المستدرك ٢٨١: أَخْبَرَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ الْفَاكِهِيُّ، بِمَكَّةَ، ثنا أَبُو يَحْيَى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي مَسَرَّةَ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْوَلِيدِ الْأَزْرَقِيُّ، ثنا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي حُسَيْنٍ، عَنِ ابْنِ سَابِطٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُونٍ الْأَوْدِيِّ، قَالَ: قَامَ فِينَا مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ، فَقَالَ: «يَا بَنِي أَوْدٍ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، تَعْلَمُونَ الْمَعَادَ إِلَى اللَّهِ، ثُمَّ إِلَى الْجَنَّةِ أَوْ إِلَى النَّارِ، وَإِقَامَةٌ لَا ظَعْنَ فِيهِ، وَخُلُودٌ لَا مَوْتٌ فِي أَجْسَادٍ لَا تَمُوتُ» هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحُ الْإِسْنَادِ رُوَاتُهُ مَكِّيُّونَ، وَمُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ الزِّنْجِيُّ إِمَامُ أَهْلِ مَكَّةَ وَمُفْتِيهِمْ إِلَّا أَنَّ الشَّيْخَيْنِ قَدْ نَسَبَاهُ إِلَى أَنَّ الْحَدِيثَ لَيْسَ مِنْ صَنَعْتِهِ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ "
Al Mustadrak 281: Abu Muhammad Abdullah bin Muhammad bin Ishaq Al Fakihi mengabarkan kepada kami di Makkah, Abu Yahya Abdullah bin Ahmad bin Abu Maisarah menceritakan kepada kami, Ahmad bin Muhammad bin Al Walid Al Azraqi menceritakan kepada kami, Muslim bin Khalid menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Abdurrahman bin Abu Husain, dari Ibnu Sabith, dari Amr bin Maimun Al Audi, dia berkata: Mu'adz bin Jabal berdiri di tengah- tengah kami dan berkata, ''Wahai anakku, aku berkeinginan. Sesungguhnya aku adalah utusan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Kalian tahu, bahwa tempat kembali hanya kepada Allah, kemudian ke surga atau ke neraka, tempat tinggal yang tidak berpindah-pindah, kekal dan tidak akan pernah mati, dalam jasad-jasad yang tidak pernah mati?' Hadits ini sanadnya shahih. Para periwayatnya orang-orang Makkah. Muslim bin Khalid Az-Zanji adalah imam dan Mufti penduduk Makkah. Hanya saja, Al Bukhari dan Muslim menyatakan bahwa hadits ini bukanlah riwayatnya.
المستدرك ٢٨٢: حَدَّثَنَا عَبْدَانُ بْنُ يَزِيدَ الدَّقَّاقُ، بِهَمْدَانَ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثنا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ، ثنا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ، وَأَبِي عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ، عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ، عَنْ أَبِي مُوسَى، فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ {وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ} [الرحمن: 46] قَالَ: «جَنَّتَانِ مِنْ ذَهَبٍ لِلسَّابِقِينَ، وَجَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ لِلتَّابِعِينَ» هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ هَكَذَا «. إِنَّمَا خَرَّجَاهُ مِنْ حَدِيثِ الْحَارِثِ بْنِ عُبَيْدٍ، وَعَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عَبْدِ الصَّمَدِ، عَنْ أَبِي عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ، عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي مُوسَى، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ» جَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ " الْحَدِيثَ، وَلَيْسَ فِيهِ ذِكْرُ السَّابِقِينَ وَالتَّابِعِينَ. سَمِعْتُ أَبَا الْحَسَنِ عَلِيَّ بْنَ عُمَرَ الْحَافِظَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا الْفَضْلِ الْوَزِيرَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ مَأْمُونَ الْمِصْرِيَّ، يَقُولُ: قُلْتُ لِأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ النَّسَائِيِّ: لِمَ تَرَكَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدِيثَ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ؟، فَقَالَ: «وَاللَّهِ إِنَّ حَمَّادَ بْنَ سَلَمَةَ أَخْيَرُ وَأَصْدَقُ مِنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي أُوَيْسٍ» ، وَذَكَرَ حِكَايَةً طَوِيلَةً شَبِيهَةً بِالِاسْتِبْدَالِ بِالْحَارِثِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنْ حَمَّادٍ
Al Mustadrak 282: Abdan bin Yaziz Ad-Daqqaq menceritakan kepada kami di Hamdan, Ibrahim bin Al Husain menceritakan kepada kami, Adam bin Abu Iyas menceritakan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami dari Tsabit Al Bunani dan Abu Imran Al Jauni, dari Abu Bakar bin Abu Musa Al Asy'ari, dari Abu Musa, tentang firman Allah Azza wa Jalla (surah Ar-Rahmaan ayat 46), "Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga," dia berkata, ''Maksudnya adalah dua surga yang terbuat dari emas bagi orang-orang terdahulu, dan dua surga yang terbuat dari perak untuk orang-orang yang mengikuti.' Sanad ini shahih, sesuai syarat Muslim, tapi Al Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya dengan redaksi ini. Keduanya hanya meriwayatkannya dari hadits Al Harits bin Ubaid dan Abdul Aziz bin Abdushshamad dari Abu Imran Al Jauni, dari Abu Bakar bin Abu Musa, dari ayahnya, dari Nabi "Dua surga dari perak." Di dalam hadits tersebut tidak disebutkan orang-orang terdahulu dan orang-orang yang mengikuti. Aku mendengar Abu Al Hasan Ali bin Umar Al Hafizh berkata: Aku mendengar Abu Al Fadhl Al Wazir berkata: Aku mendengar Ma'mun Al Mishri berkata: Aku bertanya kepada Abu Abdurrahman An-Nasa'i, ''Mengapa Muhammad bin Ismail meninggalkan hadits Hammad bin Salamah?' Dia menjawab, ''Demi Allah, sesungguhnya Hammad bin Salamah lebih dipilih dan lebih benar daripada Ismail bin Abu Uwais.' Dia lalu menyebutkan haditsnya yang serupa dengan menggantinya dengan Al Harits bin Ubaid dari Hammad.
المستدرك ٢٨٣: حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَلِيٍّ الْجَوْهَرِيُّ، بِمَرْوَ، مِنْ أَصْلِ كِتَابِهِ، ثنا يَحْيَى بْنُ سَاسَوَيْهِ بْنِ عَبْدِ الْكَرِيمِ، ثنا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ، ثنا ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «يَوْمُ الْقِيَامَةِ كَقَدْرِ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحُ الْإِسْنَادِ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ إِنْ كَانَ سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ حَفِظَهُ عَلَى أَنَّهُ ثِقَةٌ مَأْمُونٌ»
Al Mustadrak 283: Abdullah bin Amr bin Ali Al Jauhari menceritakan kepada kami di Marwa dari kitab aslinya, Yahya bin Sasawaih bin Abdul Karim menceritakan kepada kami, Suwaid bin Nashr menceritakan kepada kami, Ibnu Al Mubarak menceritakan kepada kami dari Ma'mar, dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, 'Hari Kiamat bagaikan jarak antara waktu Zhuhur dengan waktu Ashar' Sanad hadits ini shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim. Suwaid bin Nashr menghapalnya, dan dia memang periwayat yang tsiqah ma'mun.
المستدرك ٢٨٤: فَقَدْ أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَلِيمٍ، أَنْبَأَ أَبُو الْمُوَجَّهِ، أَنْبَأَ عَبْدَانُ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: «يَوْمُ الْقِيَامَةِ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كَقَدْرِ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ»
Al Mustadrak 284: Al Hasan bin Muhammad bin Halim mengabarkan kepada kami, Abu Al Muwajjih memberitakan (kepada kami), Abdan memberitakan (kepada kami), Ubaidillah bin Ma'mar menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, dari Abu Hurairah, dia berkata, 'Hari Kiamat bagi orang-orang mukmin adalah seperti jarak antara waktu Zhuhur dengan waktu Ashar.'
المستدرك ٢٨٥: حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، ثنا السَّرِيُّ بْنُ خُزَيْمَةَ، ثنا أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدُ اللَّهِ بْنِ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ، وَأَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْقَطِيعِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِي أَبِي، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ، ثنا سَعِيدُ بْنُ أَيُّوبَ، أَخْبَرَنِي أَبُو صَخْرٍ، عَنْ نَافِعٍ، قَالَ: كَانَ لِابْنِ عُمَرَ صَدِيقٌ مِنْ أَهْلِ الشَّامِ يُكَاتِبُهُ، فَكَتَبَ إِلَيْهِ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ، أَنَّهُ بَلَغَنِي أَنَّكَ تَكَلَّمْتَ فِي شَيْءٍ مِنَ الْقَدْرِ فَإِيَّاكَ أَنْ تُكْتَبَ إِلَيَّ، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ: «إِنَّهُ سَيَكُونُ فِي أُمَّتِي أَقْوَامٌ يُكَذِّبُونَ بِالْقَدَرِ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ، فَقَدِ احْتَجَّ بِأَبِي صَخْرٍ حُمَيْدِ بْنِ زِيَادٍ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ»
Al Mustadrak 285: Abu Ja'far Muhammad bin Shalih bin Hani menceritakan kepada kami, As-Sari bin Khuzaimah menceritakan kepada kami, Abu Abdurrahman Abdullah bin Yazid Al Muqri' menceritakan kepada kami. Ahmad bin Ja'far Al Qathi'i menceritakan kepada kami, Abdullah bin Ahmad bin Hanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, Abdullah bin Yazid menceritakan kepada kami, Sa'id bin Ayyub menceritakan kepada kami, Abu Shakhr memberitakan kepadaku dari Nafi, dia berkata: Ibnu Umar mempunyai teman orang Syam yang sering dikirimi surat. Abdullah bin Umar lalu menulis surat kepadanya (yang isinya), "Sampai kepadaku berita bahwa engkau membahas sesuatu tentang takdir, Berhati-hatilah, jangan sampai kamu menulis kepadaku, karena aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya akan ada pada umatku orang-orang yang mendustakan takdir'." llndits ini shahih sesuai syarat Muslim. Humaid bin Ziyad berhujjah dengan Abu Shakhr, tapi Al Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya.
المستدرك ٢٨٦: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ سَلْمَانَ بْنِ الْحَسَنِ الْفَقِيهُ إِمْلَاءً، ثنا أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الْأَشْعَثِ، ثنا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، ثنا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «الْقَدَرِيَّةُ مَجُوسُ هَذِهِ الْأُمَّةِ إِنْ مَرِضُوا فَلَا تَعُودُوهُمْ، وَإِنْ مَاتُوا فَلَا تَشْهَدُوهُمْ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، إِنْ صَحَّ سَمَاعُ أَبِي حَازِمٍ، مِنِ ابْنِ عُمَرَ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ وَشَاهِدُهُ
Al Mustadrak 286: Abu Bakar Ahmad bin Salman bin Al Hasan Al Faqih menceritakan kepada kami secara imla', Abu Daud Sulaiman bin Al Asy'uts menceritakan kepada kami, Musa bin Ismail menceritakan kepada kami, Abdul Aziz bin Abu Hazim menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Ibnu Umar, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Qadariyah adalah majusi umat Ini, Jika mereka sakit, janganlah kalian jenguk dan Jika mereka mati janganlah kalian saksikan mereka (jangan melayat dan jangan mengiring jenazahnya).' Hadits ini shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim, jika memang benar Abu Hazim pernah mendengar hadits dari Ibnu Umar. Keduanya juga tidak meriwayatkannya. Syahid hadits ini adalah:
المستدرك ٢٨٧: حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ بَكْرُ بْنُ مُحَمَّدِ الصَّيْرَفِيُّ، بِمَرْوَ، ثنا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ الْفَضْلِ الْبَلْخِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ، حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي أَيُّوبَ، حَدَّثَنِي عَطَاءُ بْنُ دِينَارٍ، حَدَّثَنِي حَكِيمُ بْنُ شَرِيكٍ الْهُذَلِيُّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ مَيْمُونٍ الْحَضْرَمِيُّ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «لَا تُجَالِسُوا أَهْلَ الْقَدْرِ، وَلَا تُفَاتِحُوهُمْ» هَذَا آخِرُ كِتَابِ الْإِيمَانِ
Al Mustadrak 287: Hadits yang diceritakan kepada kami oleh Abu Ahmad Bakar bin Muhammad Ash-Shairafi di Marwa, Abdush- Shamad bin Al Fadhl Al Balkhi menceritakan kepada kami, Abdullah bin Yazid Al Muqri menceritakan kepada kami, Sa'id bin Abu Ayyub menceritakan kepadaku, Atha bin Dinar menceritakan kepadaku, Hakim bin Syarik Al Hudzali menceritakan kepadaku dari Yahya bin Maimun Al Hadhrami, dari Rabi'ah Al Jurasyi, dari Abu Hurairah, dari Umar bin Khaththab radliyallahu 'anhuma, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, 'Janganlah kalian duduk-duduk dengan kaum (pengingkar) takdir dan janganlah kalian memulai pembicaraan dengan mereka."
المستدرك ٢٨٨: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ الْمِصْرِيُّ، أَنْبَأَ ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي أَبُو يَحْيَى فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْخُزَاعِيُّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مَعْمَرٍ الْأَنْصَارِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ لَا يَتَعَلَّمُهُ إِلَّا لَيُصِيبَ بِهِ غَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ سَنَدُهُ، ثِقَاتٌ رُوَاتُهُ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ، وَقَدْ أَسْنَدَهُ وَوَصَلَهُ عَنْ فُلَيْحٍ جَمَاعَةٌ غَيْرُ ابْنِ وَهْبٍ»
Al Mustadrak 288: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya’qub menceritakan kepada kami, Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakim Al Mishri memberitakan (kepada kami), Ibnu Wahab memberitakan (kepada kami), Abu Yahya Fulaih bin Sulaiman Al Khuza’i menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar Al Anshari, dari Sa’id bin Yasar, dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, ”Barangsiapa mempelajari ilmu agar bisa mendapatkan keridhaan Allah, tapi dia tidak mempelajarinya kecuali untuk tujuan duniawi, maka dia tidak akan mencium bau surga pada Hari Kiamat." Hadits ini shahih dan sanadnya tsiqah. Para periwayatnya sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim, tapi keduanya tidak meriwayatkannya. Segolongan periwayat selain Ibnu Wahab telah meriwayatkannya dari Fulaih secara musnad dan maushul.
المستدرك ٢٨٩: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، أَنْبَأَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ زِيَادٍ السَّرِيُّ، وَحدثنا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَوْهَرِيُّ، بِبَغْدَادَ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْهَيْثَمِ الْبَلَدِيُّ، وَأَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ السَّيَّارِيُّ، وَالْحَسَنُ بْنُ حَلِيمٍ، بِمَرْوَ، قَالَا: ثنا أَبُو الْمُوَجِّهِ، قَالُوا: ثنا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ الْمَكِّيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا فُلَيْحٌ، عَنْ أَبِي طُوَالَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ لَا يَتَعَلَّمُهُ إِلَّا لَيُصِيبَ بِهِ غَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ» . قَالَ فُلَيْحٌ: وَعَرْفُهَا رِيحُهَا، وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الْحَدِيثُ بِإِسْنَادَيْنِ صَحِيحَيْنِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ وَكَعْبِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ
Al Mustadrak 289: Abu Bakar bin Ishaq Al Faqih menceritakan kepada kami, Al Hasan bin Ali bin Ziyad As-Sari memberitakan (kepada kami). Abu Abdillah Muhammad bin Ali Al Jauhari menceritakan kepada kami di Baghdad, Ibrahim bin Al Haitsam Al Baladi dan menceritakan kepada kami. Abu Al Abbas As-Sayyari dan Al Hasan bin Halim mengabarkan kepada kami di Marwa, keduanya berkata: Abu Al Muwajjih menceritakan kepada kami, mereka berkata: Sa’id bin Manshur Al Makki menceritakan kepada kami, dia berkata: Fulaih menceritakan kepada kami dari Abu Thuwalah, dari Sa’id bin Yasar, dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, ”Barangsiapa mempelajari ilmu yang bisa menuntunnya mencapai keridhaan Allah, tapi dia tidak mempelajarinya kecuali untuk mencapai tujuan duniawi, maka dia tidak akan mencium bau surga.” Fulaih berkata, ’’Baunya adalah aromanya.” Hadits ini diriwayatkan dengan dua sanad yang shahih dari Jabir bin Abdullah dan Ka’ab bin Malik . Hadits Jabir adalah:
المستدرك ٢٩٠: فَأَخْبَرَنَاهُ أَبُو الْحُسَيْنِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ تَمِيمٍ الْقَنْطَرِيُّ، بِبَغْدَادَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ السُّلَمِيُّ، وَأَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ الْعَنَزِيُّ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ سَعِيدٍ الدَّارِمِيُّ، قَالَا: ثنا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ، أَنْبَأَ يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «لَا تَعَلَّمُوا الْعِلْمَ لِتُبَاهُوا بِهِ الْعُلَمَاءَ أَوْ تُمَارُوا بِهِ السُّفَهَاءَ، وَلَا لِتَحِيزُوا بِهِ الْمَجْلِسَ، فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَالنَّارُ النَّارُ»
Al Mustadrak 290: Abu Al Husain Muhammad bin Ahmad bin Tamim Al Qanthari mengabarkannya kepada kami di Baghdad, Muhammad bin Ismail As-Sulami menceritakan kepada kami. Ahmad bin Muhammad bin Salamah Al Anazi mengabarkan kepada kami, Utsman bin Sa’id Ad-Darimi menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Sa’id bin Abu Maryam menceritakan kepada kami, Yahya bin Ayyub memberitakan (kepada kami) dari Ibnu Juraij, dari Abu Az-Zubair, dari Jabir bin Abdullah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, ”Janganlah kalian mempelajari ilmu untuk dibanggakan kepada para ulama atau untuk mendebat orang-orang bodoh, atau agar mendapatkan penghargaan di majelis. Barangsiapa melakukan hal itu, maka (balasannya) neraka-neraka"