صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #841

صحيح ابن حبان ٨٤١: أَخْبَرَنَا عَزُّوزُ بْنُ إِسْحَاقَ الْعَابِدُ بِطَرَسُوسَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ يَزِيدَ الْبَحْرَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا عُمَارَةُ بْنُ الْقَعْقَاعِ، عَنْ أَبِي زُرْعَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ، ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ‏:‏ سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 841: Azuz bin Ishaq Al ‘Abid di Tharsus mengabarkan kepada kami, dia berkata: Al Abbas bin Yazid Al Bahrani menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Fudhail menceritakan kepada kami, dia berkata: ‘Umarah bin Al Qa’qa' mengabarkan kepada kami, dari Abu Zur’ah, dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Ada dua kalimat yang terasa ringan di lidah tetapi terasa berat di timbangan amal, yaitu; Subhaanallaah wa bihamdihi, Subhaanallaahil ‘azhiim.”45 [(1:104)]

Shahih Ibnu Hibban #842

صحيح ابن حبان ٨٤٢: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ هَانِئَ بْنَ عُثْمَانَ، عَنْ أُمِّهِ حُمَيْضَةَ بِنْتِ يَاسِرٍ، عَنْ جَدَّتِهَا يَسِيرَةَ، وَكَانَتْ إِحْدَى الْمُهَاجِرَاتِ، قَالَتْ‏:‏ قَالَ لَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ عَلَيْكُنَّ بِالتَّسْبِيحِ وَالتَّهْلِيلِ وَالتَّقْدِيسِ، وَاعْقِدْنَ بِالأَنَامِلِ، فَإِنَّهُنَّ مَسْؤُولاَتٌ وَمُسْتَنْطَقَاتٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 842: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Bakar bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, ia beikata: Muhammad bin Bisyr menceritakan kepada kami, ia berkata: Aku mendengar Hani' bin Utsman, dari ibunya, Humaidhah binti Yasir, dari neneknya, Yusairah —ia adalah salah seorang dari kaum Muhajirin— ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepada kami, “Hendaklah kalian selalu mambaca tasbih, tahlil dan taqdis. Serta hitunglah jumlahnya dengan menggunakan jari-jari tangan. Sebab jari-jari itu akan ditanya dan akan diminta berbicara (sebagai saksi)."46 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #843

صحيح ابن حبان ٨٤٣: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ زُهَيْرٍ بِتُسْتَرَ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْمِقْدَامِ الْعِجْلِيُّ، حَدَّثَنَا عَثَّامُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ‏:‏ رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْقِدُ التَّسْبِيحَ بِيَدِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 843: Ahmad47 bin Yahya bin Zuhair di Tustar mengabarkan kepada kami, Ahmad bin Al Miqdam Al ‘Ijli menceritakan kepada kami, ‘Atstsam bin Ali menceritakan kepada kami, dari Al A’masy, dari ‘Atha' bin As-Saib, dari ayahnya, dari Abdullah bin ‘Amr, ia berkata: “Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menghitung jumlah (bacaan) tasbihnya dengan menggunakan (jari-jari) tangannya.“ 48

Shahih Ibnu Hibban #844

صحيح ابن حبان ٨٤٤: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ شَابُورَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ سَلاَّمٍ، عَنْ أَخِيهِ زَيْدِ بْنِ سَلاَّمٍ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ، عَنْ جَدِّهِ أَبِي سَلاَّمٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ غَنْمٍ، أَنَّ أَبَا مَالِكٍ الأَشْعَرِيَّ حَدَّثَهُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ شَطْرُ الإِيمَانِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ، وَالتَّسْبِيحُ وَالتَّكْبِيرُ مِلْءُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ، وَالصَّلاَةُ نُورٌ، وَالزَّكَاةُ بُرْهَانٌ، وَالصَّدَقَةُ ضِيَاءٌ، وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ، كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو، فَبَائِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا، أَوْ مُوبِقُهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 844: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abdurrahman bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Syu’aib bin Syabur menceritakan kepada kami, ia berkata: Mu’awiyah bin Sallam menceritakan kepadaku, dari saudaranya, Zaid bin Sallam, bahwa ia mengabarkannya dari kakeknya, Abu Sallam, dari Abdurrahman bin Ghanm49, bahwa Abu Malik Al Asy’ari menceritakan kepadanya, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Menyempurnakan wudhu’50 adalah separuh keimanan, kalimat Alhamdulillaah dapat memenuhi timbangan amal, tasbih dan takbir itu akan memenuhi langit dan bumi, shalat adalah cahaya, zakat adalah bukti, shadaqah adalah sinar, dan Al Qur'an akan menjadi kawan atau lawanmu. Manusia itu sepanjang hidupnya bekerja untuk keselamatan dirinya atau kecelakaannya” 51 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #845

صحيح ابن حبان ٨٤٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ مَوْلَى ثَقِيفٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا خَلَفُ بْنُ خَلِيفَةَ، عَنْ حَفْصٍ ابْنِ أَخِي أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ‏:‏ كُنْتُ جَالِسًا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْحَلْقَةِ إِذْ جَاءَ رَجُلٌ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى الْقَوْمِ، فَقَالَ‏:‏ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، فَلَمَّا جَلَسَ، قَالَ‏:‏ الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى، فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ كَيْفَ قُلْتَ‏؟‏ فَرَدَّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا، قَالَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لَقَدِ ابْتَدَرَهَا عَشَرَةُ أَمْلاَكٍ كُلُّهُمْ حَرِيصٌ عَلَى أَنْ يَكْتُبُوهَا، فَمَا دَرَوْا كَيْفَ يَكْتُبُونَهَا، فَرَجَعُوهُ إِلَى ذِي الْعِزَّةِ جَلَّ ذِكْرُهُ، فَقَالَ‏:‏ اكْتُبُوهَا كَمَا، قَالَ عَبْدِي‏.‏قَالَ الشَّيْخُ‏:‏ مَعْنَى، قَالَ عَبْدِي فِي الْحَقِيقَةِ‏:‏ أَنِّي قَبِلْتُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 845: Muhammad bin Ishaq bin Ibrahim, maula Tsaqif 'mengabarkan kepada kami, ia berkata: Qutaibah bin Sa’id menceritakan kepada kami, ia berkata: Khalaf bin Khalifah menceritakan kepada kami, dari Hafsh, putra saudara Anas bin Malik, dari Anas bin Malik, ia berkata: Ketika aku sedang duduk bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di suatu majlis, tiba-tiba datanglah seorang laki-laki lalu- mengucapkan salam kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan kepada jamaah. Ia mengucap, “Assalaamu ‘alaikum.” Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lalu menjawabnya, ‘Wa ‘alaikumussalaam wa rahmatullaahi wa barakaatuh” Ketika duduk, ia berucap: “Alhamdulillaahi hamdan katsiiran thayyiban mubaarakan fiihi kamaa yuhibbu rabbunaa yardhaa (Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik, lagi diberkahi, sebagaimana yang Tuhan kami cintai dan ridhai).” Nabi kemudian bertanya kepadanya, “ Bagaimanakah bacaanmu Orang itu pun mengulangi bacaannya tadi. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lalu bersabda, “Demi Dzat yang diriku berada dalam genggaman kekuasaan-Nya, sungguh kalimat tadi telah diperebutkan oleh sepuluh malaikat yang semuanya sangat ingin mencatat pahala dari kalimat pujian tadi, namun mereka tidak tahu' bagaimana mencatatnya.Kemudian mereka kembali kepada Dzat Yang Memiliki Kemuliaan, Allah SWT. Maka Allah berfirman, 'Tulislah seperti yang telah dikatakan oleh hamba-Ku itu.'"52 [(1:2)] Asy-Syaikh berkata: Makna qaala ‘abdii sebenarnya adalah “Aku telah menerimanya.”

Shahih Ibnu Hibban #846

صحيح ابن حبان ٨٤٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الأَنْصَارِيُّ، مِنْ وَلَدِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ بِالْبَصْرَةِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيبِ بْنِ عَرَبِيٍّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِبْرَاهِيمَ الأَنْصَارِيُّ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ طَلْحَةَ بْنَ خِرَاشٍ، يَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ، يَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ‏:‏ أَفْضَلُ الذِّكْرِ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَأَفْضَلُ الدُّعَاءِ‏:‏ الْحَمْدُ لِلَّهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 846: Muhammad bin Ali Al Anshari —salah seorang keturunan Anas bin Malik— mengabarkan kepada kami di Bashrah, ia berkata: Yahya bin Habib bin Arabi menceritakan kepada kami, ia berkata: Musa bin Ibrahim Al Anshari menceritakan kepada kami, ia berkata: Aku pernah mendengar Thalhah bin Khirasy berkata: Aku pernah mendengar Jabir bin Abdullah berkata: Aku pemah mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallaah, sedangkan doa yang paling utama adalah Alhamdulillaah”53 [(1:2])

Shahih Ibnu Hibban #847

صحيح ابن حبان ٨٤٧: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْحَارِثُ بْنُ سُرَيْجٍ النَّقَّالُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ الْيَمَانِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ إِذَا مَرَرْتُمْ بِقُبُورِنَا وَقُبُورِكُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ، فَأَخْبِرُوهُمْ أَنَّهُمْ فِي النَّارِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ أَمَرَ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هَذَا الْخَبَرِ الْمُسْلِمَ إِذَا مَرَّ بِقَبْرِ غَيْرِ الْمُسْلِمِ، أَنْ يَحْمَدَ اللَّهَ جَلَّ وَعَلاَ عَلَى هِدَايَتِهِ إِيَّاهُ الإِسْلاَمَ، بِلَفْظِ الأَمْرِ بِالإِخْبَارِ إِيَّاهُ أَنَّهُ مِنْ أَهْلِ النَّارِ، إِذْ مُحَالٌ أَنْ يُخَاطَبَ مَنْ قَدْ بَلِيَ بِمَا لاَ يَقْبَلُ عَنِ الْمُخَاطِبِ بِمَا يُخَاطِبُهُ بِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 847: Ahmad bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, ia berkata: Al Harits bin Suraij An-Naqqal54 menceritakan kepada kami, ia berkata: Yahya bin Al Yaman menceritakan kepada kami, dari Muhammad bin ‘Amr, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Apabila kalian melewati kuburan kami dan kuburan kalian yang di dalamnya terdapat (jasad) orang-orang Jahiliyyah, maka berilah kabar kepada mereka bahwasanya mereka (orang-orang Jahiliyah itu) akan berada di dalam neraka.”55 [(1:83)] Abu Hatim RA berkata: “Dalam hadits ini, Al Musthafa shallallahu 'alaihi wa sallam, memerintahkan seorang muslim yang melewati kuburan non-muslim untuk memuji Allah SWT (membaca Alhamdulillah) atas hidayah Islam yang telah diberikan kepadanya, tetapi perintah itu disampaikan dengan menggunakan lafazh perintah untuk memberikan kabar kepada penghuni kubur (non-muslim) itu bahwa ia akan menjadi penghuni neraka. Pemahaman ini diambil karena tidaklah mungkin orang yang sudah mati dapat diajak bicara dengan pembicaraan yang tidak bisa didengarnya.”

Shahih Ibnu Hibban #848

صحيح ابن حبان ٨٤٨: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي السَّرِيِّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى‏:‏ كَذَّبَنِي عَبْدِي وَلَمْ يَكُنْ لَهُ ذَلِكَ، وَشَتَمَنِي وَلَمْ يَكُنْ لَهُ ذَلِكَ، تَكْذِيبِي أَنْ يَقُولَ‏:‏ أَنَّى يُعِيدُنَا كَمَا بَدَأْنَا، وَأَمَّا شَتْمُهُ إِيَّايَ أَنْ يَقُولَ‏:‏ اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا‏.‏ وَإِنِّي الصَّمَدُ الَّذِي لَمْ أَلِدْ وَلَمْ أُولَدْ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 848: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ibnu Abu As-Sari menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdurrazaq menceritakan kepada kami, ia berkata: Ma’mar mengabarkan kepada kami, dari Hammam bin Munabbih, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah Tabaaraka wa Ta 'ala berfirman, ‘Hamba-Ku telah mendustakan-Ku, padahal tidak semestinya dia melakukan itu. Dan hamba-Ku telah mengolok-olok-Ku. padahal tidak semestinya dia melakukan itu. Pendustaannya terhadap-ku adalah dengan berkata: 'Dia (Allah) tidak mungkin dapat mengembalikan kami sebagaimana dahulu Dia menctpiakan kami (untuk pertama kali).' Sedangkan olokannya terhadap-Ku adalah dengan berkata: 'Allah telah mempunyai seorang anak.’ Padahal, Aku adalah tempat bergantung yang tidak mempunyai anak, tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorang pun yang sebanding dengan-Ku."56 [(3:68)]

Shahih Ibnu Hibban #849

صحيح ابن حبان ٨٤٩: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ سُمَيٍّ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ قَالَ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ، وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ، كَانَتْ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ، وَكُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ، وَمُحِيَتْ عَنْهُ مِائَةُ سَيِّئَةٍ، وَكَانَ لَهُ حِرْزًا مِنَ الشَّيْطَانِ يَوْمَهُ ذَلِكَ حَتَّى يُمْسِيَ، وَلَمْ يَأْتِ أَحَدٌ بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ بِهِ إِلاَّ أَحَدٌ عَمِلَ عَمَلاً أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 849: Umar bin Sa’id bin Sinan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami, dari Malik, dari Sumaiyy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca: Laa ilaaha wahdahu laa syariika lah, lahul mulku, walahul hamdu, wahuwa ‘ala kulli syai’in qadiir (Tiada Tuhan kecuali Allah, Tuhan satu-satunya yang tiada sekutu bagi-Nya; Hanya milik-Nya-lah segala kerajaan dan hanya milik-Nya-lah segala puji; dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu), setiap hari sebanyak seratus kali, maka (pahalanya) menyamai (pahala membebaskan) sepuluh orang budak, lalu akan ditulis untuknya seratus kebaikan, dilebur darinya seratus dosa kecil, dan ia akan terjaga dari (godaan) syetan pada hari itu hingga sore harinya, serta tidak ada seorangpun yang lebih utama darinya dengan apa yang telah dia kerjakan itu kecuali seorang yang telah melakukan suatu perbuatan yang (pahalanya) lebih banyak dari itu."57 [(1:2)]

Shahih Ibnu Hibban #850

صحيح ابن حبان ٨٥٠: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْحُسَيْنِ نَافِلَةُ الْحَسَنِ بْنِ عِيسَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ أَنَّهُ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ زُبَيْدًا الإِيَامِيَّ يُحَدِّثُ، عَنْ طَلْحَةَ بْنِ مُصَرِّفٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْسَجَةَ، عَنِ الْبَرَاءِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ قَالَ‏:‏ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ، وَلَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، عَشْرَ مَرَّاتٍ، كَانَ كَعَدْلِ رَقَبَةٍ أَوْ نَسَمَةٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 850: Ahmad bin Muhammad bin Al Hasan, cucu Al Hasan bin Isa, mengabarkan kepada kami, ia berkata: Syaiban bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, ia berkata: Jarir bin Hazim menceritakan kepada kami, bahwa ia berkata: Aku pernah mendengar Zubaid Al Iyami58 menceritakan dari Thalhah bin Musharrif, dari Abdurrahman Ibnu ‘Ausajah, dari Al Barra’, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca: Laa ilaaha wahdahu laa syariika lah, lahul mulku, walahul hamdu, yuhyii wa yumiitu, wahuwa 'ala kulli syai’n qadiir (Tiada Tuhan kecuali Allah, Tuhan satu-satunya yang tiada sekutu bagi-Nya; Hanya mi segala kerajaan dan hanya milik-Nya-lah segala puji; Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan; dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu), sebanyak sepuluh kali, maka (pahalanya) menyamai (pahala membebaskan) seorang budak atau satu jiwa. ” 59 [(1:2)]