صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1451

صحيح ابن حبان ١٤٥١: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهَبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أُمَيَّةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ خَالِدٍ، أَنَّهُ قَالَ لِعَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ‏:‏ إِنَّا نَجْدُ صَلاَةَ الْحَضَرِ، وَصَلاَةَ الْخَوْفِ فِي الْقُرْآنِ، وَلاَ نَجْدُ صَلاَةَ السَّفَرِ فِي الْقُرْآنِ‏؟‏ فَقَالَ لَهُ عَبْدُ اللهِ‏:‏ يَا ابْنَ أَخِي، إِنَّ اللَّهَ بَعَثَ إِلَيْنَا مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلاَ نَعْلَمُ شَيْئًا، فَإِنَّمَا نَفْعَلُ كَمَا رَأَيْنَاهُ يَفْعَلُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1451: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Mawhab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Laits bin Sa’ad telah menceritakan kepadaku dari Ibnu Syihab dari Abdullah378 bin Abu Bakr bin Abdurrahman dari Umayyah bin Abdullah bin Khalid bahwa ia berkata kepada Abdullah bin Umar, Sungguh, kami menemukan shalat Hadhar379 dan shalat khauf380 di dalam Al Qur'an. Namun kami tidak menemukan shalat safar381 di dalam Al Qur'an?. Abdullah berkata kepada Umayyah, “Wahai keponakanku! Sesungguhnya Allah mengutus Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam kepada kami dan kami tidak tahu apa- apa. Kami hanya mengerjakan apa yang kami lihat dari perbuatan." 382 [21:1]

Shahih Ibnu Hibban #1452

صحيح ابن حبان ١٤٥٢: أَخْبَرَنَا ابْنُ خُزَيْمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي الأَشْعَثُ بْنُ سُلَيْمٍ، عَنِ الأَسْوَدِ بْنِ هِلاَلٍ، عَنْ ثَعْلَبَةَ بْنِ زَهْدَمٍ، قَالَ‏:‏ كُنَّا مَعَ سَعِيدِ بْنِ الْعَاصِ بِطَبَرِسْتَانَ، فَقَالَ‏:‏ أَيُّكُمْ صَلَّى مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةَ الْخَوْفِ‏؟‏ فَقَالَ حُذَيْفَةُ‏:‏ أَنَا، قَالَ‏:‏ فَقَامَ حُذَيْفَةُ فَصَفَّ النَّاسَ خَلْفَهُ صِفِّينَ‏:‏ صَفًّا خَلْفَهُ، وَصَفًّا مُوَازِيًا لِلْعَدُوِّ، فَصَلَّى بِالَّذِينَ خَلْفَهُ رَكْعَةً، ثُمَّ انْصَرَفَ هَؤُلاَءِ مَكَانَ هَؤُلاَءِ، وَجَاءَ أُولَئِكَ، فَصَلَّى بِهِمْ رَكْعَةً، وَلَمْ يَقْضُوا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1452: Ibnu Khuzaimah telah mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Yahya bin Sa’id telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Asy’ats bin Sulaim383 telah menceritakan kepadaku dari Al Aswad bin Hilal dari Tsa’labah dari Zahdam, ia berkata, Kami bersama Sa’id bin Al Ash384 di Thabaristan. Sa’id bertanya, Siapa di antara kalian yang pernah melaksanakan shalat Al Khauf bersama Rasulullah SAW?” Hudzaifah menjawab, “Aku!”. Tsa’labah berkata, “Kemudian Hudzaifah berdiri. Ia mengatur manusia dibelakangnya menjadi dua shaf (barisan):satu barisan berada di belakangnya, dan satu barisan menghadap musuh. Lalu ia shalat satu raka’at bersama orang-orang yang berada di belakangnya. Kemudian mereka pergi ke tempat orang-orang yang menghadap musuh. Lalu mereka (orang-orang yang tadi menghadap musuh) datang. Hudzaifah pun melaksanakan shalat satu raka’at bersama mereka. Dan mereka tidak wajib mengqadha shalat.” 385

Shahih Ibnu Hibban #1453

صحيح ابن حبان ١٤٥٣: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ الْعَبْدِيُّ، أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ لَيْسَ بَيْنَ الْعَبْدِ وَبَيْنَ الْكُفْرِ إِلاَّ تَرْكُ الصَّلاَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1453: Abu Khalifah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Katsir Al Abdi telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan Ats-Tsauri lelah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Al A’masy dari Abu Sufyan dari Jabir, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda “Tidak ada (pembatas) antara seorang hamba dan kekufuran kecuali meninggalkan shalat.” 386 [25:3]

Shahih Ibnu Hibban #1454

صحيح ابن حبان ١٤٥٤: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي عَوْنٍ، حَدَّثَنَا أَبُو عَمَّارٍ الْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ، حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى، عَنِ الْحُسَيْنِ بْنِ وَاقِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ الْعَهْدَ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ، فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1454: Muhammad bin Ahmad bin Abu Aim telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abu Ammar Al Husain bin Huraits telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Fadhl bin Musa telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Al Husain bin Waqid dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Sesungguhnya perjanjian yang (terbentuk) antara kita dan mereka (orang-orang kafir) adalah shalat. Maka barangsiapa yang meninggalkannya berarti sungguh-sungguh ia telah kafir'. 387 “ [25:3]

Shahih Ibnu Hibban #1455

صحيح ابن حبان ١٤٥٥: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ أَيُّوبَ، وَمُوسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ نَافِعٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَ ابْنُ عُمَرَ بِوَجَعِ امْرَأَتِهِ فِي السَّفَرِ، فَأَخَّرَ الْمَغْرِبَ، فَقِيلَ‏:‏ الصَّلاَةَ، فَسَكَتَ، وَأَخَّرَهَا بَعْدَ ذَهَابِ الشَّفَقِ حَتَّى ذَهَبَ هَوِيٌّ مِنَ اللَّيْلِ، ثُمَّ نَزَلَ فَصَلَّى الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ، ثُمَّ قَالَ‏:‏ هَكَذَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُ إِذَا جَدَّ بِهِ السَّيْرُ، أَوْ حَزَبَهُ أَمَرٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1455: Abdullah bin Muhammad Al Azdi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdurrazzaq telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ma’mar telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ayyub dan Musa bin Uqbah dari Nafi, ia berkata, Ibnu Umar diberitahu tentang sakit yang dialami istrinya di tengah perjalanan. Maka ia pun mengakhirkan shalat magrib. Ada orang berkata, “Shalatlah!”. Ia hanya terdiam. Ia mengakhirkan shalat magrib setelah hilangnya mega merah sampai berlalunya masa yang cukup lama dari waktu malam. Kemudian ia turun. Lalu ia melaksanakan shalat magrib dan Isya kemudian ia berkata, “Beginilah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan ini ketika mempercepat perjalanan atau ditimpa masalah yang berat.” 388

Shahih Ibnu Hibban #1456

صحيح ابن حبان ١٤٥٦: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ بَحْرٍ الْقَرَاطِيسِيُّ، حَدَّثَنَا شَبَابَةُ بْنُ سَوَّارٍ، حَدَّثَنَا لَيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ عَقِيلِ بْنِ خَالِدٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ‏:‏ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَرَادَ أَنْ يَجْمَعَ بَيْنَ الصَّلاَتَيْنِ فِي السَّفَرِ، أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَدْخُلَ أَوَّلُ وَقْتِ الْعَصْرِ، ثُمَّ يَجْمَعُ بَيْنَهُمَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1456: Umar bin Muhammad Al Hamdani telah mengabaikan kepada kami, ia berkata, Sa’id bin Bahr Al Qarathisi telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Syababah bin Sawwar, ia berkata, Laits bin Sa’ad telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dan Aqil bin Khalid dari Az-Zuhri dari Anas bin Malik, ia berkata, “Apabila Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam hendak menjama’ antara dua shalat dalam perjalanan, maka beliau mengakhirkan shalat Zhuhur sampai masuk awal waktu ashar. Kemudian beliau menjama’ keduanya.” 389 [25:3]

Shahih Ibnu Hibban #1457

صحيح ابن حبان ١٤٥٧: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ‏:‏ دَخَلْنَا عَلَى جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، فَقَالَ‏:‏ أَمَرَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقُبَّةٍ مِنْ شَعْرٍ، فَضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ، فَسَارَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَلاَ تَشُكُّ قُرَيْشٌ إِلاَّ أَنَّهُ وَاقِفٌ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ كَمَا كَانَتْ قُرَيْشٌ تَصْنَعُ فِي الْجَاهِلِيَّةِ، فَأَجَازَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ فَوَجَدَ الْقُبَّةَ قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ، فَنَزَلَ بِهَا حَتَّى إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ، أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ، فَرُحِلَتْ لَهُ، فَأَتَى بَطْنَ الْوَادِي، فَخَطَبَ النَّاسُ، ثُمَّ قَالَ‏:‏ إِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا، فِي شَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هَذَا، أَلاَ كُلُّ شَيْءٍ مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ تَحْتَ قَدَمَيَّ مَوْضُوعٌ، وَدِمَاءُ الْجَاهِلِيَّةِ مَوْضُوعَةٌ، وَأَنَّ أَوَّلَ دَمٍ أَضَعُ مِنْ دِمَائِنَا دَمُ ابْنِ رَبِيعَةَ بْنِ الْحَارِثِ- كَانَ مُسْتَرْضَعًا فِي بَنِي لَيْثٍ فَقَتَلَتْهُ هُذَيْلٌ- فَاتَّقُوا اللَّهَ فِي النِّسَاءِ، فَإِنَّكُمْ أَخَذْتُمُوهُنَّ بِأَمَانِ اللهِ، وَاسْتَحْلَلْتُمْ فُرُوجَهُنَّ بِكَلِمَةِ اللهِ، وَلَكُمْ عَلَيْهِنَّ أَنْ لاَ يُوطِئْنَ فُرُشَكُمْ أَحَدًا تَكْرَهُونَهُ، فَإِنْ فَعَلْنَ ذَلِكَ فَاضْرِبُوهُنَّ ضَرْبًا غَيْرَ مُبَرِّحٍ، وَلَهُنَّ عَلَيْكُمْ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ، وَقَدْ تَرَكْتُ فِيكُمْ مَا لَنْ تَضِلُّوا بَعْدَهُ إِنِ اعْتَصَمْتُمْ بِهِ، كِتَابَ اللهِ، وَأَنْتُمْ تُسْأَلُونَ عَنِّي، فَمَا أَنْتُمْ قَائِلُونَ‏؟‏ قَالُوا‏:‏ نَشْهَدُ أَنْ قَدْ بَلَّغْتَ، فَأَدَّيْتَ، وَنَصَحْتَ، فَقَالَ بِإِصْبَعِهِ السَّبَّابَةِ يَرْفَعُهَا إِلَى السَّمَاءِ وَيَنْكُتُهَا إِلَى النَّاسِ‏:‏ اللَّهُمَّ اشْهَدْ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ أَذَّنَ، ثُمَّ أَقَامَ، فَصَلَّى الظُّهْرَ، ثُمَّ أَقَامَ، فَصَلَّى الْعَصْرَ، وَلَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ لَمَّا جَازَ تَقْدِيمُ صَلاَةِ الْعَصْرِ عَنْ وَقْتِهَا، وَلَمْ يَسْتَحِقَّ فَاعِلُهُ أَنْ يَكُونَ كَافِرًا، كَانَ مِنْ أَخَّرَ الصَّلاَةَ عَنْ وَقْتِهَا، ثُمَّ أَدَّاهَا بَعْدَ وَقْتِهَا أَوْلَى أَنْ لاَ يَكُونَ كَافِرًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1457: Abdullah bin Muhammad bin Salm telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Hisyam bin Ammar telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Hatim bin Isma’il telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ja’far bin Muhammad dari ayahnya, ia berkata, Kami masuk ke tempat Jabir bin Abdullah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyuruh untuk membawa kubah dari kain yang sedianya dibuatkan untuknya di Namirah390. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun berangkat, sementara orang-orang Quraisy tidak menyangka kecuali beliau akan melakukan wuquf di Masy’ar Al Haram, sebagaimana orang-orang Quraisy melakukannya pada zaman jahiliyah. 391Namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melewati tempat itu hingga sampai ke Arafah. Lalu beliau menemukan kubah telah dibuatkan untuknya di Namirah. Beliau pun tinggal disana, hingga ketika matahari telah tergelincir, beliau memerintahkan Al Qashwa392, untuk melanjutkan perjalanan. Maka Al Qashwa pun beijalan membawa beliau hingga sampailah di perut lembah393. Disana beliau berkhutbah di hadapan manusia Kemudian beliau bersabda, “Sesungguhnya darah dan harta kalian adalah haram atas kalian sebagaimana haramnya hari ini, bulan ini dan negeri ini. Ingatlah segala sesuatu tentang urusan jahiliyah di bawah kakiku telah dihapus. Darah jahiliyah pun telah dihapus. Dan sungguh, darah pertama dari darah kita yang aku hapus adalah darah putera dari Rabi ’ah bin Al Harits dulu ia disusui oleh orang-orang Bani Al Laits, lalu dibunuh oleh orang-orang Hudzail- maka takutlah kalian kepada Allah dalam hal wanita Karena sesungguhnya kalian membawa mereka dengan amanat Allah dan meminta kehalalan farji (kemaluan) mereka dengan kalimat Allah. Bagi kalian, mereka tidak boleh mengizinkan seseorang yang tidak kalian suka untuk masuk ke rumah kalian. 394 Jika mereka melakukannya, maka pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakitkan. Dan kewajiban kalian menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Dan aku meninggalkan395 untuk kalian sesuatu yang bila kalian pegang niscaya kalian tidak akan tersesat setelahnya; yaitu Kitabullah. Kalian ditanyakan tentang aku, lalu apa yang hendak kalian katakan?” Mereka menjawab, “Kami bersaksi bahwa engkau telah menyampaikan (syari’at), menunaikan (risalah) dan memberikan nasihat.’’ Kemudian beliau bersabda sambil mengacungkan jari telunjuk ke arah langit, lalu mengarahkannya396 ke segenap manusia; “Ya Allah, saksikanlah", beliau mengucapkan kalimat ini tiga kali. Kemudian beliau mengumandangkan adzan, lalu iqamat, setelah itu beliau melaksanakan shalat Zhuhur. Kemudian beliau iqamat lagi, lalu beliau melaksanakan shalat Ashar. Beliau tidak melakukan shalat apapun di antara keduanya.” 397 [25:3] Abu Hatim berkata “Ketika mendahulukan shalat Ashar dari waktunya diperbolehkan, dan orang yang melakukannya tidak berhak dikatakan kafir, ini berarti bahwa orang yang mengakhirkan shalat dari waktunya, kemudian ia melaksanakan shalat itusetelah waktunya, maka ia lebih tidak pantas lagi untuk dikatakan kafir.”

Shahih Ibnu Hibban #1458

صحيح ابن حبان ١٤٥٨: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ، عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ‏:‏ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ، فَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ زَيْغِ الشَّمْسِ، أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَجْمَعَهَا إِلَى الْعَصْرِ، فَيُصَلِّيهِمَا جَمِيعًا، وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ صَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا، ثُمَّ سَارَ، وَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبِ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْعِشَاءِ، وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ الْمَغْرِبِ عَجَّلَ الْعِشَاءَ وَصَلاَّهَا مَعَ الْمَغْرِبِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1458: Al Hasan bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Laits bin Sa’ad telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Yazid bin Abu Habib dari Abu Ath-Thufail dari Mu’adz bin Jabal, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam keluar dalam menghadapi perang Tabuk. Apabila nabi berangkat sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan shalat Dzuhur, hingga beliau menjama’nya dengan shalat Ashar. Lalu beliau melaksanakan shalat Dzuhur dan Ashar dengan cara di jama’. Setelah itu beliau berangkat. Dan Nabi , ketika berangkat sebelum maghrib, maka beliau mengakhirkan shalat Maghrib, maka beliau mengakhirkan shalat Maghrib hingga beliau laksanakan bersama shalat Isya. Namun bila berangkat setelah Maghrib, beliau menyegerakan shalat Isya dan melaksanakannya bersama shalat Maghrib.” 398[25:3]

Shahih Ibnu Hibban #1459

صحيح ابن حبان ١٤٥٩: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ كَيْسَانَ، عَنْ أَبِي حَازِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ عَرَّسْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَلَمْ نَسْتَيْقِظْ حَتَّى آذَتْنَا الشَّمْسُ، فَقَالَ نَبِيُّ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ لِيَأْخُذْ كُلُّ رَجُلٍ مِنْكُمْ رَاحِلَتَهُ ثُمَّ يَتَنَحَّى عَنْ هَذَا الْمَنْزِلِ ثُمَّ دَعَا بِالْمَاءِ فَتَوَضَّأَ، فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ أُقِيمَتِ الصَّلاَةُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ فِي تَأْخِيرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلاَةَ عَنِ الْوَقْتِ الَّذِي أَثْبَتَهُ إِلَى أَنْ خَرَجَ مِنَ الْوَادِي دَلِيلٌ صَحِيحٌ، عَلَى أَنَّ تَارِكَ الصَّلاَةِ إِلَى أَنْ يَخْرُجَ وَقْتُهَا لاَ يَكُونُ كَافِرًا، إِذْ لَوْ كَانَ كَذَلِكَ لَأَمَرَهُمْ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِأَدَاءِ الصَّلاَةِ فِي وَقْتِ انْتِبَاهِهِمْ مِنْ مَنَامِهِمْ، وَلَمْ يَأْمُرْهُمْ بِالتَّنَحِّي عَنِ الْمَنْزِلِ الَّذِي نَامُوا فِيهِ، وَالْفَرْضُ لاَزِمٌ لَهُمْ قَدْ جَازَ وَقْتُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1459: Abu Ya’la telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Fudhail telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Yazid bin Kaisan dari Abu Hazim dari Abu Hurairah, ia berkata, “Kami berhenti (di sebuah tempat peristirahatan musafir) bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pada suatu malam. Kami belum terbangun hingga matahari menyengat tubuh kami. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Hendaklah setiap laki-laki dari kalian mengambil kendaraan. Kemudian tinggalkan tempat ini! " Kemudian beliau minta dibawakan air. Setelah itu beliau berwudhu dan sujud sebanyak dua kali. Lalu shalat pun dilaksanakan'. 399 [25:3] Abu Hatim berkata, “Perbuatan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang mengakhirkan shalat dari waktu yang sudah ditetapkan hingga beliau keluar dari lembah menjadi dalil yang shahih bahwa orang yang meninggalkan shalat sampai keluar waktunya tidak dihukumi kafir. Karena jika dihukumi kafir, niscaya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepada mereka agar segera menunaikan shalat saat mereka terbangun dari tidur, dan niscaya beliau tidak memerintahkan supaya mereka meninggalkan tempat di mana mereka tertidur pulas. Jadi shalat fardhu wajib mereka lakukan namun waktunya boleh (ditunda)”

Shahih Ibnu Hibban #1460

صحيح ابن حبان ١٤٦٠: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ مُوسَى، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ رَبَاحٍ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ لَيْسَ فِي النَّوْمِ تَفْرِيطٌ، إِنَّمَا التَّفْرِيطُ عَلَى مَنْ لَمْ يُصَلِّ الصَّلاَةَ حَتَّى يَجِيءَ وَقْتُ صَلاَةٍ أُخْرَى‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ فِي إِطْلاَقِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ التَّفْرِيطَ عَلَى مَنْ لَمْ يُصَلِّ الصَّلاَةَ حَتَّى دَخَلَ وَقْتُ صَلاَةٍ أُخْرَى بَيَانٌ وَاضِحٌ أَنَّهُ لَمْ يَكْفُرْ بِفِعْلِهِ ذَلِكَ، إِذْ لَوْ كَانَ كَذَلِكَ، لَمْ يُطْلِقْ عَلَيْهِ اسْمُ التَّأْخِيرِ وَالتَّقْصِيرِ دُونَ إِطْلاَقِ الْكُفْرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1460: Al Hasan bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Hibban bin Musa telah menceritakan kepada kami, ia berkata Abdullah telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Sulaiman bin Al Mughirah dari Tsabit dari Abdullah bin Rabah dari Abu Qatadah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Tidur bukan sebuah kelalaian.Kelalaian hanyalah pada orang yang tidak melaksanakan shalat hingga datang waktu shalat lainnya.”400 [25:3] Abu Hatim berkata, “Ungkapan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang menyebut kelalaian untuk orang yang tidak melaksanakan shalat hingga masuk waktu shalat berikutnya merupakan keterangan yang jelas bahwa ia tidak menjadi kafir karena melakukan hal itu. Karena jika ia dihukumi kafir, niscaya beliau tidak akan menyebutnya sebagai orang yang mengakhirkan shalat dan orang yang lalai. Beliau akan menyebutnya kafir.”