صحيح ابن خزيمة ١٢٢١: ثنا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ الدِّرْهَمِيُّ، ثنا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ هَارُونَ، عَنِ الْعَوَّامِ هُوَ ابْنُ حَوْشَبٍ، حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: " أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لَسْتُ بِتَارِكِهِنَّ: أَنْ لَا أَنَامُ إِلَّا عَلَى وِتْرٍ، وَأَنْ لَا أَدَعَ رَكْعَتَيِ الضُّحَى فَإِنَّهَا صَلَاةٌ الْأَوَّابِينَ، وَصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1221: Ali bin Husain Ad-dirhami menceritakan kepada kami, Yazid -yaitu Ibnu Harun- menceritakan kepada kami dari Al Awwam -yaitu Ibnu Hausyab-, Sulaiman bin Abu Sulaiman menceritakan kepadaku dari Abu Hurairah, ia berkata, "Kekasihku mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang aku tidak pernah meninggalkannya: (Beliau mewasiatkan kepadaku agar) tidak tidur kecuali setelah shalat witir, .tidak meninggalkan dua rakaat shalat Dhuha karena ia adalah shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah, dan berpuasa tiga.hari pada setiap bulan."
صحيح ابن خزيمة ١٢٢٢: ثنا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زُرَارَةَ الرَّقِّيُّ بِبَغْدَادَ، ثنا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يُحَافِظُ عَلَى صَلَاةِ الضُّحَى إِلَّا أَوَّابٌ» . قَالَ: «وَهِيَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ» . قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «لَمْ يُتَابَعْ هَذَا الشَّيْخُ إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَلَى إِيصَالِ هَذَا الْخَبَرِ» ، رَوَاهُ الدَّرَاوَرْدِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ مُرْسَلًا، وَرَوَاهُ حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قَوْلَهُ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1222: Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, Ismail bin Abdullah bin Zurarah Ar-Raqqi di Baghdad menceritakan kepada kami, Khalid bin Abdullah menceritakan kepada kami, Muhammad bin Amr menceritakan kepadaku dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Tidaklah dapat menjaga shalat Dhuha melainkan orang-orang yang kembali kepada Allah.' Beliau lanjut berkata, 'Ia adalah shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah'." Abu Bakar berkata, "Tidak diikuti Syaikh Ismail bin Abdullah untuk menyambung hadits ini. Hadits ini diriwayatkan oleh Ad-Darawardi, dari Muhammad bin Amr, dari Abu Salamah secara mursal dan diriwayatkan oleh Hammad bin Salamah, dari Muhammad bin Amr, dari Abu Salamah."
صحيح ابن خزيمة ١٢٢٣: نا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ عَبْدِ الصَّمَدِ، حَدَّثَنِي أَبِي، ثنا مَهْدِيٌّ وَهُوَ ابْنُ مَيْمُونٍ، عَنْ وَاصِلٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ عُقَيْلٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمُرَ، عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «يُصْبِحُ أَحَدُكُمْ وَعَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْهُ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَهْلِيلٍ وَتَحْمِيدَةٍ وَتَكْبِيرَةٍ وَتَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمَرٌ بِمَعْرُوفٍ وَنَهْيٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ، وَتُجْزِئُ مِنْ كُلِّ ذَلِكَ رَكْعَتَا الضُّحَى»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1223: Abdul Warits bin Abdushshamad menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku. Mahdi -yaitu Ibnu Maimun- menceritakan kepada kami dari Washil, dari Yahya bin Uqail, dari Yahya bin Ya’mar, .dari Abu Al Aswad, dari Abu Dzar, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Setiap pagi hari tiap-tiap persendian diri seseorang memiliki sedekah. Setiap ucapan tahlil, tahmid, takbir dan tasbih adalah sedekah. Memerintahkan kebaikan dan mencegah kemunkaran adalah sedekah serta dua rakaat shalat Dhuha mencukupi pahala dari semua itu."
صحيح ابن خزيمة ١٢٢٤: نا أَبُو عَمَّارٍ الْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ، نا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ، عَنْ أَبِيهِ، حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُرَيْدَةَ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا بُرَيْدَةَ يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «فِي الْإِنْسَانِ ثَلَاثُمِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصَلًا، فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ صَدَقَةً» قَالَ: وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِيَّ اللَّهِ؟ قَالَ: «النُّخَامَةُ فِي الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا أَوِ الشَّيْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ، فَإِنْ لَمْ تَقْدِرْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1224: Abu Ammar Al Husain bin Huraits menceritakan kepada kami, Ali bin Al Husain menceritakan kepada kami dari ayahnya, Abdullah bin Buraidah menceritakan kepadaku, ia berkata, aku mendengar Abu Buraidah berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Di dalam diri manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, maka tiap-tiap persendian tersebut diwajibkan untuk bersedekah dengan satu sedekah." Ia berkata, "Siapa yang sanggup melakukan itu wahai Nabiyallah?" Beliau- menjawab, "Dahak di masjid yang kamu kubur atau sesuatu yang kamu singkirkan dari jalan, jika kamu tidak sanggup maka dua rakaat shalat Dhuha mencukupi pahala semua itu bagi kamu."
صحيح ابن خزيمة ١٢٢٥: حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ، نا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ، نا سَعِيدٌ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَوْفٍ الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ عَلَى قَوْمٍ وَهُمْ يُصَلُّونَ الضُّحَى فِي مَسْجِدِ قُبَاءَ حِينَ أَشْرَقَتِ الشَّمْسُ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ إِذَا رَمِضَتِ الْفِصَالُ» . وَثنا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ، نا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، ثنا أَيُّوبُ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَوْفٍ الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نَحْوَهُ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1225: Bisyir bin Mu’adz Al Aqadi menceritakan kepada kami, Yazid -yaitu Ibnu Zurai’- menceritakan kepada kami, Sa’id menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Al Qasim bin Auf Asy-Syaibani, dari Zaid bin Arqam bahwa Rasulullah pernah mendatangi satu kaum yang sedang shalat Dhuha di masjid Kuba tatkala matahari baru terbit, maka Rasulullah berkata, "Shalat orang-orang yang kembali kepada Allah dilakukan apabila terik matahari telah terpecah'." Bisyir bin Mu’adz menceritakan kepada kami, Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami, Ayub menceritakan kepada kami dari Al Qasim bin Auf Asy-Syaibani, dari Zaid bin Arqam, dari Nabi dengan redaksi yang sama.
صحيح ابن خزيمة ١٢٢٦: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ وَهْبٍ، نا عَمِّي، أَخْبَرَنِي عَمْرٌو يَعْنِي ابْنَ الْحَارِثِ، عَنْ بُكَيْرٍ، عَنِ الضَّحَّاكِ الْقُرَشِيِّ، عَنْ أَنَسٍ، وَحَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحِيمِ الْبَرْقِيُّ، نا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ، نا بَكْرُ بْنُ مُضَرَ، أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ، عَنْ بُكَيْرِ بْنِ الْأَشَجِّ، عَنِ الضَّحَّاكِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْقُرَشِيِّ حَدَّثَهُ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ صَلَّى سُبْحَةَ الضُّحَى ثَمَانِ رَكَعَاتٍ، فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ: «إِنِّي صَلَّيْتُ صَلَاةَ رَغْبَةٍ وَرَهْبَةٍ، فَسَأَلْتُ رَبِّي ثَلَاثًا فَأَعْطَانِي اثْنَتَيْنِ، وَمَنَعَنِي وَاحِدَةً، سَأَلْتُهُ أَنْ لَا يَقْتُلَ أُمَّتِي بِالسِّنِينَ فَفَعَلَ، وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يُظْهِرَ عَلَيْهِمْ عَدُوًّا فَفَعَلَ، وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يَلْبِسَهُمْ شِيَعًا فَأَبَى عَلَيَّ» قَالَ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ: «أَنْ لَا يَبْتَلِيَ أُمَّتِي بِالسِّنِينَ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1226: Ahmad bin Abdurrahman bin Auf menceritakan kepada kami, pamanku menceritakan kepada kami, Amr -yaitu Ibnu Al Harits- mengabarkan kepadaku dari Bakir, dari Adh-Dhahhak, dari Anas: Ahmad bin Abdullah bin Abdurrahim Al Aufa menceritakan kepada kami, Ibnu Abu Maryam menceritakan kepada kami, Bakar bin Mudhar menceritakan kepada kami, Amr bin Al Harits mengabarkan kepada kami dari Bukair bin Asyaj, dari Adh-Dhahhak bin Abdullah Al Qurasyi meriwayatkannya dari Anas bin Malik, ia berkata, "Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pada saat bepergian beliau shalat Dhuha delapan rakaat. Tatkala selesai shalat beliau berkata, 'Sesungguhnya aku telah shalat raghbah dan rahbah serta aku telah meminta kepada Tuhanku tiga perkara maka Dia memperkenankan dua perkara kepadaku dan menahan bagiku satu perkara. Aku memohon agar tidak mematikan umatku lantaran kekeringan maka Dia memperkenankannya dan aku memohon kepada-Nya agar tidak memenangkan musuh-musuh mereka atas diri mereka maka Dia memperkenankannya serta aku memohon agar tidak memecah belah mereka menjadi golongan-golongan namun Dia menolaknya'." Ahmad bin Abdurrahman berkata, " tidak menurunkan cobaan bagi umatku dengan kekeringan."
صحيح ابن خزيمة ١٢٢٧: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الصَّوَّافُ، نا سَالِمُ بْنُ نُوحٍ الْعَطَّارُ، أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ: «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ يُصَلِّي الضُّحَى إِلَّا أَنْ يَقْدَمَ مِنْ غَيْبَةٍ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1227: Ishak bin Ibrahim Ash-Shawwaf menceritakan kepada kami, Salim bin Nuh Al Aththar menceritakan kepada kami, Ubaidullah mengabarkan kepada kami dari Nafi’, dari Ibnu Umar bahwa Nabi tidak pernah melakukan shalat Dhuha kecuali ketika kembali dari bepergian.
صحيح ابن خزيمة ١٢٢٨: ثنا يَعْقُوبُ الدَّوْرَقِيُّ، ثنا مُعْتَمِرٌ، عَنْ خَالِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ وَهُوَ ابْنُ شَقِيقٍ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: «مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى قَطُّ إِلَّا أَنْ يَقْدَمَ مِنْ سَفَرٍ فَيُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ» . قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " خَبَرُ ابْنُ عُمَرَ مِنَ الْجِنْسِ الَّذِي أَعْلَمْتُ فِي غَيْرِ مَوْضِعٍ مِنْ كُتُبِنَا أَنَّ الْمُخْبِرَ وَالشَّاهِدَ الَّذِي يَجِبُ قَبُولُ خَبَرِهِ وَشَهَادَتِهِ مَنْ يُخْبِرُ بِرُؤْيَةِ الشَّيْءِ وَسَمَاعِهِ وَكَوْنِهِ، لَا مَنْ يَنْفِي الشَّيْءَ، وَإِنَّمَا يَقُولُ الْعُلَمَاءُ: لَمْ يَفْعَلْ فُلَانٌ كَذَا، وَلَمْ يَكُنْ كَذَا عَلَى الْمُسَامَحَةِ وَالْمُسَاهَلَةِ فِي الْكَلَامِ، وَإِنَّمَا يُرِيدُونَ أَنَّ فُلَانًا لَمْ يَفْعَلْ كَذَا عِلْمِي، وَإِنَّ كَذَا لَمْ يَكُنْ عِلْمِي، وَابْنُ عُمَرَ إِنَّمَا أَرَادَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ يُصَلِّي الضُّحَى إِلَّا أَنْ يَقْدَمَ مِنْ غَيْبَةٍ أَيْ لَمْ أَرَهُ صَلَّى، وَلَمْ يُخْبِرْنِي ثِقَةٌ أَنَّهُ كَانَ يُصَلِّي الضُّحَى إِلَّا أَنْ يَقْدَمَ مِنْ غَيْبَةٍ " وَهَكَذَا خَبَرُ عَائِشَةَ، رَوَاهُ كَهْمَسُ بْنُ الْحَسَنِ وَالْجُرَيْرِيُّ جَمِيعًا، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ قَالَ: قُلْتُ لِعَائِشَةَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى؟ قَالَتْ: «لَا إِلَّا أَنْ يَجِيءَ مِنْ مَغِيبِهِ» . حَدَّثَنَاهُ الدَّوْرَقِيُّ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، نا كَهْمَسٌ، ح وَثنا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، ثنا وَكِيعٌ، عَنْ كَهْمَسٍ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا سَالِمُ بْنُ نُوحٍ، نا الْجُرَيْرِيُّ، ح وَثنا يَعْقُوبُ الدَّوْرَقِيُّ، ثنا ابْنُ عُلَيَّةَ، عَنِ الْجُرَيْرِيِّ. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " فَهَذِهِ اللَّفْظَةُ الَّتِي فِي خَبَرِ كَهْمَسٍ وَالْجُرَيْرِيِّ مِنَ الْجِنْسِ الَّذِي أَعْلَمْتُ أَنَّهَا تَكَلَّمَتْ بِهَا عَلَى الْمُسَامَحَةِ وَالْمُسَاهَلَةِ، وَإِنَّمَا مَعْنَاهَا مَا قَالُوا فِي خَبَرِ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ: مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي، وَالدَّلِيلُ عَلَى صِحَّةِ مَا تَأَوَّلَتْ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ صَلَّى صَلَاةَ الضُّحَى فِي غَيْرِ الْيَوْمِ الَّذِي كَانَ يَقْدَمُ فِيهِ مِنَ الْغَيْبَةِ، سَأَذْكُرُ هَذِهِ الْأَخْبَارَ فِي مَوْضِعَهَا مِنْ هَذَا الْكِتَابِ إِنَّ شَاءَ اللَّهُ، فَالْخَبَرُ الَّذِي يَجِبُ قَبُولُهُ، وَيُحْكَمُ بِهِ هُوَ خَبَرُ مَنْ أَعْلَمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الضُّحَى لَا خَبَرُ مَنْ قَالَ: إِنَّهُ لَمْ يُصَلِّ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1228: Ya’qub Ad Dauraqi menceritakan kepada kami, Mu’tamar menceritakan 'kepada kami dari Khalid, dari Abdullah -yaitu Ibnu Syaqiq-, dari Aisyah, ia berkata, "Aku tidak pernah melihat sama sekali Rasulullah shalat Dhuha kecuali sekembalinya beliau'dari bepergian dan beliau ketika itu shalat dua rakaat." Abu Bakar- berkata, "Hadits riwayat Ibnu Umar termasuk bagian dari yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa seorang pembawa kabar dan saksi yang dapat diterima periwayatannya dan kesaksiannya adalah seorang yang memberi kabar dengan melihat sesuatu, mendengarnya dan menyaksikan kejadiannya bukan seorang yang menyembunyikan sesuatu, akan tetapi para ulama sering mengatakan bahwa si fulan tidak melakukan hal ini dan tidak seperti ini atas dasar toleransi dan mempermudah dalam percakapan, namun sebenarnya yang mereka inginkan adalah mengatakan bahwa fulan sepengetahuanku tidak melakukan hal seperti ini dan jika ia melakukan hal seperti ini niscaya tidak sepengetahuanku. Maksud dari ucapan Ibnu Umar bahwa Nabi tidak pernah melakukan shalal Dhuha kecuali sekembalinya beliau dari bepergian, adalah aku tidak pernah melihat beliau shalat dan tidak ada riwayat yang mengabarkan kepadaku bahwa beliau hanya shalat Dhuha sekembalinya dari bepergian. Maka seperti inilah hadits riwayat Aisyah yang telah diriwayatkan oleh Kahmas bin Al Hasan dan Al Jariri semuanya terasal dari Abdullah bin Syaqiq, ia, berkata, "Aku bertanya kepada Aisyah, 'Apakah Rasulullah shalat Dhuha?. Ia menjawab, 'Tidak, kecuali setelah beliau kembali dari bepergian’." Ad-Dauraqi meriwayatkannya kepada kami, Utsman bin Umar menceritakan kepada kami, Kahmas menceritakan kepada kami Salam bin Junadah menceritakan kepada kami, Waki' menceri'takan kepada kami dari Kahmas (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Salim bin Nuh menceritakan kepada kami. Al Jariri menceritakan kepada kami {Ha') Ya’qub Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Ibnu Ulayyah menceritakan kepada kami dari Al Jariri. Abu Bakar berkata, "Lafazh hadits yang terdapat di dalam hadits riwayat Kahmas termasuk bagian dari yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Aisyah meriwayatkannya atas dasar toleransi dan mempermudah percakapan, akan tetapi maksudnya seperti apa yang mereka katakan di dalam hadits Khalid Al Hadzdza', 'Aku tidak pernah melihat Rasulullah shalat., dan dalil akan kebenaran apa yang aku takwilkan bahwa Nabi telah melakukan shalat Dhuha pada hari selain hari kepulangan beliau dari bepergian. Aku akan menyebutkan haditsnya pada pembahasannya dalam kitab ini Insya Allah. Oleh karena itu, hadits yang harus diterima dan digunakan sebagai dalil adalah hadits orang yang lebih mengetahui bahwa Nabi mengerjakan shalat Dhuha bukan hadits orang yang mengatakan bahwa beliau tidak melakukan shalat."
صحيح ابن خزيمة ١٢٢٩: ثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى قَالَا: ثنا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، أَخْبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ مَحْمُودِ بْنِ الرَّبِيعِ، عَنْ عِتْبَانَ بْنِ مَالِكٍ: «أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي بَيْتِهِ سُبْحَةَ الضُّحَى، فَقَامُوا وَرَاءَهُ فَصَلَّوْا فِي بَيْتِهِ» . قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «فِي بَيْتِهِ يَعْنِي بَيْتَ عِتْبَانَ بْنِ مَالِكٍ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1229: Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi dan Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Utsman bin Umar meriwayatkan kepada kami, Yunus mengabarkan kepada kami dari Az.Zuhri, dari Mahmud bin Ar-Rabi’. dari Itban bin Malik bahwa ketika Rasulullah shalat Dhuha di rumahnya, para sahabat berdiri di belakang beliau dan mereka shalat dirumahnya. Abu Bakar berkata, "Di rumahnya maksud di rumah Itban bin Malik."
صحيح ابن خزيمة ١٢٣٠: ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمُخَرِّمِيُّ، ثنا أَبُو عَامِرٍ، عَنْ شُعْبَةَ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ، عَنْ عَلِيٍّ قَالَ: «كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى» . قَالَ الْمُخَرِّمِيُّ: «هَكَذَا حَدَّثَنَا بِهِ مُخْتَصَرًا» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " هَذَا الْخَبَرُ عِنْدِي مُخْتَصَرٌ مِنْ حَدِيثِ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ: سَأَلْنَا عَلِيًّا عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ أَمْلَيْتُهُ قَبْلُ قَالَ فِي الْخَبَرِ: إِذَا كَانَتِ الشَّمْسُ مِنْ هَهُنَا كَهَيْئَتِهَا مِنْ هَهُنَا عِنْدَ الْعَصْرِ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، فَهَذِهِ صَلَاةُ الضُّحَى "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1230: Muhammad bin Abdullah Al Makhzumi menceritakan kepada kami. Abu Amir menceritakan kepada kami dari Syu’bah, (Ha') Bundar, menceritakan kepada kami, Hisyam bin Abdul Malik menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Abu Ishak, dari Ashim bin Dhamrah, dari. Ali, ia berkata, "Sesungguhnya Nabi pernah melakukan shalat Dhuha." Al Makhzumi berkata, "Beginilah yang menceritakan kepada kami secara ringkas." Abu Bakar berkata, "Menurutku hadits ini adalah ringkasan dari hadits Ashim bin Dhamrah, 'Kami pemah bertanya kepada Ali tentang shalat Rasulullah ', aku telah mencantumkannya sebelumnya, Ali mengatakan di dalam haditsnya, 'Apabila matahari dari arah sini pada posisinya dari sisi ini ketika waktu Ashar maka beliau shalat dua rakaat’, maka inilah shalat Dhuha."