صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1241

صحيح ابن حبان ١٢٤١: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ الْقُطَيْعِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ سِمَاكٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ الْمَاءُ لاَ يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1241: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abu Ma’mar Al Qathi’i telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Al Ahwash telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Simak dari Ikrimah dari Ibnu Abbas dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda, “Air tidak akan menjadi najis oleh sesuatu.”51 [36:3]

Shahih Ibnu Hibban #1242

صحيح ابن حبان ١٢٤٢: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا حِبَّانُ بْنُ مُوسَى، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ امْرَأَةً مِنْ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اغْتَسَلَتْ مِنْ جَنَابَةٍ، فَجَاءَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَتَوَضَّأُ مِنْ فَضْلِهَا، فَقَالَتْ لَهُ، فَقَالَ‏:‏ إِنَّ الْمَاءَ لاَ يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1242: Al Hasan bin Sufyan telah mengabaikan kepada kami, ia berkata, Hibban bin Musa telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdullah telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Sufyan dari Simak bin Harb dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, Seorang wanita istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mandi karena berjunub. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam datang dan berwudhu dengan air sisa mandinya. Ia mengatakan kepada beliau52 (tentang air sisa mandi tadi), kemudian beliau bersabda, “Sesungguhnya air tidak menjadi najis oleh sesuatu.“53[36:3]

Shahih Ibnu Hibban #1243

صحيح ابن حبان ١٢٤٣: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ الْجُمَحِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ سَلَمَةَ، مِنْ آلِ بَنِي الأَزْرَقِ، أَنَّ الْمُغِيرَةَ بْنَ أَبِي بُرْدَةَ، وَهُوَ مِنْ بَنِي عَبْدِ الدَّارِ، أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ‏:‏ سَأَلَ رَجُلٌ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّا نَرْكَبُ الْبَحْرَ وَنَحْمِلُ مَعَنْا الْقَلِيلَ مِنَ الْمَاءِ، فَإِنْ تَوَضَّأْنَا بِهِ عَطِشْنَا، أَفَنَتَوَضَّأُ مِنْ مَاءِ الْبَحْرِ‏؟‏ فَقَالَ‏:‏ هُوَ الطُّهُورُ مَاؤُهُ، الْحِلُّ مَيْتَتُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1243: Al Fadhl bin Al Hubbab Al Jumahi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Al Qa’nabi telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Malik dari shafwan bin Sulaim dari Sa’id bin Salamah dari keluarga Bani Al Azraq bahwa Al Muthirah bin Abu Burdah —Ia berasal dari bani Abduddar— mengabarkan kepadanya bahwa ia mendengar Abu Hurairah berkata, Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ia berkata, Wahai Rasulullah! Sungguh, kami mengarungi lautan. Kami hanya mempunyai sedikit air saja. Jika kami berwudhu dengan air itu, niscaya kami kehausan. Apakah (boleh) kami berwudhu dengan air laut? Beliau menjawab, “Laut itu suci airnya dan halal bangkainya ”54 [65: 3]

Shahih Ibnu Hibban #1244

صحيح ابن حبان ١٢٤٤: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ السَّامِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الْقَاسِمِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي إِسْحَاقُ بْنُ حَازِمٍ، عَنِ ابْنِ مِقْسَمٍ يَعْنِي عُبَيْدَ اللهِ، عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ مَاءِ الْبَحْرِ، فَقَالَ‏:‏ هُوَ الطُّهُورُ مَاؤُهُ، الْحِلُّ مَيْتَتُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1244: Muhammad bin Abdurrahman As-Sami telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Al Qasim bin Abu Az-Zinad telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Hazim telah mengabarkan kepadaku dari Ibnu Miqsam —maksudnya Ubaidillah (bin Miqsam)— dari Jabir, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang air laut. Beliau bersabda, “Ia (laut) itu suci airnya dan halal bangkainya.”55 [65:3]

Shahih Ibnu Hibban #1245

صحيح ابن حبان ١٢٤٥: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُصْعَبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُشْكَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ نَافِعٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِي نَجِيحٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنْ أُمِّ هَانِئٍ‏:‏ أَنَّ مَيْمُونَةَ، وَرَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ اغْتَسَلاَ فِي قَصْعَةٍ فِيهَا أَثَرُ الْعَجِينِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1245: Al Husain bin Muhammad bin Mush’ab telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Musykan telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Zaid bin Al Hubbab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibrahim bin Nafi’ telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdullah bin Abu Najih telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Mujahid dari Ummu Hani’, Maimunah dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mandi pada sebuah bak yang didalamnya terdapat adonan roti. 56 [1:4]

Shahih Ibnu Hibban #1246

صحيح ابن حبان ١٢٤٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ يَحْيَى الْحَسَّانِيُّ، حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ، حَدَّثَنَا ابْنُ عَجْلاَنَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي إِنَاءِ أَحَدِكُمْ فَإِنَّ فِي أَحَدِ جَنَاحَيْهِ دَاءً، وَفِي الآخَرِ شِفَاءً، وَإِنَّهُ يَتَّقِي بِجَنَاحِهِ الَّذِي فِيهِ الدَّاءُ، فَلْيَغْمِسْهُ كُلَّهُ، ثُمَّ لِيَنْزِعْهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1246: Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ziyad bin Yahya Al Hassani telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Bisyr bin Al Mufadhdhal59 telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Ajian telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Sa’id Al Maqburi dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Apabila lalat jatuh ke dalam wadah (makanan atau minuman) salah satu di antara kalian, maka sesungguhnya pada salah satu dari dua sayapnya terdapat penyakit, dan pada sayap yang lain terdapat obat, dan sesungguhnya ia melindungi diri dengan sayap yang didalamnya terdapat penyakit60, maka hendaklah ia membenamkan lalat itu secara keseluruhan, kemudian hendaklah ia membuangnya."61 [43: 3]

Shahih Ibnu Hibban #1247

صحيح ابن حبان ١٢٤٧: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَحْيَى الْقَطَّانُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ خَالِدٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي إِنَاءِ أَحَدِكُمْ فَامْقُلُوهُ، فَإِنَّ فِي أَحَدِ جَنَاحَيْهِ دَاءً، وَفِي الآخَرِ دَوَاءً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1247: Abu Ya’la telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abu Khaitsamah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Yahya Al Qaththan telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Abu Dzi’b telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sa’id bin Khalid telah menceritakan kepadaku dari Abu Salamah bin Abdurrahman dari Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Apabila lalat jatuh ke dalam wadah (makanan ataupun minuman) salah satu dari kalian, maka benamkanlah, karena pada salah satu dari kedua sayapnya terdapat penyakit, dan pada yang lain terdapat obat".62 [95: 1]

Shahih Ibnu Hibban #1248

صحيح ابن حبان ١٢٤٨: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي غَيْلاَنَ الثَّقَفِيُّ، بِبَغْدَادَ، حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ‏:‏ اغْتَسَلَ بَعْضُ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ جَفْنَةٍ فَجَاءَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْتَسِلُ مِنْهَا أَوْ يَتَوَضَّأُ، فَقَالَتْ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي كُنْتُ جُنُبًا، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ الْمَاءَ لاَ يُجْنِبُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1248: Umar bin Isma’il bin Abu Ghailan Ats-Tsaqafi di Baghdad telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Al Ahwash telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Simak bin Harb dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, ia berkata, Salah satu istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mandi di sebuah bak besar. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam datang untuk mandi atau berwudhu disana. Istri Nabi itu berkata, “Wahai Rasulullah! Sungguh, tadi aku mandi junub (ditempat itu)”. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesunguhnya air tidak menjadi junub (dengan itu)”.63

Shahih Ibnu Hibban #1249

صحيح ابن حبان ١٢٤٩: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ كَثِيرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ، أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عَبْدِ اللهِ، حَدَّثَهُمْ‏:‏ أَنَّ أَبَاهُ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ، حَدَّثَهُمْ أَنَّ رَسُولَ اللهِ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنِ الْمَاءِ وَمَا يَنُوبُهُ مِنَ الدَّوَابِّ وَالسِّبَاعِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ الْمَاءُ لاَ يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ لَفْظَةٌ أُطْلِقَتْ عَلَى الْعُمُومِ تُسْتَعْمَلُ فِي بَعْضِ الأَحْوَالِ، وَهُوَ الْمِيَاهُ الْكَثِيرَةُ الَّتِي لاَ تَحْتَمِلُ النَّجَاسَةَ، فَتَطْهُرُ فِيهَا، وَتَخُصُّ هَذِهِ اللَّفْظَةَ الَّتِي أُطْلِقَتْ عَلَى الْعُمُومِ وُرُودُ سُنَّةٍ وَهُوَ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ وَيَخُصَّ هَذَيْنِ الْخَبَرَيْنِ الإِجْمَاعُ عَلَى أَنَّ الْمَاءَ قَلِيلاً كَانَ أَوْ كَثِيرًا فَغَيَّرَ طَعْمَهُ أَوْ لَوْنَهُ أَوْ رِيحَهُ نَجَاسَةٌ وَقَعَتْ فِيهِ أَنَّ ذَلِكَ الْمَاءَ نَجِسٌ بِهَذَا الإِجْمَاعِ الَّذِي يَخُصُّ عُمُومَ تِلْكَ اللَّفْظَةِ الْمُطْلَقَةِ الَّتِي ذَكَرْنَاهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1249: Al Hasan bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Usamah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, “Al Walid bin Katsir telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Muhammad bin Ja’far bin Az-Zubair bahwa Abdullah bin Abdullah menceritakan kepada mereka bahwa ayahnya yang bernama Abdullah bin Umar menceritakan kepada mereka bahwa, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang air dan hewan yang bergantian meminumnya, baik hewan yang dipakai sebagai kendaraan ataupun binatang buas. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab “Apabila air tersebut dua qullah maka ia tidak menjadi najis oleh sesuatu.”64 [36: 3] Abu Hatim berkata, “Sabda Rasulullah : الْمَاءُ لاَ يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ “(Air tidak menjadi najis oleh sesuatu) adalah lafazh yang diucapkan secara umum namun maknanya dipergunakan pada sebagian kondisi saja, yaitu pada air yang banyak yang tidak berpotensi najis. Maka air seperti itu suci. Lafazh yang diucapkan secara umum ini dibatasi oleh kedatangan sunnah, yaitu sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam,‏ إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ“ Apabila air (mencapai) dua qullah, maka ia tidak menjadi najis oleh sesuatu. ” 65 Keumuman dua hadits di atas dibatasi oleh ijma‘ (Konsensus ulama) yang menetapkan bahwa air sedikit ataupun banyak, bila berubah rasa, warna dan baunya oleh najis yang jatuh ke dalamnya, maka air tersebut menjadi najis. Ini berdasarkan keputusan ijma’ yang membatasi keumuman lafazh muthlak yang telah kami sebutkan.

Shahih Ibnu Hibban #1250

صحيح ابن حبان ١٢٥٠: أَخْبَرَنَا ابْنُ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهَبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي اللَّيْثُ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، عَنْ رَسُولِ اللهِ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ أَنَّهُ نَهَى عَنْ أَنْ يُبَالَ فِي الْمَاءِ الرَّاكِدِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1250: Ibnu Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Mawhab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Laits telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Abu Az-Zubair dari Jabir dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang buang air kecil di air yang diam (tidak mengalir)”.66 [3:2]