صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1851

صحيح ابن حبان ١٨٥١: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنا الْوَلِيدُ قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الأَوْزَاعِيُّ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ مَنْ، سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ‏:‏ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةً، فَجَهَرَ فِيهَا بِالْقِرَاءَةِ، فَلَمَّا سَلَّمَ، قَالَ‏:‏ هَلْ قَرَأَ مَعِي مِنْكُمْ أَحَدٌ آنِفًا‏؟‏ قَالُوا‏:‏ نَعَمْ يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ‏:‏ إِنِّي أَقُولُ مَا لِي أُنَازَعُ الْقُرْآنَ‏؟‏‏.‏قَالَ الزُّهْرِيُّ‏:‏ فَانْتَهَى الْمُسْلِمُونَ، فَلَمْ يَكُونُوا يَقْرَؤُونَ مَعَهُ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ هَذَا خَبَرٌ مَشْهُورٌ لِلزُّهْرِيِّ مِنْ رِوَايَةِ أَصْحَابِهِ، عَنِ ابْنِ أُكَيْمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَوَهِمَ فِيهِ الأَوْزَاعِيُّ- إِذِ الْجَوَادُ يَعْثُرُ- فَقَالَ‏:‏ عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، فَعَلِمَ الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، أَنَّهُ وَهِمَ، فَقَالَ‏:‏ عَنْ مَنْ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ وَلَمْ يَذْكُرْ سَعِيدًا، وَأَمَّا قَوْلُ الزُّهْرِيِّ‏:‏ فَانْتَهَى النَّاسُ عَنِ الْقِرَاءَةِ، أَرَادَ بِهِ رَفْعَ الصَّوْتِ خَلْفَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، اتِّبَاعًا مِنْهُمْ لِزَجْرِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ رَفْعِ الصَّوْتِ وَالإِمَامُ يَجْهَرُ بِالْقِرَاءَةِ فِي قَوْلِهِ‏:‏ مَا لِي أُنَازَعُ الْقُرْآنَ‏؟‏‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1851: Abdullah bin Muhammad bin Salm mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abdurrahman bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: Al Walid menceritakan kepada kami, dia berkata: Al Auza’i menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari orang yang mendengar dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam shalat mengimami kami dan membaca dengan suara keras. Setelah salam, beliau bertanya, “Adakah salah seorang dari kalian yang tadi membaca bersamaku?" Mereka menjawab, “Ya, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Aku katakan, 'Mengapa kalian mengganggu konsentrasi bacaan Al Qur'anku’?” Az-Zuhri berkata, “Orang-orang pun berhenti melakukannya. Mereka tidak lagi membaca (dengan suara keras) bersamanya.” [1:21] Abu Hatim RA berkata, “Ini merupakan khabar yang masyhur dari Az-Zuhri, yang merupakan riwayat sahabat-sahabatnya, dari Ibnu Ukaimah, dari Abu Hurairah. Al Auza’i melakukan kekeliruan —karena kuda yang larinya cepat juga bisa tergelincir (maksudnya, seorang ulama besar juga bisa salah)—. Al Auza’i berkata, Dari Az- Zuhri, dari Sa’id bin Al Musayyab'. Al Walid bin Muslim mengetahui bahwa dia keliru, dia berkata, Dari orang yang mendengar, dari Abu Hurairah', tanpa menyebut nama Sa’id. Sedangkan perkataan Az- Zuhri, Maka orang-orang berhenti membaca (dengan suara keras)', maksudnya adalah membaca dengan suara keras di belakang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, karena menaati larangan beliau yang melarang membaca dengan suara keras ketika imam membaca dengan suara keras, yaitu sabda beliau, 'Mengapa kalian mengganggu konsentrasi bacaan Al Qur'anku ?”

Shahih Ibnu Hibban #1852

صحيح ابن حبان ١٨٥٢: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا فَرَحُ بْنُ رَوَاحَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو الرَّقِّيُّ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، صَلَّى بِأَصْحَابِهِ، فَلَمَّا قَضَى صَلاَتَهُ، أَقْبَلَ عَلَيْهِمْ بِوَجْهِهِ، فَقَالَ‏:‏ أَتَقْرَؤُونَ فِي صَلاَتِكُمْ خَلْفَ الإِمَامِ، وَالإِمَامُ يَقْرَأُ‏؟‏ فَسَكَتُوا، قَالَهَا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، فَقَالَ قَائِلٌ، أَوْ قَائِلُونَ‏:‏ إِنَّا لَنَفْعَلُ، قَالَ‏:‏ فَلاَ تَفْعَلُوا، وَلْيَقْرَأْ أَحَدُكُمْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فِي نَفْسِهِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ سَمِعَ هَذَا الْخَبَرَ أَبُو قِلاَبَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ بَعْضِ أَصْحَابِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَسَمِعَهُ مِنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، فَالطَّرِيقَانِ جَمِيعًا مَحْفُوظَانِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1852: Umar bin Sa’id bin Sinan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Farah bin Rawahah menceritakan kepada kami, dia berkata: Ubaidillah bin Amru Ar-Raqqi menceritakan kepada kami dari Ayyub, dari Abu Qilabah, dari Anas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam shalat mengimami para sahabatnya. Seusai shalat, beliau menghadapkan wajahnya kepada mereka seraya bertanya, “Apakah kalian membaca di belakang imam ketika sedang shalat sewaktu imam sedang membaca?' Mereka diam. Beliau lalu menanyakan hal itu hingga tiga kali. Seorang laki-laki atau beberapa orang lalu menjawab, “Kami memang melakukannya.” Beliau lalu bersabda, “Jangan lakukan itu! hendaknya setiap kalian membaca surah Al Faatihah dalam hatinya”194 [1:21] Abu Hatim RA berkata, “Abu Qilabah mendengar Khabar ini dari Muhammad bin Abi Aisyah, dari sebagian sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dari Anas bin Malik. Jadi, dua jalur ini sama-sama mahfuzh.” 195

Shahih Ibnu Hibban #1853

صحيح ابن حبان ١٨٥٣: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلاَءِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ عَطَاءً، يَقُولُ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ‏:‏ فِي كُلِّ صَلاَةٍ قِرَاءَةٌ، فَمَا أَسْمَعَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَسْمَعْنَاكُمْ وَمَا أَخْفَى عَلَيْنَا أَخْفَيْنَا عَنْكُمْ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1853: Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abdul Jabbar bin Al Ala menceritakan kepada kami, dia berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dia berkata: Aku mendengar Atha berkata: Aku mendengar Abu Hurairah berkata, "Setiap shalat ada bacaannya, apa yang dibaca dengan suara keras oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada kami, kami baca dengan suara keras kepada kalian, dan apa yang dibaca dengan suara lirih oleh beliau kepada kami, kami baca dengan suara lirih kepada kalian." 196 [1:21]

Shahih Ibnu Hibban #1854

صحيح ابن حبان ١٨٥٤: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ نُمَيْرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ قَزَعَةَ، قَالَ‏:‏ سَأَلْتُ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ عَنْ صَلاَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ لَيْسَ لَكَ فِي ذَلِكَ خَيْرٌ، كَانَتِ الصَّلاَةُ تُقَامُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَيَخْرُجُ أَحَدُنَا إِلَى الْبَقِيعِ لِيَقْضُيَ حَاجَتَهُ، ثُمَّ يَجِيءُ، فَيَتَوَضَّأُ، فَيَجِدُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنَ الظُّهْرِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1854: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Abdullah bin Numair menceritakan kepada kami, dia berkata: Zaid bin Al Hubab menceritakan kepada kami dari Muawiyah bin Shalih, dari Rabi’ah bin Yazid, dari Qaz’ah, dia berkata: Aku bertanya kepada Abu Sa’id Al Khudri tentang shalat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu dia menjawab, “Tidak ada baiknya untukmu dalam hal ini. Ketika shalat telah dilaksanakan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, salah seorang dari kami keluar menuju Al Baqi’ untuk menunaikan hajatnya. Lalu dia datang dan berwudhu, dan dia menemukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam masih dalam rakaat pertama pada shalat Zhuhur." 197 [4:1]

Shahih Ibnu Hibban #1855

صحيح ابن حبان ١٨٥٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الأَحْمَرُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُطِيلُ فِي أَوَّلِ الرَّكْعَتَيْنِ مِنَ الْفَجْرِ وَالظُّهْرِ وَقَالَ‏:‏ كُنَّا نَرَى أَنَّهُ يَفْعَلُ ذَلِكَ لِيَتَدَارَكَ النَّاسُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1855: Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Kuraib menceritakan kepada kami, dia berkata: Abu Khalid Al Ahmar menceritakan kepada kami, dia berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Ma’mar, dari Yahya bin Abi Katsir, dari Abdullah bin Abi Qatadah, dari ayahnya, dia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memperlama dua rakaat pertama pada shalat fajar dan Zhuhur. Menurut kami, beliau melakukannya agar orang-orang bisa mengikuti shalatnya." 198 [4:1]

Shahih Ibnu Hibban #1856

صحيح ابن حبان ١٨٥٦: أَخْبَرَنَا الْمُفَضَّلُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْجَنَدِيُّ، بِمَكَّةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ زِيَادٍ اللَّحْجِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو قُرَّةَ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ‏:‏ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَفَّ النَّاسِ صَلاَةً فِي تَمَامٍ‏.‏يُرِيدُ أَخَفَّ النَّاسِ صَلاَةً فِيمَا اعْتَادَهَا النَّاسُ فِي ذَلِكَ الزَّمَانِ، عَلَى حَسْبِ عَادَةِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلاَتِهِ وَأَمَّا خَبَرُ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّهُ قَالَ‏:‏ فَيَخْرُجُ أَحَدُنَا إِلَى الْبَقِيعِ لِيَقْضِيَ حَاجَتَهُ، ثُمَّ يَجِيءُ فَيَتَوَضَّأُ، فَيَجِدُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنَ الظُّهْرِ، إِنَّمَا كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيَتَلاَحَقَ النَّاسُ فَيَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ، وَلاَ يَفْعَلُ ذَلِكَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ، إِنَّمَا كَانَ يَفْعَلُهُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى فَقَطْ، وَفِيهِ كَالدَّلِيلِ عَلَى أَنَّ الْمُدْرِكَ لِلرُّكُوعِ مُدْرِكٌ لِلتَّكْبِيرَةِ الْأُولَى‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1856: Al Mufadhdhal bin Muhammad Al Janadi mengabarkan kepada kami di Makkah, dia berkata: Ali bin Ziyad Al-Lahji menceritakan kepada kami, dia berkata: Abu Quzzah menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Yahya bin Sa’id Al Anshari, dari Anas bin Malik, dia berkata, “Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang paling ringan shalatnya, akan tetapi tetap sempurna." 199 Maksudnya adalah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam orang yang paling ringan shalatnya menurut kebiasaan manusia pada saat itu, sesuai dengan kebiasaan beliau dalam setiap shalatnya. Khabar riwayat Abu Sa’id Al Khudri200 yang menyebutkan bahwa dia berkata, “Salah seorang dari kami keluar menuju Al Baqi’ untuk menunaikan hajatnya. Lalu dia datang dan berwudhu, dan dia menemukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam masih dalam rakaat pertama pada shalat Zhuhur," maksudnya adalah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melakukannya agar orang-orang bisa mengikuti shalat bersamanya. Beliau tidak melakukannya pada setiap rakaat, tapi hanya pada rakaat pertama. Hadits ini seperti dalil bahwa orang yang mendapati ruku sama seperti orang yang mendapati takbir pertama. [4:1]

Shahih Ibnu Hibban #1857

صحيح ابن حبان ١٨٥٧: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ عُلَيَّةَ، عَنْ هِشَامٍ الدَّسْتُوَائِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِنَا فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنَ الظُّهْرِ، وَيُطِيلُ فِي الْأُولَى، وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1857: Al Husain bin Sufyan mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Bakar bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Ulayyah menceritakan kepada kami dari Hisyam Ad- Dastuwa'i, dari Yahya bin Abi Katsir, dari Abdullah bin Abi Qatadah, dari ayahnya, dia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengimami kami shalat Zhuhur dan membaca surah pada dua rakaat pertamanya. Beliau memperlama rakaat pertama dan memperpendek rakaat kedua."201 [4:1]

Shahih Ibnu Hibban #1858

صحيح ابن حبان ١٨٥٨: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مَنْصُورُ بْنُ زَاذَانَ، عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ أَبِي الصِّدِّيقِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ‏:‏ كُنَّا نَحْزِرُ قِيَامَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الظُّهْرِ، وَالْعَصْرِ، فَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ قَدْرَ ثَلاَثِينَ آيَةً، وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُخْرَيَيْنِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ، وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنَ الْعَصْرِ عَلَى قَدْرِ الْأُخْرَيَيْنِ مِنَ الظُّهْرِ، وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الْأُخْرَيَيْنِ مِنَ الْعَصْرِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ‏:‏ قَوْلُ أَبِي سَعِيدٍ، فَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ قَدْرَ ثَلاَثِينَ آيَةً، يُضَادُّ فِي الظَّاهِرِ قَوْلَ أَبِي قَتَادَةَ‏:‏ وَيُطِيلُ فِي الْأُولَى، وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ، وَلَيْسَ بِحَمْدِ اللهِ وَمَنِّهِ كَذَلِكَ، لأَنَّ الرَّكْعَةَ الْأُولَى كَانَ يَقْرَأُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهَا ثَلاَثِينَ آيَةً بِالتَّرْسِيلِ، وَالتَّرْتِيلِ، وَالتَّرْجِيعِ، وَالرَّكْعَةَ الثَّانِيَةَ كَانَ يَقْرَأُ فِيهَا مِثْلَ قِرَاءَتِهِ فِي الْأُولَى، بِلاَ تَرْسِيلٍ وَلاَ تَرْجِيعٍ، فَتَكُونُ الْقِرَاءَتَانِ وَاحِدَةٌ، وَالْأُولَى أَطْوَلُ مِنَ الثَّانِيَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1858: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, dia berkata: Husyaim menceritakan kepada kami, dia berkata: Manshur bin Zadzan menceritakan kepada kami dari Al Walid bin Mualim, dari Abu Ash Shiddiq, dari Abu Sa’id Al Khudri, dia berkata, “Kami pernah mengukur lama berdirinya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam shaiat Zhuhur dan Ashar. Setelah kami ukur, ternyata lama berdirinya beliau pada dua rakaat pertama sekitar lamanya membaca tiga puluh ayat- Dan kami juga mengukur lama berdirinya beliau pada dua rakaat terakhir, yaitu sekitar lamanya membaca separuhnya. Kami juga mengukur lama berdirinya beliau pada dua rakaat pertama shalat Asar, yaitu sekitar lamanya membaca pada dua rakaat terakhir shalat Zuhur, Dan kami mengukur lama berdirinya beliau pada dua rakaat terakhir shalat Ashar, yaitu seperti lamanya membaca separuhnya.“ 202 [4:1] Abu Hatim RA berkata, “Perkataan Abu Sa’id, ’Setelah kami ukur, ternyata lama berdirinya beliau pada dua rakaat pertama yaitu sekitar lamanya membaca tiga puluh ayat’ secara zhahir bertentangan dengan perkataan Abu Qatadah, ’Beliau memperlama rakaat pertama dan memperpendek rakaat kedua'. Padahal sebenarnya tidak demikian, karena pada rakaat pertama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca tiga puluh ayat secara tartil, perlahan-lahan, dan berulang-ulang. Sedangkan pada rakaat kedua beliau membaca seperti bacaan pada rakaat pertama tanpa tartil, perlahan-lahan, dan berulang-ulang. Jadi, dua bacaannya sama, tapi yang pertama lebih lama dari yang kedua."

Shahih Ibnu Hibban #1859

صحيح ابن حبان ١٨٥٩: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ عُمَيْرٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ، قَالَ‏:‏ كُنْتُ قَاعِدًا عِنْدَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ، إِذْ جَاءَهُ نَاسٌ مِنْ أَهْلِ الْكُوفَةِ يَشْكُونَ سَعْدًا، حَتَّى قَالُوا لَهُ‏:‏ إِنَّهُ لاَ يُحْسِنُ الصَّلاَةَ، فَقَالَ‏:‏ عَهْدِي بِهِ وَهُوَ حَسَنُ الصَّلاَةِ، فَدَعَاهُ فَأَخْبَرَهُ، فَقَالَ‏:‏ أَمَّا صَلاَةُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَدْ صَلَّيْتُ بِهِمْ، أَرْكُدُ فِي الْأُولَيَيْنِ، وَأَحْذِفُ فِي الْأُخْرَيَيْنِ، فَقَالَ‏:‏ ذَاكَ الظَّنُّ بِكَ أَبَا إِسْحَاقَ، فَبَعَثَ مَعَهُ مَنْ يَسْأَلُ عَنْهُ بِالْكُوفَةِ، فَطِيفَ بِهِ فِي مَسَاجِدِ الْكُوفَةِ، فَلَمْ يُقَلْ لَهُ إِلاَّ خَيْرًا حَتَّى انْتَهَى إِلَى مَسْجِدِ بَنِي عَبْسٍ، فَإِذَا رَجُلٌ يُدْعَى أَبَا سَعْدَةَ، فَقَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ إِنَّهُ كَانَ لاَ يَنْفِرُ فِي السَّرِيَّةِ، وَلاَ يَقْسِمُ بِالسَّوِيَّةِ، وَلاَ يَعْدِلُ فِي الْقَضِيَّةِ، قَالَ‏:‏ فَغَضِبَ سَعْدٌ، وَقَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ كَاذِبًا فَأَطِلْ عُمْرَهُ، وَشَدِّدْ فَقْرَهُ، وَاعْرِضْ عَلَيْهِ الْفِتَنَ، قَالَ‏:‏ فَزَعَمَ ابْنُ عُمَيْرٍ أَنَّهُ رَآهُ قَدْ سَقَطَ حَاجِبَاهُ عَلَى عَيْنَيْهِ، قَدِ افْتَقَرَ، وَافْتُتِنَ، فَلَمْ يَجِدْ شَيْئًا، يُسْأَلُ كَيْفَ أَنْتَ أَبَا سَعْدَةَ‏؟‏ فَيَقُولُ‏:‏ شَيْخٌ كَبِيرٌ مَفْتُونٌ، أُجِيبَتْ فِيَّ دَعْوَةُ سَعْدٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1859: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dia berkata: Jarir bin Abdul Hamid mengabarkan kepada kami, dia beikata: Abdul Malik bin Umair menceritakan kepada kami dari Jabir bin Samurah, dia berkata: Ketika aku sedang duduk bersama Umar bin Khattab RA, datanglah serombongan orang dari Kufah untuk mengadukan Sa’d, bahwa Sa'd tidak benar shalatnya. Umar lalu berkata, “Sepengetahuanku, dia shalatnya benar.” Dia (Umar) lalu memanggilnya (Sa’d), lalu Sa’d menjelaskan kepadanya, “Shalatku adalah shalat yang pernah dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dan aku telah mengimami mereka dengan shalat tersebut. Pada dua rakaat pertama aku memperlama bacaan dan pada dua rakaat terakhir aku mempercepat." Umar berkata, “Itulah dugaan kami terhadapmu, wahai Abu Ishaq.” Umar lalu mengutus seseorang bersamanya (Sa'd) kepada yang akan menanyakan tentang perihalnya (Sa'd) di Kufah. Orang tersebut lalu berkeliling di masjid-masjid Kufah, dan tidak ada yang berkomentar tentang Sa'd kecuali komentar yang baik. Hingga akhirnya dia tiba di masjid bani Abas, dan di sana dia bertemu seorang laki-laki bernama Abu Sa’dah. Laki-laki tersebut berkata, “Dia adalah orang yang tidak ikut bersama sariyyah (detasemen militer), tidak berlaku dengan adil, dan tidak adil dalam menjatuhkan hukuman." Mendengar itu Sa'd pun marah, dia berkata, “Ya Allah, jika dia berdusta maka panjangkanlah umurnya, perberatlah kemiskinannya, dan timpakanlah bencana-bencana kepadanya.” Jarir berkata, ”Ibnu Umair menduga dia pernah melihatnya (Abu Sa’dah) dalam kondisi kedua alisnya rontok karena sangat miskinnya. Dia banyak mengalami bencana dan tidak memiliki apa-apa. Bila dia ditanya, 'Bagaimana kabarmu, wahai Abu Sa’dah?' dia menjawab, 'Aku adalah orang tua yang terkena bencana serta kutukan doa Sa’d'."203 [4:1]

Shahih Ibnu Hibban #1860

صحيح ابن حبان ١٨٦٠: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ بْنُ قُدَامَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَاصِمُ بْنُ كُلَيْبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي أَبِي، أَنَّ وَائِلَ بْنَ حُجْرٍ الْحَضْرَمِيَّ، أَخْبَرَهُ قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ لَأَنْظُرَنَّ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَيْفَ يُصَلِّي، فَنَظَرْتُ إِلَيْهِ حِينَ قَامَ، فَكَبَّرَ، وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى حَاذَتَا أُذُنَيْهِ، ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى ظَهْرِ كَفِّهِ الْيُسْرَى، وَالرُّسْغِ، وَالسَّاعِدِ، ثُمَّ لَمَّا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ مِثْلَهَا، ثُمَّ رَكَعَ، فَوَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَرَفَعَ يَدَيْهِ مِثْلَهَا، ثُمَّ سَجَدَ، فَجَعَلَ كَفَّيْهِ بِحِذَاءِ أُذُنَيْهِ، ثُمَّ جَلَسَ فَافْتَرَشَ فَخِذَهُ الْيُسْرَى، وَجَعَلَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ، وَرُكْبَتِهِ الْيُسْرَى، وَجَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ الأَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، وَعَقَدَ ثِنْتَيْنِ مِنْ أَصَابِعِهِ، وَحَلَّقَ حَلْقَةً، ثُمَّ رَفَعَ إِصْبَعَهُ، فَرَأَيْتُهُ يُحَرِّكُهَا يَدْعُو بِهَا، ثُمَّ جِئْتُ بَعْدَ ذَلِكَ فِي زَمَانٍ فِيهِ بَرْدٌ، فَرَأَيْتُ النَّاسَ عَلَيْهِمْ جُلُّ الثِّيَابِ تَتَحَرَّكُ أَيْدِيهِمْ تَحْتَ الثِّيَابِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1860: Al Fadhl bin Al Hubab mengabarkan kepada kami., dia berkata: Abu Al Walid Ath-Thayalisi menceritakan kepada kami, dia berkata: Zaidah bin Qudamah menceritakan kepada kami, dia berkata: Ashim bin Kulaib menceritakan kepada kami, dia berkata: Ayahku menceritakan kepadaku, bahwa Wail bin Hujr Al Hadhrami mengabarkan kepadanya, dia berkata: Aku berkata, “Aku akan melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bagaimana beliau shalat. Aku melihat saat beliau berdiri. Beliau bertakbir dengan mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua telinganya. Kemudian beliau meletakkan tangan kanannya di atas bagian luar telapak tangan kirinya, pergelangan tangan, dan lengan bawahnya. Ketika hendak ruku beliau mengangkat kedua tangannya seperti ketika takbir (takbiratul ihram), lalu meletakkan kedua tangannya di atas kedua lututnya, lalu mengangkat kepalanya dan mengangkat kedua tangannya seperti ketika takbir dan ruku. Beliau lalu sujud dengan meletakkan kedua telapak tangan sejajar dengan kedua telinganya. Lalu beliau duduk dengan membentangkan paha kirinya [dan meletakkan tangan kirinya di atas paha serta lutut kirinya], sedangkan pergelangan siku kanannya diletakkan di atas paha kanannya. Beliau menggabungkan dua jarinya dan membentuknya seperti lingkaran, lalu mengangkat jarinya (jari telunjuk), dan kulihat beliau menggerakkannya untuk berdoa dengannya. Kemudian aku datang lagi setelah itu pada musim dingin. Kulihat orang-orang memakai pakaian besar, dan tangan-tangan mereka bergerak di bawahnya." 204 [5:4]