صحيح ابن خزيمة ١٢٨١: ثنا عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ، أَخْبَرَنَا عِيسَى، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: «كَانَ أَحَبُّ الْعَمَلِ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا دَاوَمَ وَإِنْ قَلَّ، وَكَانَ النَّبِيُّ إِذَا صَلَّى صَلَاةً دَاوَمَ عَلَيْهَا» وَقَالَ أَبُو سَلَمَةَ: {الَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَاتِهِمْ دَائِمُونَ} [المعارج: 23]
Shahih Ibnu Khuzaimah 1281: Ali bin Khasyram menceritakan kepada kami, Isa bin Al Auza’i mengabarkan kepada kami dari Yahya, dari Abu Salamah, dari Aisyah, ia berkata, "Sesungguhnya pekerjaan yang dicintai Nabi adalah yang dilakukan terus-menerus meskipun sedikit dan apabila Nabi mengerjakan satu shalat maka beliau mengerjakannya terus-menerus." Abu Salamah menyebutkan, "Yang mereka itu tetap mengerjakan shalat" (Qs. Al Ma’aarij [70]: 23)
صحيح ابن خزيمة ١٢٨٢: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَمَحْمُودُ بْنُ خِدَاشٍ قَالَا: ثنا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ هِلَالٍ وَهُوَ ابْنُ يَسَافٍ، عَنْ وَهْبِ بْنِ الْأَجْدَعِ، عَنْ عَلِيٍّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يُصَلَّى بَعْدَ الْعَصْرِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الشَّمْسُ بَيْضَاءَ مُرْتَفِعَةً»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1282: Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi dan Mahmud bin Khidasy menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Jarir bin Abdul Hamid menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Hilal -yaitu Ibnu Yasaf-, dari Wahab bin Al Ajda’, dari Ali, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Tidaklah seseorang shalat setelah Ashar kecuali matahari berwarna putih dan tinggi'."
صحيح ابن خزيمة ١٢٨٣: نا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ، عَنْ سُفْيَانَ، وَشُعْبَةَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ هِلَالٍ، عَنْ وَهْبِ بْنِ الْأَجْدَعِ، عَنْ عَلِيٍّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لَا تُصَلُّوا بَعْدَ الْعَصْرِ إِلَّا أَنْ تُصَلُّوا وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1283: Abu Musa Muhammad bin Al Mutsanna menceritakan kepada kami, Abdurrahman menceritakan kepada kami dari Sufyan dan Syu’bah, dari Manshur, dari Hilal, dari Wahab bin Al Ajda’, dari Ali, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Janganlah kamu shalat setelah Ashar kecuali kamu shalat sedangkan matahari masih tinggi."
صحيح ابن خزيمة ١٢٨٤: نا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ، ثنا إِسْحَاقُ الْأَزْرَقُ، ثنا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَاصِمٍ، وَهُوَ ابْنُ ضَمْرَةَ، عَنْ عَلِيٍّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلَ حَدِيثَ أَبِي مُوسَى سَوَاءً. قَالَ سُفْيَانُ: «فَلَا أَدْرِي بِمَكَّةَ يَعْنِي أَمْ غَيْرِهَا» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ، سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ يَحْيَى يَقُولُ: وَهْبُ بْنُ الْأَجْدَعِ قَدِ ارْتَفَعَ عَنْهُ اسْمُ الْجَهَالِمَةِ، وَقَدْ رَوَى عَنْهُ الشَّعْبِيُّ أَيْضًا، وَهِلَالُ بْنُ يَسَافٍ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1284: Al Hasan bin Muhammad menceritakan kepada kami, Ishak Al Azraq menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Abu Ishak, dari Ashim -yaitu Ibnu Dhamrah-, dari Ali, dari Nabi sama seperti hadits Abu Musa, Sufyan berkata, "Aku tidak mengetahui di Makkah atau di tempat lainnya." Abu Bakar berkata, "Hadits ini aneh dan aku mendengar Muhammad bin Yahya berkata, 'Wahab bin Al Ajda’ sudah tersih dari sebutan Jahalimah dan telah diriwayatkan darinya .leh Asy-Sya'bi dan Hilal bin Yasaf'."
صحيح ابن خزيمة ١٢٨٥: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ كُرَيْبٍ، نا ابْنُ مُبَارَكٍ، عَنْ كَهْمَسِ بْنِ الْحَسَنِ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، نا الْجُرَيْرِيُّ، وَكَهْمَسٌ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، نا سَالِمُ بْنُ نُوحٍ الْعَطَّارُ، ثنا سَعِيدٌ الْجُرَيْرِيُّ، ح وَثنا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، ثنا سُلَيْمٌ يَعْنِي ابْنَ أَخْضَرَ، ثنا كَهْمَسٌ جَمِيعًا عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ، بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ» ، ثُمَّ قَالَ فِي الثَّالِثَةِ: «لِمَنْ شَاءَ» هَذَا حَدِيثُ أَبِي كُرَيْبٍ، وَأَحْمَدَ بْنِ عَبْدَةَ، زَادَ أَبُو كُرَيْبٍ: «فَكَانَ ابْنُ بُرَيْدَةَ يُصَلِّي قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1285: Muhammad bin Al Ala' bin Kuraib menceritakan kepada kami, Ibnu Mubarak menceritakan kepada kami dari Kahmas bin Al Hasan (Ha') Bundar menceritakan kepada kami. Yazid bin Harun menceritakan kepada kami, Al Jariri dan Kahmas menceritakan kepada kami (Ha'), Bundar meriwayatkan kepada kami, Salim bin Nuh Al Aththar menceritakan kepada kami, Sa'id Al Jariri menceritakan kepada kami (Ha') Ahmad bin Abdah menceritakan kepada kami, Salim -yaitu Ibnu Akhdhar- menceritakan kepada kami, Kahmas menceritakan kepada kami, semuanya dari Abdullah bin Buraidah, dari Abdullah bin Mughaffal dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Di antara dua adzan terdapat waktu shalat, di antara dua adzan terdapat waktu shalat," Kemudian beliau berkata. "Bagi yang menghendaki." Ini adalah hadits riwayat Ibnu Kuraib dan Ahmad bin Abdah, Abu Kuraib menambahkan, "Sesungguhnya Ibnu Buraidah shalat sebelum Maghrib dua rakaat."
صحيح ابن خزيمة ١٢٨٦: نا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، ثنا شُعْبَةُ قَالَ: سَمِعْتُ عَمْرَو بْنَ عَامِرٍ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: «إِنْ كَانَ الْمُؤَذِّنُ إِذَا أَذَّنَ قَامَ نَاسٌ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَبْتَدِرُونَ السَّوَارِيَ يُصَلُّونَ حَتَّى يَخْرُجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَهُمْ كَذَلِكَ يُصَلُّونَ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ، وَلَمْ يَكُنْ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ شَيْءٌ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «يُرِيدُ شَيْئًا كَثِيرًا»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1286: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami, ia berkata: Aku mendengar Amr bin Amir, dari Anas dia berkata, "Apabila Muadzin telah mengumandangkan adzan maka para sahabat Rasulullah berdiri, mereka bersegera membuat pagar mengerjakan shalat sampai Rasulullah keluar dan mereka juga mengejakan shalat dua rakaat setelum Maghrib serta tidak ada sesuatu di antara adzan dan iqamah." Abu Bakar berkata, "Yang dimaksudkan adalah sesuata yang banyak."
صحيح ابن خزيمة ١٢٨٧: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا أَبُو مَعْمَرٍ، نا عَبْدُ الْوَارِثِ، نا حُسَيْنٌ الْمُعَلِّمُ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلَّوْا قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ» ، ثُمَّ قَالَ: «صَلَّوْا قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ» ، ثُمَّ قَالَ عِنْدَ الثَّالِثَةِ: «لِمَنْ شَاءَ» خَشِيَ أَنْ يَحْسَبَهَا النَّاسُ سُنَّةً قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " هَذَا اللَّفْظُ مِنْ أَمْرِ الْمُبَاحِ إِذْ لَوْ لَمْ يَكُنْ مِنْ أَمْرِ الْمُبَاحِ لَكَانَ أَقَلُ الْأَمْرِ أَنْ يَكُونَ سُنَّةً إِنْ لَمْ يَكُنْ فَرْضًا، وَلَكِنَّهُ أَمْرُ إِبَاحَةٍ، وَقَدْ كُنْتُ أَعْلَمْتُ فِي غَيْرِ مَوْضِعٍ مِنْ كُتُبِنَا أَنَّ لِأَمْرَ الْإِبَاحَةِ عَلَامَةٌ مَتَى زَجَرَ عَنْ فِعْلٍ، ثُمَّ أَمَرَ بِفِعْلِ مَا قَدْ زَجَرَ عَنْهُ، كَانَ ذَلِكَ الْأَمْرُ أَمْرَ إِبَاحَةٍ، وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ كَانَ زَاجِرًا عَنِ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْعَصْرِ حَتَّى مَغْرِبِ الشَّمْسِ عَلَى الْمَعْنَى الَّذِي بَيَّنْتُ، فَلَمَّا أَمَرَ بِالصَّلَاةِ بَعْدَ غُرُوبِ الشَّمْسِ صَلَاةَ تَطَوُّعٍ كَانَ ذَلِكَ أَمْرَ إِبَاحَةٍ، وَأَمْرُ اللَّهِ جَلَّ وَعَلَا بِالِاصْطِيَادِ عِنْدَ الْإِحْلَالِ مِنَ الْإِحْرَامِ أَمْرُ إِبَاحَةٍ، إِذْ كَانَ اصْطِيَادُ صَيْدِ الْبَرِّ فِي الْإِحْرَامِ مَنْهِيًّا عَنْهُ، لِقَوْلِهِ جَلَّ وَعَلَا: {غَيْرَ مُحِلِّي الصَّيْدَ وَأَنْتُمْ حُرُمٌ} [المائدة: 1] ، وَبِقَوْلِهِ: {وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا} [المائدة: 96] ، وَبِقَوْلِهِ: {لَا تَقْتُلُوا الصَّيْدَ وَأَنْتُمْ حُرُمٌ} [المائدة: 95] فَلَمَّا أَمَرَ بَعْدَ الْإِحْلَالِ بِاصْطِيَادِ صَيْدِ الْبَرِّ كَانَ ذَلِكَ الْأَمْرُ أَمْرَ إِبَاحَةٍ، قَدْ بَيَّنْتُ هَذَا الْجِنْسَ فِي كِتَابِ مَعَانِي الْقُرْآنِ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1287: Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, Abu Ma’mar menceritakan kepada kami, Abdul Warits menceritakan kepada kami, Husain Al Mu’allim menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Buraidah, dari Abdullah Al Muzani, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Shalatlah kamu sebelum Maghrib dua rakaat.' Kemudian beliau berkata, 'Shalatlah kamu dua rakaat sebelum Maghrib.' Lalu beliau berkata untuk yang ketiga kalinya, 'Bagi yang menghendaki'. Karena dikhawatirkan orang-orang menganggapnya sebagai shalat sunah." Abu Bakar berkata, "Lafazh ini adalah tentang perkara mubah (Diperbolehkan), sebab apabila tidak termasuk dari perkara yang mubah maka perkara yang paling rendah adalah sunah jika tidak menjadi perkara yang wajib. Akan tetapi ia adalah perintah mubah dan aku telah menjelaskannya dalam pembahasan yang lain dalam kitab kami, bahwa perkara yang mubah mempunyai tanda, yaitu kapan dilarang untuk mengerjakan suatu pekerjaan lalu diperintahkan untuk mengerjakan pekerjaan yang sebelumnya telah dilarang mengerjakannya, maka perintah itu adalah perintah mubah. Sedangkan Nabi telah melarang shalat setelah Ashar sampai terbenamnya matahari sebagaimana pengertian yang telah dijelaskan, maka tatkala beliau memerintahkan untuk shalat setelah tenggelamnya matahari yaitu shalat sunah maka perkara tersebut adalah perkara mubah. Dan perintah Allah untuk berburu setelah terbebas dari berihram adalah perintah mubah, sebab perkara berburu binatang darat ketika berihram dilarang dengan firman-Nya, 'Yang tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji.’ (Qs. Al Maa'idah [5]: 1) dan juga dengan firman-Nya, 'Dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram.' (Qs. Al Maa'idah [5]: 96) serta firman-Nya, 'Janganlah kamu membunuh binatang buruan, ketika kamu sedang ihram.' (Qs. Al Maa'idah [5]: 95) Maka tatkala telah diperintahkan setelah berihram untuk berburu binatang buruan laut maka perintah tersebut adalah perintah mubah. Aku telah menjelaskan permasalahan ini di dalam kitab kami Ma'ani Al Qur'an"
صحيح ابن خزيمة ١٢٨٨: نا يُوسُفُ بْنُ مُوسَى، نا جَرِيرٌ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ قَالَ: كُنْتُ أَنَا وَأَبِي نَجْلِسُ فِي الطَّرِيقِ فَيَعْرِضُ عَلَيَّ الْقُرْآنَ، وَأَعْرِضُ عَلَيْهِ قَالَ: فَقَرَأَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ، فَقُلْتُ لَهُ: أَتَسْجُدُ فِي الطَّرِيقِ؟ قَالَ: نَعَمْ، سَمِعْتُ أَبَا ذَرٍّ يَقُولُ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ: أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّلُ؟ قَالَ: «مَسْجِدُ الْحَرَامِ» قَالَ: قُلْتُ: ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ: «ثُمَّ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى» قَالَ: قُلْتُ: ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ: «ثُمَّ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى» قَالَ: قُلْتُ: كَمْ كَانَ بَيْنَهُمَا؟ قَالَ: «أَرْبَعُونَ سَنَةً» ، ثُمَّ قَالَ: «أَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةَ فَصَلِّ فَهُوَ مَسْجِدٌ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1288: Yusuf bin Musa menceritakan kepada kami, Jarir menceritakan kepada kami dari Al A’masy, dari Ibrahim At-Taimi, ia berkata: Ketika aku dan ayahku sedang duduk-duduk di jalan, ia memperdengarkan hafalan Al Qur'an kepadaku dan aku pun memperdengarkannya kepadanya. Perawi lanjut berkata: Lalu ia membaca surah As-Sajdah lalu ia sujud, kemudian aku bertanya kepadanya: Apakah kamu sujud di jalanan? Ia menjawab: Ya, aku mendengar Abu Dzar berkata, "Aku pemah bertanya kepada Rasululah , aku berkata, 'Masjid apa yang pertama kali dibangun di atas muka bumi?’ Beliau menjawab, 'Masjidil Haram.' Abu Dzar berkata: Aku bertanya lagi, 'Kemudian masjid apa?’ Beliau menjawab, 'Lalu masjidil Aqsha.’ Abu Dzar berkata: Aku bertanya kembali, 'Kemudian masjid apa?’ Beliau menjawab, 'Kemudian masjidil Aqsha.’ Abu Dzar berkata: Aku bertanya, 'Berapa lama jarak antara keduanya?’ Beliau menjawab, 'empat puluh tahun.’ Kemudian beliau berkata, 'Dimana saja kamu mendapatkan waktu shalat tiba maka shalatlah karena ia adalah masjid'."
صحيح ابن خزيمة ١٢٨٩: نا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، ثنا أَبُو بَكْرٍ يَعْنِي الْحَنَفِيَّ، ثنا عَبْدُ الْحَمِيدِ يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ بَنَى لِلَّهِ مَسْجِدًا بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1289: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami. Abu Bakar -yaitu Al Hanafi- menceritakan kepada kami, Abdul Hamid -yaitu Ibnu Ja’far- menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Mahmud bin Labid, dari Utsman bin Affan, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Barangsiapa membangun masjid karena Allah maka Allah akan membangun sebuah rumah baginya di surga."
صحيح ابن خزيمة ١٢٩٠: نا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، وَعِيسَى بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْغَافِقِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ نَشِيطٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ حُسَيْنٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ حَفَرَ مَاءً لَمْ يَشْرَبْ مِنْهُ كَبِدٌ حَرِيٌّ مِنْ جِنٍّ وَلَا إِنْسٍ وَلَا طَائِرٍ إِلَّا آجَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ بَنَى مَسْجِدًا كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ» قَالَ يُونُسُ: «مِنْ سَبْعٍ وَلَا طَائِرٍ» ، وَقَالَ: «كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1290: Yunus bin Abdul A’la dan Isa bin Ibrahim Al Ghafiqi menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Ibnu Wahab menceritakan kepada kami dari Ibrahim bin Nasyith, dari Abdullah bin Abdurrahman bin Husain, dari Atha' bin Abu Rabah, dari Jabir bin Abdullah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Barangsiapa menggali air dan diminum oleh makhluk hidup yang merdeka dari jin, manusia dan burung melainkan Allah akan memberikan pahala kepadanya di Hari Kiamat dan barangsiapa membangun masjid seperti kandang kucing atau lebih kecil darinya maka Allah akan membangun sebuah rumah baginya di surga." Yunus berkata, "Dari binatang buas dan bumng." Ia juga berkata, "Seperti kandang kucing."