وَمِنْ كِتَابِ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ فِي الصَّلَاةِ

Kitab Bagian Pembahasan tentang Menghadap Kiblat Saat Shalat

Musnad Syafi'i #90

مسند الشافعي ٩٠: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنِ ابْنِ حَرْمَلَةَ، عَنِ ابْنِ الْمُسَيِّبِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «خِيَارُكُمُ الَّذِينَ إِذَا سَافَرُوا قَصَرُوا الصَّلَاةَ وَأَفْطَرُوا» ، أَوْ قَالَ: «لَمْ يَصُومُوا»

Musnad Syafi'i 90: Ibrahim bin Muhammad mengabarkan kepada kami dari Ibnu Hamalah, dari Ibnu Al Musayyab , ia mengatakan: Rasulullah pernah bersabda, “Orang terbaik di antara kalian ialah orang-orang yang apabila bepergian mengqashar shalat dan berbuka." Atau beliau bereabda, "Tidak puasa.”97

Musnad Syafi'i #91

مسند الشافعي ٩١: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مَيْسَرَةَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ بِالْمَدِينَةِ أَرْبَعًا، وَصَلَّيْتُ مَعَهُ الْعَصْرَ بِذِي الْحُلَيْفَةِ رَكْعَتَيْنِ.

Musnad Syafi'i 91: Sufyan mengabarkan kepada kami dari Ibrahim bin Maisarah, dari Anas bin Malik RA, ia berkata, “Aku pernah shalat Zhuhur bersama Rasulullah SAW di Madinah sebanyak 4 rakaat dan shalat Ashar bersamanya di Dzul Hulaifah Sebanyak 2 rakaat. 98

Musnad Syafi'i #92

مسند الشافعي ٩٢: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ يَعْنِي ابْنَ عُيَيْنَةَ، عَنِ ابْنِ الْمُنْكَدِرِ، أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ مِثْلَ ذَلِكَ، إِلَّا أَنَّهُ قَالَ: بِذِي الْحُلَيْفَةِ.

Musnad Syafi'i 92: Sufyan, yakni Ibnu Uyainah, mengabarkan kepada kami dari Ibnu Al Munkadir bahwa ia pemah mendengar Anas bin Malik mengatakan seperti itu, kecuali dengan redaksi: “Di Dzul Hulaifah.” 99

Musnad Syafi'i #93

مسند الشافعي ٩٣: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، بِمِثْلِ ذَلِكَ

Musnad Syafi'i 93: Sufyan mengabarkan kepada kami dari Ayub dari Abu Qilabah, dari Anas bin Malik semisal itu.100

Musnad Syafi'i #94

مسند الشافعي ٩٤: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّهُ سُئِلَ: أَتُقْصَرُ الصَّلَاةُ إِلَى عُرَنَةَ؟ قَالَ: لَا، وَلَكِنْ إِلَى عُسْفَانَ، وَإِلَى جُدَّةَ، وَإِلَى الطَّائِفِ

Musnad Syafi'i 94: Sufyan mengabarkan kepada kami dari Amr bin Dinar, dari Atha, dari Ibnu Abbas radliyallahu 'anhuma bahwa Ia pernah ditanya: "Apakah shalat boleh diqashar sampai di Arafah?" Ibnu Abbas menjawab: "Tidak boleh, tetapi sampai di 'Usfan, Jeddah dan Thaif." 101

Musnad Syafi'i #95

مسند الشافعي ٩٥: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، أَنَّهُ كَانَ يُسَافِرُ مَعَ ابْنِ عُمَرَ الْبَرِيدَ وَلَا يَقْصُرُ الصَّلَاةَ

Musnad Syafi'i 95: Malik mengabarkan kepada kami dari Nafi': Bahwa Ia pernah bepergian dengan Ibnu 'Umar sejauh satu barid, dan ia tidak mengqashar shalat. 102

Musnad Syafi'i #96

مسند الشافعي ٩٦: أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَكِبَ إِلَى ذَاتِ النُّصُبِ فَقَصَرَ الصَّلَاةَ فِي مَسِيرِهِ ذَلِكَ قَالَ مَالِكٌ: وَبَيْنَ ذَاتِ النُّصُبِ وَالْمَدِينَةِ أَرْبَعَةُ بُرُدٍ

Musnad Syafi'i 96: Malik bin Anas mengabarkan kepada kami dari Nafi', dan Salim bin Abdullah: Bahwa Abdullah bin Umar pernah menaiki kendaraannya menuju Dzatun-Nushb, lalu ia mengqashar shalat dalam perjalanannya itu. Malik bin Anas berkata: "Dan jarak antara Dzatun-Nushb dan Madinah adalah empat barid."103

Musnad Syafi'i #97

مسند الشافعي ٩٧: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ، أَنَّهُ رَكِبَ إِلَى رِيمٍ فَقَصَرَ الصَّلَاةَ فِي مَسِيرِهِ ذَلِكَ. قَالَ مَالِكٌ: وَذَلِكَ نَحْوٌ مِنْ أَرْبَعَةِ بُرُدٍ

Musnad Syafi'i 97: Malik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Salim bin Abdullah bin Umar, dari ayahnya radliyallahu 'anhum: Bahwa Ia pernah berkendaraan menuju Riim, lalu ia mengqashar shalat dalam perjalanannya itu. Malik berkata: "Jaraknya kurang lebih empat barid."104

Musnad Syafi'i #98

مسند الشافعي ٩٨: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ حُمَيْدٍ قَالَ: سَأَلَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ جُلَسَاءَهُ: مَاذَا سَمِعْتُمْ فِي مَقَامِ الْمُهَاجِرِ بِمَكَّةَ؟ قَالَ السَّائِبُ بْنُ يَزِيدَ: حَدَّثَنِي الْعَلَاءُ بْنُ الْحَضْرَمِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «يَمْكُثُ الْمُهَاجِرُ بَعْدَ قَضَاءِ نُسُكِهِ ثَلَاثًا»

Musnad Syafi'i 98: Sufyan bin Uyainah mengabarkan kepada kami dari Abdurrahman bin Humaid, ia berkata "Umar bin Abdul Aziz pernah terkata kepada orang yang duduk disampingnya, 'Apa yang kalian dengar tentang mukimnya orang muhajirin di Makkah?' As-Sa'id bin Yazid mengatakan: Al Ala' bin Al Harami menceritakan kepadaku: Bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda. “Orang yang hijrah boleh tinggal setelah melaksanakan ibadah haji selama tiga hari.”105

Musnad Syafi'i #99

مسند الشافعي ٩٩: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنْ أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا عَجَّلَ فِي السَّيْرِ جَمَعَ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ

Musnad Syafi'i 99: Sufyan menceritakan kepadaku dari Az-Zuhri, dari Salim, dari ayahnya RA, ia berkata, “Nabi SAW apabila terpaksa mempercepat keberangkatan, maka beiiau menjamak shalat Maghrib dan shalat lsya.” 106