صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1591

صحيح ابن حبان ١٥٩١: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ، وَأَبُو عَامِرٍ الْعَقَدِيُّ، قَالاَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُرَّةُ بْنُ خَالِدٍ السَّدُوسِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الطُّفَيْلِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ‏:‏ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ فِي سَفْرَةٍ سَافَرَهَا، وَذَلِكَ فِي غَزْوَةٍ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ، فَقُلْتُ لَهُ‏:‏ فَمَا حَمَلَهُ عَلَى ذَلِكَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ أَرَادَ أَنْ لاَ يُحْرِجَ أُمَّتَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1591: Abdullah bin Muhammad Al Azdi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Nadhar bin Syumail dan Abu Amir Al Aqdi telah mengabarkan kepada kami, mereka berdua berkata, Qurrah bin Khalid As-Suwaidi telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Az- Zubair telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Thufail telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Mu’adz bin Jabal telah menceritakan kepada kami, Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjama’ antara shalat Zhuhur dan Ashar dan antara shalat Maghrib dan Isya dalam perjalanan beliau, yaitu ketika dalam peperangan. Aku bertanya kepadanya, “Untuk apa beliau berbuat begitu?”. Ia menjawab, “Beliau bermaksud agar tidak menyulitkan ummatnya” 589 [47:4]

Shahih Ibnu Hibban #1592

صحيح ابن حبان ١٥٩٢: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهَبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا الْمُفَضَّلُ بْنُ فَضَالَةَ، عَنْ عُقَيْلٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، أَنَّهُ حَدَّثَهُ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ الْعَصْرِ، ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا، وَإِذَا زَاغَتْ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى ثُمَّ رَحَلَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1592: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Mauhab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Mufaddhal bin Fadhalah telah mengabarkan kepada kami sebuah hadhs dari Aqil dari Ibnu Syihab bahwa ia telah menceritakan kepadanya dari Anas bin Malik, ia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berangkat sebelum matahari condong ke barat (sebelum Zhuhur), maka beliau mengakhirkan shalat Zhuhur hingga waktu Ashar, kemudian beliau turun dan menjama ’ keduanya. Apabila matahari telah condong sebelum berangkat, beliau shalat Zhuhur lebih dahulu, sesudah itu barulah beliau melakukan perjalanan."590 [47:4]

Shahih Ibnu Hibban #1593

صحيح ابن حبان ١٥٩٣: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، مَوْلَى ثَقِيفٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ، عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ‏:‏ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ، فَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ زَيْغِ الشَّمْسِ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَجْمَعَهَا إِلَى الْعَصْرِ، فَيُصَلِّيَهُمَا جَمِيعًا، وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ صَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا، ثُمَّ سَارَ، وَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبِ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْعِشَاءِ، وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ الْمَغْرِبِ عَجَّلَ الْعِشَاءَ فَصَلاَّهَا مَعَ الْمَغْرِبِ‏.‏سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْحَاقَ الثَّقَفِيَّ يَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ قُتَيْبَةَ بْنَ سَعِيدٍ يَقُولُ‏:‏ عَلَيْهِ عَلاَمَةُ سَبْعَةٍ مِنَ الْحُفَّاظِ، كَتَبُوا عَنِّي هَذَا الْحَدِيثَ‏:‏ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ، وَيَحْيَى بْنُ مَعِينٍ، وَالْحُمَيْدِيُّ، وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَأَبُو خَيْثَمَةَ حَتَّى عَدَّ سَبْعَةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1593: Muhammad bin Ishaq bin Ibrahim pemimpin kaum Tsaqip telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Laits bin Sa’ad telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Yazid bin Abu Habib dari Abu Thufail dari Mu’adz bin Jabal, Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pada perang tabuk, apabila beliau berangkat sebelum matahari condong ke barat, maka beliau mengakhirkan shalat Zhuhur ke waktu shalat Ashar, lalu beliau shalat Zhuhur dan Ashar dengan cara menjama’. Dan apabila beliau berangkat setelah matahari congong ke barat, beliau mengerjakan shalat Zhuhur dan Ashar (pada waktu Zhuhur) dengan cara menjama’, kemudian barulah beliau berangkat. Apabila beliau berangkat sebelum datangnya waktu Maghrib, beliau mengakhirkan shalat Maghrib hingga melaksanakan shalat Maghrib bersama Isya. Dan apabila berangkat sesudah waktu Maghrib, beliau mendahulukan shalat Isya (dari waktunya), dan melaksanakan shalat Isya bersama shalat Maghrib.” 591 [47:4] Aku telah mendengar Muhammad bin Ishaq Ast-Tsaqafi berkata, Aku telah mendengar Qutaibah bin Said berkata, Ia telah diakui oleh enam orang hafizh yang telah menulis hadits ini dariku. Mereka itu adalah Ahmad bin Hambal, Yahya bin Mu’in, Al Humaidi, Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Abu Khaitsumah.” Hingga ia menyebutkan hafizh yang ketujuh.

Shahih Ibnu Hibban #1594

صحيح ابن حبان ١٥٩٤: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِدْرِيسَ الأَنْصَارِيُّ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ، أَنَّهُ سَمِعَهُ يَقُولُ‏:‏ خَرَجَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَرَفَةَ حَتَّى إِذَا كَانَ بِالشِّعْبِ نَزَلَ فَبَالَ، ثُمَّ تَوَضَّأَ وَلَمْ يُسْبِغِ الْوُضُوءَ، فَقُلْتُ لَهُ‏:‏ الصَّلاَةَ، فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ الصَّلاَةُ أَمَامَكَ، فَرَكِبَ، فَلَمَّا جَاءَ الْمُزْدَلِفَةَ، نَزَلَ فَتَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ، ثُمَّ أُقِيمَتِ الصَّلاَةُ، فَصَلَّى الْمَغْرِبَ، ثُمَّ أَنَاخَ كُلُّ إِنْسَانٍ بَعِيرَهُ فِي مَنْزِلِهِ، ثُمَّ أُقِيمَتِ الْعِشَاءُ، فَصَلاَّهَا وَلَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1594: Al Husain bin Idris Al Anshari telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ahmad bin Abu Bakar telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Malik dari Musa bin Uqbah dari Kuraib —hamba sahaya Ibnu Abbas— dari Usamah bin Zaid bahwa ia telah mendengarnya berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan perjalanan pada hari Arafah. Setibanya di daerah Syi’b, 592 beliau berhenti untuk buang air kecil, lalu berwudhu tetapi tidak menyempurnakannya. Aku bertanya kepada beliau, “Apakah Engkau hendak mengerjakan shalat?”, beliau menjawab, “Kita akan mengerjakannya di depan”. Kemudian beliau pun melanjutkan perjalanan. Ketika sampai di Muzdalifah593, beliau berhenti, lalu berwudhu secara sempurna. Setelah dikumandangkan iqamat shalat, beliau pun menunaikan shalat Maghrib. Setelah itu, setiap orang memasukkan unta mereka ke dalam kandang, kemudian dikumandangkankan kembali iqamat shalat, beliaupun menunaikan shalat dan tidak shalat di antara keduanya.” 594 [47:4]

Shahih Ibnu Hibban #1595

صحيح ابن حبان ١٥٩٥: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ، أَنَّ مُعَاذَ بْنَ جَبَلِ أَخْبَرَهُ أَنَّهُمْ خَرَجُوا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ تَبُوكَ، فَكَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ، وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ، قَالَ‏:‏ فَأَخَّرَ الصَّلاَةَ يَوْمًا، ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا، ثُمَّ دَخَلَ، ثُمَّ خَرَجَ، فَصَلَّى الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا، ثُمَّ قَالَ‏:‏ إِنَّكُمْ سَتَأْتُونَ غَدًا إِنْ شَاءَ اللَّهُ عَيْنَ تَبُوكَ، وَإِنَّكُمْ لَنْ تَأْتُوهَا حَتَّى يَضْحَى النَّهَارُ، فَمَنْ جَاءَهَا فَلاَ يَمَسَّ مِنْ مَائِهَا شَيْئًا حَتَّى آتِيَ، قَالَ‏:‏ فَجِئْنَاهَا وَقَدْ سَبَقَ إِلَيْهَا رَجُلاَنِ، وَالْعَيْنُ مِثْلُ الشِّرَاكِ تَبِضُّ بِشَيْءٍ مِنْ مَاءٍ، فَسَأَلَهُمَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ هَلْ مَسَسْتُمَا مِنْ مَائِهَا‏؟‏ قَالاَ‏:‏ نَعَمْ، فَسَبَّهُمَا، وَقَالَ لَهُمَا مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَقُولَ، ثُمَّ غَرَفُوا مِنَ الْعَيْنِ بِأَيْدِيهِمْ قَلِيلاً قَلِيلاً، حَتَّى اجْتَمَعَ فِي شَيْءٍ ثُمَّ غَسَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهِ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ، ثُمَّ أَعَادَهُ فِيهَا، فَجَرَتِ الْعَيْنُ بِمَاءٍ كَثِيرٍ، فَاسْتَقَى النَّاسُ، ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ يُوشِكُ بِكَ يَا مُعَاذُ إِنْ طَالَتْ بِكَ حَيَاةٌ أَنْ تَرَى مَا هَاهُنَا قَدْ مُلِئَ جِنَانًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1595: Umar bin Sa’id bin Sinan telah mengabarkan kepada kami, Ahmad bin Abu Bakar telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Malik dari Abu Az-Zubair dari Abu Thufail, Sesungguhnya Mu’adz bin Jabal telah mengabarkan kepadanya, Sesungguhnya mereka (sahabat) pergi bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam perang Tabuk595. Ketika itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjama’ shalat Zhuhur dengan Ashar serta menjama’ Maghrib dengan Isya, ia lalu melanjutkan perkataanya, “Pada satu hari, beliau mengakhirkan shalat, lalu pergi, dan menjama’ shalat Zhuhur dengan Ashar. Setelah itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam datang dan pergi lagi, lalu menjama’ shalat Maghrib dengan Isya. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Jika Allah SWT. menghendaki, tengah hari besok, kalian semua akan sampai ke sumber mata air Tabuk. Maka barangsiapa yang sampai terlebih dahulu, jangan menyentuh air dari tempat itu sampai aku datang.’’Sesampainya di sana, ternyata sudah ada dua orang yang sampai telebih dahulu, sumber mata air itu terlihat seperti syirak (tali sandal) mengalir darinya air. Kemudian Rasul bertanya kepada kedua lelaki tersebut, “Apakah engkau berdua menyentuh air dari tempat ini?”. Kedua lelaki itu menjawab, ’’Betul”, Rasulpun memarahinya dan berkata kepada keduanya, “Masya Allah”. Kemudian pada sahabat mengambil air dengan telapak tangan mereka sedikit demi sedikit, sampai terkumpul dalam sebuah wadah. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membasuh wajah dan kedua tangan beliau di wadah itu dan mengembalikan air yang tersisa ke sumber mata air, sumber mata airpun langsung mengalir dengan deras. Orang-orang pun mengambil air minum darinya. Lalu Rasulullah berkata, "Wahai Mu’adz andai engkau berumur panjang, suatu saat nanti, engkau akan melihat tempat ini telah berubah menjadi taman-taman” 596 [5:3]

Shahih Ibnu Hibban #1596

صحيح ابن حبان ١٥٩٦: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ، قَالَ‏:‏ صَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا، وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا، فِي غَيْرِ خَوْفٍ وَلاَ سَفَرٍ‏.‏قَالَ مَالِكٌ‏:‏ أَرَى ذَلِكَ فِي مَطَرٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1596: Umar bin Sa’id bin Sinan telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ahmad bin Abu Bakar telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Malik dari Abu Az-Zubair dari Sa’id bin Az- Zubair bahwa Ibnu Abbas telah berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menjama’ shalat Zhuhur dengan shalat Ashar, shalat Maghrib dengan shalat Isya bukan pada saat cemas (perang) atau dalam peijalanan”. Malik berkata, “Menurut pendapatku kemungkinan bahwa hal tersebut pada saat hujan." 597 Imam Malik berpendapat, “Aku mengira, 598 bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjama’ shalat-shalat tersebut lantaran adanya hujan.” [47:4]

Shahih Ibnu Hibban #1597

صحيح ابن حبان ١٥٩٧: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ حِسَابٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ زَيْدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ‏:‏ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِالْمَدِينَةِ سَبْعًا وَثَمَانِيًا الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ، وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1597: Hasan bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Ubaid bin Hisab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Hammad bin Zaid telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Amr bin Dinar dari Jabir bin Zaid dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam shalat di Madinah tujuh Raka’at (dengan cara menjama', -penerj) dan delapan Raka’at jama', yaitu Zhuhur dan Ashar, Maghrib dan Isya.” 599 [47:4]

Shahih Ibnu Hibban #1598

صحيح ابن حبان ١٥٩٨: أَخْبَرَنَا أَبُو عَرُوبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ سُلَيْمَانَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ أَوَّلُ‏؟‏ فَقَالَ‏:‏ الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ ثُمَّ الْمَسْجِدُ الأَقْصَى قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ كَمْ كَانَ بَيْنَهُمَا‏؟‏ قَالَ‏:‏ كَانَ بَيْنَهُمَا أَرْبَعُونَ سَنَةً، وَحَيْثُ مَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلاَةُ فَصَلِّ، فَثَمَّ مَسْجِدٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1598: Abu Arubah telah mengabarkan kepada kami, Ia berkata, Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Abu Adi telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Syu’bah dari Sulaiman dari Ibrahim At-Tamimi dari Ayahnya dari Abu Dzar, ia berkata, Aku bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, masjid manakah yang pertama600 dibangun di muka bumi ini?”. Rasulullah menjawab, “Masjidil Haram kemudian Masjidil Aqsha”. Lalu aku bertanya, “Berapakah jarak waktu antara keduanya?”. Beliau pun menjawab, “Empat puluh tahun, di mana saja datang waktu shalat, maka shalatlah, karena di situ termasuk juga masjid ”601 [39:4]

Shahih Ibnu Hibban #1599

صحيح ابن حبان ١٥٩٩: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ بْنِ عَمْرٍو الْقُرَشِيُّ، بِالْبَصْرَةِ، حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ، حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنْ مُحَارِبِ بْنِ دِثَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَيُّ الْبِقَاعِ شَرٌّ‏؟‏ قَالَ‏:‏ لاَ أَدْرِي حَتَّى أَسْأَلَ جِبْرِيلَ، فَسَأَلَ جِبْرِيلَ، فَقَالَ‏:‏ لاَ أَدْرِي حَتَّى أَسْأَلَ مِيكَائِيلَ، فَجَاءَ فَقَالَ‏:‏ خَيْرُ الْبِقَاعِ الْمَسَاجِدُ، وَشَرُّهَا الأَسْوَاقُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1599: Fadhl bin Al Hubbab bin Amr Al Qurasyi di Bashrah telah mengabarkan kepada kami, Abu Al Walid Ath-Thayalisi telah menceritakan kepada kami, Jarir bin Abdul Hamid telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Atha bin As-Sa’ib dari Muharib bin Datstsar dari Ibnu Umar, Seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Tempat apakah yang paling buruk di dunia?”. Beliau menjawab, “Aku tidak tahu, akan aku tanyakan terlebih dahulu kepada Jibril ”, kemudian beliau bertanya kepada Jibril. Jibril pun menjawab, “Akupun tidak tahu, akan aku tanyakan kepada Mika'il” Beliaupun datang dan Menjawab “Tempat yang paling mulia adalah masjid, dan tempat yang paling buruk adalah pasar.”602 [2:1]

Shahih Ibnu Hibban #1600

صحيح ابن حبان ١٦٠٠: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ الْهَيْثَمِ، حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ، حَدَّثَنَا الْحَارِثُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي ذُبَابٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مِهْرَانَ، مَوْلَى أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ أَحَبُّ الْبِلاَدِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلاَدِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1600: Al Hasan bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami, Harun bin Sa’id bin Al Haitsam telah menceritakan kepada kami, Anas bin Iyadh telah menceritakan kepada kami, Harits bin Abdurrahman bin Abu Dzubab telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Abdurrahman bin Mihran -hamba sahaya Abu Hurairah- dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Tempat paling dicintai oleh Allah adalah Masjid, dan tempat paling dibenci Allah SWT. adalah pasar"603 [2:1]