صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #91

صحيح ابن حبان ٩١: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى بْنُ مُجَاشِعٍ، حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ الْقَيْسِيُّ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ، سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ‏:‏ خَيْرُكُمْ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلاَقًا، إِذَا فَقُهُوا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 91: Imran bin Musa bin Mujasyi’ mengabarkan kepada kami, Hudbah bin Khalid Al Qaisy menceritakan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ziyad mengabaikan kepada kami: Aku mendengar Abu Hurairah berkata: Aku pernah mendengar Abu Qasim shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “ Yang terbaik dari kalian adalah yang akhlaknya paling baik, jika mereka memahami (agamanya).” [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #92

صحيح ابن حبان ٩٢: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ، حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنْ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ النَّاسُ مَعَادِنُ فِي الْخَيْرِ وَالشَّرِّ، خِيَارُهُمْ فِي الْجَاهِلِيَّةِ خِيَارُهُمْ فِي الإِسْلاَمِ، إِذَا فَقُهُوا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 92: Abdullah bin Muhammad Al Azdiy mengabarkan kepada kami, Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, An-Nadhr bin Syumail mengabarkan kepada kami, Hisyam menceritakan kepada kami dari Muhammad, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Manusia adalah sumber kebaikan dan keburukan, mereka yang terbaik pada masa jahiliyah adalah yang terbaik dalam Islam, jika mereka memahami (agamanya) [3:9]

Shahih Ibnu Hibban #93

صحيح ابن حبان ٩٣: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ أَبِي كَرِيمَةَ هُوَ الْحَرَّانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحِيمِ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَبِي أُنَيْسَةَ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ‏:‏ خَيْرُ مَا يَخْلُفُ الرَّجُلَ بَعْدَهُ ثَلاَثٌ‏:‏ وَلَدٌ صَالِحٌ يَدْعُو لَهُ، وَصَدَقَةٌ تَجْرِي يَبْلُغُهُ أَجْرُهَا، وَعِلْمٌ يُنْتَفَعُ بِهِ مِنْ بَعْدِهِ‏.‏ قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَدْ بَقِيَ مِنْ هَذَا النوعِ أَكْثَرُ مِنْ مِائَةِ حَدِيثٍ بَدَّدْنَاهَا فِي سَائِرِ الأَنْوَاعِ مِنْ هَذَا الْكِتَابِ، لأَنَّ تِلْكَ الْمَوَاضِعِ بِهَا أَشْبَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 93: Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Isma’il bin Ubaid bin Abu Karimah—yaitu Al Harrani—menceritakan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Salamah menceritakan kepada kami dari Abu Abdurrahim, dari Zaid bin Abu Unaisah, dari Zaid bin Aslam, dari Abdullah bin Abu Qatadah, dari ayahnya, dia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Peninggalan terbaik seseorang sepeninggalnya ada tiga (hal); anak shalih yang mendoakannya, sedekah yang mengalir pahalanya sampai padanya dan ilmu yang dimanfaatkan sepeninggalnya." [1:2] Abu Hatim berkata "Hadits serupa dari jenis ini masih banyak, berjumlah lebih dari seratus yang kami tempatkan di berbagai babdalam kitab ini karena topik pembahasannya memiliki kesamaan"

Shahih Ibnu Hibban #94

صحيح ابن حبان ٩٤: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الْجَبَّارِ، وَمُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ، وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالُوا‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ الْعُمَرِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ، عَنْ عَمْرَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ أَقِيلُوا ذَوِيِ الْهَيْئَاتِ زَلاَّتِهِمْ‏.

Shahih Ibnu Hibban 94: Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Sa’id bin Abdul Jabbar, Muhammad bin Ash-Shabbah dan Qutaibah bin Sa’id menceritakan kepada kami, mereka berkata: Abu Bakar bin Nafi’ Al Umari menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Abu Bakar bin Amru bin Hazm, dari Amrah, dari Aisyah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Hindarilah kekeliruan-kekeliruan para pemilik urusan” [1:78]

Shahih Ibnu Hibban #95

صحيح ابن حبان ٩٥: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْحَكَمِ الْبُنَانِيِّ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ كَتَمَ عِلْمًا تَلَجَّمَ بِلِجَامٍ مِنْ نَارٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 95: Abdullah bin Muhammad Al Azdi menceritakan kepada kami, dia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: An-Nadhr bin Syumail mengabarkan kepada kami, dia berkata: Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami dari Ali bin Al Hakam Al Bunani, dari Atha‘ bin Abu Rabbah, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Siapa yang menyembunyikan ilmu maka akan diikat dengan tali kekang dari api neraka pada hari kiamat.” [2:109]

Shahih Ibnu Hibban #96

صحيح ابن حبان ٩٦: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الطَّاهِرِ بْنُ السَّرْحِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللهِ بْنُ عَيَّاشِ بْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ كَتَمَ عِلْمًا أَلْجَمَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِلِجَامٍ مِنْ نَارٍ‏.

Shahih Ibnu Hibban 96: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Ath-Thahir bin As-Saij menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, dia berkata: Abdullah bin Ayyasy bin Abbas menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Abu Abdurrahman Al Hubuliy, dari Abdullah bin Amru bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menyembunyikan suatu ilmu maka Allah akan mengikatnya pada hari kiamat dengan tali kekang dari api neraka" [2:109]

Shahih Ibnu Hibban #97

صحيح ابن حبان ٩٧: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ بِسْطَامٍ بِالْأُبُلَّةِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ سَعِيدٍ الْكِنْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُرَّةَ، عَنْ مَسْرُوقٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ‏:‏ بَيْنَمَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَعْضِ حِيطَانِ الْمَدِينَةِ مُتَوَكِّئًا عَلَى عَسِيبٍ، إِذْ جَاءَتْهُ الْيَهُودُ، فَسَأَلَتْهُ عَنِ الرُّوحِ، فَنَزَلَتْ‏:‏ ‏{‏وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ، قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي، وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً‏}‏ الآيَةَ‏.

Shahih Ibnu Hibban 97: Husain bin Ahmad bin Bistham mengabarkan kepada kami di Al Ubulah, dia berkata: Abdullah bin Sa’id Al Kindi menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Idris menceritakan kepada kami dari Al A’masy, dari Abdullah bin Munah, dari Masruq, dari Abdullah, dia berkata: Pada saat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berada di salah satu kebun Madinah, beliau bersandar pada pelepah kurma. Tiba-tiba orang-orang Yahudi mendatangi beliau menanyakan tentang ruh, kemudian turunlah ayat, “Mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah, "Sesungguhnya ruh itu termasuk urusan Rabbku dan tidaklah kalian diberi ilmu melainkan sedikit" (Qs. Al Israa' [17]: 85). [3:64]

Shahih Ibnu Hibban #98

صحيح ابن حبان ٩٨: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ‏:‏ كُنْتُ أَمْشِي مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَرْثٍ بِالْمَدِينَةِ، وَهُوَ مُتَّكِئٌ عَلَى عَسِيبٍ، فَمَرَّ بِنَفَرٍ مِنَ الْيَهُودِ، فَقَالَ‏:‏ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ‏:‏ لَوْ سَأَلْتُمُوهُ فَقَالَ بَعْضُهُمْ‏:‏ لاَ تَسْأَلُوهُ فَيُسْمِعَكُمْ مَا تَكْرَهُونَ، فَقَالُوا‏:‏ يَا أَبَا الْقَاسِمِ، أَخْبِرْنَا عَنِ الرُّوحِ، فَقَامَ سَاعَةً يَنْتَظِرُ الْوَحْيَ، فَعَرَفْتُ أَنَّهُ يُوحَى عَلَيْهِ، فَتَأَخَّرْتُ عَنْهُ حَتَّى صَعِدَ الْوَحْيُ، ثُمَّ قَرَأَ‏:‏ ‏{‏وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي، وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً‏}‏ الآيَةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 98: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, dia berkata. Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: Isa bin Yunus mengabarkan kepada kami, dia berkata: Al A’masy menceritakan kepada kami dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah, dia berkata: Aku pernah berjalan bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam salah satu kebun (harts) di Madinah, beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersender di atas pelepah kurma, kemudian sekelompok orang Yahudi melintas, mereka berkata satu sama lain, “Andai kalian mau bertanya kepadanya.” Yang lain menyahut, “Jangan bertanya kepadanya agar ia tidak memberitahukan sesuatu yang tidak kalian sukai,” mereka pun berkata, “Hai Abu Qasim! Beritahukan kepada kami tentang ruh.” Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdiri sesaat menanti datangnya wahyu. Aku (Abdullah) mengerti beliau sedang diberi wahyu, aku pun mundur ke belakang hingga wahyu naik kemudian beliau shallallahu 'alaihi wa sallam membaca, “ Mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah, 'Sesungguhnya ruh itu termasuk urusan Rabbku dan tidaklah kalian diberi ilmu melainkan sedikit'." (Qs. Al Israa' [17]: 85). [3:64]

Shahih Ibnu Hibban #99

صحيح ابن حبان ٩٩: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مَسْرُوقُ بْنُ الْمَرْزُبَانِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي دَاوُدُ بْنُ أَبِي هِنْدٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ‏:‏ قَالَتْ قُرَيْشٌ لِلْيَهُودِ‏:‏ أَعْطُونَا شَيْئًا نَسْأَلُ عَنْهُ هَذَا الرَّجُلَ، فَقَالُوا‏:‏ سَلُوهُ عَنِ الرُّوحِ، فَسَأَلُوهُ، فَنَزَلَتْ‏:‏ ‏{‏وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً‏}‏، فَقَالُوا‏:‏ لَمْ نُؤْتَ مِنَ الْعِلْمِ نَحْنُ إِلاَّ قَلِيلاً، وَقَدْ أُوتِينَا التَّوْرَاةَ، وَمَنْ يُؤْتَ التَّوْرَاةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا‏؟‏ فَنَزَلَتْ‏:‏ ‏{‏قُلْ لَوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِكَلِمَاتِ رَبِّي‏}‏ الآيَةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 99: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, dia berkata: Masruq bin Al Marzuban menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Abi Zaidah menceritakan kepada kami, dia berkata: Daud bin Ibnu Abi Hind menceritakan kepada kami dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, dia berkata: Orang-orang Quraisy berkata kepada orang-orang Yahudi, “Berilah kami sesuatu yang bisa kami tanyakan kepada orang ini.” Mereka (orang-orang Yahudi) berkata, "Tanyakan padanya tentang ruh.” Mereka (orang-orang Quraisy) pun menanyakannya, lalu turun ayat, “Mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah, 'Sesungguhnya ruh itu termasuk urusan Rabbku dan tidaklah kalian diberi ilmu melainkan sedikit.” (Qs.Al Israa' [17]: 85) Mereka berkata, “Kami hanya diberi sedikit ilmu? Kami telah diberi Taurat dan Siapa yang diberi Taurat maka telah diberi kebaikan yang banyak.” Lalu turun ayat, “Katakanlah : 'Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabb-ku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Rabb-ku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)'.” (Qs. Al Isra' [17]:109). [13:64]

Shahih Ibnu Hibban #100

صحيح ابن حبان ١٠٠: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الطَّاهِرِ بْنُ السَّرْحِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، أَنَّ عُرْوَةَ بْنَ الزُّبَيْرِ حَدَّثَهُ، أَنَّ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ أَلاَ يُعْجِبُكَ أَبُو هُرَيْرَةَ جَاءَ فَجَلَسَ إِلَى جَانِبِ حُجْرَتِي يُحَدِّثُ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسْمِعُنِي ذَلِكَ، وَكُنْتُ أُسَبِّحُ، فَقَامَ قَبْلَ أَنْ أَقْضِيَ سُبْحَتِي، وَلَوْ أَدْرَكْتُهُ لَرَدَدْتُ عَلَيْهِ، إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ يَسْرُدُ الْحَدِيثَ كَسَرْدِكُمْ‏.‏ قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَوْلُ عَائِشَةَ لَرَدَدْتُ عَلَيْهِ، أَرَادَتْ بِهِ سَرْدَ الْحَدِيثِ لاَ الْحَدِيثَ نَفْسَهُ‏.

Shahih Ibnu Hibban 100: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, dia berkata Abu Ath-Thahir bin As-Sarj menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, dia berkata: Yunus mengabarkan kepada kami dari ibnu Syihab bahwa Urwah bin Az-Zubair berkata kepadanya bahwa Aisyah berkata. "Tidakkah Abu Hurairah mengherankan kalian, ia datang dan duduk didekat kamarku menyebutkan (hadits) dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ia mendengarkan (hadits) itu padaku, aku kala itu sedang bertasbih, ia pun beranjak sebelum aku selesai bertasbih, andai aku menemukannya tentu aku kembalikan (hadits itu) padanya, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak menyebutkan hadits seperti halnya kalian. [2:109] Abu Hatim berkata "Perkataan Aisyah, 'Tentu aku kembalikan padanya' adalah penyampaian hadits, bukan hadits itu sendiri.