صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #2101

صحيح ابن حبان ٢١٠١: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكَّارِ بْنِ الرَّيَّانِ الْبَغْدَادِيُّ، حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، عَنْ زَائِدَةَ بْنِ قُدَامَةَ، عَنِ السَّائِبِ بْنِ حُبَيْشٍ، عَنْ مَعْدَانَ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ، قَالَ‏:‏ سَأَلَنِي أَبُو الدَّرْدَاءِ أَيْنَ مَسْكَنُكَ‏؟‏ قُلْتُ‏:‏ فِي قَرْيَةٍ دُونَ حِمْصٍ قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ‏:‏ مَا مِنْ ثَلاَثَةٍ فِي قَرْيَةٍ وَلاَ بَدْوٍ لاَ تُقَامُ فِيهِمُ الصَّلاَةُ إِلاَّ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ، فَعَلَيْكَ بِالْجَمَاعَةِ، فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ قَالَ السَّائِبُ‏:‏ إِنَّمَا يَعْنِي بِالْجَمَاعَةِ جَمَاعَةَ الصَّلاَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2101: Abu Ya'la mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Bakkar bin Ar-Rayyan Al Baghdadi menceritakan kepada kami, Marwan bin Muawiyah menceritakan kepada kami dari Zaidah bin Qudamah, dari As-Sa'ib bin Hubaisy, dari Ma'dan bin Abi Thalhah, dia berkata: Abu Ad-Darda bertanya kepadaku, “Di mana rumahmu?” Aku menjawab, “Di desa sebelum Himsh.” Dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Apabila orang yang tinggal di desa atau di pedalaman tidak menunaikan shalat (jamaah), maka syetan akan menguasai mereka. Oleh karena itu, tetaplah kalian dalam jamaah, karena srigala hanya memakan binatang yang berpisah dari gerombolannya ’ .” 521

Shahih Ibnu Hibban #2102

صحيح ابن حبان ٢١٠٢: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالاَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ‏:‏ سَقَطَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ فَرَسٍ فَجُحِشَ شِقُّهُ الأَيْمَنُ فَحَضَرَتْ صَلاَةٌ فَصَلَّى بِنَا قَاعِدًا، فَلَمَّا قَضَى صَلاَتَهُ قَالَ‏:‏ إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ، فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا، وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا، وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا، وَإِذَا قَالَ‏:‏ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا‏:‏ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَإِذَا صَلَّى قَاعِدًا فَصَلُّوا قُعُودًا أَجْمَعِينَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2102: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami dia berkata: Abu Khaitsamah dan Abu Bakar bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Anas, dia berkata, “Rasulullah jatuh dari kuda dan pinggang kanan beliau terluka, maka setelah waktu shaiat tiba, beliau shalat mengimami kami dengan duduk. Seusai shalat, beliau bersabda, ‘Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti. Bila dia takbir, takbirlah kalian. Bila dia ruku, rukulah kalian. Bila dia bangun, bangunlah kalian. Bila dia mengucapkan, ‘Sami'allaahu liman hamidah’ ucapkanlah, ‘Rabbana lakal hamdu’. Bila dia shalat dengan duduk, shalatlah kalian semua dengan duduk’." 522 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2103

صحيح ابن حبان ٢١٠٣: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ بْنُ أَسْمَاءَ، عَنْ مَالِكٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكِبَ فَرَسًا فَصُرِعَ يَعْنِي فَجُحِشَ شِقُّهُ الأَيْمَنُ، فَصَلَّى صَلاَةً مِنَ الصَّلَوَاتِ وَهُوَ قَاعِدٌ فَصَلَّيْنَا وَرَاءَهُ قُعُودًا فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ‏:‏ إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ، فَإِذَا صَلَّى قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا، وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا، وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا، وَإِذَا قَالَ‏:‏ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا‏:‏ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَإِذَا صَلَّى جَالِسًا فَصَلُّوا جُلُوسًا أَجْمَعُونَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2103: Al Fadhl bin Al Hubab mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abdullah bin Muhammad bin Asma menceritakan kepada kami, dia berkata: Juwairiyyah bin Asma menceritakan kepada kami dari Malik, dari Ibnu Syihab, dari Anas, bahwa Rasulullah naik kuda, lalu beliau teijatuh —sehingga pinggang kanan beliau terluka— maka beliau shalat dengan duduk, dan kami pun shalat di belakang beliau dengan duduk. Seusai shalat, beliau bersabda, “Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti. Apabila dia shalat berdiri, shalatlah kalian dengan berdiri. Bila dia ruku, rukulah kalian. Bila dia bangun, bangunlah kalian Bila dia mengucapkan, ‘Sami'allaahu liman hamidah’, ucapkanlah, ‘Rabbanaa walakal hamduBila dia shalat dengan duduk, shalatlah kalian semua dengan duduk’.” 523 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2104

صحيح ابن حبان ٢١٠٤: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا قَالَتْ‏:‏ صَلَّى رسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَيْتِهِ وَهُوَ شَاكٍ فَصَلَّى جَالِسًا وَصَلَّى وَرَاءَهُ قَوْمٌ قِيَامًا فَأَشَارَ إِلَيْهِمْ أَنِ اجْلِسُوا فَلَمَّا انْصَرَفَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا، وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا، وَإِذَا صَلَّى جَالِسًا فَصَلُّوا جُلُوسًا‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ هَذِهِ السُّنَّةُ رَوَاهَا عَنِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ وَعَائِشَةُ، وَأَبُو هُرَيْرَةَ، وَجَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، وَعَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ، وَأَبُو أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ‏.‏وَهُوَ قَوْلُ أُسَيْدِ بْنِ حُضَيْرٍ، وَقَيْسِ بْنِ قَهْدٍ، وَجَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، وَأَبِي هُرَيْرَةَ وَبِهِ قَالَ جَابِرُ بْنُ زَيْدٍ، وَالأَوْزَاعِيُّ، وَمَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، وَأَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ، وَإِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، وَأَبُو أَيُّوبَ سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْهَاشِمِيُّ، وَأَبُو خَيْثَمَةَ، وَابْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَمُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ مِنْ أَصْحَابِ الْحَدِيثِ مِثْلَ مُحَمَّدِ بْنِ نَصْرٍ، وَمُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ‏.

Shahih Ibnu Hibban 2104: Umar bin Sa'id bin Sinan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, dia berkata, “Rasulullah shalat di rumahnya ketika sedang sakit. Beliau shalat dengan duduk, sementara orang-orang yang di belakang beliau shalat dengan berdiri, maka beliau memberi isyarat kepada mereka agar duduk. Seusai shalat, beliau bersabda, “Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti; bila dia ruku, rukulah kalian. Bila dia bangun, bangunlah kalian. Bila dia duduk, shalatlah kalian dengan duduk.”524 [1:5] Abu Hatim RA berkata, “Sunnah ini diriwayatkan dari Nabi oleh Anas bin Malik525, Aisyah, Abu Hurairah, 526 Jabir bin Abdullah, 527 Abdullah bin Umar bin Khattab, 528 dan Abu Umamah Al Bahili.” Pendapat itulah yang dinyatakan oleh Usaid bin Khudhair, 529 Qais bin Qahd, 530 Jabir bin Abdullah, 531 dan Abu Hurairah. 532 Inilah yang dinyatakan oleh Jabir bin Zaid, A1 Auza'i, Malik bin Anas, Ahmad bin Hambal, Ishaq bin Ibrahim, Abu Ayyub Sulaiman bin Daud Al Hasyimi, Abu Khaitsamah, Ibnu Abi Syaibah, Muhammad bin Ismail, dan para pengikut mereka dari kalangan Ashabul Hadits, seperti Muhammad bin Nashr dan Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah.

Shahih Ibnu Hibban #2105

صحيح ابن حبان ٢١٠٥: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ ذَرُونِي مَا تَرَكْتُكُمْ، فَإِنَّمَا هَلَكَ مَنْ قَبْلَكُمْ بِسُؤَالِهِمْ وَاخْتِلاَفِهِمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ، فَإِذَا نَهَيْتُكُمْ عَنْ شَيْءٍ فَاجْتَنِبُوهُ، وَإِذَا أَمَرْتُكُمْ بِالأَمْرِ فَأَتَوْا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2105: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: Abdurrazzaq mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ma’maar mengabarkan kepada kami dari Hammam bin Munabbih, dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah bersabda, “Biarkanlah apa yang kutinggalkan untuk kalian. Sesungguhnya umat-umat sebelum kalian menjadi hancur disebabkan mereka banyak bertanya dan sering berselisih dengan nabi-nabi mereka. Apabila aku melarang kalian melakukan sesuatu, maka jauhilah (tinggalkanlah); dan bila aku memerintahkan kalian melakukan sesuatu, maka lakukanlah semampu kalian.533 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2106

صحيح ابن حبان ٢١٠٦: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ جَدِّي، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَجْلاَنَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ ذَرُونِي مَا تَرَكْتُكُمْ، فَإِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ بِسُؤَالِهِمْ وَاخْتِلاَفِهِمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ فَمَا، أُمِرْتُمْ فَأَتَوْا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَمَا نَهَيْتُ، عَنْهُ فَانْتَهُوا‏.‏قَالَ ابْنُ عَجْلاَنَ‏:‏ حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَزَادَ فِيهِ‏:‏ وَمَا أَخْبَرْتُكُمْ أَنَّهُ مِنْ عِنْدِ اللهِ فَهُوَ الَّذِي لاَ شَكَّ فِيهِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ فِي هَذَا الْخَبَرِ بَيَانٌ وَاضِحٌ أَنَّ النَّوَاهِيَ عَنِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلَّهَا عَلَى الْحَتْمِ وَالإِيجَابِ حَتَّى تَقُومَ الدَّلاَلَةُ عَلَى نُدْبِيَّتِهَا، وَأَنَّ أَوَامِرَهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحَسْبِ الطَّاقَةِ وَالْوُسْعِ عَلَى الإِيجَابِ حَتَّى تَقُومَ الدَّلاَلَةُ عَلَى نُدْبِيَّتِهَا، قَالَ اللَّهُ جَلَّ وَعَلاَ‏:‏ ‏{‏وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا‏}‏، ثُمَّ نَفَى الإِيمَانَ، عَنْ مَنْ لَمْ يُحَكِّمْ رَسُولَهُ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ مِنْ حَيْثُ لاَ يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ مِمَّا قَضَى وَحَكَمَ حَرَجًا وَيُسَلِّمُوا لِلَّهِ وَلِرَسُولِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيمًا بِتَرْكِ الآرَاءِ الْمَعْكُوسَةِ وَالْمُقَايَسَاتِ الْمَنْكُوسَةِ، فَقَالَ‏:‏ ‏{‏فَلاَ وَرَبِّكَ لاَ يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لاَ يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا‏}‏‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2106: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abdul Malik bin Syu'aib bin Al-Laits bin Sa'd menceritakan kepada kami, dia berkata: Ayahku menceritakan kepadaku dari kakekku, dari Muhammad bin Ajlan, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Biarkanlah apa yang kutinggalkan untuk kalian. Sesungguhnya umat-umat sebelum kalian hancur disebabkan mereka banyak bertanya dan berselisih dengan nabi-nabi mereka. Apa yang kuperintahkan, lakukanlah semampu kalian, dan apa yang kularang, jauhilah!”534 Ibnu Ajian berkata: Zaid bin Aslam menceritakan kepadaku dari Abu Shalih As-Samman, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Di dalamnya ditambahkan, “Apa yang kuberitahukan kepada kalian dari Allah, itulah yang tidak ada keraguan di dalamnya."525 [1:5] Abu Hatim RA berkata: Khabar ini merupakan uraian yang jelas, bahwa larangan-larangan dari Nabi semuanya menunjukkan wajib (untuk dijauhi) sampai ada dalil yang menunjukkan Sunnahnya. Selain itu, perintah-perintahnya yang dilaksanakan sesuai kemampuan menunjukkan wajib (untuk dilaksanakan) sampai ada dalil yang menunjukkan Sunnahnya. Allah SWT berfirman, “Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.” (Qs. Al Hasyr [59]: 7) Allah lalu meniadakan iman pada orang-orang yang tidak menjadikan beliau sebagai hakim dalam perkara yang mereka perdebatkan, lalu hati mereka tidak merasa keberatan atas putusan yang beliau berikan dan mereka menerima sepenuhnya keputusan yang diberikan Allah dan Rasul-Nya dengan meninggalkan pendapat pribadi dan analogi yang menyimpang. Allah SWT berfirman, “Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, (sehingga) kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang engkau berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya”(Qs. An-Nisaa' [4]: 75)

Shahih Ibnu Hibban #2107

صحيح ابن حبان ٢١٠٧: أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِدْرِيسَ الأَنْصَارِيُّ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ‏:‏ إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَلاَ تَخْتَلِفُوا عَلَيْهِ، فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا، وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا، وَإِذَا قَالَ‏:‏ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا‏:‏ اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَإِذَا صَلَّى قَاعِدًا فَصَلُّوا قُعُودًا أَجْمَعُونَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَدْ زَجَرَ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هَذَا الْخَبَرِ الْمَأْمُومِينَ عَنِ الاِخْتِلاَفِ عَلَى إِمَامِهِمْ إِذَا صَلَّى قَاعِدًا وَهُوَ مِنَ الضَّرْبِ الَّذِي ذَكَرْتُ فِي غَيْرِ مَوْضِعٍ مِنْ كُتُبِنَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ يَزْجُرُ عَنِ الشَّيْءِ بِلَفْظِ الْعُمُومِ، ثُمَّ يَسْتَثْنِي بَعْضَ ذَلِكَ الشَّيْءِ الْمَزْجُورِ عَنْهُ فَيُبِيحُهُ لِعِلَّةٍ مَعْلُومَةٍ كَمَا نَهَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْمُزَابَنَةِ بِلَفْظٍ مُطْلَقٍ، ثُمَّ اسْتَثْنَى بَعْضَهَا وَهُوَ الْعَرِيَّةُ فَأَبَاحَهَا بِشَرْطٍ مَعْلُومٍ لِعِلَّةٍ مَعْلُومَةٍ وَكَذَلِكَ يَأْمُرُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الأَمْرَ بِلَفْظِ الْعُمُومِ، ثُمَّ يَسْتَثْنِي بَعْضَ ذَلِكَ الْعُمُومِ فَيَحْظُرُهُ لِعِلَّةٍ مَعْلُومَةٍ كَمَا أَمَرَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَأْمُومِينَ وَالأَئِمَّةَ جَمِيعًا أَنْ يُصَلُّوا قِيَامًا إِلاَّ عِنْدَ الْعَجْزِ عَنْهُ، ثُمَّ اسْتَثْنَى بَعْضَ هَذَا الْعُمُومِ وَهُوَ إِذَا صَلَّى إِمَامُهُمْ قَاعِدًا فَزَجَرَهُمْ، عَنِ اسْتِعْمَالِهِ مَسْتَثْنًى مِنْ جُمْلَةِ الأَمْرِ الْمُطْلَقِ وَلِهَذَا نَظَائِرُ كَثِيرَةٌ مِنَ السُّنَنِ سَنَذْكُرُهَا فِي مَوَاضِعِهَا مِنْ هَذَا الْكِتَابِ إِنْ قَضَى اللَّهُ ذَلِكَ وَشَاءَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2107: Al Husain bin Idris Al Anshari mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Abu Az-Zinad, dari Al A'raj, dari Abu Hurairah, bahwa Nabi bersabda, “Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk dikuti. Oleh karena itu, janganlah kalian menyelisihinya. Apabila dia takbir, takbirlah. Apabila dia ruku, rukulah. Apabila dia mengucapkan, ‘Sami’allaahu liman hamidah ’, ucapkanlah, 'Allaahumma rabbanaa lakal hamdu’ Apabila dia shalat dengan duduk, shalatlah kalian semua dengan duduk”536 [1:5] Abu Hatim RA berkata, “Dalam khabar ini Rasulullah melarang para makmum menyelisihi imam mereka apabila dia shalat dengan duduk. Ini termasuk bagian yang telah saya uraikan dalam kitab-kitab kami, bahwa Nabi terkadang melarang sesuatu dengan kata-kata umum, lalu mengecualikan sebagian sesuatu yang dilarang tersebut dengan membolehkannya karena suatu alasan yang diketahui. Contoh: Beliau melarang muzabanah537 dengan kata-kata umum, lalu mengecualikan sebagiannya, yaitu ariyyah538 Beliau membolehkannya dengan syarat yang diketahui dan alasan yang diketahui. Beliau juga memerintahkan melakukan sesuatu dengan kata-kata umum lalu mengecualikan sebagian kata yang umum tersebut dengan melarangnya karena alasan yang diketahui. Seperti halnya beliau menyuruh para makmum dan para imam shalat dengan berdiri kecuali ketika tidak mampu, kemudian beliau mengecualikan sebagian keumuman tersebut, yaitu bila imam shalat dengan duduk. Beliau melarang mereka melakukannya (shalat dengan berdiri) yang merupakan pengecualian dari perintah yang bersifat umum. Hal-hal yang semisal dengan ini banyak sekali ditemukan dalam Sunnah. Kami akan menguraikannya dalam kitab ini pada pembahasannya.

Shahih Ibnu Hibban #2108

صحيح ابن حبان ٢١٠٨: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ بْنِ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكِبَ فَرَسًا فَصُرِعَ عَنْهُ فَجُحِشَ شِقُّهُ الأَيْمَنُ، قَالَ أَنَسٌ‏:‏ فَصَلَّى لَنَا يَوْمَئِذٍ صَلاَةً مِنَ الصَّلَوَاتِ وَهُوَ قَاعِدٌ فَصَلَّيْنَا وَرَاءَهُ قُعُودًا، ثُمَّ قَالَ حِينَ سَلَّمَ‏:‏ إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ، فَإِذَا صَلَّى الإِمَامُ قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا، وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا، وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا، وَإِذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوا، وَإِذَا قَالَ‏:‏ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا‏:‏ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ، وَإِذَا صَلَّى قَاعِدًا فَصَلُّوا قُعُودًا أَجْمَعُونَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2108: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, dia berkata: Amr bin Utsman bin Sa'id menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada kami, dia berkata: Syu'aib bin Abi Hamzah menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dia berkata: Anas bin Malik mengabarkan kepadaku, bahwa Rasulullah naik kuda, lalu jatuh, sehingga pinggang kanan beliau terluka. Beliau pun shalat mengimami kami dengan duduk, dan kami shalat di belakang beliau dengan duduk. Seusai salam, beliau bersabda, “Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti. Apabila dia shalat berdiri, shalatlah kalian dengan berdiri. Apabila dia ruku, rukulah kalian. Apabila dia bangun (dari ruku), bangunlah. Apabila dia sujud, sujudlah. Apabila dia mengucapkan, ‘Sami’allaahu liman hamidah' ucapkanlah, ‘Rabbanaa walakal hamdu’. Apabila dia shalat dengan duduk, shalatlah kalian semua dengan duduk.” 539 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2109

صحيح ابن حبان ٢١٠٩: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَوْثَرَةُ بْنُ أَشْرَسَ الْعَدَوِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ أَبِي الصَّهْبَاءِ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِي نَفَرٍ مِنْ أَصْحَابِهِ فَقَالَ‏:‏ أَلَسْتُمْ تَعْلَمُونَ أَنِّي رَسُولُ اللهِ إِلَيْكُمْ‏؟‏ قَالُوا‏:‏ بَلَى نَشْهَدُ أَنَّكَ رَسُولُ اللهِ قَالَ‏:‏ أَلَسْتُمْ تَعْلَمُونَ أَنَّهُ مَنْ أَطَاعَنِي فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمِنْ طَاعَةِ اللهِ طَاعَتِي‏؟‏ قَالُوا‏:‏ بَلَى نَشْهَدُ أَنَّهُ مَنْ أَطَاعَكَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمِنْ طَاعَةِ اللهِ طَاعَتُكَ، قَالَ‏:‏ فَإِنَّ مِنْ طَاعَةِ اللهِ أَنْ تُطِيعُونِي، وَمِنْ طَاعَتِي أَنْ تُطِيعُوا أُمَرَاءَكُمْ، وَإِنْ صَلُّوا قُعُودًا فَصَلُّوا قُعُودًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2109: Abu Yala mengabarkan kepada kami, dia berkata: Hautsarah bin Asyras Al Adawi menceritakan kepada kami, dia berkata: Uqbah bin Abi Ash-Shahba menceritakan kepada kami dari Salim bin Abdullah bin Umar, dari ayahnya, bahwa ketika Rasulullah sedang bersama beberapa orang sahabatnya, beliau bertanya, "Bukankah kalian mengetahui bahwa aku ini utusan Allah?” Mereka menjawab, “Ya, kami bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah.” Beliau bertanya lagi, “Bukankah kalian mengetahui bahwa siapa saja yang menaatiku berarti telah menaati Allah, dan di antara ketaatan kepada Allah adalah dengan menaatiku?" Mereka menjawab, “Ya, kami bersaksi bahwa siapa saja yang menaati engkau berarti telah taat kepada Allah, dan di antara ketaatan kepada Allah adalah dengan mentaati engkau.540” Beliau lalu bersabda, “Sesungguhnya di antara ketaatan kepada Allah adalah dengan menaatiku, dan di antara ketaatan kepadaku adalah taat kepada para pemimpin kalian. Apabila mereka shalat dengan duduk, maka shalatlah kalian dengan duduk.” 541 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2110

صحيح ابن حبان ٢١١٠: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَوْثَرَةُ، بِإِسْنَادِهِ نَحْوَهُ إِلاَّ أَنَّهُ قَالَ‏:‏ وَمِنْ طَاعَتِي أَنْ تُطِيعُوا أَئِمَّتَكُمْ أَخْبَرْنَاهُ أَبُو يَعْلَى الْمَوْصِلِيُّ قَالَ‏:‏ سَأَلْتُ يَحْيَى بْنَ مَعِينٍ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ أَبِي الصَّهْبَاءِ فَقَالَ‏:‏ ثِقَةٌ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ فِي هَذَا الْخَبَرِ بَيَانٌ وَاضِحٌ أَنَّ صَلاَةَ الْمَأْمُومِينَ قُعُودًا إِذَا صَلَّى إِمَامُهُمْ قَاعِدًا مِنْ طَاعَةِ اللهِ جَلَّ وَعَلاَ الَّتِي أَمَرَ عِبَادَهُ وَهُوَ عِنْدِي ضَرْبٌ مِنَ الإِجْمَاعِ الَّذِي أَجْمَعُوا عَلَى أَجَازَتِهِ؛ لأَنَّ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَةٌ أَفْتَوْا بِهِ جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، وَأَبُو هُرَيْرَةَ، وَأُسَيْدُ بْنُ حُضَيْرٍ، وَقَيْسُ بْنُ قَهْدٍ، وَالإِجْمَاعُ عِنْدَنَا إِجْمَاعُ الصَّحَابَةِ الَّذِينَ شَهِدُوا هُبُوطَ الْوَحْيِ وَالتَّنْزِيلِ وَأُعِيذُوا مِنَ التَّحْرِيفِ وَالتَّبْدِيلِ حَتَّى حَفِظَ اللَّهُ بِهِمُ الدِّينَ عَلَى الْمُسْلِمِينَ وَصَانَهُ عَنْ ثَلْمِ الْقَادِحِينَ، وَلَمْ يُرْوَ عَنْ أَحَدٍ مِنَ الصَّحَابَةِ خِلاَفٌ لِهَؤُلاَءِ الأَرْبَعَةِ لاَ بِإِسْنَادٍ مُتَّصِلٍ وَلاَ مُنْقَطِعٍ، فَكَأَنَّ الصَّحَابَةَ أَجْمَعُوا عَلَى أَنَّ الإِمَامَ إِذَا صَلَّى قَاعِدًا كَانَ عَلَى الْمَأْمُومِينَ أَنْ يُصَلُّوا قُعُودًا‏.‏وَقَدْ أَفْتَى بِهِ مِنَ التَّابِعِينَ جَابِرُ بْنُ زَيْدٍ أَبُو الشَّعْثَاءِ وَلَمْ يُرْوَ عَنْ أَحَدٍ مِنَ التَّابِعِينَ أَصْلاً بِخِلاَفِهِ لاَ بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ وَلاَ وَاهٍ فَكَأَنَّ التَّابِعِينَ أَجْمَعُوا عَلَى أَجَازَتِهِ‏.‏وَأَوَّلُ مَنْ أَبْطَلَ فِي هَذِهِ الْأُمَّةِ صَلاَةَ الْمَأْمُومِ قَاعِدًا إِذَا صَلَّى إِمَامُهُ جَالِسًا الْمُغِيرَةُ بْنُ مِقْسَمٍ صَاحِبُ النَّخَعِيِّ وَأَخَذَ عَنْهُ حَمَّادُ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ، ثُمَّ أَخَذَ عَنْ حَمَّادٍ أَبُو حَنِيفَةَ وَتَبِعَهُ عَلَيْهِ مَنْ بَعْدَهُ مِنْ أَصْحَابِهِ وَأَعْلَى شَيْءٍ احْتَجُّوا بِهِ فِيهِ شَيْءٌ رَوَاهُ جَابِرٌ الْجُعْفِيُّ، عَنِ الشَّعْبِيِّ قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ لاَ يَؤُمَّنَّ أَحَدٌ بَعْدِي جَالِسًا وَهَذَا لَوْ صَحَّ إِسْنَادُهُ لَكَانَ مُرْسَلاً‏.‏وَالْمُرْسَلُ مِنَ الْخَبَرِ وَمَا لَمْ يُرْوَ سِيَّانِ فِي الْحُكْمِ عِنْدَنَا؛ لَأَنَّا لَوْ قَبْلِنَا إِرْسَالَ تَابِعِيٍّ وَإِنْ كَانَ ثِقَةً فَاضِلاً عَلَى حُسْنِ الظَّنِّ لَزِمَنَا قَبُولُ مِثْلِهِ عَنْ أَتْبَاعِ التَّابِعِينَ وَمَتَى قَبْلِنَا ذَلِكَ لَزِمَنَا قَبُولُ مِثْلِهِ عَنْ تَبَعِ الأَتْبَاعِ، وَمَتَى قَبْلِنَا ذَلِكَ لَزِمَنَا قَبُولُ مِثْلِ ذَلِكَ عَنْ تُبَّاعِ التَّبَعِ، وَمَتَى قَبْلِنَا ذَلِكَ لَزِمَنَا أَنْ نَقْبَلَ مِنْ كُلِّ إِنْسَانٍ إِذَا قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَفِي هَذَا نَقْضُ الشَّرِيعَةِ‏.‏وَالْعَجَبُ مِمَّنْ يَحْتَجُّ بِمِثْلِ هَذَا الْمُرْسَلِ وَقَدْ قَدَحَ فِي رِوَايَتِهِ زِعِيمُهُمْ فِيمَا أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ يَزِيدَ الْقَطَّانُ بِالرَّقَّةِ قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي الْحَوَارِيِّ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا يَحْيَى الْحِمَّانِيَّ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا حَنِيفَةَ يَقُولُ‏:‏ مَا رَأَيْتُ فِيمَنْ لَقِيتُ أَفْضَلَ مِنْ عَطَاءٍ وَلاَ لَقِيتُ فِيمَنْ لَقِيتُ أَكْذَبَ مِنْ جَابِرٍ الْجُعْفِيِّ مَا أَتَيْتُهُ بِشَيْءٍ قَطُّ مِنْ رَأْيٍ إِلاَّ جَاءَنِي فِيهِ بِحَدِيثٍ وَزَعَمَ أَنَّ عِنْدَهُ كَذَا وَكَذَا أَلْفَ حَدِيثٍ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَنْطِقْ بِهَا‏.‏فَهَذَا أَبُو حَنِيفَةَ يُجَرِّحُ جَابِرًا الْجُعْفِيَّ وَيُكَذِّبُهُ ضِدَّ قَوْلِ مَنِ انْتَحَلَ مِنْ أَصْحَابِهِ مَذْهَبَهُ وَزَعَمَ أَنَّ قَوْلَ أَئِمَّتِنَا فِي كُتُبِهِمْ‏:‏ فُلاَنٌ ضَعِيفٌ غِيبَةٌ، ثُمَّ لَمَّا اضْطَرُّهُ الأَمْرُ جَعَلَ يَحْتَجُّ بِمَنْ كَذَّبَهُ شَيْخُهُ فِي شَيْءٍ يَدْفَعُ بِهِ سُنَّةً مِنْ سُنَنِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏.‏فَأَمَّا جَابِرٌ الْجُعْفِيَّ فَقَدْ ذَكَرْنَا قِصَّتَهُ فِي كِتَابِ الْمَجْرُوحِينَ مِنَ الْمُحَدِّثِينَ بِالْبَرَاهِينِ الْوَاضِحَةِ الَّتِي لاَ يَخْفَى عَلَى ذِي لُبٍّ صِحَّتُهَا فَأَغْنَى ذَلِكَ عَنْ تِكْرَارِهَا فِي هَذَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2110: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Hautsarah menceritakan kepada kami dengan sanad yang sama. Hanya saja, di dalamnya disebutkan bahwa Nabi bersabda, "Dan di antara ketaatan kepadaku adalah taat kepada para imam kalian kalian.”542 Abu Ya'la Al Maushili mengabarkan hadits ini kepada kami, dia berkata: Aku bertanya kepada Yahya bin Ma'in tentang Uqbah bin Abi Ash-Shahba, lalu dia menjawab, “Dia perawi yang tsiqah.” Abu Hatim RA berkata: Khabar ini merupakan penjelasan bahwa shalatnya makmum dengan duduk bila imam shalat dengan duduk merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah yang telah Dia perintahkan kepada para hamba-Nya. Menurutku ini merupakan bagian dari ijma' yang telah disepakati kebolehannya, karena di antara para sahabat Nabi ada empat orang yang berfatwa seperti ini, yaitu Jabir bin Abdullah, Abu Hurairah, Usaid bin Hudhair, dan Qais bin Qahd. Ijma'menurut kami adalah ijma-nya para sahabat yang menyaksikan turunnya wahyu dan dilindungi dari penyimpangan, sehingga Allah menjaga agama ini melalui mereka hingga sampai kepada umat Islam (sampai sekarang), dan Allahlah yang menjaga agama ini dari rekayasa orang-orang tercela. Tidak ada satu pun riwayat dari para sahabat yang menunjukkan bahwa mereka berselisih pendapat dengan empat sahabat ini dalam masalah tersebut, baik dengan sanad yang muttashil maupun munqathi’. Seakan-akan para sahabat sepakat bahwa bila imam shalat dengan duduk, maka makmum juga harus shalat dengan duduk. Adapun dari kalangan tabiin yang berfatwa seperti ini adalah Jabir bin Zaid Abu Asy- Sya'tsa'. Tidak ada satu pun riwayat dari seorang tabiin yang menyebutkan bahwa dia berselisih pendapat dengannya dalam masalah ini, baik dengan sanad shahih maupun lemah, dan seakan- akan para tabiin sepakat bahwa hal tersebut diperbolehkan. Orang yang pertama kali membantah pendapat ini dari kalangan umat Islam —yaitu tentang shalatnya makmum dengan duduk bila imam shalat dengan duduk— adalah Al Mughirah bin Miqsam, 543 sahabat An-Nakha'i. Kemudian pendapatnya ini diambil oleh Hammad bin Abi Salamah, kemudian oleh Abu Hanifah. Lalu pendapatnya (Abu Hanifab) ini diambil oleh para pengikutnya yang datang sesudahnya. Dalil paling tinggi yang mereka jadikan landasan hukum dalam masalah ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Jabir Al Ju'fi dari Asy-Sya'bi: Rasulullah bersabda, “Janganlah seseorang sesudahku menjadi imam dengan duduk.” Seandainya pun hadits ini sanadnya sah, maka dia mursal. Khabar mursal menurut kami tidak bisa dijadikan landasan hukum, karena jika kita menerima mursal-nya seorang tabiin meskipun dia tsiqah berdasarkan husnuzhzhan, maka hal ini mengharuskan kita menerima riwayat serupa dari tabi'ut tab'in, dan bila kita menerima ini, maka kita diharuskan menerima riwayat serupa dari pengikut tabi'ut tabi'in, dan bila kita menerima ini, maka kita diharuskan menerima riwayat serupa dari pengikut mereka, dan bila kita menerima ini, maka kita diharuskan menerima riwayat serupa dari setiap orang yang mengatakan “Rasulullah bersabda”. Tentu saja hal ini akan merusak syariat. Sesuatu yang mengherankan adalah, ada orang yang berhujjah dengan hadits mursal ini, padahal pemimpin mereka telah menilai kurang bagus orang yang meriwayatkannya, berdasarkan yang dikabarkan kepada kami oleh Al Husain bin Abdullah bin Yazid Al Qaththan di Raqqah, dia berkata: Ahmad bin Abu Al Hawari menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku mendengar Abu Yahya Al Himmani berkata: Aku mendengar Abu Hanifah berkata, “Aku tidak pernah bertemu dengan orang yang lebih baik dari Atha, dan aku tidak pernah bertemu dengan orang yang lebih dusta dari Jabir Al Ju'fi. Apabila aku mengungkapkan pendapat, pasti dia membawakan sebuah hadits. Dia mengklaim memiliki 1000 hadits Nabi yang belum diucapkannya.” Inilah Abu Hanifah yang mea-jarh Jabir Al Ju'fi dan mendustakannya. Dia bertentangan dengan pendapat kalangan pengikutnya yang menganut madzhabnya. Dia mengklaim bahwa perkataan para Imam kami dalam kitab-kitab mereka “fulan dha'if' merupakan ghibah. Kemudian ketika dalam kondisi terjepit dia terpaksa berhujjah dengan orang yang telah didustakan oleh gurunya guna membela Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Mengenai Jabir Al Ju'fi, kami telah menampilkan biografinya dalam Al Majruhin min Al Muhadditsin. 545 Kami telah menguraikan berbagai pendapat dan pernyataan tegas yang kebenarannya tidak akan samar lagi bagi orang-orang berakal, sehingga tidak perlu lagi dijelaskan di sini.