صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #2661

صحيح ابن حبان ٢٦٦١: أَخْبَرَنَا زَكَرِيَّا بْنُ يَحْيَى السَّاجِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سُوَيْدٍ، قَالَ‏:‏ صَلَّى بِنَا عَلْقَمَةُ الظُّهْرَ خَمْسًا، فَقَالَ لَهُ إِبْرَاهِيمُ، فَقَالَ‏:‏ وَأَنْتَ يَا أَعْوَرُ‏؟‏ قَالَ‏:‏ نَعَمْ، قَالَ‏:‏ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ حَدَّثَ عَلْقَمَةُ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَ ذَلِكَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2661: Zakariya bin Yahya As-Saji mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami, dia berkata: Syuhah608 menceritakan kepada kami dari Salamah bin Kuhail, dari Ibrahim bin Suwaid609, dia berkata: Alqamah shalat Zhuhur bersama kami sebanyak lima rakaat, maka Ibrahim menegurnya. Dia lalu berkata, "Engkaukah wahai A'war (orang yang matanya buta sebelah)?" A'war menjawab, "Ya." Ibrahim berkata, "Dia lalu sujud dua kali." Setelah itu Alqamah menceritakan hadits dari Abdullah, dari Nabi , dengan redaksi yang sama.610 [18:5]

Shahih Ibnu Hibban #2662

صحيح ابن حبان ٢٦٦٢: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ عَبْدُ اللهِ‏:‏ صَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةً- قَالَ إِبْرَاهِيمُ‏:‏ لاَ أَدْرِي أَزَادَ نَقَصَ- فَلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ لَهُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، أَحَدَثَ فِي الصَّلاَةِ شَيْءٌ‏؟‏ قَالَ‏:‏ لاَ، وَمَا ذَاكَ‏؟‏ قَالُوا‏:‏ صَلَّيْتَ كَذَا وَكَذَا، قَالَ‏:‏ فَثَنَى رِجْلَهُ، وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ، وَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ، فَلَمَّا أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ قَالَ‏:‏ إِنَّهُ لَوْ حَدَثَ فِي الصَّلاَةِ شَيْءٌ أَنْبَأْتُكُمْ بِهِ، وَلَكِنِّي إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ، أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ، فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِي، وَإِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلاَتِهِ، فَلْيَتَحَرَّ الصَّوَابَ، وَلْيُتِمَّ عَلَيْهِ، ثُمَّ لْيُسَلِّمْ، ثُمَّ لْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2662: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, dia berkata: Jarir menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Ibrahim, dari Alqamah, dia berkata: Abdullah berkata: Rasulullah mengerjakan shalat —Ibrahim berkata, "Aku tidak tahu, lebih atau kurang?"— Tatkala salam, dikatakan kepada beliau, "Wahai Rasulullah, terjadi sesuatu dalam shalat?" Beliau menjawab, "Tidak, apakah itu?" Mereka menjawab, "Engkau mengerjakan begini dan begini." Beliau pun bersimpuh, menghadap kiblat, dan sujud dua kali, kemudian salam. Ketika menghadapkan wajahnya kepada kami, beliau berkata, "Jika terjadi sesuatu dalam shalat, aku akan menceritakannya kepada kalian, akan tetapi aku hanyalah manusia seperti kalian, yang lupa sebagaimana kalian lupa. Jika aku lupa, ingatkanlah diriku. Jika salah seorang di antara kalian ragu dalam shalatnya, carilah kebenaran dan sempurnakanlah, kemudian salam. Setelah itu sujudlah dua kali"611 [34:1]

Shahih Ibnu Hibban #2663

صحيح ابن حبان ٢٦٦٣: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ صَالِحٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ، فَلَمْ يَدْرِ ثَلاَثًا صَلَّى أَمْ أَرْبَعًا، فَلْيُصَلِّ رَكْعَةً، وَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ السَّلاَمِ، فَإِنْ كَانَتْ ثَالِثَةً شَفَعَتْهَا السَّجْدَتَانِ، وَإِنْ كَانَتْ رَابِعَةً فَالسَّجْدَتَانِ تَرْغِيمٌ لِلشَّيْطَانِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ رَوَى هَذَا الْخَبَرَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ صَالِحٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2663: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Shafwan bin Shalih menceritakan kepada kami, dia berkata: Al Walid bin Muslim menceritakan kepada kami dari Malik bin Anas, dari Zaid bin Aslam, dari Atha bin Yasar, dari Abu Sa'id Al Khudri, bahwa Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian mengerjakan shalat dan tidak tahu jumlah rakaat yang telah dikerjakannya, tiga atau empat, maka shalatlah satu rakaat dan sujudlah dua kali sebelum salam. Jika shalat yang dikerjakannya tiga rakaat, maka dua kali sujud itu akan Jika empat rakaat, maka dua kali sujud itu akan menghinakan syetan."6l2 {34:1] Abu Hatim berkata, "Khabar ini diriwayatkan oleh Ahmad bin Hanbal dari Shafwan bin Shalih."

Shahih Ibnu Hibban #2664

صحيح ابن حبان ٢٦٦٤: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُصْعَبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ الأَشَجُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الأَحْمَرُ، عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلاَتِهِ، فَلْيُلْقِ الشَّكَّ، وَلْيَبْنِ عَلَى الْيَقِينِ، فَإِنِ اسْتَيْقَنَ التَّمَامَ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، فَإِنْ كَانَتْ صَلاَتُهُ تَامَّةً كَانَتِ الرَّكْعَةُ نَافِلَةً، وَالسَّجْدَتَانِ نَافِلَةً، وَإِنْ كَانَتْ نَاقِصَةً كَانَتِ الرَّكْعَةُ تَمَامًا لِصَلاَتِهِ، وَالسَّجْدَتَانِ تُرْغِمَانِ أَنْفَ الشَّيْطَانِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَدْ يَتَوَهَّمُ مَنْ لَمْ يُحْكِمْ صِنَاعَةَ الأَخْبَارِ، وَلاَ تَفَقَّهَ مِنْ صَحِيحِ الآثَارِ، أَنَّ التَّحَرِّيَ فِي الصَّلاَةِ وَالْبِنَاءَ عَلَى الْيَقِينِ وَاحِدٌ، وَلَيْسَ كَذَلِكَ، لأَنَّ التَّحَرِّيَ هُوَ أَنْ يَشُكَّ الْمَرْءُ فِي صَلاَتِهِ، فَلاَ يَدْرِي مَا صَلَّى، فَإِذَا كَانَ كَذَلِكَ عَلَيْهِ أَنْ يَتَحَرَّى الصَّوَابَ، وَلْيَبْنِ عَلَى الأَغْلَبِ عِنْدَهُ، وَيَسْجُدْ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلاَمِ عَلَى خَبَرِ ابْنِ مَسْعُودٍ‏.‏وَالْبِنَاءُ عَلَى الْيَقِينِ‏:‏ هُوَ أَنْ يَشُكَّ الْمَرْءُ فِي الثِّنْتَيْنِ وَالثَّلاَثِ، أَوِ الثَّلاَثِ وَالأَرْبَعِ، فَإِذَا كَانَ كَذَلِكَ عَلَيْهِ أَنْ يَبْنِيَ عَلَى الْيَقِينِ وَهُوَ الأَقَلُّ، وَلْيُتِمَّ صَلاَتَهُ، ثُمَّ يَسْجُدْ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلَ السَّلاَمِ عَلَى خَبَرِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ، وَأَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، سُنَّتَانِ غَيْرُ مُتَضَادَّتَيْنِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2664: Al Husain bin Muhammad bin Mush'ab mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Sa'id Al Asyaj menceritakan kami, dia berkata: Abu Khalid Al Ahmar menceritakan kepada kami dari Ibnu Ajian, dari Zaid bin Aslam, dari Atha bin Yasar, dari Abu Sa'id Al Khudri, dia berkata: Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian ragu dalam shalatnya, maka campakkanlah keraguan itu dan tetaplah dengan keyakinan. Jika dia yakin telah sempurna, sujudlah sebanyak dua kali. Jika shalatnya sempurna maka rakaat yang dikerjakannya menjadi ibadah sunah, dan kedua sujud itu menjadi ibadah sunah. Apabila shalatnya kurang, rakaat yang dikerjakannya itu akan menyempurnakan shalatnya, dan kedua sujud itu akan menghinakan syetan."613 [34:1] Abu Hatim berkata, "Orang yang tidak menguasai ilmu khabar dan memahami atsar yang benar akan menyangka bahwa mencari kebenaran dalam shalat dan menetapkan keyakinan adalah satu, padahal tidak seperti itu: Mencari kebenaran (taharri)adalah jika seseorang ragu dalam shalatnya dan tidak tahu apa yang dia lakukan dalam shalat, maka dia harus mencari kebenaran dan menetapkan apa yang paling kuat menurutnya, kemudian sujud sahwi sebanyak dua kali setelah salam berdasarkan khabar Ibnu Mas'ud. Sedangkan menetapkan keyakinan (al binaa 'ala al yaqiin) adalah Jika seseorang ragu apakah dua rakaat atau tiga rakaat, tiga rakaat atau empat rakaat, maka dia harus menetapkan keyakinan, yaitu jumlah rakaat paling sedikit. Kemudian menyempurnakan shalatnya dan sujud sahwi sebanyak dua kali sebelum salam berdasarkan Khabar Abdurrahman bin Auf dan Abu Sa'id Al Khudri. Dan Kedua hadits ini tidak saling kontradiksi."

Shahih Ibnu Hibban #2665

صحيح ابن حبان ٢٦٦٥: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمِنْهَالِ الضَّرِيرُ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ عِيَاضٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ، فَلَمْ يَدْرِ ثَلاَثًا صَلَّى أَمْ أَرْبَعًا، فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، وَإِذَا أَتَى أَحَدَكُمُ الشَّيْطَانُ فَقَالَ‏:‏ إِنَّكَ قَدْ أَحْدَثْتَ، فَلْيَقُلْ‏:‏ كَذَبْتَ، إِلاَّ مَا سَمِعَ صَوْتَهُ بِأُذُنِهِ، أَوْ وَجَدَ رِيحَهُ بِأَنْفِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2665: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Al Minhal Adh-Dharir menceritakan kepada kami, Yazid bin Zura'i menceritakan kepada kami, Hisyam menceritakan kepada kami dari Yahya bin Abu Katsir, dari Iyadh, dari Abu Sa'id Al Khudri, dia berkata: Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian mengerjakan shalat, kemudian tidak tahu jumlah rakaat yang telah dikerjakannya, tiga atau empat, maka sujudlah dua kali sambil duduk Jika syetan mendatangi salah seorang di antara kalian dan berkata, 'Engkau telah berhadats', maka katakanlah, 'Engkau berdusta', kecuali dia mendengar suara dengan telinganya atau mencium bau dengan hidungnya."614 [66:1]

Shahih Ibnu Hibban #2666

صحيح ابن حبان ٢٦٦٦: أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ إِسْمَاعِيلَ بِبُسْتَ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ هِلاَلٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الشَّيْطَانُ فَقَالَ‏:‏ إِنَّكَ قَدْ أَحْدَثْتَ، فَلْيَقُلْ فِي نَفْسِهِ‏:‏ كَذَبْتَ، حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا بِأُذُنِهِ، أَوْ يَجِدَ رِيحًا بِأَنْفِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2666: Ishaq bin Ibrahim bin Ismail di Bust mengabarkan kepada kami, Al Hasan bin Ali Al Hulwani menceritakan kepada kami, Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, Ma'mar mengabarkan kepada kami dari Yahya bin Abi Katsir, dari Iyadh bin Hilal, dari Abu Sa'id Al Khudri, dari Nabi , beliau bersabda, "Jika syetan mendatangi salah seorang di antara kalian dan berkata, telah berhadats', maka hendaknya berkata dalam dirinya, 'Engkau telah berdusta' sampai dia mendengar suara dengan telinganya, atau mencium bau dengan hidungnya."615 [66:1]

Shahih Ibnu Hibban #2667

صحيح ابن حبان ٢٦٦٧: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُصْعَبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ سَعِيدٍ الْكِنْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الأَحْمَرُ، عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلاَتِهِ فَلْيُلْقِ الشَّكَّ، وَلْيَبْنِ عَلَى الْيَقِينِ، فَإِنِ اسْتَيْقَنَ التَّمَامَ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، فَإِنْ كَانَتْ صَلاَتُهُ تَامَّةً كَانَتِ الرَّكْعَةُ نَافِلَةً، وَالسَّجْدَتَانِ نَافِلَةً، وَإِنْ كَانَتْ نَاقِصَةً كَانَتِ الرَّكْعَةُ تَمَامًا بِصَلاَتِهِ، وَالسَّجْدَتَانِ تُرْغِمَانِ أَنْفَ الشَّيْطَانِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2667: Al Husain bin Muhammad bin Mush'ab mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abdullah bin Sa'id Al Kindi menceritakan kepada kami, dia berkata: Abu Khalid Al Ahmar menceritakan kepada kami dari Ibnu Ajian, dari Zaid bin Aslam, dari Atha bin Yasar, dari Abu Sa'id Al Khudri, dia berkata: Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian ragu dalam shalatnya, campakkanlah keraguan itu dan tetaplah dengan keyakinan Jika dia yakin telah sempurna, sujudlah sebanyak dua kali. Jika shalatnya sempurna, maka rakaat yang dikerjakannya menjadi ibadah sunah, dan kedua sujud itu pun menjadi ibadah sunah. Jika shalatnya kurang, maka rakaat yang dikerjakannya itu akan menyempurnakan shalatnya, dan kedua sujud itu akan menghinakan syetan."616 [18:5]

Shahih Ibnu Hibban #2668

صحيح ابن حبان ٢٦٦٨: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلَمْ يَدْرِ ثَلاَثًا صَلَّى أَمْ أَرْبَعًا، فَلْيُصَلِّ رَكْعَةً، وَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ السَّلاَمِ، فَإِنْ كَانَتْ رَابِعَةً فَالسَّجْدَتَانِ تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ، وَإِنْ كَانَتْ خَامِسَةً شَفَعَتْهَا السَّجْدَتَانِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ وَهِمَ فِي هَذَا الإِسْنَادِ الدَّرَاوَرْدِيُّ حَيْثُ قَالَ‏:‏ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، وَإِنَّمَا هُوَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، وَكَانَ إِسْحَاقُ يُحَدِّثُ مِنْ حِفْظِهِ كَثِيرًا، فَلَعَلَّهُ مِنْ وَهْمِهِ أَيْضًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2668: Abdullah bin Muhammad mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: Abdul Aziz bin Muhammad menceritakan kepada kami, dia berkata: Zaid bin Aslam menceritakan kepadaku dari Atha bin Y asar, dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian mengerjakan shalat dan tidak tahu jumlah rakaat yang telah dikerjakannya, tiga atau empat rakaat, maka shalatlah satu rakaat dan sujudlah dua kali sebelum salam. Jika rakaat itu adalah rakaat keempat, maka kedua sujud itu adalah penghinaan terhadap syetan, dan jika rakaat kelima, maka kedua sujud itu akan menggenapkannya."617 [18:5] Abu Hatim berkata, "Ad-Darawardi keliru dalam sanad ini dengan mengatakan dari Ibnu Abbas, padahal dia dari Abu Sa'id Al Khudri. Ishaq banyak menceritakan hadits dari hafalannya, mungkin ini juga merupakan salah satu kesalahannya."

Shahih Ibnu Hibban #2669

صحيح ابن حبان ٢٦٦٩: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الْعِجْلِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلاَلٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ، فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلاَثًا أَوْ أَرْبَعًا، فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ رَكْعَةً يُتِمُّ رُكُوعَهَا وَسُجُودَهَا، ثُمَّ يَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، فَإِنْ كَانَ قَدْ صَلَّى خَمْسًا شَفَعَ بِالسَّجْدَتَيْنِ، وَإِنْ كَانَ قَدْ صَلَّى أَرْبَعًا كَانَتِ السَّجْدَتَانِ تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ خَبَرُ ابْنِ مَسْعُودٍ، وَأَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، مِمَّا قَدْ يُوهِمُ عَالِمًا مِنَ النَّاسِ أَنَّ التَّحَرِّيَ فِي الصَّلاَةِ وَالْبِنَاءَ عَلَى الْيَقِينِ وَاحِدٌ، وَحُكْمَاهُمَا مُخْتَلِفَانِ، لأَنَّ فِي خَبَرِ ابْنِ مَسْعُودٍ فِي ذِكْرِ التَّحَرِّي أَمَرَ بِسَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلاَمِ، وَفِي خَبَرِ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ فِي الْبِنَاءِ عَلَى الْيَقِينِ‏:‏ أَمَرَ بِسَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلَ السَّلاَمِ‏.‏وَالْفَصْلُ بَيْنَ التَّحَرِّي وَالْبِنَاءِ عَلَى الْيَقِينِ‏:‏ أَنَّ الْبِنَاءَ عَلَى الْيَقِينِ هُوَ أَنْ يَشُكَّ الْمَرْءُ فِي صَلاَتِهِ، فَلاَ يَدْرِي ثَلاَثًا صَلَّى أَمْ أَرْبَعًا، فَإِذَا كَانَ كَذَلِكَ فَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ وَهُوَ الثَّلاَثُ، وَيُتِمَّ صَلاَتَهُ، وَيَسْجُدْ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلَ السَّلاَمِ، وَأَمَّا التَّحَرِّي‏:‏ فَهُوَ أَنْ يَدْخُلَ الْمَرْءُ فِي صَلاَتِهِ، ثُمَّ اشْتَغَلَ بِقَلْبِهِ بِبَعْضِ أَسْبَابِ الدِّينِ أَوِ الدُّنْيَا حَتَّى مَا يَدْرِي أَيَّ شَيْءٍ صَلَّى أَصْلاً، فَإِذَا كَانَ ذَلِكَ تَحَرَّى عَلَى الأَغْلَبِ عِنْدَهُ، وَيَبْنِي عَلَى مَا صَحَّ لَهُ مِنَ التَّحَرِّي مِنْ صَلاَتِهِ، وَيُتِمُّهَا، وَيَسْجُدُ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلاَمِ حَتَّى يَكُونَ مُسْتَعْمِلاً لِلْخَبَرَيْنِ مَعًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2669: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Utsman Al Ijli menceritakan kepada kami, dia berkata: Khalid bin Makhlad menceritakan kepadaku, dia berkata: Sulaiman bin Bilal menceritakan kepada kami, dia berkata: Zaid bin Aslam menceritakan kepadaku dari Atha bin Yasar, dari Abu Sa'id Al Khudri, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian tidak mengetahui jumlah rakaat shalatnya, tiga atau empat rakaat, maka hendaknya dia berdiri dan shalat satu rakaat lagi untuk menyempurnakan ruku dan sujudnya, kemudian sujud ketika duduk Apabila dia telah shalat lima rakaat, maka dua sujudnya itu bisa menggenapkannya, tapi apabila mengerjakan empat rakaat, maka kedua sujud itu menjadi penghinaan terhadap syetan."618 [18:5] Abu Hatim berkata, "Khabar Ibnu Mas'ud dan Abu Sa'id tersebut kadang membuat orang salah paham bahwa mencari kebenaran dalam shalat dan menetapkan keyakinan adalah satu pengertian. Padahal, keduanya berbeda, karena dalam khabar Ibnu Mas'ud perintah sujud dilakukan setelah salam ketika seseorang sudah berusaha mencari tahu jumlah rakaatnya (taharri). Sedangkan dalam khabar Abu Sa'id ketika seseorang menetapkan yang diyakini yaitu jumlah yang paling sedikit (kalau ragu antara tiga dan empat maka yang diambil tiga —penj) maka sujudnya dilakukan sebelum salam.'' Perbedaan antara taharri dengan bina ala al yaqin adalah, bina ala al yaqin (mengambil jumlah yang lebih sedikit) adalah ketika seseorang ragu dalam shalatnya dan tidak tahu jumlah rakaat yang telah dilaksanakannya, tiga atau empat rakaat, maka hendaknya ia menetapkan mana yang sudah pasti, yaitu tiga, lalu menyempurnakan shalatnya dan sujud dua kali sebelum salam. Sedangkan taharri adalah ketika seseorang akan melaksanakan shalat, lalu hatinya dilalaikan oleh beberapa hal, baik hal agama maupun hal dunia, sehingga dia tidak tahu jumlah rakaat yang telah dia laksanakan. Bila demikian keadaannya, dia harus berusaha mencari tahu mana yang lebih kuat untuk menetapkan rakaat yang telah dia lakukan menurut dirinya sendiri, kemudian menyempurnakannya, sujud sahwi dua kali setelah salam, sehingga dapat mengamalkan kedua khabar ini sekaligus.

Shahih Ibnu Hibban #2670

صحيح ابن حبان ٢٦٧٠: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْكَبِيرِ بْنُ عُمَرَ الْخَطَّابِيُّ بِالْبَصْرَةِ، أَبُو سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ ثَوَابٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الأَنْصَارِيُّ، عَنْ أَشْعَثَ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ أَبِي الْمُهَلَّبِ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِهِمْ، فَسَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ، ثُمَّ تَشَهَّدَ وَسَلَّمَ تَفَرَّدَ بِهِ الأَنْصَارِيُّ، مَا رَوَى ابْنُ سِيرِينَ، عَنْ خَالِدٍ غَيْرَ هَذَا الْحَدِيثِ، وَخَالِدٌ تِلْمِيذُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2670: Abdul Kabir bin Umar Al Khaththabi Abu Sa'id di Bashrah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Sa'id bin Muhammad bin Tsawab menceritakan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Abdullah Al Anshari menceritakan kepada kami dari Asy'ats, dari Ibnu Sirin, dari Khalid Al Hadzdza, dari Abu Qilabah, dari Abu Al Muhallab, dari Imran bin Hushain, bahwa Nabi shalat bersama mereka, kemudian beliau sujud dua kali sujud sahwi, kemudian tasyahud dan salam .619 [101:2] Hadits tersebut hanya diriwayatkan oleh Al Anshari atas apa yang diriwiyatkan Ibnu Sirin dari Khalid selain hadits ini, dan Khalid adalah muridnya.