صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1481

صحيح ابن حبان ١٤٨١: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنَا الأَوْزَاعِيُّ، حَدَّثَنِي حَسَّانُ بْنُ عَطِيَّةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَابِطٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُونٍ الأَوْدِيِّ، قَالَ‏:‏ قَدِمَ عَلَيْنَا مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ الْيَمَنَ- بَعَثَهُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَيْنَا- فَسَمِعْتُ تَكْبِيرَهُ مَعَ الْفَجْرِ- رَجُلٌ أَجَشُّ الصَّوْتِ- فَأَلْقَيْتُ عَلَيْهِ مَحَبَّتِي، فَمَا فَارَقْتُهُ حَتَّى دَفَنْتُهُ بِالشَّامِ‏.‏ثُمَّ نَظَرْتُ إِلَى أَفْقَهِ النَّاسِ بَعْدَهُ، فَأَتَيْتُ ابْنَ مَسْعُودٍ، فَلَزِمْتُهُ حَتَّى مَاتَ، فَقَالَ لِي‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ كَيْفَ بِكُمْ إِذْا أُمِّرَ عَلَيْكُمْ أُمَرَاءُ يُصَلُّونَ الصَّلاَةَ لِغَيْرِ مِيقَاتِهَا‏؟‏ قُلْتُ‏:‏ فَمَا تَأْمُرُنِي إِنْ أَدْرَكَنِي ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللهِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ صَلِّ الصَّلاَةَ لِمِيقَاتِهَا، وَاجْعَلْ صَلاَتَكَ مَعَهُمْ سُبْحَةً‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ فِي قَوْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ وَاجْعَلْ صَلاَتَكَ مَعَهُمْ سُبْحَةً أَعْظَمُ الدَّلِيلِ عَلَى إِجَازَةِ صَلاَةِ التَّطَوُّعِ لِلْمَأْمُومِ خَلْفَ الَّذِي يُؤَدِّي الْفَرْضَ، ضِدَّ قَوْلِ مَنْ أَمَرَ بِضِدِّهِ، وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى إِجَازَةِ صَلاَةِ التَّطَوُّعِ جَمَاعَةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1481: Abdullah bin Muhammad bin Salm telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abdurrahman bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Walid bin Muslim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Auza’i telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Hassan bin Athiyah telah menceritakan kepadaku dari Abdurrahman bin Sabith dari Amr bin Maimun Al Audi, ia berkata, Mu’adz bin Jabal datang kepada kami di Yaman —ia diutus oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada kami—. Aku mendengar suara takbirnya mengiringi shalat Fajar —ia adalah laki-laki yang suaranya paling mempesona—. Aku pun dianugerahi rasa suka kepadanya. Aku tidak pernah berpisah darinya hingga aku menguburkan (jenazah) nya di Syam. Kemudian sesudah ia wafat aku melihat kepada manusia yang paling pandai fiqihnya. Maka aku mendatangi Ibnu Mas’ud. Aku menemaninya (berguru kepadanya) hingga ia wafat. Ia berkata kepadaku, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepadaku,'Bagaimana menurut kalian jika kalian diperintah oleh para pemimpin yang melaksanakan shalat bukan pada awal waktunya?’. Aku berkata, “Apa yang hendak engkau perintahkan kepadaku jika aku mendapatkan hal itu, wahai Rasulullah?”. Beliau menjawab, “ Laksanakan shalat pada awal waktunya. Dan jadikanlah shalatmu bersama mereka sebagai ibadah sunah.”430 [78:1] Abu Hatim berkata, “Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam وَاجْعَلْ صَلاَتَكَ مَعَهُمْ سُبْحَةً merupakan dalil yang paling kuat bagi bolehnya seorang ma’mum melaksanakan shalat sunah di belakang imam yang sedang menunaikan shalat fardhu. Kebalikan dari pendapat orang yang memerintahkan kebalikannya. Hadits ini menjadi dalil atas bolehnya shalat sunah dilangsungkan secara berjama’ah.”

Shahih Ibnu Hibban #1482

صحيح ابن حبان ١٤٨٢: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ يُوسُفَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ الْبَرَاءِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الصَّامِتِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ كَيْفَ أَنْتَ إِذَا بَقِيتَ فِي قَوْمٍ يُؤَخِّرُونَ الصَّلاَةَ عَنْ وَقْتِهَا قَالَ‏:‏ كَيْفَ أَفْعَلُ‏؟‏ قَالَ‏:‏ صَلِّ الصَّلاَةَ لِوَقْتِهَا، فَإِذَا أَدْرَكْتَهُمْ لَمْ يُصَلُّوا فَصَلِّ مَعَهُمْ، وَلاَ تَقُلْ إِنِّي قَدْ صَلَّيْتُ فَلاَ أُصَلِّي‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1482: Muhammad bin Umar bin Yusuf telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Ja’far telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Syu’bah telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ayyub dari Abu Al Aliyah Al Barra dari Abdullah bin Ash-Shamit dari Abu Dzarr dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, Bagaimana (sikapmu) jika kamu berada di sebuah kaum yang selalu mengakhirkan shalat dari waktunya?” Abu Dzarr berkata, Bagaimana aku bersikap?. Beliau bersabda, “Laksanakan shalat pada waktunya Maka apabila kamu mendapatkan mereka belum melaksanakan shalat (lalu mereka melaksanakan shalat), maka shalatlah bersama mereka. Kamu jangan katakan, ’Sungguh, aku telah melaksanakan shalat. Maka aku tidak akan shalat (bersama kalian)’. ”431 [69:3]

Shahih Ibnu Hibban #1483

صحيح ابن حبان ١٤٨٣: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ الْجُمَحِيُّ، حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ الصَّلاَةِ، فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلاَةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1483: Al Fadhl bin Al Hubbab Al Jumahi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Al Qa’nabi telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Malik dari Ibnu Syihab dari Abu Salamah dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa telah mendapatkan satu raka’at dari shalat maka ia telah mendapatkan shalat.”433 [43:3]

Shahih Ibnu Hibban #1484

صحيح ابن حبان ١٤٨٤: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ، عَنْ زُهَيْرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، وَبُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ، وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ صَلَّى مِنَ الصُّبْحِ رَكْعَةً قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ، لَمْ تَفُتْهُ الصَّلاَةُ، وَمَنْ صَلَّى مِنَ الْعَصْرِ رَكْعَةً قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ، لَمْ تَفُتْهُ الصَّلاَةُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1484: Abu Ya’la telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abu Khaitsamah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Amir telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Zuhair bin Muhammad dari Zaid bin Aslam dari Abu Shalih Busr bin Sa’id dan Abdurrahman Al A’raj dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa melaksanakan satu raka’at dari (shalat) Subuh sebelum matahari terbit, maka shalatnya tidak tertinggal. Dan barangsiapa melaksanakan satu raka’at dari shalat Ashar sebelum matahari terbenam,maka shalatnya tidak tertinggal.”434 [43:3]

Shahih Ibnu Hibban #1485

صحيح ابن حبان ١٤٨٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ عَبَّادٍ، بِبُسْتَ، حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ الأَشَجُّ، حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ مَنْ أَدْرَكَ مِنَ الصَّلاَةِ رَكْعَةً، فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلاَةَ كُلَّهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1485: Muhammad bin Amr bin Abbad di Busta telah mengabarkan kepada kami, Abu Sa’id Al Asyajju telah menceritakan kepada kami, Ibnu Idris telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ubaidillah bin Umar dari Az-Zuhri dari Abu Salamah dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang telah mendapatkan satu raka’at shalat, maka ia telah mendapatkan shalat seluruhnya” 435 [43:3]

Shahih Ibnu Hibban #1486

صحيح ابن حبان ١٤٨٦: أَخْبَرَنَا مَكْحُولٌ، بِبَيْرُوتَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبٍ الأَنْطَاكِيُّ، حَدَّثَنَا غُصْنُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنَا ابْنُ ثَوْبَانَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، وَمَكْحُولٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ أَدْرَكَ مِنْ صَلاَةِ رَكْعَةٍ فَقَدْ أَدْرَكَهَا وَلْيُتِمَّ مَا بَقِيَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1486: Makhul di kota Bairut telah mengabarkan kepada kami; Muhammad bin Ghalib Al Anthaqi telah menceritakan kepada kami, Ghushnu bin Isma'il telah menceritakan kepada kami, Ibnu Tsauban telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ayahnya dari Az-Zuhri dan Makhul dari Abu Salamah dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang telah mendapatkan satu raka’at dalam shalat (pada waktunya), maka ia telah mendapatkan shalat dan ia harus menyempurnakan raka’at yang kurang”436 [43:3]

Shahih Ibnu Hibban #1487

صحيح ابن حبان ١٤٨٧: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى بْنِ مُجَاشِعٍ، حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ الْجَحْدَرِيُّ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ أَدْرَكَ مِنْ صَلاَةٍ رَكْعَةً، فَقَدْ أَدْرَكَ‏.‏قَالُوا‏:‏ مِنْ هُنَا قِيلَ‏:‏ وَمَنْ أَدْرَكَ مِنَ الْجُمُعَةِ رَكْعَةً صَلَّى إِلَيْهَا أُخْرَى‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1487: Imran bin Musa bin Mujasyi’ Abu Kamil Al Jahdari telah mengabarkan kepada kami, Hammad bin Zaid telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Malik bin Anas dari Az-Zuhri dari Abu Salamah dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bersabda, “Barangsiapa yang telah mendapatkan satu raka'at dalam shalat, maka ia telah mendapatkan shalat”.438 Mereka berkata, “ Dari sini dapat dikatakan bahwa barangsiapa yang telah mendapatkan satu raka’at dalam shalat jum’at (dengan berjama'ah), maka ia harus mengerjakan (raka‘at) yang lainnya (yang kurang) ” 439 [43:3]

Shahih Ibnu Hibban #1488

صحيح ابن حبان ١٤٨٨: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ‏:‏ جَاءَتِ امْرَأَةٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَتْ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ زَوْجِي صَفْوَانَ بْنَ الْمُعَطَّلِ يَضْرِبُنِي إِذَا صَلَّيْتُ، وَيُفَطِّرُنِي إِذَا صُمْتُ، وَلاَ يُصَلِّي صَلاَةَ الْفَجْرِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ، قَالَ‏:‏- وَصَفْوَانُ عِنْدَهُ- فَسَأَلَهُ عَمَّا قَالَتْ، فَقَالَ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ أَمَّا قَوْلُهَا‏:‏ يَضْرِبُنِي إِذَا صَلَّيْتُ، فَإِنَّهَا تَقْرَأُ بِسُورَتِي وَقَدْ نَهَيْتُهَا عَنْهَا، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ لَوْ كَانَتْ سُورَةً وَاحِدَةً لَكَفَتِ النَّاسَ، قَالَ‏:‏ وَأَمَّا قَوْلُهَا‏:‏ يُفَطِّرُنِي إِذَا صُمْتُ، فَإِنَّهَا تَنْطَلِقُ فَتَصُومُ، وَأَنَا رَجُلٌ شَابٌّ وَلاَ أَصْبِرُ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَئِذٍ‏:‏ لاَ تَصُومُ امْرَأَةٌ إِلاَّ بِإِذْنِ زَوْجِهَا، قَالَ‏:‏ وَأَمَّا قَوْلُهَا‏:‏ لاَ أُصَلِّي حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ، فَإِنَّا أَهْلُ بَيْتٍ لاَ نَكَادُ نَسْتَيْقِظُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ، فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ فَإِذَا اسْتَيْقَظْتَ فَصَلِّ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1488: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna telah mengabarkan kepada kami, Abu Khaitsamah telah menceritakan kepada kami, Jarir telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Al A’masy dari Abu Shalih dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata, Seorang wanita datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya suamiku yang bernama Shafwan bin Al Mu’aththil440 memukulku jika aku telah selesai mengerjakan shalat, ia menyuruhku berbuka (tidak puasa) jika aku telah mengerjakan puasa, ia tidak mengerjakan shalat Subuh hingga terbit matahari. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata sedangkan Shafwan sedang berada di sampingnya, kemudian Rasulullah menanyakan hal tersebut kepada Shafwan tentang apa yang telah dikatakan oleh istrinya, kemudian Shafwan berkata, “Wahai Rasulullah, adapun ucapannya bahwa ia memukulku pada saat aku telah selesai mengerjakan shalat, hal itu karena ia membaca dua surat sedangkan aku telah melarangnya”. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, “Jika hanya membaca satu surat saja, niscaya hal tersebut telah cukup bagi manusia”. Shafwan berkata, “Adapun ucapannya bahwa ia memenyuruhku untuk tidak berpuasa jika aku telah selesai puasa, karena dia merasa bebas kemudian dia puasa sedangkan aku masih berusia muda, dan aku tidak mampu menahan kesabaranku (untuk melakukan persetubuhan, penterj). Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jika demikian, maka wanita tidak boleh berpuasa kecuali atas idzin suaminya.” Shafwan kembali berkata, “Adapun ucapannya bahwa aku tidak shalat hingga terbit matahari, karena kebiasaan anggota keluarga hampir tidak bangun tidur hingga terbit matahari”. Kemudian Rasulullah berkata, “Jika engkau telah bangun, maka shalatlah” 441.[78:1]

Shahih Ibnu Hibban #1489

صحيح ابن حبان ١٤٨٩: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ، عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ، عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ، عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ أَصْبِحُوا بِالصُّبْحِ، فَإِنَّكُمْ كُلَّمَا أَصْبَحْتُمْ بِالصُّبْحِ كَانَ أَعْظَمَ لِأُجُورِكُمْ أَوْ لأَجْرِهَا‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ أَمَرَ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالإِسْفَارِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ، لأَنَّ الْعِلَّةَ فِي هَذَا الأَمْرِ مُضْمَرَةٌ، وَذَلِكَ أَنَّ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابَهُ كَانُوا يُغَلِّسُونَ بِصَلاَةِ الصُّبْحِ، وَاللَّيَالِي الْمُقْمِرَةُ إِذَا قَصَدَ الْمَرْءُ التَّغْلِيسَ بِصَلاَةِ الْفَجْرِ صَبِيحَتَهَا رُبَّمَا كَانَ أَدَاءُ صَلاَتِهِ بِاللَّيْلِ، فَأَمَرَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، بِالإِسْفَارِ بِمِقْدَارِ مَا يَتَيَقَّنُ أَنَّ الْفَجْرَ قَدْ طَلَعَ، وَقَالَ‏:‏ إِنَّكُمْ كُلَّمَا أَصْبَحْتُمْ يُرِيدُ بِهِ تَيَقَّنْتُمْ بِطُلُوعِ الْفَجْرِ، كَانَ أَعْظَمَ لِأُجُورِكُمْ مِنْ أَنْ تُؤَدُّوا الصَّلاَةَ بِالشَّكِّ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1489: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna telah mengabarkan kepada kami, Abu Khaitsamah telah menceritakan kepada kami, Yahya bin Sa’id Al Qaththan telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ibnu Ajian dari Ashim dari Umar bin Qatadah dari Mahmud bin Al Walid dari Rafi’ bin Khadiz dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Lakukanlah shalat Shubuh pada waktu masih benar-benar Shubuh karena setiap kali kalian mengerjakan shalat subuh pada waktu masih benar-benar Shubuh, maka hal itu lebih besar pahalanya bagi kalian atau lebih besar pahalanya ”442 [45:1] Abu Hatim berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Memerintahkan untuk mengerjakan shalat Shubuh pada waktu mendekati terbitnya matahari, karena faktor penyebab (Illat) perintah ini tersembunyi, hal itu karena Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya mengerjakan shalat Shubuh pada saat masih gelap dan malam hari sedang purnama. Jika seseorang ingin mengerjakan shalat Shubuh pada saat masih gelap, niscaya pada malam itu akan terus terang benderang, maka kemungkinan ia mengerjakan shalatnya pada malam hari. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Memerintahkan shalat Shubuh pada saat terang benderang seukuran yang dapat diyakini bahwa fajar telah terbit, dan Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya jika kalian telah berada pada pagi hari, dengan hal itu kalian menginginkan secara yakin fajar telah datang dan hal itu lebih besar pahalanya bagi kalian daripada mengerjakan shalat yang diliputi keraguan.”

Shahih Ibnu Hibban #1490

صحيح ابن حبان ١٤٩٠: أَخْبَرَنَا حَامِدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ شُعَيْبٍ، حَدَّثَنَا سُرَيْجُ بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، وَمُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ، عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ، عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ أَسْفِرُوا بِالْفَجْرِ، فَإِنَّهُ أَعْظَمُ لِلأَجْرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1490: Hamid bin Muhammad bin Syuaib telah mengabarkan kepada kami, Suraij bin Yunus telah menceritakan kepada kami, Yazid bin Harun dan Muhammad bin Yazid telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ibnu Ishaq bin Ashim bin Umar bin Qatadah dari Mahmud bin Labid dari Rafi bin Khadij, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Lakukanlah (shalat) Fajar pada saat mendekati terbitnya matahari, karena sesungguhnya hal tersebut sangat besar pahalanya’. ” 443 [45:1]