صحيح ابن حبان ١٢٢١: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ زَنْجُوَيْهِ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي أُوَيْسٍ، حَدَّثَنَا أَخِي، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلاَلٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: إِنَّ فِطْرَةَ الإِسْلاَمِ الْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَالاِسْتِنَانُ، وَأَخْذُ الشَّارِبِ، وَإِعْفَاءُ اللِّحَى، فَإِنَّ الْمَجُوسَ تُعْفِي شَوَارِبَهَا، وَتُحْفِي لِحَاهَا، فَخَالِفُوهُمْ، حُدُّوا شَوَارِبَكُمْ، وَاعْفُوا لِحَاكُمْ.
Shahih Ibnu Hibban 1221: Al Hasan bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Humaid bin Zanjuwaih telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Abu Uwais telah menceritakan kepada kami, ia berkata, “Saudaraku telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Sulaiman bin Bilal dari Muhammad bin Abdullah bin Abu Maryam dari Abu Salamah bin Abdurrahman dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya fithrah Islam itu mandi pada hari Jum 'at, menggosok gigi, mencukur kumis, dan memelihara jenggot Karena orang-orang Majusi memelihara kumis dan memotong jenggot mereka. Maka bedakanlah diri kalian dengan mereka. Cukurlah kumis dan peliharalah jenggot kalian.” 24
صحيح ابن حبان ١٢٢٢: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ زُهَيْرٍ أَبُو يَعْلَى، بِالْأُبُلَّةِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مُسْلِمٍ- صَاحِبُ الْحِنَّاءِ-، حَدَّثَنَا أَبَانُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ، قَالَ: دَخَلَ عَلَيَّ أَبُو قَتَادَةَ، وَأَنَا أَغْتَسِلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَقَالَ: أَغُسْلُكَ هَذَا مِنْ جَنَابَةٍ؟ قُلْتُ: نَعَمْ، قَالَ: أَعِدْ غُسْلاً آخَرَ، فَإِنِّي سَمِعْتُ النَّبِيَّ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ: مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، لَمْ يَزَلْ طَاهِرًا إِلَى الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَمْ يَزَلْ طَاهِرًا إِلَى الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى يُرِيدُ بِهِ مِنَ الذُّنُوبِ، لأَنَّ مَنْ حَضَرَ الْجُمُعَةَ بِشَرَائِطِهَا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى.
Shahih Ibnu Hibban 1222: Muhammad bin Zuhair Abu Ya’la di Ubullah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Abdul A'la telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Harun bin Mualim telah menceritakan kepada kami, penguasa daerah Hinna, ia berkata, Aban bin Yazid telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Yahya bin Abu Katsir dari Abdullah bin Abu Qatadah, ia berkata, “Abu Qatadah masuk ke dalam rumahku saat aku sedang mandi Jum’at. Lalu ia bertanya, Apakah mandimu ini karena berjunub’”. Aku menjawab, “Benar”. Ia berkata, “Ulangi lagi mandinya! Karena aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum ’at, maka ia terus menerus suci sampai Jum 'at berikutnya.”25 [2:1] Abu Hatim berkata, “Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, “Maka ia terus menerus suci sampai Jum’at berikutnya” maksudnya adalah suci dari dosa. Karena orang yang menghadiri shalat Jum’at dengan memenuhi syarat-syaratnya, niscaya ia akan diampuni baginya dosa antara Jum 'at tersebut dengan Jum’at selanjutnya.”
صحيح ابن حبان ١٢٢٣: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ السَّامِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ الْمَقَابِرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللهِ بْنُ دِينَارٍ، أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا جِئْتُمُ الْجُمُعَةَ، فَاغْتَسِلُوا.
Shahih Ibnu Hibban 1223: Muhammad bin Abdurrahman As-Sami telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Yahya bin Ayyub Al Maqabiri telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Isma’il bin Ja’far telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdullah bin Dinar telah mengabarkan kepadaku bahwa ia mendengar Ibnu Umar berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian hendak datang shalat Jum’at, maka mandilah!” 26 [35:1]
صحيح ابن حبان ١٢٢٤: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ مُوسَى بِعَسْكَرِ مُكْرَمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ كَثِيرٍ الْكَاهِلِيُّ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ.
Shahih Ibnu Hibban 1224: Abdullah bin Musa di daerah Askar Mukram telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abdurrahman bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Marwan bin Mu’awiyah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Yahya bin Katsir Al Kahili telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Nafi’ dari Ibnu Umar bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang datang untuk shalat Jum’at, maka hendaklah dia mandi.”27 [35:1]
صحيح ابن حبان ١٢٢٥: أَخْبَرَنَا يُوسُفُ بْنُ يَعْقُوبَ الْمَقْبُرِيُّ الْخَطِيبُ، بِوَاسِطَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍ، وَيَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الأَنْصَارِيُّ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ رَاحَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ.
Shahih Ibnu Hibban 1225: Yusuf bin Ya’qub Al Maqburi Al Khathib di daerah Wasith telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Khalid bin Abdullah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Husyaim telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ubaidillah bin Umar dan Yahya bin Sa’id Al Anshari dari Nafi’ dari Ibnu Umar, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa berangkat (pagi) menuju (shalat) Jum’at, maka hendaklah ia mandi.”28 (35: 1).
صحيح ابن حبان ١٢٢٦: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعِيدٍ الْجَوْهَرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ وَاقِدٍ الْعُمَرِيُّ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ.
Shahih Ibnu Hibban 1226: Umar bin Sa’id bin Sinan telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ibrahim bin Sa’id Al Jauhari telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Zaid bin Al Hubbab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Utsman bin Waqid Al Umari telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Nafi’ dari Ibnu Umar, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang datang melakasanakan shalat Jum’at, baik laki-laki atau pun perempuan, maka hendaklah ia mandi.”29 [35:1]
صحيح ابن حبان ١٢٢٧: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ وَاقِدٍ الْعُمَرِيُّ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى كُلِّ حَالِمٍ مِنَ الرِّجَالِ، وَعَلَى كُلِّ بَالِغٍ مِنَ النِّسَاءِ.
Shahih Ibnu Hibban 1227: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ubaidillah bin Umar Al Qawairi telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Zaid bin Al Hubbab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Utsman bin Waqid Al Umari telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Nafi’ dari Ibnu Umar, ia berkata, Rasululah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Mandi pada hari Jum’at wajib atas setiap laki-laki yang sudah mimpi bersenggama dan atas setiap wanita yang sudah baligh.” 30 [35:1].
صحيح ابن حبان ١٢٢٨: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِدْرِيسَ الأَنْصَارِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: غُسْلُ يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ.
Shahih Ibnu Hibban 1228: Al Husain bin Idris Al Anshari telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ahmad bin Abu Bakar telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Malik dari Shafwan bin Sulaim dari Atha bin Yasar dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Mandi pada hari Jum ’at wajib bagi setiap orang yang sudah mimpi jima’. ” 31 [35:1]
صحيح ابن حبان ١٢٢٩: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ الْمُقَدَّمِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: غُسْلُ يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ، كَغُسْلِ الْجَنَابَةِ.
Shahih Ibnu Hibban 1229: Abu Ya’la telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Abu Bakar Al Muqaddami telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdul Aziz bin Muhammad telah menceritakan kepada kami, ia berkata, “Shafwan bin Sulaim telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Atha bin Yasar dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Mimpi pada hari Jum’at wajib atas setiap orang yang telah mimpi jima', (prakteknya) sama dengan mandi junub. ” 32 [35:1]
صحيح ابن حبان ١٢٣٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، بَيْنَا هُوَ يَخْطُبُ النَّاسَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِذْ دَخَلَ عَلَيْهِ رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَنَادَاهُ عُمَرُ: أَيُّ سَاعَةٍ هَذِهِ؟ قَالَ: إِنِّي شُغِلْتُ الْيَوْمَ، فَلَمْ أَنْقَلِبْ إِلَى أَهْلِي حَتَّى سَمِعْتُ النِّدَاءَ، فَلَمْ أَزِدْ عَلَى أَنْ تَوَضَّأْتُ، قَالَ عُمَرُ: وَالْوُضُوءُ أَيْضًا، وَقَدْ عَلِمْتَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ يَأْمُرُ بِالْغُسْلِ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: فِي هَذَا الْخَبَرِ دَلِيلٌ صَحِيحٌ عَلَى نَفْيِ إِيجَابِ الْغُسْلِ لِلْجُمُعَةِ عَلَى مَنْ يَشْهَدُهَا، لأَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، كَانَ يَخْطُبُ، إِذْ دَخَلَ الْمَسْجِدَ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ، فَأَخْبَرَهُ أَنَّهُ مَا زَادَ عَلَى أَنْ تَوَضَّأَ، ثُمَّ أَتَى الْمَسْجِدَ، فَلَمْ يَأْمُرْهُ عُمَرُ وَلاَ أَحَدٌ مِنَ الصَّحَابَةِ بِالرُّجُوعِ وَالاِغْتِسَالِ لِلْجُمُعَةِ، ثُمَّ الْعَوْدِ إِلَيْهَا، فَفِي إِجْمَاعِهِمْ عَلَى مَا وَصَفْنَا أَبْيَنُ الْبَيَانِ بِأَنَّ الأَمْرَ كَانَ مِنَ الْمُصْطَفَى، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالاِغْتِسَالِ لِلْجُمُعَةِ أَمْرُ نَدْبٍ لاَ حَتْمٍ.
Shahih Ibnu Hibban 1230: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Wahab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Yunus dari Ibnu Syihab telah mengabarkan kepada kami dari Salim bin Abdullah dari ayahnya (Abdullah bin Umar), Bahwa Umar bin Al Khathtab, di saat ia berkhutbah di hadapan manusia pada hari Jum’at, tiba-tiba masuklah seorang laki-laki33 dari sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Umar memanggil laki-laki itu seraya berkata, Hari apa ini?”. Laki-laki itu menjawab, Sungguh, hari ini aku sibuk, aku belum sempat kembali ke keluargaku hingga aku mendengar suara adzan. Tidak lebih, yang aku lakukan hanya berwudhu”. Umar berkata, Demikian pula wudhu. Kamu pun mengetahui bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan untuk mandi.” 34 [35:1] Abu Hatim RA berkata, “Pada hadits ini terdapat dalil shahih yang menunjukkan tidak wajibnya mandi Jum’at bagi orang yang hendak menghadiri shalat Jum’at. Karena Umar bin Al Khaththab, sedang berkhutbah, tiba-tiba masuklah Utsman bin Affan ke dalam masjid. Utsman mengabarkan bahwa ia tidak lebih hanya melakukan wudhu (tanpa terlebih dahulu mandi), kemudian mendatangi masjid. Umar dan sahabat yang hadir di situ tidak menyuruhnya pulang ke rumah untuk melakukan mandi Jum’at, kemudian kembali lagi ke masjid. Kesepakatan (ijma’) mereka atas hukum yang kami uraikan merupakan dalil yang paling jelas bahwa perintah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam untuk melakukan mandi Jum’at adalah perintah sunnah, bukan wajib.”