صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #851

صحيح ابن حبان ٨٥١: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي بُكَيْرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الأَغَرِّ أَبِي مُسْلِمٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، وَأَبِي هُرَيْرَةَ، قَالاَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا قَالَ الْعَبْدُ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، صَدَّقَهُ رَبُّهُ، قَالَ‏:‏ صَدَقَ عَبْدِي، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنَا، وَأَنَا أَكْبَرُ‏.‏ وَإِذَا قَالَ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ، صَدَّقَهُ رَبُّهُ، قَالَ‏:‏ صَدَقَ عَبْدِي، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنَا وَحْدِي‏.‏ وَإِذَا قَالَ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، صَدَّقَهُ رَبُّهُ، قَالَ‏:‏ صَدَقَ عَبْدِي، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنَا لاَ شَرِيكَ لِي‏.‏ وَإِذَا قَالَ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ لَهُ الْمُلْكُ، صَدَّقَهُ رَبُّهُ، قَالَ‏:‏ صَدَقَ عَبْدِي، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنَا، لِيَ الْمُلْكُ وَلِيَ الْحَمْدُ‏.‏ وَإِذَا قَالَ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ، صَدَّقَهُ رَبُّهُ، وَقَالَ‏:‏ صَدَقَ عَبْدِي، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنَا، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِي‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 851: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Abu Bukair menceritakan kepada kami, ia berkata: Isra'il menceritakan kepada kami, dari Abu Ishaq, dari Al Agharr Abu Muslim, dari Abu Sa’id Al Khudri dan Abu Hurairah, keduanya berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Apabila seorang hamba mengucap: Laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar, maka Tuhannya akan membenarkan ucapannya itu lalu berfirman, ‘Hamba-Ku benar. Tidak ada Tuhan kecuali Aku, dan Aku Maha Besar.' Apabila dia mengucap: Laa ilaaha illallaahu wahdah, maka Tuhannya akan membenarkan ucapannya itu lalu berfirman, 'Hamba-Ku benar. Tidak ada Tuhan melainkan Aku Sendiri.' Apabila dia mengucap: Laa ilaaha illallaahu laa syariika lah, maka Tuhannya akan membenarkan ucapannya itu lalu berfirman, 'Hamba-Ku benar. Tidak ada Tuhan melainkan Aku, dan tidak ada sekutu bagi-Ku.' Apabila dia mengucap: Laa ilaaha illallaahu lahul mulku, maka Tuhannya akan membenarkan ucapannya itu lalu berfirman, 'Hamba-Ku benar. Tidak ada Tuhan melainkan Aku, hanya milik-Ku lah segala kerajaan dan hanya milik-Ku-lah segala puji.' Dan apabila dia mengucap: Laa ilaaha illallaah, laa haula wa laa quwwata ilia billaah, maka Tuhannya akan membenarkan ucapannya itu lalu berfirman, 'Hamba- Ku benar. Tidak ada Tuhan melainkan Aku, dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari-Ku"60 [(1:104)]

Shahih Ibnu Hibban #852

صحيح ابن حبان ٨٥٢: أَخْبَرَنَا ابْنُ الْجُنَيْدِ بِبُسْتَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو ضَمْرَةَ، عَنْ أَبِي مَوْدُودٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ، عَنْ أَبَانَ بْنِ عُثْمَانَ، عَنْ عُثْمَانَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ‏:‏ بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ، ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، لَمْ تَفْجَأْهُ فَاجِئَةُ بَلاَءٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي لَمْ تَفْجَأْهُ فَاجِئَةُ بَلاَءٍ حَتَّى يُصْبِحَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 852: Ibnu Al Junaid di Busta mengabarkan kepada kami, ia berkata: Qutaibah menceritakan kepada kami, ia berkata: Abu Dhamrah menceritakan kepada kami, dari Abu Maudud, dari Muhammad bin Ka’ab, dari Aban bin Utsman, dari Utsman, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca pada waktu pagi kalimat: Bismillaahilladzi laa yadhurru ma'a ismihi syai'un fil ardhi wa laa fis samaa’i wa huwas samii’ul ‘aliim ‘ (Dengan nama Allah, Dzat yang dengan menyebut nama-Nya maka tidak ada sesuatu pun di bumi dan tidak pula di langit yang akan membahayakan seseorang (yang menyebut nama-Nya), dan Dia adalah Dzat yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui), sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan tertimpa suatu malapetaka secara mengejutkan hingga datang waktu sore. Dan apabila ia membacanya pada waktu sore, maka ia tidak akan tertimpa suatu malapetaka secara mengejutkan hingga datang waktu pagi.” 61 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #853

صحيح ابن حبان ٨٥٣: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ صَالِحٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا لَمْ يَذْكُرُوا اللَّهَ فِيهِ إِلاَّ كَانَ عَلَيْهِمْ تِرَةً، وَمَا مَشَى أَحَدٌ مَمْشًى لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ فِيهِ إِلاَّ كَانَ عَلَيْهِ تِرَةً، وَمَا أَوَى أَحَدٌ إِلَى فِرَاشِهِ وَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ فِيهِ إِلاَّ كَانَ عَلَيْهِ تِرَةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 853: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Shafwan bin Shalih menceritakan kepada kami, ia berkata: Al Walid biti Muslim menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abu Dzi'b, dari Sa’id Al Maqburi, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah suatu kaum duduk dalam sebuah majlis dimana di dalamnya mereka tidak berdzikir kepada. kecuali hal itu akan menjadi kekurangan bagi mereka. Tidaklah seseorang berjalan di suatu jalan dimana ia tidak berdzikir kepada Allah kecuali hal itu akan menjadi kekurangan baginya. Dan tidaklah seseorang mendatangi tempat tidurnya dimana ia tidak berdzikir kepada Allah kecuali hal itu akan menjadi kekurangan baginya.” 62 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #854

صحيح ابن حبان ٨٥٤: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ بُرَيْدٍ، عَنْ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِي مُوسَى، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَثَلُ الْبَيْتِ الَّذِي يُذْكَرُ اللَّهُ فِيهِ، وَالْبَيْتِ الَّذِي لاَ يُذْكَرُ اللَّهُ فِيهِ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 854: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Kuraib menceritakan kepada kami, ia berkata: Abu Usamah menceritakan kepada kami, dari Buraid, dari Abu Burdah, dari Abu Musa, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, ”Perumpamaan rumah yang di dalamnya nama Allah disebut dan rumah yang di dalamnya nama Allah tidak pernah disebut adalah seperti orang hidup dan orang mati." 63 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #855

صحيح ابن حبان ٨٥٥: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا خَلَفُ بْنُ هِشَامٍ الْبَزَّارُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الأَغَرِّ، قَالَ‏:‏ أَشْهَدُ عَلَى أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، وَأَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ قَالَ‏:‏ مَا جَلَسَ قَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ، إِلاَّ حَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 855: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, ia berkata: Khalaf bin Hisyam Al Bazzar menceritakan kepada kami, ia berkata: Abu Al Ahwash menceritakan kepada kami, dari Abu Ishaq, dari Al Agharr, ia berkata: Aku bersaksi atas Abu Sa’id Al Khudri dan Abu Hurairah, bahwa keduanya bersaksi atas Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Tidaklah suatu kaum duduk sambil berdzikir kepada Allah kecuali para malaikat akan mengelilingi mereka, rahmat akan menyelimuti mereka, ketenangan akan turun kepada mereka, kemudian Allah pun akan menyebut-nyebut nama mereka di hadapan para makhluk yang berada di sisi-Nya. ” 64 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #856

صحيح ابن حبان ٨٥٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي عَوْنٍ الرَّيَّانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ رَبِّهِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْفُضَيْلُ بْنُ عِيَاضٍ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ لِلَّهِ مَلاَئِكَةً فُضُلاً عَنْ كُتَّابِ النَّاسِ، يَمْشُونَ فِي الطُّرُقِ، يَلْتَمِسُونَ الذِّكْرَ، فَإِذَا رَأَوْا أَقْوَامًا يَذْكُرُونَ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى تَنَادَوْا‏:‏ هَلُمُّوا إِلَى حَاجَاتِكُمْ، فَيَحُفُّونَ بِأَجْنِحَتِهِمْ إِلَى السَّمَاءِ، فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ جَلَّ وَعَلاَ، وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ، فَيَقُولُ‏:‏ عِبَادِي مَا يَقُولُونَ‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ يَا رَبِّ، يُسَبِّحُونَكَ وَيَحْمَدُونَكَ، فَيَقُولُ‏:‏ هَلْ رَأَوْنِي‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لاَ، فَيَقُولُ‏:‏ كَيْفَ لَوْ رَأَوْنِي‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لَوْ رَأَوْكَ لَكَانُوا أَشَدَّ تَسْبِيحًا وَتَمْجِيدًا وَتَكْبِيرًا وَتَحْمِيدًا، فَيَقُولُ‏:‏ مَاذَا يَسْأَلُونَ‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ يَسْأَلُونَكَ يَا رَبِّ الْجَنَّةَ، فَيَقُولُ لَهُمْ‏:‏ هَلْ رَأَوْهَا‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لاَ، فَيَقُولُ‏:‏ كَيْفَ لَوْ رَأَوْهَا‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لَوْ قَدْ رَأَوْهَا كَانُوا أَشَدَّ طَلَبًا وَأَشَدَّ حِرْصًا، فَيَقُولُ‏:‏ فَمِمَّ يَتَعَوَّذُونَ‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ يَتَعَوَّذُونَ بِكَ مِنَ النَّارِ، فَيَقُولُ‏:‏ فَهَلْ رَأَوْهَا‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لاَ، فَيَقُولُ‏:‏ كَيْفَ لَوْ رَأَوْهَا‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لَوْ قَدْ رَأَوْهَا كَانُوا أَشَدَّ تَعَوُّذًا، فَيَقُولُ‏:‏ فَإِنِّي أُشْهِدُكُمْ أَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 856: Muhammad bin Ahmad bin Abu ‘Aun Ar-Rayani mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Abd Rabbihi menceritakan kepada kami, ia berkata: Al Fudhail bin Iyadh menceritakan kepada kami, dari Al A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki sejumlah malaikat khusus (fudhulan) selain malaikat- malaikat pencatat (kuttab) amal manusia. Mereka selalu berkeliling di jalan-jalan untuk mencari majlis dzikir. Apabila mereka melihat suatu kaum yang sedang berdzikir kepada Allah SWT maka mereka akan berseru: Bersegeralah kalian menuju kebutuhan-kebutuhan kalian ini.' Mereka mengelilingi (majlis dzikir itu) dengan sayap-sayapnya hingga ke langit. Tuhan Jalla wa’ Alaa bertanya, dan Dia lebih mengetahui daripada mereka, 'Apa yang sedang dibaca hamba- hamba-Ku?' Para malaikat menjawab, 'Wahai Tuhan, mereka sedang bertasbih dan bertahmid kepada-Mu.' Tuhan bertanya, Apakah mereka (dapat) melihat-Ku?' Mereka menjawab, 'Tidak.9 Tuhan bertanya, 'Bagaimanakah seandainya mereka dapat melihat-Ku?' Mereka menjawab, 'Seandainya mereka dapat melihat-Mu, niscaya mereka akan lebih bertasbih, bertamjid (mengagungkan), bertakbir dan bertahmid kepada-Mu.' Tuhan bertanya, 'Apa yang mereka minta?' Mereka menjawab, 'Mereka meminta surga kepada-Mu, wahai Tuhan.' Tuhan bertanya, 'Apakah mereka pernah melihat surga?' Mereka menjawab, 'Tidak pernah.' Tuhan bertanya, 'Bagaimana seandainya mereka dapat melihat surga?' Mereka menjawab, 'Seandainya mereka dapat melihatnya, niscaya mereka akan lebih giat lagi dan lebih keras lagi keinginannya (untuk mendapatkan surga).' Tuhan bertanya, 'Dari hal apakah mereka meminta perlindungan?' Mereka menjawab, 'Mereka meminta perlindungan kepada-Mu dari neraka.' Tuhan bertanya, 'Apakah mereka pernah melihatnya?' Mereka menjawab, ’Tidak pernah.' Tuhan bertanya, 'Bagaimana seandainya mereka dapat melihat neraka?' Mereka menjawab, 'Seandainya mereka melihat neraka, niscaya mereka akan lebih giat lagi untuk memohon perlindungan.' Tuhan lalu berfirman, 'Sesungguhnya Aku menjadikan kalian sebagai saksi (atas pemyataan-Ku) bahwa Aku telah mengampuni dosa-dosa mereka."65 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #857

صحيح ابن حبان ٨٥٧: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ إِنَّ لِلَّهِ مَلاَئِكَةً فُضُلاً عَنْ كُتَّابِ النَّاسِ، يَطُوفُونَ فِي الطُّرُقِ، يَلْتَمِسُونَ أَهْلَ الذِّكْرِ، فَإِذَا وَجَدُوا قَوْمًا يَذْكُرُونَ اللَّهَ تَنَادَوْا‏:‏ هَلُمُّوا إِلَى حَاجَتِكُمْ، فَيَحُفُّونَ بِهِمْ بِأَجْنِحَتِهِمْ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا، فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ مِنْهُمْ، فَيَقُولُ‏:‏ مَا يَقُولُ عِبَادِي‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ يُكَبِّرُونَكَ وَيُمَجِّدُونَكَ وَيُسَبِّحُونَكَ وَيَحْمَدُونَكَ، فَيَقُولُ‏:‏ هَلْ رَأَوْنِي‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لاَ، فَيَقُولُ‏:‏ فَكَيْفَ لَوْ رَأَوْنِي‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لَوْ رَأَوْكَ لَكَانُوا لَكَ أَشَدَّ عِبَادَةً وَأَكْثَرَ تَسْبِيحًا وَتَحْمِيدًا وَتَمْجِيدًا، فَيَقُولُ‏:‏ وَمَا يَسْأَلُونِي‏؟‏ قَالَ‏:‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ يَسْأَلُونَكَ الْجَنَّةَ، فَيَقُولُ‏:‏ فَهَلْ رَأَوْهَا‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لاَ وَاللَّهِ يَا رَبِّ، فَيَقُولُ‏:‏ فَكَيْفَ لَوْ رَأَوْهَا‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لَوْ رَأَوْهَا كَانُوا عَلَيْهَا أَشَدَّ حِرْصًا وَأَشَدَّ طَلَبًا، وَأَعْظَمَ فِيهَا رَغْبَةً، فَيَقُولُ‏:‏ وَمِمَّ يَتَعَوَّذُونَ‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ مِنَ النَّارِ، فَيَقُولُ‏:‏ وَهَلْ رَأَوْهَا‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لاَ وَاللَّهِ يَا رَبِّ، فَيَقُولُ‏:‏ فَكَيْفَ لَوْ رَأَوْهَا‏؟‏ فَيَقُولُونَ‏:‏ لَوْ رَأَوْهَا لَكَانُوا مِنْهَا أَشَدَّ فِرَارًا، وَأَشَدَّ هَرَبًا، وَأَشَدَّ خَوْفًا، فَيَقُولُ اللَّهُ لِمَلاَئِكَتِهِ‏:‏ أُشْهِدُكُمْ أَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ‏.‏، قَالَ‏:‏ فَقَالَ مَلَكٌ مِنَ الْمَلاَئِكَةِ‏:‏ إِنَّ فِيهِمْ فُلاَنًا لَيْسَ مِنْهُمْ إِنَّمَا جَاءَ لِحَاجَةٍ، قَالَ‏:‏ فَهُمُ الْجُلَسَاءُ لاَ يَشْقَى جَلِيسُهُمْ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 857: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata: Jarir mengabarkan kepada kami, dari Al A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki sejumlah malaikat khusus (fudhulan) selain malaikat-malaikat pencatat (kuttab) amal manusia. Mereka selalu berkeliling di jalan-jalan untuk mencari orang-orang yang berdzikir. Apabila mereka menemukan suatu kaum yang sedang berdzikir kepada Allah, maka mereka akan berseru: 'Bersegeralah kalian menuju kebutuhan-kebutuhan kalian ini.' Mereka mengelilingi (majlis dzikir itu) dengan sayap-sayapnya hingga ke langit dunia. Tuhan mereka bertanya, dan Dia lebih mengetahui daripada mereka, 'Apa yang sedang dibaca hamba-hamba-Ku?' Para malaikat menjawab, 'Mereka sedang bertakbir, bertamjid (mengagungkan), bertasbih dan bertahmid kepada-Mu.' Tuhan bertanya, 'Apakah mereka (dapat) melihat-Ku?' Mereka menjawab, 'Tidak.’ Tuhan bertanya, 'Bagaimanakah seandainya mereka dapat melihat-Ku?' Mereka menjawab, 'Seandainya mereka dapat melihat-Mu, niscaya mereka akan lebih giat beribadah, serta lebih sering bertasbih, bertahmid dan bertamjid kepada-Mu.' Tuhan bertanya, 'Apa yang mereka minta?' Mereka menjawab, 'Mereka meminta surga kepada-Mu, wahai Tuhan.' Tuhan bertanya, 'Apakah mereka pernah melihat surga?' Mereka menjawab, 'Tidak pernah, wahai Tuhanku.' Tuhan bertanya, 'Bagaimana seandainya mereka dapat melihat surga?' Mereka menjawab, 'Seandainya mereka dapat melihatnya, niscaya mereka akan lebih serius, lebih giat berusaha dan lebih besar keinginannya (untuk mendapatkan surga).' Tuhan bertanya, 'Dari hal apakah mereka meminta perlindungan? Mereka menjawab, 'Dari neraka.' Tuhan bertanya, 'Apakah mereka pernah melihatnya?' Mereka menjawab, 'Tidak pernah, wahai Tuhanku.' Tuhan bertanya, 'Bagaimana seandainya mereka dapat melihat neraka?' Mereka menjawab, 'Seandainya mereka melihat neraka, niscaya mereka akan lebih giat berusaha untuk lari dan menghindarkan diri darinya, serta lebih takut kepadanya.' Allah berfirman kepada para malaikat, 'Sesungguhnya Aku menjadikan kalian sebagai saksi (atas pemyataan-Ku) bahwa Aku telah mengampuni dosa-dosa mereka.' Salah seorang malaikat berkata, 'Sesungguhnya di antara mereka ada Si Fulan yang bukan termasuk golongan mereka, tetapi dia datang karena ada suatu keperluan.' Allah pun berfirman, 'Mereka itulah orang-orang yang menyebabkan orang yang duduk bersama mereka tidak akan sengsara.'"66 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #858

صحيح ابن حبان ٨٥٨: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ بْنُ بِسْطَامٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ الْقَاسِمِ، عَنِ الْعَلاَءِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسِيرُ فِي طَرِيقِ مَكَّةَ فَمَرَّ عَلَى جَبَلٍ يُقَالُ لَهُ‏:‏ جُمْدَانَ، فَقَالَ‏:‏ سِيرُوا هَذَا جُمْدَانُ، سَبَقَ الْمُفَرِّدُونَ، سَبَقَ الْمُفَرِّدُونَ، قَالُوا‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، مَا الْمُفَرِّدُونَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ الذَّاكِرُونَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 858: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Umayyah bin Bistham menceritakan kepada kami, ia berkata: Yazid bin Zurai’ menceritakan kepada kami, ia berkata: Rauh bin Al Qasim menceritakan kepada kami, dari Al Ala, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, ia berkata: “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah berjalan di jalanan Mekkah lalu beliau melewati sebuah gunung yang dikenal dengan nama Jumdan. Beliau pun bersabda, “Berjalanlah kalian pada (gunung) Jumdan ini. Al Mufarridun telah mendahului, Mufarridun telah mendahului.” Para shahabat bertanya: “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, apa yang dimaksud dengan Al Mufarridun itu?” Beliau menjawab: “Orang-orang yang selalu berdzikir kepada Allah, baik laki-laki ataupun perempuan.”67 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #859

صحيح ابن حبان ٨٥٩: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى بْنِ مُجَاشِعٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ سُهَيْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ‏:‏ سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، مِائَةَ مَرَّةٍ، وَإِذَا أَمْسَى مِائَةَ مَرَّةٍ، غُفِرَتْ ذُنُوبُهُ وَإِنْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنْ زَبَدِ الْبَحْرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 859: Imran bin Musa bin Musyaji’ mengabarkan kepada kami, ia berkata: Hudbah bin Khalid menceritakan kepada kami, ia berkata: Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami, dari Suhail, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah SAW: “Barangsiapa yang di waktu pagi membaca: Subhaanallaahi wa bihamdih, sebanyak seratus kali, dan pada sore harinya sebanyak seratus kali, maka dosa-dosanya akan di ampuni, sekalipun dosa- dosanya itu lebih banyak dari buih di lautan.”68 [(i:2)]

Shahih Ibnu Hibban #860

صحيح ابن حبان ٨٦٠: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمِنْهَالِ الضَّرِيرُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ الْقَاسِمِ، عَنْ سُهَيْلٍ، عَنْ سُمَيٍّ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ‏:‏ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ مِائَةَ مَرَّةٍ، وَإِذَا أَمْسَى كَذَلِكَ، لَمْ يُوَافِ أَحَدٌ مِنَ الْخَلاَئِقِ بِمِثْلِ مَا وَافَى‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 860: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Al Minhal Adh-Dharir menceritakan kepada kami, ia berkata: Yazid bin Zurai' menceritakan kepada kami, ia berkata: Rauh bin Al Qasim menceritakan kepada kanii, dari Suhail, dari Sumai, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca pada Subhaanallaahil ‘azhiimi wa bihamdih, sebanyak seratus kali, dan begitu juga pada sore harinya, maka (di hari kiamat) maka tidak ada satu makhluk pun yang membawa (pahala yang banyak) seperti yang dibawa olehnya."69 [(1:2)]