqamah, ia berkata, “Aku bertanya kepada Aisyah tentang amal yang dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Ia menjawab: Amal beliau adalah mudawamah (istiqomah dalam mengerjakan suatu perbuatan).30 [5: 47]

Shahih Ibnu Hibban #323

صحيح ابن حبان ٣٢٣: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا قَالَتْ‏:‏ كَانَ أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الَّذِي يَدُومُ عَلَيْهِ صَاحِبُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 323: Umar bin Sa’id bin Sinan mengabarkan kepada kami, Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami, dari Malik, Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, bahwa ia berkata, Amal perbuatan yang paling Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam senangi adalah perbuatan baik yang senantiasa dikerjakan oleh si pelakunya. ).31 [1:67]

Shahih Ibnu Hibban #324

صحيح ابن حبان ٣٢٤: أَخْبَرَنَا جَعْفَرُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ سِنَانٍ الْقَطَّانُ بِوَاسِطَ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ، عَنْ مُسْلِمٍ الْبَطِينِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ الْعَشْرِ، قَالُوا‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، وَلاَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ وَلاَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ، ثُمَّ لَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 324: Ja’far bin Ahmad.32 bin Sinan Al Qathan mengabarkan ep kami, ayahku menceritakan kepada kami, Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami, Al A’masy menceritakan kepada kami, dari Muslim Al Bathin, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu Abbas, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada hari-hari, amal shalih yang dilakukan di dalamnya itu lebih disukai oleh Allah daripada hari 10 Dzulhiijjah.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, walaupun Jihad fi Sabilillah?”. Beliau menjawab: “ Walaupun Jihad fi Sabilillah. Kecuali orang yang keluar (jihad) dengan diri dan hartanya, kemudian dia tidak (mengharapkan) kembali apa-apa dari hal tersebut (Ikhlas). ).33 [1.2]

Shahih Ibnu Hibban #325

صحيح ابن حبان ٣٢٥: أَخْبَرَنَا شَبَابُ بْنُ صَالِحٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ بَقِيَّةَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا خَالِدٌ، عَنْ خَالِدٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ شَهْرَا عِيدٍ لاَ يَنْقُصَانِ‏:‏ رَمَضَانُ وَذُو الْحِجَّةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 325: Syabab bin Shalib mengabarkan kepada kami, ia berkata, Wahab bin Baqiyyah menceritakan kepada kami, ia berkata, Khalid mengabarkan kepada kami, dari Khalid, dari).35 Abdurrahman bin Abu Bakrah, dari ayahnya, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Dua bulan yang terdapat Hari Raya, tidak mengurangi nilainya. Yaitu bulan Ramadan dan Dzulhijjah. ).36 [1:1]

Shahih Ibnu Hibban #326

صحيح ابن حبان ٣٢٦: أَخْبَرَنَا الصُّوفِيُّ بِبَغْدَادَ، حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ خَارِجَةَ، حَدَّثَنَا الْجَرَّاحُ بْنُ مَلِيحٍ الْبَهْرَانِيُّ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ بَكْرَ بْنَ زُرْعَةَ الْخَوْلاَنِيَّ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا عِنَبَةَ الْخَوْلاَنِيَّ وَهُوَ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، مِمَّنْ صَلَّى لِلْقِبْلَتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا وَأَكَلَ الدَّمَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ، يَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ‏:‏ لاَ يَزَالُ اللَّهُ يَغْرِسُ فِي هَذَا الدِّينِ بِغَرْسٍ يَسْتَعْمِلُهُمْ فِي طَاعَتِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 326: Seorang Sufi di Baghdad mengabarkan kepada kami, Al Haitsam bin Kharijah menceritakan kepada kami, Al Jarrah bin Malih Al Bahrani menceritakan kepada kami, ia berkata, “Aku mendengar Bakr bin Zur’ah Al Khaulani berkata, “Aku mendengar Abu ‘Inabah Al Khaulani -ia termasuk sahabat Nabi SAW).37, dan ikut mengalami shalat pada dua kiblat, ia semasa jahiliyahnya pernah meminum darah- berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah SWT senantiasa menanam (menciptakan) satu tanaman untuk agama ini, yang Ia pergunakan untuk melaksanakan ketaatan kepada-Nya. ).38 [3:66]

Shahih Ibnu Hibban #327

صحيح ابن حبان ٣٢٧: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ أَنَّ زَيْنَبَ بِنْتَ أَبِي سَلَمَةَ أَخْبَرَتْهُ أَنَّ أُمَّ حَبِيبَةَ بِنْتَ أَبِي سُفْيَانَ أَخْبَرَتْهَا‏:‏ أَنَّ زَيْنَبَ بِنْتَ جَحْشٍ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَتْ‏:‏ خَرَجَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَزِعًا، مُحْمَرًّا وَجْهُهُ، يَقُولُ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدِ اقْتَرَبَ، فُتِحَ الْيَوْمَ مِنْ رَدْمِ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مِثْلُ هَذِهِ وَحَلَّقَ بِأَصْبُعِهِ الإِبْهَامِ وَالَّتِي تَلِيهَا، قَالَتْ‏:‏ فَقُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ أَنَهْلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ نَعَمْ، إِذَا كَثُرَ الْخَبَثُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 327: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah mengabarkan kepada kami, Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, ia berkata, “Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, ia berkata, “Yunus mengabarkan kepada kami, dari Syihab, ia berkata, Urwah bin Az-Zubair mengabarkan kepadaku, bahwa Zainab binti Salamah mengabarkan kepadanya, bahwa Ummu Habibah binti Abu Sufyan mengabarkan kepadanya, bahwa Zainab binti Jahsy, istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam suatu ketika keluar rumah dalam keadaan terperanjat, wajahnya merah, lalu beliau mengucap, “Laa ilaaha illallah (tiada tuhan selain Allah SWT), celakalah bangsa Arab terhadap keburukan yang sungguh sudah dekat(ini), hari ini dinding penyumbat Ya'juj dan Ma’juj telah terbuka seperti ini” Beliau lingkarkan jari tangannya dari ibu jari hingga kelingking. Zainab berkata, “Aku lalu bertanya: Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, apakah kami akan binasa dan (padahal) di sekitar kami terdapat orang-orang shalih? Beliau menjawab, “Iya, jika kemaksiatan (keburukan) telah merajalela” ).39 [3: 65]

Shahih Ibnu Hibban #328

صحيح ابن حبان ٣٢٨: أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ الْمِنْهَالِ ابْنِ أَخِي الْحَجَّاجِ بْنِ الْمِنْهَالِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنِ الأَغَرِّ أَبِي مُسْلِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فِيمَا يَحْكِي عَنِ اللهِ جَلَّ وَعَلاَ، قَالَ‏:‏ الْكِبْرِيَاءُ رِدَائِي، وَالْعَظَمَةُ إِزَارِي، فَمَنْ نَازَعَنِي فِي وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا، قَذَفْتُهُ فِي النَّارِ، وَمَنِ اقْتَرَبَ إِلَيَّ شِبْرًا، اقْتَرَبْتُ مِنْهُ ذِرَاعًا، وَمَنِ اقْتَرَبَ مِنِّي ذِرَاعًا، اقْتَرَبْتُ مِنْهُ بَاعًا، وَمَنْ جَاءَنِي يَمْشِي، جِئْتُهُ أُهَرْوِلُ، وَمَنْ جَاءَنِي يُهَرْوِلُ، جِئْتُهُ أَسْعَى، وَمَنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ، ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي، وَمَنْ ذَكَرَنِي فِي مَلَأٍ، ذَكَرْتُهُ فِي مَلَأٍ أَكْثَرَ مِنْهُمْ وَأَطْيَبَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 328: Sulaiman bin Al Husain bin Al Minhal -anak saudara laki- lakinya Al Hajjaj bin Al Minhal- mengabarkan kepada kami, Hudbah bin Khalid menceritakan kepada kami, ia berkata, “Hamad bin Salamah menceritakan kepada kami, dari Atha’ bin As-Saib, dari Al Agharri Abu Muslim, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap keterangan yang telah Allah SWT ceritakan kepadanya, Allah SWT berfirman, “Kesombongan adalah Selendang-Ku, Keagungan adalah pakaian-Ku, barangsiapa yang mencopot salah satu dari keduanya (menyaingi-meski hanya-salah dari kedua hal itu), maka Aku bersumpah untuk memasukkannya kedalam neraka. Dan barangsiapa yang mendekatkan diri kepada-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya satu hasta. Barangsiapa yang mendekatkan dirinya kepada-Ku satu hasta, maka Aku akan mendekat kepadanya sedepa. Barangsiapa yang datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendatanginya dengan berlari-lari kecil. Barangsiapa yang mendatangi-Ku dengan berlari-lari kecil, maka Aku akan mendatanginya dengan berlari. Barangsiapa yang mengingat-Ku di dalam hatinya, maka Aku akan mengingatnya di dalam hati-Ku. Barangsiapa yang mengingat-Ku secara berjamaah, maka Aku pun akan mengingatnya bersama jamaah-Ku (Para Malaikat Dan Lainnya) yang lebih banyak dan lebih baik.).40 [3:67]

Shahih Ibnu Hibban #329

صحيح ابن حبان ٣٢٩: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ الْفَضْلِ الْكَلاَعِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ بْنِ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبِي، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، أَخْبَرَنِي عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ، أَنَّ حَكِيمَ بْنَ حِزَامٍ، أَخْبَرَهُ أَنَّهُ، قَالَ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، أَرَأَيْتَ أُمُورًا كُنْتُ أَتَحَنَّثُ بِهَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ‏:‏ مِنْ صِلَةٍ وَعَتَاقَةٍ وَصَدَقَةٍ، فَهَلْ فِيهَا أَجْرٌ‏؟‏ فقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ أَسْلَمْتَ عَلَى مَا سَلَفَ لَكَ مِنْ أَجْرٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 329: Muhammad bin Ubaidillah bin Al Fadhli Al Kala’i mengabarkan kepada kami, ia berkata, “Amru bin Utsman bin Sa’id menceritakan kepada kami, ia berkata, ayahku menceritakan kepada kami, ia berkata, Syu’aib bin Abu Hamzah menceritakan kepada kami, dari Ibnu Syihab, Urwah bin Az-Zubair mengabarkan kepadaku, bahwa Hakim bin Hizam mengabarinya, bahwa ia berkata, “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bagaimana pendapatmu terhadap sesuatu yang aku lakukan sebagai ibadah).41 di masa Jahililiyah berupa silaturrahim, membebaskan budak, dan bersedekah. Apakah aku mendapatkan ganjaran terhadap semua perbuatan itu?” Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Engkau telah Islam dengan memperoleh ganjaran kebaikan di masa lalu.” 42 [3:65]

Shahih Ibnu Hibban #330

صحيح ابن حبان ٣٣٠: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْقَوَارِيرِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ، عَنْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنْ، عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ قُلْتُ لِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ ابْنَ جُدْعَانَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ كَانَ يَقْرِي الضَّيْفَ، وَيُحْسِنُ الْجِوَارَ، وَيَصِلُ الرَّحِمَ، فَهَلْ يَنْفَعُهُ ذَلِكَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ لاَ، إِنَّهُ لَمْ يَقُلْ يَوْمًا قَطُّ‏:‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطِيئَتِي يَوْمَ الدِّينِ‏.

Shahih Ibnu Hibban 330: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata, Al Qawariri menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdul Wahid bin Ziyad menceritakan kepada kami, ia berkata, Al A’masy menceritakan kepada kami, dari Abu Sufyan, dari Ubaid bin Umair, dari Aisyah, ia berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Sesungguhnya (semasa hidup) Ibnu Jud’an, pada masa jahiliyah, selalu menghormati tamu, berbuat baik kepada tetangga, dan selalu menyambung silaturrahim, apakah semua perbuatan baik tersebut akan memberi manfaat untuknya (di akhirat)? Rasulullah menjawab: ‘Tidak, sebab ia sama sekali tidak pernah berdo’a: Allaahummaghfirli khatii’ati yaum Ad-Din (Ya Allah SWT, ampunilah dosa-dosa saya pada Hari Pembalasan). 43 [3:65]