صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #1761

صحيح ابن خزيمة ١٧٦١: نا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ، ثنا شُعَيْبٌ، نا اللَّيْثُ، عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ وَدِيعَةَ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَأَحْسَنَ الْغُسْلَ , ثُمَّ لَبِسَ مِنْ صَالِحِ ثِيَابِهِ , ثُمَّ مَسَّ مِنْ دُهْنِ بَيْتِهِ مَا كَتَبَ اللَّهُ لَهُ , أَوْ مِنْ طِيبِهِ , ثُمَّ لَمْ يُفَرِّقْ بَيْنَ اثْنَيْنِ كَفَّرَ اللَّهُ عَنْهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ قَبْلَهَا» . قَالَ سَعِيدٌ: فَذَكَرْتُهَا لِعُمَارَةَ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ قَالَ: صَدَقَ , وَزِيَادَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ.

Shahih Ibnu Khuzaimah 1761: Ar-Rabi’ bin Sulaiman memberitakan kepada kami, Syu’aib memberitakan kepada kami, Al-Laits memberitakan kepada kami, dari Ibnu Ajalan, dari Said Al Maqbiri, dari bapaknya, dari Abdullah bin Wadi’ah, dari Abu Dzar dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bahwasanya beliau pernah bersabda, "Barangsiapa mandi pada hari jum’at dengan sebaik-baiknya. Lalu ia mengenakan pakaian yang terbaik. Setelah itu ia memakai minyak wangi. Kemudian ia tidak memisahkan antara dua orang, maka Allah akan mengampuni dosanya hari ini dan hari jum at sebelumnya" Said berkata, "Aku pernah menceritakan hadits itu kepada Imarah bin Amr bin Hazm, dan ia pun berkata, benar'." Dan ada tambahan tiga hari."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1762

صحيح ابن خزيمة ١٧٦٢: نا بُنْدَارٌ، ثنا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِيهِ بِهَذَا الْحَدِيثِ. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " قَالَ لَنَا بُنْدَارٌ: أَحْفَظُهُ مِنْ فِيهِ , وَعَنْ أَبِيهِ، وَهَذَا عِنْدِي وَهْمٌ , وَالصَّحِيحُ: عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ أَبِيهِ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 1762: Bundar memberitakan kepada kami, Yahya bin Said menceritakan kepada kami, dari Ibnu Ajalan, dari Said Al Maqbiri, dari bapaknya yang sama seperti hadits ini. Abu Bakar berkata, "Bundar telah berkata kepada kami, 'aku hapal hadits ini dari mulutnya dan mulut bapaknya." Menurut pendapatku ini adalah suatu dugaan yang salah dan yang benar adalah dari Said dan dari bapaknya.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1763

صحيح ابن خزيمة ١٧٦٣: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا عَمْرُو بْنُ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ زُهَيْرٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، وَعَنْ يَحْيَى بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، وَعَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ رَجُلٍ مِنْهُمْ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَبَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ , فَرَأَى عَلَيْهِمْ ثِيَابَ النِّمَارِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَا عَلَى أَحَدِكُمْ إِنْ وَجَدَ سَعَةً أَنْ يَتَّخِذَ ثَوْبَيْنِ لِجُمُعَتِهِ سِوَى ثَوْبَيْ مِهْنَتِهِ؟»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1763: Muhammad bin Yahya memberitakan kepada kami, Amr bin Abu Salama memberitakan kepada kami, dari Zuhair, dari Hisyam bin Urwah, dari bapaknya, dari Aisyah, dari Yahya bin Urwah, dari seorang laki-laki di antara mereka bahwasanya Pada suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menyampaikan khutbah jum’at. Ketika sedang khutbah, beliau melihat seseorang mengenakan pakaian dari kulit macan. Akhirnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian memperoleh rezeki, maka sebaiknya ia memakai dua pakaian untuk shalat jum’at selain pakaian kerjanya."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1764

صحيح ابن خزيمة ١٧٦٤: ثنا الْحَسَنُ بْنُ الصَّبَّاحِ الْبَزَّازُ، ثنا حَفْصٌ يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ، عَنْ حَجَّاجٍ، عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: «كَانَتْ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جُبَّةٌ يَلْبَسُهَا فِي الْعِيدَيْنِ، وَيَوْمِ الْجُمُعَةِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1764: Hasan bin Shabah Al Bazzar menceritakan kepada kami, Hafsh bin Giyats menceritakan kepada kami, dari Hajjaj, dari Abu Ja’far, dari Jabir bin Abdullah yang telah berkata, "Konon Nabi Muhammad mempunyai jubah (baju panjang) yang dikenakannya pada setiap hari raya idul fitri dan idul adha serta shalat jum’at."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1765

صحيح ابن خزيمة ١٧٦٥: ثنا أَبُو مُوسَى، نا أَبُو أَحْمَدَ، ح، وَثنا سَعِيدُ بْنُ أَبِي يَزِيدَ، نا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ قَالَ: ثنا سُفْيَانُ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عِيسَى، عَنْ يَحْيَى بْنِ الْحَارِثِ، عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ، عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ غَسَّلَ وَاغْتَسَلَ , ثُمَّ غَدَا وَابْتَكَرَ , وَجَلَسَ مِنَ الْإِمَامِ قَرِيبًا , فَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ كَانَ لَهُ مِنَ الْأَجْرِ أَجْرُ سَنَةٍ , صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا» . هَذَا حَدِيثُ أَبِي مُوسَى. وَفِي حَدِيثِ مُحَمَّدِ بْنِ يُوسُفَ: «كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1765: Abu Musa menceritakan kepada kami, Abu Ahmad memberitakan kepada kami, Ha, Said bin Abu Yazid menceritakan kepada kami, Muhammad bin Yusuf menceritakan kepada kami,dan berkata: Sufyan telah menceritakan kepada kami sebuah hadits yang diterimanya dari Abdullah bin Isa, dari Yahya bin Harits, dari Abu Al Asy’ats Ash-Shan’ani, dari Aus bin Aus yang telah berkata, "Rasulullah pernah bersabda, 'Barangsiapa yang mandi di hari jum’at, setelah itu ia bersegera berangkat ke masjid dan duduk dekat imam. Kemudian ia mendengarkan khutbah dengan baik dan khusu, maka ia pasti akan mendapatkan pahala puasa dan shalat selama satu tahun'." Ini adalah hadits Abu Musa, sedangkan dalam hadits Muhammad bin Yusuf disebutkan, "...maka setiap langkahnya itu mendapat ganjaran pahala puasa dan shalat selama satu tahun. "

Shahih Ibnu Khuzaimah #1766

صحيح ابن خزيمة ١٧٦٦: ثنا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ أَبُو هَاشِمٍ، نا مُبَشِّرٌ يَعْنِي ابْنَ إِسْمَاعِيلَ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «الْمُسْتَعْجِلُ إِلَى الصَّلَاةِ كَالْمُهْدِي بَدَنَةً , وَالَّذِي يَلِيهِ كَالْمُهْدِي بَقَرَةً , وَالَّذِي يَلِيهِ كَالْمُهْدِي شَاةً , وَالَّذِي يَلِيهِ كَالْمُهْدِي طَيْرًا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1766: Ziyad bin Ayyub Abu Hasyim memberitakan kepada kami, Mubasyir bin Ismail memberitakan kepada kami, dari Al Auza’i, Yahya bin Abu Katsir menceritakan kepada ku, dari Abu Salama bin Abdurrahman, dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: "Orang yang bersegera pergi ke masjid untuk (shalat) jum’at adalah seperti orang yang mempersembahkan unta yang gemuk. Kemudian orang yang datang selanjutnya seperti orang yang mempersembahkan sapi. Lalu yang berikutnya seperti orang yang mempersembahkan kambing. Sementara yang berikutnya seperti orang yang mempersembahkan burung."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1767

صحيح ابن خزيمة ١٧٦٧: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ، ثنا سُفْيَانُ، نا الزُّهْرِيُّ، وَثنا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، ثنا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ مَلَائِكَةٌ يَكْتُبُونَ النَّاسَ عَلَى مَنَازِلِهِمُ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ , فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ طُوِيَتِ الصُّحُفُ» . وَقَالَ عَبْدُ الْجَبَّارِ: «فَإِذَا جَلَسَ الْإِمَامُ طَوَوَا الصُّحُفَ» . وَقَالَا جَمِيعًا: «وَاسْتَمَعُوا الْخُطْبَةَ , فَالْمُهَجِّرُ إِلَى الصَّلَاةِ كَالْمُهْدِي بَدَنَةً , ثُمَّ الَّذِي يَلِيهِ كَمُهْدِي بَقَرَةً , ثُمَّ الَّذِي يَلِيهِ كَمُهْدِي كَبْشٍ» حَتَّى ذَكَرَ الدَّجَاجَةَ وَالْبَيْضَةَ. وَقَالَ الْمَخْزُومِيُّ: «كَمُهْدِي الْبَقَرَةِ» , وَقَالَ: «كَمُهْدِي الْكَبْشِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1767: Abdul Jabbar memberitakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Az-Zuhri menceritakan kepada kami, Said bin Abdurrahman menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari Sa'id bin Musayyib, dari Abu Hurairah yang berkata, "Rasulullah telah bersabda, 'Apabila datang hari jum'at, maka para malaikat akan duduk di pintu-pintu masjid untuk mencatat amal perbuatan kaum muslimin yang berangkat dari rumahnya (menuju masjid), Orang yang paling utama adalah yang berada pada barisan pertama, Apabila imam naik ke atas mimbar (untuk berkhulbah), maka catatan itu akan ditutup." Abdul Jabbar berkata, "Apabila imam duduk di atas mimbar untuk berkhutbah, maka para malaikat akan menutup eatatannya untuk mendengarkan khutbah." Maka orang yang bersegera datang ke masjid itu seperti orang yang mempersembahkan unta yang gemuk. Sedangkan yang datang selanjutnya seperti orang yang mempersembahkan sapi. Lalu berikutnya seperti orang yang mempersembahkan kambing, hingga akhirnya ia menyebutkan ayam dan telur. Al Makhzumi berkata, "Seperti orang yang mempersembahkan sapi. Dan seperti orang yang mempersembahkan kambing."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1768

صحيح ابن خزيمة ١٧٦٨: نا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، نا إِسْمَاعِيلُ يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ، ثنا الْعَلَاءُ، ح، وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، نا شُعْبَةُ، عَنِ الْعَلَاءِ، ح، وَثنا أَبُو مُوسَى، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ: ثنا شُعْبَةُ قَالَ: سَمِعْتُ الْعَلَاءَ، ح، وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بَزِيعٍ، نا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ، نا رَوْحُ بْنُ الْقَاسِمِ، عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ مَلَكَانِ يَكْتُبَانِ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ , كَرَجُلٍ قَدَّمَ بَدَنَةً , وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ بَقَرَةً , وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ شَاةً , وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ طَيْرًا , وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ بَيْضَةً , فَإِذَا قَعَدَ الْإِمَامُ طُوِيَتِ الصُّحُفُ» . وَقَالَ بُنْدَارٌ: «فَإِذَا قَعَدَ طُوِيَتِ الصُّحُفُ» . وَقَالَ عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ: «قَدَّمَ طَائِرًا» . قَالَ ابْنُ بَزِيعٍ: «فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ طُوِيَتِ الصُّحُفُ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1768: Ali bin Hujr memberitakan kepada kami, Ismail bin Ja’far memberitakan kepada kami, Al 'Ala memberitakan kepada kami, Ha, Muhammad bin Basyar menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja’far memberitakan kepada kami, Syu’bah bin Al 'Ala memberitakan kepada kami, Ha, Abu Musa menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada ku dan berkata, "Syu’bah menceritakan kepada kami dan berkata, aku pernah mendengar Al 'Ala’," Ha, Muhammad bin Abdullah bin Buzai’ menceritakan kepada kami, Yazid —yaitu Ibnu Zari’— memberitakan kepada kami, Ruh bin Qasim memberitakan kepada kami, dari Al 'Ala bin Abdurrahman, dari Abu Hurairah yang mendengar hadits itu dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang telah bersabda, "Pada hari jum 'at, di setiap pintu masjid itu ada dua malaikat yang akan mencatat orang yang datang pertama kali ke masjid. Orang yang datang pertama kali ke masjid adalah seperti orang yang mempersembahkan seekor unta gemuk. Selanjutnya seperti orang yang mempersembahkan seekor sapi. Kemudian seperti orang yang mempersembahkan kambing. Lalu seperti orang yang mempersembahkan seekor burung. Yang terakhir seperti orang yang mempersembahkan telur. Apabila khatib telah duduk di atas mimbar, maka lembar catatan itu akan ditutup." Bundar berkata, "Apabila khatib telah duduk di atas mimbar, maka lembar catatan itu akan ditutup." Ali bin Hajar telah berkata, "Seperti orang yang mempersembahkan seekor burung." Ibnu Buza'i berkata, "Apabila khatib keluar untuk berkhutbah, maka lembar catatan akan ditutup."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1769

صحيح ابن خزيمة ١٧٦٩: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الْقُطَعِيُّ، ثنا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ، ثنا هَمَّامٌ، ثنا مَطَرٌ، ح، وَحَدَّثَنَا أَبُو حَاتِمٍ سَهْلُ بْنُ مُحَمَّدٍ , نا الْمُقْرِئُ، أَخْبَرَنِي هَمَّامٌ، عَنْ مَطَرٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: " تُبْعَثُ الْمَلَائِكَةُ عَلَى أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ يَكْتُبُونَ مَجِيءَ النَّاسِ , فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ طُوِيَتِ الصُّحُفُ , وَرُفِعَتِ الْأَقْلَامُ , فَتَقُولُ الْمَلَائِكَةُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ: مَا حَبَسَ فُلَانًا؟ فَتَقُولُ الْمَلَائِكَةُ: اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ ضَالًّا فَاهْدِهِ , وَإِنْ كَانَ مَرِيضًا فَاشْفِهِ , وَإِنْ كَانَ عَائِلًا فَأغْنِهِ ". هَذَا حَدِيثُ الْمُقْرِئِ. وَقَالَ الْقُطَعِيُّ: قَالَ: «تَقْعُدُ الْمَلَائِكَةُ عَلَى أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ» . وَقَالَ أَيْضًا: " يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ: اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ ضَالًّا فَاهْدِهِ , وَإِنْ كَانَ. . . " إِلَى آخِرِهِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1769: Muhammad bin Yahya Al Qath’i memberitakan kepada kami, Hajjaj bin Minhal menceritakan kepada kami, Hammam menceritakan kepada ku, Mathar menceritakan kepada kami, Ha, Abu Hatim Sahal bin Muhammad menceritakan kepada kami, Al Muqri memberitakan kepada kami, Hammam memberitakan kepada ku, dari Mathar, dari Amr bin Syu’aib, dari bapaknya, dari kakeknya, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang telah bersabda, "Para malaikat akan diutus untuk duduk di depan pintu masjid pada hari jum’at untuk mencatat orang-orang yang datang ke masjid pada hari itu. Apabila imam telah keluar (untuk berkhutbah), maka lembar catatan itu akan ditutup dan pena telah diangkat. Selanjutnya para malaikat akan saling bertanya kepada yang lainnya, Apa yang menahan si fulan (untuk tidak datang ke masjid dengan segera)?' kemudian para malaikat itu pun akan berdoa, 'ya Allah ya Tuhan kami, apabila ia sesat, maka berilah petunjuk kepadanya. Apabila ia sakit, maka sembuhkanlah penyakitnya. Apabila ia kekurangan, maka cukupkanlah bagi dirinya'" Ini adalah haditsnya Al Muqri Kemudian Al Qath’i berkata, "Para malaikat akan duduk di pintu masjid." Lalu ia berkata pula, "Para malaikat saling berdoa antara satu dengan yang lainnya, 'ya Allah ya Tuhan kami, jika ia sesat, maka berilah petunjuk kepadanya ....dan seterusnya'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1770

صحيح ابن خزيمة ١٧٧٠: نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ مُوسَى الْفَزَارِيُّ، أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ يَعْنِي ابْنَ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، وَالزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ فَلَا تَأْتُوهَا وَأَنْتُمْ تَسْعَوْنَ , وَأْتُوهَا وَأَنْتُمْ تَمْشُونَ عَلَيْكُمُ السَّكِينَةُ , فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا , وَمَا فَاتَكُمْ فَاقْضُوا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1770: Ismail bin Musa Al Fazari memberitakan kepada kami, Ibrahim bin Sa’ad memberitakan kepada kami, dari bapaknya, dari Abu Salama dan Az-Zuhri, dari Said bin Musayyib, dari Abu Hurairah yang telah berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: "Apabila adzan shalat telah dikumandangkan, maka janganlah kalian tergesa-gesa untuk melaksanakannya. Datangilah tempat shalat sambil berjalan kaki dengan penuh ketenangan. Kerjakanlah rakaat shalat yang kalian dapatkan dan sempurnakanlah rakaat shalat yang tertinggal!"