صحيح ابن حبان ١٩٤١: أَخْبَرَنَا ابْنُ قُتَيْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهِبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ هُرْمُزَ الأَعْرَجِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُحَيْنَةَ الأَسَدِيِّ، حَلِيفِ بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَامَ مِنْ صَلاَةِ الظُّهْرِ وَعَلَيْهِ جُلُوسٌ، فَلَمَّا أَتَمَّ صَلاَتَهُ، سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ، وَسَجَدَهُمَا النَّاسُ مَعَهُ، مَكَانَ مَا نَسِيَ مِنَ الْجُلُوسِ.
Shahih Ibnu Hibban 1941: Ibnu Qutaibah mengabarkan kepada kami dia berkata: Yazid bin Mauhab menceritakan kepada kami, dia berkata: Al-Laits bin Sa’d mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Abdurrahman bin Hurmuz Al A’raj, dari Abdullah bin Buhainah Al Asadi, sekutu bani Abdul Muththalib, bahwa Rasulullah berdiri pada shalat Zhuhur pada posisi yang seharusnya beliau duduk. Setelah shalatnya selesai, beliau sujud dua kali dalam posisi duduk sebelum salam. Lalu orang-orang ikut sujud bersamanya untuk menggantikan posisi duduk yang tadi lupa dilakukan."310
صحيح ابن حبان ١٩٤٢: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ مُسْلِمِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمُعَاوِيِّ، أَنَّهُ قَالَ: رَآنِي ابْنُ عُمَرَ وَأَنَا أَعْبَثُ بِالْحَصَى فِي الصَّلاَةِ فَلَمَّا انْصَرَفَ نَهَانِي وَقَالَ: اصْنَعْ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ، قَالَ: كَانَ إِذَا جَلَسَ فِي الصَّلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، وَقَبَضَ أَصَابِعَهُ كُلَّهَا، وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ الَّتِي تَلِي الإِبْهَامَ، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى.
Shahih Ibnu Hibban 1942: Umar bin Sa’id bin Sinan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Muslim bin Abi Maryam, dari Ali bin Abdurrahman Al Mu’awi,311 dia berkata: Ibnu Umar pernah melihatku bermain-main dengan kerikil saat shalat. Setelah shalatnya selesai, dia melarangku dan berkata, “Lakukanlah sebagaimana yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Bila beliau duduk dalam shalat, beliau meletakkan telapak tangan kanan di atas paha kanan, seraya menggenggam seluruh jari, dan menunjuk dengan jari di samping ibu jari (yakni jari telunjuk). Beliau meletakkan telapak tangan kiri di atas paha kiri.” 312 [5:4]
صحيح ابن حبان ١٩٤٣: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى بْنِ مُجَاشِعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الأَحْمَرُ، عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ، عَنْ عَامِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ، افْتَرَشَ الْيُسْرَى، وَنَصَبَ الْيُمْنَى، وَوَضَعَ إِبْهَامَهُ عَلَى الْوُسْطَى، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى، وَأَلْقَمَ كَفَّهُ الْيُسْرَى رُكْبَتَهُ.
Shahih Ibnu Hibban 1943: Imran bin Musa bin Mujasyi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Utsman bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, dia berkata: Abu Khalid Al Ahmar menceritakan kepada kami dari Ibnu Ajian, dari Amir bin Abdullah bin Az-Zubair, dari ayahnya, dia berkata, “Rasulullah bila duduk pada rakaat kedua, maka beliau duduk di atas kaki kiri dan meluruskan yang kanan, meletakkan ibu jarinya di atas jari tengah dan menunjuk dengan jari telunjuk, meletakkan telapak tangan kiri di atas paha kiri, dan menutup lutut dengan telapak tangan kiri.” 313 [5:4]
صحيح ابن حبان ١٩٤٤: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمَذَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى الْقَطَّانُ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ عَجْلاَنَ، عَنْ عَامِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا تَشَهَّدَ وَضَعَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى، وَوَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ السَّبَّابَةِ لاَ يُجَاوِزُ بَصَرُهُ إِشَارَتَهُ.
Shahih Ibnu Hibban 1944: Umar bin Muhammad Al Hamadani mengabarkan kepada kami, dia berkata: Amr bin Ali menceritakan kepada kami, dia berkata: Yahya Al Qaththan menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Ajlan menceritakan kepada kami dari Amir bin Abdullah bin Az-Zubair, dari ayahnya, bahwa Nabi apabila tasyahhud, meletakkan tangan kiri di atas paha kiri dan meletakkan tangan kanan di atas paha kanan. Beliau juga menunjuk dengan jari telunjuknya, dan pandangan beliau tidak melewatinya. 314 [5:4]
صحيح ابن حبان ١٩٤٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ يُوسُفَ، قَالَ: حَدَّثَنَا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ، قَالَ: قَدِمْنَا الْمَدِينَةَ، وَهُمْ يَنْفُضُونَ أَيْدِيَهُمْ مِنْ تَحْتِ الثِّيَابِ، فَقُلْتُ: لَأَنْظُرَنَّ إِلَى صَلاَةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: فَكَبَّرَ حَتَّى افْتَتَحَ الصَّلاَةَ، وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى رَأَيْتُ إِبْهَامَيْهِ قَرِيبًا مِنْ أُذُنَيْهِ، قَالَ: ثُمَّ أَخَذَ شِمَالَهُ بِيَمِينِهِ، فَلَمَّا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ، فَلَمَّا رَفَعَ رَأْسَهُ قَالَ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، ثُمَّ كَبَّرَ، وَرَفَعَ يَدَيْهِ، ثُمَّ سَجَدَ، فَوَضَعَ رَأْسَهُ بَيْنَ يَدَيْهِ فِي الْمَوْضِعِ مِنْ وَجْهِهِ، فَلَمَّا جَلَسَ افْتَرَشَ قَدَمَيْهِ، وَوَضَعَ مِرْفَقَهُ الأَيْمَنَ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، وَقَبَضَ خِنْصَرَهُ وَالَّتِي تَلِيهَا، وَجَمَعَ بَيْنَ إِبْهَامِهِ وَالْوُسْطَى، وَرَفَعَ الَّتِي تَلِيهَا يَدْعُو بِهَا.
Shahih Ibnu Hibban 1945: Muhammad bin Umar bin Yusuf mengabarkan kepada kami, dia berkata: Salm bin Junadah menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Idris menceritakan kepada kami dari Ashim bin Kulaib, dari ayahnya, dari Wa'il bin Hujr, dia berkata: Kami tiba di Madinah dan mereka mengibaskan tangan mereka dari balik pakaian, maka aku berkata, “Aku akan melihat shalatnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam." (Setelah dia melihatnya) Kemudian dia berkata, “Beliau takbir untuk memulai shalat. Dan beliau mengangkat kedua tangannya hingga kulihat kedua ibu jarinya berada dekat dengan kedua telinganya. Kemudian beliau memegang tangan kiri dengan tangan kanannya. Ketika ruku beliau mengangkat kedua tangannya, dan ketika mengangkat kepalanya beliau mengucapkan "Sami’allaahu liman hamidah” kemudian beliau takbir dan mengangkat kedua tangannya. Lalu beliau sujud dengan meletakkan kepalanya di antara kedua tangannya yang berada pada posisi wajahnya. Ketika duduk beliau membentangkan kedua telapak kakinya, meletakkan siku kanannya di atas paha kanannya, menggenggam jari kelingking dan jari sebelahnya dan menggabungkan antara ibu jari dengan jari tengahnya lalu mengangkat jari yang di sebelahnya (jari telunjuk) untuk berdoa dengannya”. 315 [5:4]
صحيح ابن حبان ١٩٤٦: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا مُجَاهِدُ بْنُ مُوسَى الْمُخَرِّمِيُّ، حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ حَرْبٍ الْمَدَائِنِيُّ، حَدَّثَنَا عِصَامُ بْنُ قُدَامَةَ الْجَدَلِيُّ، أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ نُمَيْرٍ الْخُزَاعِيُّ، أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ أَنَّهُ رَأَى رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلاَةِ وَاضِعًا الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، رَافِعًا أُصْبُعَهُ السَّبَّابَةَ قَدْ حَنَاهَا شَيْئًا وَهُوَ يَدْعُو.
Shahih Ibnu Hibban 1946: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, Mujahid bin Musa Al Mukharrimi316 menceritakan kepada kami, Syu’aib bin Harb Al Mada'ini menceritakan kepada kami, Isham bin Qudamah Al Jadali menceritakan kepada kami, Malik bin Numair Al Khuza’i mengabarkan kepada kami, bahwa ayahnya menceritakan kepadanya, bahwa dia melihat Rasulullah ketika shalat meletakkan tangan kanan di atas paha kanan dan mengangkat jari telunjuk dengan melengkungkannya sedikit ketika sedang berdoa. 317 [5:4]
صحيح ابن حبان ١٩٤٧: أَخْبَرَنَا ابْنُ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمُعَاوِيِّ عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ رَأَى رَجُلاً يُحَرِّكُ الْحَصَى بِيَدِهِ وَهُوَ فِي الصَّلاَةِ فَلَمَّا انْصَرَفَ، قَالَ لَهُ عَبْدُ اللهِ: لاَ تُحَرِّكِ الْحَصَى وَأَنْتَ فِي الصَّلاَةِ، فَإِنَّ ذَلِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ، وَلَكِنِ اصْنَعْ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ، قَالَ: فَوَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ، وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ الَّتِي تَلِي الإِبْهَامَ إِلَى الْقِبْلَةِ، وَرَمَى بِبَصَرِهِ إِلَيْهَا أَوْ نَحْوَهَا، ثُمَّ قَالَ: هَكَذَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ.
Shahih Ibnu Hibban 1947: Ibnu Khuzaimah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ali bin Hujr menceritakan kepada kami, dia berkata: Ismail bin Ja’far menceritakan kepada kami, dia berkata: Muslim bin Abi Maryam menceritakan kepada kami dari Ali bin Abdurrahman Al Mu’awi, dari Ibnu Umar, bahwa dia melihat seorang laki-laki menggerakkan kerikil dengan tangannya ketika sedang shalat. Setelah shalatnya selesai, dia berkata kepada laki-laki tersebut, “Janganlah kamu menggerakkan kerikil ketika sedang shalat, karena hal tersebut merupakan perbuatan syetan. Akan tetapi lakukanlah seperti yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.” Dia (Ilmu Umar) lalu meletakkan tangan kanannya di atas pahanya, lalu menunjuk dengan jarinya yang berdekatan dengan ibu jari (yakni jari telunjuk) ke arah kiblat, dan dia mengarahkan pandangannya ke jari tersebut atau di sekitarnya. Kemudian dia berkata, "Beginilah aku melihat Rasulullah melakukannya." 318 [1:4]
صحيح ابن حبان ١٩٤٨: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، قَالَ: أَخْبَرَنَا حُصَيْنُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، وَالْمُغِيرَةُ، وَالأَعْمَشُ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: كُنَّا إِذَا جَلَسْنَا خَلْفَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلاَةِ، نَقُولُ: السَّلاَمُ عَلَى اللهِ، السَّلاَمُ عَلَى جِبْرِيلَ، السَّلاَمُ عَلَى مِيكَائِيلَ السَّلاَمُ عَلَى فُلاَنٍ، السَّلاَمُ عَلَى فُلاَنٍ، فَالْتَفَتَ إِلَيْنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ هُوَ السَّلاَمُ، فَقُولُوا: التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ، وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، فَإِنَّكُمْ إِذَا فَعَلْتُمْ ذَلِكَ فَقَدْ سَلَّمْتُمْ عَلَى كُلِّ عَبْدٍ صَالِحٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ.
Shahih Ibnu Hibban 1948: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, dia berkata Abu Bakar bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, dia berkata Husyaim menceritakan kepada kami, dia berkata: Hushain bin Abdurrahman, Al Mughirah dan Al A’masy mengabarkan kepada kami dari Abu Wail, dari Abdullah, dia berkata: Saat kami duduk di belakang Rasulullah ketika shalat, kami mengucapkan “Assalaamu alallah, assalaamu ala Jibril, assalaamu ala mikail, assalaamu ala fulan, assalaamu ala fulan”» Nabi lalu menoleh kepada kami dan bersabda, “Sesungguhnya Allah adalah As-Salam (Maha Sejahtera), maka bacalah ‘At-tahiyyatul lillaah wash-shalawaatu wath-thayyibaat, as-salaamu alaika319 ayyuhan nabiyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh, as-aalaamu alainaa alaa wa alaa ibaadillaahish-shaalihiin. Asyhadu an laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh'. Sesungguhnya bila kalian melakukannya maka kalian telah mengucapkan salam kepada seluruh hamba yang shalih di langit dan di bumi."[Saya katakan, “Diriwayatkan dalam M Abdirrazzaq (3070) dari Ibnu Juraij, dari Atha, dia berkata: Aku mendengar Ibnu Ayyasy dan Ibnu Az-Zubair dalam tasyahhud ketika shalat mengucapkan, “320 [5:12]
صحيح ابن حبان ١٩٤٩: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ، قَالَ: أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ حَمَّادٍ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: كُنَّا نَقُولُ: السَّلاَمُ عَلَى اللهِ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لاَ تَقُولُوا: السَّلاَمُ عَلَى اللهِ؛ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ السَّلاَمُ وَأَمَرَهُمْ بِالتَّشَهُّدِ: التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.
Shahih Ibnu Hibban 1949: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ali bin Al Ja’d menceritakan kepada kami, dia berkata: Syu’bah mengabarkan kepada kami dari Hammad, dari Abu Wa'il, dari Abdullah, dia berkata: Mulanya kami mengucapkan, “As-salaamu alallaah." Namun Nabi bersabda, “Jangan ucapkan, 'As-salaamu alallaah', karena Allah adalah As-Salaam (Maha Sejahtera)'." Beliau lalu menyuruh mereka membaca , “At-tahiyyaatu lillaah wash-shalawaatu wath-thayyibaat, as-salaamu alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh, as-salaamu alainaa wa alaa ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu an laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh." (Segala penghormatan hanya milik Allah, juga segala pengagungan dan kebaikan. Semoga kesejahteraan terlimpahkan kepadamu, wahai Nabi, begitu juga rahmat dan keberkahan-Nya. Kesejahteraan semoga terlimpahkan kepada kita dan hamba-hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba serta utusan-Nya).331 [1:94]
صحيح ابن حبان ١٩٥٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُحَمَّدٍ الدَّغُولِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ: أَخْبَرَنَا الثَّوْرِيُّ، عَنْ مَنْصُورٍ، وَالأَعْمَشِ، وَأَبِي هَاشِمٍ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، وَعَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الأَسْوَدِ، وَأَبِي الأَحْوَصِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: كُنَّا لاَ نَدْرِي مَا نَقُولُ فِي الصَّلاَةِ، نَقُولُ: السَّلاَمُ عَلَى جِبْرِيلَ، السَّلاَمُ عَلَى مِيكَائِيلَ، فَعَلَّمَنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ هُوَ السَّلاَمُ، فَإِذَا جَلَسْتُمْ فِي الرَّكْعَتَيْنِ فَقُولُوا: التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ، وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ، وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ- قَالَ أَبُو وَائِلٍ فِي حَدِيثِهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ:- إِذَا قُلْتُهَا أَصَابَتْ كُلَّ مَلَكٍ مُقَرَّبٍ، وَنَبِيٍّ مُرْسَلٍ، وَعَبْدٍ صَالِحٍ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.
Shahih Ibnu Hibban 1950: Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad Ad-Daghuli mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, dia berkata: Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, dia berkata: Ats-Tsauri mengabarkan kepada kami dari Manshur, Al A’masy, dan Abu Hasyim, dari Abu Wa'il, dari Abu Ishaq, dari Al Aswad dan Abu Al Ahwash, dari Abdullah, dia berkata: Kami tidak mengetahui apa yang harus kami baca dalam shalat. Mulanya kami mengucapkan, “As-salaamu ala jibril, as-salaamu ala mikail." Namun Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah adalah As-Salaam (Maha Sejahtera). Bila kalian duduk dalam rakaat kedua, bacalah, At-tahiyyaatu lillaah wash-shalawaatu wath-thayyibaat, as-salaamu alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh, as-salaamu alainaa wa alaa ibaadillaahish shaalihiin —Abu Wa'il berkata dalam haditsnya dari Abdullah, “Bila engkau membacanya, maka bacaan tersebut akan sampai kepada semua malaikat yang didekatkan, Nabi yang diutus, dan hamba yang shalih”—. Asyhadu an laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh’.”322 [5:34]