كِتَابُ الصَّلَاةِ

Kitab Shalat

Shahih Ibnu Khuzaimah #321

صحيح ابن خزيمة ٣٢١: نا يُوسُفُ بْنُ مُوسَى، نا جَرِيرٌ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ لِلَّهِ مَلَائِكَةً يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ، فَإِذَا كَانَ صَلَاةُ الْفَجْرِ نَزَلَتْ مَلَائِكَةُ النَّهَارِ فَشَهِدُوا مَعَكُمُ الصَّلَاةَ جَمِيعًا، ثُمَّ صَعِدَتْ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَكَثَتْ مَعَكُمْ مَلَائِكَةُ النَّهَارِ فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ: مَا تَرَكْتُمْ عِبَادِي يَصْنَعُونَ؟ قَالَ: فَيَقُولُونَ جِئْنَا وَهُمْ يُصَلُّونَ وَتَرَكْنَاهُمْ يُصَلُّونَ، فَإِذَا كَانَ صَلَاةُ الْعَصْرِ نَزَلَتْ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ فَشَهِدُوا مَعَكُمُ الصَّلَاةَ جَمِيعًا، ثُمَّ صَعِدَتْ مَلَائِكَةُ النَّهَارِ وَمَكَثَتْ مَعَكُمْ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ قَالَ: فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ، فَيَقُولُ: مَا تَرَكْتُمْ عِبَادِي يَصْنَعُونَ؟ قَالَ: فَيَقُولُونَ: جِئْنَا وَهُمْ يُصَلُّونَ، وَتَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ قَالَ: فَحَسِبْتُ أَنَّهُمْ يَقُولُونَ فَاغْفِرْ لَهُمْ يَوْمَ الدِّينِ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 321: Yusuf bin Musa mengabarkan kepada kami, Jarir mengabarkan kepada kami, dari Al Amasy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, ‘‘Sesungguhnya Allah SWT memiliki malaikat yang saling bergantian (mengawasi) kalian. Apabila shalat shubuh, maka malaikat yang bertugas di siang hari turun kemudian mereka melakukan shalat bersama kalian semua, lalu malaikat yang bertugas di malam hari naik sememtara malaikat yang bertugas di siang hari menetap bersama kalian. Tuhan mereka lalu bertanya —padahal ia lebih mengetahui dari pada mereka— Apakah yang dilakukan hamba-hambaku saat kalian tinggalkan?’ Mereka berkata, ‘Kami tiba mereka sedang melaksanakan shalat dan kami tinggalkan mereka sedang melaksanakan shalat.' Apabila waktu shalat Ashar tiba, maka malaikat yang bertugas di malam hari turun lalu melaksanakan shalat bersama-sama kalian semua kemudian malaikat yang bertugas di siang hari (48-alif) naik kembali ke langit. Lalu malaikat yang bertugas di malam hari menetap bersama kalian. Tuhan mereka bertanya —padahal Dia lebih mengetahui dari mereka— lalu berfirman, ‘Apa yang hamba-hambaku lakukan saat kalian meninggalkan mereka.’Mereka berkata, ‘Saat kami tiba mereka sedang melaksanakan shalat, dan saat kami tinggalkan mereka sedang melaksanakan shalat'.” Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Aku mengira bahwa mereka berkata, ‘Ampunilah mereka di hari kumat’.”437

Shahih Ibnu Khuzaimah #322

صحيح ابن خزيمة ٣٢٢: ناه يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ، نا يَحْيَى بْنُ حَمَّادٍ، نا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ سُلَيْمَانَ، وَهُوَ الْأَعْمَشُ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " يَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْعَصْرِ، فَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ فَتَصْعَدُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ، وَتَثْبُتُ مَلَائِكَةُ النَّهَارِ، وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ فَتَصْعَدُ مَلَائِكَةُ النَّهَارِ، وَتَثْبُتُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ، فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ: كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي، فَيَقُولُونَ: أَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَتَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ، فَاغْفِرْ لَهُمْ يَوْمَ الدِّينِ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 322: Yahya bin Hakim mengabarkannya kepada kami, Yahya bin Hamad mengabarkan kepada kami, Abu Awanah mengabarkan kepada kami, dari Sulaiman —ia adalah Al Amasy— dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Malaikat yang bertugas di malam hari dan di siang hari berkumpul dalam shalat Subuh dan shalat Ashar. Mereka berkumpul di dalam shalat Subuh lalu malaikat yang bertugas di malam hari naik kembali ke langit sementara malaikat yang bertugas di siang hari menetap, lalu mereka berkumpul kembali di dalam shalat Ashar dan malaikat yang bertugas di siang hari naik ke langit kembali sementara malaikat yang bertugas di malam hari tetap menetap. Tuhan mereka bertanya, ‘Bagaimana keadaan hamba-hambaku saat kalian tinggalkan?' Mereka berkata, ‘Ketika kami tiba, mereka dalam keadaan shalat dan ketika kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat. Ampunilah dosa mereka di hari kiamat'.”438

Shahih Ibnu Khuzaimah #323

صحيح ابن خزيمة ٣٢٣: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، وَالْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ، وَعَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحُسَيْنِ، وَأَحْمَدُ بْنُ سِنَانٍ الْوَاسِطِيُّ، وَمُوسَى بْنُ خَاقَانَ الْبَغْدَادِيُّ قَالُوا: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ، وَهُوَ ابْنُ يُوسُفَ الْأَزْرَقُ، وَهَذَا حَدِيثُ الدَّوْرَقِيِّ، نا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ، عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ فَسَأَلَهُ عَنْ وَقْتِ الصَّلَوَاتِ، فَقَالَ: صَلِّ مَعَنَا، فَلَمَّا زَالَتِ الشَّمْسُ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ وَقَالَ: وَصَلَّى الْعَصْرَ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ نَقِيَّةٌ، وَصَلَّى الْمَغْرِبَ حِينَ غَرَبَتِ الشَّمْسُ، وَصَلَّى الْعِشَاءَ حِينَ غَابَ الشَّفَقُ، وَصَلَّى الْفَجْرَ بِغَلَسٍ، فَلَمَّا كَانَ مِنَ الْغَدِ أَمَرَ بِلَالًا فَأَذَّنَ الظُّهْرَ فَأَبْرَدَ بِهَا، فَأَنْعَمَ أَنْ يُبْرِدَ بِهَا، وَأَمَرَهُ فَأَقَامَ الْعَصْرَ وَالشَّمْسُ حَيَّةٌ، أَخَّرَ فَوْقَ الَّذِي كَانَ، وَأَمَرَهُ فَأَقَامَ الْمَغْرِبَ قَبْلَ أَنْ يَغِيبَ الشَّفَقُ، وَأَمَرَهُ فَأَقَامَ الْعِشَاءَ بَعْدَمَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ، وَأَمَرَهُ فَأَقَامَ الْفَجْرَ فَأَسْفَرَ بِهَا، ثُمَّ قَالَ: «أَيْنَ السَّائِلُ عَنْ وَقْتِ الصَّلَاةِ؟» قَالَ: أَنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ: «وَقْتُ صَلَاتِكُمْ بَيْنَ مَا رَأَيْتُمْ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: لَمْ أَجِدْ فِي كِتَابِي عَنِ الزَّعْفَرَانِيِّ الْمَغْرِبَ فِي الْيَوْمِ الثَّانِي

Shahih Ibnu Khuzaimah 323: Ya’qub bin Ibrahim, Al Hasan bin Muhammad, Ali bin Husain bin Ibrahim bin Al Husain, Ahmad bin Sinan Al Wasithi dan Musa bin Khaqan Al Baghdadi mengabarkan. kepada kami dan mereka berkata, Ishaq —ia adalah Ibnu Yusuf Al Azraq— menceritakan kepada kami ini adalah hadits Ad-Dauraqi, Sufyan Ats-Tsauri menceritakan kepada kami, dari Alqamah bui Mursid, dari Sulaiman bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata, ‘Seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, ia bertanya tentang waktu shalat. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, ' Shalatlah bersama kami’ ketika matahari tergelincir, [Rasulullah] shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat Zhuhur Dan, ia berkata, “Dan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat Ashar sementara matahari masih tinggi bersih (tidak mendung). Beliau melaksanakan shalat Maghrib saat matahari tenggelam. Beliau juga melaksanakan shalat Isya saat mega merah hilang serta melaksanakan shalat Subuh saat masih gelap. Ketika esok harinya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan Bilal untuk melakukan adzan shalat Zhuhur kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menunggu hingga cuaca tidak panas, lalu merasa nyaman untuk melaksanakan shalat Zhuhur yang teduh tersebut. Lalu Nabi memerintahkan Bilal, kemudian melaksanakan shalat Ashar, sementara matahari masih menyengat, lalu beliau mengakhirkan di atas waktu yang lalu. Rasulullah memerintahkan Bilal untuk adzan lalu beliau melaksanakan shalat Maghrib sebelum mega merah hilang Rasulullah memerintahkan Bilal untuk adzan lalu mendirikan shalat isya setelah melewati sepertiga malam, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan Bilal untuk adzan kemudian beliau melaksanakan shalat Subuh hingga awan menguning lalu beliau bertanya, ‘Dimana orang yang bertanya tentang waktu shalat?' Laki-laki tersebut berkata, ‘Saya wahai rasulullah S A W.’ beliau bersabda,”Waktu shalat kalian adalah di antara sesuatu yang kalian lihat’.”439 Abu Bakar berkata, “Aku tidak menemukan di dalam kitabku dari Az Za’farani ungkapan, ‘Shalat Maghrib di hari kedua..”

Shahih Ibnu Khuzaimah #324

صحيح ابن خزيمة ٣٢٤: نا بُنْدَارٌ، نا حَرَمِيُّ بْنُ عُمَارَةَ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَوَاقِيتِ لَمْ يَزِدْنَا بُنْدَارٌ عَلَى هَذَا. قَالَ بُنْدَارٌ: فَذَكَرْتُهُ لِأَبِي دَاوُدَ، فَقَالَ: صَاحِبُ هَذَا الْحَدِيثِ يَنْبَغِي أَنْ يُكَبَّرَ عَلَيْهِ. قَالَ بُنْدَارٌ: فَمَحَوْتُهُ مِنْ كِتَابِي قَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَنْبَغِي أَنْ يُكَبَّرَ عَلَى أَبِي دَاوُدَ حَيْثُ غَلَطَ، وَأَنْ يُضْرَبَ بُنْدَارٌ عَشَرَةً حَيْثُ مَحَا هَذَا الْحَدِيثَ مِنْ كِتَابِهِ، حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى مَا رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ أَيْضًا عَنْ عَلْقَمَةَ، غَلَطَ أَبُو دَاوُدَ، وَغَيَّرَ بُنْدَارٌ، هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ أَيْضًا عَنْ عَلْقَمَةَ نا بِخَبَرِ حَرَمِيِّ بْنِ عُمَارَةَ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى قَالَ: نا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، نا حَرَمِيُّ بْنُ عُمَارَةَ، عَنْ شُعْبَةَ بِالْحَدِيثِ تَمَامِهِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: هَذَا الْخَبَرُ رَادٌّ عَلَى زَعْمِ الْعِرَاقِيِّينَ أَنَّ الْمُقِرَّ عِنْدَ الْحَاكِمِ أَنَّ لِفُلَانٍ عَلَيْهِ مَا بَيْنَ دِرْهَمٍ إِلَى عَشَرَةِ دَرَاهِمَ أَنَّ عَلَيْهِ ثَمَانِيَةَ دَرَاهِمَ، فَجَعَلُوا هَذَا الْمُحَالَ مِنَ الْمَقَالِ بَابًا طَوِيلًا فَرَّعُوا مَسَائِلَ عَلَى هَذَا الْخَطَأِ وَقَوْدُ مَقَالَتِهِمْ يُوجِبُ أَنَّ جِبْرِيلَ صَلَّى بِالنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْيَوْمَيْنِ وَاللَّيْلَتَيْنِ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ فِي غَيْرِ مَوَاقِيتِهَا؛ لِأَنَّ قَوْدَ مَقَالَتِهِمْ أَنَّ أَوْقَاتِ الصَّلَاةِ مَا بَيْنَ الْوَقْتِ الْأَوَّلِ، وَالْوَقْتِ الثَّانِي، وَأَنَّ الْوَقْتَ الْأَوَّلَ، وَالثَّانِي خَارِجَانِ مِنْ وَقْتِ الصَّلَاةِ كَزَعْمِهِمْ أَنَّ الدِّرْهَمَ وَالْعَشَرَةَ خَارِجَانِ مِمَّا أَقَرَّ بِهِ الْمُقِرُّ، وَأَنَّ الثَّمَانِيَةَ هُوَ بَيْنَ دِرْهَمٍ إِلَى عَشَرَةٍ، قَدْ أَمْلَيْتُ مَسْأَلَةً طَوِيلَةً مِنْ هَذَا الْجِنْسِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 324: Bundar mengabarkan kepada kami, Harmi bin Umarah mengabarkan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Alqamah bin Marsad, dari Sulaiman bin Buraidah, dari ayahnya, dari Nabi Muhammad SAW; dalam hal waktu-waktu shalat.440 Bundar tidak menambahkan redaksi ini kepada kami. Bundar berkata, “Aku menyebutkannya kepada Abu Daud, lalu ia berkata, ‘Pemilik hadits ini sebaiknya (48-ba') membesarkan tulisannya’.” Bundar berkata, “Maka aku menghapusnya dari kitabku.” Abu Bakar berkata, “Sebaiknya Abu Daud membesarkan tulisan yang salah dan Bundar mencontoh sepuluh hadits, di mana ia hapus hadits ini dari kitabnya. Hadits di atas adalah hadits shahih berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh Ats-Tsauri dari Alqamah. Abu Daud salah sedangkan Bundar telah merubahnya. Ini adalah hadits shahih yang juga diriwayatkan oleh Ats-Tsauri dari Alqamah. Kabar yang datang dari Harami bin Umarah, ia mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Yahya, ia berkata, Ali bin Abdullah mengabarkan kepada kami, Harami bin Umarah dari Syu’bah mengabarkan kepada kami. Dengan hadits yang disebutkan secara sempurna. Abu Bakar berkata, “Hadits ini adalah bantahan441 atas asumsi ulama-ulama Irak yang menyatakan bahwa orang yang berikrar di sisi Hakim bahwa fulan memiliki hutang kepada fulan antara satu Dirham sampai sepuluh Dirham dan yang sebenarnya adalah orang tersebut memiliki hutang delapan dirham. Mereka menjadikan kondisi ini sebagai pembicaraan dalam bab yang panjang. Mereka memetakkan beberapa masalah berdasarkan kesalahan ini dan menggiring pembicaraan mereka yang menuntut bahwa malaikat Jibril pernah melaksanakan shalat bersama Nabi selama dua hari dua malam; yaitu melaksanakan shalat lima waktu tidak pada waktunya. Karena kendali ucapan mereka; Sesungguhnya waktu-waktu shalat berada di antara waktu pertama dan kedua. Dan, sesungguhnya waktu pertama dan kedua di luar waktu shalat yang lainnya. Hal ini sebagaimana asumsi mereka bahwa ungkapan satu Dirham dan sepuluh Dirham telah keluar dari apa yang dikukuhkan oleh orang yang berikrar, dan sesungguhnya delapan adalah angka di antara satu dirham sampai sepuluh dirham. Aku telah menuliskan masalah sejenis ini secara panjang.

Shahih Ibnu Khuzaimah #325

صحيح ابن خزيمة ٣٢٥: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ الضَّبِّيُّ، أَخْبَرَنَا مُغِيرَةُ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ وَهُوَ ابْنُ عَيَّاشِ بْنِ أَبِي رَبِيعَةَ الزُّرَقِيُّ، ح وَحَدَّثَنَا بُنْدَارٌ، نا أَبُو أَحْمَدَ، نا سُفْيَانُ، ح وَحَدَّثَنَا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، نا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ عَيَّاشِ بْنِ أَبِي رَبِيعَةَ قَالَ وَكِيعٌ: عَنِ الزُّرَقِيِّ، عَنْ حَكِيمِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ، عَنْ نَافِعِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " أَمَّنِي جِبْرِيلُ عِنْدَ الْبَيْتِ مَرَّتَيْنِ، فَصَلَّى بِيَ الظُّهْرَ حِينَ مَالَتِ الشَّمْسُ قَدْرَ الشِّرَاكِ، وَصَلَّى بِيَ الْعَصْرَ حِينَ كَانَ ظِلُّ كُلِّ شَيْءٍ مِثْلَهُ، وَصَلَّى بِيَ الْمَغْرِبَ حِينَ أَفْطَرَ الصَّائِمُ، وَصَلَّى بِيَ الْعِشَاءَ حِينَ غَابَ الشَّفَقُ، وَصَلَّى بِيَ الْفَجْرَ حِينَ حُرِّمَ الطَّعَامُ وَالشَّرَابُ عَلَى الصَّائِمِ، وَصَلَّى بِيَ الْغَدَ الظُّهْرَ حِينَ كَانَ ظِلُّ كُلِّ شَيْءٍ مِثْلَهُ، وَصَلَّى بِيَ الْعَصْرَ حِينَ كَانَ ظِلُّ كُلِّ شَيْءٍ مِثْلَيْهِ، وَصَلَّى بِيَ الْمَغْرِبَ حِينَ أَفْطَرَ الصَّائِمُ، وَصَلَّى بِيَ الْعِشَاءَ حِينَ مَضَى ثُلُثُ اللَّيْلِ، وَصَلَّى بِيَ الْغَدَاةَ بَعْدَ مَا أَسْفَرَ، ثُمَّ الْتَفَتَ إِلَيَّ فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ، الْوَقْتُ فِيمَا بَيْنَ هَذَيْنِ الْوَقْتَيْنِ هَذَا وَقْتُكَ وَوَقْتُ الْأَنْبِيَاءِ قَبْلَكَ " هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدَةَ وَفِي حَدِيثِ وَكِيعٍ: حَكِيمُ بْنُ حَكِيمِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ حُنَيْفٍ

Shahih Ibnu Khuzaimah 325: Ahmad bin Abduh Adh-Dhabbi mengabarkan kepada kami, Mughirah —maksudnya Ibnu Abdurrahman— mengabarkan kepada kami, dari Abdurrahman bin Al Harits bin Abdullah —ia adalah Ibnu Ayasy bin Abu Rabi'ah Az- Zuraqi— Ha’, Bundar menceritakan kepada kami, Abu Ahmad menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Ha’, Salam bin Junadah menceritakan kepada kami, Waqi' menceritakan kepada kami dari Sufyan dari Abdurrahman bin Al Harits bin Iyash bin Abu Rabiah. Ha' Waqi' berkata, Dari Az-Zuraqi dari Hakim bin Abbad bin Sahi bin Hunaif dari Nafi’ bin Jubair dari Ibnu Abbas, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jibril pernah menjadi imam atas diriku dua kali di baitullah. Lalu Jibril melaksanakan shalat Zhuhur bersamaku ketika matahari tergelincir seukuran tali sepatu. Jibril melaksanakan shalat Ashar denganku saat bayangan apa saja sama dengan bendanya. Jibril melaksanakan shalat Maghrib denganku ketika orang yang berpuasa berbuka puasa. Jibril melaksanakan shalat Isya denganku saat mega merah hilang. Jibril melaksanakan shalat Subuh ketika makanan dan minuman diharamkan bagi orang yang berpuasa (49-alif) lalu Jibril melaksanakan shalat Zhuhur denganku esok harinya ketika bayangan apa saja sama dengan bendanya. Kemudian Jibril melaksanakan shalat Ashar bersamaku ketika bayangan apa saja besarnya dua kali lipat dari bendanya lalu Jibril melaksanakan shalat Magrib bersamaku di saat orang yang berpuasa berbuka. Kemudian Jibril melaksanakan shalat Isya denganku ketika waktu sepertiga malam berlalu, lalu Jibril melaksanakan shalat Subuh denganku setelah awan menguning lalu Jibril menoleh kepadaku. Jibril berkata, “Wahai Muhammad! waktu shalat adalah waktu di antara dua waktu yang ada. Ini adalah waktu shalatmu dan waktu shalat para nabi sebelummu”442 Ini adalah redaksi hadits Ahmad bin Ubadah dalam hadits Waqi’ terdapat Hakim bin Hakim bin Abad bin Hunaif. Ungkapan Al Imam —Mudah-mudahan Allah merahmati— ditambahkan443 diakhir bab terdahulu pada akhir bab ini insya Allah.

Shahih Ibnu Khuzaimah #326

صحيح ابن خزيمة ٣٢٦: ا بُنْدَارُ بْنُ بَشَّارٍ، نا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ، حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَبِي أَيُّوبَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا صَلَّيْتُمُ الصُّبْحَ فَهُوَ وَقْتٌ إِلَى أَنْ يَطْلُعَ قَرْنُ الشَّمْسِ الْأَوَّلِ، فَإِذَا صَلَّيْتُمُ الظُّهْرَ فَهُوَ وَقْتٌ إِلَى أَنْ تُصَلُّوا الْعَصْرَ، فَإِذَا صَلَّيْتُمُ الْعَصْرَ فَهُوَ وَقْتٌ إِلَى أَنْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ، فَإِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ فَهُوَ وَقْتٌ إِلَى أَنْ يَغِيبَ الشَّفَقُ، فَإِذَا غَابَ الشَّفَقُ فَهُوَ وَقْتٌ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 326: Muadz bin Hisyam mengabarkan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku dari Qatadah dari Abu Ayub dari Abdullah bin Amr. Sesungguhnya Nabiyullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, “Apabila kalian melaksanakan shalat Subuh, maka itulah waktunya sampai bagian dari matahari yang pertama terbit. Apabila kalian melaksanakan shalat Zhuhur, maka itulah waktunya sampai kalian sampai pada waktu Ashar. Apabila kalian melaksanakan shalat Ashar, maka itulah waktunya hingga matahari berwarna kuning. Apabila matahari telah terbenam, maka itulah waktunya sampai mega merah menghilang. Apabila mega merah menghilang, maka itulah waktunya sampai pertengahan malam "444

Shahih Ibnu Khuzaimah #327

صحيح ابن خزيمة ٣٢٧: نا بُنْدَارُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، نا مَالِكُ بْنُ مِغْوَلٍ، عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ الْعَيْزَارِ، عَنْ أَبِي عَمْرٍو الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: «الصَّلَاةُ فِي أَوَّلِ وَقْتِهَا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 327: Bundar bin Basyar mengabarkan kepada kami, Utsman bin Umar menceritakan kepada kami, Malik bin Mighwal dari Al Walid bin Al ‘Aizar menceritakan kepada kami, dari Abu Amr Asy-Syaibani, dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: Aku pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Amalan yang paling utama?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, “Melaksanakan shalat di awal waktunya.”445

Shahih Ibnu Khuzaimah #328

صحيح ابن خزيمة ٣٢٨: نا بُنْدَارُ بْنُ بَشَّارٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، نا شُعْبَةُ، عَنِ الْمُهَاجِرِ أَبِي الْحَسَنِ، أَنَّهُ سَمِعَ زَيْدَ بْنَ وَهْبٍ يُحَدِّثُهُ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ: أَذَّنَ مُؤَذِّنُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَبْرِدْ أَبْرِدْ» ، أَوْ قَالَ: «انْتَظِرِ انْتَظِرْ» ، فَقَالَ: «إِنَّ شِدَّةَ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ، فَإِذَا اشْتَدَّ الْحَرُّ فَأَبْرِدُوا بِالصَّلَاةِ» قَالَ أَبُو ذَرٍّ: حَتَّى رَأَيْنَا فَيْءَ التُّلُولِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 328: Bundar bin Basysyar mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Ja’far mengabarkan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Al Muhajir Abu Al Hasan, sesungguhnya ia mendengar Zaid bin Wahab menceritakan hadits dari Abu Dzar, ia berkata: Seorang muadazin Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan adzan shalat Zhuhur, lalu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tunggulah teduh, tunggulah teduh” atau “tunggulah —hingga cuaca dingin—, tunggulah —hingga cuaca dingin—”, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya panas yang menyengat merupakan semburan (jilatan) dari neraka jahanam, apabila panas menyengat, maka tunggulah dalam melaksanakan shalat hingga cuaca teduh.”446

Shahih Ibnu Khuzaimah #329

صحيح ابن خزيمة ٣٢٩: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، وَأَحْمَدَ بْنِ عَبْدَةَ الضَّبِّيِّ قَالُوا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدٍ وَهُوَ ابْنُ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا اشْتَدَّ الْحَرُّ فَأَبْرِدُوا عَنِ الصَّلَاةِ فَإِنَّ شِدَّةَ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 329: Abdul Jabar bin Al Ala' mengabarkan kepada kami, dari Said bin Abdurrahman Al Makhzumi dan Ahmad bin Abdah Adh-Dhabbi, mereka berkata, Sufyan menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri dari Said -ia adalah Ibnu Al Musayyib (49-ba’) dari Abu Hurairah: Sesungguhnya nabi bersabda, "Apabila hawa panas menyengat, maka tangguhkanlah dari melaksanakan shalat hingga cuaca dingin (teduh), karena sesungguhnya panas yang menyengat adalah bagian dari semburan (jilatan) neraka jahanam .”447

Shahih Ibnu Khuzaimah #330

صحيح ابن خزيمة ٣٣٠: نا بُنْدَارُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ يَعْنِي الثَّقَفِيَّ، نا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ شِدَّةَ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ، فَأَبْرِدُوا الصَّلَاةَ فِي شِدَّةِ الْحَرِّ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 330: Bundar bin Basyar mengabarkan kepada kami, Abdul Wahab menceritakan kepada kami,-- Maksudnya adalah Atsaqafi – Ubaidillah bin Umar menceritakan kepada kami dari Nafi’ dari Ibnu Umar, dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda “Sesungguhnya panas yang menyengat adalah bagian dari sambaran (jilatan) neraka jahannam, maka tangguhkanlah –dari melaksanakan—shalat di saat hawa panas menyengat hingga cuaca menjadi teduh.448