المستدرك ٢١١: أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ الْحَافِظُ، ثنا يَحْيَى بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى، ثنا مُسَدَّدٌ، وَثنا عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ، أَنْبَأَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِي أَبِي، قَالَا: ثنا يَحْيَى - يَعْنِيَانِ ابْنَ سَعِيدٍ - ثنا ابْنُ عَجْلَانَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنِّي أُحَرِّجُ عَلَيْكُمْ حَقَّ الضَّعِيفَيْنِ الْيَتِيمِ وَالْمَرْأَةِ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ»
Al Mustadrak 211: Abu Abdillah Muhammad bin Ya'qub Al Hafizh mengabarkan kepada kami, Yahya bin Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, Musaddad menceritakan kepada kami. Ali bin Hamsyad menceritakan kepada kami, Abdullah bin Ahmad bin Hanbal mengabarkan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, (yang diamksud oleh keduanya adalah Ibnu Sa'ad) dia berkata: Yahya menceritakan kepada kami, Ibnu Ajlan menceritakan kepada kami dari Sa'id Al Maqburi, dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya aku membebankan kepada kalian dua hak orang lemah, (yaitu) anak yatim dan wanita." Hadits ini shahih sesuai syarat Muslim, tapi Al Bukhari serta muslim tidak meriwayatkannya.
المستدرك ٢١٢: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، أَنْبَأَ الْعَبَّاسُ بْنُ الْوَلِيدِ بْنِ مَزْيَدٍ الْبَيْرُوتِيُّ، أَخْبَرَنِي أَبِي، قَالَ: سَمِعْتُ الْأَوْزَاعِيَّ، يَقُولُ: حَدَّثَنِي أَبُو كَثِيرٍ الزُّبَيْدِيُّ، عَنْ أَبِيهِ، وَكَانَ يُجَالِسُ أَبَا ذَرٍّ، قَالَ: فَجَمَعَ حَدِيثًا فَلَقِيَ أَبَا ذَرٍّ وَهُوَ عِنْدَ الْجَمْرَةِ الْوُسْطَى وَحَوْلَهُ النَّاسُ، قَالَ: فَجَلَسْتُ إِلَيْهِ حَتَّى مَسَّتْ رُكْبَتِي رُكْبَتَيْهِ، فَنَسِيتُ ذَلِكَ الْحَدِيثَ وَتَفَلَّتَ مِنِّي كُلُّ شَيْءٍ أَرَدْتُ أَنْ أَسْأَلَهُ عَنْهُ، فَرَفَعْتُ رَأْسِي إِلَى السَّمَاءِ فَجَعَلْتُ أَتَذْكُرُ، فَقُلْتُ: يَا أَبَا ذَرٍّ، دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلَ بِهِ الْعَبْدُ دَخَلَ الْجَنَّةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «تُؤْمِنُ بِاللَّهِ» قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ مَعَ الْإِيمَانِ عَمَلًا؟ قَالَ: «يَرْضَخُ مِمَّا رَزَقَهُ اللَّهُ» قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَإِنْ كَانَ مُعْدَمًا لَا شَيْءَ لَهُ؟ قَالَ: «يَقُولُ مَعْرُوفًا بِلِسَانِهِ» قُلْتُ: فَإِنْ كَانَ عَيِيًّا لَا يَبْلُغُ عَنْهُ لِسَانُهُ؟ قَالَ: «فَلْيُعِنْ مَغْلُوبًا» قُلْتُ: فَإِنْ كَانَ ضَعِيفًا لَا قُوَّةَ لَهُ؟ قَالَ: «فَلْيَصْنَعْ لِأَخْرَقَ» قُلْتُ: فَإِنْ كَانَ أَخْرَقَ؟ فَالْتَفَتَ إِلَيَّ فَقَالَ: «مَا تُرِيدُ أَنْ تَدَعَ فِي صَاحِبِكَ خَيْرًا؟» قَالَ: «يَدَعُ النَّاسَ مِنْ أَذَاهُ» قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ هَذَا لَيَسِيرٌ كُلُّهُ، قَالَ: «وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ مَا مِنْهُنَّ خَصْلَةٌ يَعْمَلُ بِهَا عَبْدٌ يَبْتَغِي بِهَا وَجْهَ اللَّهِ إِلَّا أَخَذَتْ بِيَدِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَلَمْ تُفَارِقْهُ حَتَّى تُدْخِلَهُ االْجَنَّةَ» . " هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ فَقَدِ احْتَجَّ فِي كِتَابِهِ بِأَبِي كَثِيرٍ الزُّبَيْدِيِّ وَاسْمُهُ يَزِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أُذَيْنَةَ وَهُوَ تَابِعِيٌّ مَعْرُوفٌ يُقَالُ لَهُ: أَبُو كَثِيرٍ الْأَعْمَى، وَهَذَا الْحَدِيثُ لَمْ يُخَرِّجَاهُ "
Al Mustadrak 212: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, Al Abbas bin Al Walid bin Al Mazid Al Baiiuti memberitakan (kepada kami), ayahku mengabarkan kepadaku, dia berkata: Aku mendengar Al Auza'i berkata: Abu Katsir Az-Zubaidi menceritakan kepadaku dari ayahnya yang pernah duduk-duduk dengan Abu Dzar. Dia mengumpulkan hadits kemudian menemui Abu Dzar yang ketika itu sedang berada di Jamrah Al Wustha dengan dikelilingi orang-orang. (Ayahnya berkata): Aku pun duduk di hadapannya hingga kedua lututku menempel dengan kedua lututnya, tapi rupanya aku lupa hadits tersebut dan aku tidak ingat segala sesuatu yang ingin aku tanyakan. Aku lalu mengangkat kepalaku ke langit, dan tiba-tiba aku ingat kembali, maka aku bertanya, "Wahai Abu Dzar, tunjukkanlah kepadaku suatu perbuatan yang jika dilakukan oleh seorang hamba maka dia akan masuk surga." Abu Dzar menjawab, "Rasululullah bersabda, 'Kamu beriman kepada Allah'. Aku (Abu Dzar) lalu berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya iman harus diiringi dengan perbuatan'. Beliau lalu bersabda, 'Dia memberikan sedikit rezeki yang telah diberikan Allah (kepada orang lain)'. Aku (Abu Dzar) bertanya, 'Wahai Rasulullah, bagaimana jika dia miskin dan tidak memiliki apa-apa?' Beliau menjawab, 'Dia berkata-kata baik dengan lidahnya'. Aku bertanya lagi, 'Bagaimana jika dia cacat sehingga tidak bisa bicara?' Beliau menjawab, 'Dia hendaknya menolong orang yang kalah (terzhalimi)'. Aku bertanya lagi, 'Bagaimana jika dia lemah dan tidak mempunyai kekuatan?' Beliau menjawab, 'Perbuatlah sesuatu untuk orang bodoh'. Aku bertanya lagi, 'Jika dia sendiri bodoh?' Beliau lalu menoleh kepadaku dan bersabda, 'Apa yang ingin kamu tinggalkan pada temanmu berupa kebaikan'. Beliau bersabda lagi, 'Dia sebaiknya mencegah kejahatan dari manusia'. Aku bertanya lagi, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya semua ini mudah'. Beliau bersabda, 'Demi Dzat Yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidak satu perbuatan pun yang dilakukan seorang hamba dalam rangka mencari ridha Allah kecuali pada Hari Kiamat nanti aku akan memegang tangannya dan tidak akan berpisah dengannya hingga memasukkannya ke dalam surga'.” Hadits ini shahih sesuai syarat Muslim. Dia berhujjah dalam kitabnya bahwa Abu Katsir Az-Zubaidi yang namanya Yazid bin Abdurrahman bin Udzainah, adalah seorang tabiin terkenal yang dikenal dengan nama Abu Katsir Al A'ma. Hadits ini tidak diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim.
المستدرك ٢١٣: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، أَنْبَأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبِ بْنِ حَارِثٍ، ثنا عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ، ثنا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ، ثنا الْأَعْمَشُ، عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحَارِثِ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ الْأَعْمَشُ: وَلَا أَعْلَمُهُ إِلَّا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «التُّؤَدَةُ فِي كُلِّ شَيْءٍ خَيْرٌ إِلَّا فِي عَمَلِ الْآخِرَةِ» هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ "
Al Mustadrak 213: Abu Bakar bin Ishaq Al Faqih menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ghalib bin Harits memberitakan kepada kami, Afifan bin Muslim menceritakan kepada kami, Abdul Wahid bin Ziyad menceritakan kepada kami, Al A'masy menceritakan kepada kami dari Malik bin Al Harits, dari Mush'ab bin Sa'ad, dari ayahnya. Al A'masy berkata: Aku tidak mengetahui hadits ini kecuali dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, ”Hati-hati dalam segala sesuatu adalah baik, kecuali dalam amalan akhirat.” Hadits ini shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim, tapi keduanya tidak meriwayatkannya.
المستدرك ٢١٤: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا بَكَّارُ بْنُ قُتَيْبَةَ الْقَاضِي، بِمِصْرَ، ثنا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى الْقَاضِي، ثنا الْحَارِثُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي ذُبَابٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " لَمَّا خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ وَنَفَخَ فِيهِ الرُّوحَ عَطَسَ، فَقَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ، فَحَمِدَ اللَّهَ بِإِذْنِ اللَّهِ، فَقَالَ لَهُ رَبُّهُ: رَحِمَكَ اللَّهُ رَبُّكَ يَا آدَمُ، وَقَالَ لَهُ: يَا آدَمُ، اذْهَبْ إِلَى أُولَئِكَ الْمَلَائِكَةِ إِلَى مَلَأٍ مِنْهُمْ جُلُوسٍ، فَقُلِ: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ، فَذَهَبَ فَقَالُوا: وَعَلَيْكَ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، ثُمَّ رَجَعَ إِلَى رَبِّهِ، فَقَالَ: هَذِهِ تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ بَنِيكَ وَبَنِيهِمْ، فَقَالَ اللَّهُ لَهُ وَيَدَاهُ مَقْبُوضَتَانِ: اخْتَرْ أَيَّهُمَا شِئْتَ، فَقَالَ: اخْتَرْتُ يَمِينَ رَبِّي وَكِلْتَا يَدَيْ رَبِّي يَمِينٌ مُبَارَكَةٌ، ثُمَّ بَسَطَهَا، فَإِذَا فِيهَا آدَمُ وَذُرِّيَّتُهُ، فَقَالَ: أَيْ رَبِّ مَا هَؤُلَاءِ؟ قَالَ: ذُرِّيَّتُكَ، فَإِذَا كُلُّ إِنْسَانٍ مَكْتُوبٌ عُمْرُهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ، وَإِذَا فِيهِمْ رَجُلٌ أَضْوَؤُهُمْ - أَوْ قَالَ: مِنْ أَضْوَئِهِمْ - لَمْ يُكْتَبْ لَهُ إِلَّا أَرْبَعِينَ سَنَةً، قَالَ: يَا رَبِّ زِدْ فِي عُمْرِهِ، قَالَ: ذَاكَ الَّذِي كُتِبَ لَهُ، قَالَ: فَإِنِّي قَدْ جَعَلْتُ لَهُ مِنْ عُمْرِي سِتِّينَ سَنَةً، قَالَ: أَنْتَ وَذَاكَ، قَالَ: ثُمَّ أُسْكِنَ الْجَنَّةَ مَا شَاءَ اللَّهُ، ثُمَّ أُهْبِطَ مِنْهَا آدَمُ يَعُدُّ لِنَفْسِهِ، فَأَتَاهُ مَلَكُ الْمَوْتِ، فَقَالَ لَهُ آدَمُ: قَدْ عَجِلْتَ قَدْ كُتِبَ لِي أَلْفُ سَنَةٍ، قَالَ: بَلَى، وَلَكِنَّكَ جَعَلْتَ لِابْنِكَ دَاوُدَ مِنْهَا سِتِّينَ سَنَةً، فَجَحَدَ فَجَحَدَتْ ذُرِّيَّتُهُ، وَنَسِيَ فَنَسِيَتْ ذُرِّيَّتُهُ، فَيَوْمَئِذٍ أُمْرِنَا بِالْكِتَابِ وَالشُّهُودِ «.» هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ فَقَدِ احْتَجَّ بِالْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي ذُبَابٍ، وَقَدْ رَوَاهُ عَنْهُ غَيْرُ صَفْوَانَ، وَإِنَّمَا خَرَّجْتُهُ مِنْ حَدِيثِ صَفْوَانَ لِأَنِّي عَلَوْتُ فِيهِ وَلَهُ شَاهِدٌ صَحِيحٌ " .
Al Mustadrak 214: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, Bakkar bin Qutaibah Al Qadhi menceritakan kepada kami di Mesir, Shafwan bin Isa Al Qadhi menceritakan kepada kami, Hants bin Abdurrahman bin Abi Dzubab menceritakan kepada kami dari Sa'id bin Abu Sa'id Al Maqburi, dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ketika Allah menciptakan Adam dan meniupkan roh kepadanya, Adam bersin lalu mengucapkan, 'Alhamdulillah'. Dia memuji Allah dengan izin Allah. Tuhannya lalu berfirman kepadanya, 'Semoga Allah, Tuhanmu, merahmatimu, wahai Adam'. Allah lalu berfirman kepadanya, 'Wahai Adam, temuilah sekelompok malaikat yang sedang duduk itu, lalu ucapkanlah 'Assalamu alaikum'. Adam pun pergi (menemui mereka). Mereka menjawab, 'Wa 'alaikassalam warahmatullahi wabarakatuh.' Dia kemudian kembali lagi kepada Tuhannya, lalu Allah berfirman, 'Ini adalah salammu dan salam anak-anakmu serta anak- anak mereka'. Allah lalu berfirman kepadanya dengan dua tangan-Nya yang tergenggam, 'Pilihlah mana dari keduanya yang kamu suka'. Adam berkata, 'Aku memilih sebelah kanan Tuhanku, dan dua tangan Tuhanku adalah kanan lagi penuh berkah'. Allah lalu membentangkannya, dan ternyata di dalamnya ada Adam dan keturunannya. Adam lalu bertanya, 'Wahai Tuhanku, siapakah mereka?' Allah menjawab, 'Mereka adalah keturunanmu'. Ternyata setiap manusia telah tertulis umurnya di antara kedua matanya. Di antara mereka ada seorang laki-laki yang paling bersinar —atau di antara yang paling bersinar— yang tidak ditulis padanya kecuali 40 tahun. Adam lalu berkata, 'Wahai Tuhanku, tambahlah umurnya!' Allah lalu berfirman, 'Itu telah dicatat untuknya'. Adam berkata lagi, !Aku telah memberikan sebagian umurku yang 60 tahun untuknya'. Allah kemudian berfirman, 'Kamu (dikurangi 60 tahun) dan untuk yang itu (ditambah 60 tahun)'. ” Nabi lanjut bersabda, "Allah lalu menempatkan Adam di surga sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, kemudian Adam diturunkan ke bumi dengan menghitung (usia) dirinya. Lalu malaikat maut mendatanginya, maka Adam berkata kepadanya, 'Engkau tergesa-gesa (belum waktunya datang), karena aku telah ditakdirkan 1000 tahun'. Malaikat maut berkata, 'Memang benar, tapi engkau telah memberikan yang 60 tahun kepada putramu (keturunanmu) Daud'. Adam kemudian ingkar, dan keturunannya pun ingkar, dia lupa dan keturunannya pun lupa. (Sejak) saat itulah Allah menyuruh kita untuk (menulis pada) buku dan mengambil saksi-saksi." Hadits ini shahih sesuai syarat Muslim, dan dia berhujjah dengan Harits bin Abdurrahman bin Abu Dzubab, orang yang telah meriwayatkan darinya selain Shafwan. Aku hanya meriwayatkannya dari hadits Shafwan, karena sanadnya ali. Hadits ini juga memiliki syahid yang shahih:
المستدرك ٢١٥: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الْفَقِيهُ الشَّاشِيُّ فِي آخَرِينَ، قَالُوا: ثنا أَبُو بَكْرٍ عَرُوبَةُ، ثنا مَخْلَدُ بْنُ مَالِكٍ، ثنا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ
Al Mustadrak 215: Abu Bakar Muhammad bin Ali Al Faqih Asy-Syasyi menceritakan kepada kami di hadapan orang lain, mereka berkata: Abu Bakar Arubah menceritakan kepada kami, Makhlad bin Malik menceritakan kepada kami, Abu Khalid Al Ahmar menceritakan kepada kami dari Daud bin Abu Hind, dari Asy-Sya'bi, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, dengan redaksi yang serupa.
المستدرك ٢١٦: أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، أَنْبَأَ هِشَامُ بْنُ عَلِيٍّ السَّدُوسِيُّ، ثنا سَهْلُ بْنُ بَكَّارٍ، ثنا هِشَامُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: وَأَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، قَالَا: ثنا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ، حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: «أَتَعْجَبُونَ أَنْ يَكُونَ الْخُلَّةُ لِإِبْرَاهِيمَ، وَالْكَلَامُ لِمُوسَى، وَالرُّؤْيَةُ لِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الْبُخَارِيِّ، وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ، وَلَهُ شَاهِدٌ صَحِيحٌ، عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ فِي الرُّؤْيَةِ»
Al Mustadrak 216: Abu Bakar bin Ishaq Al Faqih mengabarkan kepada kami, Hisyam bin Ali As-Sadusi mengabarkan kepada kami, Sahl bin Bakkar menceritakan kepada kami, Hisyam bin Abdullah menceritakan kepada kami, dia berkata: Husain bin Muhammad bin Ziyad mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Yasar dan Muhammad bin Al Mutsanna menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Mu'adz bin Hisyam menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku dari Qatadah, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas , dia berkata, "Herankah kalian jika gelar Khalil (Kekasih) diberikan kepada Ibrahim, Kalim (Teman bicara) diberikan kepada Musa, dan Ru'yah (Melihat) diberikan kepada Muhammad ?” Hadits ini shahih sesuai syarat Al Bukhari, tapi Al Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya. Hadits ini memiliki syahid yang shahih dari Ibnu Abbas tentang ru 'yah (melihat).
المستدرك ٢١٧: أَخْبَرْنَاهُ أَبُو نَصْرٍ أَحْمَدُ بْنُ سَهْلٍ الْفَقِيهُ، وَأَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ الشَّرَغَاوَشُونِي الْبُخَارِيَّانِ، بِبُخَارَى، قَالَا: ثنا صَالِحُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَبِيبٍ الْحَافِظُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ، وَحدثنا أَبُو سَعِيدٍ أَحْمَدُ بْنُ يَعْقُوبَ الثَّقَفِيُّ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى الْحُلْوَانِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ الدَّوْلَابِيُّ، ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ زَكَرِيَّا، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، وَعِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: رَأَى مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَبَّهُ «.» وَلَهُ شَاهِدٌ ثَالِثٌ صَحِيحُ الْإِسْنَادِ "
Al Mustadrak 217: Abu Nashr Ahmad bin Sahl Al Faqih mengabarkannya kepada kami, Abu Al Hasan Ali bin Muhammad Asy-Syaraghawasyuni Al Bukhariyani di Bukhara, keduanya berkata: : Shalih bin Muhammad bin Habib Al Hafizh menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ash-Shabbah menceritakan kepada kami. Abu Sa'id Ahmad bin Ya'qub Ats-Tsaqafi menceritakan kepada kami, Ahmad bin Yahya Al Hulwani menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ash-Shabbah Ad-Daulabi menceritakan kepada kami, Ismail bin Zakaria menceritakan kepada kami dari Ashim dari Asy-Sya'bi dan Ikrimah, dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Muhammad telah melihat Tuhannya.” Hadits ini memiliki syahid ketiga yang sanadnya shahih.
المستدرك ٢١٨: أَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ الْمَحْبُوبِيُّ، بِمَرْوَ، ثنا سَعِيدُ بْنُ مَسْعُودٍ، ثنا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: «قَدْ رَأَى مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَبَّهُ»
Al Mustadrak 218: Abu Al Abbas Muhammad bin Ahmad Al Mahbubi mengabarkan kepada kami di Marwah, Sa'id bin Mas'ud J menceritakan kepada kami, Yazid bin Harun menceritakan kepada kami, Muhammad bin Amr memberitakan (kepada kami) dari Abu Salamah, dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Muhammad melihat Tuhannya.”
المستدرك ٢١٩: أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الشَّافِعِيُّ، ثنا إِسْحَاقُ بْنُ الْحَسَنِ، ثنا أَبُو حُذَيْفَةَ، ثنا سُفْيَانُ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: رَآهُ مَرَّتَيْنِ، حَدِيثُ كَذَا قَدِ اعْتَمَدَهُ الشَّيْخَانِ فِي هَذَا الْبَابِ أَخْبَارُ عَائِشَةَ بِنْتِ الصِّدِّيقِ، وَأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، وَأَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى جَبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ. «وَهَذِهِ الْأَخْبَارُ الَّتِي ذَكَرْتُهَا صَحِيحَةٌ كُلُّهَا، وَاللَّهُ أَعْلَمُ»
Al Mustadrak 219: Abu Bakar Muhammad bin Abdullah Asy-Syafi'i mengabarkan kepada kami, Ishaq bin Hasan menceritakan kepada kami, Abu Hudzaifah menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Atha', dari Ibnu Abbas, dia berkata, ''Beliau melihatnya dua kali.” Hadits ini berkenaan dengan pembahasan ini. Hadits yang dijadikan pegangan oleh Al Bukhari dan Muslim adalah hadits-hadits yang diriwayatkan dari Aisyah binti Ash-Shiddiq, Ubai bin Ka'ab, Abdullah bin Mas'ud, dan Abu Dzar , bahwa Rasulullah melihat Jibril (bukan Allah ). Semua hadits ini shahih.
المستدرك ٢٢٠: حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ سَعِيدٍ الرَّازِيُّ، ثنا أَبُو زُرْعَةَ عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْكَرِيمِ الرَّازِيُّ، وَحدثنا أَبُو عَلِيٍّ الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحَافِظُ، إِمْلَاءً، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَيُّوبَ الْمُخَرِّمِيُّ، وَأَخْبَرَنَا أَبُو أَحْمَدَ بَكْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّيْرَفِيُّ، بِمَرْوَ، ثنا أَبُو الْمُوَجِّهِ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو الْفَزَارِيُّ قَالُوا: ثنا سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْجَرْمِيُّ، ثنا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ وَاصِلٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ ثَابِتٍ الْبُنَانِيُّ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ نَوْفَلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لِلْأَنْبِيَاءِ مَنَابِرُ مِنْ ذَهَبٍ» ، قَالَ: " فَيَجْلِسُونَ عَلَيْهَا وَيَبْقَى مِنْبَرِي لَا أَجْلِسُ عَلَيْهِ - أَوْ لَا أَقْعُدُ عَلَيْهِ - قَائِمًا بَيْنَ يَدَيْ رَبِّي مَخَافَةَ أَنْ يَبْعَثَ بِي إِلَى الْجَنَّةِ وَيُبْقِي أُمَّتِي مِنْ بَعْدِي، فَأَقُولُ: يَا رَبِّ أُمَّتِي أُمَّتِي، فَيَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: يَا مُحَمَّدُ مَا تُرِيدُ أَنْ أَصْنَعَ بِأُمَّتِكَ، فَأَقُولُ: يَا رَبِّ عَجِّلْ حِسَابَهُمْ، فَيُدْعَى بِهِمْ فَيُحَاسَبُونَ، فَمِنْهُمْ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِرَحْمَةِ اللَّهِ، وَمِنْهُمْ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِشَفَاعَتِي، فَمَا أَزَالُ أُشَفَّعُ حَتَّى أُعْطَى صِكَاكًا بِرِجَالٍ قَدْ بُعِثَ بِهِمْ إِلَى النَّارِ، وَآتِي مَالِكًا خَازِنَ النَّارِ، فَيَقُولُ: يَا مُحَمَّدُ، مَا تَرَكْتَ لِلنَّارِ لِغَضَبِ رَبِّكَ فِي أُمَّتِكَ مِنْ بَقِيَّةٍ «.» هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحُ الْإِسْنَادِ غَيْرَ أَنَّ الشَّيْخَيْنِ لَمْ يَحْتَجَّا بِمُحَمَّدِ بْنِ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ، وَهُوَ قَلِيلُ الْحَدِيثِ يَجْمَعُ حَدِيثَهُ، وَالْحَدِيثُ غَرِيبٌ فِي أَخْبَارِ الشَّفَاعَةِ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ "
Al Mustadrak 220: Abu Ja'far Muhammad bin Ahmad bin Sa'id Ar-Razi menceritakan kepada kami, Abu Zur'ah menceritakan kepada kami, Ubaidillah bin Abdul Karim Ar-Razi menceritakan kepada kami. Abu Ali Al Husain bin Ali Al Hafizh menceritakan kepada kami secara imla', Ibrahim bin Abdullah bin Ayyub Al Makhrami menceritakan kepada kami. Abu Ahmad Bakar bin Muhammad Ash-Shairafi mengabarkan kepada kami di Marwah, Abu Al Muwajjih Muhammad bin Amr Al Fazari menceritakan kepada kami, mereka berkata: Sa'id bin Muhammad Al Jarmi menceritakan kepada kami, Abdul Wahid bin I Washil menceritakan kepada kami, Muhammad bin Tsabit Al Bunnani menceritakan kepada kami dari Ubaidillah bin Abdullah bin Harits bin Naufal, dari ayahnya, dari Abdullah bin Abbas, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Para nabi memiliki mimbar-mimbar dari emas." Nabi lanjut bersabda, ”Mereka pun duduk di atasnya, dan hanya mimbarku yang tersisa. Aku tidak duduk di atasnya, melainkan tetap berdiri di hadapan Tuhanku karena takut dikirim ke surga, sementara umatku tetap di tempatnya sesudahku. Aku pun berkata, 'Wahai Tuhanku, umatku, umatku'. Allah Azza wa Jalla berfirman, 'Wahai Muhammad, apa yang kamu inginkan agar Aku memperlakukan umatmu?' Aku berkata, 'Wahai Tuhanku, percepatlah hisab mereka'. Mereka pun dipanggil, lalu dihisab. Di antara mereka lalu ada yang masuk surga berkat rahmat Allah, dan ada yang masuk surga karena syafaatku. Oleh karena itu, aku tetap memberi syafaat sampai aku memberikan piagam kepada orang-orang yang telah dikirim ke neraka, lalu aku datangi Malaikat Malik sang penjaga neraka, dia berkata, 'Wahai Muhammad, aku tidak meninggalkan lagi orang yang tersisa di neraka karena murka Tuhanmu'." Sanad hadits ini shahih. Al Bukhari dan Muslim tidak berhujjah dengan Muhammad bin Tsabit Al Bunani, karena dia adalah periwayuat yang sedikit haditsnya, tapi telah dihimpun. Hadits ini gharib tentang berita-berita syafaat, dan Al Bukhari serta Muslim tidak meriwayatkannya.