صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #781

صحيح ابن حبان ٧٨١: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، حَدَّثَنَا حَامِدُ بْنُ يَحْيَى الْبَلْخِيُّ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ، قَالَ‏:‏ لَقِيتُ أَبَا مَسْعُودٍ فِي الطَّوَافِ فَسَأَلْتُهُ عَنْهُ، فَحَدَّثَنِي أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ قَرَأَ الآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 781: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah mengabarkan kepada kami, Hamid bin Yahya Al Balkhi menceritakan kepada kami, dari Manshur, dari Ibrahim, dari Abdurrahman bin Yazid, dia berkata: Aku berjumpa dengan Abu Mas’ud saat sedang thawaf, lalu aku bertanya kepadanya. Maka, dia pun menceritakan kepadaku bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membaca dua ayat di akhir surah Al Baqarah pada sebuah malam, maka sungguh kedua ayal itu telah cukup baginya.” 87 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #782

صحيح ابن حبان ٧٨٢: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى، حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، حَدَّثَنَا الأَشْعَثُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْجَرْمِيُّ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ أَبِي الأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ، عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ‏:‏ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ الآيَتَانِ خُتِمَ بِهِمَا سُورَةُ الْبَقَرَةِ لاَ تُقْرَآنِ فِي دَارٍ ثَلاَثَ لَيَالٍ، فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 782: Imran bin Musa mengabarkan kepada kami, Hudbah bin Khalid menceritakan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami, Al Asy’ats bin Abdurrahman Al Jarmi menceritakan kepada kami, dari Abu Qilabah, dari Abu Al Asy’ats Ash-Shan’ani, dari An-Nu’man bin Basyir, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Bila dua ayat88 yang menjadi penutup surah Al Baqarah dibaca di sebuah rumah selama tiga malam, maka tidak ada satu syetan pun yang akan mendekati rumah itu."89 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #783

صحيح ابن حبان ٧٨٣: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ لاَ تَتَّخِذُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، صَلُّوا فِيهَا، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لِيَفِرُّ مِنَ الْبَيْتِ يَسْمَعُ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِيهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 783: Abdullah bin Muhammad mengabarkan kepada kami, Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Abdushshamad mengabarkan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami, dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. Shalatlah kalian di dalamnya, karena sesungguhnya syetan akan lari dari rumah itu ketika mendengar surah Al Bagarah dibaca”90 [ 1:2]

Shahih Ibnu Hibban #784

صحيح ابن حبان ٧٨٤: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، حَدَّثَنَا الأَوْزَاعِيُّ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، حَدَّثَنِي ابْنُ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، أَنَّ أَبَاهُ أَخْبَرَهُ، أَنَّهُ كَانَ لَهُمْ جَرِينٌ فِيهِ تَمْرٌ، وَكَانَ مِمَّا يَتَعَاهَدُهُ فَيَجِدُهُ يَنْقُصُ، فَحَرَسَهُ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَإِذَا هُوَ بِدَابَّةٍ كَهَيْئَةِ الْغُلاَمِ الْمُحْتَلِمِ، قَالَ‏:‏ فَسَلَّمْتُ فَرَدَّ السَّلاَمَ، فَقُلْتُ‏:‏ مَا أَنْتَ، جِنٌّ أَمْ إِنْسٌ‏؟‏ فَقَالَ‏:‏ جِنٌّ، فَقُلْتُ‏:‏ نَاوِلْنِي يَدَكَ، فَإِذَا يَدُ كَلْبٍ وَشَعْرُ كَلْبٍ، فَقُلْتُ‏:‏ هَكَذَا خُلِقَ الْجِنُّ، فَقَالَ‏:‏ لَقَدْ عَلِمَتِ الْجِنُّ أَنَّهُ مَا فِيهِمْ مَنْ هُوَ أَشَدُّ مِنِّي، فَقُلْتُ‏:‏ مَا يَحْمِلُكَ عَلَى مَا صَنَعْتَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ بَلَغَنِي أَنَّكَ رَجُلٌ تُحِبُّ الصَّدَقَةَ، فَأَحْبَبْتُ أَنْ أُصِيبَ مِنْ طَعَامِكَ، قُلْتُ‏:‏ فَمَا الَّذِي يَحْرِزُنَا مِنْكُمْ‏؟‏ فَقَالَ‏:‏ هَذِهِ الآيَةُ، آيَةُ الْكُرْسِيِّ، قَالَ‏:‏ فَتَرَكْتُهُ‏.‏ وَغَدَا أَبِي إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْبَرَهُ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ صَدَقَ الْخَبِيثُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ اسْمُ ابْنِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ هُوَ الطُّفَيْلُ بْنُ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 784: Abdullah bin Muhammad bin Salm mengabarkan kepada kami, Abdurrahman bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Al Walid menceritakan kepada kami, Al Auza’i menceritakan kepada kami, Yahya bin Abu Katsir menceritakan kepada kami, Ibnu Ubay bin Ka’ab menceritakan kepadaku, bahwa ayahnya mengabarinya, bahwa mereka mempunyai sebuah lumbung yang di dalamnya terdapat kurma. Kurma itu termasuk sesuatu yang selalu ayah Ibnu Ubay makan. (Suatu ketika) dia mendapati kurma yang berada di lumbung itu berkurang. Maka pada suatu malam, dia menjaganya (merondainya). Ternyata, ada seekor binatang yang mirip seperti anak kecil yang sudah baligh. Ayah Ibnu Ubay berkata, “Aku pun mengucapkan salam kepadanya, dan ia menjawab salamku. Aku bertanya kepadanya, 'Siapakah kamu ini, apakah kamu manusia ataukah jin?' Ia menjawab, 'Aku ini jin.' Aku berkata, Kemarikan tanganmu.' Ternyata tangannya itu seperti tangan anjing, lengkap dengan bulu-bulunya. Aku berkata, 'Apakah jin memang diciptakan seperti ini?' Ia menjawab, Para jin telah mengetahui bahwasanya tidak ada satu pun di antara mereka yang lebih keras daripada aku.' Aku bertanya, 'Apakah yang menyebabkanmu melakukan perbuatanmu ini?' Ia menjawab, Telah sampai kepadaku berita bahwa kamu adalah seorang yang suka bersedekah, maka aku pun ingin mendapatkan (mencuri) makananmu.' Aku berkata, 'Lalu hal apa yang dapat membentengi kami dari perbuatan kalian ini?' Ia menjawab, 'Ayat ini, yaitu Ayat Kursi.' Aku pun meninggalkan jin itu.” Pada pagi harinya, Ubay (ayah Ibnu Ubay) mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu dia mengabarkan kepada beliau tentang hal itu. Beliau pun bersabda, “Sungguh sesuatu yang buruk (maksudnya, syetan) itu telah berkata benari”91 [1:2] Abu Hatim berkata: Nama Ibnu Ubay bin Ka’ab adalah Ath- Thufail bin Ubay bin Ka’ab.

Shahih Ibnu Hibban #785

صحيح ابن حبان ٧٨٥: أَخْبَرَنَا أَبُو صَخْرَةَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدٍ بِبَغْدَادَ بَيْنَ السُّورَيْنِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الأَعْلَى بْنُ حَمَّادٍ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ الْغَطَفَانِيِّ، عَنْ مَعْدَانَ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ الْيَعْمُرِيِّ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 785: Abu Shakhrah Abdurrahman bin Muhammad di Baghdad mengabarkan kepada kami, Abd Al A’la bin Hammad menceritakan kepada kami, Yazid bin Zura’i menceritakan kepada kami, dari Sa’id, dari Qatadah, dari Salim bin Abu Al Ja’di Al Ghathafani, dari Ma’dan bin Abu Thalhah Al Ya’muri, dari Abu Ad-Darda', dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari surah Al Kahfi, maka dia akan dijaga dari fitnah Dajjal”92 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #786

صحيح ابن حبان ٧٨٦: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ زُهَيْرٍ بِتُسْتَرَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ، عَنْ مَعْدَانَ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 786: Ahmad bin Yahya bin Zuhair di Tustar mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Al Mutsanna menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Qatadah, dari Salim bin Abu Al Ja’di, dari Ma’dan bin Abu Thalhah, dari Abu Ad-Darda’, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat di akhir surah Al Kahfi, maka dia akan dijaga dari (fitnah) Dajjal.”93

Shahih Ibnu Hibban #787

صحيح ابن حبان ٧٨٧: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ لأَبِي أُسَامَةَ‏:‏ أَحَدَّثَكُمْ شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ إِنَّ سُورَةً فِي الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً تَسْتَغْفِرُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ‏:‏ ‏{‏تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ‏}‏‏؟‏ فَأَقَرَّ بِهِ أَبُو أُسَامَةَ وَقَالَ‏:‏ نَعَمْ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ تَسْتَغْفِرُ لِصَاحِبِهَا، أَرَادَ بِهِ ثَوَابَ قِرَاءَتِهَا، فَأَطْلَقَ الاِسْمَ عَلَى مَا تَوَلَّدَ مِنْهُ وَهُوَ الثَّوَابُ، كَمَا يُطْلَقُ اسْمُ السُّورَةِ نَفْسِهَا عَلَيْهِ‏.‏ وَكَذَلِكَ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي خَبَرِ أَبِي أُمَامَةَ أَرَادَ بِهِ ثَوَابَ الْقُرْآنِ، وَثَوَابَ الْبَقَرَةِ، وَآلِ عِمْرَانَ، إِذِ الْعَرَبُ تُطْلِقُ فِي لُغَتِهَا اسْمَ مَا تَوَّلَدَ مِنَ الشَّيْءِ عَلَى نَفْسِهِ كَمَا ذَكَرْنَاهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 787: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata. Aku berkata kepada Abu Usamah94: Syu’bah menceritakan kepada kalian, dari Qatadah, dari Abbas95 , Al Jusyami, dari Abu Hurairah, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Sesungguhnya ada satu surah di dalam Al Qur'an -yang terdiri dari tiga puluh ayat- yang memohonkan ampunan untuk orang yang membacanya hingga orang itu benar-benar diampuni. (Surah itu adalah): Tabaarakalladzi bi yadihil Mulku (Qs. Al Mulk [67]: 1).” Abu Usamah membenarkan perkataan Ishaq bin Ibrahim, lalu dia berkata, “Benar.” 96 [1:80] Abu Hatim berkata: Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, “yang memohonkan ampunan untuk orang yang membacanya”, yang beliau maksud adalah pahala membacanya. Di sini, beliau menggunakan sebuah nama guna menunjukkan arti sesuatu yang dihasilkannya, yaitu pahala, sebagaimana sebuah nama surah biasa digunakan untuk menunjukkan arti tersebut. Demikian pula pada sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadits Abu Umamah97, yang beliau maksud adalah pahala membaca Al Qur'an, pahala membaca surah Al Baqarah, dan pahala membaca surah Ali 'Imran. Sebab, orang-orang Arab dalam bahasa mereka biasa menggunakan nama sesuatu guna menunjukkan arti sesuatu yang dihasilkannya, seperti yang telah kami sebutkan.

Shahih Ibnu Hibban #788

صحيح ابن حبان ٧٨٨: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ شُعْبَةَ، حَدَّثَنِي قَتَادَةُ، عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ سُورَةٌ فِي الْقُرْآنِ، ثَلاَثُونَ آيَةً، تَسْتَغْفِرُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ‏:‏ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 788: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami, dari Syu’bah, Qatadah menceritakan kepadaku, dari Abbas Al Jusyami, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Ada satu surah dalam Al Qur'an, yang terdiri dari tiga puluh ayat, yang memohonkan ampunan untuk orang yang membacanya hingga orang itu benar-benar diampuni. (Surah itu adalah) Tabaarakalladzi Bi Yadihil Mulku. (Qs. Al Mulk [67]: l).” 98 [1:2]

Shahih Ibnu Hibban #789

صحيح ابن حبان ٧٨٩: أَخْبَرَنَا أَبُو عَرُوبَةَ بِحَرَّانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبِ بْنِ أَبِي كَرِيمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحِيمِ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَبِي أُنَيْسَةَ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ فَرْوَةَ بْنِ نَوْفَلٍ الأَشْجَعِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ‏:‏ دَخَلْتُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ‏:‏ يَا نَبِيَّ اللهِ، عَلِّمْنِي شَيْئًا أَقُولُهُ إِذَا أَوَيْتُ إِلَى فِرَاشِي، قَالَ‏:‏ اقْرَأْ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 789: Abu Arubah di Haram mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Wahb bin Abu Karimah menceritakan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Salamah menceritakan kepada kami, dari Abu Abdurrahim, dari Zaid bin Abu Unaisah, dari Abu Ishaq, dari Farwah bin Naufal Al Asyja’i, dari ayahnya, dia berkata: Aku datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu aku berkata, “Wahai Nabi Allah, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang dapat aku baca ketika aku hendak naik ke tempat tidurku.” Beliau pun bersabda, “Bacalah 'Qui Yaa Ayyuhal Kaafiruuri. (Qs. Al Kafirun [109]: l).” 99

Shahih Ibnu Hibban #790

صحيح ابن حبان ٧٩٠: أَخْبَرَنَا الصُّوفِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ فَرْوَةَ بْنِ نَوْفَلٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ هَلْ لَكَ فِي رَبِيبَةٍ يَكْفُلُهَا رَبِيبٌ‏؟‏ قَالَ‏:‏ ثُمَّ جَاءَ فَسَأَلَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ‏:‏ تَرَكْتُهَا عِنْدَ أُمِّهَا، قَالَ‏:‏ فَمَجِيءٌ مَا جَاءَ بِكَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ جِئْتُ لِتُعَلِّمَنِي شَيْئًا أَقُولُهُ عِنْدَ مَنَامِي، قَالَ‏:‏ اقْرَأْ ‏{‏قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ‏}‏، ثُمَّ نَمْ عَلَى خَاتِمَتِهَا، فَإِنَّهَا بَرَاءَةٌ مِنَ الشِّرْكِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 790: Ash-Shufi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ali bin Al Ja’di menceritakan kepada kami, dia berkata: Zuhair bin Mu’awiyah mengabarkan kepada kami, dari Abu Ishaq, dari Farwah bin Naufal, dari ayahnya, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya, “Apakah kamu memiliki seorang anak perempuan laki-laki tiri yang ditanggung oleh seorang anak perempuan tiri?100 Periwayat (Farwah) berkata: Dia (ayahku) datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu beliau bertanya kepadanya (mengenai hal itu). Dia pun menjawab, “Aku tinggalkan ia bersama ibunya.” 101 Beliau bertanya, “Lalu apa yang membuat kamu datang?” Dia menjawab, “Aku datang agar engkau mengajarkan kepadaku sesuatu yang saya baca ketika hendak tidur.” Beliau bersabda, “ Bacalah ‘Qul Yaa Ayyuhal Kaafiruun;. (Kemudian) tidurlah setelah kamu selesai membacanya, karena sesungguhnya surah itu dapat membebaskanmu dari kemusyrikan.” 102