صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #1561

صحيح ابن خزيمة ١٥٦١: نا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، نا أَبُو أَحْمَدَ، نا مِسْعَرٌ، عَنْ ثَابِتِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ، ح وَثنا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، ثنا وَكِيعٌ، عَنْ مِسْعَرٍ، عَنْ ثَابِتِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ - وَهَذَا حَدِيثُ بُنْدَارٍ - قَالَ: كُنَّا إِذَا صَلَّيْنَا خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحْبَبْنَا أَنْ نَكُونَ عَنْ يَمِينِهِ، فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ حِينَ انْصَرَفَ: «رَبِّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ» وَلَمْ يَقُلْ سَلْمٌ: حِينَ انْصَرَفَ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1561: Muhammad bin Basyar memberitakan kepada kami, Abu Ahmad memberitakan kepada kami, Mis'ar memberitakan kepada kami dari Tsabit bin Ubaid, dari Al Bara bin Azib, Ha, Salm bin Junadah memberitakan kepada kami, Waki' memberitakan kepada kami, dari Mis'ar dari Tsabit bin Ubaid dari Al Bara bin Azib yang berkata, ini adalah hadits Bundar "Apabila kami shalat di belakang Rasulullah, maka kami berharap agar kami berada di sebelah kanan beliau. Selain itu, aku pun pernah mendengar beliau berkata ketika memalingkan kepalanya (ke sebelah kanan), 'Ya Allah, peliharalah aku dari azab-Mu pada hari engkau membangkitkan hamba-Mu!' dan beliau tidak mengucapkan salam pada saat memalingkan kepalanya tersebut."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1562

صحيح ابن خزيمة ١٥٦٢: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، ثنا سُفْيَانُ، عَنْ مِسْعَرٍ، عَنْ ثَابِتِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ الْبَرَاءِ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: «كَانَ يُعْجِبُنَا أَنْ نُصَلِّيَ مِمَّا يَلِي يَمِينَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؛ لِأَنَّهُ كَانَ يَبْدَأُ بِالسَّلَامِ عَنْ يَمِينِهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1562: Abdul Jabbar bin 'Ala memberitakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, dari Mis'ar, dari Tsabit bin Ubaid, dari Yazid bin Al Bara, dari bapaknya bahwasanya ia berkata, "Kami bangga dapat melaksanakan shalat di sebelah kanan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, karena beliau memulai salam dari sebelah kanan."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1563

صحيح ابن خزيمة ١٥٦٣: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، أَخْبَرَنَا أَبُو أَحْمَدَ، نا مِسْعَرٌ، عَنْ ثَابِتِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنِ ابْنِ الْبَرَاءِ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: كُنَّا إِذَا صَلَّيْنَا خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحْبَبْنَا أَنْ نَكُونَ عَنْ يَمِينِهِ، وَسَمِعْتُهُ يَقُولُ حِينَ انْصَرَفَ: «رَبِّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1563: Ahmad bin Abadah memberitakan kepada kami, Abu Ahmad memberitakan kepada kami, Mis'ar memberitakan kepada kami, dari Tsabit bin Ubaid, Tsabit bin ubaid dari ibnu Al Bara, dari Al Bara bin Azib yang telah berkata, "Apabila kami shalat di belakang Rasulullah, maka kami berharap agar kami berada di sebelah kanannya . Kemudian aku pernah mendengar beliau berkata ketika memalingkan wajahnya kc sebelah kanan, 'Ya Allah, peliharalah diriku dari azah-Mu pada hari engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1564

صحيح ابن خزيمة ١٥٦٤: نا بُنْدَارٌ، نا أَبُو عَاصِمٍ، ثنا جَعْفَرُ بْنُ يَحْيَى، ثنا عَمِّي عُمَارَةُ بْنُ ثَوْبَانَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «خَيْرُكُمْ أَلْيَنُكُمْ مَنَاكِبَ فِي الصَّلَاةِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1564: Bundar memberitakan kepada kami, Abu Ashim memberitakan kepada kami, Ja'far bin Yahya menceritakan kepada kami, Umarah bin Tsauban, pamanku memberitakan kepada kami, dari Atha bin Abi Rabah, dari Ibnu Abbas yang berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda, 'Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling lemas bahunya dalam (barisan) shalat'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1565

صحيح ابن خزيمة ١٥٦٥: نا يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ، ثنا أَبُو قُتَيْبَةَ، وَيَحْيَى بْنُ حَمَّادٍ، عَنْ هَارُونَ أَبِي مُسْلِمٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ قُرَّةَ، عَنْ أَبِيهِ قُرَّةَ قَالَ: «كُنَّا نُنْهَى عَنِ الصَّلَاةِ بَيْنَ السَّوَارِي، وَنُطْرَدُ عَنْهَا طَرْدًا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1565: Yahya bin Hakim memberitakan kepada kami, Abu Qutaibah dan Yahya bin Hamad menceritakan kepada kami dari Harun Abi Muslim , dari qatadah, dari Mu'awiyah bin Qurrah, dari Qurrah, bapaknya, yang berkata, "Kami dilarang untuk melaksanakan shalat di tempat yang tinggi. Dan kami pun pernah disingkirkan dari tempat tersebut."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1566

صحيح ابن خزيمة ١٥٦٦: نا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ هَانِئٍ، عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ مَحْمُودٍ قَالَ: صَلَّيْتُ إِلَى جَنْبِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ فَزَحَمَنَا إِلَى السَّوَارِي، فَقَالَ: «كُنَّا نَتَّقِي هَذَا عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1566: Bundar memberitakan kepada kami, Yahya memberitakan kepada kami dari Sufyan, dari Yahya bin hani, dari Abdul Hamid bin Mahmud yang telah berkata, "Pada suatu ketika, aku shalat di sebelah Anas bin Malik, lalu aku didesak hingga ke tempat yang tinggi. Selanjutnya, Anas bin Malik berkata kepadaku, 'Pada masa Nabi dahulu kami senantiasa berupaya untuk menjauhi tempat yang tinggi itu'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1567

صحيح ابن خزيمة ١٥٦٧: نا أَحْمَدُ بْنُ الْمِقْدَامِ، ثنا مُلَازِمُ بْنُ عَمْرٍو، حَدَّثَنِي جَدِّي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بَدْرٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ شَيْبَانَ، عَنْ أَبِيهِ، عَلِيِّ بْنِ شَيْبَانَ - وَكَانَ أَحَدَ الْوَفْدِ - قَالَ: صَلَّيْنَا خَلْفَهُ يَعْنِي النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَضَى نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةَ، فَرَأَى رَجُلًا فَرْدًا يُصَلِّي خَلْفَ الصَّفِّ، فَوَقَفَ عَلَيْهِ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى قَضَى صَلَاتَهُ، ثُمَّ قَالَ لَهُ: «اسْتَقْبِلْ صَلَاتَكَ، فَلَا صَلَاةَ لِفَرْدٍ خَلْفَ الصَّفِّ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1567: Ahmad bin Al Miqdam memberitakan kepada kami, Mulazim bin Amr memberitakan kepada kami, Abdullah bin Badar kakekku memberitakan kepada kami, dari Abdurrahman bin Ali bin Syaiban, dari bapaknya, Ali bin Syaiban, salah seorang utusan, yang telah berkata, "Pada suatu hari, kami melaksanakan shalat di belakang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ketika selesai melaksanakan shalat, Rasulullah melihat seorang laki-laki yang sedang Shalat di belakang barisan (shaf) kemudian Rasulullah menunggu laki-laki itu hingga menuntaskan shalatnya. Setelah itu, Rasulullah pun berkata kepadanya, 'Ulangilah shalatmu! Tidak sah shalatnya seseorang yang berdiri di belakang barisan'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1568

صحيح ابن خزيمة ١٥٦٨: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " وَفِي أَخْبَارِ وَابِصَةَ بْنِ مَعْبَدٍ: رَأَى رَجُلًا صَلَّى خَلْفَ الصَّفِّ وَحْدَهُ، فَأَمَرَهُ أَنْ يُعِيدَ الصَّلَاةَ وَاحْتَجَّ بَعْضُ أَصْحَابِنَا وَبَعْضُ مَنْ قَالَ بِمَذْهَبِ الْعِرَاقِيِّينَ فِي إِجَازَةِ صَلَاةِ الْمَأْمُومِ خَلْفَ الصَّفِّ وَحْدَهُ بِمَا هُوَ بَعِيدُ الشَّبَهِ مِنْ هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ ، احْتَجُّوا بِخَبَرِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ صَلَّى وَامْرَأَةٌ خَلْفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَجَعَلَهُ عَنْ يَمِينِهِ، وَالْمَرْأَةَ خَلْفَ ذَلِكَ، فَقَالُوا: إِذَا جَازَ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَقُومَ خَلْفَ الصَّفِّ وَحْدَهَا، جَازَ صَلَاةُ الْمُصَلِّي خَلْفَ الصَّفِّ وَحْدَهُ وَهَذَا الِاحْتِجَاجُ عِنْدِي غَلَطٌ؛ لِأَنَّ سُنَّةَ الْمَرْأَةِ أَنْ تَقُومَ خَلْفَ الصَّفِّ وَحْدَهَا إِذَا لَمْ تَكُنْ مَعَهَا امْرَأَةٌ أُخْرَى، وَغَيْرُ جَائِزٍ لَهَا أَنْ تَقُومَ بِحِذَاءِ الْإِمَامِ وَلَا فِي الصَّفِّ مَعَ الرِّجَالِ، وَالْمَأْمُومُ مِنَ الرِّجَالِ إِنْ كَانَ وَاحِدًا، فَسُنَّتُهُ أَنْ يَقُومَ عَنْ يَمِينِ إِمَامِهِ، وَإِنْ كَانُوا جَمَاعَةً قَامُوا فِي صَفٍّ خَلْفَ الْإِمَامِ حَتَّى يَكْمُلَ الصَّفُّ الْأَوَّلُ، وَلَمْ يَجُزْ لِلرَّجُلِ أَنْ يَقُومَ خَلْفَ الْإِمَامِ وَالْمَأْمُومُ وَاحِدٌ، وَلَا خِلَافَ بَيْنَ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّ هَذَا الْفِعْلَ لَوْ فَعَلَهُ فَاعِلٌ - فَقَامَ خَلْفَ إِمَامٍ وَمَأْمُومٍ قَدْ قَامَ عَنْ يَمِينِهِ - خِلَافُ سُنَّةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَإِنْ كَانُوا قَدِ اخْتَلَفُوا فِي إِيجَابِ إِعَادَةِ الصَّلَاةِ، وَالْمَرْأَةُ إِذَا قَامَتْ خَلْفَ الصَّفِّ وَلَا امْرَأَةَ مَعَهَا وَلَا نِسْوَةَ فَاعِلَةٌ مَا أُمِرَتْ بِهِ وَمَا هُوَ سُنَّتُهَا فِي الْقِيَامِ، وَالرَّجُلُ إِذَا قَامَ فِي الصَّفِّ وَحْدَهُ فَاعِلٌ مَا لَيْسَ مِنْ سُنَّتِهِ، إِذْ سُنَّتُهُ أَنْ يَدْخُلَ الصَّفَّ فَيَصْطَفَّ مَعَ الْمَأْمُومِينَ، فَكَيْفَ يَكُونُ أَنْ يُشَبَّهَ مَا زُجِرَ الْمَأْمُومُ عَنْهُ - مِمَّا هُوَ خِلَافُ سُنَّتِهِ فِي الْقِيَامِ - بِفِعْلِ امْرَأَةٍ فَعَلَتْ مَا أُمِرَتْ بِهِ مِمَّا هُوَ سُنَّتُهَا فِي الْقِيَامِ خَلْفَ الصَّفِّ وَحْدَهَا؟ فَالْمُشَبِّهُ الْمَنْهِيَّ عَنْهُ بِالْمَأْمُورِ بِهِ مُغَفَّلٌ بَيِّنُ الْغَفْلَةِ مُشَبِّهٌ بَيْنَ فِعْلَيْنِ مُتَضَادَّيْنِ، إِذْ هُوَ مُشَبِّهٌ مَنْهِيًّا عَنْهُ بِمَأَمْورٍ بِهِ، فَتَدَبَّرُوا هَذِهِ اللَّفْظَةَ يَبِنْ لَكُمْ بِتَوْفِيقِ خَالِقِنَا حُجَّةُ مَا ذَكَرْنَا. وَزَعَمَ مُخَالِفُونَا مِنَ الْعِرَاقِيِّينَ فِي هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ أَنَّ الْمَرْأَةَ لَوْ قَامَتْ فِي الصَّفِّ مَعَ الرِّجَالِ حَيْثُ أُمِرَ الرَّجُلُ أَنْ يَقُومَ أَفْسَدَتْ صَلَاةَ مَنْ عَنْ يَمِينِهَا، وَمَنْ عَنْ شِمَالِهَا، وَالْمُصَلِّي خَلْفَهَا، وَالرَّجُلُ مَأْمُورٌ عِنْدَهُمْ أَنْ يَقُومَ فِي الصَّفِّ مَعَ الرِّجَالِ، فَكَيْفَ يُشَبَّهُ فِعْلُ امْرَأَةٍ - لَوْ فَعَلَتْ أَفْسَدَتْ صَلَاةَ ثَلَاثَةٍ مِنَ الْمُصَلِّينَ - بِفِعْلِ مَنْ هُوَ مَأْمُورٌ بِفِعْلِهِ؟ إِذَا فَعَلَهُ لَا يُفْسِدُ فِعْلُهُ صَلَاةَ أَحَدٍ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 1568: Abu Bakar berkata, "Pada hadits Wabishah bin Muid bahwasanya ia pernah melihat seorang laki-laki yang shalat di belakang barisan seorang diri. Lalu ia meminta laki-laki tersebut untuk mengulangi shalatnya." Beberapa orang sahabat kami berdalih dan sebagian orang lagi berpendapat dengan mazhabnya para ulama Irak dalam hal boleh tidaknya makmum melaksanakan shalat sendirian di belakang barisan yang mana hal tersebut jauh persamaannya dari masalah ini. Mereka berdalih dengan menggunakan hadits Anas bin Malik bahwasanya ia dan seseorang pernah melaksanakan shalat di belakang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah memindahkannya ke sisi kanannya, sementara perempuan tersebut di belakangnya. Kemudian mereka berkata, ''Apabila perempuan itu dibolehkan untuk shalat di belakang sendirian, maka makmum lelaki pun seharusnya boleh juga shalat sendirian di belakang barisan (shaf)." Menurut hematku dalil dan hujjah ini keliru, karena disunnahkan bagi perempuan untuk shalat sendirian di belakang jika tidak ada perempuan lain yang menjadi imam. Selain itu, tidak dibolehkan bagi seorang perempuan untuk berdiri di samping imam dan bukan di barisan bersama makmum laki- laki. Kemudian, apabila makmum laki-laki itu sendirian, maka sunnahnya adalah ia berdiri di samping kanan imam. Dan apabila makmum laki-laki itu banyak, maka mereka berdiri di belakang imam hingga barisan (shaf) pertama itu sempurna. Lalu tidak diperkenankan bagi makmum laki-laki seorang diri untuk berdiri di belakang imam. Dan para ulama —dalam hal ini— tidak ada perbedaan pendapat, yaitu manakala seorang makmum berdiri di sebelah kanan imam, meskipun mereka berbeda pendapat tentang keharusan untuk mengulangi shalatnya. Para ulama irak yang berbeda pendapat dengan kami dalam masalah ini menduga bahwa perempuan yang shalat dalam satu barisan bersama para makmum laki-laki itu akan membatalkan shalatnya orang yang berada di sebelah kanan, sebelah kiri, dan belakangnya. Menurut pandangan mereka makmum laki-laki itu harus berdiri pada barisan shalat kaum laki-laki pula. Bagaimana mungkin terjadi tindakan seorang makmum perempuan dapat merusak shalatnya tiga orang makmum laki-laki.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1569

صحيح ابن خزيمة ١٥٦٩: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَعِيدِ بْنِ الْحَكَمِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ الْمِصْرِيُّ، حَدَّثَنَا جَدِّي، أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، أَنَّهُ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ عَلَى الْمِنْبَرِ يَقُولُ لِلنَّاسِ: «إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ وَالنَّاسُ رُكُوعٌ فَلْيَرْكَعْ حِينَ يَدْخُلُ، ثُمَّ لِيَدُبَّ رَاكِعًا حَتَّى يَدْخُلَ فِي الصَّفِّ؛ فَإِنَّ ذَلِكَ السُّنَّةُ» قَالَ عَطَاءٌ: وَقَدْ رَأَيْتُهُ هُوَ يَفْعَلُ ذَلِكَ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1569: Abdullah bin Muhammad bin Said bin Hakam bin Abu Maryam Al Misr memberitakan kepada kami, kakekku menceritakan kepada kami. Abdullah bin Wahab memberitakan kepada kami, Ibnu Juraij memberitakan kepada kami, dari 'Atha bahwasanya ia pernah mendengar Abdullah bin Zubair berkata kepada beberapa orang sahabat, "Apabila salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, sementara jama'ah lainnya sedang ruku', maka ikut ruku'lah ketika masuk ke dalamnya. Setelah itu, mulailah merangkak sambil ruku hingga ia sampai ke barisan, karena perbuatan seperti itu sunnah hukumnya." Atha berkata, "Dan aku pernah melihanya, Ibnu Zubair. melakukan hal itu."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1570

صحيح ابن خزيمة ١٥٧٠: نا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ، وَبِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، ثنا خَالِدٌ الْحَذَّاءُ، عَنْ أَبِي مَعْشَرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لِيَلِنِي مِنْكُمْ أُولُو الْأَحْلَامِ وَالنُّهَى، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، وَلَا تَخْتَلِفُوا فَتَخْتَلِفَ قُلُوبُكُمْ، وَإِيَّاكُمْ وَهَيْشَاتِ الْأَسْوَاقِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1570: Nasr bin Ali Al Jahdhami dan Bisyr bin Mu'adz Al 'Aqadi memberitakan kepada kami, mereka berdua berkata, 'Yazid bin Zurai' memberitakan kepada kami, Khalid Al Hadzdzai memberitakan kepada kami, dari Abu Ma'syar, dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah bin Mas'ud bahwasanya ia pernah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda, 'Orang-orang yang telah dewasa dan berakal di antara kalian sebaiknya berada di dekatku (pada shaf pertama). Kemudian barulah orang-orang berikutnya berada di sampingnya. Lalu orang-orang berikutnya. Selain itu, janganlah kalian saling berselisihan, karena dikhawatirkan hati kalian pun akan ikut berselisihan. Hindarilah kegaduhan dan kericuhan seperti di pasar!'."