صحيح ابن حبان ٢٦٤١: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا عَبْدَ اللهِ بْنَ عَمْرٍو، لاَ تَكُنْ مِثْلَ فُلاَنٍ، كَانَ يَقُومُ اللَّيْلَ فَتَرَكَ قِيَامَ اللَّيْلِ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: فِي هَذَا الْخَبَرِ دَلِيلٌ عَلَى إِبَاحَةِ قَوْلِ الإِنْسَانِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ فِي الإِنْسَانِ مَا إِذَا سَمِعَهُ اغْتَمَّ بِهِ، إِذَا أَرَادَ هَذَا الْقَائِلُ بِهِ إِنْبَاهَ غَيْرِهِ دُونَ الْقَدْحِ فِي هَذَا الَّذِي قَالَ فِيهِ مَا قَالَ.
Shahih Ibnu Hibban 2641: Abdullah bin Muhammad bin Sahn mengabarkan kepada kami, Abdurrahman bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Umar bin Abdul Wahid menceritakan kepada kami dari Al Auza'i, dari Yahya bin Abu Katsir, dari Abu Salamah, dari Abdullah bin Amr, dia berkata: Rasulullah bersabda, "Wahai Abdullah bin Amr, janganlah seperti fulan yang dahulu mengerjakan shalat malam, kemudian meninggalkannya." [49:2] Abu Hatim berkata, "Khabar tersebut menunjukkan bolehnya membicarakan seseorang tanpa sepengetahuannya kepada orang lain yang apabila didengarnya maka dia akan merasa resah, jika orang yang mengucapkannya ingin memperingatkan orang lain, bukan mencela orang yang dibicarakannya."
صحيح ابن حبان ٢٦٤٢: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ سَعِيدٍ السَّعِيدِيُّ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ، أَخْبَرَنَا عِيسَى، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا عَمِلَ عَمَلاً أَثْبَتَهُ، وَكَانَ إِذَا نَامَ مِنَ اللَّيْلِ، أَوْ مَرِضَ صَلَّى مِنَ النَّهَارِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً. قَالَتْ: وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ لَيْلَةً حَتَّى الصَّبَاحِ، وَلاَ صَامَ شَهْرًا مُتَتَابِعًا إِلاَّ رَمَضَانَ قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: فِي هَذَا الْخَبَرِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ الْوِتْرَ لَيْسَ بِفَرْضٍ، إِذْ لَوْ كَانَ فَرْضًا لَصَلَّى مِنَ النَّهَارِ مَا فَاتَهُ مِنَ اللَّيْلِ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً.
Shahih Ibnu Hibban 2642: Muhammad bin Ishaq bin Sa'id As-Sa'idi mengabarkan kepada kami, Ali bin Khasyram menceritakan kepada kami, Isa mengabarkan kepada kami dari Syu'bah, dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, dari Sa'ad bin Hisyam, dari Aisyah, dia berkata, "Jika Rasulullah mengerjakan suatu amalan, beliau akan konsisten. Apabila beliau tertidur pada malam hari, atau sakit, maka beliau akan mengerjakan shalat pada siang hari sebanyak dua belas rakaat. Aku tidak pernah melihat Rasulullah menghidupkan malam sampai pagi dan tidak pula berpuasa selama sebulan berturut-turut kecuali Ramadhan."583 [2:1] Abu Hatim berkata, "Khabar tersebut menunjukkan bahwa witir hukumnya tidak wajib, karena jika hukumnya wajib maka beliau akan mengerjakan shalat sebanyak tiga belas rakaat pada siang hari karena tidak sempat mengerjakannya pada malam hari."
صحيح ابن حبان ٢٦٤٣: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ بِعَسْقَلاَنَ، حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، أَنَّ السَّائِبَ بْنَ يَزِيدَ، وَعُبَيْدَ اللهِ بْنَ عَبْدِ اللهِ أَخْبَرَاهُ، أَنَّ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَبْدِ الْقَارِيِّ مِنْ بَنِي قَارَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ الْخَطَّابِ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ نَامَ عَنْ حِزْبِهِ، أَوْ عَنْ شَيْءٍ مِنْهُ، فَقَرَأَهُ فِيمَا بَيْنَ صَلاَةِ الْفَجْرِ وَصَلاَةِ الظُّهْرِ، كُتِبَ لَهُ كَأَنَّمَا قَرَأَهُ بِاللَّيْلِ.
Shahih Ibnu Hibban 2643: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah di Asqalan mengabarkan kepada kami, Harmalah Ibnu Yahya menceritakan kepada kami, Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, Yunus mengabarkan kepadaku dari Ibnu Syihab, bahwa As-Saib bin Yazid dan Ubaidullah bin Abdillah mengabarkan kepadanya, bahwa Abdurrahman bin Abdu585 Al Qari, dari Bani Qarah berkata: "Aku mendengar Ibnu Al Khattab berkata, Rasulullah bersabda, 'Barangsiapa tertidur dan tidak sempat mengerjakan atau hizb-nya atau bagiannya, kemudian dia membacanya di antara shalat Subuh dan shalat Zhuhur, maka dicatat baginya seakan-akan membaca hizb pada malam hari'"586 [2: ]
صحيح ابن حبان ٢٦٤٤: أَخْبَرَنَا أَبُو فِرَاسٍ مُحَمَّدُ بْنُ جُمْعَةَ الأَصَمُّ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ يَعِيشَ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ زُرَارَةَ بْنَ أَوْفَى، عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا عَمِلَ عَمَلاً أَثْبَتَهُ، وَقَالَتْ: كَانَ إِذَا نَامَ مِنَ اللَّيْلِ أَوْ مَرِضَ صَلَّى بِالنَّهَارِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً. وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ لَيْلَةً حَتَّى الصُّبْحِ، وَلاَ صَامَ شَهْرًا مُتَتَابِعًا إِلاَّ رَمَضَانَ.
Shahih Ibnu Hibban 2644: Abu Firas Muhammad bin Jum'ah Al Asham mengabarkan kepada kami, Ibrahim bin Ahmad bin Ya'is menceritakan kepada kami, Sa'id bin Amir menceritakan kepada kami, Syubah menceritakan kepada kami dari Qatadah, dia berkata: Aku mendengar Zurarah bin Aufa, dari Sa'ad bin Hiysam, dari Aisyah, dia berkata, "Jika Rasulullah mengerjakan suatu amalan, beliau akan konsisten. Jika beliau tertidur pada malam hari, atau sakit, maka beliau akan mengerjakan shalat pada siang hari sebanyak dua belas rakaat. Aku tidak pernah melihat Rasulullah menghidupkan malam sampai pagi dan tidak pula berpuasa sebulan berturut-turut, kecuali Ramadhan."587 [47:5]
صحيح ابن حبان ٢٦٤٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْجُنَيْدِ، قَالَ: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا لَمْ يُصَلِّ مِنَ اللَّيْلِ، مَنَعَهُ عَنْ ذَلِكَ النَّوْمُ أَوْ غَلَبَتْهُ عَيْنَاهُ، صَلَّى مِنَ النَّهَارِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً.
Shahih Ibnu Hibban 2645: Muhammad bin Abdullah bin Al Junaid mengabarkan kepada kami, Qutaibah bin Muslim menceritakan kepada kami, Abu Awanah menceritakan kami dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, dari Sa'ad bin Hisyam, dari Aisyah, dia berkata, "Jika Rasulullah tidak mengerjakan shalat pada malam hari lantaran terhalang oleh tidur atau dikalahkan oleh kedua matanya, maka beliau mengerjakan shalat pada siang hari sebanyak dua belas rakaat ."88 [1:5]
صحيح ابن حبان ٢٦٤٦: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْفَضْلِ السِّجِسْتَانِيُّ بِدِمَشْقَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا عَمِلَ عَمَلاً أَثْبَتَهُ، وَكَانَ إِذَا نَامَ مِنَ اللَّيْلِ، أَوْ مَرِضَ، صَلَّى مِنَ النَّهَارِ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً. قَالَتْ: وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ لَيْلَةً حَتَّى الصَّبَاحِ، وَلاَ صَامَ شَهْرًا مُتَتَابِعًا إِلاَّ رَمَضَانَ.
Shahih Ibnu Hibban 2646: Ahmad bin Muhammad bin Fadhl As-Sajastani di Damaskus mengabarkan kepada kami, dia berkata: Al bin Khasyram menceritakan kepada kami, Isa bin Yunus mengabarkan kepada kami dari Syu'bah, dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, dari Sa'ad bin Hisyam Al Anshari, dari Aisyah, dia berkata, "Jika Rasulullah mengerjakan suatu amalan maka beliau akan konsisten. Jika beliau tertidur pada malam hari, atau sakit, maka beliau akan mengerjakan shalat pada siang hari sebanyak dua belas rakaat. Aku tidak pernah melihat Rasulullah menghidupkan malam sampai pagi dan tidak pula berpuasa selama sebulan berturut-turut, kecuali Ramadhan589." [5:1]
صحيح ابن حبان ٢٦٤٧: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ غِيَاثٍ، حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ نَسِيَ صَلاَةً، فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا.
Shahih Ibnu Hibban 2647: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada Abdul Wahid bin Ghayyats menceritakan kepada kami, Abu Awanah menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Anas, dia berkata: Rasulullah bersabda, "Barangsiapa lupa mengerjakan suatu shalat hendaknya mengerjakannya ketika mengingatnya."590 [43:3]
صحيح ابن حبان ٢٦٤٨: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ الْقَيْسِيُّ، حَدَّثَنَا هَمَّامُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنَا قَتَادَةُ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ نَسِيَ صَلاَةً، فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: فِي قَوْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ الصَّلاَةَ لَوْ أَدَّاهَا عَنْهُ غَيْرُهُ لَمْ تُجْزِ عَنْهُ، إِذِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ، يُرِيدُ إِلاَّ أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا، وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ الْمَيِّتَ إِذَا مَاتَ وَعَلَيْهِ صَلَوَاتٌ لَمْ يَقْدِرْ عَلَى أَدَائِهَا فِي عِلَّتِهِ لَمْ يَجُزْ أَنْ يُعْطَى الْفُقَرَاءَ عَنْ تِلْكَ الصَّلَوَاتِ الْحِنْطَةَ، وَلاَ غَيْرَهَا مِنْ سَائِرِ الأَطْعِمَةِ وَالأَشْيَاءِ.
Shahih Ibnu Hibban 2648: Ahmad bin Ali Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, Hudbah bin591 Khalid Al Qaisi menceritakan kepada kami, Hammam bin Yahya menceritakan kepada kami, Qatadah menceritakan kepada kami dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah bersabda, "Barangsiapa lupa suatu shalat, hendaknya mengerjakannya ketika mengingatnya. Tidak ada kafarahnya -penggantinya-; kecuali itu."592 [43:3] Abu Hatim berkata tentang sabda Rasulullah "barangsiapa lupa suatu shalat, hendaknya mengerjakannya ketika mengingatnya. Tidak ada kafarahnya -penggantinya- kecuali itu." tersebut, "Ini merupakan dalil yang menunjukkan bahwa apabila seseorang mengerjakan shalat untuknya, maka hukumnya tidak boleh, karena Nabi bersabda, 'Tidak ada kafarahnya, kecuali itu'. Maksudnya, kecuali mengerjakannya ketika ingat. Hadits ini juga menunjukkan bahwa ketika seseorang meninggal dan memiliki utang shalat yang tidak mampu dikerjakannya karena alasan tertentu, maka tidak boleh memberikan gandum dan makanan-makanan lainnya kepada orang-orang fakir sebagai kafarah atau pengganti shalat tersebut.
صحيح ابن حبان ٢٦٤٩: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ رَبَاحٍ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابَهُ لَمَّا نَامُوا عَنِ الصَّلاَةِ، قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: صَلُّوهَا الْغَدَ لِوَقْتِهَا.
Shahih Ibnu Hibban 2649: Muhammad bin Ishaq bn Khuzaimah mengabarkan kepada kami, Ishaq bin Mashur menceritakan kepada kami, Abu Daud menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami dari Tsabit, dari Abdullah bin Rabah, dari Abu Qatadah, bahwa tatkala Rasulullah dan para sahabatnya tertidur dan tidak sempat mengerjakan shalat, beliau bersabda, "Shalatlah esok hari pada waktunya."594 [8:5]
صحيح ابن حبان ٢٦٥٠: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الأَعْلَى، قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، قَالَ: سِرْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَزَاةٍ، فَلَمَّا كَانَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ عَرَّسَ، فَمَا اسْتَيْقَظَ حَتَّى أَيْقَظَنَا حَرُّ الشَّمْسِ، فَجَعَلَ الرَّجُلُ يَقُومُ دَهِشًا فَزِعًا، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ارْكَبُوا، فَرَكِبَ وَرَكِبْنَا، فَسَارَ حَتَّى ارْتَفَعَتِ الشَّمْسُ، ثُمَّ نَزَلَ فَأَمَرَ بِلاَلاً فَأَذَّنَ، وَفَرَغَ الْقَوْمُ مِنْ حَاجَاتِهِمْ، وَتَوَضَّؤُوا، وَصَلَّوَا الرَّكْعَتَيْنِ، ثُمَّ أَقَامَ، فَصَلَّى بِنَا، فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللهِ، أَلاَ نَقْضِيهَا لِوَقْتِهَا مِنَ الْغَدِ؟ قَالَ: يَنْهَاكُمْ رَبُّكُمْ عَنِ الرِّبَا وَيَقْبَلُهُ مِنْكُمْ؟.
Shahih Ibnu Hibban 2650: Ahmad bin Ali Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ubaidullah bin Umar Al Qawariri menceritakan kepada kami, Abdul A'la menceritakan kepada kami, dia berkata: Hisyam menceritakan kepada kami dari Al Hasan, dari Imran bin Hushain, dia berkata: Kami melakukan perjalanan pada malam hari bersama Rasululah untuk suatu peperangan. Pada akhir malam, beliau istirahat, dan tidak ada yang terbangun sampai kami dibangunkan oleh panasnya matahari. Seorang laki-laki bangun dengan terkejut dan kaget. Rasulullah lalu bersabda, "Berkendaraanlah." Beliau kemudian berkendaraan, maka kami pun berkendaraan. Beliau lalu berjalan sampai matahari naik. Beliau lalu turun dan memerintahkan Bilal untuk adzan. Setelah orang-orang selesai menuntaskan kebutuhan mereka, mereka berwudhu dan shalat dua rakaat, kemudian iqamah. Beliau shalat bersama kami. Kami bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah kita tidak meng-qadha-nya pada waktunya di esok hari?" Beliau menjawab, "Tuhan kalian melarang kalian dari riba, dan menerimanya dari kalian'!" 595 [8:5]