صحيح ابن حبان ١٢١١: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ السِّنْجِيُّ، بِمَرْوَ، حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ هَاشِمٍ الْعَسْكَرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَاصِمٍ الأَحْوَلِ، عَنْ أَبِي الْمُتَوَكِّلِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: إِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ أَهْلَهُ، ثُمَّ أَرَادَ أَنْ يَعُودَ فَلْيَتَوَضَّأْ، فَإِنَّهُ أَنْشَطُ لِلْعَوْدِ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: تَفَرَّدَ بِهَذَهِ اللَّفْظَةِ الأَخِيرَةِ مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ.
Shahih Ibnu Hibban 1211: Al Husain bin Muhammad As-Sinji10 di daerah Marwa telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ja’far bin Hasyim Al Askari telah menceritakan kepada kami, ia berkata, “Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, dia berkata, Syu’bah telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ashim Al Ahwal dari Abu Al Mutawakkil dari Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Apabila salah satu dari kalian menyetubuhi isterinya, kemudian ia ingin mengulanginya kembali, maka hendaklah ia berwudhu. Karena hal itu lebih menyegarkan dalam persetubuhan ulang "11 [45:1] Abu Hatim RA berkata, “Lafazh terakhir dari hadits ini hanya terdapat pada riwayat Muslim bin Ibrahim.” 12
صحيح ابن حبان ١٢١٢: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ، وَالْحَوْضِيُّ، قَالاَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ دِينَارٍ، قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ، يَقُولُ: إِنَّ عُمَرَ، أَتَى رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: تُصِيبُنِي الْجَنَابَةُ مِنَ اللَّيْلِ، فَكَيْفَ أَصْنَعُ؟ قَالَ: اغْسِلْ ذَكَرَكَ، ثُمَّ تَوَضَّأْ، ثُمَّ ارْقُدْ.
Shahih Ibnu Hibban 1212: Al Fadhl bin Al Hubbab telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, “Abu Al Walid dan Al Haudhi telah menceritakan kepada kami, mereka berdua berkata, “Syu’bah telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Abdullah bin Dinar, ia berkata, “Aku mendengar Ibnu Umar berkata, “Sesungguhnya Umar mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu dia bertanya, “Aku mengalami junub di malam hari, apa yang harus aku lakukan?”. Nabi menjawab, “Basuh zakarmu, lalu berwudhulah, kemudian tidurlah.” 13 [65: 3]
صحيح ابن حبان ١٢١٣: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ قَالَ: ذَكَرَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ لِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ تُصِيبُهُ الْجَنَابَةُ مِنَ اللَّيْلِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَوَضَّأْ وَاغْسِلْ ذَكَرَكَ، ثُمَّ نَمْ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَوَضَّأْ، وَاغْسِلْ ذَكَرَكَ أَمْرَ نَدْبٍ، وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ثُمَّ نَمْ، أَمَرُ إِبَاحَةٍ، وَلَيْسَ فِي قَوْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَاغْسِلْ ذَكَرَكَ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ الْمَنِيَّ نَجِسٌ، لأَنَّ الأَمْرَ بِغَسْلِ الذِّكْرِ إِنَّمَا أَمْرٌ لأَنَّ الْمَرْءَ قَلَّمَا يَطَأُ إِلاَّ وَيُلاَقِي ذَكَرُهُ شَيْئًا نَجِسًا، فَإِنْ تَعَرَّى عَنْ هَذَا، فَلاَ يَكَادُ يَخْلُو مِنَ الْبَوْلِ قَبْلَ الاِغْتِسَالِ، فَمِنْ أَجْلِ مُلاَقَاةِ النَّجَاسَةِ لِلذَّكَرِ أَمَرَ بِغَسْلِهِ، لاَ أَنَّ الْمَنِيَّ نَجِسٌ، لأَنَّ عَائِشَةَ كَانَتْ تَفْرُكُهُ مِنْ ثَوْبِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ يُصَلِّي فِيهِ.
Shahih Ibnu Hibban 1213: Al Fadhl bin Al Hubbab telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, “Al Qa’nabi telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Malik dari Abdullah bin Dinar dari Ibnu Umar bahwa dia berkata, “Umar bin Khatthab menuturkan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa ia mengalami junub di malam hari. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Berwudhulah, basuh zakarmu, lalu tidurlah”14 [49:1] Abu Hatim berkata, “Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Berwudhulah dan basuhlah zakarmu!” Merupakan perintah yang menunjukkan sunnah. 15 Sedangkan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Lalu tidurlah” merupakan perintah yang menunjukkan mubah (boleh).”Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “dan basuhlah zakarmu!” bukanlah dalil yang menunjukkan bahwa air sperma itu najis. Karena perintah membasuh zakar muncul disebabkan karena laki-laki tak jarang zakarnya bersentuhan dengan hal-hal najis setelah bersetubuh. Jika ia tidak peduli dengan hal itu, maka ia nyaris akan selalu kencing sebelum mandi. Oleh karena seringnya zakar bersentuhan dengan najis, maka diperintahkanlah membasuh zakar. Ini tidak menunjukkan bahwa hukum air mani adalah najis. Karena Aisyah pernah menggosok air mani dari pakaian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian beliau shalat dengan mengenakan pakaian tersebut
صحيح ابن حبان ١٢١٤: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ السَّامِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ الْمَقَابِرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللهِ بْنُ دِينَارٍ، أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ، يَقُولُ: ذَكَرَ عُمَرُ لِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ تُصِيبُهُ الْجَنَابَةُ مِنَ اللَّيْلِ: فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ وَيَغْسِلَ ذَكَرَهُ، ثُمَّ يَنَامَ.
Shahih Ibnu Hibban 1214: Muhammad bin Abdurrahman As-Sami telah men£akarfcan kepada kami, ia berkata, “Yahya bin Ayyub Al Maqabin telah menceritakan kepada kami, ia berkata “Isma’il bin Ja’far telah menceritakan kepada kami, ia berkata, “Abdullah bin Dinar telah mengabarkan kepadaku bahwa ia mendengar Ibnu Umar berkata, “Umar menuturkan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa ia mengalami junub pada malam hari. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun menyuruhnya untuk berwudhu, membasuh zakar, kemudian tidur.” 16 [2:4]
صحيح ابن حبان ١٢١٥: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ الْجُمَحِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا لَيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، سَأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيَرْقُدُ أَحَدُنَا وَهُوَ جُنُبٌ؟ فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نَعَمْ إِذَا تَوَضَّأَ.
Shahih Ibnu Hibban 1215: Al Fadhl bin Al Hubbab Al Jumahi telah mengabarkan kepada kami, dia berkata, Al Qa’nabi telah menceritakan kepada kami, dia berkata, Laits bin Sa’ad telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Nafi’ dari Ibnu Umar bahwa Umar bin Al Khaththab bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Bolehkah salah satu di antara kami tidur dalam keadaan berjunub?”. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, “Boleh, jika ia berwudhu.” 17 [36:4]
صحيح ابن حبان ١٢١٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنْ عُمَرَ أَنَّهُ سَأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَيَنَامُ أَحَدُنَا وَهُوَ جُنُبٌ؟ فَقَالَ: نَعَمْ، وَيَتَوَضَّأُ إِنْ شَاءَ.
Shahih Ibnu Hibban 1216: Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ahmad bin Abdah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dan Abdullah bin Dinar dari Ibnu Umar dari Umar, Bahwa Umar bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, Apakah salah seorang dari kami boleh tidur dalam keadaan junub?”. Beliau menjawab, “Boleh dan ia berwudhu jika berkehendak.”18 [26:4]
صحيح ابن حبان ١٢١٧: أَخْبَرَنَا ابْنُ قُتَيْبَةَ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهَبٍ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَائِشَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهُوَ جُنُبٌ، تَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلاَةِ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ.
Shahih Ibnu Hibban 1217: Ibnu Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Mawhab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Laits telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ibnu Syihab dari Abu Salamah dari Aisyah, “Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam jika hendak tidur dalam keadaan junub, beliau melakukan wudhu seperti wudhu untuk shalat sebelum Beliau tidur.19” [1:4]
صحيح ابن حبان ١٢١٨: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ الدُّولاَبِيُّ، مُنْذُ ثَمَانِينَ سَنَةً، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ يُونُسَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهُوَ جُنُبٌ، لَمْ يَنَمْ حَتَّى يَتَوَضَّأَ، وَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ غَسَلَ يَدَيْهِ وَأَكَلَ.
Shahih Ibnu Hibban 1218: Abu Ya’la telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Ash-Shabah Ad-Dulabi telah menceritakan kepada kami sejak dia berusia 80 tahun, ia berkata, Ibnu Mubarak telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Yunus dari Az-Zuhri dari Abu Salamah dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, jika beliau hendak tidur dalam keadaan berjunub, beliau tidak pernah tidur sampai beliau berwudhu. Dan jika beliau hendak makan, beliau mencuci kedua tangannya dan makan.” 20 [8: 5]
صحيح ابن حبان ١٢١٩: أَخْبَرَنَا الْقَطَّانُ، بِالرَّقَّةِ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي كُلِّ سَبْعَةِ أَيَّامٍ غُسْلٌ، وَهُوَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ.
Shahih Ibnu Hibban 1219: Al Qaththan di Raqqah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Uqbah bin Mukram telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Abu Adi telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Dawud bin Abu Hind dari Abu Az-Zubair dari Jabir, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Wajib setiap muslim mandi pada setiap tujuh hari, yaitu mandi pada hari Jum ’at”.21 [1: 35]
صحيح ابن حبان ١٢٢٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ اللَّخْمِيُّ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهَبٍ، حَدَّثَنَا الْمُفَضَّلُ بْنُ فَضَالَةَ، عَنْ عَيَّاشِ بْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الأَشَجِّ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنْ حَفْصَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ رَوَاحُ الْجُمُعَةِ، وَعَلَى مَنْ رَاحَ الْغُسْلُ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: فِي هَذَا الْخَبَرِ إِتْيَانُ الْجُمُعَةِ فَرْضٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ، وَالْعِلَّةُ فِيهِ أَنَّ الاِحْتِلاَمَ بُلُوغٌ، فَمَتَى بَلَغَ الصَّبِيُّ وَأَدْرَكَ، بِأَنْ يَأْتِيَ عَلَيْهِ خَمْسَ عَشْرَةَ سَنَةً كَانَ بَالِغًا، وَإِنْ لَمْ يَكُنْ مُحْتَلِمًا، وَنَظِيرُ هَذَا قَوْلُ اللهِ جَلَّ وَعَلاَ: {وَإِذَا بَلَغَ الأَطْفَالُ مِنْكُمُ الْحُلُمَ، فَلْيَسْتَأْذِنُوا كَمَا اسْتَأْذَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ} فَأَمَرَ اللَّهُ جَلَّ وَعَلاَ فِي هَذِهِ الآيَةِ بِالاِسْتِئْذَانِ مَنْ بَلَغَ الْحُلُمَ، إِذِ الْحُلُمُ بُلُوغٌ، وَقَدْ يَبْلُغُ الطِّفْلُ دُونَ أَنْ يَحْتَلِمَ، وَيَكُونُ مُخَاطَبًا بِالاِسْتِئْذَانِ كَمَا يَكُونُ مُخَاطَبًا عِنْدَ الاِحْتِلاَمِ بِهِ.
Shahih Ibnu Hibban 1220: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah Al Lakhmi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Mawhab22 telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Mufadhdhal bin Fadhalah telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ayyasy bin Abbas dari Bukair dari Abdullah bin Al Asyaj dari Nafi’ dari Ibnu Umar dari Hafshah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Wajib setiap orang yang telah mimpi bersetubuh berangkat Jum'at dan wajib atas orang yang berangkat Jum ‘at untuk mandi.”23 [18:1]. Abu Hatim berkata, Hadits ini mengandung hukum bahwa melaksanakan shalat Jum’at adalah wajib bagi setiap orang yang telah mengalami mimpi bersetubuh. Illat dalam hukum ini adalah bahwa mimpi jima konotasinya baligh. Jadi, ketika seorang anak sudah baligh dan mencapai usia dewasa, yaitu ketika ia mencapai usia 15 tahun, berarti ia telah baligh, meskipun ia belum pernah mimpi bersetubuh. Hal yang sama dengan ini adalah firman Allah SWT: {WA IDZAA BALAGHAL ATHFAALU MINKUMUL HULUMA FALYASTA'DZINUU KAMAS TA'DZANAL LADZIINA MIN QABLIHIM} (Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur baligh, maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin) (Qs. An-Nuur [24]: 59). Pada ayat itu Allah -—jalla wa’ala— memerintahkan untuk meminta izin kepada orang yang telah mengalami mimpi bersetubuh, karena mimpi bersetubuh konotasinya baligh. Namun seorang anak terkadang telah baligh tanpa pernah mimpi jima?. Ia pun diperintahkan untuk meminta izin, sebagaimana ia diperintahkan meminta izin saat ia sudah mimpi jima'.