صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #1141

صحيح ابن خزيمة ١١٤١: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا سَعْدُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنِ ابْنِ سَلْمَانَ، عَنْ أَبِيهِ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ سَلْمَانَ الْأَغَرِّ قَالَ: قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ صَلَّى فِي لَيْلَةٍ بِمِائَةِ آيَةِ لَمْ يُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ، وَمَنْ صَلَّى فِي لَيْلَةٍ بِمِائَتَيْ آيَةٍ فَإِنَّهُ يُكْتَبُ مِنَ الْقَانِتِينَ الْمُخْلِصِينَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1141: Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, Sa'ad bin Abdul Hamid menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Abu Az-Zinad mengabarkan kepada kami dari Musa bin Uqbah, dari Salman, dari ayahnya Abu Abdullah Salman Al Aghar, ia berkata: Abu Hurairah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Barangsiapa shalat di malam hari dengan membaca seratus ayat niscaya ia tidak akan ditulis sebagai orang-orang yang lalai dan barangsiapa yang shalat di malam hari dengan membaca seratus ayat niscaya ia akan ditulis sebagai orang yang ikhlas tunduk kepada Allah'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1142

صحيح ابن خزيمة ١١٤٢: ثنا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ، أَنَّ أَبَا سَوِيَّةَ، حَدَّثَهُ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ حُجَيْرَةَ يُخْبِرُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ: عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ، وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ الْقَانِتِينَ، وَمَنَ قَرَأَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ الْمُقَنْطِرِينَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1142: Yunus bin Abdul A'la meriwayatkan kepada kami, Ibnu Wahab mengabarkan kepada kami, Amr bin Al Harits mengabarkan kepadaku bahwa Abu Sawiyyah menceritakan kepadanya bahwa ia mendengar Ibnu Hujairah mengabarkan dari Abdullah bin Amr bin Al Ash, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Barangsiapa shalat malam dengan membaca sepuluh ayat niscaya ia tidak akan ditulis sebagai orang yang lalai dan barangsiapa yang shalat malam dengan membaca seratus ayat niscaya ia akan ditulis sebagai orang yang tunduk kepada Allah dan barangsiapa yang membaca seribu ayat niscaya ia akan ditulis sebagai orang yang banyak kekayaannya."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1143

صحيح ابن خزيمة ١١٤٣: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، ثنا سُفْيَانُ قَالَ: سَمِعَتْهُ مِنْ عَمْرٍو مُنْذُ سَبْعِينَ سَنَةً يَقُولُ: أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ أَوْسٍ، أَنَّهُ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ يُخْبِرُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «أَحَبُّ الصَّلَاةِ إِلَى اللَّهِ صَلَاةُ دَاوُدَ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ، وَيَقُومُ ثُلُثَ اللَّيْلِ، وَيَنَامُ سُدُسَهُ، وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1143: Abdul Jabbar bin Al Ala' menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, ia berkata: Aku mendengarnya dari Amr semenjak tujuh puluh tahun yang lalu, ia berkata: Amr bin Aus mengabarkan kepadaku bahwa ia mendengar Abdullah bin Amr bin Al Ash mengabarkan kepadanya dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Daud, ia tidur setengah malam dan bangun sepertiga malam lalu tidur kembali seperenamnya dan puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Daud, ia puasa satu hari dan berbuka satu hari."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1144

صحيح ابن خزيمة ١١٤٤: نا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ: ثنا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْأَغَرِّ قَالَ: أَشْهَدُ عَلَى أَبِي هُرَيْرَةَ، وَأَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّ اللَّهَ يُمْهِلُ حَتَّى يَذْهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ فَيَنْزِلُ، فَيَقُولُ: هَلْ مِنْ سَائِلٍ؟ هَلْ مِنْ تَائِبٍ؟ هَلْ مِنْ مُسْتَغْفِرٍ مِنْ ذَنْبٍ؟ "، فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ: حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ؟ قَالَ: «نَعَمْ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1144: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami dari Abu Ishak, dari Al Aghar, ia berkata: Aku bersaksi atas nama Abu Hurairah dan Abu Sa'id Al Khudri bahwa keduanya bersaksi atas nama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah menunggu sampai tiba sepertiga malam, maka Dia turun dan berfirman, 'Apakah ada orang yang meminta, apakah ada orang yang bertobat dan apakah ada orang yang memohon ampunan dari perbuatan dosa?' Kemudian seorang laki-laki bertanya kepada beliau, 'Apakah itu sampai terbit fajar?' Beliau menjawab, 'Ya'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1145

صحيح ابن خزيمة ١١٤٥: ثنا بَحْرُ بْنُ نَصْرِ بْنِ سَابَقٍ الْخَوْلَانِيُّ، ثنا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ، حَدَّثَنِي أَبُو يَحْيَى وَهُوَ سُلَيْمُ بْنُ عَامِرٍ، وَضَمْرَةُ بْنُ حَبِيبٍ، وَأَبُو طَلْحَةَ هُوَ نُعَيْمُ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ قَالَ: حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ عَنْبَسَةَ قَالَ: أَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ نَازِلٌ بِعُكَاظَ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ، وَقَالَ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ فَهَلْ مِنْ دَعْوَةٍ أَقْرَبُ مِنْ أُخْرَى، أَوْ سَاعَةٍ؟ قَالَ: «نَعَمْ، إِنَّ أَقْرَبَ مَا يَكُونُ الرَّبُّ مِنَ الْعَبْدِ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ، فَإِنِ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَكُونَ مِمَّنْ يَذْكُرُ اللَّهَ فِي تِلْكَ السَّاعَةِ فَكُنْ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1145: Bahr bin Nadhr bin Sabiq Al Khaulani menceritakan kepada kami, Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, Mu'awiyah bin Shalih mengabarkan kepadaku, Abu Yahya -yaitu Salaim binu Amir-, Dhamrah bin Hubaib, dan Abu Thalhah —yaitu Nu'aim bin Ziyad— menceritakan kepadaku dari Abu Umamah Al Bahili, ia berkata: Amr bin Anbasah menceritakan kepadaku, iu berkata, "Aku pernah mendatangi Rasulullah ketika beliau singgah di Ukazh," la lalu menyebutkan redaksi hadits selanjutnya. Pcrawi bercerita, "Aku kemudian bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah ada doa yang lebih dekat dari yang lainnya atau waktu?' Beliau menjawab, 'Ya, sesungguhnya Allah sangat dekat dengan seorang hamba pada saat pertengahan malam yang terakhir, maka apabila kamu mampu menjadi orang yang berdzikir kepada Allah pada saat itu maka lakukanlah'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1146

صحيح ابن خزيمة ١١٤٦: نا أَبُو قُدَامَةَ، وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَا: ثنا يَحْيَى قَالَ بُنْدَارٌ قَالَ: ثنا ابْنُ عَجْلَانَ، وَقَالَ أَبُو قُدَامَةَ: عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنِ الْقَعْقَاعِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى، وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ، فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَ فِي وَجْهِهَا الْمَاءَ، رَحِمَ اللَّهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ، وَأَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَإِنْ أَبَى نَضَحَتْ فِي وَجْهِهِ الْمَاءَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1146: Abu Qudamah dan Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Yahya meriwayatkan kepada kami, Bundar berkata: Ia berkata: Ibnu Ajlan menceritakan kepada kami, Abu Qudamah menceritakan dari Ibnu Ajlan, dari Al Qa'qa', dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Allah mengasihi seorang pria yang bangun di malam hari kemudian shalat dan membangunkan istrinya, apabila istrinya menolak ia memercikkan air ke wajahnya. Allah juga mengasihi seorang istri yang bangun di malam hari kemudian shalat dan membangunkan suaminya, apabila suaminya menolak ia pun memercikkan air ke wajahnya'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1147

صحيح ابن خزيمة ١١٤٧: نا هَارُونُ بْنُ إِسْحَاقَ الْهَمْدَانِيُّ، وَعَلِيُّ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَا: ثنا ابْنُ فُضَيْلٍ قَالَ عَلِيٌّ قَالَ: ثنا حَصِينٌ، وَقَالَ هَارُونُ: عَنْ حَصِينٍ، ح وَثنا أَبُو حَصِينِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ يُونُسَ، ثنا عَبْثَرٌ، ثنا حَصِينٌ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: «كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ لِلتَّهَجُّدِ يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ» . وَقَالَ هَارُونُ، وَأَبُو حَصِينٍ: إِذَا قَامَ يَتَهَجَّدُ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1147: Harun bin Ishak Al Hamdani dan Ali bin Bundar menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Ibnu Fudhail menceritakan kepada kami, Ali menceritakan, ia berkata: Hushain meriwayatkan kepada kami, Harun berkata: Diriwayatkan dari Hushain (Ha') Abu Hushain bin Ahmad bin Yunus menceritakan kepada kami, Abtsar menceritakan kepada kami, Hushain menceritakan kepada kami dari Abu wa'il, dari Hudzaifah, ia berkata, "Apabila Rasulullah bangun di malam hari untuk shalat tahajjud maka beliau menggosok mulutnya dengan siwak." Harun dan Abu Hushain berkata, "Apabila beliau bangun untuk shalat tahajjud."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1148

صحيح ابن خزيمة ١١٤٨: نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ بِشْرِ بْنِ مَنْصُورٍ السُّلَيْمِيُّ، نا عَبْدُ الْأَعْلَى، عَنْ هِشَامٍ، عَنْ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنَ اللَّيْلِ فَلْيَفْتَتِحْ صَلَاتَهُ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1148: Ismail bin Bisyir bin Manshur As-Sulami menceritakan kepada kami, Abdul A'la menceritakan kepada kami dari Hisyam, dari Muhammad, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Apabila salah seorang di antara kamu bangun di malam hari maka ia hendaknya mengawali shalatnya dengan shalat dua rakaat yang ringan."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1149

صحيح ابن خزيمة ١١٤٩: ثنا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، ثنا سُفْيَانُ، ثنا سُلَيْمَانُ الْأَحْوَلُ، عَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَتَهَجَّدُ قَالَ: «اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَوَعِيدُكَ حَقٌّ، وَعَذَابُ الْقَبْرِ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، وَالْقُبُورُ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، اللَّهُمَّ بِكَ آمَنْتُ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدَّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ» . وَزَادَ عَبْدُ الْكَرِيمِ: «لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1149: Abdul Jabbar bin Al Ala' menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Sulaiman Al Ahwal menceritakan kepada kami dari Thawus, dari Ibnu Abbas, ia berkata, "Apabila Nabi bangun di malam hari maka beliau shalat tahajjud dan berdoa, 'Ya Allah, bagi-Mu segala pujian Engkau adalah cahaya langit dan bumi serta semua yang terdapat pada keduanya, bagi-Mu segala pujian Engkau Yang Maha Mengatur langit dan bumi serta semua yang ada pada keduanya, bagi-Mu segala pujian Engkau Yang Hak, perjumpaan dengan-Mu hak, janji-janji-Mu hak, adzab kubur itu hak, surga itu hak, Neraka itu hak, Hari Kiamat itu hak, kebangkitan dari kubur itu hak dan Muhammad itu hak Ya Allah, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu kami kembali, dengan-Mu kami berperang, kepada-Mu kami meminta keputusan, maka ampunilah aku atas apa yang telah aku perbuat atau yang akan aku perbuat, apa yang aku tahu atau yang aku tahu. Engkau Yang Maba Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terakhir, tiada Tuhan kecuali Engkau dan tiada Tuhan selain Engkau'." Abdul Karim menambahkan, "Tiada Tuhan kecuali Engkau dan tiada daya serta upaya melainkan Allah''

Shahih Ibnu Khuzaimah #1150

صحيح ابن خزيمة ١١٥٠: ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، نا بِشْرٌ يَعْنِي ابْنَ الْمُفَضَّلِ، ثنا عِمْرَانُ وَهُوَ ابْنُ مُسْلِمٍ، عَنْ قَيْسِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ لِلتَّهَجُّدِ قَالَ بَعْدَمَا يُكَبِّرُ: «اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قِيَامُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَوَعْدُكَ حَقٌّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، وَإِلَيْكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ إِلَهِي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1150: Muhammad bin Abdul A'la menceritakan kepada kami, Bisyir -yaitu Ibnu Al Mufadhdhal- menceritakan kepada kami, Imran -yaitu Ibnu Muslim- menceritakan kepada kami dari Qais bin Sa'ad, dari Thawus, dari Ibnu Abbas, ia berkata, "Apabila Rasulullah bangun di malam hari untuk shalat tahajjud beliau berdoa setelah membaca takbir, 'Ya Allah, bagi-Mu segala pujian Engkau cahaya langit dan bumi, bagi-Mu segala pujian Engkau pelindung langit dan bumi, bagi-Mu segala puji Tuhan langit dan bumi serta semua yang terdapat di antara keduanya, Engkau Maha Hak dan firman-Mu adalah hak, janji-Mu hak dan perjumpaan dengan-Mu adalah hak, surga itu hak dan neraka itu hak serta Hari Kiamat itu hak. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah diri dan kepada- Mu aku beriman, atas diri-Mu aku bertawakkal dan kepada-Mu aku kembali, kepada-Mu aku meminta keputusan dan kepada-Mu aku berperang serta hanya kepada-Mu tempat kembali. Ya Allah, ampunilah aku atas apa-apa yang telah aku perbuat dan apa-apa yang akan aku perbuat, atas apa yang aku tidak tahu dan yang aku ketahui, Engkau adalah Tuhanku tiada Tuhan melainkan Engkau'."