صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #921

صحيح ابن حبان ٩٢١: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الأَغَرِّ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالاَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ اللَّهَ يُمْهِلُ حَتَّى إِذَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ الأَوَّلُ، نَزَلَ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ جَلَّ وَعَلاَ‏:‏ هَلْ مِنْ مُسْتَغْفِرٍ‏؟‏ هَلْ مِنْ تَائِبٍ‏؟‏ هَلْ مِنْ سَائِلٍ‏؟‏ هَلْ مِنْ دَاعٍ‏؟‏ حَتَّى يَنْفَجِرَ الصُّبْحُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ فِي خَبَرِ مَالِكٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ الَّذِي ذَكَرْنَاهُ، أَنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ حَتَّى يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ، وَفِي خَبَرِ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الأَغَرِّ أَنَّهُ يَنْزِلُ حَتَّى يَذْهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ الأَوَّلِ، وَيُحْتَمَلُ أَنْ يَكُونَ نُزُولُهُ فِي بَعْضِ اللَّيَالِي حَتَّى يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ، وَفِي بَعْضِهَا حَتَّى يَذْهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ الأَوَّلُ، حَتَّى لاَ يَكُونَ بَيْنَ الْخَبَرَيْنِ تَهَاتُرٌ وَلاَ تَضَادٌّ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 921: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, ia berkata: Jarir menceritakan kepada kami, dari Manshur, dari Abu Ishaq, dari Al Aghar, dari Abu Sa’id dan dari94 Abu Hurairah, keduanya berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah menangguhkan hingga apabila datang sepertiga malam yang pertama, Tuhan kami Allah Tabaaraka Ta 'ala turun ke langit dunia lalu berfirman: “Siapakah orang yang memohon ampunan? Siapakah orang yang bertaubat? Siapakah orang yang meminta? Siapakah orang yang berdoa?", hingga datang waktu Shubuh."95 [3:67] Abu Hatim RA berkata: Di dalam hadits Malik dari Az-Zuhri yang telah kami sampaikan, bahwa Allah SWT turun hingga tersisa sepertiga malam yang akhir. Dan di dalam hadits Abu Ishaq dari Al Aghar, bahwa Allah turun hingga lewat sepertiga malam yang pertama. Kedua hadits ini mengandung pengertian bahwa turunnya Allah itu pada sebagian malam hingga tersisa sepertiga malam yang akhir. Dan pada hadits kedua hingga lewat sepertiga malam yang pertama. Dengan demikian tidak ada perbedaan dan pertentangan di antara dua hadits itu.

Shahih Ibnu Hibban #922

صحيح ابن حبان ٩٢٢: حَدَّثَنَا ابْنُ سَلْمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ أَبِي سَلَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ أَتَى جِبْرِيلُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ‏:‏ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكَ أَنْ تَدْعُوَ بِهَؤُلاَءِ الْكَلِمَاتِ، فَإِنِّي مُعْطِيكَ إِحْدَاهُنَّ، قَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ تَعْجِيلَ عَافِيَتِكَ، أَوْ صَبْرًا عَلَى بَلِيَّتِكَ، أَوْ خُرُوجًا مِنَ الدُّنْيَا إِلَى رَحْمَتِكَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 922: Ibnu Salam menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdurrahman bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata: Amar bin Abu Salamah menceritakan kepada kami, ia berkata: Zuhair bin Muhammad menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, ia berkata: Jibril datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lalu berkata: “Sesungguhnya Allah SWT memerintahkanmu untuk berdoa dengan kalimat-kalimat ini. Sunnguh Aku akan berikan kepadamu salah satu darinya: Jibril berkata, “Allahumma innii as'a luka ta’jiila afiyatika, au shabran ala baliyyatika, au khurujan min ad-dunya ila rahmatika (Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu cepatnya ampunan-Mu, atau kesabaran atas ujian-Mu, atau dapat keluar dari dunia menuju rahmat-Mu)”96 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #923

صحيح ابن حبان ٩٢٣: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ مَهْدِيٍّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُونٍ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ أَنْ يَدْعُوَ ثَلاَثًا، وَيَسْتَغْفِرَ ثَلاَثًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 923: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Mahdi menceritakan kepada kami, ia berkata: Isra’il menceritakan kepada kami, dari Abu Ishaq, dari Amar bin Maimun, dari Ibnu Mas’ud, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam begitu menyukai berdoa tiga kali dan beristighfar tiga kali." 97 [5:12]

Shahih Ibnu Hibban #924

صحيح ابن حبان ٩٢٤: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هُرَيْمُ بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبِي، يَقُولُ‏:‏ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنِّي لَأَتُوبُ فِي الْيَوْمِ سَبْعِينَ مَرَّةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 924: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Huraim bin Abdul A’la menceritakan kepada kami, ia berkata: Mu’tamir bin, Sulaiman menceritakan kepada kami, ia berkata: Aku mendengar ayahku berkata: Qatadah menceritakan kepada kami, dari Anas, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya dalam sehari aku memohon ampunan (bertaubat) sebanyak tujuh puluh kali.” 98 [5:12]

Shahih Ibnu Hibban #925

صحيح ابن حبان ٩٢٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِي الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 925: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, ia berkata: Yunus mengabarkan kepada kami, dari Ibnu Syihab, ia berkata: Abu Salamah bin Abdurrahman mengabarkan kepadaku, bahwa ia mendengar Abu Hurairah berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya dalam sehari aku memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah SWT lebih dari tujuh puluh kali.”99 [5:12]

Shahih Ibnu Hibban #926

صحيح ابن حبان ٩٢٦: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ مَهْدِيٍّ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِي الْمُغِيرَةِ، عَنْ حُذَيْفَةَ، قَالَ‏:‏ كُنْتُ رَجُلاً ذَرِبَ اللِّسَانِ عَلَى أَهْلِي، فَقُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي خَشِيتُ أَنْ يُدْخِلَنِي لِسَانِي النَّارَ، فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ فَأَيْنَ أَنْتَ عَنِ الاِسْتِغْفَارِ‏؟‏ إِنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِي الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ‏.‏قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ‏:‏ فَذَكَرْتُهُ لأَبِي بُرْدَةَ، فَقَالَ‏:‏ وَأَتُوبُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 926: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Mahdi menceritakan kepada kami, dari Sufyan, dari Abu Ishaq, dari Ubaidullah bin Abu Al Mughirah, 100 dari Hudzaifah, ia berkata: “Aku adalah orang yang biasa mengatakan kata-kata keji kepada keluargaku, lalu aku berkata: Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sungguh aku takut lisan aku ini memasukkan aku ke dalam neraka.” Beliau lalu bersabda, “Apakah kamu telah beristighfar? Sungguh dalam sehari aku beristighfar kepada Allah SWT sebanyak seratus kali.”101 [5:12] Abu Ishaq berkata: Maka aku menyebutkannya kepada Abu Burdah, lalu ia berkata: Wa Atuubu.

Shahih Ibnu Hibban #927

صحيح ابن حبان ٩٢٧: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ بِبَيْتِ الْمَقْدِسِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ الْعَدَنِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سُوقَةَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ‏:‏ رُبَّمَا أَعُدُّ لِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَجْلِسِ الْوَاحِدِ مِائَةَ مَرَّةٍ‏:‏ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 927: Abdullah bin Muhammad bin Salam di Baitul Maqdis mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ibnu Abu Umar Al Adani menceritakan kepada kami, ia berkata: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Muhammad bin Suqah, dari Nafi’, dari Ibnu Umar, ia berkata: “Kerapkali aku menghitung (istighfar) Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pada satu majlis (dengan jumlah) seratus kali, (beliau membacanya dengan kalimat): “Rabbighfir lii wa tub ‘alayya, innaka antat Tawwaabur Rahiimu."102 [5:12]

Shahih Ibnu Hibban #928

صحيح ابن حبان ٩٢٨: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ بْنِ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِي الْمُهَاجِرِ، عَنْ خَالِدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْحُسَيْنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ مَا رَأَيْتُ أَحَدًا أَكْثَرَ أَنْ يَقُولَ‏:‏ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ كَانَ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَغْفِرُ رَبَّهُ جَلَّ وَعَلاَ فِي الأَحْوَالِ عَلَى حَسَبِ مَا وَصَفْنَاهُ، وَقَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ، وَلاِسْتِغْفَارِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَعْنَيَانِ‏:‏أَحَدُهُمَا أَنَّ اللَّهَ جَلَّ وَعَلاَ بَعَثَهُ مُعَلِّمًا لِخَلْقِهِ قَوْلاً وَفِعْلاً، فَكَانَ يُعَلِّمُ أُمَّتَهُ الاِسْتِغْفَارَ وَالدَّوَامَ عَلَيْهِ، لِمَا عَلِمَ مِنْ مُقَارَفَتِهَا الْمَآثِمَ فِي الأَحَايِينِ بِاسْتِعْمَالِ الاِسْتِغْفَارِ، وَالْمَعْنَى الثَّانِي‏:‏ أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَسْتَغْفِرُ لِنَفْسِهِ عَنْ تَقْصِيرِ الطَّاعَاتِ لاَ الذُّنُوبِ، لأَنَّ اللَّهَ جَلَّ وَعَلاَ عَصَمَهُ مِنْ بَيْنِ خَلْقِهِ، وَاسْتَجَابَ لَهُ دُعَاءَهُ عَلَى شَيْطَانِهِ حَتَّى أَسْلَمَ، وَذَاكَ أَنَّ مِنْ خُلُقِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَتَى بِطَاعَةٍ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ دَاوَمَ عَلَيْهَا وَلَمْ يَقْطَعْهَا، فَرُبَّمَا شُغِلَ بِطَاعَةٍ عَنْ طَاعَةٍ حَتَّى فَاتَتْهُ إِحْدَاهُمَا، كَمَا شُغِلَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ بِوَفْدِ تَمِيمٍ، حَيْثُ كَانَ يَقْسِمُ فِيهِمْ وَيَحْمِلُهُمْ حَتَّى فَاتَتْهُ الرَّكْعَتَانِ اللَّتَانِ بَعْدَ الظُّهْرِ، فَصَلاَّهُمَا بَعْدَ الْعَصْرِ، ثُمَّ دَاوَمَ عَلَيْهِمَا فِي ذَلِكَ الْوَقْتِ فِيمَا بَعْدُ، فَكَانَ اسْتِغْفَارُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِتَقْصِيرِ طَاعَةٍ أَنْ أَخَّرَهَا عَنْ وَقْتِهَا مِنَ النَّوَافِلِ لاِشْتِغَالِهِ بِمِثْلِهَا مِنَ الطَّاعَاتِ الَّتِي كَانَ فِي ذَلِكَ الْوَقْتِ أَوْلَى مِنْ تِلْكَ الَّتِي كَانَ يُوَاظِبُ عَلَيْهَا، لاَ أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَسْتَغْفِرُ مِنْ ذُنُوبٍ يَرْتَكِبُهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 928: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, Amar bin Utsman bin Sa’id menceritakan kepada kami, Al Walid103 bin Muslim menceritakan kepada kami, dari Sa’id bin Abdul Aziz, dari Ismail bin Ubaidullah bin Abu Al Muhajir104, dari Khalid bin Abdullah bin Al Husain105, dari Abu Hurairah, ia berkata: “Aku tidak pernah melihat ada orang yang lebih banyak mengucap 'Astaghfirullaaha wa atubuu ilaihi' daripada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.” 106 [5:12] Abu Hatim RA berkata, “Mushthafa shallallahu 'alaihi wa sallam memohon ampunan kepada Tuhannya Jalla wa ‘Alaa pada semua keadaan sesuai dengan yang telah kami jelaskan. Padahal beliau sungguh telah diampuni oleh Allah SWT terhadap dosa-dosa yang telah terdahulu maupun yang akan datang. Maka pada istighfarnya beliau ini terkandung dua makna: Makna yang pertama: Bahwa Allah Jalla wa ‘Alaa telah mengutusnya sebagai orang yang mengajarkan kepada makhluk-Nya baik dengan ucapan maupun perbuatan. Maka beliau mengajarkan kepada umatnya untuk beristighfar dan membiasakannya, karena beliau mengetahui bahwa perbuatan dosa-dosa itu dapat terhapus dengan memohon ampunan (membaca istighfar). Makna kedua: Bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memohon ampun untuk dirinya dari perasaan beliau akan kurangnya perbuatan ketaatan, dan bukan karena dosa yang dilakukannya. Karena Allah Jalla wa 'Alaa telah menjaga beliau dari makhluk-Nya, dan telah mengabulkan doanya berupa penjagaan dari godaan syetan, hingga syetan tunduk dengan beliau. Inilah sebagian dari akhlak-akhlak Mushthafa shallallahu 'alaihi wa sallam, di mana jika beliau melakukan suatu ketaatan kepada Allah lalla wa ‘alaa maka beliau terus mengerjakannya dan tidak pemah ditinggalkannya. Kerapkali beliau disibukkan dengan satu ketaatan dari ketaatan yang lain hingga salah satunya tertinggal, sebagaimana beliau pemah disibukkan dari shalat dua rakaat setelah Zuhur sebab kedatangan delegasi Bani Tamim hingga beliau tertinggal mengerjakannya, maka beliau mengqadha (mengganti) nya dengan mengerjakan shalat dua rakaat sebelum zuhur itu setelah shalat ashar. Istighfar beliau adalah karena penundaan mengerjakan ketaatan yang disebabkan karena mengakhirkan ibadah-ibadah sunah dari waktunya, biasanya hal itu dikarenakan kesibukkan beliau mengerjakan ketaatan yang lainnya, yang menurut kondisi pada saat itu, perbuatan itu lebih utama didahulukan dari pada perbuatan ketaatan lainnya. Jadi beliau beristighfar bukan karena dosa yang beliau lakukan.

Shahih Ibnu Hibban #929

صحيح ابن حبان ٩٢٩: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ، أَخْبَرَنِي، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا بُرْدَةَ يَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ رَجُلاً مِنْ جُهَيْنَةَ يُقَالُ لَهُ‏:‏ الأَغَرُّ، مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يُحَدِّثُ ابْنَ عُمَرَ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ‏:‏ يَا أَيُّهَا النَّاسُ، تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ، فَإِنِّي أَتُوبُ إِلَيْهِ كُلَّ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ يُرِيدُ بِهِ‏:‏ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ‏.‏ وَكَذَلِكَ قَوْلُهُ‏:‏ فَإِنِّي أَتُوبُ إِلَيْهِ كُلَّ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ، وَكَانَ اسْتِغْفَارُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِتَقْصِيرِهِ فِي الطَّاعَاتِ الَّتِي وَظَّفَهَا عَلَى نَفْسِهِ، لأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ مِنْ أَخْلاَقِهِ إِذَا عَمِلَ خَيْرًا أَنْ يُثْبِتَهُ فَيَدُومَ عَلَيْهِ، فَرُبَّمَا اشْتَغَلَ فِي بَعْضِ الأَوْقَاتِ عَنْ ذَلِكَ الْخَيْرِ الَّذِي كَانَ يُوَاظِبُ عَلَيْهِ بِخَيْرٍ آخَرَ، مِثْلُ اشْتِغَالِهِ بِوَفْدِ بَنِي تَمِيمٍ وَالْقِسْمَةِ فِيهِمْ عَنِ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ كَانَ يُصَلِّيهِمَا بَعْدَ الظُّهْرِ، فَلَمَّا صَلَّى الْعَصْرَ أَعَادَهُمَا، فَكَانَ اسْتِغْفَارُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلتَّقْصِيرِ فِي خَيْرٍ اشْتَغَلَ عَنْهُ بِخَيْرٍ ثَانٍ عَلَى حَسَبِ مَا وَصَفْنَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 929: Al Fadhl bin Al Hubab mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Al Walid menceritakan kepada kami, dari Syu’bah, dari Amar bin Murrah, ia mengabarkan kepadaku, ia berkata: Aku mendengar Abu Burdah berkata: aku mendengar seseorang dari suku Juhainah, yang dipanggil dengan nama Al Aghar, termasuk shahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bercerita, bahwa Ibnu Umar mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Wahai manusia, taubatlah kalian kepada Tuhan kalian. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak seratus kali.” [1:104] Abu Hatim RA berkata: Sabda Nabi SAW: Wahai manusia, taubatlah kalian kepada Tuhan kalian.” maksudnya adalah: “Minta ampunlah (beristighfarlah) kalian kepada Tuhan kalian.” Demikian juga pada sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, Sesungguhnya aku bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak seratus kali. Istighfamya beliau karena penundaan yang beliau lakukan terhadap perbuatan-perbuatan ketaatan yang sudah biasa beliau kerjakan. Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam itu mempunyai akhlak salah satunya adalah apabila beliau mengerjakan suatu perbuatan ketaatan, maka beliau selalu mengerjakannya dan membiasakannya. Kerapkali beliau disibukkan dengan satu ketaatan dari ketaatan yang lain hingga salah salah satunya tertinggal, sebagaimana beliau pernah di sibukkan dari shalat dua raka'at setelah Zhuhur sebab kedatangan delegasi Bani Tamim hingga beliau tertinggal mengerjakannya, maka beliau mengqadha (mengganti) nya dengan mengerjakan shalat dua rakaat sebelum zhuhur itu setelah shalat Ashar. Istighfar beliau adalah karena penundaan mengerjakan ketaatan yang disebabkan karena mengakhirkan ibadah-ibadah sunah dari waktunya, biasanya hal tersebut dikarenakan kesibukkan beliau mengerjakan ketaatan yang lainnya, yang menurut kondisi pada saat itu, perbuatan itu lebih utama di dahulukan dari pada perbuatan ketaatan lainnya. Jadi beliau beristighfar bukan karena dosa yang beliau lakukan.

Shahih Ibnu Hibban #930

صحيح ابن حبان ٩٣٠: أَخْبَرَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ دَاوُدَ بْنِ وَرْدَانَ بِمِصْرَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ حَمَّادٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ، عَنِ الْقَعْقَاعِ بْنِ حَكِيمٍ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ‏:‏ إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا أَخْطَأَ خَطِيئَةً نُكِتَ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ، فَإِنْ هُوَ نَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ وَتَابَ صُقِلَتْ، فَإِنْ عَادَ زِيدَ فِيهَا، فَإِنْ عَادَ زِيدَ فِيهَا حَتَّى تَعْلُوَ فِيهِ، فَهُوَ الرَّانُ الَّذِي ذَكَرَ اللَّهُ‏:‏ ‏{‏كَلاَّ بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ‏}‏‏.

Shahih Ibnu Hibban 930: Isma'il bin Daud bin Wardan di Mesir mengabarkan kepada kami, ia berkata: Isa bin Hamad menceritakan kepada kami, ia berkata: Al-Laits mengabarkan kepada kami, dari Ibnu ‘Ajian, dari Al Qa’qa’ bin Hakim, (dari Abu Shalih), dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda, “Sesungguhnya apabila seorang hamba keliru berbuat suatu perbuatan dosa, maka hatinya ternoda dengan satu titik hitam. Jika ia meninggalkannya dan beristighfar (memohon ampunan) serta bertaubat, maka hatinya akan dikilapkan. Jika ia mengulangi lagi perbuatan dosa itu, maka titik hitam itu akan ditambahkan lagi. Jika mengulangi lagi, maka titik hitamnya ditambahkan pula, hingga hatinya dipenuhi dengan titik hitam. Inilah noda hitam yang telah Allah SWT jelaskan pada firman- Nya: “Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka. ” 107 (Qs. Al Muthaffifin [83]: 14) [3:65]