صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1671

صحيح ابن حبان ١٦٧١: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْمُرَادِيُّ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، عَنْ حَيْوَةَ بْنِ شُرَيْحٍ، عَنْ نَافِعِ بْنِ سُلَيْمَانَ، أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ أَبِي صَالِحٍ، أَخْبَرَهُ عَنْ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ عَائِشَةَ تَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ‏:‏ الإِمَامُ ضَامِنٌ، وَالْمُؤَذِّنُ مُؤْتَمَنٌ، فَأَرْشَدَ اللَّهُ الأَئِمَّةَ، وَعَفَا عَنِ الْمُؤَذِّنِينَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ سَمِعَ هَذَا الْخَبَرَ أَبُو صَالِحٍ السَّمَّانُ عَنْ عَائِشَةَ عَلَى حَسَبِ مَا ذَكَرْنَاهُ، وَسَمِعَهُ مِنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوعًا فَمَرَّةً حَدَّثَ بِهِ عَنْ عَائِشَةَ، وَأُخْرَى عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَتَارَةً وَقَفَهُ عَلَيْهِ، وَلَمْ يَرْفَعْهُ، وَأَمَّا الأَعْمَشُ، فَإِنَّهُ سَمِعَهُ مِنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مَوْقُوفًا، وَسَمِعَهُ مِنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، مَرْفُوعًا، وَقَدْ وَهِمَ مَنْ أَدْخَلَ بَيْنَ سُهَيْلٍ وَأَبِيهِ فِيهِ الأَعْمَشَ لأَنَّ الأَعْمَشَ سَمِعَهُ مِنْ سُهَيْلٍ، لاَ أَنَّ سُهَيْلاً سَمِعَهُ مِنَ الأَعْمَشِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1671: Al Hasan bin Suiyan telah mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Salamah Al Muradi telah menceritakan kepada kami, Ibnu Wahab telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Haiwah bin Syuraih dari Nafi’ bin Sulaiman, bahwa Muhammad bin Abu Shalih telah mengabarkannya dari ayahnya, bahwa ia mendengar Aisyah RA, berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Imam itu orang yang bertanggungjawab, Muadzin adalah orang yang dipercaya. Maka Allah memberi petunjuk709 kepada para imam, dan memberi ampunan kepada muadzin. "710 [1:2] Abu Hatim berkata, “Abu Shalih As-Saman mendengar khabar ini dari Aisyah RA. Seperti khabar yang telah kami sebutkan tadi. Ia juga mendengarnya dari Abu Hurairah RA sebagai hadits Marfu’terkadang sebuah hadits telah diceritakan dari Aisyah RA, dan yang lainnya dari Abu Hurairah RA. Hadits ini juga terkadang derajatnya adalah hadits Mauquf hanya sampai kepadanya (Abu Hurairah RA) tidak menjadi Marfu' (sampai kepada Rasulullah SAW). Adapun Al A’masy mendengarnya dari Abu Shalih dari ayahnya dari Abu Hurairah RA. hadits Marfu’. Terdapat keraguan dalam memasukkan periwayatan antara Suhail dan ayahnya yang di dalamnya terdapat Al A’masy, karena Al A’masy mendengarnya dari Suhail, bukan Suhail yang mendengarnya dari Al A’masy. 711

Shahih Ibnu Hibban #1672

صحيح ابن حبان ١٦٧٢: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، مَوْلَى ثَقِيفٍ، حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ الإِمَامُ ضَامِنٌ، وَالْمُؤَذِّنُ مُؤْتَمَنٌ، فَأَرْشَدَ اللَّهُ الأَئِمَّةَ، وَغَفَرَ لِلْمُؤَذِّنِينَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ الْفَرْقُ بَيْنَ الْعَفْوِ وَالْغُفْرَانِ، أَنَّ الْعَفْوَ قَدْ يَكُونُ مِنَ الرَّبِّ جَلَّ وَعَلاَ لِمَنِ اسْتَوْجَبَ النَّارَ مِنْ عِبَادِهِ، قَبْلَ تَعْذِيبِهِ إِيَّاهُمْ نَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْهُ، وَقَدْ يَكُونُ ذَلِكَ بَعْدَ تَعْذِيبِهِ إِيَّاهُمُ الشَّيْءَ الْيَسِيرَ، ثُمَّ يَتَفَضَّلُ عَلَيْهِمْ جَلَّ وَعَلاَ بِالْعَفْوِ، إِمَّا مِنْ حَيْثُ يُرِيدُ أَنْ يَتَفَضَّلَ، وَإِمَّا بِشَفَاعَةِ شَافِعٍ، وَالْغُفْرَانُ هُوَ الرِّضَا نَفْسُهُ، وَلاَ يَكُونُ الْغُفْرَانُ مِنْهُ جَلَّ وَعَلاَ لِمَنِ اسْتَوْجَبَ النِّيرَانَ بِفَضْلِهِ، إِلاَّ وَهُوَ يَتَفَضَّلُ عَلَيْهِمْ بِأَنْ لاَ يُدْخِلَهُمْ إِيَّاهَا بِحَيْلِهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1672: Muhammad bin Ishaq bin Ibrahim hamba sahaya Tsaqif telah mengabarkan kepada kami, Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami, Abdul Azis bin Muhammad telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Suhail bin Abu Shalih dari ayahnya, dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Imam itu orang bertanggungjawab, Muadzin itu adalah orang yang dipercaya. Maka Allah memberi petunjuk kepada para imam, dan memberi ampunan kepada para muadzin”.712 [ 1:2] Abu Hatim berkata, “terdapat perbedaan antara lafadz Al Afwu dengan Al Ghufran. Al Afwu (yang mempunyai arti maaf) diberikan Allah Jalla wa ‘Alaa kepada hamba-hamba-Nya yang berhak masuk dalam siksa api neraka, Al Afwu ini diberikan sebelum mereka disiksa dalam api neraka -kita berlindung daripadanya- terkadang juga diberikannya setelah mereka menjalani sedikit proses siksaan api neraka kemudian atas karunia Allah Jalla wa ‘Alaa kepada mereka, maka diberikan Al Afwu, baik itu atas kehendak-Nya sendiri atau melalui perantara syafa’at Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam Sedangkan Al Ghufran itu adalah ridha Allah semata, ini diberikan kepada hamba- hamba-Nya yang akan mendapat siksa neraka. Tetapi atas karunia dari-Nya kepada mereka Allah memberikannya berupa pembebasan mereka dari siksa neraka dengan kuasa-Nya (Al Hail). 713

Shahih Ibnu Hibban #1673

صحيح ابن حبان ١٦٧٣: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ، عَنْ يَحْيَى الْقَطَّانِ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ، قَالَ‏:‏ كَانَ الأَذَانُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ، فَلَمَّا كَانَ عُثْمَانُ كَثُرَ النَّاسُ فَأَمَرْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي عَلَى الزَّوْرَاءِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1673: Al Fadhl bin Al Hubbab telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Musaddad bin Musarhad telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Yahya bin Al Qaththan dari Ibnu Abu Dzi’b dari Az-Zuhri dari As-Sa’ib bin Yazid, ia berkata, Adzan ketika pada masa Rasulullah S A W, Abu Bakr dan Umar bin Khaththab itu dua kali-dua kali. Dan pada masa Utsman bin Affan ketika orang sudah mulai banyak, maka Utsman memerintahkan muadzin untuk adzan di atas Az-Zaura’ 714 [4:50]

Shahih Ibnu Hibban #1674

صحيح ابن حبان ١٦٧٤: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا جَعْفَرٍ، يُحَدِّثُ عَنْ مُسْلِمٍ أَبِي الْمُثَنَّى، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ‏:‏ إِنَّمَا كَانَ الأَذَانُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّتَيْنِ، وَالإِقَامَةُ مَرَّةً، غَيْرَ أَنَّهُ يَقُولُ‏:‏ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ، قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ، فَإِذَا سَمِعْنَا الإِقَامَةَ تَوَضَّأْنَا، ثُمَّ جِئْنَا إِلَى الصَّلاَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1674: Al Hasan bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Ja’far telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Syu’bah telah menceritakan kepada kami, berkata, Aku mendengar Abu Ja’far telah menceritakan dari Muslim Abu Al Mutsanna dari Ibnu Umar, berkata, Adzan pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dua kali (dalam pengulangan bacaannya), dan untuk iqamat satu kali (dalam bacaannya), namun di dalam iqamat ditambah dengan lafadz, Qad Qamat Ash-Shalah, Qad Qamat Ash-Shalah. Jika kami telah mendengar iqamat kami beranjak wudhu’, kemudian kami datang untuk shalat. 715 [4:50]

Shahih Ibnu Hibban #1675

صحيح ابن حبان ١٦٧٥: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ الْعَبْدِيُّ، قَالَ‏:‏ أَنْبَأَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ‏:‏ أُمِرَ بِلاَلٌ أَنْ يَشْفَعَ الأَذَانَ، وَيُوتِرُ الإِقَامَةَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ مَا رَوَى هَذَا عَنِ ابْنِ كَثِيرٍ مِنْ حَدِيثِ شُعْبَةَ ثِقَةٌ، غَيْرُ مُحَمَّدِ بْنِ أَيُّوبَ الرَّازِيُّ، وَأَبِي خَلِيفَةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1675: Abu Khalifah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Katsir Al Abdi, ia berkata, Syu’bah telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Ayyub dari Abu Qilabah dari Anas, berkata, Bilal diperintahkan untuk menggenapkan bacaan adzan, dan mengganjilkan bacaan iqamat. 716 [1:94] Abu Hatim Ra, berkata, “Para periwayat yang terdapat didalam hadits Ibnu Katsir dari Syu’bah adalah para periwayat yang terpercaya selain Muhammad bin Ayyub Ar-Razi dan Abu Khalifah”.

Shahih Ibnu Hibban #1676

صحيح ابن حبان ١٦٧٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْجُنَيْدِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ أَنَسٍ‏:‏ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِلاَلاً أَنْ يَشْفَعَ الأَذَانَ وَيُوتِرَ الإِقَامَةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1676: Muhammad bin Abdullah bin Al Junaid telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Zurai’ telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Khalid Al Hadzza’ dari Qilabah dari Anas, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan Bilal agar menggenapkan bacaan adzan dan mengganjilkan bacaan iqamat”27 [1:94]

Shahih Ibnu Hibban #1677

صحيح ابن حبان ١٦٧٧: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَحْمُودِ بْنِ عَدِيٍّ، بِنَسَا، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْجُعْفِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا آدَمُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ، يَقُولُ‏:‏ كَانَ الأَذَانُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثْنَى مَثْنَى، وَالإِقَامَةُ وَاحِدَةٌ، غَيْرَ أَنَّهُ يَقُولُ‏:‏ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ مَرَّتَيْنِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ أَبُو جَعْفَرٍ هَذَا هُوَ إِمَامُ مَسْجِدِ الأَنْصَارِ بِالْكُوفَةِ، اسْمُهُ مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ مِهْرَانَ بْنِ الْمُثَنَّى وَأَبُو الْمُثَنَّى اسْمُهُ مُسْلِمُ بْنُ الْمُثَنَّى‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1677: Muhammad bin Mahmud bin Adi di Nasa telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Isma'il Al Ju’fi telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Adam telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Syu’bah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Ja’far telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Aku mendengar Abu Al Mutsanna berkata, “Aku mendengar Ibnu Umar berkata, “Adzan pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bacaannya dibaca dua kali, dan bacaan iqamat hanya satu kali dibacanya, hanya saja ada tambahan dalam bacaannya yaitu bacaan Qad Qamat AshShalah, Qad Qamat Ash-Shalah dibaca dua kali." 718 [1:94] Abu Hatim berkata, “Abu Ja’far ini adalah Imam Masjid Al Anshar di Kuffah, ia mempunyai nama Muhammad bin Muslim bin Mahran bin Al Mutsanna719, dan Abu Al Mutsanna mempunyai nama Muslim bin Al Mutsanna.720

Shahih Ibnu Hibban #1678

صحيح ابن حبان ١٦٧٨: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ خَالِدًا الْحَذَّاءَ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ أَنَسٍ‏:‏ أَنَّهُ حَدَّثَ أَنَّهُمُ الْتَمَسُوا شَيْئًا يُؤَذِّنُونَ بِهِ عَلَمًا لِلصَّلاَةِ فَأُمِرَ بِلاَلٌ أَنْ يَشْفَعَ الأَذَانَ وَيُوتِرَ الإِقَامَةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1678: Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah telah mengabarkan kepada kami, ia berkala, Muhammad bin Abdul A’la telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Mu’tamar bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Aku mendengar Khalid Al Hadzza’ dari Abu Qilabah dari Anas telah menceritakannya, Mereka memohon sesuatu untuk dikumandangkan adzan sebagai tanda waktunya shalat. Maka Bilal diperintahkan untuk menggenapkan bacaan adzan dan mengganjilkan bacaan iqamat. 721 [1:94]

Shahih Ibnu Hibban #1679

صحيح ابن حبان ١٦٧٩: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مُحَمَّدٍ النَّاقِدُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَبْدِ رَبِّهِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي أَبِي عَبْدُ اللهِ بْنِ زَيْدٍ، قَالَ‏:‏ لَمَّا أَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالنَّاقُوسِ لِيُضْرَبَ بِهِ، لِيَجْتَمِعَ النَّاسُ إِلَى الصَّلاَةِ، أَطَافَ بِي مِنَ اللَّيْلِ، وَأَنَا نَائِمٌ رَجُلٌ عَلَيْهِ ثَوْبَانِ أَخْضَرَانِ، وَفِي يَدَهِ نَاقُوسٌ يَحْمِلُهُ، فَقُلْتُ‏:‏ يَا عَبْدَ اللهِ أَتَبِيعُ النَّاقُوسَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ فَمَا تَصْنَعُ بِهِ‏؟‏ قُلْتُ‏:‏ أَدْعُو بِهِ إِلَى الصَّلاَةِ، قَالَ‏:‏ أَفَلاَ أَدُلُّكَ عَلَى خَيْرٍ مِنْ ذَلِكَ‏؟‏ قُلْتُ‏:‏ بَلَى، قَالَ‏:‏ إِذَا أَرَدْتَ أَنْ تُؤَذِّنَ تَقُولُ‏:‏ اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ، حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ، حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ، حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، ثُمَّ اسْتَأْخَرَ غَيْرَ بَعِيدٍ، ثُمَّ قَالَ‏:‏ تَقُولُ إِذَا أَقَمْتَ الصَّلاَةَ‏:‏ اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ، حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ، قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ، قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، فَلَمَّا أَصْبَحْتُ غَدَوْتُ عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَخْبَرْتُهُ، فَقَالَ‏:‏ إِنَّهَا لَرُؤْيَا حَقٍّ إِنْ شَاءَ اللَّهُ، قُمْ فَأَلْقِ عَلَى بِلاَلٍ مَا رَأَيْتَ، فَلْيُؤَذِّنْ، فَإِنَّهُ أَنْدَى صَوْتًا فَقُمْتُ مَعَ بِلاَلٍ فَجَعَلْتُ أُلْقِي عَلَيْهِ، وَيُؤَذِّنُ بِذَلِكَ، فَسَمِعَ عُمَرُ صَوْتَهُ، وَهُوَ فِي بَيْتِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ فَقَامَ يَجُرُّ رِدَاءَهُ، يَقُولُ‏:‏ وَالَّذِي بَعَثَ مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، بِالْحَقِّ لَأُرِيتُ مِثْلَ مَا رَأَى، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ فَلِلَّهِ الْحَمْدُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1679: Ahmad bin Ali bin Al Mitsani telah mengabarkan kepada kami, Amr bin Muhammad An-Naqid telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ya'qub bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ayahku telah menceritakan kepada sebuah Hadits dari Ibnu Ishaq, ia berkata, Muhammad bin Ibrahim At-Taimi menceritakan kepada kami sebuah Hadits dari Muhammad bin Abdullah bin Zaid bin Abdu Rabbih, ia berkata, Ayahku yaitu Abdullah bin Zaid telah menceritakan kepadaku, ia berkata, Pada saat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepada para sahabat untuk memukul lonceng agar berkumpul melaksanakan shalat. Ketika aku sedang tidur, aku bermimpi bahwa seorang laki-laki mengelilingiku, ia memakai baju berwarna hijau dan memegang lonceng, aku berkata kepadanya, Wahai hamba Allah, apakah engkau akan menjual lonceng tersebut?, ia berkata, Apa yang akan engkau lakukan dengan lonceng mi? Aku berkata, Lonceng ini akan aku gunakan untuk panggilan shalat. Ia berkata, Apakah engkau ingin jika aku menunjukkan kepadamu sesuatu yang lebih baik dari itu”. Aku berkata, ‘Tentu saja”. Ia berkata, Jika engkau ingin mengumandangkan adzan (mengumpulkan manusia untuk shalat), maka engkau harus berkata, Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Asyhadu An Laa Haaha Illallahi (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah), Asyhadu An Laa Haaha Illallahi (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah), Asyhadu Anna Muhammadan Rasulullah (Aku Bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah), Asyhadu Anna Muhammadan Rasulullah (Aku Bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah), Hayya Ala Ash Shalaah (marilah kita shalat), Hayya Ala AshShalaah (marilah kita shalat), Hayya Ala Al Falaah (mari menuju kemenangan), Hayya Ala Al Falaah (mari menuju kemenangan), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Laa Haaha Illallahi (tiada Tuhan selain Allah). Kemudian ia mundur tidak seberapa jauh, lalu berkata, “Apabila engkau hendak melaksanakan shalat, maka engkau harus berkata, “ Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Asyhadu An Laa Uaaha Illallahi (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah), Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullah (Aku Bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah), Hayya Ala Shalaah (marilah kita shalat), Hayya Ala Al Falaah (mari menuju kemenangan), Qad Qaamatish shalaah (shalat akan didirikan), Qad Qaamatish shalaah (shalat akan didirikan), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Laa Ilaaha Illallahi (tiada Tuhan selain Allah). Pada saat Shubuh, aku mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kemudian aku memberitahukan mimpiku tersebut, kemudian ia berkata, “Sesungguhnya itu adalah mimpi yang benar, Insya Allah. Bangkitlah bersama bilal dan ajarkan kepadanya apa yang engkau mimpikan agar diadzankannya (Diserukannya), karena suaranya lebih lantang dari mu Maka aku bangkit bersama bilal lalu aku ajarkan kepadanya dan ia mengumandangkan adzan dengan lafazd tersebut Hal tersebut terdengar oleh Umar Umar bin Al Khaththab ketika ia berada dirumahnya, kemudian ia keluar dengan selendangnya yang menjuntai dan berkata, “Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar, sungguh aku telah memimpikan apa yang dimimpikannya”. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh, segala puji hanya milik Allah”.722 [94:1]

Shahih Ibnu Hibban #1680

صحيح ابن حبان ١٦٨٠: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي مَحْذُورَةَ، أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ مُحَيْرِيزٍ، أَخْبَرَهُ- وَكَانَ يَتِيمًا فِي حِجْرِ أَبِي مَحْذُورَةَ حِينَ جَهَّزَهُ إِلَى الشَّامِ- قَالَ‏:‏ قُلْتُ لأَبِي مَحْذُورَةَ‏:‏ إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أَخْرُجَ إِلَى الشَّامِ، وَإِنِّي أَسْأَلُ عَنْ تَأْذِينِكَ، فَأَخْبِرْنِي، قَالَ‏:‏ خَرَجْتُ فِي نَفَرٍ، فَكُنَّا فِي بَعْضِ طَرِيقِ حُنَيْنٍ، مَقْفَلَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ حُنَيْنٍ، فَلَقِيَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَعْضِ الطَّرِيقِ، فَأَذَّنَ مُؤَذِّنُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالصَّلاَةِ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَمِعْنَا الصَّوْتَ وَنَحْنُ مُتَنَكِّبُونَ عَنِ الطَّرِيقِ، فَصَرَخْنَا نَسْتِهْزِئُ، نَحْكِيهِ، فَسَمِعَ الصَّوْتَ، فَقَالَ‏:‏ أَيُّكُمْ يَعْرِفُ هَذَا الَّذِي أَسْمَعُ الصَّوْتَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ فَجِيءَ بِنَا، فَوَقَفْنَا بَيْنَ يَدَيْهِ، فَقَالَ‏:‏ أَيُّكُمْ صَاحِبُ الصَّوْتِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ فَأَشَارَ الْقَوْمُ كُلُّهُمْ إِلَيَّ، قَالَ‏:‏ فَأَرْسَلَهُمْ وَحَبَسَنِي عِنْدَهُ، وَلاَ شَيْءَ أَكْرَهُ إِلَيَّ مِمَّا يَأْمُرُنِي بِهِ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَرَنِي بِالأَذَانِ، وَأَلْقَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيَّ نَفْسُهُ الأَذَانَ، فَقَالَ‏:‏ قُلِ‏:‏ اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، ثُمَّ قَالَ لِي‏:‏ ارْجِعْ وَامْدُدْ صَوْتَكَ، قَالَ‏:‏ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ، حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ، حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ، حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، فَلَمَّا فَرَغَ مِنَ التَّأْذِينِ دَعَانِي فَأَعْطَانِي صُرَّةً فِيهَا شَيْءٌ مِنْ فِضَّةٍ، وَقَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ بَارِكْ فِيهِ وَبَارِكْ عَلَيْهِ، قَالَ‏:‏ فَقُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، مُرْنِي بِالتَّأْذِينِ، قَالَ‏:‏ قَدْ أَمَرْتُكَ بِهِ، قَالَ‏:‏ فَعَادَ كُلُّ شَيْءٍ مِنَ الْكَرَاهِيَةِ فِي الْقَلْبِ إِلَى الْمَحَبَّةِ، فَقَدِمْتُ عَلَى عَتَّابِ بْنِ أُسَيْدٍ عَامَلِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكُنْتُ أُأَذِّنُ بِمَكَّةَ عَنْ أَمْرِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ‏:‏ وَأَخْبَرَنِي غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِي خَبَرَ ابْنِ مُحَيْرِيزٍ هَذَا عَنْ أَبِي مَحْذُورَةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1680: Abdullah bin Muhammad Al Azdi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Bakar telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ibnu Juraij telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abdul Aziz bin Abdul Malik bin Abi Mahdzurah telah mengabarkan kepadaku bahwa Abdullah bin Muhairiz telah mengabarkan kepadanya —dia merupakan anak yatim dibawah pengasuhan Abu Mahdzurah pada saat dia bersiap-siap hendak melakukan perjalanan ke Syam—, ia berkata, Aku hendah pergi menuju Syam dan aku hendak bertanya tentang adzan engkau, kemudian ia mengabarkan kepadaku, ia berkata, Aku keluar melakukan perjalanan, pada saat kami ditengah perjalanan dikota Hunain, kami menemukan kunci Rasulullah dari Hunain, kemudian kami bertemu dengan Rasulullah di tengah perjalanan, lalu seorang muadzin yang berada disamping Rasulullah mengumandangkan adzan untuk shalat, kami mendengar suara tersebut dan kami terjatuh dari perjalanan, kami berteriak, saling mengejek dan menceritakan kejadian tadi, kemudian kami mendengar suara. Ia berkata, Adakah diantara kalian yang mengetahui suara apa yang telah aku dengar barusan?. Ia berkata, “Kami terkejut dan kami berhenti. Kemudian ia berkata, Adakah salah seorang diantara kalian yang memiliki suara seperti itu?. Ia berkata, “Kemudian semua orang-orang memberi isyarat kepada diriku, ia berkata, Maka ia memerintahkannya kepada mereka dan aku ditangkap sedangkan tidak ada sesuatu kebencian apapun hingga Rasulullah memerintahkan aku untuk mengumandangkan adzan. Rasulullah sendiri mengajarkan kepadaku kalimat adzan, beliau berkata, Katakanlah Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Asyhadu An Laa Ilaaha Illallahi (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah), Asyhadu An Laa llaaha Illallahi (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah), Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullah (Aku Bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah), Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullah (Aku Bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah). Kemudian beliau berkata723, Ulangi, panjangkan dan keraskan suaramu. Beliau berkata, Asyhadu An Laa Ilaaha Illallahi (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah), Asyhadu An Laa Ilaaha Illallahi (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah), Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullah (Aku Bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah), Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullah (Aku Bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah), Hayya Ala Ash-Shalaah (marilah kita shalat), Hayya Ala Ash-Shalaah (marilah kita shalat), Hayya Ala Al Falaah (mari menuju kemenangan), Hayya Ala Al Falaah (mari menuju kemenangan), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Allaahu Akbar (Allah Maha Besar), Laa Ilaaha illallahi (tiada Tuhan selain Allah). Setelah beliau selesai adzan, 724 beliau memanggilku dan memberikan kepadaku pundi-pundi yang terbuat dari perak dan beliau berkata, Wahai Tuhan kami, berkahilah dirinya dan berkahi orang-orang yang bersamanya”. Ia berkata, Aku berkata, Wahai Rasulullah, perintahkan kepadaku untuk mengumandangkan adzan, beliau berkata, “Aku telah memerintahkanmu untuk adzan”. Ia berkata, Kemudian terdapat kebencian di hati karena aku lebih dipilih oleh Rasulullah, aku melebihi Uttab bin Usaid pekerja Rasulullah dan aku mengumandangkan adzan di Makkah atas perintah Rasulullah SAW725 Ibnu Juraiz berkata dan beberapa orang dari keluargaku telah mengabarkan kepadaku tentang hadits Ibnu Muhairiz ini dari Abu Mahdzurah.