صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #2411

صحيح ابن حبان ٢٤١١: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي عَطَاءُ بْنُ يَزِيدَ اللَّيْثِيُّ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا أَيُّوبَ الأَنْصَارِيَّ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ قَالَ‏:‏ الْوِتْرُ حَقٌّ، فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيُوتِرْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِثَلاَثٍ فَلْيُوتِرْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِوَاحِدَةٍ فَلْيُوتِرْ بِهَا، وَمَنْ غَلَبَهُ ذَلِكَ فَلْيُومِئْ إِيمَاءً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2411: Muhammad bin Hasan bin Qutaibah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, dia berkata: Yunus mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihab, dia berkata: Atha bin Yazid Al-Laitsi mengabarkan kepadaku, bahwa dia mendengar Abu Ayyub Al Anshari dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Witir adalah sebuah hak, siapa yang menyukai lima rakaat maka berwitirlah, siapa yang menyukai berwitir tiga rakaat maka berwitirlah, siapa yang suka berwitir satu rakaat maka berwitirlah dan siapa yang tidak sanggup hendaknya mengerjakannya dengan isyarat."283 [34:5]

Shahih Ibnu Hibban #2412

صحيح ابن حبان ٢٤١٢: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي مَعْشَرٍ بِحَرَّانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَمْرٍو الْبَجَلِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ الْحُرِّ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ كَانَ يُوتِرُ عَلَى الْبَعِيرِ، وَيَذْكُرُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2412: Al Hasan bin Muhammad bin Abu Ma'syar mengabarkan kepada kami di Hairan, dia berkata: Abdurrahman bin Amr Al Bajali menceritakan kepada kami, dia berkata: Zuhair bin Mu'awiyah menceritakan kepada kami dari Al Hasan bin Al Hurr, dari Nafi, dari Ibnu Umar, bahwa dia pernah berwitir di atas unta dan mengatakan bahwa Rasulullah pernah melakukan hal itu.284 [34:5]

Shahih Ibnu Hibban #2413

صحيح ابن حبان ٢٤١٣: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ يَسَارٍ، أَنَّهُ قَالَ‏:‏ كُنْتُ أَسِيرُ مَعَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بِطَرِيقِ مَكَّةَ، فَلَمَّا خَشِيتُ الصُّبْحَ نَزَلْتُ فَأَوْتَرْتُ، ثُمَّ أَدْرَكْتُهُ، فَقَالَ لِي عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ‏:‏ أَيْنَ كُنْتَ‏؟‏ فَقُلْتُ‏:‏ خَشِيتُ الْفَجْرَ فَنَزَلْتُ فَأَوْتَرْتُ، فَقَالَ‏:‏ أَلَيْسَ لَكَ فِي رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُسْوَةٌ‏؟‏ فَقُلْتُ‏:‏ بَلَى، قَالَ‏:‏ فَإِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُوتِرُ عَلَى الْبَعِيرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2413: Umar bin Sa'id bin Sinan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Abu Bakar bin Umar bin Abdurrahman, dari Sa'id bin Yasar, dia berkata: Aku pernah melakukan perjalanan bersama Abdullah bin Umar di salah satu jalan daerah Makkah. Ketika aku khawatir dengan datangnya Subuh, aku turun untuk melaksanakan shalat witir. Abdullah bin Umar lalu berkata kepadaku, "Dari mana kamu?" Aku menjawab, "Aku khawatir akan masuk waktu fajar, maka aku turun untuk shalat witir." Abdullah bin Umar lalu, "Bukankah bagimu suriteladan dari Rasulullah ?" Aku menjawab, 'Tentu." Dia berkata lagi, "Sesungguhnya Rasulullah pernah shalat witir di atas unta." 285 [34:5]

Shahih Ibnu Hibban #2414

صحيح ابن حبان ٢٤١٤: أَخْبَرَنَا ابْنُ خُزَيْمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْخُزَاعِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ مَنْ أَدْرَكَهُ الصُّبْحُ فَلَمْ يُوتِرْ، فَلاَ وِتْرَ لَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2414: Ibnu Khuzaimah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abdah bin Abdullah Al Khuza'i menceritakan kepada kami, dia berkata: Abu Daud Ath-Thayalisi menceritakan kepada kami, dia berkata: menceritakan kepada kami Hisyam Ad-Dastuwa'i dari Qatadah, dari Abu Nadhrah, dari Abu Sa'id Al Khudri, bahwa Rasulullah bersabda, "Barangsiapa didahului oleh waktu Subuh dan dia belum sempat berwitir, maka tak ada lagi witir baginya."286 [34:5]

Shahih Ibnu Hibban #2415

صحيح ابن حبان ٢٤١٥: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهْرَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْقُمِّيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ جَارِيَةَ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ‏:‏ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ ثَمَانَ رَكَعَاتٍ، وَأَوْتَرَ، فَلَمَّا كَانَتِ اللَّيْلَةُ الْقَابِلَةُ اجْتَمَعْنَا فِي الْمَسْجِدِ، وَرَجَوْنَا أَنْ يَخْرُجَ فَيُصَلِّيَ بِنَا، فَأَقَمْنَا فِيهِ حَتَّى أَصْبَحْنَا، فَقُلْنَا‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، رَجَوْنَا أَنْ تَخْرُجَ فَتُصَلِّيَ بِنَا، قَالَ‏:‏ إِنِّي كَرِهْتُ- أَوْ خَشِيتُ- أَنْ يُكْتَبَ عَلَيْكُمُ الْوِتْرُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2415: Abu Ya'la mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Ar-Rabi Az-Zahrani menceritakan kepada kami, dia berkata: Ya'qub bin Abdullah Al Qummi, dia berkata: Isa bin Jariyah menceritakan kepada kami dari Jabir bin Abdillah, dia berkata, "Rasulullah shalat bersama kami pada bulan Ramadhan sebanyak delapan rakaat, dan dia shalat witir. Pada malam berikutnya kami kembali berkumpul di masjid, dan kami harap beliau keluar untuk shalat bersama kami. Kami berdiam di masjid sampai Subuh, maka kami bertanya kepada beliau,' "Wahai Rasulullah, kami berharap engkau keluar untuk shalat bersama kami." Beliau lalu menjawab, "Aku khawatir shalat witir ini nanti akan diwajibkan kepada kalian."287 [24:5]

Shahih Ibnu Hibban #2416

صحيح ابن حبان ٢٤١٦: أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ الْجُرْجَانِيُّ بِحَلَبَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ، حَدَّثَنَا نُوحُ بْنُ قَيْسٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ قَيْسٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ رَجُلاً قَالَ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، كَمِ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَى عِبَادِهِ مِنَ الصَّلاَةِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ خَمْسُ صَلَوَاتٍ، قَالَ‏:‏ هَلْ قَبْلَهُنَّ أَوْ بَعْدَهُنَّ شَيْءٌ‏؟‏ فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَى عِبَادِهِ صَلَوَاتٍ خَمْسًا، قَالَ‏:‏ فَحَلَفَ الرَّجُلُ بِاللَّهِ‏:‏ لاَ يَزِيدُ عَلَيْهِنَّ وَلاَ يَنْقُصُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنْ صَدَقَ دَخَلَ الْجَنَّةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2416: Ali bin Ahmad Al Juijani mengabarkan kepada kami di Halab, dia berkata: Nashr bin Ali Al Jahdhami menceritakan kepada kami, Nuh bin Qais menceritakan kepada kami, dia berkata: Khalid bin Qais menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Anas, bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Wahai Rasulullah, berapakah jumlah shalat yang diwajibkan Allah kepada hamba-Nya?" Beliau menjawab, "Lima shalat." Dia berkata, "Apakah ada sebelum dan sesudahnya sesuatu?" Beliau menjawab, "Allah hanya mewajibkan lima shalat kepada hamba-hamba-Nya." Orang itu pun bersumpah untuk tidak akan menambah dan mengurangi kelima shalat itu." Nabi kemudian berkata, "Jika dia jujur maka dia akan masuk surga. "288 [34:5]

Shahih Ibnu Hibban #2417

صحيح ابن حبان ٢٤١٧: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ، عَنِ ابْنِ مُحَيْرِيزٍ، عَنِ الْمُخْدَجِيِّ، قَالَ‏:‏ سَأَلَ رَجُلٌ أَبَا مُحَمَّدٍ- رَجُلاً مِنَ الأَنْصَارِ- عَنِ الْوِتْرِ، فَقَالَ‏:‏ الْوِتْرُ وَاجِبٌ كَوُجُوبِ الصَّلاَةِ، فَأَتَى عُبَادَةُ بْنُ الصَّامِتِ، فَذُكِرَ ذَلِكَ لَهُ، فَقَالَ‏:‏ كَذَبَ أَبُو مُحَمَّدٍ، سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ‏:‏ خَمْسُ صَلَوَاتٍ افْتَرَضَهُنَّ اللَّهُ عَلَى عِبَادِهِ، مَنْ لَمْ يَنْتَقِصْ مِنْهُنَّ شَيْئًا اسْتِخْفَافًا بِحَقِّهِنَّ، فَإِنَّ اللَّهَ جَلَّ وَعَلاَ جَاعِلٌ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَهْدًا أَنْ يُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ جَاءَ بِهِنَّ وَقَدِ انْتَقَصَ مِنْهُنَّ شَيْئًا اسْتِخْفَافًا بِحَقِّهِنَّ، لَمْ يَكُنْ لَهُ عِنْدَ اللهِ شَيْءٌ، إِنْ شَاءَ عَذَّبَهُ، وَإِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2417: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Abi Adi menceritakan kepada kami dari Syu'bah, dari Abdu Rabbih bin Sa'id, dari Muhammad bin Yahya bin Habban, dari Ibnu Muhairiz, dari Al Mukhdaji, dia berkata, "Seorang laki-laki bertanya kepada Abu Muhammad —orang Anshar— tentang witir, lalu dia menjawab, "Witir itu wajib sebagaimana wajibnya shalat." Lalu datanglah Ubadah bin Shamit, dan dilaporkan kepadanya tentang hal itu, maka dia berkata, "Abu Muhammad telah berbohong, karena aku mendengar Rasulullah bersabda, 'Hanya ada lima shalat yang diwajibkan Allah kepada para hamba-Nya. Barangsiapa tidak mengurangi sedikit pun dari itu karena menganggap remeh, maka Allah Jalla wa Ala akan membuat perjanjian untuknya pada Hari Kiamat bahwa dia akan dimasukkan ke dalam surga. Barangsiapa melaksanakan shalatnya dengan menguranginya lantaran meremehkan urusan shalat, maka dia tidak punya perjanjian dengan Allah, sehingga jika Allah berhendak, Dia akan menyiksanya, dan jika Allah berkehendak, Dia akan mengampuninya'." 289 [34:5]

Shahih Ibnu Hibban #2418

صحيح ابن حبان ٢٤١٨: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ الْجُمَحِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، عَنِ الْعَلاَءِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ كَفَّارَاتٌ لَمَّا بَيْنَهُنَّ مَا لَمْ تُغْشَ الْكَبَائِرُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2418: Al Fadhl bin Al Hubab Al Jumahi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Musa bin Ismail menceritakan kepada kami, dia berkata: Ismail bin Ja'far menceritakan kepada kami dari Al Ala, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, bahwa Nabi bersabda, "Shalat lima waktu dan shalat Jum 'at ke Jum 'at lainnya adalah penghapus dosa yang terjadi antara keduanya, selama tidak digelimangi oleh dosa-dosa besar"290

Shahih Ibnu Hibban #2419

صحيح ابن حبان ٢٤١٩: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ بْنُ بِسْطَامٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ الْقَاسِمِ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أُمَيَّةَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ صَيْفِيٍّ، عَنْ أَبِي مَعْبَدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا بَعَثَ مُعَاذًا إِلَى الْيَمَنِ قَالَ‏:‏ إِنَّكَ تَقْدُمُ عَلَى قَوْمٍ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ، فَلْيَكُنْ أَوَّلَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ عِبَادَةُ اللهِ، فَإِذَا عَرَفُوا اللَّهَ فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي يَوْمِهِمْ وَلَيْلَتِهِمْ، فَإِذَا فَعَلُوهُ فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ زَكَاةً تُؤْخَذُ مِنْ أَمْوَالِهِمْ فَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ، فَإِذَا أَطَاعُوا بِهَذَا فَخُذْ مِنْهُمْ، وَتَوَقَّ كَرَائِمَ أَمْوَالِ النَّاسِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ الاِسْتِدْلاَلُ بِمِثْلِ هَذِهِ الأَخْبَارِ عَلَى أَنَّ الْوِتْرَ لَيْسَ بِفَرْضٍ تَكْثُرُ فِيمَا ذَكَرْنَا مِنْهَا غُنْيَةٌ لِمَنْ وَفَقَّهُ اللَّهُ لِلسَّدَادِ، وَهَدَاهُ لِسُلُوكِ الرَّشَادِ أَنَّ الْوِتْرَ لَيْسَ بِفَرْضٍ، وَكَانَ بَعْثُ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ إِلَى الْيَمَنِ قَبْلَ خُرُوجِهِ مِنَ الدُّنْيَا بِأَيَّامٍ يَسِيرَةٍ، وَأَمَرَهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُخْبِرَهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي يَوْمِهِمْ وَلَيْلَتِهِمْ، وَلَوْ كَانَ الْوِتْرُ فَرْضًا، أَوْ شَيْئًا زَادَهُ اللَّهُ جَلَّ وَعَلاَ لِلنَّاسِ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ كَمَا زَعَمَ مَنْ جَهِلَ صِنَاعَةَ الْحَدِيثِ، وَلَمْ يُمَيِّزْ بَيْنَ صَحِيحِهَا وَسَقِيمِهَا، لَأَمَرَ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ أَنْ يُخْبِرَهُمْ أَنَّ اللَّهَ جَلَّ وَعَلاَ فَرَضَ عَلَيْهِمْ سِتَّ صَلَوَاتٍ لاَ خَمْسًا، فَفِيمَا وَصَفْنَا أَبْيَنُ الْبَيَانِ بِأَنَّ الْوِتْرَ لَيْسَ بِفَرْضٍ، وَبِاللَّهِ التَّوْفِيقُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2419: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Umayyah bin Bistham menceritakan kepada kami, dia berkata: Yazid bin Zura'i menceritakan kepada kami, dia berkata: Rauh bin Al Qasim menceritakan kepada kami dari Ismail bin Umayyah, dari Yahya bin Abdullah bin Shaifi, dari Abu Ma'bad, dari Ibnu Abbas, bahwa ketika Rasulullah mengutus Mu'adz ke Yaman, beliau berpesan, "Kamu akan mendatangi kaum dari Ahli Kitab, maka hal pertama yang kamu sampaikan ke mereka adalah ibadah kepada Allah. Jika mereka sudah mengenal Allah, kabarkan kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan mereka untuk shalat lima waktu sehari semalam. Jika mereka sudah melaksanakannya, kabarkan kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan mereka untuk mengeluarkan zakat yang akan diambil dari harta mereka dan dikembalikan kepada orang-orang miskin di antara mereka. Jika mereka patuh dalam hal ini, ambillah (zakat) itu dari mereka, dan jagalah harta terbaik yang mereka miliki."291 [34:5] Abu Hatim berkata, "Mencari dalil seperti khabar-khabar yang mengatakan bahwa witir bukan shalat fardhu sangat mudah, karena dalil yang menyatakan hal tersebut amatlah banyak. Apa yang kami sebutkan sebagian dari khabar-khabar tersebut sudah mencukupi untuk menegaskan bahwa shalat witir bukanlah wajib. Diantara dalil tersebut adalah ketika Nabi mengutus Mu'adz ke Yaman beberapa, hari sebelum beliau meninggal dunia, beliau menyuruh Mu'adz menyampaikan kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan shalat lima waktu sehari semalam kepada mereka. Seandainya shalat witir itu wajib atau sebuah kewajiban tambahan dari Allah selain shalat lima waktu tersebut sebagaimana yang dipahami oleh orang yang kurang pengetahuan terhadap hadits dan tidak bisa membedakan mana yang shahih dan dha'if, niscaya Nabi memerintahkan Mu'adz bin Jabal untuk mengabarkan penduduk Yaman bahwa Allah telah mewajibkan shalat enam waktu, bukan lima waktu. Maka apa yang kami sebutkan adalah keterangan yang paling jelas, bahwa shalat witir bukanlah shalat wajib. Hanya kepada Allah kami memohon taufiq. 292

Shahih Ibnu Hibban #2420

صحيح ابن حبان ٢٤٢٠: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ زُهَيْرٍ، حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ أَخْزَمَ، حَدَّثَنَا أَبُو قُتَيْبَةَ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ‏:‏ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا مَرِضَ فَلَمْ يُصَلِّ مِنَ اللَّيْلِ، صَلَّى مِنَ النَّهَارِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2420: Ahmad bin Yahya bin Zuhair mengabarkan kepada kami, Zaid bin Akhram menceritakan kepada kami, Abu Qutaibah menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, dari Sa'd bin Hisyam, dari Aisyah, dia berkata, "Nabi apabila sakit dan belum shalat malam, maka beliau shalat pada siang hari sebanyak dua belas rakaat." 293 [47:5]