صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #2161

صحيح ابن حبان ٢١٦١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْجُنَيْدِ إِمْلاَءً، حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ طَلْحَةَ الإِيَامِيِّ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْسَجَةَ، عَنِ الْبَرَاءِ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْسَحُ مَنَاكِبَنَا وَصُدُورَنَا وَيَقُولُ‏:‏ لاَ تَخْتَلِفُوا فَتَخْتَلِفَ قُلُوبُكُمْ إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الصُّفُوفِ الْمُقَدَّمَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2161: Muhammad bin Abdullah bin Al Junaid menceritakan kepada kami secara imla’, Abu Al Ahwash menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Thalhah Al Iyami, dari Abdurrahman bin Ausajah, dari Al Barra, dia berkata, “Rasulullah mengusap bahu dan dada kami, lalu bersabda, “Janganlah kalian menjadikan shaf-shaf kalian itu berbeda, karena akan menyebabkan hati kalian menjadi berbeda. Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya memberikan shalawat pada shaf terdepan’.”619 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #2162

صحيح ابن حبان ٢١٦٢: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي مَعْشَرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَمْرٍو الْبَجَلِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، قَالَ‏:‏ سَأَلْتُ الأَعْمَشَ، عَنْ حَدِيثِ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ فِي الصُّفُوفِ الْمُقَدَّمَةِ فَحَدَّثَنَا، عَنِ الْمُسَيِّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ تَمِيمِ بْنِ طَرَفَةَ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ أَلاَ تَصُفُّونَ كَمَا تَصُفُّ الْمَلاَئِكَةُ عِنْدَ رَبِّهَا‏؟‏ قَالَ‏:‏ قُلْنَا‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، وَكَيْفَ يَصُفُّونَ الْمَلاَئِكَةُ عِنْدَ رَبِّهِمْ‏؟‏ قَالَ‏:‏ يُتِمُّونَ الصُّفُوفَ الْمُقَدِّمَةَ وَيَتَرَاصُّونَ فِي الصَّفِّ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2162: Al Husain bin Muhammad bin Abu Ma’syar mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abdurrahman bin Amr Al Bajali menceritakan kepada kami, dia berkata: Zuhair bin Muawiyah menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku bertanya kepada Al A'masy tentang hadits riwayat Jabir bin Samurah tentang shaf terdepan, maka dia menceritakan kepada kami dari Al Musayyab bin Rafi, dari Tamim bin Tharafah, dari Jabir bin Samurah, dia berkata: Rasulullah bersabda, “Tidakkah kalian membuat shaf seperti para malaikat yang membuat shaf di sisi Tuhan mereka ?”. Kami lalu bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah para malaikat membuat shaf di sisi Tuhan mereka?” Beliau menjawab, “Mereka menyempurnakan shaf terdepan, lalu merapatkannya.”620 [3:53]

Shahih Ibnu Hibban #2163

صحيح ابن حبان ٢١٦٣: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ بِعَسْقَلاَنَ، حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الَّذِينَ يَصِلُونَ الصُّفُوفَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ هَذَا هُوَ اللَّيْثِيُّ مَوْلًى لَهُمْ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ مُسْتَقِيمُ الأَمْرِ صَحِيحُ الْكِتَابِ، وَأُسَامَةُ بْنُ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ مَدَنِيٌّ وَاهٍ وَكَانَا فِي زَمَنٍ وَاحِدٍ إِلاَّ أَنَّ اللَّيْثِيَّ أَقْدَمُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2163: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah mengabarkan kepada kami di Asqalan, Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, Usamah bin Zaid mengabarkan kepadaku dari Utsman bin Urwah bin Az-Zubair, dari ayahnya, dari Aisyah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya memberikan shalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf (shalawat dari Allah adalah memberi rahmat [ampunan], sedangkan shalawat dari malaikat adalah memintakan ampunan).621 [1:2] Abu Hatim RA berkata, “Usamah bin Zaid adalah Al-Laits, maula mereka. Dia termasuk penduduk Madinah. Dia orang yang istiqamah, dan shahih kitabnya. Sedangkan Usamah bin Zaid bin Aslam adalah orang Madinah yang lemah. Keduanya hidup sezaman, hanya saja Al-Laitsi lebih dahulu.”

Shahih Ibnu Hibban #2164

صحيح ابن حبان ٢١٦٤: حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ الْفَضْلِ بْنِ شَاذَانَ الْمُقْرِئُ أَبُو الْقَاسِمِ بِالرِّيِّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُمَرَ رُسْتَةُ، حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ حَفْصٍ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الَّذِينَ يَصِلُونَ الصُّفُوفَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2164: Al Abbas bin Al Fadhl bin Syadzan Al Muqri Abu Al Qasim menceritakan kepada kami di Rey, Abdurrahman bin Umar Rustah menceritakan kepada kami, Husain bin Hafsh menceritakan kepada kami dari Sufyan, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, dia berkata: Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya memberikan shalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf.” 622 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #2165

صحيح ابن حبان ٢١٦٥: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ، أَنَّهُ سَمِعَ النُّعْمَانَ بْنَ بَشِيرٍ، يَقُولُ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَوِّي الصَّفَّ حَتَّى يَجْعَلَهُ مِثْلَ الْقِدْحِ أَوِ الرُّمْحِ فَرَأَى صَدْرَ رَجُلٍ نَاتِئًا فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ عِبَادَ اللهِ سَوُّوا صُفُوفَكُمْ أَوْ لَيُخَالِفَنَّ اللَّهُ بَيْنَ وُجُوهِكُمْ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2165: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Muhammad menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Simak bin Harb, bahwa dia mendengar An-Nu'man bin Basyir berkata: Rasulullah meluruskan shaf, hingga menjadikannya seperti anak panah atau tombak. Lalu beliau melihat dada seorang laki-laki yang tidak lurus, maka beliau bersabda, “Wahai hamba-hamba Allah, luruskan shaf kalian, atau Allah akan merubah wajah kalian.”623 [1:73]

Shahih Ibnu Hibban #2166

صحيح ابن حبان ٢١٦٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الأَزْهَرِ السِّجْزِيُّ، حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا أَبَانُ، وَشُعْبَةُ، قَالاَ‏:‏ حَدَّثَنَا، قَتَادَةُ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ رُصُّوا صُفُوفَكُمْ وَقَارِبُوا بَيْنَهَا وَحَاذُوا بِالأَكْتَافِ، فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنِّي لَأَرَى الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ مِنْ خَلَلِ الصَّفِّ كَأَنَّهَا الْحَذَفُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2166: Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Al Azhar As-Sajzi menceritakan kepada kami, Muslim bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Aban dan Syu’bah menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Qatadah menceritakan kepada kami dari Anas, bahwa Rasulullah bersabda, “,i>Rapatkan shaf kalian kalian, dekatkan jaraknya, dan luruskanlah dengan bahu. Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, sungguh aku melihat syetan masuk melalui celah-celah shaf seperti kambing kecil hitam.”624 [1:73]

Shahih Ibnu Hibban #2167

صحيح ابن حبان ٢١٦٧: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ الْجُمَحِيُّ، حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى، حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ يُونُسَ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنْ حِطَّانَ بْنِ عَبْدِ اللهِ الرَّقَاشِيِّ، أَنَّ الأَشْعَرِيَّ صَلَّى بِأَصْحَابِهِ، فَلَمَّا جَلَسَ فِي صَلاَتِهِ قَالَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ‏:‏ أُقِرَّتِ الصَّلاَةُ بِالْبِرِّ وَالزَّكَاةِ‏؟‏ فَلَمَّا قَضَى الأَشْعَرِيُّ صَلاَتَهُ أَقْبَلَ عَلَى الْقَوْمِ فَقَالَ‏:‏ أَيُّكُمُ الْقَائِلُ كَلِمَةَ كَذَا كَذَا‏؟‏ فَأَرَمَّ الْقَوْمُ فَقَالَ‏:‏ لَعَلَّكَ يَا حِطَّانُ قُلْتُهَا قَالَ‏:‏ وَاللَّهِ مَا قُلْتُهَا وَلَقَدْ خِفْتُ أَنْ تَبْكَعَنِي بِهَا، فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ‏:‏ أَنَا قُلْتُهَا وَمَا أَرَدْتُ بِهَا إِلاَّ الْخَيْرَ، فَقَالَ الأَشْعَرِيُّ‏:‏ أَمَا تَعْلَمُونَ مَا تَقُولُونَ فِي صَلاَتِكُمْ‏؟‏ إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَبَنَا فَعَلَّمَنَا سُنَّتَنَا وَبَيَّنَ لَنَا صَلاَتَنَا، فَقَالَ‏:‏ إِذَا أُقِيمَتِ الصَّلاَةُ فَأَقِيمُوا صُفُوفَكُمْ وَلْيَؤُمَّكُمْ أَحَدُكُمْ، فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا، وَإِذَا قَالَ‏:‏ ‏{‏وَلاَ الضَّالِّينَ‏}‏ فَقُولُوا‏:‏ آمِينَ يُجِبْكُمُ اللَّهُ، ثُمَّ إِذَا كَبَّرَ فَرَكَعَ فَكَبِّرُوا وَارْكَعُوا، فَإِنَّ الإِمَامَ يَرْكَعُ قَبْلَكُمْ وَيَرْفَعُ قَبْلَكُمْ قَالَ نَبِيُّ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ فَتِلْكَ بِتِلْكَ، وَإِذَا قَالَ‏:‏ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا‏:‏ اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ فَإِنَّ اللَّهَ جَلَّ وَعَلاَ قَالَ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، ثُمَّ إِذَا كَبَّرَ وَسَجَدَ فَكَبِّرُوا وَاسْجُدُوا، فَإِنَّ الإِمَامَ يَسْجُدُ قَبْلَكُمْ وَيَرْفَعُ قَبْلَكُمْ قَالَ نَبِيُّ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ فَتِلْكَ بِتِلْكَ، فَإِذَا كَانَ عِنْدَ الْقَعْدَةِ فَلْيَكُنْ مِنْ قَوْلِ أَحَدِكُمُ التَّحِيَّاتُ الصَّلَوَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2167: Al Fadhl bin Al Hubab Al Jumahi mengabarkan kepada kami, Musaddad bin Musarhad menceritakan kepada kami, Yahya menceritakan kepada kami, Hisyam menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Yunus bin Jubair, dari Hiththan bin Abdullah Ar-Raqasyi, bahwa Al Asy’ari shalat mengimami para sahabatnya. Ketika dia duduk dalam shalatnya, seorang laki-laki yang hadir berkata, “Shalat ditetapkan dengan kebaikan dan zakat.” Seusai shalat, Al Asy’ari menghadap kepada orang-orang, lalu berkata, “Siapakah yang tadi mengucapkan kata-kata tersebut?” Orang-orang pun terdiam. Dia berkata, “Wahai Hiththan, kamukah yang mengatakannya” Hiththan berkata, “Demi Allah, aku tidak mengatakannya. Aku takut kamu akan mengejekku.” Seorang laki-laki lalu berkata, “Akulah yang mengatakannya, dan aku tidak menginginkan sesuatu kecuali kebaikan.” Al Asy’ari berkata, ‘Tahukah kalian apa yang harus kalian ucapkan saat shalat? Sesungguhnya Rasulullah pernah berkhutbah di hadapan kami untuk mengajarkan Sunnah dan menjelaskan shalat. Beliau bersabda, ‘apabila iqamah telah dikumandangkan, luruskanlah shaf-shaf kalian dan hendaklah ada yang menjadi imam. Apabila dia takbir, takbirlah kalian. Apabila dia membaca, “Waladh-dhaalliin,” bacalah, “Amin”, dan Allah akan mencintai kalian. Apabila dia takbir dan kemudian ruku, maka takbir dan rukulah, karena imam ruku sebelum kalian dan bangun sebelum kalian'. Nabi bersabda, ‘Pada saat itulah kalian melakukannya (apabila imam ruku barulah makmum ruku...). Apabila imam membaca, “Sami'allaahu liman bacalah, "Allaahumma rabbanaa wa lakal hamdu”, karena Allah berfirman melalui lidah Nabi-Nya, “Sami'allaahu liman hamidah (Allah mendengar orang yang memuji-Nya). Apabila dia takbir lalu sujud, maka takbir dan sujudlah, karena imam sujud sebelum kalian dan bangun sebelum kalian ’. Nabi bersabda, ‘ Pada saat itulah kalian melakukannya (yakni ketika imam sujud, barulah makmum sujud...). Apabila imam duduk, hendaklah yang dibaca seseorang dari kalian adalah, ‘At-tahiyyaatush shalawaatu lillaah, assalaamu alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh, assalaamu alaina wa ala ibaadillaahish shaalihiin, asyhadu an laa ilaaha illallaahu wa anna muhammadan abduhu wa rasuuluh’” 625 [1:78]

Shahih Ibnu Hibban #2168

صحيح ابن حبان ٢١٦٨: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ، وَعَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ، قَالاَ‏:‏ حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ الأَسْوَدِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُصْعَبُ بْنُ ثَابِتِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، قَالَ‏:‏ جِئْتُ فَقَعَدْتُ فَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ خَبَّابٍ‏:‏ جَاءَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ فَقَعَدَ مَكَانَكَ هَذَا فَقَالَ‏:‏ تَدْرُونَ مَا هَذَا الْعُودُ‏؟‏ قُلْنَا‏:‏ لاَ قَالَ‏:‏ إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ أَخَذَ بِيَمِينِهِ، ثُمَّ الْتَفَتَ فَقَالَ‏:‏ اعْتَدِلُوا سَوُّوا صُفُوفَكُمْ ثُمَّ أَخَذَ بِيَسَارِهِ، ثُمَّ قَالَ‏:‏ اعْتَدِلُوا سَوُّوا صُفُوفَكُمْ فَلَمَّا هُدِمَ الْمَسْجِدُ فُقِدَ فَالْتَمَسَهُ عُمَرُ رِضْوَانُ اللهِ عَلَيْهِ، فَوَجَدَهُ قَدْ أَخَذَهُ بَنُو عَمْرِو بْنِ عَوْفٍ فَجَعَلُوهُ فِي مَسْجِدِهِمْ فَانْتَزَعَهُ فَأَعَادَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2168: Al Fadhl bin Al Hubab mengabarkan kepada kami, dia berkata: Musaddad bin Musarhad dan Ali bin Al Madini menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Humaid bin Al Aswad menceritakan kepada kami, dia berkata: Mush'ab bin Tsabit bin Abdullah bin Az- Zubair menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku datang lalu duduk di suatu tempat, kemudian Muhammad bin Muslim bin Khabbab berkata: Anas bin Malik pernah datang lalu duduk di tempat kamu duduk sekarang. Lalu dia bertanya, ‘Tahukah kamu kayu apa ini?” Kami menjawab, ‘Tidak.” Dia berkata, “Rasulullah apabila berdiri hendak menunaikan shalat, memegang kayu ini dengan tangan kanannya, lalu menoleh dan bersabda, “Luruskan dan ratakan shaf-shaf kalian”.Kemudian beliau memegang dengan tangan kirinya, lalu menoleh dan bersabda, “Luruskan dan ratakan shaf-shaf kalian”.626 Ketika masjid dibongkar, kayu ini hilang. Lalu Umar mencarinya dan menemukannya pada orang-orang bani Amr bin Auf. Mereka mengambilnya dan meletakkannya di masjid mereka, maka dia mengambil kembali kayu tersebut lalu mengembalikannya di tempatnya semula’.” 627 [5:8]

Shahih Ibnu Hibban #2169

صحيح ابن حبان ٢١٦٩: أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ سُلَيْمَانَ، بِالْفُسْطَاطِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ هِشَامِ بْنِ أَبِي خَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مِسْعَرُ بْنُ كِدَامٍ، عَنْ سِمَاكٍ، عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَوِّي الصُّفُوفَ كَأَنَّمَا بِهَا الْقِدَاحُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2169: Ali bin Al Husain bin Sulaiman mengabarkan kepada kami di Al Fusthath, dia berkata: Muhammad bin Hisyam bin Abi Khiyarah menceritakan kepada kami, dia berkata: Yazid bin Harun menceritakan kepada kami, dia berkata: Mis'ar bin Kidam mengabarkan kepada kami dari Simak, dari An-Nu'man bin Basyir, dia berkata, “Rasulullah meluruskan shaf seperti (meluruskan) anak panah.” 628 [5:8]

Shahih Ibnu Hibban #2170

صحيح ابن حبان ٢١٧٠: أَخْبَرَنَا ابْنُ خُزَيْمَةَ، حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ، حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ السَّرِيِّ، حَدَّثَنَا مُصْعَبُ بْنُ ثَابِتِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ خَبَّابٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ عُمَرَ، لَمَّا زَادَ فِي الْمَسْجِدِ غَفَلُوا عَنِ الْعُودِ الَّذِي كَانَ فِي الْقِبْلَةِ قَالَ أَنَسٌ‏:‏ أَتَدْرُونَ لأَيِّ شَيْءٍ جُعِلَ ذَلِكَ الْعُودُ‏؟‏ فَقَالُوا‏:‏ لاَ فَقَالَ‏:‏ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أُقِيمَتِ الصَّلاَةُ أَخَذَ الْعُودَ بِيَدِهِ الْيُمْنَى، ثُمَّ الْتَفَتَ فَقَالَ‏:‏ اعْدِلُوا صُفُوفَكُمْ وَاسْتَوُوا ثُمَّ أَخَذَ بِيَدِهِ الْيُسْرَى ثُمَّ الْتَفَتَ فَقَالَ‏:‏ اعْدِلُوا صُفُوفَكُمْ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2170: Ibnu Khuzaimah mengabarkan kepada kami, Mahmud bin Ghailan menceritakan kepada kami, Bisyr bin As-Sari menceritakan kepada kami, Mush'ab bin Tsabit bin Abdullah bin Az- Zubair menceritakan kepada kami, Muhammad bin Muslim bin Habbab menceritakan kepada kami dari Anas bin Malik, bahwa ketika Umar melebarkan masjid, orang-orang lupa dengan kayu yang berada di arah kiblat, maka Anas bertanya, ‘Tahukah kalian untuk apa kayu ini dibuat?’ Mereka menjawab, ‘Tidak.’ Anas berkata, “Sesungguhnya Nabi memegang kayu ini dengan tangan kanannya ketika qamat telah dikumandangkan. Kemudian beliau menoleh dan bersabda, “Ratakan shaf-shaf kalian dan luruskanlah”’. Beliau lalu memegang dengan tangan kirinya, lalu menoleh dan bersabda, “Ratakan shaf-shaf kalian”629 [1:78]