كِتَابُ الصَّلَاةِ

Kitab Shalat

Shahih Ibnu Khuzaimah #451

صحيح ابن خزيمة ٤٥١: حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى الْقَزَّازُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ، حَدَّثَنَا دَاوُدُ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: خَلَتِ الْبِقَاعُ حَوْلَ الْمَسْجِدِ فَأَرَادَ بَنُو سَلِمَةَ قُرْبَ الْمَسْجِدِ فَبَلَغَ ذَلِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: «يَا بَنِي سَلِمَةَ أَرَدْتُمْ أَنْ تَحَوَّلُوا قُرْبَ الْمَسْجِدِ؟» فَقَالُوا: نَعَمْ، فَقَالَ: «يَا بَنِي سَلِمَةَ دِيَارَكُمْ تَكْتُبُ آثَارَكُمْ» قَالَهَا ثَلَاثَ مَرَّاتٍ «قَدْ خَرَّجْتُ بَابَ الْمَشْيِ إِلَى الْمَسَاجِدِ فِي كِتَابِ الْإِمَامَةِ بِتَمَامِهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 451: Imran bin Musa Al Qazzaz mengabarkan kepada kami, Abdul Warits menceritakan kepada kami, Daud menceritakan kepada kami dari Abu Nadhrah dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, “Aku mengosongkan kediaman di sekitar masjid, lalu Bani Salimah ingin bertempat tinggal didekat masjid, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lalu mendengar ini (rencana tersebut), kemudian beliau bersabda, 'Wahai Bani Salmah! kalian menginginkan untuk berpindah didekat masjid?' Mereka menjawab, ‘Yah!' lalu nabi bersabda, 'Wahai bani Salimah, kediamanmu akan menulis jejakmu.<' Hal tersebut dikemukakan tiga kali oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.”582 Aku telah meriwayatkan hadits pada bab berjalan menuju masjid, dalam pembahasan tentang Imamah secara total.

Shahih Ibnu Khuzaimah #452

صحيح ابن خزيمة ٤٥٢: نا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، نا أَبُو بَكْرٍ يَعْنِي الْحَنَفِيَّ، نا الضَّحَّاكُ وَهُوَ ابْنُ عُثْمَانَ، حَدَّثَنِي سَعِيدٌ الْمُقْرِئُ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيُسَلِّمْ عَلَى النَّبِيِّ، وَلْيَقُلِ: اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ، وَإِذَا خَرَجَ فَلْيُسَلِّمْ عَلَى النَّبِيِّ، وَلْيَقُلِ: اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 452: Muhammad bin Basyr mengabarkan kepada kami, Abu Bakar -- maksudnya adalah Al Hanafi mengabarkan kepada kami ia adalah Ibnu Utsman, Said Al Muqri menceritakan kepadaku dari Abu Hurairah; Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda "Apabila salah seorang dari kailan masuk ke dalam masjid, maka ucapkanlah salam kepada Nabi S A W dan berkatalah, Ya Allah bukalah untukku pintu rahmat-Mu dan apabila ia keluar, maka hendaklah mengucapkan salam kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan ucapkanlah 'Ya Allah lepaskanlah diriku dari syaitan yang terkutuk".583

Shahih Ibnu Khuzaimah #453

صحيح ابن خزيمة ٤٥٣: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، نا عَبْدُ الْعَزِيزِ يَعْنِي الدَّرَاوَرْدِيَّ، عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمِ بْنِ عَايِذٍ، عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ، عَنْ أَبِيهِ سَعْدٍ أَنَّ رَجُلًا جَاءَ إِلَى الصَّلَاةِ، وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي بِنَا فَقَالَ حِينَ انْتَهَى إِلَى الصَّفِّ: اللَّهُمَّ ائْتِنِي أَفْضَلَ مَا تُؤْتِي عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ، فَلَمَّا قَضَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةَ قَالَ: «مَنِ الْمُتَكَلِّمُ آنِفًا؟» قَالَ الرَّجُلُ: أَنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذًا تَعْقِرُ جَوَادَكَ وَتُسْتَشْهَدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 453: Ahmad bin Abdah mengabarkan kepada kami, Abdul Aziz —maksudnya adalah Ad-Darawardi—mengabarkan kepada kami dari Suhail bin Abu Shalih dari Muhammad bin Muslim bin Aid, dari Amir bin Sa'd bin Abu Waqas dan ayahnya; Sa'd, sesungguhnya seorang laki-laki pernah datang melaksanakan shalat, sementara Nabi melaksanakan shalat bersama kami, kemudian ketika ia sampai kepada barisan shalat, ia berdoa, “Ya Allah berikanlah aku sebaik apa yang engkau berikan pada hambamu yang shalih." Setelah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam selesai melaksanakan shalat, maka beliau bertanya “Siapa yang berbicara tadi” laki-laki tersebut menjawab, “Saya wahai Rasulullah!" lalu beliau bersabda, Apabila engkau terus-menerus melaksanakan (mengamalkan) bekalmu ini, maka engkau akan meninggal dunia di jalan Allah.” 584

Shahih Ibnu Khuzaimah #454

صحيح ابن خزيمة ٤٥٤: نا الْحَسَنُ بْنُ عِيسَى، نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، ح وَحَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ الْجُنَيْدِ، نا عِيسَى بْنُ يُونُسَ قَالَا: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ، حَدَّثَنِي سَعِيدٌ الْمَقْبُرِيُّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَجُلًا دَخَلَ الْمَسْجِدَ فَصَلَّى، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ الْحَدِيثَ، وَقَالَ: فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَأَسْبِغِ الْوُضُوءَ، ثُمَّ اسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ فَكَبِّرْ» ، وَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِطُولِهِ هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ ابْنِ نُمَيْرٍ

Shahih Ibnu Khuzaimah 454: Al Hasan bin Isa mengabarkan kepada kami, Abdullah bin Numair mengabarkan kepada kami, Ha’, dan Al Hasan bin Al Junaid menceritakan kepada kami, Isa bin Yunus mengabarkan kepada kami, keduanya berkata: Ubaidullah bin Umar menceritakan kepada kami, Sa'id Al Maqburi menceritakan kepadaku dari Abu Hurairah. Sesungguhnya seorang laki-laki masuk ke dalam masjid kemudian ia melaksanakan shalat lalu ia datang dan mengucapkan salam kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu ia menyebutkan hadits, dan ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepadanya, “Apabila engkau akan melaksanakan shalat, maka sempurnakanlah wudhu kemudian engkau menghadap kiblat lalu mengumandangkan takbir. ” Dan, ia menyebutkan hadits secara panjang lebar.586 Ini adalah redaksi hadits Ibnu Numair.

Shahih Ibnu Khuzaimah #455

صحيح ابن خزيمة ٤٥٥: نا يَحْيَى بْنُ حَبِيبِ بْنِ عَدِيٍّ الْحَارِثِيُّ، وَأَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ الضَّبِّيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيِّ قَالَ: سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ» زَادَ يَحْيَى بْنِ حَبِيبٍ: «وَإِنَّمَا لِامْرِئٍ مَا نَوَى»

Shahih Ibnu Khuzaimah 455: Yahya bin Hubaib bin Adi Al Haritsi dan Ahmad Ibnu Abdah Adh-Dhabbi mengabarkan kepada kami, keduanya berkata, Hamad bin Zaid menceritakan kepada kami dari Yahya bin Said dari Muhammad bin Ibrahim dari Alqamah bin Waqas Al-Laitsi, ia berkata, aku mendengar Umar bin Al Khaththab berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, (63-alif) “Sesungguhnya pekerjaan harus disertakan dengan niat.”587 Yahya bin Hubaib menambahkan, “Dan Sesungguhnya setiap orang sesuai dengan apa yang ia niatkan”

Shahih Ibnu Khuzaimah #456

صحيح ابن خزيمة ٤٥٦: نا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ، نا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، حَدَّثَنِي ابْنُ شِهَابٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ لِلصَّلَاةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى تَكُونَا بِحَذْوِ مَنْكِبَيْهِ، ثُمَّ كَبَّرَ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ، فَإِذَا رَفَعَ مِنَ الرُّكُوعِ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ، وَلَا يَفْعَلُهُ حِينَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُودِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 456: Muhammad bin Rafi' mengabarkan kepada kami, Abdur-Razaq mengabarkan kepada kami, Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami, Ibnu Syihab menceritakan kepadaku dari Salim bin Abdullah, sesungguhnya Ibnu Umar berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila melakukan ahalat, beliau mengangkat kedua tangannya sampai kedua tangannya hingga di atas pundaknya lalu membaca takbiratui ihram. Apabila beliau hendak melakukan ruku’, maka beliau melakukan hal yang sama, apabila bangun dari ruku', maka beliau melakukan hal yang sama dan beliau tidak melakukan saat mengangkat kepala ketika bangun dari sujud.” 588

Shahih Ibnu Khuzaimah #457

صحيح ابن خزيمة ٤٥٧: نا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، نا سُفْيَانُ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ «صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابِهِ فَرَأَيْتُهُمْ يَرْفَعُونَ أَيْدِيَهُمْ فِي الْبَرَانِسِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 457: Said bin Abdurrahman Al Makhzumi mengabarkan kepada kami, Sufyan mengabarkan kepada kami dari Ashim bin Kulaib dari ayahnya dari Wail bin Hujr, ia berkata, "Aku pernah melaksanakan shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Aku melihat mereka mengangkat tangan mereka di dalam baju mantel.” 589

Shahih Ibnu Khuzaimah #458

صحيح ابن خزيمة ٤٥٨: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ، نا مَا لَا أُحْصِي مِنْ مَرَّةٍ إِمْلَاءً وَقِرَاءَةً قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ الْيَمَانِ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ سَمْعَانَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ «يَنْشُرُ أَصَابِعَهُ فِي الصَّلَاةِ نَشْرًا» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: قَدْ كَانَ مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ قَبْلَ رِحْلَتِنَا إِلَى الْعِرَاقِ حَدَّثَنَا بِهَذَا الْحَدِيثِ عَنْهُ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ أَبُو سَعِيدٍ الْكِنْدِيُّ غَيْرُ أَنَّهُ قَالَ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ نَشَرَ أَصَابِعَهُ نَشْرًا

Shahih Ibnu Khuzaimah 458: Abdullah bin Said Al Asyaj mengabarkan kepada kami, kami diceritakan dengan hadits-hadits yang tidak dapat kami hitung berapa jumlahnya, baik berupa tulisan atau bacaan, ia berkata, Yahya bin Al Yaman menceritakan kepada kami dari Ibnu Abu Di'b dari Said bin Sam’an dari Abu Hurairah, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memekarkan jari-jarinya di dalam shalat.” 590 Abu Bakar berkata, “Muhammad bin Rafi, sebelum kita pergi ke Irak, menceritakan kepada kami dengan hadits ini, ia berkata, 'Abdullah bin Sa'id Al Asyaj Abu Said Al Kindi menceritakan kepada kami. Hanya saja Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila melaksanakan shalat, maka ia memekarkan jari-jarinya.

Shahih Ibnu Khuzaimah #459

صحيح ابن خزيمة ٤٥٩: نا يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ، نا أَبُو عَامِرٍ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ سَمْعَانَ قَالَ: دَخَلَ عَلَيْنَا أَبُو هُرَيْرَةَ مَسْجِدَ بَنِي وُرَيْقٍ قَالَ: " ثَلَاثٌ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُ بِهِنَّ، تَرَكَهُنَّ النَّاسُ، كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ قَالَ: هَكَذَا، وَأَشَارَ أَبُو عَامِرٍ بِيَدِهِ وَلَمْ يُفَرِّجْ بَيْنَ أَصَابِعِهِ، وَلَمْ يَضُمَّهَا، وَقَالَ: هَكَذَا أَرَانَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ " قَالَ أَبُو بَكْرٍ: وَأَشَارَ لَنَا يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ وَرَفَعَ يَدَيْهِ، فَفَرَّجَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ تَفْرِيجًا لَيْسَ بِالْوَاسِعِ، وَلَمْ يَضُمَّ بَيْنَ أَصَابِعِهِ، وَلَا بَاعَدَ بَيْنَهُمَا، رَفَعَ يَدَيْهِ فَوْقَ رَأْسِهِ مَدًّا، وَكَانَ يَقِفُ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ هُنَيَّةً يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى مِنْ فَضْلِهِ، وَكَانَ يُكَبِّرُ فِي الصَّلَاةِ كُلَّمَا سَجَدَ وَرَفَعَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: هَذِهِ الشَّبَكَةُ شَبَكَةٌ سَمِجَةٌ بِحَالٍ، مَا أَدْرِي مِمَّنْ هِيَ، وَهَذِهِ اللَّفْظَةُ إِنَّمَا هِيَ: رَفَعَ يَدَيْهِ مَدًّا، لَيْسَ فِيهِ شَكٌّ وَلَا ارْتِيَابٌ أَنْ يَرْفَعَ الْمُصَلِّي يَدَيْهِ عِنْدَ افْتِتَاحِ الصَّلَاةِ فَوْقَ رَأْسِهِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 459: Yahya bin Hakim mengabarkan kepada kami, Abu Amir mengabarkan kepada kami, Ibnu Abu Di’b menceritakan kepada kami, dari Said bin Sam'an, ia berkata, “Abu Hurairah pernah menemui kami di masjid Bani Wuraiq, ia berkata, Tiga hal yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sementara manusia meninggalkannya. Rasulullah apabila ingin melaksanakan shalat, beliau berkata begini —Abu Amir memberikan isyarat dengan tangannya, di mana ia tidak memekarkan terlalu lebar jari-jarinya dan tidak merapatkannya—, lalu Abu Hurairah berkata, Demikianlah Ibnu Abu Di'b memperlihatkan kepada kami, Abu Bakar berkata, Yahya bin Hakim memberikan isyarat kepada kami, dan ia mengangkat kedua tangannya lalu ia memekarkan jari-jarinya dengan tidak terlalu luas serta tidak merapatkannya dan tidak menjauhkannya. la mengangkat kedua tangannya di atas kepalanya dengan meninggikan serta berdiam diri sebentar sebelum membaca Al Fatihah memohon kepada Allah dengan kemuliaan-Nya lalu mengumandangkan takbir di dalam pelaksanaan shalat di setiap sujud dan rukunya. 591 Abu Bakar berkata, “Merapatkan tangan ini berupa perapatan tangan yang buruk seketika itu. Aku tidak tahu hal tersebut berasal dari siapa. Yang dimaksudkan dari redaksi ini adalah mengangkat tangan tinggi-tinggi, di mana tidak diragukan lagi di dalamnya bahwa seseorang yang melaksanakan shalat mengangkat kedua tangannya berada di atas kepala saat memulai shalat.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #460

صحيح ابن خزيمة ٤٦٠: نا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، ح وَحَدَّثَنَا الْبِسْطَامِيُّ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ سَمْعَانَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ قَالَا: «رَفَعَ يَدَيْهِ مَدًّا وَلَمْ يُشَبِّكَا» ، وَلَيْسَ فِي حَدِيثِهِمَا قِصَّةُ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ أَنَّهُ أَرَاهُمْ صِفَةَ تَفْرِيجِ الْأَصَابِعِ أَوْ ضَمَّهَا

Shahih Ibnu Khuzaimah 460: Bundar mengabarkan kepada kami, Yahya dari Ibnu Abu Di'b mengabarkan kepada kami, Ha', Al Bisthami menceritakan kepada kami, Ibnu Abu Fudaik menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abu Di'b dari Said bin Sam’an dari Abu Hurairah, Kemudian ia menyebutkan hadits. Keduanya berkata, "Nabi mengangkat tangan tinggi-tinggi dan tidak merapatkan tangannya.” Dalam hadits keduanya tidak ada kisah Ibnu Abu Di'b, bahwa beliau memperlihatkan bentuk pemekaran atau perapatan jari-jari. 592 Abu Bakar berkata "Ini adalah hadits Bundar"