صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #2731

صحيح ابن حبان ٢٧٣١: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ، سَمِعَ أَبَا مَعْبَدٍ، سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ، سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ‏:‏ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ، وَلاَ تُسَافِرُ إِلاَّ وَمَعَهَا ذُو مَحْرَمٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2731: Abu Ya'la mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, dia berkata: Sufyan menceritakan kepada kami, dia berkata: Amr bin Dinar menceritakan kepada kami bahwa dia mendengar Abu Ma'bad, dia mendengar dari Ibnu Abbas, dia mendengar Nabi bersabda, "Janganlah sekali- sekali seorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang wanita, kecuali wanita itu ditemani oleh mahramnya."697 [71:2]

Shahih Ibnu Hibban #2732

صحيح ابن حبان ٢٧٣٢: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ لاَ يَحِلُّ لاِمْرَأَةٍ تُسَافِرُ إِلاَّ مَعَ ذِي مَحْرَمٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2732: Muhammad bin Ishaq mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Abdurrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: Abu Ashim menceritakan kepada kami dari Ibnu Ajian, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah bersabda, "Tidak halal bagi seorang wanita melakukan perjalanan, kecuali didampingi oleh mahramnya."698 [12:4]

Shahih Ibnu Hibban #2733

صحيح ابن حبان ٢٧٣٣: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَتْنِي عَمْرَةُ بِنْتُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، أَنَّ عَائِشَةَ أُخْبِرَتْ، أَنَّ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ، قَالَ‏:‏ نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَرْأَةَ أَنْ تُسَافِرَ إِلاَّ وَمَعَهَا ذُو مَحْرَمٍ قَالَتْ عَمْرَةُ‏:‏ فَالْتَفَتَتْ عَائِشَةُ إِلَى بَعْضِ النِّسَاءِ فَقَالَتْ‏:‏ مَا لِكُلِّكُمْ ذُو مَحْرَمٍ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ لَمْ تَكُنْ عَائِشَةُ بِالْمُتَّهِمَةِ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ فِي الرِّوَايَةِ، لأَنَّ أَصْحَابَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّهُمْ عُدُولٌ ثِقَاتٌ، وَإِنَّمَا أَرَادَتْ عَائِشَةُ بِقَوْلِ‏:‏ مَا لِكُلِّكُمْ ذُو مَحْرَمٍ، تُرِيدُ أَنْ لَيْسَ لِكُلِّكُمْ ذُو مَحْرَمٍ تُسَافِرُ مَعَهُ، فَاتَّقُوا اللَّهَ وَلاَ تُسَافِرْ وَاحِدَةٌ مِنْكُنَّ إِلاَّ بِذِي مَحْرَمٍ يَكُونُ مَعَهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2733: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami,dia berkata: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, dia berkata: Yunus mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihab, dia berkata: Amrah binti Abdurrahman menceritakan kepadaku bahwa Aisyah pernah dikabari bahwa Abu Sa'id berkata, "Rasulullah melarang seorang wanita bepergian kecuali ditemani mahram." Amrah berkata, "Aisyah lalu melirik kepada sebagian wanita (yang hadir ketika itu) dan berkata, 'Tidak setiap kalian mempunyai mahram'."699 [12:4] Abu Hatim berkata, "Aisyah tidak menuding Abu Sa'id berdusta dalam riwayat ini, sebab seluruh sahabat Nabi memiliki sifat adalah (lurus dalam menjalankan agama) dan dapat dipercaya. Maksud perkataan Aisyah, Tidak setiap kalian mempunyai mahram' adalah, Tidak setiap kalian mempunyai mahram yang dapat menemani perjalanan kalian, maka kalian harus bertakwa kepada Allah. Janganlah salah seorang kalian melakukan perjalanan kecuali ditemani oleh marham."700

Shahih Ibnu Hibban #2734

صحيح ابن حبان ٢٧٣٤: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْجُنَيْدِ بِبُسْتَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ مُضَرَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، أَنَّ عَمْرَةَ بِنْتَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّثَتْهُ، أَنَّهَا كَانَتْ عِنْدَ عَائِشَةَ تَقُولُ لِعَائِشَةَ‏:‏ إِنَّ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ، يُخْبِرُ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ‏:‏ لاَ يَحِلُّ لاِمْرَأَةٍ تُسَافِرُ فَوْقَ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ إِلاَّ مَعَ ذِي مَحْرَمٍ قَالَتْ عَمْرَةُ‏:‏ فَالْتَفَتَتْ إِلَيْنَا عَائِشَةُ، فَقَالَتْ‏:‏ مَا كُلُّهُنَّ لَهَا ذُو مَحْرَمٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2734: Muhammad bin Abdullah bin Al Junaid di Bust mengabarkan kepada kami, dia berkata: Qutaibah bin Sa'id menceritakan kepada kami, dia berkata: Bakar bin Mudhar menceritakan kepada kami dari Amr bin Al Harits, dari Ibnu Syihab bahwa Amrah binti Abdurrahman menceritakan kepadanya, suatu ketika dia pernah berkata kepada Aisyah, bahwa Abu Sa'id Al Khudri mengabarkan dari Rasulullah bahwa beliau bersabda, "Tidak halal bagi seorang wanita melakukan perjalanan lebih dari tiga hari, kecuali bersama mahramnya " Amrah berkata, "Aisyah lalu menoleh kepada kami, kemudian berkata, 'Tidak semua wanita memiliki mahram'."701 [12:4]

Shahih Ibnu Hibban #2735

صحيح ابن حبان ٢٧٣٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَوْهَبٍ، حَدَّثَنِي اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أُمَيَّةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ خَالِدٍ، أَنَّهُ قَالَ لِعَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ‏:‏ إِنَّا نَجِدُ صَلاَةَ الْحَضَرِ وَصَلاَةَ الْخَوْفِ، وَلاَ نَجْدُ صَلاَةَ السَّفَرِ فِي الْقُرْآنِ، فَقَالَ لَهُ عَبْدُ اللهِ‏:‏ ابْنَ أَخِي، إِنَّ اللَّهَ جَلَّ وَعَلاَ بَعَثَ إِلَيْنَا مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلاَ نَعْلَمُ شَيْئًا، فَإِنَّمَا نَفْعَلُ كَمَا رَأَيْنَاهُ يَفْعَلُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ أَبَاحَ اللَّهُ جَلَّ وَعَلاَ قَصْرَ الصَّلاَةِ عِنْدَ وُجُودِ الْخَوْفِ فِي كِتَابِهِ حَيْثُ يَقُولُ‏:‏ ‏{‏فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلاَةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا‏}‏، وَأَبَاحَ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَصْرَ الصَّلاَةِ فِي السَّفَرِ عِنْدَ وُجُودِ الأَمْنِ بِغَيْرِ الشَّرْطِ الَّذِي أَبَاحَ اللَّهُ جَلَّ وَعَلاَ قَصْرَ الصَّلاَةِ بِهِ، فَالْفِعْلاَنِ جَمِيعًا مُبَاحَانِ مِنَ اللهِ، أَحَدُهُمَا إِبَاحَةٌ فِي كِتَابِهِ، وَالآخَرُ إِبَاحَةٌ عَلَى لِسَانِ رَسُولِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2735: Muhammad bin Al Hasan Bin Qutaibah mengabarkan kepada kami, Yazid bin Khalid bin Abdullah bin Mauhab menceritakan kepada kami, Al-Laits bin Sa'ad menceritakan kepadaku dari Ibnu Syihab, dari Abdullah bin Abu Bakar bin Abdurrahman, dari Umayyah bin Abdullah bin Khalid, dia berkata kepada Abdullah bin Umar, "Kami mendapati penjelasan tentang shalat ketika sedang mukim dan dalam keadaan takut (saat peperangan), namun kami tidak mendapati di dalam Al Qur'an penjelasan tentang cara shalat ketika sedang melakukan perjalanan." Abdullah bin Umar lalu berkata kepadanya, "Wahai keponakanku,702 sesungguhnya Allah telah mengutus Muhammad kepada kita saat kita tidak mengetahui apa pun. Oleh karena itu, kita lakukan apa yang pernah kita lihat beliau melakukannya."703 [4:4] Ibnu Abi Hatim berkata, "Allah membolehkan meng- qashar shalat ketika seseorang dalam keadaan takut (saat peperangan), sebagaimana firman-Nya, 'Maka tidaklah berdosa kamu meng-qashar shalat, jika kamu takut diserang orang-orang kafir'." (Qs. An- Nisaa'[4]: 101) juga memperbolehkan meng-qashar shalat ketika di perjalanan tanpa memberlakukan persyaratan pada shalat qashar karena takut akan musuh. Artinya, kedua perbuatan tersebut dibolehkan oleh Allah. Salah satunya dibolehkan di dalam Kitab-Nya, dan yang lainnya dibolehkan melalui lisan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Shahih Ibnu Hibban #2736

صحيح ابن حبان ٢٧٣٦: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِدْرِيسَ الأَنْصَارِيُّ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ صَالِحِ بْنِ كَيْسَانَ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا قَالَتْ‏:‏ فُرِضَتِ الصَّلاَةُ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ فِي الْحَضَرِ وَالسَّفَرِ، فَأُقِرَّتْ صَلاَةُ السَّفَرِ وَزِيدَ فِي الْحَضَرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2736: Al Husain bin Idris Al Anshari mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Shalih bin Kaisan, dari Urwah bin Az-Zubair, dari Aisyah, dia berkata, "Mulanya rakaat shalat yang diwajibkan adalah dua rakaat-dua rakaat, baik dalam keadaan mukim maupun bepergian. Setelah itu, dua rakaat itu ditetapkan untuk shalat ketika berada dalam perjalanan. Sedangkan ketika mukim, jumlahnya ditambah."704 [21:1]

Shahih Ibnu Hibban #2737

صحيح ابن حبان ٢٧٣٧: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بِحَرَّانَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا النُّفَيْلِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا قَالَتْ‏:‏ أَوَّلُ مَا فُرِضَتِ الصَّلاَةُ فِي الْحَضَرِ وَالسَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ زِيدَ فِي صَلاَةِ الْحَضَرِ، وَأُقِرَّتْ فِي السَّفَرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2737: Ahmad bin Abdullah di Harran mengabarkan kepada kami, dia berkata: An-Nufaili mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ubaidillah bin Amr menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa'id, dari Urwah, dari Aisyah, dia berkata, "Pada awalnya, shalat diwajibkan sebanyak dua rakaat ketika dalam keadaan mukim dan safar. Setelah itu, jumlah rakaat ketika mukim ditambah, sedangkan ketika sedang safar dikukuhkan seperti sedia kala."705 [21:1]

Shahih Ibnu Hibban #2738

صحيح ابن حبان ٢٧٣٨: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي مَعْشَرٍ بِحَرَّانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الصَّبَّاحِ الْعَطَّارُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مَحْبُوبُ بْنُ الْحَسَنِ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ مَسْرُوقٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ فُرِضَتْ صَلاَةُ السَّفَرِ وَالْحَضَرِ رَكْعَتَيْنِ، فَلَمَّا أَقَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَانِ رَكْعَتَانِ، وَتُرِكَتْ صَلاَةُ الْفَجْرِ لِطُولِ الْقِرَاءَةِ، وَصَلاَةُ الْمَغْرِبِ لأَنَّهَا وِتْرُ النَّهَارِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2738: Al Husain bin Muhammad bin Abu Ma'syar di Harran mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abdullah bin Ash-Shabah Al Aththar menceritakan kepada kami, dia berkata: Mahbub bin Al Hasan menceritakan kepada kami dari Abu Daud bin Abu Hind, dari Asy Sya'bi, dari Masruq, dari Aisyah, dia berkata, "Mulanya, shalat diwajibkan sebanyak dua rakaat, baik ketika mukim maupun bepergian. Setelah Rasulullah menetap di Madinah, kewajiban shalat ketika sedang mukim ditambah menjadi dua rakaat-dua rakaat, sedangkan jumlah rakaat shalat Subuh dibiarkan tetap (dua rakaat) karena bacaan shalat yang panjang. Begitu pula jumlah rakaat shalat Maghrib, karena ia merupakan penutup waktu siang."706 [21:1]

Shahih Ibnu Hibban #2739

صحيح ابن حبان ٢٧٣٩: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي عَمَّارٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بَابَيْهِ، عَنْ يَعْلَى بْنِ أُمَيَّةَ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ لِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَوْلُ اللهِ جَلَّ وَعَلاَ‏:‏ ‏{‏فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ‏}‏ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلاَةِ إِنْ خِفْتُمْ، فَقَدْ أَمِنَ النَّاسُ، فَقَالَ عُمَرُ‏:‏ عَجِبْتُ مِمَّا عَجِبْتَ مِنْهُ، فَسَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ، فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ صَدَقَةٌ تَصَدَّقَ اللَّهُ بِهَا عَلَيْكُمْ، فَاقْبَلُوا صَدَقَةَ اللهِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ ابْنُ أَبِي عَمَّارٍ هَذَا هُوَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي عَمَّارٍ، مِنْ ثِقَاتِ أَهْلِ مَكَّةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2739: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Idris mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami dari Ibnu Abi Ammar, dari Abdullah bin Babaih, dari Yala bin Umayyah, dia berkata: "Kukatakan kepada Umar bin Al Khathtab, 'Maka tidaklah berdosa kamu meng-qashar shalat, jika kamu takut diserang orang-orang kafir'. (Qs: An-Nisaa' [4]: 101) Akan tetapi, sekarang orang-orang telah merasa aman." Umar lalu berkata, "Dulu aku pernah menanyakan hal itu kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dan beliau bersabda, 'Itu merupakan sedekah yang Allah berikan kepada kalian. Oleh karena itu, terimalah sedekah dari Allah tersebut"707 [21:1] Abu Hatim berkata, "Ibnu Abi Ammar yang dimaksud adalah Abdurrahman bin Abdullah bin Abi Ammar, salah seorang perawi yang tsiqah, yang berasal dari Makkah."708

Shahih Ibnu Hibban #2740

صحيح ابن حبان ٢٧٤٠: أَخْبَرَنَا ابْنُ خُزَيْمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي ابْنُ أَبِي عَمَّارٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بَابَيْهِ، عَنْ يَعْلَى بْنِ أُمَيَّةَ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ لِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ عَجِبْتُ لِلنَّاسِ وَقَصْرِهُمُ الصَّلاَةَ، وَقَدْ قَالَ اللَّهُ‏:‏ ‏{‏فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحَ‏}‏ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلاَةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا، وَقَدْ ذَهَبَ هَذَا، فَقَالَ عُمَرُ‏:‏ عَجِبْتُ مِمَّا عَجِبْتَ مِنْهُ، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ‏:‏ هُوَ صَدَقَةٌ تَصَدَّقَ اللَّهُ بِهَا عَلَيْكُمْ، فَاقْبَلُوا رُخْصَتُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2740: Ibnu Khuzaimah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Bundar menceritakan kepada kami, dia berkata: Yahya bin Sa'id menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dia berkata: Ibmi Abu Ammar mengabarkan kepadaku dari Abdullah bin Babaih, dari Yala bin Umayyah, dia berkata, "Aku pernah berkata kepada Umar, 'Aku merasa heran melihat orang yang meng-qashar shalat mereka, padahal Allah berfirman, 'Maka tidaklah berdosa kamu meng- qashar shalat, jika kamu takut diserang orang-orang kafir', dan sekarang rasa takut itu telah tidak ada." Umar lalu menjawab, "Dulu aku juga merasa heran seperti itu, maka kutanyakan hal itu kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dan beliau menjawab, 'Itu adalah sedekah yang Allah berikan kepada kalian. Oleh karena itu, terimalah rukhsah dari-Nya itu'"709 [21:1]