صحيح ابن خزيمة ٨٢١: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، وَسَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي صَلَاتَهُ بِاللَّيْلِ، وَأَنَا مُعْتَرِضَةٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ كَاعْتِرَاضِ الْجِنَازَةِ " زَادَ الْمَخْزُومِيُّ مَرَّةً: فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يُوتِرَ أَخَّرَنِي بِرِجْلِهِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 821: Abdul Jabbar bin Al Ala' dan Sa’id bin Abdurrahman menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah, ia berkata: Rasulullah pernah shalat di malam hari sementara aku berbaring di antara dirinya dan kiblat seperti berbaringnya janazah. Dalam kesempatan lain, Al Makhzumi menambahkan, “Apabila beliau ingin mengerjakan shalat witir maka beliau menggeserku dengan kakinya.”
صحيح ابن خزيمة ٨٢٢: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، أَخْبَرَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ وَأَنَا نَائِمَةٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ، فَإِذَا كَانَ الْوِتْرُ أَيْقَظَنِي " ثنا أَحْمَدُ، أَخْبَرَنَا حَمَّادٌ قَالَ: قَالَ أَيُّوبُ، عَنْ هِشَامٍ قَالَتْ: مُعْتَرِضَةٌ كَاعْتِرَاضِ الْجِنَازَةِ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 822: Ahmad bin Abdah menceritakan kepada kami, Hammad —yaitu Ibnu Zaid— mengabarkan kepada kami dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah bahwa Rasulullah shalat di malam hari sementara aku tidur di antara dirinya dan kiblat, dan apabila hendak shalat witir maka beliau membangunkanku.” Ahmad menceritakan kepada kami, Hammad mengabarkan kepada kami, ia berkata, “Ayub meriwayatkan dari Hisyam, Aisyah berkata, ‘Berbaring seperti berbaringnya janazah’.”
صحيح ابن خزيمة ٨٢٣: نا بُنْدَارٌ، ثنا يَحْيَى، ح وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ كُرَيْبٍ، نا ابْنُ بِشْرٍ قَالَا: ثنا هِشَامٌ، ح وَثنا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، ثنا وَكِيعٌ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ: بِمِثْلِ حَدِيثِ حَمَّادٍ، عَنْ هِشَامٍ غَيْرَ أَنَّ فِي حَدِيثِ وَكِيعٍ، وَابْنِ بِشْرٍ: وَأَنَا مُعْتَرِضَةٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يُوتِرَ أَيْقَظَنِي، فَأَوْتَرْتُ وَفِي حَدِيثِ بُنْدَارٍ: يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ، وَفِرَاشُنَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يُوتِرَ أَقَامَنِي فَأُوتِرُ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 823: Bundar menceritakan kepada kami, Yahya menceritakan kepada kami (Ha*) Muhammad bin Al Ala' bin Kuraib menceritakan kepada kami, Ibnu Bisyir menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Hisyam menceritakan kepada kami (Ha') Salam bin Junadah menceritakan kepada kami, Waqi’ menceritakan kepada kami dari Hisyam bin Urwah seperti hadits Hammad, dari Hisyam, akan tetapi didalam hadits Waqi’ dan Ibnu Bisyir terdapat kalimat, “Sementara aku berbaring di antara dirinya dan kiblat, dan apabila ingin mengerjakan shalat witir maka beliau membangunkanku, lalu aku shalat witir." Sedangkan di dalam hadits Bundar, “Beliau shalat di malam hari sedangkan tempat tidur kami di antara dirinya dan kiblat, dan apabila ingin shalat witir maka beliau membangunkanku, lalu aku shalat witir.”
صحيح ابن خزيمة ٨٢٤: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ، ثنا حَفْصٌ يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنِ الْأَسْوَدِ، عَنْ عَائِشَةَ وَالْأَعْمَشُ، عَنْ أَبِي الضُّحَى، عَنْ مَسْرُوقٍ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي وَأَنَا مُعْتَرِضَةٌ بَيْنَ يَدَيْهِ، فَإِذَا أَرَدْتُ أَنْ أَقُومَ أَنْسَلُّ مِنْ قِبَلِ رِجْلَيَّ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 824: Abdulllab bin Sa'id Al Asyaj menceritakan kepada kami, Hafsh —yaitu Tbnu Ghayyats- menceritakan kepada kami dari Al A’masy, dari Ibrahim, dari Al Aswad, dari Aisyah dan Al A’masy, dari Abu Adh-Dbuha, dari Masruq, dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah mengerjakan shalat, sedangkan aku berbaring di hadapannya dan apabila aku ingin bangkit dari tempat tidur maka aku menarik kedua kaki dengan lembut.”
صحيح ابن خزيمة ٨٢٥: ناه الدَّوْرَقِيُّ، ثنا أَبُو مُعَاوِيَةَ، نا الْأَعْمَشُ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنِ الْأَسْوَدِ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: رُبَّمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي بِاللَّيْلِ وَسَطَ السَّرِيرِ، وَأَنَا عَلَى السَّرِيرِ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ، تَكُونُ لِي الْحَاجَةُ، فَأَنْسَلُّ مِنْ قِبَلِ رِجْلَيِ السَّرِيرِ كَرَاهَةَ أَنْ أَسْتَقْبِلَهُ بِوَجْهِي "
Shahih Ibnu Khuzaimah 825: Ad-Dauraqi memberitahukan kepadanya, Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami, Al A’masy menceritakan kepada kami dari Ibrahim, dari Al Aswad, dari Aisyah, ia berkata, “Aku benar-benar menyaksikan Rasulullah shalat di tengab- tengah tempat tidur sedangkan aku berbaring di antara dirinya dan kiblat, kemudian (ketika) aku mempunyai keperluan (95-Ba') maka aku menarik kakiku secara perlahan dari tempat tidur agar tidak menghadap kepadanya dengan mukaku.”
صحيح ابن خزيمة ٨٢٦: أنا أَبُو طَاهِرٍ، نا الْفَضْلُ بْنُ يَعْقُوبَ الرُّخَامِيُّ، نا الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ، نا جَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ، عَنْ يَعْلَى بْنِ حَكِيمٍ، وَالزُّبَيْرِ بْنِ الْخِرِّيتِ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي فَمَرَّتْ شَاةٌ بَيْنَ يَدَيْهِ فَسَاعَاهَا إِلَى الْقِبْلَةِ حَتَّى أَلْزَقَ بَطْنُهُ بِالْقِبْلَةِ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 826: Abu Thahir mengabarkan kepada kami, Al Fadhl bin Ya'qub Ar-Rukhami menceritakan kepada kami, Al Haitsam bin Jamil memberitahukan kepadaku, Jarir bin Hazim menceritakan kepada kami dari Ya’la bin Hakim dan Zubair bin Al Khiarit, dari Ikrimah. dari Ibnu Abbas, bahwa ketika Rasulullah sedang shalat seekor domba melintas di hadapannya lalu beliau menggiringnya ke arah kiblat sehingga beliau dapat menempelkan perutnya di kiblat.
صحيح ابن خزيمة ٨٢٧: نا بُنْدَارٌ، ثنا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيدِ، نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «الْهِرَّةُ لَا تَقْطَعُ الصَّلَاةَ، إِنَّهَا مِنْ مَتَاعِ الْبَيْتِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 827: Bundar menceritakan kepada kami, Ubaidullah bin Abdul Majid menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Abu Az-Zinad menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Abu SaJamah, dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Kucing (yang melintas) tidak membatalkan shalat, sebab la dianggap sebagai perhiasan rumah"
صحيح ابن خزيمة ٨٢٨: ناه الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ، ثنا ابْنُ وَهْبٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي الزِّنَادِ بِهَذَا الْحَدِيثِ مَوْقُوفًا غَيْرَ مَرْفُوعٍ قَالَ أَبُو بَكْرِ: ابْنُ وَهْبٍ أَعْلَمُ بِحَدِيثِ أَهْلِ الْمَدِينَةِ مِنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْمَجِيدِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 828: Ar-Rabi ’ bin Sulaiman memberitahukannya kepada kami, Ibnu Wahab menceritakan kepada kami dari Ibnu Abu Az-Zinad dengan hadits ini yang diriwayatkan secara mauquf dan bukan marfu'. Abu Bakar berkata, “Ibnu Wahab adalah orang yang paling mengetahui tentang hadits-hadits penduduk Madinah dari Ubaidullah bin Abdul Majid.”
صحيح ابن خزيمة ٨٢٩: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، ثنا ابْنُ عُلَيَّةَ، عَنْ يُونُسَ، ح وَثنا أَبُو الْخَطَّابِ زِيَادُ بْنُ يَحْيَى، ثنا بِشْرٌ يَعْنِي ابْنَ الْمُفَضَّلِ، نا يُونُسُ، ح وَثنا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ، ثنا هِشَامٌ، أَخْبَرَنَا يُونُسُ، وَمَنْصُورٌ وَهُوَ ابْنُ زَاذَانَ، وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، نا شُعْبَةُ، ح وَثنا هِلَالُ بْنُ بِشْرٍ، نا سَالِمُ بْنُ نُوحٍ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَامِرٍ، ح وَحَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ مَرْزُوقٍ، حَدَّثَنَا أَسَدٌ يَعْنِي ابْنَ مُوسَى، نا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَيُّوبَ، وَيُونُسَ بْنِ عُبَيْدٍ، وَحَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ، وَثنا الدَّوْرَقِيُّ، نا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ سَالِمٍ وَهُوَ ابْنُ الزِّنَادِ، كُلُّهُمْ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ هِلَالٍ، ثنا أَبُو الْخَطَّابِ زِيَادُ بْنُ يَحْيَى، نا سَهْلُ بْنُ أَسْلَمَ يَعْنِي الْعَدَوِيَّ، ثنا حُمَيْدُ بْنُ هِلَالٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الصَّامِتِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، وَهَذَا حَدِيثُ أَبِي الْخَطَّابِ، عَنْ سَهْلِ بْنِ أَسْلَمَ، قَالَ أَبُو ذَرٍّ: " يَقْطَعُ الصَّلَاةَ الْحِمَارُ وَالْمَرْأَةُ وَالْكَلْبُ الْأَسْوَدُ قُلْتُ: يَا أَبَا ذَرٍّ: مَا بَالُ الْكَلْبِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْأَبْيَضِ مِنَ الْأَصْفَرِ مِنَ الْأَحْمَرِ؟ قَالَ: يَا ابْنَ أَخِي، سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا سَأَلْتَنِي، فَقَالَ: «الْكَلْبُ الْأَسْوَدُ شَيْطَانٌ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 829: Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Ibnu Ulayyah menceritakan kepada kami dari Yunus (Ha') Abu Al Khaththab Ziyad bin Yahya menceritakan kepada kami, Bisyr —yaitu Ibnu Al Mufadhdhal— menceritakan kepada kami, Yunus menceritakan kepada kami (Ha') Ahmad bin Mani’ menceritakan kepada kami, Hisyam menceritakan kepada kami, Yunus dan Manshur —yaitu Ibnu Zadzan— mengabarkan kepada kami, Bundar menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami (Ha') Hilal bin Bisyir menceritakan kepada kami, Salim bin Nuh mengabarkan kepada kami, dari Utsman bin Amir (Ha) Nashr bin Marzuq menceritakan kepada kami, Asad —yaitu Ibnu Musa— menceritakan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami dari Ayub dan Yunus bin Ubaid dan Habib bin Asy-Syahid; Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Al Mu’tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Salim —yaitu Ibnu Az-Zinad—, semuanya dari Humaid bin Hilal; Abu Al Khaththab Ziyad bin Yahya menceritakan kepada kami, Sahal bin Aslam —yaitu Al Adawi— menceritakan kepada kami, Humaid bin Hilal menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Ash-Shamit, dari Abu Dzar dan ini adalah hadits Abu Khaththab, dari Sahal bin Aslam, Abu Dzar, dia berkata, “Keledai, perempuan, dan anjing hitam membatalkan shalat.” Aku kemudian bertanya, “Wahai Abu Dzar, apa perbedaan antara anjing hitam dengan anjing putih, anjing kuning serta anjing merah?” Ia Menjawab, “Wahai keponakanku, aku pernah bertanya kepada Rasulullah seperti yang kamu tanyakan kepadaku, maka beliau menjawab, ‘Anjing hitam adalah syetan'.”
صحيح ابن خزيمة ٨٣٠: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْوَلِيدِ، نا عَبْدُ الْأَعْلَى بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الشَّامِيُّ، نا هِشَامٌ، عَنْ حُمَيْدِ بْنِ هِلَالٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الصَّامِتِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «تُعَادُ الصَّلَاةُ مِنْ مَمَرِّ الْحِمَارِ، وَالْمَرْأَةِ، وَالْكَلْبِ الْأَسْوَدِ» قُلْتُ: مَا بَالُ الْأَسْوَدِ مِنَ الْكَلْبِ الْأَصْفَرِ، مِنَ الْكَلْبِ الْأَحْمَرِ، فَقَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا سَأَلْتَنِي، فَقَالَ: «الْكَلْبُ الْأَسْوَدُ شَيْطَانٌ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 830: Muhammad bin Al Walid menceritakan kepada kami, Abdul A’la bin Abdul A’la Asy-Syami menceritakan kepada kami, Hisyam menceritakan kepada kami dari Humaid bin Hilal, dari Abdullah bin Ash-Shamit, dari Abu Dzar, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Shalat harus diulang jika dilewati keledai dan perempuan serta anjing hitam.” Aku bertanya, “Apa perbedaan antara anjing hitam dengan anjing putih, anjing kuning, serta anjing merah?” Abu Dzar menjawab, “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah seperti yang kamu tanyakan kepadaku, beliau lalu bersabda, ‘Anjing hitam adalah syetan'."