صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #981

صحيح ابن خزيمة ٩٨١: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا أَبُو مَعْمَرٍ، نا عَبْدُ الْوَارِثِ، نا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنِ ابْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُنَيْسٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: بَعَثَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى خَالِدِ بْنِ سُفْيَانَ بْنِ نُبَيْحٍ الْهُذَلِيِّ، وَبَلَغَهُ أَنَّهُ يَجْمَعُ لَهُ، وَكَانَ بَيْنَ عُرَنَةَ وَعَرَفَاتٍ قَالَ لِيَ: «اذْهَبْ فَاقْتُلْهُ» قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، صِفْهُ لِي قَالَ: «إِذَا رَأَيْتَهُ أَخَذَتْكَ قُشَعْرِيرَةٌ، لَا عَلَيْكَ أَنْ لَا أَصِفَ لَكَ مِنْهُ غَيْرَ هَذَا» قَالَ وَكَانَ. . . . قَالَ: انْطَلَقْتُ حَتَّى إِذَا دَنَوْتُ مِنْهُ حَضَرَتِ الصَّلَاةُ، صَلَاةَ الْعَصْرِ قَالَ: قُلْتُ إِنِّي لَأَخَافُ أَنْ يَكُونَ بَيْنِي مَا أَنْ أُؤَخِّرَ الصَّلَاةَ، فَصَلَّيْتُ وَأَنَا أَمْشِي أُومِئُ إِيمَاءً نَحْوَهُ، ثُمَّ انْتَهَيْتُ إِلَيْهِ، فَوَاللَّهِ مَا عَدَا أَنْ رَأَيْتُهُ اقْشَعْرَرْتُ، وَإِذَا هُوَ فِي ظُعُنٍ لَهُ - أَيْ فِي نِسَائِهِ - فَمَشَيْتُ مَعَهُ، فَقَالَ: مَنْ أَنْتَ؟ قُلْتُ: رَجُلٌ مِنَ الْعَرَبِ بَلَغَنِي أَنَّكَ تَجْمَعُ لِهَذَا الرَّجُلِ فَجِئْتُكَ فِي ذَاكَ، فَقَالَ: إِنِّي لَفِي ذَاكَ قَالَ: قُلْتُ فِي نَفْسِي: سَتَعْلَمُ قَالَ: فَمَشَيْتُ مَعَهُ سَاعَةً حَتَّى إِذَا أَمْكَنَنِي عَلَوْتُهُ بِسَيْفِي حَتَّى بَرَدَ، ثُمَّ قَدِمَتُ الْمَدِينَةَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَخْبَرْتُهُ الْخَبَرَ، فَأَعْطَانِي مِخْصَرًا - يَقُولُ: عَصًا - فَخَرَجْتُ بِهِ مِنْ عِنْدِهِ، فَقَالَ لِي أَصْحَابِي: مَا هَذَا الَّذِي أَعْطَاكَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ قَالَ: قُلْتُ: مِخْصَرًا قَالُوا: وَمَا تَصْنَعُ بِهِ، أَلَا سَأَلْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَ أَعْطَاكَ هَذَا، وَمَا تَصْنَعُ بِهِ؟ عُدْ إِلَيْهِ، فَاسْأَلْهُ قَالَ: فَعُدْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، الْمِخْصَرُ أَعْطَيْتَنِيهُ لِمَاذَا؟ قَالَ: «إِنَّهُ بَيْنِي وَبَيْنَكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَأَقَلُّ النَّاسِ يَوْمَئِذٍ الْمُخْتَصِرُونَ» قَالَ: فَعَلَّقَهَا فِي سَيْفِهِ، لَا يُفَارِقُهُ، فَلَمْ يُفَارِقْهُ مَا كَانَ حَيًّا، فَلَمَّا حَضَرَتْهُ الْوَفَاةُ أَمَرَنَا أَنْ نَدْفِنَ مَعَهُ قَالَ: فَجُعِلَتْ وَاللَّهِ فِي كَفَنِهِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 981: Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, Abu Ma'mar menceritakan kepada kami, Abdul Warits menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ishak menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Ja'far bin Az-Zubair, dari bin Abdullah bin Anis [dari ayahnya], ia berkata, “Aku pernah diutus menemui Khalid bin Sufyan bin Nabih Al Hudzali, telah sampai kabar kepadanya bahwa ia pernah mengumpulkan pasukan untuk menyerangnya -yaitu di daerah antara Uranah dan Arafah-, beliau berkata kepadaku, “Pergilah dan bunuhlah ia.” Perawi berkata, “Aku berkata, 'Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepada aku ciri-ciri orang tersebut'.” Beliau menjawab, “Apabila kamu bertemu dengannya niscaya dirimu akan gemetar dan aku tidak dapat memberikan ciri-cirinya kepadamu selain ini.” Perawi berkata, “Sedangkan..." Perawi berkata, “Kemudian aku berangkat dan tatkala aku telah mendekatinya maka tiba waktu shalat, -yaitu shalat Ashar-. Perawi berkata, “Aku berkata di dalam hati, 'Aku sangat takut jika dalam hidup aku untuk menunda shalat'. Maka aku shalat sambil berjalan dengan memberikan isyarat terhadapnya, lalu aku sampai ke tempat orang tersebut dan demi Allah, belum lagi aku melihatnya diriku telah gemetar. Ternyata ia sedang berada di tandu miliknya - atau bersama istrinya-. Aku kemudian berjalan bersamanya. Ia bertanya, 'Siapa kamu?' Aku menjawab,' Orang Arab yang mendengar bahwa kamu telah menyiapkan pasukan untuk menyerang orang ini, maka aku datang kepadamu demi hal tersebut.' Ia menjawab, 'Memang aku sedang melakukannya'.” Perawi berkata, “Aku berkata dalam hati, 'Kamu akan buktikan nanti'.” Perawi berkata,; “Lalu aku berjalan dengannya beberapa saat sampai tiba kesempatan bagiku maka aku pun menebaskan pedangku kepadanya sehingga ia tidak bernyawa. Setelah itu aku pulang ke Madinah untuk menjumpai Rasulullah dan mengabarkan beliau tentang kejadiannya. Beliau lalu memberikan tongkat pendek kepadaku -ia mengatakan tongkat- lalu aku pergi dari sisinya dengan membawa tongkat tersebut. Setelah itu sahabat- sahabatku bertanya kepadaku, 'Benda apa ini yang telah diberikan Rasulullah kepadamu?' Aku menjawab, 'Tongkat kecil.' Mereka bertanya, 'Apa yang akan kamu perbuat dengannya? Apakah kamu sudah tanyakan kepada Rasulullah kenapa beliau memberikan tongkat ini kepadamu dan apa yang akan kamu perbuat dengannya? kembalilah dan tanyakan kepada beliau.' Perawi berkata, “Maka aku kembali kepada Rasulullah dan aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, mengapa engkau memberikan kepadaku tongkat kecil?' Beliau menjawab, 'Sesungguhnya ia adalah jalan pintas antara aku dan dirimu pada Hari Kiamat dan sedikit sekali pada hari itu orang-orang yang melewati jalan pintas'." Perawi berkata, “Kemudian ia menggantungkannya di pedangnya dan tidak melepaskannya serta tidak pernah meninggalkannya selama hidupnya. Tatkala tiba ajalnya, kami memerintahkan untuk menguburnya bersamanya.” Perawi berkata, “Demi Allah, tongkat tersebut lalu kami letakkan di dalam kain kafannya.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #982

صحيح ابن خزيمة ٩٨٢: نا أَحْمَدُ بْنُ الْأَزْهَرِ، وَكَتَبْتُهُ مِنْ أَصْلُهُ قَالَ: ثنا يَعْقُوبُ، نا أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنِ ابْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُنَيْسٍ، عَنْ أَبِيهِ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِطُولِهِ. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: قَدْ خَرَّجْتُ أَبْوَابَ صِفَاتِ الْخَوْفِ فِي آخِرِ كِتَابِ الصَّلَاةِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 982: Ahmad bin Azhar -aku menulisnya dari aslinya- menceritakan kepada kami, ia berkata: Ya'qub menceritakan kepada kami, Ayahku menceritakan kepada kami dari bin Ishak, Muhammad bin Ja'far bin Az-Zubair menceritakan kepadaku dari Ibnu Abdullah bin Unais, dari ayahnya, ia kemudian menyebutkan redaksi haditsnya secara sempurna. Abu Bakar berkata, “Aku telah mengemukakannya dalam bab sifat-sifat rasa takut di bagian akhir dari pembahasan Shalat.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #983

صحيح ابن خزيمة ٩٨٣: نا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الصَّنْعَانِيُّ، وَأَحْمَدُ بْنُ الْمِقْدَامِ الْعِجْلِيُّ قَالَا: ثنا مُعْتَمِرٌ قَالَ أَحْمَدُ قَالَ: سَمِعْتُ مَعْمَرًا، وَقَالَ مُحَمَّدٌ: عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ ابْنِ طَاوُسٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَتَيْنِ مِنَ الْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ أَوْ رَكْعَةً مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ فَقَدْ أَدْرَكَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 983: Muhammad bin Abdul A'la Ash-Shan'ani dan Ahmad bin Al Miqdam Al Ijli menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Mu'tamar menceritakan kepada kami, Ahmad berkata: ia berkata, “Aku mendengar Mu'ammar," dan Muhammad berkata, “Dari Mu'ammar, dari Ibnu Thawus, dari ayahnya, dan Ibnu Abbas, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Barangsiapa mengerjakan shalat Ashar dua rakaat sebelum tenggelam matahari, atau satu rakaat dari shalat Subuh sebelum terbit matahari maka ia telah mendapati shalat tersebut”

Shahih Ibnu Khuzaimah #984

صحيح ابن خزيمة ٩٨٤: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، نا عَبْدُ الْعَزِيزِ يَعْنِي الدَّرَاوَرْدِيَّ، ثنا زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ، ح وَثنا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ، أَخْبَرَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ، ح وَثنا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَنَّ مَالِكًا، حَدَّثَهُ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، ح وَثنا أَبُو مُوسَى، نا رَوْحٌ، ثنا مَالِكٌ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، ح وَثنا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ، وَقَرَأْتُهُ، عَلَى الْحَسَنِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنِ الشَّافِعِيِّ، أنا مَالِكٌ، عَنْ أَنَسٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، وَعَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ، وَعَنِ الْأَعْرَجِ، يُحَدِّثُونَهُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ، ح وَثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، ثنا ابْنُ أَبِي حَازِمٍ، عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا مُحَمَّدٌ، نا شُعْبَةُ قَالَ: سَمِعْتُ سُهَيْلَ بْنَ أَبِي صَالِحٍ، ح وَثنا أَبُو مُوسَى، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، نا شُعْبَةُ، عَنْ سُهَيْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ح وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى وَأَبُو الْأَشْعَثِ قَالَا: ثنا مُعْتَمِرٌ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَثنا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، ثنا زِيَادُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْقُشَيْرِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى يَعْنِي ابْنَ سَعِيدٍ، نا 8 عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِنْدَ قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ الْأَعْرَجُ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ أَدْرَكَ مِنَ الصُّبْحِ رَكْعَةً قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ فَقَدْ أَدْرَكَهَا، وَمَنْ أَدْرَكَ مِنَ الْعَصْرِ رَكْعَةً قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَهَا» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: وَمَعْنَى أَحَادِيثِهِمْ سَوَاءٌ، وَهَذَا حَدِيثُ الدَّرَاوَرْدِيِّ غَيْرَ أَنَّ أَبَا مُوسَى قَالَ فِي حَدِيثِهِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ: وَمَنْ أَدْرَكَ رَكْعَتَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الْعَصْرِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 984: Ahmad bin Abdah menceritakan kepada kami, Abdul Aziz -yaitu Ad-Darawardi- menceritakan kepada Hkami, Zaid bin Aslam menceritakan kepada kami (Ha') Bisyr bin Mu'adz menceritakan kepada kami, Abdullah bin Ja'far menceritakan kepada kami, Zaid bin Aslam mengabarkan kepadaku (Ha') Yunus bin Abdul A'la menceritakan kepada kami, Ibnu Wahab mengabarkan kepada kami bahwa Malik telah meriwayatkan kepadanya, dari Zaid bin Aslam (Ha') Abu Musa menceritakan kepada kami, Rauh menceritakan kepada kami, Malik menceritakan kepada kami dari Zaid bin Aslam (Ha') Ar-Rabi' bin Sulaiman yang diterimanya dengan bacaan atas Al Hasan bin Muhammad telah menceritakan kepada kami dari Asy-Syafi'i, Malik menceritakan kepada kami dari Anas, dari Zaid bin Aslam, dari Atha' bin Yasar dan dari Yusr bin Sa'id dan dari Al A'raj, mereka meriwayatkan haditsnya dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda ...” (Ha'). Ya'qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Ibnu Abu Hazim menceritakan kepada kami dari Suhail bin Abu Shalih (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Muhammad menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami, ia berkata: Aku mendengar Suhail bin Abu Shalih (Ha') Abu Musa menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja'far menceritakan kepadaku, Syu'bah menceritakan kepada kami dari Suhail, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Nabi (Ha') Muhammad bin Abdul A'la dan Abu Asy'ats menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Mu'tamar menceritakan kepada kami dari Ma'mar, dari Az-Zuhri, dari Abu Salamah bin Abdurrahman, dari Abu Hurairah, dari Nabi ; Dan Ahmad bin Abdah menceritakan kepada kami, Ziyad bin Abdullah Al Qusyairi menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Amr, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, ia berkata, "Nabi Allah bersabda ...” (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Yahya -yaitu Ibnu Sa'id- menceritakan kepada kami, Abdullah bin Sa'id bin Abu Hind menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdurrahman Al A'raj menceritakan kepadaku dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa yang telah mengerjakan satu rakaat dari shalat Subuh sebelum terbit matahari maka ia telah shalat (pada waktunya) dan barangsiapa yang mengerjakan shalat Ashar satu rakaat sebelum tenggelam matahari maka ia telah shalat Ashar (pada waktunya)” Abu Bakar berkata, “Makna dari hadits-hadits mereka sama. Sedangkan ini adalah hadits periwayatan Ad-Darawardi, akan tetapi Abu Musa meriwayatkan di dalam haditsnya dari Muhammad bin Ja'far, “Barangsiapa yang telah mengerjakan dua rakaat dari shalat Ashar”

Shahih Ibnu Khuzaimah #985

صحيح ابن خزيمة ٩٨٥: نا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ، ثنا هَمَّامٌ، ثنا قَتَادَةُ، عَنِ النَّضْرِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ بَشِيرِ بْنِ نَهِيكٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ صَلَّى مِنَ الصُّبْحِ رَكْعَةً، ثُمَّ طَلَعَتِ الشَّمْسُ، فَلْيُصَلِّ إِلَيْهَا أُخْرَى»

Shahih Ibnu Khuzaimah 985: Ishak bin Manshur menceritakan kepada kami, Abdushshamad mengabarkan kepada kami, Hammam menceritakan kepada kami, Qatadah menceritakan kepada kami dari An-Nadhr bin Anas, dari Basyir bin Nahik, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang telah mengerjakan shalat Subuh satu rakaat kemudian terbit matahari maka ia hendaknya menyelesaikan yang masih tersisa”

Shahih Ibnu Khuzaimah #986

صحيح ابن خزيمة ٩٨٦: ثنا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ، وَابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، وَسَهْلُ بْنُ يُوسُفَ، وَعَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيدِ الثَّقَفِيُّ قَالُوا: ثنا عَوْفٌ، عَنْ أَبِي رَجَاءٍ، ثنا عِمْرَانُ بْنُ حُصَيُنٍ قَالَ: كُنَّا فِي سَفَرٍ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَإِنَّا سَرَيْنَا ذَاتَ لَيْلَةٍ حَتَّى إِذَا كَانَ السَّحَرُ قَبْلَ الصُّبْحِ وَقَعْنَا تِلْكَ الْوَقْعَةِ، وَلَا وَقْعَةَ أَحْلَى عِنْدَ الْمُسَافِرِ مِنْهَا، فَمَا أَيْقَظَنَا إِلَّا حَرُّ الشَّمْسِ، وَكَانَ أَوَّلُ مَنِ اسْتَيْقَظَ فُلَانٌ، ثُمَّ فُلَانٌ كَانَ يُسَمِّيهِمْ أَبُو رَجَاءٍ، وَيُسَمِّيهِمْ عَوْفٌ، ثُمَّ عُمَرُ الرَّابِعُ، وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نَامَ لَمْ نُوقِظْهُ، حَتَّى يَكُونَ هُوَ يَسْتَيْقِظُ، لِأَنَّا لَا نَدْرِي مَا يَحْدُثُ لَهُ فِي نَوْمِهِ، فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ وَرَأَى مَا أَصَابَ النَّاسَ، فَكَانَ رَجُلًا أَجْوَفَ جَلِيدًا، فَكَبَّرَ وَرَفَعَ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيرِ، فَمَا زَالَ يُكَبِّرُ وَيَرْفَعُ صَوْتَهُ حَتَّى اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصَوْتِهِ، فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ شَكَوْا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الَّذِي أَصَابَهُمْ، فَقَالَ: «لَا ضَيْرَ أَوْ لَا يَضِيرُ ارْتَحِلُوا» ، فَارْتَحَلُوا فَسَارَ غَيْرَ بَعِيدٍ، ثُمَّ نَزَلَ فَدَعَا بِمَاءٍ فَتَوَضَّأَ، ثُمَّ نَادَى بِالصَّلَاةِ فَصَلَّى بِالنَّاسِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 986: Yahya bin Sa'id Al Qaththan dan Ibnu Abu Adi dan Muhammad bin Ja'far dan Sahal bin Yusuf dan Abdul Wahhab bin Abdul Majid Ats-Tsaqafi menceritakan kepada kami, mereka berkata: Auf menceritakan kepada kami dari Abu Raja, Imran bin Hushain menceritakan kepada kami, ia berkata, “Kami pernah ikut bersama Rasulullah ketika bepergian. Suatu malam kami berangkat, sampai ketika tiba waktu sahur sebelum Subuh terjadilah kejadian tersebut, tidak ada kejadian yang paling mengasyikkan bagi seorang yang bepergian dari hal itu. Ketika itu tidak ada yang membangunkan kami kecuali terik matahari dan orang yang pertama kali bangun adalah Fulan, lalu Fulan, dan mereka menyebutnya Abu Raja' dan menyebutnya Auf, kemudian Umar yang keempat. Sementara apabila Rasulullah tidur maka kami tidak membangunkan beliau sehingga beliau bangun sendiri, sebab kami tidak mengetahui apa yang sedang terjadi pada diri beliau di dalam tidurnya. Ketika Umar bin Al Khaththab bangun dan melihat apa yang dialami oleh para sahabat dan ia adalah seorang yang gagah berani, maka ia pun bertakbir dan mengeraskan suaranya sambil mengucapkan takbir serta terus bertakbir dan mengeraskan suaranya sehingga Rasulullah terbangun mendengar suaranya. Tatkala beliau bangun para sahabat mengadukan apa yang mereka alami, maka beliau berkata, “Tidak mengapa, atau tidak celaka, berangkatlah." Lalu para sahabat berangkat dan belum jauh berjalan, beliau kemudian turun dan meminta air lalu berwudhu, kemudian dikumandangkan shalat dan beliau shalat mengimami orang-orang.

Shahih Ibnu Khuzaimah #987

صحيح ابن خزيمة ٩٨٧: نا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، ثنا يَزِيدُ بْنُ كَيْسَانَ، حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: أَعْرَسْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ نَسْتَيْقِظْ حَتَّى طَلَعَتِ الشَّمْسُ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " لِيَأْخُذْ كُلُّ إِنْسَانٍ بِرَأْسِ رَاحِلَتِهِ؛ فَإِنَّ هَذَا مَنْزِلً حَضَرَنَا فِيهِ الشَّيْطَانُ، فَفَعَلْنَا فَدَعَا بِالْمَاءِ، فَتَوَضَّأَ، ثُمَّ صَلَّى سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ صَلَاةَ الْغَدَاةِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 987: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Yahya bin Sa'id menceritakan kepadaku, Yazid bin Kaisan menceritakan kepada kami, Abu Hazim menceritakan kepadaku dari Abu Hurairah, ia berkata, “Kami pernah tidur bersama-sama Rasulullah dan tidak terbangun sampai terbit matahari, kemudian Rasulullah berkata, 'Hendaknya setiap orang memegang tali tunggangannya, karena persinggahan yang kita singgah ini terdapat syetan. ' Maka kami pun melaksanakannya. Setelah itu beliau meminta air dan berwudhu, kemudian shalat dua rakaat lalu dikumandangkan iqamah shalat, yaitu shalat Subuh.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #988

صحيح ابن خزيمة ٩٨٨: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ الضَّبِّيُّ، أَخْبَرَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَبَاحٍ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ قَالَ: ذَكَرُوا تَفْرِيطَهُمْ فِي النَّوْمِ، فَقَالَ: نَامُوا، حَتَّى إِذَا طَلَعَتِ الشَّمْسُ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَيْسَ فِي النَّوْمِ تَفْرِيطٌ، إِنَّمَا التَّفْرِيطُ فِي الْيَقَظَةِ، فَإِذَا نَسِيَ أَحَدُكُمْ صَلَاةً فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا، وَلِوَقْتِهَا مِنَ الْغَدِ» . قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ رَبَاحٍ: فَسَمِعَنِي عِمْرَانُ وَأَنَا أُحَدِّثُ الْحَدِيثَ، فَقَالَ: يَا فَتَى، انْظُرْ كَيْفَ تُحَدِّثُ، فَإِنِّي شَاهِدٌ الْحَدِيثَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَمَا أَنْكَرَ مِنْ حَدِيثِهِ شَيْئًا

Shahih Ibnu Khuzaimah 988: Ahmad bin Abdah Adh-Dhabbi menceritakan kepada kami, Hammad -yaitu Ibnu Zaid- mengabarkan kepada kami dari Tsabit, dari Abdullah bin Rabah, dari Abu Hurairah, ia berkata, “Para sahabat menceritakan tentang tidur mereka yang berlebihan (melalaikan shalat), maka beliau berkata, 'Tidurlah' Tatkala matahari telah terbit Rasulullah berkata, 'Tidur bukanlah kelalaian, akan tetapi kelalaian itu ketika sedang terjaga, maka apabila salah seorang di antara kamu lupa mengerjakan shalat maka ia hendaknya mengerjakannya tatkala ia mengingatnya dan pada waktunya di keesokan harinya'.” Abdullah bin Rabbah berkata, “Ketika Imran mendengarkanku meriwayatkan hadits tersebut, ia lalu berkata, ‘Wahai anak muda, perhatikan bagaimana kamu meriwayatkan hadits, sesungguhnya aku menyaksikan kejadian itu bersama Rasulullah dan beliau tidak mengingkari haditsnya sedikit pun’.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #989

صحيح ابن خزيمة ٩٨٩: ثنا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، ثنا أَبُو دَاوُدَ، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ ثَابِتٍ، سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ رَبَاحٍ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَصْحَابَهُ لَمَّا نَامُوا عَنِ الصَّلَاةِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلُّوهَا لِلْغَدِ لِوَقْتِهَا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 989: Ishak bin Manshur menceritakan kepada kami, Abu Daud menceritakan kepada kami, Syu'bah mengabarkan kepada kami dari Tsabit yang mendengar Abdullah bin Rabah meriwayatkan hadits dari Abu Qatadah bahwa Rasulullah dan para sahabatnya tatkala tertidur (hingga meninggal) shalat maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Shalatlah pada esok harinya tepat waktunya.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #990

صحيح ابن خزيمة ٩٩٠: ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الصَّنْعَانِيُّ، ثنا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ، ثنا الْحَجَّاجُ، وَثنا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، أَخْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، عَنِ الْحَجَّاجِ الْأَحْوَلِ الْبَاهِلِيِّ، ثنا قَتَادَةُ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الرَّجُلِ يَرْقُدُ عَنِ الصَّلَاةِ أَوْ يَغْفُلُ عَنْهَا قَالَ: «كَفَّارَتُهَا يُصَلِّيهَا إِذَا ذَكَرَهَا» وَقَالَ ابْنُ عَبْدَةَ: عَنْ قَتَادَةَ، وَقَالَ أَيْضًا: أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا

Shahih Ibnu Khuzaimah 990: Muhammad bin Abdul A'la Ash-Shan'ani menceritakan kepada kami, Yazid -yaitu Ibnu Zurai'- menceritakan kepada kami, Al Hajjaj menceritakan kepada kami, Ahmad bin Abdah menceritakan kepada kami, Yazid bin Zurai' mengabarkan kepada kami dari Al Hajjaj Al Ahwal Al Bahi, Qatadah menceritakan kepada kami dari Anas bin Malik, ia berkata, "Rasululah ditanya tentang seseorang yang tertidur (hingga tidak) mengerjakan shalat atau lupa mengerjakannya, maka beliau menjawab, “Kafaratnya adalah mengerjakan shalat tersebut ketika mengingatnya” Ibnu Abdah berkata, “Diriwayatkan dari Qatadah.” la juga berkata, “Ia hendaknya mengerjakannya ketika mengingatnya."