صحيح ابن حبان ١٩٣١: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ غَزِيَّةَ، عَنْ سُمَيٍّ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي سُجُودِهِ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ، دِقَّهُ وَجِلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، وَعَلاَنِيَتَهُ وَسَرَّهُ.
Shahih Ibnu Hibban 1931: Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Yunus bin Abdul A'la menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, dia berkata: Yahya bin Ayyub menceritakan kepadaku dari Umarah bin Ghaziyyah, dari Sumay, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah berdoa dalam sujudnya, “Allahummaghfir lii dzanbii kullahu, diqqahu wa jillahu, wa awwalahu wa akhirahu, wa alaaniyyatahu wa sirrahu (Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku yang kecil dan yang besar, yang awal dan yang akhir, yang tampak dan yang tersembunyi). ”299 [5:12]
صحيح ابن حبان ١٩٣٢: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى بْنِ مُجَاشِعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: فَقَدْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ مِنَ الْفِرَاشِ، فَالْتَمَسْتُهُ، فَوَقَعَتْ يَدِي عَلَى بَطْنِ قَدَمَيْهِ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ، وَهُمَا مَنْصُوبَتَانِ، وَهُوَ يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ، لاَ أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.
Shahih Ibnu Hibban 1932: Imran bin Musa bin Mujasyi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Utsman bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, dia berkata: Abu Usamah menceritakan kepada kami, dia berkata: Ubaidillah bin Umar menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Yahya bin Hibban, dari Al A’raj, dari Abu Hurairah, dari Aisyah, dia berkata, “Aku pernah kehilangan Rasulullah dari tempat tidur pada suatu malam, maka kucari beliau. Akhirnya tanganku menyentuh bagian dalam telapak kakinya yang sedang tegak (dalam sujud). Saat itu beliau sedang berada di dalam masjid. Beliau mengucapkan, 'Allaahumma innii a ’uudzu biridhaaka sakhathika bimu’aafaatika min uquubatika, wa a’uudzu bika minka laa uhshii tsanaa'an alaika anta kamaa atsnaita ala nafsik'." (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dengan keridhaan-Mu [agar selamat] dari kebencian-Mu, dan dengan keselamatan-Mu [agar terhindar] dari siksa-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari ancaman- Mu. Aku tidak membatasi pujian kepada-Mu. Engkau [dengan kebesaran dan keagungan-Mu] adalah sebagaimana pujian-Mu kepada diri-Mu). ”300 [5:12]
صحيح ابن حبان ١٩٣٣: أَخْبَرَنَا ابْنُ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحِيمِ الْبَرْقِيُّ، وَإِسْمَاعِيلُ بْنُ إِسْحَاقَ الْكُوفِيُّ- سَكَنَ الْفُسْطَاطَ- قَالاَ: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ، أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ، قَالَ: حَدَّثَنِي عُمَارَةُ بْنُ غَزِيَّةَ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا النَّضْرِ، يَقُولُ: سَمِعْتُ عُرْوَةَ بْنَ الزُّبَيْرِ، يَقُولُ: قَالَتْ عَائِشَةُ: فَقَدْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَ مَعِي عَلَى فِرَاشِي، فَوَجَدْتُهُ سَاجِدًا، رَاصًّا عَقِبَيْهِ، مُسْتَقْبِلاً بِأَطْرَافِ أَصَابِعِهِ لِلْقِبْلَةِ، فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِعَفْوِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ، وَبِكَ مِنْكَ أُثْنِي عَلَيْكَ، لاَ أَبْلُغُ كُلَّ مَا فِيكَ فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا عَائِشَةُ، أَحَرَّبَكِ شَيْطَانُكِ؟ فَقُلْتُ: مَا لِي مِنْ شَيْطَانٍ، فَقَالَ: مَا مِنْ آدَمِيٍّ إِلاَّ لَهُ شَيْطَانٌ، فَقُلْتُ: وَأَنْتَ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: وَأَنَا، وَلَكِنِّي دَعَوْتُ اللَّهَ عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ.
Shahih Ibnu Hibban 1933: Ibnu Khuzaimah mengabarkan kepada kami, dia berkata: [Ahmad bin Abdullah bin Abdurrahim Al Barqi dan Ismail bin Ishaq Al Kufi —tinggal di Al Fusthath— menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Ibnu Abi Maryam menceritakan kepada kami], Yahya bin Ayyub mengabarkan kepada kami, dia berkata: Umarah bin Ghaziyyah menceritakan kepadaku, dia berkata: Aku mendengar Abu An-Nadhr berkata: Aku mendengar Urwah bin Az- Zubair berkata: Aisyah berkata, “Aku pernah kehilangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebelumnya beliau bersamaku di tempat tidurku. Lalu kutemukan beliau sedang sujud dengan menekankan kedua tumit seraya menghadapkan ujung jari-jemari ke kiblat Kudengar beliau mengucapkan, 'Allaahumma innii a ’uudzu bi ridhaaka sakhathika wa bi’afwika min uquubatika wa bika minka utsnii alaika laa ablughu kulla maa fiika'. Setelah selesai, beliau bertanya, “Wahai Aisyah, apakah syetanmu mengganggumu”. Aku menjawab, 'Apakah aku mempunyai301 syetan?' Nabi bersabda, 'Tidak seorang pun manusia kecuali dia mempunyai syetan'. Aku lalu bertanya, Termasuk engkau, wahai Rasulullah? Beliau menjawab, 'Termasuk aku. Hanya saja aku berdoa kepada Allah, sehingga dia masuk Islam'." 302 [5:12]
صحيح ابن حبان ١٩٣٤: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي عَوْنٍ الرَّيَّانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ: أَنَّهُ رَأَى رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يُصَلِّي فَإِذَا كَانَ فِي وِتْرٍ مِنْ صَلاَتِهِ، لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِي جَالِسًا.
Shahih Ibnu Hibban 1934: Muhammad bin Ahmad bin Abi Aun Ar-Rayani mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ali bin Hujr menceritakan kepada kami, dia berkata: Husyaim menceritakan kepada kami: dari Khalid Al Hadzdza dari Abu Qilabah, dari Malik bin Al Huwsiirits, bahwa dia melihat Rasulullah shalat Pada rakaat ganjil beliau tidak langsung berdiri sebelum duduk dengan tegak terlebih dahulu. 303 [5:4]
صحيح ابن حبان ١٩٣٥: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى بْنِ مُجَاشِعٍ السَّخْتِيَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ أَنَّهُ حَدَّثَ عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ، قَالَ: دَخَلَ عَلَيْنَا مَسْجِدَنَا قَالَ: إِنِّي لَأُصَلِّي وَمَا أُرِيدُ الصَّلاَةَ، وَلَكِنِّي أُرِيدُ أَنْ أُعَلِّمَكُمْ كَيْفَ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي، قَالَ: فَذَكَرَ اللَّهَ حَيْثُ رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُودِ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى، اسْتَوَى قَاعِدًا، ثُمَّ قَامَ فَاعْتَمَدَ عَلَى الأَرْضِ.
Shahih Ibnu Hibban 1935: Imran bin Musa bin Mujasyi As-Sakhtiyani mengabarkan, kepada kami, dia berkata: Utsman bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, dia berkata: Abdul Wahhab Ats-Tsaqafi menceritakan kepada kami dari Khalid Al Hadzdza, dari Abu Qilabah, dari Malik bin Al Huwairits, dia berkata: Dia masuk ke masjid kami, lalu berkata: “Aku akan shalat. Tapi sebenarnya aku tidak berniat shalat, melainkan ingin mengajarkan kepada kalian cara shalat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.” Dia lalu menyebut nama Allah (takbir) ketika mengangkat kepala dari sujud pada rakaat pertama. Lalu dia duduk tegak, kemudian berdiri seraya bersandar pada tanah. 304 [5:4]
صحيح ابن حبان ١٩٣٦: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَسْلَمَ الطُّوسِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَبْدِ الْوَاحِدِ بْنِ زِيَادٍ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ، عَنْ أَبِي زُرْعَةَ بْنِ عَمْرِو بْنِ جَرِيرٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا نَهَضَ مِنَ الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ، اسْتَفْتَحَ الْقِرَاءَةَ وَلَمْ يَسْكُتْ.
Shahih Ibnu Hibban 1936: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Aslam Ath-Thusi menceritakan kepada kami, dia berkata: Yunus bin Muhammad menceritakan kepada kami dari Abdul Wahid bin Ziyad dari Umrah bin Al Qa’qa, dari Abu Zur’ah bin Amr bin Jarir, dari Abu Hurairah, dia berkata “Rasulullah apabila bangun dari rakaat kedua, maka beliau langsung memulai bacaan dengan tidak diam terlebih dahulu” 305 [5:4]
صحيح ابن حبان ١٩٣٧: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي عَوْنٍ الثَّقَفِيِّ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ، قَالَ: قَالَ عُمَرُ لِسَعْدٍ: قَدْ شَكَاكَ أَهْلُ الْكُوفَةِ فِي كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى فِي الصَّلاَةِ، فَقَالَ: أُطِيلُ الْأُولَيَيْنِ، وَأَحْذِفُ فِي الْأُخْرَيَيْنِ، وَمَا آلُو مِنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: ذَاكَ الظَّنُّ بِكَ.
Shahih Ibnu Hibban 1937: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Katsir menceritakan kepada kami, dia berkata: Syu’bah mengabarkan kepada kami dari Abu Aun Ats-Tsaqafi, dari Jabir bin Samurah, dia berkata: Umar berkata kepada Sa’d, “Penduduk Kufah mengeluhkan engkau dalam segala hal, sampai dalam masalah shalat.” Sa’d lalu berkata, “Aku memperlama dua rakaat pertama dan meringankan dua rakaat terakhir. Aku tidak mengurangi shalat yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam." Umar lalu berkata, “Itulah dugaanku terhadapmu.” 346 [5:27]
صحيح ابن حبان ١٩٣٨: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهِبٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ هُرْمُزَ الأَعْرَجِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُحَيْنَةَ الأَسَدِيِّ، حَلِيفِ بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَامَ مِنْ صَلاَةِ الظُّهْرِ وَعَلَيْهِ جُلُوسٌ، فَلَمَّا أَتَمَّ صَلاَتَهُ، سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ، وَسَجَدَهُمَا النَّاسُ مَعَهُ مَكَانَ مَا نَسِيَ مِنَ الْجُلُوسِ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: فِي قِيَامِ النَّاسِ خَلْفَ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، عِنْدَ قِيَامِهِ مِنْ مَوْضِعِ جَلْسَتِهِ الْأُولَى، وَتَرْكِهِ الإِنْكَارَ عَلَيْهِمْ، ذَلِكَ أَبْيَنُ الْبَيَانِ عَلَى أَنَّ الْقَعْدَةَ الْأُولَى فِي الصَّلاَةِ غَيْرُ فَرْضٍ.
Shahih Ibnu Hibban 1938: Muhammad bin Al Hasan bin Qurtaibah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Yazid bin Mauhab menceritakan kepada kami, dia berkata: Al-Laits bin Sa'd Menceritakan kepadaku dari Ibnu Syihab, dari Abdurrahman bin Hurmuz. Al A'raj, dari Abdullah bin Buhainah Al Asadi, sekutu bani Abdul Muththalib, bahwa Rasulullah berdiri pada shalat Zhuhur, padahal seharusnya beliau duduk. Setelah shalatnya selesai, beliau sujud dua kali dalam posisi duduk sebelum salam, dan orang-orang ikut sujud bersamanya untuk menggantikan posisi duduk yang lupa dilakukan,"307 [1:2] Abu Hatim RA berkata, ‘Tentang berdirinya orang-orang di belakang Nabi ketika beliau berdiri dari posisi duduknya yang pertama, tanpa diingkari oleh beliau, adalah penjelasan yang paling terang bahwa duduk pertama dalam shalat tidaklah fardhu."
صحيح ابن حبان ١٩٣٩: أَخْبَرَنَا ابْنُ قُتَيْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهِبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ هُرْمُزَ الأَعْرَجِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُحَيْنَةَ الأَسَدِيِّ، حَلِيفِ بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ مِنْ صَلاَةِ الظُّهْرِ وَعَلَيْهِ جُلُوسٌ، فَلَمَّا أَتَمَّ صَلاَتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ، وَسَجَدَهُمَا النَّاسُ مَكَانَ مَا نَسِيَ مِنَ الْجُلُوسِ.
Shahih Ibnu Hibban 1939: Ibnu Qutaibah mengabarkan kepada kami, dia berkata Yazid bin Mauhab menceritakan kepada kami, dia berkata Al-Laits bin Sa’d mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihab , dari Abdurrahman bin Hurmuz Al A’raj, dari Abdullah bin Buhainah Al Asadi, sekutu bani Abdul Muththalib, bahwa Rasulullah berdiri pada shalat Dzuhur, padahal seharusnya beliau duduk. Setelah shalatnya selesai, beliau sujud dua kali dalam posisi duduk sebelum salam, dan orang-orang ikut sujud (bersamanya) untuk menggantikan posisi duduk yang lupa dilakukan“308 [1:34]
صحيح ابن حبان ١٩٤٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْجُنَيْدِ، قَالَ: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ مُضَرَ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ شِمَاسَةَ، قَالَ: صَلَّى بِنَا عُقْبَةُ بْنُ عَامِرٍ، فَقَامَ وَعَلَيْهِ جُلُوسٌ، فَقَالَ النَّاسُ وَرَاءَهُ: سُبْحَانَ اللهِ، فَلَمْ يَجْلِسْ فَلَمَّا فَرَغَ مِنْ صَلاَتِهِ، سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، فَقَالَ: إِنِّي سِمِعْتُكُمْ تَقُولُونَ: سُبْحَانَ اللهِ كَيْمَا أَجْلِسَ، وَلَيْسَ تِلْكَ سُنَّةً، إِنَّمَا السُّنَّةُ الَّتِي صَنَعْتُهُ.
Shahih Ibnu Hibban 1940: Muhammad bin Abdullah bin Al Junaid mengabarkan kepada kami, dia berkata: Qutaibah bin Sa'id menceritakan kepada kami, dia berkata: Bakr bin Mudhar menceritakan kepada kami dari Yazid bin Abi Habib, dari Abdurrahman bin Syimasah, dia berkata: Uqbah bin Amir shalat mengimami kami. Pada posisi yang semestinya dia duduk, ternyata dia berdiri, maka orang-orang di belakangnya mengucapkan “subhanallah”. Akan tetapi dia tidak duduk kembali. Setelah selesai shalat dia sujud dua kali dalam posisi duduk. Lalu dia berkata, “Aku mendengar kalian mengucapkan “subhanallah agar aku duduk. Tapi itu bukan sunah, dan yang kulakukan tadi adalah sunah”. 309 [5:18]