صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #2241

صحيح ابن حبان ٢٢٤١: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ كَثِيرٍ الْكُوفِيُّ- شَيْخٌ لَهُ قَدِيمٌ-، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي الْمِسْوَرُ بْنُ يَزِيدَ، قَالَ‏:‏ شَهِدْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ فِي الصَّلاَةِ، فَتَعَايَى فِي آيَةٍ، فَقَالَ رَجُلٌ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّكَ تَرَكْتَ آيَةً، قَالَ‏:‏ فَهَلاَّ أَذْكَرْتَنِيهَا، قَالَ‏:‏ ظَنَنْتُ أَنَّهَا قَدْ نُسِخَتْ، قَالَ‏:‏ فَإِنَّهَا لَمْ تُنْسَخْ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2241: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabaikan kepada kami, dia berkata: Ishaq bin Ibrahim Al Hanzhali menceritakan kepada kami, dia berkata: Marwan bin Mu'awiyah menceritakan kepada kami, dia berkata: Yahya bin Katsir Al Kufi —salah seorang guru mereka yang telah lama— menceritakan kepada kami, dia berkata: Al Musawwar bin Yazid menceritakan kepadaku, dia berkata, "Aku melihat Rasulullah sedang membaca dalam shalat, lalu beliau canggung dalam menyebut satu ayat, maka —setelah selesai shalat— berkatalah seorang laki-laki, Wahai Rasulullah, engkau tidak membaca satu ayat'. Beliau lalu berkata, 'Mengapa kamu tidak mengingatkanku?' Orang ini menjawab, 'Aku pikir ayat ini sudah di- nasakh (dihapus)'. Beliau menjawab, 'Tidak, ayat ini tidak dihapus."45 [84:1]

Shahih Ibnu Hibban #2242

صحيح ابن حبان ٢٢٤٢: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بَحْرِ بْنِ مُعَاذٍ الْبَزَّازُ بِنَسَا، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ شَابُورَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْعَلاَءِ بْنِ زَبْرٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى صَلاَةً فَالْتُبِسَ عَلَيْهِ، فَلَمَّا فَرَغَ قَالَ لأَبِي‏:‏ أَشَهِدْتَ مَعَنَا‏؟‏ قَالَ‏:‏ نَعَمْ، قَالَ‏:‏ فَمَا مَنَعَكَ أَنْ تَفْتَحَهَا عَلَيَّ‏؟‏‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2242: Abdurrahman bin Bahr bin Mu'adz Al Bazzaz mengabarkan kepada kami di Nasa, dia berkata: Hisyam bin Ammar menceritakan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Syu'aib bin Syabur menceritakan kepada kami, dia berkata: Abdullah bin Al Ala bin Zabr menceritakan kepada kami dari Salim bin Abdullah bin Umar, dari ayahnya, bahwa Nabi melaksanakan satu shalat, lalu hafalan beliau menjadi kacau, maka setelah selesai shalat, beliau berkata kepada Ubai, "Bukankah kamu shalat bersama kami?" Ubai menjawab, "Ya." Beliau berkata lagi, "Lalu apa yang menghalangimu untuk membetulkan bacaanku?" [84:1]

Shahih Ibnu Hibban #2243

صحيح ابن حبان ٢٢٤٣: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، قَالَ‏:‏ قَالَ عَبْدُ اللهِ‏:‏ كُنَّا نُسَلِّمُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَيَرُدُّ عَلَيْنَا- يَعْنِي فِي الصَّلاَةِ- فَلَمَّا أَنْ جِئْنَا مِنْ أَرْضِ الْحَبَشَةِ، سَلَّمْتُ عَلَيْهِ، فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيَّ، فَأَخَذَنِي مَا قَرُبَ وَمَا بَعُدَ، فَجَلَسْتُ حَتَّى قَضَى الصَّلاَةَ، قُلْتُ لَهُ‏:‏ إِنَّكَ كُنْتَ تَرُدُّ عَلَيْنَا، فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ اللَّهَ يُحْدِثُ مِنْ أَمْرِهِ مَا شَاءَ، وَقَدْ أَحْدَثَ مِنْ أَمْرِهِ قَضَاءً أَنْ لاَ تَكَلَّمُوا فِي الصَّلاَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2243: Abu Ya'la mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Uyainah menceritakan kepada kami dari Ashim, dari Abu Wa'il, dia berkata: Abdullah berkata,"Kami pernah mengucapkan salam kepada Nabi , dan beliau menjawab salam kami —yakni dalam shalat—. Namun ketika kami pulang dari Habsyah, aku memberi salam kepada beliau dan beliau tidak menjawabnya. Hal itu membuatku merasa takut dari kemungkinan yang jauh dan yang dekat, sehingga aku duduk sampai beliau selesai dari shalatnya. Setelah itu aku berkata kepadanya, Wahai Rasulullah, biasanya engkau menjawab salam kami?* Beliau menjawab, 'Sesungguhnya Allah membuat hukum baru sesuai dengan kehendak-Nya, dan kali ini Dia membuat aturan baru dalam shalat, bahwa tidak boleh berbicara dalam shalaf ."48

Shahih Ibnu Hibban #2244

صحيح ابن حبان ٢٢٤٤: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ بَشَّارٍ الرَّمَادِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَاصِمُ بْنُ أَبِي النَّجُودِ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ‏:‏ كُنَّا نُسَلِّمُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي الصَّلاَةِ فَيَرُدُّ عَلَيْنَا قَبْلَ أَنْ نَأْتِيَ أَرْضَ الْحَبَشَةِ، فَلَمَّا رَجَعْنَا مِنْ عِنْدِ النَّجَاشِيِّ، أَتَيْتُهُ وَهُوَ يُصَلِّي فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ، فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيَّ السَّلاَمَ، فَأَخَذَنِي مَا قَرُبَ وَمَا بَعُدَ، فَجَلَسْتُ أَنْتَظِرُهُ، فَلَمَّا قَضَى الصَّلاَةَ، قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، سَلَّمْتُ عَلَيْكَ وَأَنْتَ تُصَلِّي فَلَمْ تَرُدَّ عَلَيَّ السَّلاَمَ، فَقَالَ‏:‏ إِنَّ اللَّهَ يُحْدِثُ مِنْ أَمْرِهِ مَا يَشَاءُ، وَقَدْ أَحْدَثَ أَنْ لاَ نَتَكَلَّمَ فِي الصَّلاَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2244: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ibrahim bin Basysyar Ar-Ramadi menceritakan kepada kami, dia berkata: Sufyan menceritakan kepada kami, dia berkata: Ashim bin Abu An-Nujud menceritakan kepada kami dari Abu Wa'il, dari Ibnu Mas'ud, dia berkata: Kami biasa mengucapkan salam kepada Nabi ketika beliau sedang shalat dan beliau menjawab salam kami. Itu sebelum kami berangkat ke negeri Habasyah. Setelah kami pulang dari Najasyi, aku mendatangi beliau dan memberi salam ketika beliau sedang shalat, tapi kali ini beliau tidak menjawab salamku. Aku pun merasa gelisah dan duduk menunggu49 beliau. Setelah beliau selesai shalat, aku berkata,"Wahai Rasulullah, tadi aku memberi salam kepada engkau ketika sedang shalat, tapi engkau tidak menjawab?" Beliau bersabda,"Sesungguhnya Allah membuat aturan baru apa saja yang Dia kehendaki,50 dan Dia telah membuat aturan baru bahwa kita tidak boleh bicara dalam shalat."51 [101:2]

Shahih Ibnu Hibban #2245

صحيح ابن حبان ٢٢٤٥: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حِبَّانُ بْنُ مُوسَى، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي خَالِدٍ، عَنِ الْحَارِثِ بْنِ شُبَيْلٍ، عَنْ أَبِي عَمْرٍو الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ، قَالَ‏:‏ كُنَّا فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكَلِّمُ أَحَدُنَا صَاحِبَهُ فِي الصَّلاَةِ فِي حَاجَتِهِ، حَتَّى نَزَلَتْ هَذِهِ الآيَةُ‏:‏ ‏{‏حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاَةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ‏}‏، فَأُمِرْنَا حِينَئِذٍ بِالسُّكُوتِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ هَذِهِ اللَّفْظَةُ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ‏:‏ كُنَّا فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكَلِّمُ أَحَدُنَا صَاحِبَهُ فِي الصَّلاَةِ، قَدْ تُوهِمُ عَالِمًا مِنَ النَّاسِ أَنَّ نَسْخَ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ كَانَ بِالْمَدِينَةِ، لأَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ مِنَ الأَنْصَارِ، وَلَيْسَ كَذَلِكَ، لأَنَّ نَسْخَ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ كَانَ بِمَكَّةَ عِنْدَ رُجُوعِ ابْنِ مَسْعُودٍ وَأَصْحَابِهِ مِنْ أَرْضِ الْحَبَشَةِ‏.‏وَلِخَبَرِ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ مَعْنَيَانِ‏:‏أَحَدُهُمَا‏:‏ أَنَّهُ الْمُحْتَمِلُ أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ حَكَى إِسْلاَمَ الأَنْصَارِ قَبْلَ قُدُومِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ حَيْثُ كَانَ مُصْعَبُ بْنُ عُمَيْرٍ يُعَلِّمُهُمُ الْقُرْآنَ وَأَحْكَامَ الدِّينِ، وَحِينَئِذٍ كَانَ الْكَلاَمُ مُبَاحًا فِي الصَّلاَةِ بِمَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ سَوَاءٌ، فَكَانَ بِالْمَدِينَةِ مَنْ أَسْلَمَ مِنَ الأَنْصَارِ قَبْلَ قُدُومِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ يُكَلِّمُ أَحَدُهُمْ صَاحِبَهُ فِي الصَّلاَةِ قَبْلَ نَسْخِ الْكَلاَمِ فِيهَا، فَحَكَى زَيْدُ بْنُ أَرْقَمَ صَلاَتَهُمْ فِي تِلْكَ الأَيَّامِ، لاَ أَنَّ نَسْخَ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ كَانَ بِالْمَدِينَةِ‏.‏وَالْمَعْنَى الثَّانِي‏:‏ أَنَّهُ أَرَادَ بِهَذِهِ اللَّفْظَةِ الأَنْصَارَ وَغَيْرَهُمُ الَّذِينَ كَانُوا يَفْعَلُونَ ذَلِكَ قَبْلَ نَسْخِ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ عَلَى مَا يَقُولُ الْقَائِلُ فِي لُغَتِهِ، فَقُلْنَا‏:‏ كَذَا يُرِيدُ بِهِ بَعْضَ الْقَوْمِ الَّذِينَ فَعَلُوا لاَ الْكُلَّ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2245: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Hibban bin Musa menceritakan kepada kami, dia berkata: Abdullah mengabarkan kepada kami dari Ismail biii Abu Khalid, dari Al Harits bin Syubail, dari Abu Amr Asy-Syaibani, dari Zaid bin Arqam, dia berkata,"Pada masa Nabi kami biasa saling berbicara untuk membicarakan keperluan masing-masing, sampai kemudian turun ayat, 'Peliharalah semua shalat(mu) dan shalat wustha. Berdirilah untuk Allah dalam shalatmu dengan khusyu'. (QS. Al Baqarah [2]: 238). Kami diperintahkan untuk diam dalam shalat." 52 Abu Hatim RA berkata, "Lafazh ini dari Zaid bin Arqam, 'Pada masa Nabi kami terbiasa berbicara satu sama lain dalam shalat...'. Mayoritas orang beranggapan bahwa dihapusnya hukum boleh bicara dalam shalat terjadi di Madinah, karena Zaid bin Arqam orang Anshar. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian, sebab penghapusan hukum bicara dalam shalat terjadi di Makkah ketika Ibnu Mas'ud dan teman-temannya pulang dari Habasyah." 53 Khabar Zaid bin Arqam tersebut memiliki dua makna: Pertama, kemungkinan Zaid bin Arqam menceritakan keislaman kaum Anshar sebelum datangnya Rasulullah ke Madinah, yang Mush'ab bin Umair mengajarkan kepada kaum Anshar Al Qur'an serta hukum-hukum agama. Pada saat itu berbicara dalam shalat masih diperbolehkan, baik bagi yang berada di Makkah maupun di Madinah. Di Madinah ada sebagian kaum Anshar yang masuk Islam sebelum kedatangan Nabi , dan mereka terbiasa berbicara satu sama lain dalam shalat, sebelum hukumnya dihapus. Oleh karena itu, Zaid bin Arqam menceritakan shalat kaum Anshar pada saat itu, akan tetapi bukan berarti penghapusan hukum bolehnya berbicara dalam shalat terjadi di Madinah. Kedua, maksud kalimat ini yaitu, kaum Anshar dan kaum lain yang terbiasa berbicara dalam shalat sebelum hukum diperbolehkannya bicara dalam shalat, dihapus, sebagaimana diucapkan orang dalam pembicaraannya. Kami berkata, "begini" Maksudnya, sebagian orang yang melakukan hal itu tidak semuanya. [19:5]

Shahih Ibnu Hibban #2246

صحيح ابن حبان ٢٢٤٦: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ، عَنْ يَحْيَى الْقَطَّانِ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي خَالِدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي الْحَارِثُ بْنُ شُبَيْلٍ، عَنْ أَبِي عَمْرٍو الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ، قَالَ‏:‏ كَانَ الرَّجُلُ يُكَلِّمُ صَاحِبَهُ فِي الصَّلاَةِ بِالْحَاجَةِ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، حَتَّى نَزَلَتْ‏:‏ ‏{‏حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ‏}‏ الآيَةَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2246: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Musaddad bin Musarhad menceritakan kepada kami dari Yahya Al Qaththan, dari Ismail bin Abu Khalid, dia berkata: Al Harits bin Syubail menceritakan kepadaku dari Abu Amr Asy-Syaibani, dari Zaid bin Arqam, dia berkata, "Pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, biasanya seseorang berbincang-bincang dengan temannya dalam shalat untuk membicarakan keperluan mereka, sampai turunnya ayat,"Jagalah shalat-shalat..."54 [19:5]

Shahih Ibnu Hibban #2247

صحيح ابن حبان ٢٢٤٧: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الأَوْزَاعِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي هِلاَلُ بْنُ أَبِي مَيْمُونَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي عَطَاءُ بْنُ يَسَارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ الْحَكَمِ السُّلَمِيُّ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّا كُنَّا حَدِيثَ عَهْدٍ بِجَاهِلِيَّةٍ فَجَاءَ اللَّهُ بِالإِسْلاَمِ، وَإِنَّ رِجَالاً مِنَّا يَتَطَيَّرُونَ، قَالَ‏:‏ ذَلِكَ شَيْءٌ يَجِدُونَهُ فِي صُدُورِهِمْ، وَلاَ يَضُرُّهُمْ‏.‏قُلْتُ‏:‏ وَرِجَالاً مِنَّا يَأْتُونَ الْكَهَنَةَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ فَلاَ تَأْتُوهُمْ‏.‏قُلْتُ‏:‏ وَرِجَالاً مِنَّا يَخُطُّونَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ قَدْ كَانَ نَبِيٌّ مِنَ الأَنْبِيَاءِ يَخُطُّ، فَمَنْ وَافَقَ خَطَّهُ فَذَاكَ‏.‏قَالَ‏:‏ ثُمَّ بَيْنَا أَنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلاَةِ، إِذْ عَطَسَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ، فَقُلْتُ‏:‏ يَرْحَمُكَ اللَّهُ، فَحَدَّقَنِي الْقَوْمُ بِأَبْصَارِهِمْ، فَقُلْتُ‏:‏ وَاثُكْلَ أُمَّاهُ، مَا لَكُمْ تَنْظُرُونَ إِلَيَّ‏؟‏قَالَ‏:‏ فَضَرَبَ الْقَوْمُ بِأَيْدِيهِمْ عَلَى أَفْخَاذِهِمْ، قَالَ‏:‏ فَلَمَّا رَأَيْتُهُمْ يُسَكِّتُونِي سَكَتُّ، فَلَمَّا انْصَرَفَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ صَلاَتِهِ دَعَانِي، فَبِأَبِي هُوَ وَأُمِّي مَا رَأَيْتُ مُعَلِّمًا قَبْلَهُ، وَلاَ بَعْدَهُ أَحْسَنَ تَعْلِيمًا مِنْهُ، وَاللَّهِ مَا ضَرَبَنِي، وَلاَ كَهَرَنِي، وَلاَ سَبَّنِي، وَلَكِنْ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ صَلاَتَنَا هَذِهِ لاَ يَصْلُحُ فِيهَا شَيْءٌ مِنْ كَلاَمِ النَّاسِ، إِنَّمَا هُوَ التَّسْبِيحُ وَالتَّكْبِيرُ وَتِلاَوَةُ الْقُرْآنِ‏.‏قَالَ‏:‏ وَأَطْلَقْتُ غُنَيْمَةً لِي تَرْعَاهَا جَارِيَةٌ لِي قِبَلَ أُحُدٍ وَالْجَوَّانِيَّةِ، فَوَجَدْتُ الذِّئْبَ قَدْ ذَهَبَ مِنْهَا بِشَاةٍ، وَأَنَا رَجُلٌ مِنْ بَنِي آدَمَ آسَفُ كَمَا يَأْسَفُونَ، وَأَغْضَبُ كَمَا يَغْضَبُونَ، فَصَكَكْتُهَا صَكَّةً، فَأَخْبَرْتُ بِذَلِكَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَعَظَّمَ عَلَيَّ، فَقُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، لَوْ أَعْلَمُ أَنَّهَا مُؤْمِنَةٌ لَأَعْتَقْتُهَا، قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ ائْتِنِي بِهَا، فَجِئْتُ بِهَا، فَقَالَ‏:‏ أَيْنَ اللَّهُ‏؟‏ قَالَتْ‏:‏ فِي السَّمَاءِ، قَالَ‏:‏ مَنْ أَنَا‏؟‏ قَالَتْ‏:‏ أَنْتَ رَسُولُ اللهِ، قَالَ‏:‏ إِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ، فَأَعْتِقْهَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2247: Abdullah bin Muhammad bin Salm mengabarkaa kepada kami,dia berkata: Abdurrahman bin Ibrahim menceritakan kepada kami,dia berkata: Al Walid bin Muslim menceritakan kepada kami, dia berkata: Al Auza'i menceritakan kepada kami, dia berkata: Yahya bin Abi Katsir menceritakan kepadaku, dia berkata: Hilal bin Abu Maimunah menceritakan kepadaku, dia berkata: Atha bin Yasar55 menceritakan kepada kami, dia berkata: Mu'awiyah bin Al Hakam As-Sulami menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Wahai Rasulullah, kami baru saja meninggalkan masa jahiliah, lalu Allah menganugerahkan Islam kepada kami, namun masih ada orang-orang di antara kami yang merasa pesimis. Beliau lalu bersabda, "Itu merupakan sesuatu yang mereka dapatkan dalam hati mereka dan tidak akan membahayakan mereka.'' Aku bertanya lagi, "Ada sebagian orang dari kami yang masih mendatang dukun." Beliau bersabda, "Jangan mendatangi dukun. " Aku bertanya lagi, "Ada pula sebagian dari kami yang mengaku mengetahui hal gaib dengan menggunakan kerikil". Beliau bersabda, "Seorang nabi di antara para nabi terkadang mengetahui hal gaib, maka siapa yang mengetahui hal gaib seperti nabi, berarti dia benar. " Ketika aku sedang shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tiba-tiba ada seseorang yang bersin, maka aku mengucapkan, "Yarhamukallaah" (semoga Allah merahmatimu). Orang-orang pun menatapku tajam, sehingga aku berkata, "Ada apa?! Kenapa kalian menatapku?" Mereka lalu memukulkan tangan mereka ke paha-paha mereka, dan ketika aku melihat mereka menyuruhku untuk diam, aku pun diam. Setelah Rasulullah selesai melaksanakan shalat, beliau memanggilku. Sungguh, demi ayah dan ibuku, aku tak pernah melihat seorang guru yang lebih baik cara mengajarnya dibanding beliau. Demi Allah, beliau tidak memukul atau membentakku atau mengecamku, akan tetapi beliau bersabda, "Sesungguhnya shalat kita ini tidak boleh dicampuri dengan pembicaraan manusia. Itu (shalat) hanyalah tasbih, takbir, dan membaca Al Qur'an." Mu'awiyah berkata: Aku memberikan kambing kepada seorang budak wanita untuk digembalakan di daerah Uhud dan Jawwaniyyah. Lalu aku melihat seekor srigala melarikan seekor kambingku, maka aku menampar wajah budak wanita itu. Aku lalu melaporkan peristiwa tersebut kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dan ternyata beliau menyalahkanku dalam hal itu. Aku berkata kepada beliau, "Wahai Rasulullah, apabila aku mengetahui dia seorang budak wanita yang mukmin, maka akku akan memerdekakannya." Beliau berkata, "Bawa dia kepadaku." Aku pun membawanya, dan beliau bertanya, "Di mana Allah?" Budak wanita itu menjawab,"Di langit." Beliau bertanya lagi,"Siapakah aku?" Dia menjawab, "Engkau adalah utusan Allah." Beliau lalu bersabda,"Dia seorang mukmin, merdekakanlah dia"56 [19:5]

Shahih Ibnu Hibban #2248

صحيح ابن حبان ٢٢٤٨: أَخْبَرَنَا ابْنُ خُزَيْمَةَ، وَأَبُو خَلِيفَةَ، قَالاَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَحْيَى الْقَطَّانُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْحَجَّاجُ الصَّوَّافُ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ هِلاَلِ بْنِ أَبِي مَيْمُونَةَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ الْحَكَمِ السُّلَمِيِّ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّا كُنَّا حَدِيثَ عَهْدٍ بِجَاهِلِيَّةٍ، فَجَاءَ اللَّهُ بِالإِسْلاَمِ، وَإِنَّ رِجَالاً مِنَّا يَتَطَيَّرُونَ، قَالَ‏:‏ ذَلِكَ شَيْءٌ يَجِدُونَهُ فِي صُدُورِهِمْ، فَلاَ يَضُرُّهُمْ‏.‏ قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، مِنَّا رِجَالٌ يَأْتُونَ الْكَهَنَةَ، قَالَ‏:‏ فَلاَ تَأْتُوهُمْ‏.‏ قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، رِجَالٌ مِنَّا يَخُطُّونَ، قَالَ‏:‏ كَانَ نَبِيٌّ مِنَ الأَنْبِيَاءِ يَخُطُّ، فَمَنْ وَافَقَ خَطَّهُ فَذَاكَ‏.‏قَالَ‏:‏ وَبَيْنَا أَنَا أُصَلِّي مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ عَطَسَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ، فَقُلْتُ لَهُ‏:‏ يَرْحَمُكَ اللَّهُ، فَحَدَّقَنِي الْقَوْمُ بِأَبْصَارِهِمْ، فَقُلْتُ‏:‏ وَاثُكْلَ أُمَّيَاهُ، مَا لَكُمْ تَنْظُرُونَ إِلَيَّ‏؟‏ فَضَرَبَ الْقَوْمُ بِأَيْدِيهِمْ عَلَى أَفْخَاذِهِمْ، فَلَمَّا رَأَيْتُهُمْ يُصَمِّتُونَنِي لِكَيْ أَسْكُتَ سَكَتُّ، فَلَمَّا انْصَرَفَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعَانِي، فَبِأَبِي هُوَ وَأُمِّي، مَا رَأَيْتُ مُعَلِّمًا قَطُّ قَبْلَهُ، وَلاَ بَعْدَهُ أَحْسَنَ تَعْلِيمًا مِنْهُ، وَاللَّهِ مَا ضَرَبَنِي، وَلاَ كَهَرَنِي، وَلاَ شَتَمَنِي، وَلَكِنْ قَالَ‏:‏ إِنَّ صَلاَتَنَا هَذِهِ لاَ يَصْلُحُ فِيهَا شَيْءٌ مِنْ كَلاَمِ النَّاسِ، إِنَّمَا هِيَ التَّكْبِيرُ، وَالتَّسْبِيحُ، وَتِلاَوَةُ الْقُرْآنِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2248: Ibnu Khuzaimah dan Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, keduanya berkata: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, dia berkata: Yahya Al Qaththan menceritakan kepada kami, dia berkata: Al Hajjaj Ash-Shawwaf menceritakan kepada kami dari Yahya bin Abu Katsir, dari Hilal bin Abu Maimunah, dari Atha bin Yasar, dari Mu'awiyah bin Al Hakam As-Sulami, dia berkata: Aku berkata, "Wahai Rasulullah, kami baru saja meninggalkan masa jahiliah, lalu Allah menganugerahkan Islam kepada kami, namun masih ada orang-orang di antara kami yang pesimis." Beliau lalu bersabda, "Itu adalah sesuatu yang mereka dapatkan dalam hati mereka, dan tidak akan membahayakan mereka." Aku bertanya lagi, "Ada sebagian orang dari kami yang masih mendatangi dukun." Beliau bersabda, "Jangan mendatangi dukun" Aku bertanya lagi, "Ada pula sebagian dari kami yang mengaku mengetahui hal gaib." Beliau bersabda, "Seorang nabi diantara para nabi mengetahui hal gaib, maka siapa yang mengetahui hal gaib sesuai dengan dengan nabi itu, maka dia benar." Ketika aku sedang shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tiba-tiba ada seseorang yang bersin, maka aku mengucapkan, "YARHAMUKALLAAH" (semoga Allah merahmatimu). Orang-orang pun menatapku tajam, sehingga aku berkata, "Ada apa! Kenapa kalian menatapku?!" Mereka lalu menepuk paha-paha mereka dengan tangan mereka. Ketika aku melihat mereka menyuruhku untuk diam,57 aku pun diam. Setelah Rasulullah selesai dari shalatnya, beliau memanggilku. Demi ayah dan ibuku, aku tak pernah melihat seorang guru sebelum dan sesudahnya yang lebih baik cara mengajarnya dibanding beliau. Demi Allah, beliau tidak memukul atau membentakku atau mengecamku, tetapi beliau bersabda, "Sesungguhnya shalat kita ini tidak boleh dicampuri dengan pembicaraan manusia, akan tetapi dalam shalat adalah takbir, tasbih, dan membaca Al Qur'an. "58 [101:2]

Shahih Ibnu Hibban #2249

صحيح ابن حبان ٢٢٤٩: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ أَبِي تَمِيمَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَلَّمَ مِنَ اثْنَتَيْنِ مِنْ صَلاَةِ الْعَشِيِّ، فَقَامَ إِلَيْهِ ذُو الْيَدَيْنِ، فَقَالَ‏:‏ أَقُصِرَتِ الصَّلاَةُ أَمْ نَسِيتَ‏؟‏ فَقَالَ‏:‏ كُلُّ ذَلِكَ لَمْ يَكُنْ، ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ، فَقَالَ‏:‏ أَكَمَا يَقُولُ ذُو الْيَدَيْنِ‏؟‏ قَالُوا‏:‏ نَعَمْ‏.‏ فَأَتَمَّ مَا بَقِيَ مِنَ الصَّلاَةِ، ثُمَّ سَلَّمَ، ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ هَذَا خَبَرٌ أَوْهَمَ عَالِمًا مِنَ النَّاسِ أَنَّ هَذِهِ الصَّلاَةَ كَانَتْ حَيْثُ كَانَ الْكَلاَمُ مُبَاحًا فِي الصَّلاَةِ، ثُمَّ نُسِخَ هَذَا الْخَبَرُ بِتَحْرِيمِ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ، وَلَيْسَ كَذَلِكَ، لأَنَّ نَسْخَ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ كَانَ بِمَكَّةَ عِنْدَ رُجُوعِ ابْنِ مَسْعُودٍ مِنْ أَرْضِ الْحَبَشَةِ، وَذَلِكَ قَبْلَ الْهِجْرَةِ بِثَلاَثِ سِنِينَ، وَرَاوِي هَذَا الْخَبَرِ أَبُو هُرَيْرَةَ، وَأَبُو هُرَيْرَةَ أَسْلَمَ سَنَةَ خَيْبَرَ سَنَةَ سَبْعٍ مِنَ الْهِجْرَةِ، فَذَلِكَ مَا وَصَفْتُ، عَلَى أَنَّ قِصَّةَ ذِي الْيَدَيْنِ كَانَ بَعْدَ نَسْخِ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ بِعَشْرِ سِنِينَ سَوَاءٌ، فَكَيْفَ يَكُونُ الْخَبَرُ الْمُتَأَخِّرِ مَنْسُوخًا بِالْخَبَرِ الْمُتَقَدِّمِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2249: Umar bin Sa'id bin Sinan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ahmad bin Abu Bakr mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Ayyub bin Abu Tamimah, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah, bahwa Nabi salam pada dua rakaat pertama shalat Isya, maka Dzul Yadain berdiri dan berkata, "Apakah shalat telah dipendekkan? Atau engkau lupa?" Beliau menjawab, "Tidak dua-duanya." Beliau lalu menghadap kepada jamaah, lalu bertanya, "Apakah benar perkataan Dzul Yadain?" Mereka menjawab, "Benar." Beliau lalu menyempurnakan shalat yang tertinggal, kemudian salam, lalu sujud dua kali sebagai sujud sahwi. 59 [101:2] Abu Hatim berkata: Itu merupakan khabar yang kadang membuat kebanyakan orang salah paham, yang mengira bahwa peristiwa itu terjadi saat berbicara dalam shalat masih diperbolehkan, kemudian khabar ini dihapus oleh larangan berbicara dalam shalat. Padahal tidak demikian, karena penghapusan hukum bolehnya bicara dalam shalat terjadi di Makkah, ketika kepulangan Ibnu Mas'ud dari negeri Habasyah, yaitu tiga tahun sebelum hijrah. Sedangkan perawi khabar tersebut adalah Abu Hurairah, yang masuk Islam pada tahun Khaibar, yaitu 7 H. Berarti, kisah Dzul Yadain teijadi setelah sepuluh tahun penghapusan hukum bolehnya bicara dalam shalat. Jadi, bagaimana mungkin khabar terakhir dihapus oleh khabar terdahulu?

Shahih Ibnu Hibban #2250

صحيح ابن حبان ٢٢٥٠: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي خَالِدٍ، عَنِ الْحَارِثِ بْنِ شُبَيْلٍ، عَنْ أَبِي عَمْرٍو الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ، قَالَ‏:‏ كُنَّا نَتَكَلَّمُ فِي الصَّلاَةِ بِالْحَاجَةِ حَتَّى نَزَلَتْ هَذِهِ الآيَةُ‏:‏ ‏{‏حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاَةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ‏}‏، فَأُمِرْنَا بِالسُّكُوتِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ هَذَا الْخَبَرُ يُوهِمُ مَنْ لَمْ يَطْلُبِ الْعِلْمَ مِنْ مَظَانِّهِ أَنَّ نَسْخَ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ كَانَ بِالْمَدِينَةِ، وَأَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ لَمْ يَشْهَدْ قِصَّةَ ذِي الْيَدَيْنِ، وَذَاكَ أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ مِنَ الأَنْصَارِ، وَقَالَ‏:‏ كُنَّا نَتَكَلَّمُ فِي الصَّلاَةِ بِالْحَاجَةِ، وَلَيْسَ مِمَّا يَذْهَبُ إِلَيْهِ الْوَاهِمُ فِيهِ فِي شَيْءٍ مِنْهُ، وَذَلِكَ أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ كَانَ مِنَ الأَنْصَارِ الَّذِينَ أَسْلَمُوا بِالْمَدِينَةِ، وَصَلَّوْا بِهَا قَبْلَ هِجْرَةِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَيْهَا، وَكَانُوا يُصَلُّونَ بِالْمَدِينَةِ كَمَا يُصَلِّي الْمُسْلِمُونَ بِمَكَّةَ فِي إِبَاحَةِ الْكَلاَمِ فِي الصَّلاَةِ لَهُمْ، فَلَمَّا نُسِخَ ذَلِكَ بِمَكَّةَ نُسِخَ كَذَلِكَ بِالْمَدِينَةِ، فَحَكَى زَيْدٌ مَا كَانُوا عَلَيْهِ، لاَ أَنَّ زَيْدًا حَكَى مَا لَمْ يَشْهَدْهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2250: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: Isa bin Yunus menceritakan kepada kami dari Ismail bin Abu Khalid, dari Al Harits bin Syubail, dari Abu Amr Asy-Syaibani, dari Zaid bin Arqam, dia berkata, "Kami biasa berbicara dalam shalat tentang keperluan masing-masing, sampai turunnya ayat: 'Peliharalah semua shalat itu, dan shalat wustha. Dan laksanakanlah karena Allah dengan khusyu'. " (Qs. Al Baqarah [2]: 238) Kami diperintahkan untuk diam."60 [101:2] Abu Hatim berkata, "Khabar ini dapat membuat keraguan bagi orang yang belum mendapatkan ilmu dari sumbernya, sehingga beranggapan bahwa di-naskh-nya hukum dibolehkan berbicara dalam shalat ini terjadi di Madinah, dan Abu Hurairah tidak menyaksikan kisah Dzul Yadain tersebut, dikarenakan Zaid bin Arqam adalah seorang Anshar, dia berkata, "Kami biasa berbicara dalam shalat, membicarakan keperluan kami masing-masing." Akan tetapi, tidak ada yang bisa membenarkan pemahaman seperti ini, karena Zaid bin Arqam orang Anshar yang masuk Islam di Madinah dan shalat di sana sebelum kedatangan Nabi ke Madinah, dan memang mereka sudah melaksanakan shalat di Madinah. Sebagaimana kaum muslim di Makkah, kebolehan bicara dalam shalat juga berlaku di Madinah. Ketika hukum itu dihapus di Makkah, penghapusan hukum itu pun berlaku di Madinah. Oleh karena itu, Zaid menceritakan apa yang dia lihat, bukan yang tidak dia lihat.