صحيح ابن خزيمة ١٠١١: نا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، بِخَبَرٍ غَرِيبٍ غَرِيبٍ، أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ: لَمْ أَزَلْ أَسْمَعُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى عَلَى خُمْرَةٍ، وَقَالَ: عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى الْخُمْرَةِ وَيَسْجُدُ عَلَيْهَا "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1011: Yunus bin Abdul A’la menceritakan kepada kami dengan hadits yang sangat aneh, Ibnu Wahab mengabarkan kepada kami, Yunus mengabarkan kepadaku dari Ibnu Syihab, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah shalat di atas tikar kecil.” Ia juga berkata, “Dari Anas bin Malik, ia berkata, ‘Sesungguhnya Rasulullah shalat di atas tikar kecil dan sujud di atasnya’.”
صحيح ابن خزيمة ١٠١٢: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُبَارَكِ الْمُخَرِّمِيُّ، أنا مُعَلَّى بْنُ مَنْصُورٍ، ثنا عَبْدُ الْوَارِثِ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى الْخُمْرَةِ، لَا يَدَعَهَا فِي سَفَرٍ وَلَا حَضَرٍ. هَكَذَا حَدَّثَنَا بِهِ الْمُخَرِّمِيُّ مَرْفُوعًا، فَإِنْ كَانَ حَفِظَ فِي هَذَا الْإِسْنَادِ وَرَفَعَهُ فَهَذَا خَبَرٌ غَرِيبٌ، كَذَلِكَ خَبَرُ يُونُسَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَنَسٍ غَرِيبٌ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1012: Muhammad bin Al Mubarak Al Mukharrimi menceritakan kepada kami, Mu’alla bin Manshur mengabarkan kepada kami, Abdul Warits menceritakan kepada kami dari Ayub, dari Nafi’, dari Ibnu Umar, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shalat di atas tikar kecil dan beliau tidak pernah meninggalkannya ketika bepergian atau ketika berdiam di tempat." Begitulah yang diriwayatkan kepada kami oleh Al Mukharrimi secara marfu' meskipun telah terpelihara di dalam sanadnya ini dan telah diriwayatkannya secara marfu’ akan tetapi hadits ini adalah hadits gharib dan hadits riwayat Yunus dari Az-Zuhri, dari Anas juga hadits gharib.
صحيح ابن خزيمة ١٠١٣: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَقَرَأْتُهُ عَلَى بُنْدَارٍ، وَهَذَا حَدِيثُ الدَّوْرَقِيِّ، نا يَحْيَى، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سُفْيَانَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ السَّائِبِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى يَوْمَ الْفَتْحِ وَاضِعًا نَعْلَيْهِ عَنْ يَسَارِهِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1013: Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, dan ia menerimanya dengan bacaan Bundar -hadits ini adalah riwayat Ad-dauraqi- Yahya menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Muhammad bin Abbad bin Ja’far, dari Abdullah bin Sufyan, dari Abdullah bin As-Sa'ib bahwa Nabi shalat pada hari penaklukkan Makkah dengan meletakkan sandalnya di sisi kirinya.
صحيح ابن خزيمة ١٠١٤: نا بُنْدَارٌ، نا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، ثنا ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ سُفْيَانَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ السَّائِبِ قَالَ: حَضَرْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْفَتْحِ، فَصَلَّى يَوْمَ الْفَتْحِ فَخَلَعَ نَعْلَيْهِ فَوَضَعَهُمَا عَنْ يَسَارِهِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1014: Bundar menceritakan kepada kami, Utsman bin Umar menceritakan kepada kami, Ibnu Juraij menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Abbad bin Ja’far, dari Abu Salamah bin Sufyan, dari Abdullah bin Sa'ib, ia berkata, “Aku menyaksikan Rasulullah pada tahun penaklukkan Makkah kemudian beliau shalat [pada hari] penaklukkan Makkah, lalu membuka kedua sandalnya dan meletakkan keduanya di sisi kirinya.”
صحيح ابن خزيمة ١٠١٥: نا بُنْدَارٌ، حَدَّثَنِي عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، ح وَثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، أَخْبَرَنَا أَبُو عَامِرٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ قَيْسٍ، عَنْ يُوسُفَ بْنِ مَاهَكَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلَا يَضَعْ نَعْلَيْهِ عَنْ يَمِينِهِ، وَعَنْ يَسَارِهِ إِلَّا أَنْ لَا يَكُونَ عَنْ يَسَارِهِ أَحَدٌ، وَلْيَضَعْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ» . وَقَالَ الدَّوْرَقِيُّ: وَلَا يَضَعُ نَعْلَيْهِ عَنْ يَسَارِهِ إِلَّا أَنْ لَا يَكُونَ، وَلَمْ يَذْكُرِ الْيَمِينَ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1015: Bundar menceritakan kepada kami, Utsman bin Umar menceritakan kepadaku (Ha') Ya’qub bin Ibrahim Ad-dauraqi menceritakan kepada kami, Utsman bin Umar meriwayatkan kepada kami, Abu Amir mengabarkan kepada kami dari Abdurrahman bin Qais, dari Yusuf bin Mahak, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu shalat maka ia hendaknya tidak meletakkan kedua sandalnya di sisi kanannya dan di sisi kirinya, kecuali apabila di sisi kirinya tidak ada orang lain, dan ia hendaknya meletakkannya di antara kedua kakinya” Ad-Dauraqi berkata, “Ia hendaknya tidak meletakkan kedua sandalnya di sisi kirinya kecuali jika tidak ada orang lain, dengan tidak menyebutkan redaksi sisi kanan.”
صحيح ابن خزيمة ١٠١٦: نا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ، ثنا يَزِيدُ وَهُوَ ابْنُ هَارُونَ، ثنا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، ح وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، ح وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، أَيْضًا ثنا أَبُو النُّعْمَانِ، ثنا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي نُعَامَةَ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي، فَخَلَعَ نَعْلَيْهِ، فَخَلَعَ النَّاسُ نِعَالَهُمْ، فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ: «لِمَ خَلَعْتُمْ نِعَالَكُمْ؟» ، فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، رَأَيْنَاكَ خَلَعْتَ فَخَلَعْنَا، فَقَالَ: «إِنَّ جِبْرِيلَ أَتَانِي، فَأَخْبَرَنِي أَنَّ بِهِمَا خَبَثًا، فَإِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقْلِبْ نَعْلَهُ، فَلْيَنْظُرْ فِيهِمَا خَبَثٌ فَلْيَمْسَحْهُمَا بِالْأَرْضِ، ثُمَّ لَيُصَلِّ فِيهَا» هَذَا حَدِيثُ يَزِيدَ بْنِ هَارُونَ، وَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى فِي حَدِيثِ أَبِي الْوَلِيدِ فَقَالَ: إِنَّ جِبْرِيلَ أَخْبَرَنِي أَنَّ فِيهِمَا قَذَرًا، أَوْ أَذًى
Shahih Ibnu Khuzaimah 1016: Muhammad bin Rafi’ menceritakan kepada kami, Yazid —yaitu Ibnu Harun— menceritakan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami (Ha') Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, Abu Al Walid menceritakan kepada kami, Hammad bin Salamah berkata (Ha') Muhammad bin Yahya juga menceritakan kepada kami, Abu An-Nu’man menceritakan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami dari Abu Nu’amah, dari Abu Nadhrah, dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa Rasulullah [shalat] kemudian beliau membuka sandalnya, maka orang-orang juga membuka sandal mereka dan tatkala selesai beliau bertanya, “Mengapa kamu membuka sandalmu?” Mereka menjawab, “Wahai Rasulullah, kami melihat engkau membukanya maka kami juga membukanya.” Maka beliau berkata, “Sesungguhnya Jibril datang kepadaku dan memberitahukanku bahwa pada keduanya terdapat kotoran, maka apabila salah seorang di antara kamu datang ke masjid maka ia hendaknya membalikkan sandalnya dan melihat kotoran pada kedua sandalnya, lalu gosoklah keduanya di tanah, kemudian shalat dengan mengenakan keduanya ” Ini adalah hadits riwayat Yazid bin Harun. Muhammad bin Yahya di dalam hadits riwayat Abu Al Walid berkata, “Maka beliau berkata, 'Sesungguhnya Jibril telah memberitahukan kepadaku bahwa pada keduanya terdapat kotoran atau najis'.”
صحيح ابن خزيمة ١٠١٧: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، نا سُفْيَانُ، نا الزُّهْرِيُّ، أَخْبَرَنِي عَبَّادُ بْنُ تَمِيمٍ، عَنْ عَمِّهِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَيْدٍ قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الرَّجُلِ يَجِدُ الشَّيْءَ وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ، فَقَالَ: «لَا يَنْصَرِفُ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا، أَوْ يَجِدَ رِيحًا»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1017: Abdul Jabbar bin Al Ala menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Az-Zuhri menceritakan kepada kami, Abbad bin Tamim mengabarkan kepadaku dari pamannya Abdullah bin Zaid, ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah tentang orang yang merasakan sesuatu sementara dirinya sedang shalat, maka beliau menjawab, 'Ia hendaknya tidak membatalkan (menyudahi) shalatnya sampai ia mendengar suara atau mencium baunya'.”
صحيح ابن خزيمة ١٠١٨: نا حَفْصُ بْنُ عَمْرٍو الْبِرْيَانِيُّ، ثنا عُمَرُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَنَسٍ، عَنْ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا أَحْدَثَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ فَلْيَضَعْ يَدَهُ عَلَى أَنْفِهِ وَلْيَنْصَرِفْ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1018: Hafsh bin Amr Al Biryani menceritakan kepada kami, Umar bin Ali menceritakan kepada kami dari Hisyam bin Urwah, dari Anas, dari Aisyah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu berhadas sedangkan ia sedang shalat, maka ia hendaknya meletakkan tangannya di hidung kemudian pergi meninggalkan shalat.''
صحيح ابن خزيمة ١٠١٩: نا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، وَعَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ قَالَ سَعِيدٌ: ثنا، وَقَالَ عَلِيٌّ: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، ح وَثنا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، نا أَبُو عَاصِمٍ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِي ابْنُ شِهَابٍ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، أَخْبَرَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، نا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ، ثنا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ، نا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْتِي أَحَدَكُمْ وَهُوَ فِي صَلَاتِهِ فَيُلْبِسُ عَلَيْهِ صَلَاتَهُ حَتَّى لَا يَدْرِي كَمْ صَلَّى، فَمَنْ وَجَدَ مِنْ ذَلِكَ شَيْئًا، فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ، وَهُوَ جَالِسٌ» وَهَكَذَا مَعْنَى خَبَرِ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، وَمُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ لَا يَدْرِي كَمْ صَلَّى ثَلَاثًا، أَوْ أَرْبَعًا، فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ، وَهُوَ جَالِسٌ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1019: Sa’id bin Abdurrahman Al Makhzumi dan Ali bin Khasyram menceritakan kepada kami, Sa’id berkata: Diriwayatkan kepada kami, Ali berkata: Ibnu Uyainah mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Utsman bin Umar mengabarkan kepada kami, Ibnu Abu Dzi'b menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri; Muhammad bin Rafi’ menceritakan kepada kami, Ibnu Abu Fudaik menceritakan kepada kami, Ibnu Abu Dzi'b menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Sesungguhnya syetan mendatangi salah seorang di antara kamu ketika ia sedang shalat, lalu mengacaukan shalatnya sehingga ia tidak mengetahui berapa rakaat yang telah dikerjakannya, maka barangsiapa mengalami hal itu ia hendaknya sujud dengan dua sujud ketika masih dalam keadaan duduk” Seperti itulah makna hadits riwayat Yahya bin Abu Katsir dan Muhammad bin Amr, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Sehingga seseorang tidak mengetahui berapa rakaat ia shalat, apakah tiga atau empat, maka ia hendaknya sujud dua kali ketika masih dalam keadaan duduk."
صحيح ابن خزيمة ١٠٢٠: وَفِي خَبَرِ عِيَاضٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا سَهَا فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1020: Di dalam hadits Iyadh, dari Abu Sa’id Al Khudri, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, “Apabila ia lupa dan tidak mengingat berapa rakaat yang telah dikerjakan, maka ia hendaknya sujud dengan dua sujud ketika masih dalam keadaan duduk."