كِتَابُ الصَّلَاةِ

Kitab Shalat

Shahih Ibnu Khuzaimah #431

صحيح ابن خزيمة ٤٣١: نا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ عَبْدِ الصَّمَدِ، حَدَّثَنِي أَبِي، نا حَمَّادٌ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانُوا يُصَلُّونَ نَحْوَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ فَذَكَرَ نَحْوَهُ، وَزَادَ وَاعْتَدَّوْا بِمَا مَضَى مِنْ صَلَاتِهِمْ

Shahih Ibnu Khuzaimah 431: Abdul Warits bin Abdush-Shamad mengabarkan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, Hamad menceritakan kepadaku dari Tsabit dari Anas, ia berkata, “Mereka melakukan ibadah shalat menghadap Baitul Maqdis.” Lalu ia mengemukakan hadits sejenis dan menambahkan, “Di mana mereka menghitung shalat yang telah dilewatinya.”561

Shahih Ibnu Khuzaimah #432

صحيح ابن خزيمة ٤٣٢: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ: أَخْبَرَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا دَخَلَ الْبَيْتَ دَعَا فِي نَوَاحِيهِ كُلِّهَا وَلَمْ يُصَلِّ فِيهِ حَتَّى خَرَجَ مِنْهُ، فَلَمَّا خَرَجَ رَكَعَ رَكْعَتَيْنِ فِي قُبُلِ الْكَعْبَةِ، وَقَالَ: «هَذِهِ الْقِبْلَةُ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 432: Muhammad bin Yahya mengabarkan kepada kami, Abdur-Razaq mengabarkan kepada kami, Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami dari Atha’ ia berkata, Aku mendengar Ibnu Abbas berkata, Usamah bin Zaid mengabarkan kepadaku, “Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam saat memasuki baitullah, beliau berdoa di seluruh sisinya, dan beliau melaksanakan shalat dua rakaat (61-ba’) di hadapan ka’bah dan beliau bersabda, “ini adalah kiblat. ”563

Shahih Ibnu Khuzaimah #433

صحيح ابن خزيمة ٤٣٣: وَفِي خَبَرِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ: ثُمَّ صُرِفْنَا نَحْوَ الْكَعْبَةِ وَقَالَ إِسْرَائِيلُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَرَاءِ: ثُمَّ وُجِّهَ إِلَى الْكَعْبَةِ، وَكَانَ يُحِبُّ أَنْ يُوَجَّهَ إِلَى الْكَعْبَةِ ناه سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ إِسْرَائِيلَ

Shahih Ibnu Khuzaimah 433: Dalam hadits Al Barra' bin Azib dikatakan, “Kemudian kami dipalingkan untuk menghadap ka’bah”. 564 Israil berkata, dari Abu Ishaq dari Al Barra', “Kemudian beliau menghadapkan dirinya menuju ka’bah dan beliau ingin menghadapkan wajahnya kepada ka’bah.” Salam bin Junadah mengabarkan kepada kami, Waqi' menceritakan kepada kami dari Israil.

Shahih Ibnu Khuzaimah #434

صحيح ابن خزيمة ٤٣٤: وَفِي خَبَرِ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ: أَلَا إِنَّ الْقِبْلَةَ قَدْ حُوِّلَتْ إِلَى الْكَعْبَةِ، وَهَكَذَا قَالَ عُثْمَانُ بْنُ سَعْدٍ الْكَاتِبُ، عَنْ أَنَسٍ إِذْ صُرِفَ إِلَى الْكَعْبَةِ، ناه عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِسْحَاقَ الْجَوْهَرِيُّ، أَخْبَرَنَا أَبُو عَاصِمٍ، نا عُثْمَانُ بْنُ سَعْدٍ، حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ: صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ أَشْهُرًا، فَبَيْنَمَا هُوَ ذَاتَ يَوْمٍ يُصَلِّي الظُّهْرَ، صَلَّى رَكْعَتَيْنِ إِذْ صُرِفَ إِلَى الْكَعْبَةِ، فَقَالَ السُّفَهَاءُ {مَا وَلَّاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا} [البقرة: 142] "

Shahih Ibnu Khuzaimah 434: Dalam hadits Tsabit, dari Anas, “Ingatlah! sesungguhnya arah kiblat telah berpindah menghadap ka’bah. Demikianlah Utsman bin Sa'ad Al Kathib mengatakan dari Anas, karena arah qiblat telah dipalingkan ke arah ka’bah. Abdullah bin Ishaq Al Jauhari mengabarkan kepada kami, Abu Ashim mengabarkan kepada kami, Utsman bin Sa'ad mengabarkan kepada kami, Anas bin Malik menceritakan kepada kami, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pemah melaksanakan shalat menghadap Baitul Maqdis beberapa bulan. Pada suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pemah melaksanakan shalat Zhuhur dua rakaat, tiba-tiba —arah qiblat— dipalingkan ke arah ka’bah, lalu orang-orang bodoh berkata, 'Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?'. ” 565

Shahih Ibnu Khuzaimah #435

صحيح ابن خزيمة ٤٣٥: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِسْحَاقَ الْجَوْهَرِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ أَهْلَ قُبَاءَ كَانُوا يُصَلُّونَ قِبَلَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ فَأَتَاهُمْ آتٍ فَقَالَ: «إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَزَلَ عَلَيْهِ الْقُرْآنُ وَتَوَجَّهَ إِلَى الْكَعْبَةِ فَاسْتَقْبِلُوهَا، فَاسْتَدَارُوا كَمَا هُمْ» وَفِي خَبَرِ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: لَمَّا وُجِّهَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْكَعْبَةِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 435: Abdullah bin Ishaq Al Jauhari mengabarkan kepada kami, Abu Ashim menceritakan kepada kami, Malik bin Anas menceritakan kepada kami, Abdullah bin Dinar menceritakan kepadaku dari Ibnu Umar. Sesungguhnya penduduk Kuba melaksanakan shalat menghadap Baitul Maqdis, kemudian ada seseorang datang pada mereka, lalu ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah, diturunkan Al Qur'an padanya, beliau menghadap ka’bah, mereka lalu menghadap, kemudian berputar.” 566 Hal ini sebagaimana telah disebutkan dalam hadits Ikrimah dari Ibnu Abbas, “Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menghadapkan wajahnya kepada ka’bah.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #436

صحيح ابن خزيمة ٤٣٦: وَفِي خَبَرِ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: ثُمَّ صُرِفَ إِلَى الْكَعْبَةِ، وَفِي خَبَرِ ثُمَامَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ أَنَسٍ جَاءَ مُنَادِي رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ الْقِبْلَةَ قَدْ حُوِّلَتْ إِلَى الْكَعْبَةِ» قَدْ خَرَّجْتُ هَذِهِ الْأَخْبَارَ كُلَّهَا فِي كِتَابِ الصَّلَاةِ الْكَبِيرِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: فَدَلَّتْ هَذِهِ الْأَخْبَارُ كُلُّهَا عَلَى أَنَّ الْقِبْلَةَ إِنَّمَا هِيَ الْكَعْبَةُ وَفِي خَبَرِ أَبِي حَازِمٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ: انْطَلَقَ رَجُلٌ إِلَى أَهْلِ قُبَاءَ فَقَالَ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ أُمِرَ أَنْ يُصَلِّيَ إِلَى الْكَعْبَةِ وَفِي خَبَرِ عُمَارَةَ بْنِ أَوْسٍ قَالَ: فَأَشْهَدُ عَلَى إِمَامِنَا أَنَّهُ تَوَجَّهَ هُوَ وَالرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ نَحْوَ الْكَعْبَةِ، وَفِي خَبَرِ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: لَمَّا وُجِّهَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْكَعْبَةِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 436: Dalam khabar Mujahid dari Ibnu Abbas, “Kemudian Nabi memalingkan ke arah ka’bah.” 567 Dan, di dalam hadits Tsumamah bin Abdullah dari Anas dikatakan, “Seorang muadzin Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam datang, lalu beliau bersabda, ''Sesungguhnya arah kiblat telah berpindah ke arah Ka’bah'” Aku telah meriwayatkan hadits-hadits ini semuanya dalam bab shalat dalam kitab Al Kabir. Abu Bakar berkata, “Hadits-hadits ini semuanya menunjukkan bahwa kiblat adalah ka’bah.” Dalam hadits Abu Hazm dari Sahi bin Saad dikatakan, "Seorang laki-laki pergi menemui penduduk Kuba, lalu ia berkata, 'Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah memerintahkan untuk shalat menghadap Ka’bah'.” Dalam hadits Imarah bin Aus, ia berkata, “Maka aku bersaksi atas pemimpin kita; bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kaum laki dan perempuan telah menghadap568 Ka’bah.” Dalam hadits Ikrimah dari Ibnu Abbas, “Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menghadap ke arah kiblat”

Shahih Ibnu Khuzaimah #437

صحيح ابن خزيمة ٤٣٧: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا أَحْمَدُ بْنُ خَالِدٍ الْوَهْبِيُّ، نا شَرِيكٌ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَرَاءِ قَالَ: «صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ سِتَّةَ عَشَرَ شَهْرًا» فَذَكَرَ الْحَدِيثَ قَالَ: قَالَ الْبَرَاءُ: وَالشَّطْرُ فِينَا قِبَلَهُ

Shahih Ibnu Khuzaimah 437: Muhammad bin Yahya mengabarkan kepada kami, Ahmad bin Khalid Al Wahbi mengabarkan kepada kami, Syarik mengabarkan kepada kami dari Abu Ishaq dari Al Barra', ia berkata, "Aku pernah melaksanakan shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menghadap Baitul Maqdis selama enam bulan, lalu ia menyebutkan hadits.” 569 Ia berkata, “Al Barra berkata, ‘Asyathr berarti menghadapkannya'.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #438

صحيح ابن خزيمة ٤٣٨: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، نا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرٍو وَهُوَ ابْنُ دِينَارٍ قَالَ قَرَأَ ابْنُ عَبَّاسٍ: " أَنُلْزِمُكُمُوهَا مِنْ شَطْرِ أَنْفُسِنَا: مِنْ تِلْقَاءِ أَنْفُسِنَا " قَدْ خَرَّجْتُ هَذَا الْبَابَ بِتَمَامِهِ فِي كِتَابِ التَّفْسِيرِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 438: Abdul Jabar bin Al Ala' menceritakan kepada kami, Sufyan dari Amr —Ia adalah Ibnu Dinar- menceritakan kepada kami, “Ibnu Abbas membaca, 'Anulzimukumuha (Apakah kami mengharuskannya) min Syathri Anjusina' Maksudnya dari hadapan diri kami.' Aku telah meriwayatkan hadits yang ada dalam bab ini secara sempurna di dalam kitab tafsir.

Shahih Ibnu Khuzaimah #439

صحيح ابن خزيمة ٤٣٩: نا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى الْقَزَّازُ، نا عَبْدُ الْوَارِثِ، نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ أُمَيَّةَ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى الْمَسْجِدَ كَانَ فِي صَلَاةٍ حَتَّى يَرْجِعَ فَلَا يَقُلْ هَكَذَا، وَشَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 439: Imran bin Musa Al Qazzaz mengabarkan kepada kami, Abdul Warits mengabarkan kepada kami, Ismail bin Umayyah mengabarkan kepada kami dari Sa’id Al Maqburi dari Abu Hurairah, ia berkata : Abu Al-Qasim shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda “Apabila salah seorang dari kalian berwudhu di rumahnya kemudian ia mendatangi masjid, ma ia telah berada di dalam shalat (mendapatkan pahala shalat) hingga ia kembali. Di sini seseorang tidak boleh berkata begini dan mengait-ngaitkan jemarinya.”570

Shahih Ibnu Khuzaimah #440

صحيح ابن خزيمة ٤٤٠: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ هَاشِمٍ، نا يَحْيَى هُوَ ابْنُ سَعِيدٍ، عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، نا سَعِيدٌ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِكَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ: «إِذَا تَوَضَّأْتَ ثُمَّ دَخَلْتَ الْمَسْجِدَ فَلَا تُشَبِّكَنَّ بَيْنَ أَصَابِعِكَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 440: Abdullah bin Hasyim mengabarkan kepada kami, Yahya —ia adalah Ibnu Said— mengaharkan kepada kami, dari Ibnu Ajian, Said mengabarkan kepada kami, dari Abu Hurairah: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada Ka’ab bin Ujrah, “Apabila kamu telah berwudhu kemudian masuk ke dalam masjid, maka janganlah mengait-kaitkan jemarimu.” 571