صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1391

صحيح ابن حبان ١٣٩١: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ حَسَّانَ بْنِ مُخَارِقٍ، قَالَ‏:‏ قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ اشْتَكَتِ ابْنَةٌ لِي، فَنَبَذْتُ لَهَا فِي كُوزٍ، فَدَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَهُوَ يَغْلِي، فَقَالَ مَا هَذَا‏؟‏ فَقَالَتْ‏:‏ إِنَّ ابْنَتِي اشْتَكَتْ فَنَبَذْنَا لَهَا هَذَا، فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِنَّ اللَّهَ لَمْ يَجْعَلْ شِفَاءَكُمْ فِي حَرَامٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1391: Ahmad bin Ali bin Al Mutsanna telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abu Khaitsamah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Jarir telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Asy-Syaibani dari Hassan bin Mukhariq, ia berkata, Ummu Salamah berkata, “Puteriku menderita sakit. Aku pun membuatkannya perasan anggur di sebuah cangkir. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam masuk saat cangkir itu mulai berbusa. Beliau bertanya, Apa itu?'. Aku menjawab290, “Sungguh, anakku sakit. Lalu aku membuatkannya perasan anggur ini.”Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak akan menjadikan obat bagi kalian pada sesuatu yang haram.”291 [35:2]

Shahih Ibnu Hibban #1392

صحيح ابن حبان ١٣٩٢: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ مَيْمُونَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنِ الْفَأْرَةِ تَمُوتُ فِي السَّمْنِ، فَقَالَ‏:‏ إِنْ كَانَ جَامِدًا فَأَلْقُوهَا وَمَا حَوْلَهَا وَكُلُوهُ، وَإِنْ كَانَ ذَائِبًا فَلاَ تَقْرَبُوهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1392: Abdullah bin Muhammad Al Azdi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Az-Zuhri dari Ubaidillah bin Abdullah dari Ibnu Abbas dari Maimunah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya tentang tikus yang mati di dalam mentega. Beliau bersabda; “Jika (mentega) itu keras, maka buanglah tikus itu dan benda yang berada di sekelilingnya. Lalu makanlah mentega tadi. Namun jika ia telah mencair, maka jangan kalian dekati.”292 [65:3]

Shahih Ibnu Hibban #1393

صحيح ابن حبان ١٣٩٣: أَخْبَرَنَا ابْنُ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي السَّرِيِّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ سُئِلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْفَأْرَةِ تَقَعُ فِي السَّمْنِ، فَقَالَ‏:‏ إِنْ كَانَ جَامِدًا فَأَلْقُوهَا وَمَا حَوْلَهَا، وَإِنْ كَانَ مَائِعًا فَلاَ تَقْرَبُوهُ يَعْنِي ذَائِبًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1393: Ibnu Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ibnu Abu As-Sari telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdurrazzaq telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ma’mar telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Az-Zuhri dari Sa’id bin Al Musayyab dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang tikus yang jatuh ke dalam mentega. Beliau menjawab, “Apabila mentega itu keras, maka buanglah tikus serta benda di sekitarnya. Dan bila ia mengalir, maka jangan kalian dekati!”. Maksudnya, apabila ia mencair.” 293 [65:3]

Shahih Ibnu Hibban #1394

صحيح ابن حبان ١٣٩٤: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ سُئِلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْفَأْرَةِ تَقَعُ فِي السَّمْنِ، فَتَمُوتُ، قَالَ‏:‏ إِنْ كَانَ جَامِدًا أَلْقَاهَا وَمَا حَوْلَهَا وَأَكَلَهُ، وَإِنْ كَانَ مَائِعًا لَمْ يَقْرَبْهُ‏.‏قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ‏:‏ وَأَخْبَرَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بُوذَوَيْهِ، أَنَّ مَعْمَرًا، كَانَ يَذْكُرُ أَيْضًا، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ مَيْمُونَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1394: Abdullah bin Muhammad Al Azdi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ma’mar telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Az-Zuhri dari Sa’id bin Al Musayyab dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang tikus yang jatuh ke dalam mentega, lalu mati. Beliau bersabda, 'Apabila mentega itu keras, maka ia (harus) membuang tikus dan benda ia (boleh) memakan mentega itu. Namun apabila mentega itu mencair, maka ia tidak boleh mendekatinya'. 294 Abdurrazzaq295 berkata, “Abdurrahman bin Budzawaih telah mengabarkan kepadaku bahwa Ma’mar juga menuturkan hadits yang sama dari Az-Zuhri dari Ubaidillah bin Abdullah dari Ibnu Abbas dari Maimunah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.” [65:3]

Shahih Ibnu Hibban #1395

صحيح ابن حبان ١٣٩٥: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ دِينَارٍ، مَوْلَى أُمِّ قَيْسٍ بِنْتِ مِحْصَنٍ، عَنْ أُمِّ قَيْسٍ بِنْتِ مِحْصَنٍ، قَالَتْ‏:‏ سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ دَمِ الْحَيْضِ يُصِيبُ الثَّوْبَ، فَقَالَ‏:‏ اغْسِلِيهِ بِالْمَاءِ وَالسِّدْرِ وَحُكِّيهِ بِضِلَعٍ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ اغْسِلِيهِ بِالْمَاءِ أَمْرُ فَرْضٍ، وَذِكْرُ السِّدْرِ وَالْحَكِّ بِالضِّلَعِ أَمْرُ نَدْبٍ وَإِرْشَادٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1395: Umar bin Muhammad Al Hamdani telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Yahya telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Tsabit dari Adi bin Dinar, hamba sahaya Ummu Qais binti Mihshan dari Ummu Qais binti Mihshan, ia berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tentang darah haidh yang mengenai baju. Beliau bersabda, ' Cucilah darah itu dengan air dan daun bidara Dan gosoklah ia dengan kayu'” 296 [50:1] Abu Hatim berkata, “Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Cucilah darah itu dengan air”, adalah perintah fardhu. Sedangkan perintah mencuci dengan daun bidara dan menggosok dengan kayu adalah perintah sunnah dan nasihat bijak.

Shahih Ibnu Hibban #1396

صحيح ابن حبان ١٣٩٦: أَخْبَرَنَا حَامِدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ شُعَيْبٍ الْبَلْخِيُّ، حَدَّثَنَا شُرَيْحُ بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ الْمُنْذِرِ، عَنْ جَدَّتِهَا أَسْمَاءَ، أَنَّ امْرَأَةً سَأَلَتْ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ دَمِ الْحَيْضِ، فَقَالَ‏:‏ حُتِّيهِ، ثُمَّ اقْرُصِيهِ بِالْمَاءِ، ثُمَّ رُشِّيهِ، وَصَلِّي فِيهِ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ الأَمْرُ بِالْحَتِّ وَالرَّشِ أَمْرَ نَدْبٍ لاَ حَتْمٍ، وَالأَمْرُ بِالْقَرْصِ بِالْمَاءِ مُقِرُّونَ بِشَرْطِهِ، وَهُوَ إِزَالَةُ الْعَيْنِ، فَإِزَالَةُ الْعَيْنِ فَرْضٌ، وَالْقَرْصُ بِالْمَاءِ نَفْلٌ إِذَا قَدَرَ عَلَى إِزَالَتِهِ بِغَيْرِ قَرْصٍ، وَالأَمْرُ بِالصَّلاَةِ فِي ذَلِكَ الثَّوْبِ بَعْدَ غَسْلِهِ أَمْرُ إِبَاحَةٍ لاَ حَتْمٍ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1396: Hamid bin Muhammad bin Syu’aib Al Balkhi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Syuraih bin Yunus telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Hisyam bin Urwah dari Fathimah binti Al Mundzir dari neneknya, Asma’, “Seorang wanita bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tentang darah haidh. Beliau bersabda, 'Hilangkan darah itu, lalu gosoklah dengan air kemudian siramlah Dan shalatlah dengan menggunakan pakaian itu'. 297 [51:4] Abu Hatim berkata, “Perintah menghilangkan darah dan menyiramnya dengan air adalah perintah sunah, bukan perintah wajib. Sedangkan perintah menggosok298 dengan air harus disertai dengan sebuah syarat, yaitu hilangnya benda najis. Jadi menghilangkan benda najis hukumnya fardhu. Sedangkan menggosok dengan air hukumnya sunnah jika ia mampu menghilangkan benda najis tanpa digosok. Dan perintah melaksanakan shalat dengan mengenakan pakaian tadi setelah dicuci adalah perintah boleh, bukan wajib.”

Shahih Ibnu Hibban #1397

صحيح ابن حبان ١٣٩٧: أَخْبَرَنَا ابْنُ سَلْمٍ، حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ الْمُنْذِرِ، عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ، أَنَّهَا قَالَتْ‏:‏ سُئِلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الثَّوْبِ يُصِيبُهُ الدَّمُ مِنَ الْحَيْضَةِ، فَقَالَ‏:‏ لِتَحُتَّهُ، ثُمَّ تَقْرُصْهُ بِالْمَاءِ، ثُمَّ لِتَنْضَحْهُ فَتُصَلِّيَ فِيهِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1397: Ibnu Salm telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Harmalah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Wahab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Amr bin Al Harits telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Hisyam bin Urwah dari Fathimah binti Al Mundzir dari Asma’ binti Abu Bakr bahwa ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang pakaian yang terkena darah haidh. Beliau bersabda, 'Ia harus menghilangkan darah haidh, lalu menggosoknya dengan air. Kemudian ia harus menyiramnya, lalu shalat dengan mengenakan pakaian itu'. ” 299 [51:1]

Shahih Ibnu Hibban #1398

صحيح ابن حبان ١٣٩٨: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَجَّاجِ السَّامِيُّ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ الْمُنْذِرِ، عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ، أَنَّ امْرَأَةً، قَالَتْ‏:‏ يَا رَسُولِ اللهِ، مَا أَصْنَعُ بِمَا أَصَابَ ثَوْبِي مِنْ دَمِ الْحَيْضِ‏؟‏ قَالَ‏:‏ حُتِّيهِ، ثُمَّ اقْرُصِيهِ بِالْمَاءِ، وَانْضَحِي مَا حَوْلَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1398: Abu Ya’la telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ibrahim bin Al Hajjaj As-Sami telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Hammad bin Salamah telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Hisyam bin Urwah dari Fathimah binti Al Mundzir dari Asma binti Abu Bakar bahwa seorang wanita bertanya, “Wahai Rasulullah! Apa yang harus aku lakukan bila pakaianku terkena darah haidh?”. Beliau menjawab, ‘Hilangka darah itu, lalu gosoklah dengan air, dan siramlah bagian di sekitar darah tadi'. ” 300 [51:1]

Shahih Ibnu Hibban #1399

صحيح ابن حبان ١٣٩٩: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْوَلِيدِ الزُّبَيْدِيِّ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَامَ أَعْرَابِيٌّ فِي الْمَسْجِدِ فَبَالَ، فَتَنَاوَلَهُ النَّاسُ، فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ دَعُوهُ، وَأَهْرِيقُوا عَلَى بَوْلِهِ دَلْوًا مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِينَ، وَلَمْ تُبْعَثُوا مُعَسِّرِينَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1399: Abdullah bin Muhammad bin Salm telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abdurrahman bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Umar bin Abdul Wahid telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Al Auza’i dari Muhammad bin Al Walid Az-Zubaidi dari Az-Zuhri dari Ubaidillah bin Abdullah dari Abu Hurairah, ia berkata,“Seorang Arab badui berdiri di dalam masjid, lalu ia kencing. Kemudian orang-orang (para sahabat) menangkapnya. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepada mereka, ‘Biarkan ia dan siramkan satu ember air ke (tempat) kencingnya! Sungguh kalian diutus semata-mata untuk membawa kemudahan, dan tidak diutus untuk membawa kesukaran’” 301 [90:1]

Shahih Ibnu Hibban #1400

صحيح ابن حبان ١٤٠٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ اللهِ، أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ، أَخْبَرَهُ أَنَّ أَعْرَابِيًّا بَالَ فِي الْمَسْجِدِ، فَثَارَ إِلَيْهِ أُنَاسٌ لِيَقَعُوا بِهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ دَعُوهُ وَأَهْرِيقُوا عَلَى بَوْلِهِ دَلْوًا مِنْ مَاءٍ، أَوْ سَجْلاً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِينَ، وَلَمْ تُبْعَثُوا مُعَسِّرِينَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1400: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Wahab telah mengabarkan kepada kami Yunus dari Ibnu Syihab, ia berkata, Ubaidillah bin Abdullah telah mengabarkan kepadaku, Sesungguhnya Abu Hurairah mengabarkan kepadanya (Ubaidillah bin Abdullah) bahwa seorang Arab pedalaman kencing di dalam masjid. Para sahabat marah dan hendak memukulnya, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Biarkanlah ia dan siramkan ke (tempat) kencingnya satu timba air atau satu timba penuh berisi air! Sungguh, kalian di utus semata-mata untuk membawa kemudahan dan tidak diutus untuk membawa kesukaran. "302 [8:5]