صحيح ابن خزيمة ١٠٠١: نا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، وَعَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، وَابْنُ عَبْدِ الْحَكَمِ، وَهَذَا حَدِيثُ عَلِيٍّ ثنا حَرْمَلَةُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ عَمِّهِ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ الرَّبِيعِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «عَلِّمُوا الصَّبِيَّ الصَّلَاةَ ابْنَ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُ عَلَيْهَا ابْنَ عَشْرٍ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1001: Ali bin Hujr dan Abdul Jabbar bin Al Ala' dan Ibnu Abdul Hakam menceritakan kepada kami -dan ini adalah hadits riwayat Ali- Hannalah bin Abdul Aziz menceritakan kepada kami dari Abdul Malik bin Ar-Rabi', dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ajarkanlah anak-anak shalat ketika berusia tujuh tahun dan pukullah jika mereka meninggalkannya saat berusia sepuluh tahun'."
صحيح ابن خزيمة ١٠٠٢: نا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ قَالَا: أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي جَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ مِهْرَانَ، عَنْ أَبِي ظَبْيَانَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: مَرَّ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ بِمَجْنُونَةِ بَنِي فُلَانٍ، قَدْ زَنَتْ، أَمَرَ عُمَرُ بِرَجْمِهَا، فَرَجَعَهَا عَلِيٌّ، وَقَالَ لِعُمَرَ: يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ: تَرْجُمُ هَذِهِ؟ قَالَ: نَعَمْ قَالَ: أَوَ مَا تَذْكُرُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثٍ: عَنِ الْمَجْنُونِ الْمَغْلُوبِ عَلَى عَقْلِهِ، وَعَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ " قَالَ صَدَقْتَ، فَخَلَّى عَنْهَا
Shahih Ibnu Khuzaimah 1002: Yunus bin Abdul A'la dan Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakam menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Ibnu Wahab mengabarkan kepada kami, Jarir bin Hazim menceritakan kepada kami dari Sulaiman bin Mihran, dari Zhabyan, dari Ibnu Abbas, ia berkata: Ali bin Abu Thalib melewati seorang perempuan gila dari bani Fulan yang telah berbuat zina, lalu Umar memerintahkan untuk merajamnya, namun Ali membebaskannya dan berkata kepada Umar, “Wahai Amirul Mukminin, apakah engkau mau merajam perempuan ini?” Umar menjawab, “Ya.” Ali berkata, “Apakah kamu tidak ingat bahwa Rasulullah telah bersabda, 'Pena (kewajiban) diangkat dari tiga golongan: orang gila yang hilang akalnya, orang yang tidur sampai terjaga dan anak-anak sampai ia bermimpi'.” Umar menjawab, "Engkau benar." Kemudian ia melepaskan perempuan tersebut.
صحيح ابن خزيمة ١٠٠٣: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، ثنا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ جَابِرٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى عَلَى حَصِيرٍ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1003: Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al A’masy, dari Abu Sufyan, dari Jabir, dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa Rasulullah shalat di atas tikar.
صحيح ابن خزيمة ١٠٠٤: نا بُنْدَارٌ، نا أَبُو عَامِرٍ، ثنا زَمْعَةُ، ح وَثنا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ قَالَ: أَخْبَرَنَا أَبُو أَحْمَدَ، أنا زَمْعَةُ، عَنْ سَلَمَةَ بْنَ وَهْرَامٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى عَلَى بِسَاطٍ وَقَالَ نَصْرٌ فِي حَدِيثِهِ: صَلَّى ابْنُ عَبَّاسٍ عَلَى بِسَاطٍ، وَقَالَ: صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى بِسَاطٍ. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: فِي الْقَلْبِ مِنْ زَمْعَةَ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1004: Bundar menceritakan kepada kami, Abu Amir menceritakan kepada kami, Zam’ah menceritakan kepada kami (Ha') Nashr bin Ali menceritakan kepada kami, ia berkata: Abu Ahmad mengabarkan kepada kami, Zam’ah menceritakan kepada kami dari Salamah bin Wahram, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas bahwa Nab shalat di atas permadani. Nashr di dalam haditsnya berkata, “Ibnu Abbas shalat di atas permadani.” Dan ia berkata, “Rasulullah shalat di atas permadani.” Abu Bakar berkata, “Intinya dari Zam’ah.”
صحيح ابن خزيمة ١٠٠٥: نا بُنْدَارٌ، وَبِشْرُ بْنُ آدَمَ قَالَا: ثنا أَبُو أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ، ثنا يُونُسُ بْنُ الْحَارِثِ، عَنْ أَبِي عَوْنٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي عَلَى الْحَصِيرِ، وَالْفَرْوَةِ الْمَدْبُوغَةِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: أَبُو عَوْنٍ هَذَا هُوَ مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ الثَّقَفِيُّ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1005: Bundar dan Bisyr bin Adam menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abu Ahmad Az-Zubairi menceritakan kepada kami, Yunus bin Al Harits menceritakan kepada kami dari Abu Aun, dari ayahnya, dari Al Mughirah bin Syu’bah bahwa Nabi shalat di atas tikar dan di atas pakaian yang terbuat dari bulu unta yang telah disamak. Abu Bakar berkata, “Abu Aun adalah Muhammad bin Ubaidullah Ats-Tsaqafi.”
صحيح ابن خزيمة ١٠٠٦: نا يُوسُفُ بْنُ مُوسَى، ثنا جَرِيرٌ، ح وَثنا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، ثنا سُفْيَانُ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى عَنْ شُعْبَةَ، ح وَثنا يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ، ثنا أَبُو دَاوُدَ، ثنا شُعْبَةُ، كُلُّهُمْ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَدَّادِ بْنِ الْهَادِ، عَنْ مَيْمُونَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى الْخُمْرَةِ. هَذَا حَدِيثُ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ. وَقَالَ يُوسُفُ: يُصَلِّي عَلَى خُمْرَةٍ لَهُ قَدْ بُسِطَتْ فِي مَسْجِدِهِ، وَأَنَا نَائِمَةٌ إِلَى جَنْبِهِ، فَإِذَا سَجَدَ أَصَابَ ثَوْبُهُ ثَوْبِي، وَأَنَا حَائِضٌ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1006: Yusuf bin Musa menceritakan kepada kami, Jarir menceritakan kepada kami (Ha') Sa’id bin Abdurrahman menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Yahya menceritakan kepada kami dari Syu’bah (Ha') Yahya bin Hakim menceritakan kepada kami, Abu Daud menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami, mereka semua meriwayatkan dari Ishak Asy-Syaibani, dari Abdullah bin Syaddad bin Al Hadi, dari Maimunah istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shalat di atas tikar kecil.” Ini adalah hadits riwayat Sa’id bin Abdurrahman. Yusuf berkata, “Beliau shalat di atas tikar kecil miliknya yang dihamparkan di masjidnya sementara aku tidur di sampingnya, apabila beliau sujud maka bajunya dan bajuku bersentuhan sedangkan aku dalam keadaan haid.”
صحيح ابن خزيمة ١٠٠٧: نا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، نا إِسْمَاعِيلُ يَعْنِي ابْنَ عُلَيَّةَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ، عَنْ أُمِّ كُلْثُومٍ بِنْتِ أُمِّ سَلَمَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي عَلَى الْخُمْرَةِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1007: Ali bin Hujr menceritakan kepada kami, Ismail -yaitu Ibnu Ulayyah- menceritakan kepada kami dari Ashim, dari Abu Qilabah, dari Ummu Kultsum binti Ummu Salamah bahwa Nabi shalat di atas tikar kecil.
صحيح ابن خزيمة ١٠٠٨: نا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنَا عِيَاضٌ عَبْدُ اللَّهِ الْقُرَشِيُّ، وَغَيْرُهُ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَلْبَسْ نَعْلَيْهِ، أَوْ لِيَخْلَعْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ، وَلَا يُؤْذِ بِهِمَا غَيْرَهُ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1008: Yunus bin Abdul A’la menceritakan kepada kami, Ibnu Wahab mengabarkan kepada kami, Iyadh Abdullah Al Qurasyi dan lainnya mengabarkan kepada kami dari Sa’id bin Abu Sa’id Al Maqburi, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang di antara kamu shalat maka ia hendaknya menggunakan kedua sandalnya atau ia hendaknya membuka dan meletakkan keduanya di antara kedua kakinya agar tidak mengganggu orang lain"
صحيح ابن خزيمة ١٠٠٩: نا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، ثنا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ، ثنا أَبُو مسَلَمَةَ، ح وَثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، نا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ، عَنْ أَبِي مسَلَمَةَ، وَثنا يَعْقُوبُ أَيْضًا ثنا ابْنُ عُلَيَّةَ، ثنا سَعِيدُ بْنُ يَزِيدَ، وَهُوَ أَبُو مَسْلَمَةَ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي مسَلَمَةَ قَالَ: قُلْتُ لِأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ: أَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِي النَّعْلَيْنِ؟ قَالَ: نَعَمْ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1009: Muhammad bin Abdul A’la menceritakan kepada kami, Yazid -yaitu Ibnu Zurai’- menceritakan kepada kami, Abu Salamah menceritakan kepada kami (Ha') Ya’qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Busyr bin Al Mufadhdhal menceritakan kepada kami dari Abu Salamah, Ya’qub juga menceritakan kepada kami, Ibnu Ulayyah menceritakan kepada kami, Sa’id bin Yazid -yaitu Abu Salamah- menceritakan kepada kami (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Abu Salamah, ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada Anas, ‘Apakah Nabi pernah shalat dengan menggunakan kedua sandal?’ Ia menjawab, ‘Ya’.”
صحيح ابن خزيمة ١٠١٠: نا الْفَضْلُ بْنُ سَهْلٍ، نا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، نا يُونُسُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي عَلَى الْخُمْرَةِ، وَقَالَ: «يَا عَائِشَةُ ارْفَعِي عَنَّا حَصِيرَكِ هَذَا، فَقَدْ خَشِيتُ أَنْ يَكُونَ يَفْتِنُ النَّاسَ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1010: Al Fadhl bin Sahal menceritakan kepada kami, Utsman bin Umar menceritakan kepada kami, Yunus menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah bahwa Rasulullah shalat di atas tikar kecil dan beliau berkata, "Wahai Aisyah, angkatlah tikar-tikar kamu ini sebab aku khawatir akan membuat fitnah terhadap manusia.”