صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1741

صحيح ابن حبان ١٧٤١: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّا بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدَ، عَنْ أَبِي حَرْبِ بْنِ أَبِي الأَسْوَدِ، عَنْ فَضَالَةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ اللَّيْثِيِّ، قَالَ‏:‏ أَتَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَسْلَمْتُ وَعَلَّمَنِي الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ فِي مَوَاقِيتِهَا، قَالَ‏:‏ فَقُلْتُ لَهُ‏:‏ إِنَّ هَذِهِ سَاعَاتٌ أَشْتَغِلُ فِيهَا، فَمُرْ لِي بِجَوَامِعَ، قَالَ‏:‏ فَقَالَ‏:‏ إِنْ شُغِلْتَ، فَلاَ تُشْغَلْ عَنِ الْعَصْرَيْنِ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ وَمَا الْعَصْرَانِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ صَلاَةُ الْغَدَاةِ، وَصَلاَةُ الْعَصْرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1741: Abu Ya'la mengabarkan kepada kami, dia berkata: Zakariya bin Yahya menceritakan kepada kami, dia berkata: Husyaim menceritakan kepada kami dari Daud bin Abi Hindun, dari Abu Haib bin Abu Al Aswad, dari Fadhalah bin Abdullah37 Al-Laitsi, dia berkata: Aku menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian aku masuk Islam. Beliau kemudian mengajariku shalat lima waktu pada waktunya. Abu Harb berkata: Aku berkata kepada beliau, “Sesungguhnya pada waktu-waktu tersebut aku sedang sibuk, maka suruhlah aku melakukan kumpulan waktu-waktu tersebut" Nabi bersabda, “Jika kamu sibuk, janganlah kamu melalaikan Al Ashrain” Aku pun bertanya, “Apakah Al Ashrain itu?" Nabi menjawab, “Shalat Subuh dan shalat Ashar.” [17:1]

Shahih Ibnu Hibban #1742

صحيح ابن حبان ١٧٤٢: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ قَحْطَبَةَ، بِفَمِ الصِّلْحِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ شَاهِينٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ فَضَالَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ‏:‏ عَلَّمَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَكَانَ فِيمَا عَلَّمَنَا قَالَ‏:‏ حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ، وَحَافِظُوا عَلَى الْعَصْرَيْنِ قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، وَمَا الْعَصْرَانِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ صَلاَةٌ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ، وَصَلاَةٌ قَبْلَ غُرُوبِهَا‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ سَمِعَ دَاوُدُ بْنُ أَبِي هِنْدَ هَذَا الْخَبَرَ مِنْ أَبِي حَرْبِ بْنِ أَبِي الأَسْوَدِ، وَمِنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ فَضَالَةَ، عَنْ فَضَالَةَ، وَأَدَّى كُلَّ خَبَرٍ بِلَفْظِهِ، فَالطَّرِيقَانِ جَمِيعًا مَحْفُوظَانِ وَالْعَرَبُ تَذْكُرُ فِي لُغَتِهَا أَشْيَاءَ عَلَى الْقِلَّةِ وَالْكَثْرَةِ، وَتُطْلِقُ اسْمَ الْقَبْلِ عَلَى الشَّيْءِ الْيَسِيرِ، وَعَلَى الْمُدَّةِ الطَّوِيلَةِ، وَعَلَى الْمُدَّةِ الْكَبِيرَةِ، كَقَوْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَمَارَاتِ السَّاعَةِ‏:‏ يَكُونُ مِنَ الْفِتَنِ قَبْلَ السَّاعَةِ كَذَا، وَقَدْ كَانَ ذَلِكَ مُنْذُ سِنِينَ كَثِيرَةٍ، وَهَذَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ اسْمَ الْقَبْلِ يَقَعُ عَلَى مَا ذَكَرْنَا، لاَ أَنَّ الْقَبْلَ فِي اللُّغَةِ يَكُونُ مَقْرُونًا بِالشَّيْءِ حَتَّى لاَ يُصَلِّيَ الْغَدَاةَ إِلاَّ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ، وَلاَ الْعَصْرَ إِلاَّ قَبْلَ غُرُوبِهَا إِرَادَةَ إِصَابَةِ الْقَبْلِ فِيهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1742: Abdullah bin Qahthabah mengabarkan kepada kami di Fam Ash-Shilh, dia berkata: Ishaq bin Syahin menceritakan kepada kami, dia berkata: Khalid bin Abdullah menceritakan kepada kami dari Daud bin Abi Hindun, dari Abdullah bin Fadhalah, dari ayahnya, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengajari kami, dan di antara yang beliau ajarkan kepada kami adalah, “Peliharalah shalat (lima waktu) dan peliharalah shalat Al Ashrain.” Aku lalu bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah shalat Al Ashrain itu?” Beliau menjawab, “Shalat sebelum matahari terbit dan shalat sebelum matahari terbenam.” 39 [17:1] Abu Hatim berkata, “Daud bin Abi Hindun mendengar khabar ini dari Abu Harb bin Abu Al Aswad dan dari Abdullah bin Fadhalah, dari Fadhalah. Dia menyebutkan masing-masing khabar dengan redaksi matannya. Kedua jalur ini sama-sama dihafal.” Dalam kebiasaan Orang-orang Arab, terdapat beberapa ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang sebentar ataupun lama. Kata الْقَبْلُ (Sebelum) menunjukkan waktu yang sebentar, waktu yang lama, dan waktu yang besar, seperti sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, “Akan terjadi fitnah-fitnah sebelum Hari Kiamat...." Fitnah tersebut terjadi pada tahun-tahun dahulu. Ini menunjukkan bahwa kata “sebelum” berlaku untuk sesuatu yang telah kami sebutkan. Kata “sebelum” secara bahasa maksudnya bukan sesuatu yang berbarengan dengan sesuatu (yang sesudahnya), sehingga seseorang tidak shalat Subuh kecuali sebelum matahari terbit dan tidak shalat Ashar kecuali sebelum matahari terbenam. Oleh karena itu, maksud kata “sebelum” bukanlah demikian.

Shahih Ibnu Hibban #1743

صحيح ابن حبان ١٧٤٣: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ إِسْحَاقَ الأَنْمَاطِيُّ، حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ، حَدَّثَنَا مُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدَ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ جُنْدُبٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ، فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللهِ، فَاتَّقِ اللَّهَ يَا ابْنَ آدَمَ أَنْ يَطْلُبَكَ اللَّهُ بِشَيْءٍ مِنْ ذِمَّتِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1743: Ibrahim bin Ishaq Al Anmathi mengabarkan kepada kami, Humaid bin Mas’adah menceritakan kepada kami, Mu’tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Daud bin Abi Hindun, dari Al Hasan, dari Jundub, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa menunaikan shalat Shubuh, maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu, bertakwalah, wahai anak Adam, (jangan sampai) Allah meminta kepadamu sesuatu dari- jaminan-Nya.” 40 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #1744

صحيح ابن حبان ١٧٤٤: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ، حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَعْدٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنِي يَزِيدُ بْنُ أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ خَيْرِ بْنِ نُعَيْمٍ الْحَضْرَمِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ هُبَيْرَةَ السَّبَائِيِّ، عَنْ أَبِي تَمِيمٍ الْجَيْشَانِيِّ، عَنْ أَبِي بَصْرَةَ الْغِفَارِيِّ، قَالَ‏:‏ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةَ الْعَصْرِ، فَقَالَ‏:‏ إِنَّ هَذِهِ الصَّلاَةَ عُرِضَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، فَتَوَانَوْا فِيهَا وَتَرَكُوهَا، فَمَنْ صَلاَّهَا مِنْهُمْ ضُعِّفَ لَهُ أَجْرُهَا مَرَّتَيْنِ، وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَهَا حَتَّى يُرَى الشَّاهِدُ‏.‏ وَالشَّاهِدُ‏:‏ النَّجْمُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ الْعَرَبُ تُسَمِّي الثُّرَيَّا‏:‏ النَّجْمَ، وَلَمْ يُرِدْ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَوْلِهِ هَذَا أَنَّ وَقْتَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ لاَ تَدْخُلُ حَتَّى تُرَى الثُّرَيَّا، لأَنَّ الثُّرَيَّا لاَ تَظْهَرُ إِلاَّ عِنْدَ اسْوِدَادِ الْأُفُقِ وَتَغْيِيرِ الأَثِيرِ، وَلَكِنْ مَعْنَاهُ عِنْدِي‏:‏ أَنَّ الشَّاهِدَ هُوَ أَوَّلُ مَا يَظْهَرُ مِنْ تَوَابِعِ الثُّرَيَّا، لأَنَّ الثُّرَيَّا تَوَابِعُهَا الْكَفُّ الْخَضِيبُ، وَالْكَفُّ الْجَذْمَاءُ، وَالْمَأْبِضُ، وَالْمِعْصَمُ، وَالْمِرْفَقُ، وَإِبْرَةُ الْمِرْفَقِ، وَالْعَيُّوقُ، وَرِجْلُ الْعَيُّوقِ، وَالأَعْلاَمُ، وَالضَّيِّقَةُ، وَالْقِلاَصُ، وَلَيْسَ هَذِهِ الْكَوَاكِبُ بِالأَنْجُمِ الزُّهْرِ إِلاَّ الْعُيُّوقَ، فَإِنَّهُ كَوْكَبٌ أَحْمَرُ مُنِيرٌ مُنْفَرِدٌ فِي شِقِّ الشِّمَالِ، عَلَى مَتْنِ الثُّرَيَّا يَظْهَرُ عِنْدَ غَيْبُوبَةِ الشَّمْسِ، فَإِذَا كَانَ الإِنْسَانُ فِي بَصَرِهِ أَدْنَى حِدَّةٍ، وَغَابَتِ الشَّمْسُ، يَرَى الْعَيُّوقَ وَهُوَ الشَّاهِدُ الَّذِي تَحِلُّ صَلاَةُ الْمَغْرِبِ عِنْدَ ظُهُورِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1744: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, Ali bin Al Madini menceritakan kepada kami, Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’d menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada kami dari Abu Ishaq, Yazid bin Abi Habib menceritakan kepadaku dari Khair bin Nu’aim Al Hadhrami, dari Abdullah bin Hubairah As-Saba‘i, dari Abu Tamim Al Jaisyani, dari Abu Bahsrah Al Ghifari, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam shalat Ashar mengimami kami, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya shalat ini ditawarkan kepada orang-orang sebelum kalian, lalu mereka bermalas-malasan di dalamnya dan meninggalkannya. Jadi, barangsiapa di antara mereka menunaikannya, maka pahalanya akan dilipatgandakan dua kali, dan tidak ada shalat lagi setelah itu sampai syahid-nya terlihat." Syahid adalah an-najm (bintang). 41 [2:1] Abu Hatim berkata, “Orang-orang Arab menamakan bintang Kartika sebagai An-Najm (bintang). Maksud Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dengan sabdanya bukanlah bahwa waktu shalat Maghrib tidak masuk sampai bintang kartika kelihatan, karena bintang kartika tidak kelihatan kecuali ketika ufuk telah hitam (gelap) dan terjadi perubahan udara. Arti yang dimaksud menurutku adalah, syahid merupakan satelit bintang kartika yang pertama kali muncul, karena satelit-satelit bintang kartika adalah Al Kaff Al Khadhib, Al Kaff Al Jadzma', Al Ma ‘bidh,,Al Mi’sham, Al Mirfaq, Ibrat Al Mirfaq, Al Ayyuq, Rijl Al Ayyuq, Al A’lam, Adh-Dhaiqah, dan Al Qilash. Di antara bintang- bintang ini tidak ada yang bersinar kecuali Al Ayyuq, karena dia merupakan bintang merah yang bersinar sendirian di sebelah utara di tengah-tengah bintang kartika yang muncul ketika matahari terbenam. Orang yang penglihatannya tajam dapat melihat Al Ayyuq ketika matahari terbenam. Dialah syahid yang menjadi pembuka shalat Maghrib ketika telah muncul.”

Shahih Ibnu Hibban #1745

صحيح ابن حبان ١٧٤٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ الْعُمَرِيُّ، بِالْمَوْصِلِ، حَدَّثَنَا مُعَلَّى بْنُ مَهْدِيٍّ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ زِرٍّ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ يَوْمَ الْخَنْدَقِ‏:‏ شَغَلُونَا عَنْ صَلاَةِ الْوُسْطَى، مَلَأَ اللَّهُ بُيُوتَهُمْ وَبُطُونَهُمْ نَارًا وَهِيَ الْعَصْرُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1745: Ibrahim bin Ali bin Abdul Aziz Al Umari mengabarkan kepada kami di Mosul, Mu’alla bin Mahdi menceritakan kepada kami, Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami dari Ashim, dari Zirr, dari Ali bin Abi Thalib RA, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda saat Perang Khandaq, “Mereka menyibukkan kita dari shalat Al Wustha (sehingga terlambat menunaikannya), semoga Allah memenuhi rumah-rumah mereka dan perut-perut mereka dengan api.” Maksudnya adalah shalat Ashar. 42 [10:3]

Shahih Ibnu Hibban #1746

صحيح ابن حبان ١٧٤٦: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ زُهَيْرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْجَرَّاحُ بْنُ مَخْلَدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَاصِمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ مُوَرِّقٍ، عَنْ أَبِي الأَحْوَصِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ صَلاَةُ الْوُسْطَى‏:‏ صَلاَةُ الْعَصْرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1746: Ahmad bin Yahya bin Zuhair mengabarkan kepada kami, dia berkata: Al Janah bin Makhlad menceritakan kepada kami, dia berkata: Amr bin Ashim menceritakan kepada kami, dia berkata: Hammam menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Muwarriq, dari Abu Al Ahwash, dari Abdullah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Shalat Al Wustha adalah shalat Ashar.”43 [66:3]

Shahih Ibnu Hibban #1747

صحيح ابن حبان ١٧٤٧: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ، حَدَّثَنَا فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ هِلاَلِ بْنِ عَلِيٍّ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي عَمْرَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ، وَأَقَامَ الصَّلاَةَ، وَصَامَ رَمَضَانَ، كَانَ حَقًّا عَلَى اللهِ أَنْ يُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ، هَاجَرَ فِي سَبِيلِ اللهِ، أَوْ جَلَسَ حَيْثُ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1747: Abdullah bin Muhammad mengabarkan kepada kami, Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Abu Amir menceritakan kepada kami, Fulaih bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Hilal bin Ali, dari Abdurrahman bin Abi Amrah, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, dan berpuasa ramadhan, maka wajib bagi Allah memasukkannya ke dalam surga, baik dia berhijrah di jalan Allah maupun duduk di tempat dia dilahirkan ibunya” 44 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #1748

صحيح ابن حبان ١٧٤٨: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، بِبَيْتِ الْمَقْدِسِ، حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ، أَنَّ ابْنَ أَبِي هِلاَلٍ، حَدَّثَهُ عَنْ نُعَيْمٍ الْمُجْمِرٍ، أَنَّ صُهَيْبًا مَوْلَى الْعُتْوَارِيِّيِّنَ، حَدَّثَهُ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ، وَأَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ، يُخْبِرَانِ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ جَلَسَ عَلَى الْمِنْبَرِ، ثُمَّ قَالَ‏:‏ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ سَكَتَ، فَأَكَبَّ كُلُّ رَجُلٍ مِنَّا يَبْكِي حُزْنًا لِيَمِينِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ قَالَ‏:‏ مَا مِنْ عَبْدٍ يُؤَدِّي الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، وَيَصُومُ رَمَضَانَ، وَيَجْتَنِبُ الْكَبَائِرَ السَّبْعَ، إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى إِنَّهَا لَتَصْطَفِقُ، ثُمَّ تَلاَ ‏{‏إِنْ تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ‏}‏‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1748: Abdullah bin Muhammad bin Salm mengabarkan kepada kami di Baitul Maqdis, Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, Amr bin Al Harits mengabarkan kepadaku, bahwa Ibnu Abi Hilal menceritakan kepadanya dari Nu’aim bin Al Mujmir, bahwa Shuhaib —maula Al Utwariyyin— menceritakan kepadanya, bahwa dia mendengar Abu Hurairah dan Abu Sa’id Al Khudri mengabarkan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau duduk di atas mimbar lalu bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya —tiga kali—.” Beliau lalu diam, sehingga masing-masing dari kami menangis tersedu-sedu karena sumpah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau lalu bersabda, “Tidak ada seorang pun dari hamba yang menunaikan shalat lima waktu, berpuasa Ramadhan, dan menjauhi tujuh dosa besar, kecuali akan dibukakan untuknya delapan pintu surga pada Hari Kiamat, sampai pintu-pintu tersebut saling bersahutan (suaranya)” Nabi lalu membaca ayat, “Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan- kesalahanmu (dosa-dosamu yang kedi).” (Qs. An-Nisaa' [4]: 31) 45 [2:1]

Shahih Ibnu Hibban #1749

صحيح ابن حبان ١٧٤٩: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا هِلاَلُ بْنُ مَيْمُونٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ صَلاَةُ الرَّجُلِ فِي جَمَاعَةٍ تَزِيدُ عَلَى صَلاَتِهِ وَحْدَهُ بِخَمْسٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً، فَإِنْ صَلاَّهَا بِأَرْضِ قِيٍّ، فَأَتَمَّ وُضُوءَهَا، وَرُكُوعَهَا، وَسُجُودَهَا، تُكْتَبُ صَلاَتُهُ بِخَمْسِينَ دَرَجَةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1749: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, Abu Bakar Ibnu Abi Syaibah menceritakan kepada kami, Abu Muawiyah menceritakan kepada kami, Hilal bin Maimun menceritakan kepada, kami dari Atha bin Yazid, dari Abu Sa’id Al Khudri, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Shalatnya seseorang secara berjamaah adalah melebihi shalatnya secara sendirian (dalam pahala) dengan (perbandingan) dua puluh lima derajat. Jika dia shalat di tanah tandus dengan menyempurnakan wudhunya, rukunya, dan sujudnya, maka pahalanya akan dicatat lima puluh derajat.” 47 [2:1]

Shahih Ibnu Hibban #1750

صحيح ابن حبان ١٧٥٠: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَّرَ صَلاَةَ الْعِشَاءِ حَتَّى إِذَا كَانَ شَطْرُ اللَّيْلِ، ثُمَّ جَاءَ فَقَالَ‏:‏ إِنَّ النَّاسَ قَدْ صَلَّوْا وَنَامُوا، وَإِنَّكُمْ لَنْ تَزَالُوا فِي صَلاَةٍ مُذِ انْتَظَرْتُمْ قَالَ أَنَسٌ‏:‏ فَكَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى وَبِيصِ خَاتَمِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1750: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami. Hudbah bin Khalid menceritakan kepada kami, Hammmad bin Salamah menceritakan kepada kami dari Tsabit, dari Anas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menunda shalat Isya. Pada tengah malam beliau datang lalu bersabda, “Sesungguhnya orang-orang telah shalat dan kemudian tidur, sedangkan kalian senantiasa dalam (pahala) shalat selama kalian menunggunya”. Anas berkata, “Seakan-akan aku melihat kilatan cincin beliau.” 48 [2:1]