صحيح ابن حبان ١١٠١: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي النَّضْرِ، مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ، عَنِ الْمِقْدَادِ بْنِ الأَسْوَدِ، أَنَّ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ أَمَرَهُ أَنْ يَسْأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الرَّجُلِ إِذَا دَنَا مِنْ أَهْلِهِ مَاذَا عَلَيْهِ؟ فَإِنْ عِنْدِي ابْنَتَهُ وَأَنَا أَسْتَحْيِي أَنْ أَسْأَلَهُ، قَالَ الْمِقْدَادُ: فَسَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِذَا وَجَدَ ذَلِكَ، فَلْيَنْضَحْ فَرْجَهُ، وَلْيَتَوَضَّأْ وُضُوءَهُ لِلصَّلاَةِ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: مَاتَ الْمِقْدَادُ بْنُ الأَسْوَدِ بِالْجُرُفِ سَنَةَ ثَلاَثٍ وَثَلاَثِينَ. وَمَاتَ سُلَيْمَانُ بْنُ يَسَارٍ سَنَةَ أَرْبَعٍ وَتِسْعِينَ، وَقَدْ سَمِعَ سُلَيْمَانُ بْنُ يَسَارٍ الْمِقْدَادَ وَهُوَ ابْنُ دُونِ عَشْرِ سِنِينَ.
Shahih Ibnu Hibban 1101: Umar bin Sa’id bin Sinan mengabarkan kepada kami, Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami, dari Malik, dari Abu An-Nadhr maula Umar bin Ubaidullah, dari Sulaiman bin Yasar, dari Al Miqdad bin Al Aswad, bahwasanya Ali bin Abu Thalib menyuruhnya bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang seorang laki-laki yang mendekati istrinya (lalu keluar madzi dari kemaluannya), apakah yang harus ia perbuat (mandi ataukah wudhu saja)? Karena istriku adalah putri beliau, sehingga aku merasa malu bertanya (langsung) kepada beliau. Al Miqdad berkata: Maka aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang hal tersebut. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam lalu bersabda, “Apabila (salah seorang dari kalian) mendapatkan madzi tersebut, maka hendaklah ia mencuci kemaluannya, dan berwudhulah sebagaimana ia berwudhu untuk shalat.”12 [1:78] Abu Hatim berkata, “Al Miqdad bin Al Aswad wafat di Juruf pada tahun 33 H sedangkan Sulaiman bin Yasar wafat pada tahun 94H. 13 Dan itu berarti, Sulaiman bin Yasar sungguh mendengar dari Al Miqdad pada saat ia berumur di bawah 10 tahun.
صحيح ابن حبان ١١٠٢: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ الْجُمَحِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ، حَدَّثَنَا زَائِدَةُ بْنُ قُدَامَةَ، حَدَّثَنِي الرُّكَيْنُ بْنُ الرَّبِيعِ الْفَزَارِيُّ، عَنْ حُصَيْنِ بْنِ قَبِيصَةَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، قَالَ: كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً، فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِذَا رَأَيْتَ الْمَذْيَ فَاغْسِلْ ذَكَرَكَ، وَإِذَا رَأَيْتَ الْمَاءَ فَاغْتَسِلْ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: يُشْبِهُ أَنْ يَكُونَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ أَمَرَ الْمِقْدَادَ أَنْ يَسْأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ هَذَا الْحُكْمِ فَسَأَلَهُ وَأَخْبَرَهُ، ثُمَّ أَخْبَرَ الْمِقْدَادُ عَلِيًّا بِذَلِكَ، ثُمَّ سَأَلَ عَلِيٌّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَمَّا أَخْبَرَهُ بِهِ الْمِقْدَادُ، حَتَّى يَكُونَا سُؤَالَيْنِ فِي مَوْضِعَيْنِ مُخْتَلِفَيْنِ، وَالدَّلِيلُ عَلَى أَنَّهُمَا كَانَا فِي مَوْضِعَيْنِ أَنَّ عِنْدَ سُؤَالِ عَلِيٍّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَهُ بِالاِغْتِسَالِ عِنْدَ الْمَنِيِّ، وَلَيْسَ هَذَا فِي خَبَرِ الْمِقْدَادِ. يَدُلُّكُ هَذَا عَلَى أَنَّهُمَا غَيْرُ مُتَضَادَّيْنِ.
Shahih Ibnu Hibban 1102: Al Fadhl bin Al Hubab Al Jumahi mengabarkan kepada kami, Abu Al Walid Ath-Thayalisi menceritakan kepada kami, Za’idah bin Qudamah menceritakan kepada kami, Ar-Rukain bin Ar- Rabi’ Al Fazari menceritakan kepadaku, dari Hushain bin Qabishah, 14 dari Ali bin Abu Thalib, ia berkata, “Aku adalah seorang yang sering mengeluarkan madzi, lalu aku bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau kemudian bersabda: “Apabila kamu melihat (mengeluarkan) madzi maka basuhlah kemaluanmu. Dan apabila kamu melihat (mengeluarkan) mani maka mandilah.”15 [1:78] Abu Hatim berkata, “Ali bin Abu Thalib seakan-akan telah memerintahkan Al Miqdad untuk bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam prihal hukum ini (hukum keluar madzi) lalu Al Miqdad menanyakannya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, dan beliau memberitahukannya. Kemudian Al Miqdad mengabarkan kepada Ali tentang jawaban Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam itu. Selanjutnya Ali juga bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang prihal yang sama yang ditanyakannya lewat perantara Al Miqdad. Sehingga kedua pertanyaan itu sepertinya terjadi di dua tempat yang berbeda. Adapun dalil yang menunjukkan bahwa kedua pertanyaan tersebut terjadi di dua tempat yang berbeda adalah, bahwa pada pertanyaan Ali kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau memerintahkan untuk mandi (junub) ketika keluar mani. Perintah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ini tidak ada pada khabar Al Miqdad. Sehingga dengan demikian, kedua hadits ini (Hadits tentang Ali menyuruh Al Miqdad untuk bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan hadits tentang pertanyaan Ali langsung kepada Nabi SAW) bukanlah suatu hal yang kontradiksi. 16
صحيح ابن حبان ١١٠٣: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ السَّبَّاقِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ، قَالَ: كُنْتُ أَلْقَى مِنَ الْمَذْيِ شِدَّةً، فَكُنْتُ أُكْثِرُ الاِغْتِسَالَ مِنْهُ، فَسَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ، فَقَالَ: إِنَّمَا يُجْزِئُكَ مِنْهُ الْوُضُوءُ، فَقُلْتُ: فَكَيْفَ بِمَا يُصِيبُ ثَوْبِي مِنْهُ؟ قَالَ: يَكْفِيكَ أَنْ تَأْخُذَ كَفًّا مِنْ مَاءٍ فَتَنْضَحَ بِهَا مِنْ ثَوْبِكَ حَيْثُ تَرَى أَنَّهُ أَصَابَهُ.
Shahih Ibnu Hibban 1103: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, Ismail bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ishaq menceritakan kepada kami, Sa’id bin Ubaid bin As-Sabaq menceritakan kepadaku, dari ayahnya, dari Sahal bin Hunaif, ia berkata: Aku selalu keluar madzi, karena itu aku selalu mandi. Maka aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang hal tersebut. Beliau menjawab, “Sesungguhnya cukup bagimu berwudhu” Aku bertanya, “Bagaimanakah dengan madzi yang mengenai pakaianku?” Beliau menjawab, “Cukuplah kamu ambil air sepenuh telapak tanganmu, lalu kamu percikan pada bagian pakaian yang kamu ketahui terkena madzi. ” 17 [1:78]
صحيح ابن حبان ١١٠٤: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الْعِجْلِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ أَبِي حَصِينٍ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، قَالَ: كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً، فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِذَا رَأَيْتَ الْمَاءَ فَاغْسِلْ ذَكَرَكَ وَتَوَضَّأْ، وَإِذَا رَأَيْتَ الْمَنِيَّ فَاغْتَسِلْ.
Shahih Ibnu Hibban 1104: Umar bin Muhammad bin Al Hamdani mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Utsman Al Ijli menceritakan kepada kami, ia berkata: Husain bin Ali menceritakan kepada kami, dari Za'idah, dari Abu Hushain, dari Abu Abdurrahman As-Sulami, dari Ali bin Abu Thalib, ia berkata: Aku adalah seorang yang sering mengeluarkan madzi, lalu aku bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau kemudian bersabda, “Apabila kamu melihat (mengeluarkan) madzi maka basuhlah kemaluanmu dan wudhulah. Dan apabila kamu melihat (mengeluarkan) mani maka mandilah.” 18 [3:65]
صحيح ابن حبان ١١٠٥: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ بْنُ بِسْطَامٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ الْقَاسِمِ، عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ إِيَاسِ بْنِ خَلِيفَةَ، عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ، أَنَّ عَلِيًّا أَمَرَ عَمَّارًا أَنْ يَسْأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْمَذْيِ، فَقَالَ: يَغْسِلُ مَذَاكِيرَهُ وَيَتَوَضَّأُ.
Shahih Ibnu Hibban 1105: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Umayyah bin Bistham menceritakan kepada kami, ia berkata: Yazid bin Zurai’ menceritakan kepada kami, ia berkata: Rauh bin Al Qasim menceritakan kepada kami, dari19 Ibnu Abu Najih, dari Atha, dari Iyas bin Khalifah, dari Rafi’ bin Khadij, bahwa Ali menyuruh Ammar20 untuk bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang madzi. Maka beliau menjawab, “Hendaknya ia membasuh kemaluannya kemudian berwudhu.”21 [3:65]
صحيح ابن حبان ١١٠٦: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي النَّضْرِ مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ، عَنِ الْمِقْدَادِ بْنِ الأَسْوَدِ، أَنَّ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ أَمَرَهُ أَنْ يَسْأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الرَّجُلِ إِذَا دَنَا مِنْ أَهْلِهِ فَخَرَجَ مِنْهُ الْمَذْيُ مَاذَا عَلَيْهِ؟ فَإِنْ عِنْدِي ابْنَتَهُ وَأَنَا أَسْتَحْيِي أَنْ أَسْأَلَهُ، قَالَ الْمِقْدَادُ: فَسَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ، فَقَالَ: إِذَا وَجَدَ أَحَدُكُمْ ذَلِكَ، فَلْيَنْضَحْ فَرْجَهُ، وَلْيَتَوَضَّأْ وُضُوءَهُ لِلصَّلاَةِ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَحِمَهُ اللَّهُ: قَدْ يَتَوَهَّمُ بَعْضُ الْمُسْتَمِعِينَ لِهَذِهِ الأَخْبَارِ مِمَّنْ لَمْ يَطْلُبِ الْعِلْمَ مِنْ مَظَانِّهِ، وَلاَ دَارَ فِي الْحَقِيقَةِ عَلَى أَطْرَافِهِ، أَنْ بَيْنَهَا تَضَادًّا أَوْ تَهَاتُرًا، لأَنَّ فِي خَبَرِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ: سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفِي خَبَرِ إِيَاسِ بْنِ خَلِيفَةَ، أَنَّهُ أَمَرَ عَمَّارًا أَنْ يَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.وَفِي خَبَرِ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ أَنَّهُ أَمَرَ الْمِقْدَادَ أَنْ يَسْأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَلَيْسَ بَيْنَهَا تَهَاتُرٌ، لأَنَّهُ يُحْتَمَلُ أَنْ يَكُونَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ أَمَرَ عَمَّارًا أَنْ يَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَأَلَهُ، ثُمَّ أَمَرَ الْمِقْدَادَ أَنْ يَسْأَلَهُ، فَسَأَلَهُ، ثُمَّ سَأَلَ بِنَفْسِهِ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَالدَّلِيلُ عَلَى صِحَّةِ مَا ذَكَرْتُ أَنْ مَتْنَ كُلِّ خَبَرٍ يُخَالِفُ مَتْنَ الْخَبَرِ الآخَرِ، لأَنَّ فِي خَبَرِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً، فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِذَا رَأَيْتَ الْمَاءَ فَاغْتَسِلْ. وَفِي خَبَرِ إِيَاسِ بْنِ خَلِيفَةَ: أَنَّهُ أَمَرَ عَمَّارًا أَنْ يَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: يَغْسِلُ مَذَاكِيرَهُ وَيَتَوَضَّأُ، وَلَيْسَ فِيهِ ذِكْرُ الْمَنِيِّ الَّذِي فِي خَبَرِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ. وَخَبَرُ الْمِقْدَادِ بْنِ الأَسْوَدِ سُؤَالٌ مُسْتَأْنَفٌ، فَيَسْأَلُ أَنَّهُ لَيْسَ بِالسُّؤَالَيْنِ الأَوَّلَيْنِ اللَّذَيْنِ ذَكَرْنَاهُمَا، لأَنَّ فِي خَبَرِ الْمِقْدَادِ: أَنَّ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ أَمَرَهُ أَنْ يَسْأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الرَّجُلِ إِذَا دَنَا مِنْ أَهْلِهِ فَخَرَجَ مِنْهُ الْمَذْيُ مَاذَا عَلَيْهِ؟ فَإِنْ عِنْدِي ابْنَتَهُ. فَذَلِكَ مَا وَصَفْنَا، عَلَى أَنَّ هَذِهِ أَسْئِلَةٌ مُتَبَايِنَةٌ، فِي مَوَاضِعَ مُخْتَلِفَةٍ، لِعِلَلٍ مَوْجُودَةٍ، مِنْ غَيْرِ أَنْ يَكُونَ بَيْنَهَا تَضَادُّ أَوْ تَهَاتُرٌ.
Shahih Ibnu Hibban 1106: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Al Qa’nabi menceritakan kepada kami, dari Malik, dari Abu An-Nadhr maula Umar bin Ubaidullah, dari Sulaiman bin Y asar, dari Al Miqdad bin Al Aswad, bahwa Ali bin Abu Thalib menyuruhnya bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang seseorang yang jika didatangi oleh istrinya maka ia keluar madzi, apakah yang harus ia perbuat (mandi ataukah wudhu saja)? Karena istriku adalah putri beliau, sehingga aku merasa malu bertanya (langsung) kepada beliau. Al Miqdad berkata, Maka aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang hal tersebut Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam lalu bersabda, "Apabila (salah seorang dari kalian) mendapatkan madzi tersebut, maka hendaklah ia mencuci kemaluannya, dan berwudhulah sebagaimana ia berwudhu untuk mengerjakan shalat.”22 [3:65] Abu Hatim RA berkata, “Sungguh ada sebagian orang yang mendengar hadits-hadits ini menduga, yakni orang yang tidak pernah menuntut ilmu dari tempat-tempat yang diduganya dan tidak memiliki kedalaman hadits, bahwa di antara hadits-hadits tersebut terjadi kontradiksi. Karena di dalam hadits Abu Abdurrahman As-Sulami tertulis: “Aku bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.” Di dalam hadits Iyas bin Khalifah tertulis bahwa Ali menyuruh Ammar untuk bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan di dalam hadits Sulaiman bin Yasar tertulis bahwa Ali menyuruh Al Miqdad untuk bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Sesungguhnya di antara ketiga hadits tersebut tidak ada pertentangan. Karena hadits itu mengandung pengertian bahwa (pertama-tama) Ali menyuruh Ammar bertanya kepada Nabi, lalu ia pun menyampaikan pertanyaannya. Kemudian Ali menyuruh Al Miqdad bertanya kepada beliau, lalu ia menyampaikan pertanyaannya. Dan terakhir Ali sendiri yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dalil yang melandasi argumen kami ini adalah, bahwa matan tiap-tiap hadits itu berbeda dengan matan hadits lainnya. Karena pada hadits Abdurrahman menggunakan lafazh, “Aku adalah seorang yang sering mengeluarkan madzi, lalu aku bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau kemudian bersabda, “Apabila kamu melihat (mengeluarkan) mani maka mandilah. ” Pada hadits Iyas bin Khalifah menggunakan lafazh, “Bahwa Ali menyuruh Ammar untuk bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang madzi. Maka beliau menjawab, “Hendaknya ia membasuh kemaluannya kemudian berwudhu. ”. Dan tidak ada pada hadits itu yang menyebut kata “mani” sebagaimana yang terdapat pada hadits Abu Abdurrahman. Sedangkan hadits Al Miqdad bin Al Aswad berisi pertanyaan baru yang tidak ada pada dua pertanyaan sebelumnya, karena haditsnya berbunyi, “Bahwa Ali bin Abu Thalib menyuruh Al Miqdad bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang seseorang yang jika didatangi oleh istrinya maka ia keluar madzi, apakah yang harus ia perbuat (mandi ataukah wudhu saja)?. Karena istriku adalah putri beliau.” Demikianlah yang kami sifatkan, bahwa pertanyan-pertanyaan tersebut saling menjelaskan di tempat-tempat yang berbeda, dan sama sekali tidak menunjukkan adanya kontradiksi di antara ketiga hadits tersebut.
صحيح ابن حبان ١١٠٧: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبِيدَةُ بْنُ حُمَيْدٍ الْحَذَّاءُ، قَالَ: حَدَّثَنَا الرُّكَيْنُ بْنُ الرَّبِيعِ بْنِ عَمِيلَةَ، عَنْ حُصَيْنِ بْنِ قَبِيصَةَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، قَالَ: كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً، فَجَعَلْتُ أَغْتَسِلُ فِي الشِّتَاءِ حَتَّى تَشَقَّقَ ظَهْرِي، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَوْ ذُكِرَ لَهُ، فَقَالَ: لاَ تَفْعَلْ، إِذَا رَأَيْتَ الْمَذْيَ فَاغْسِلْ ذَكَرَكَ، وَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ، وَإِذَا نَضَحْتَ الْمَاءَ، فَاغْتَسِلْ.
Shahih Ibnu Hibban 1107: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, ia berkata: Bisyr bin Mu’adz menceritakan kepada kami, ia berkata: Abidah bin Humaid Al Hadzdza menceritakan kepada kami, ia berkata: Ar-Rukain bin Ar-Rabi’ bin Amilah menceritakan kepada kami, dari Hushain bin Qabishah, dari Ali bin Abu Thalib, ia berkata: Aku adalah seorang yang sering mengeluarkan madzi, maka aku selalu mandi, sehingga punggungku terasa mau pecah. Karena itu, hal tersebut aku sampaikan -atau disampaikan-, kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jangan kamu lakukan, apabila kamu melihat (mengeluarkan) madzi maka basuhlah kemaluanmu kemudian berwudhulah seperti wudhu untuk mengerjakan shalat. Dan apabila kamu mengeluarkan mani maka mandilah."23 [4:49]
صحيح ابن حبان ١١٠٨: أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ إِسْمَاعِيلَ، قَالَ: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ: أَنَّهَا كَانَتْ تَغْتَسِلُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الإِنَاءِ الْوَاحِدِ.
Shahih Ibnu Hibban 1108: Ishaq bin Ibrahim bin Ismail mengabarkan kepada kami, ia berkata: Qutaibah bin S a’id menceritakan kepada kami, ia berkata: Al- Laits menceritakan kepada kami, dari Ibnu Syihab, dari Urwah, dari Aisyah, bahwa ia mengabarkannya, bahwa Aisyah pemah mandi bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam satu bejana.” 24 [5:10]
صحيح ابن حبان ١١٠٩: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ عَامِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عَمْرِو بْنِ سُلَيْمٍ الزُّرَقِيِّ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ ابْنَتِهِ، فَكَانَ إِذَا قَامَ حَمَلَهَا، وَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا.
Shahih Ibnu Hibban 1109: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Al Qa’nabi menceritakan kepada kami, dari Malik, dari Amir bin Abdullah bin Az-Zubair, dari Amru bin Sulaim Az-Zuraqi, dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah shalat dengan menggendong Umamah binti Zainab putri beliau. Maka saat berdiri beliau menggendongnya. Dan saat sujud beliau meletakkannya. 25 [5:10]
صحيح ابن حبان ١١١٠: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا لَيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ عَمْرِو بْنِ سُلَيْمٍ الزُّرَقِيِّ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا قَتَادَةَ، يَقُولُ: بَيْنَمَا نَحْنُ عَلَى بَابِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جُلُوسٌ، إِذْ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَحْمِلُ أُمَامَةَ بِنْتَ أَبِي الْعَاصِ بْنِ الرَّبِيعِ وَأُمُّهَا زَيْنَبُ بِنْتُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَهِيَ صَبِيَّةٌ، فَصَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهِيَ عَلَى عَاتِقِهِ، يَضَعُهَا إِذَا رَكَعَ، وَيُعِيدُهَا عَلَى عَاتِقِهِ إِذَا قَامَ، حَتَّى قَضَى صَلاَتَهُ، يَفْعَلُ ذَلِكَ بِهَا.
Shahih Ibnu Hibban 1110: Al Fadhl mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Al Walid Ath-Thayalisi menceritakan kepada kami, ia berkata: Laits bin Sa’ad menceritakan kepada kami, dari Sa’id bin Abu Sa’id Al Maqburi, dari Amru bin Sulaim Az-Zuraqi, 26 bahwa ia mendengar Abu Qatadah berkata: Ketika kami sedang duduk2 di pintu masjid, tiba-tiba Rasulullah S A W keluar kepada kami seraya menggendong Umamah binti Abu Al Ash bin Ar-Rabi’, ibunya adalah Zainab binti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ketika itu Umamah masih anak-anak. Beliau menggendongnya di atas pundaknya, lalu beliau mengerjakan shalat, sementara Umamah tetap di atas pundak. Apabila beliau ruku, diletakkannya. Apabila berdiri, beliau menggendongnya kembali. Beliau lakukan demikian itu sampai shalat beliau selesai. 28