صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1161

صحيح ابن حبان ١١٦١: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، وَأَبُو يَعْلَى، قَالاَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَجَّاجِ السَّامِيُّ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ، وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأْ‏.‏قَالَ أَبُو حَاتِمٍ‏:‏ أُضْمِرَ فِي هَذَا الْخَبَرِ‏:‏ إِذَا لَمْ يَكُنْ بَيْنَهُمَا حَائِلٌ‏.‏ وَالدَّلِيلُ عَلَى أَنَّهُ الْوُضُوءُ الَّذِي لاَ تَجُوزُ الصَّلاَةُ إِلاَّ بِهِ دُونَ غَسْلِ الْيَدَيْنِ، تَقْرِينُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْوُضُوءَ بِالاِغْتِسَالِ فِي شَيْئَيْنِ مُتَجَانِسَيْنِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1161: Al Hasan bin Sufyan dan Abu Ya'la mengabarkan kepada kami, keduanya berkata: Ibrahim bin Al Hajjaj As-Sami menceritakan kepada kami, dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa yang memandikan mayit, maka hendaklah ia mandi. Dan barangsiapa yang membawa mayit hendaklah ia berwudhu. “96 [1:55] Abu Hatim berkata, “Dalam khabar ini disembunyikan perkataan, 'Jika tidak terdapat penghalang pada keduanya.' Dan dalil bahwa itu adalah wudhu yang tidak sah shalat kecuali dengan wudhu tersebut, selain mencuci kedua tangan telah diserupakan dengan wudhu untuk mandi (janabat) dan keduanya merupakan dua hal yang sepadan."

Shahih Ibnu Hibban #1162

صحيح ابن حبان ١١٦٢: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا خَلَفُ بْنُ هِشَامٍ الْبَزَّارُ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ سِمَاكٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ‏:‏ أَكَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَتِفًا، ثُمَّ مَسَحَ يَدَهُ بِمِسْحٍ كَانَ تَحْتَهُ، ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1162: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata: Khalaf bin Hisyam Al Bazzar menceritakan kepada kami» ia berkata: Abu97 Al Ahwash menceritakan kepada kami, dari Simak, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah makan daging paha kambing, kemudian beliau membersihkan tangannya dengan kain permadani yang terbuat dari bulu yang berada di bawah beliau, lalu ia berdiri dan mengerjakan shalat.” 98 [4:19]

Shahih Ibnu Hibban #1163

صحيح ابن حبان ١١٦٣: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عُمَيْرِ بْنِ يُوسُفَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا هِلاَلُ بْنُ مَيْمُونٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَطَاءُ بْنُ يَزِيدَ اللَّيْثِيُّ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِغُلاَمٍ يَسْلُخُ شَاةً، فَقَالَ لَهُ‏:‏ تَنَحَّ حَتَّى أُرِيَكَ، فَإِنِّي لاَ أَرَاكَ تُحْسِنُ تَسْلُخُ، قَالَ‏:‏ فَأَدْخَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَهُ بَيْنَ الْجِلْدِ وَاللَّحْمِ، فَدَحَسَ بِهَا حَتَّى تَوَارَتْ إِلَى الإِبْطِ، ثُمَّ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ هَكَذَا يَا غُلاَمُ فَاسْلُخْ، ثُمَّ انْطَلَقَ فَصَلَّى، وَلَمْ يَتَوَضَّأْ، وَلَمْ يَمَسَّ مَاءً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1163: Ahmad bin Umair bin Yusuf mengabarkan kepada kami, ia berkata: Amru bin Utsman menceritakan kepada kami, ia berkata: Marwan bin Mu'awiyah menceritakan kepada kami, ia berkata: Hilal bin Maimun menceritakan kepada kami, ia berkata: Atha bin Yazid99 Al-Laitsi menceritakan kepada kami, dari Abu Sa’id Al Khudri, bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah melewati seorang anak-anak yang sedang menguliti kambing, maka beliau bersabda kepadanya, “Minggirlah, aku akan mempraktekkan kepadamu, sesungguhnya aku tidak melihatmu pandai menguliti kambing.” Abu Sa’id berkata, “Maka beliau memasukkan tangannya antara kulit dan daging kambing, lalu mengulitinya sampai tangan beliau masuk ke dalam ketiak kambing tersebut, kemudian beliau bersabda, “Beginilah caranya menguliti wahai bocah” Lalu beliau pergi dan mengerjakan shalat tanpa berwudhu terlebih dahulu dan tanpa menyentuh air.” 100 [5:8]

Shahih Ibnu Hibban #1164

صحيح ابن حبان ١١٦٤: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ أُمَّ سُلَيْمٍ سَأَلَتْ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْمَرْأَةِ تَرَى فِي مَنَامِهَا مَا يَرَى الرَّجُلُ‏؟‏ قَالَ‏:‏ إِذَا أَنْزَلَتِ الْمَرْأَةُ فَلْتَغْتَسِلْ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1164: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdah bin Sulaiman mengabarkan kepada kami, dari Sa’id, dari Qatadah, dari Anas, bahwa Ummu Sulaim bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang seorang perempuan yang bermimpi dalam tidurnya seperti mimpinya seorang laki-laki? Beliau menjawab, “Apabila seorang perempuan mengeluarkan mani (orgasme), maka hendaklah ia mandi. ” 101 [3:57]

Shahih Ibnu Hibban #1165

صحيح ابن حبان ١١٦٥: أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ زَيْنَبَ بِنْتِ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَتْ‏:‏ جَاءَتْ أُمُّ سُلَيْمٍ امْرَأَةُ أَبِي طَلْحَةَ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَتْ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ، هَلْ عَلَى الْمَرْأَةِ غُسْلٌ إِذَا هِيَ احْتَلَمَتْ‏؟‏ قَالَ‏:‏ نَعَمْ، إِذَا رَأَتِ الْمَاءَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1165: Al Fadhl bin Al Hubab mengabarkan kepada kami, ia berkata: Al Qa’nabi menceritakan kepada kami, dari Malik, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya102, dari Zainab binti Ummu Salamah, dari Ummu Salamah103, ia berkata: Telah datang Ummu Sulaim-istri Abu Thalhah- kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, seraya berkata, “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sesungguhnya Allah SWT tidak malu terhadap kebenaran. Apakah wanita harus mandi jika bermimpi (senggama)?” Maka beliau menjawab, “Iya, jika ia melihat air (mani)”104 [3:57]

Shahih Ibnu Hibban #1166

صحيح ابن حبان ١١٦٦: أَخْبَرَنَا ابْنُ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ، عَنْ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّ أُمَّ سُلَيْمٍ الأَنْصَارِيَّةَ، وَهِيَ أُمُّ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَتْ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ، هَلْ عَلَى الْمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ إِذَا رَأَتِ الْمَاءَ فِي النَّوْمِ مَا يَرَى الرَّجُلُ، أَتَغْتَسِلُ أَمْ لاَ‏؟‏ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ تَغْتَسِلُ، فَقَالَتْ زَوْجُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ فَأَقْبَلْتُ عَلَيْهَا فَقُلْتُ‏:‏ أُفٍّ لَكِ، وَهَلْ تَرَى ذَلِكَ الْمَرْأَةُ‏؟‏ قَالَتْ‏:‏ فَأَقْبَلَ عَلَيْهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ‏:‏ تَرِبَتْ يَمِينُكِ فَمِنْ أَيْنَ يَكُونُ الشَّبَهُ‏؟‏‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1166: Ibnu Qutaibah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, ia berkata: Yunus mengabarkan kepada kami, dari Ibnu Syihab, ia berkata: Urwah bin Az-Zubair menceritakan kepadaku, dari istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwasanya Ummu Sulaim Al Anshari -Ibu Anas bin Malik- bertanya, “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sesungguhnya Allah SWT tidak malu terhadap kebenaran. Apabila seorang perempuan bermimpi sebagaimana pria, apakah ia juga wajib mandi atau tidak?” Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Hendaklah ia mandi." Maka istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, “Aku berpaling lalu berkata “UfF” apakah perempuan juga bermimpi seperti itu?” Istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, “Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berpaling kepadanya dan bersabda, "Kalau tidak, maka darimanakah si anak akan menyerupai ibunya? ”105 [1:65]

Shahih Ibnu Hibban #1167

صحيح ابن حبان ١١٦٧: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ زَيْنَبَ بِنْتِ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّهَا قَالَتْ‏:‏ جَاءَتْ أُمُّ سُلَيْمٍ امْرَأَةُ أَبِي طَلْحَةَ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَتْ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ، هَلْ عَلَى الْمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ إِذَا هِيَ احْتَلَمَتْ‏؟‏ قَالَ‏:‏ نَعَمْ، إِذَا رَأَتِ الْمَاءَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1167: Umar bin Sa'id bin Sinan mengabarkan kepada kami, ia berkata : Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami, dari Malik, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Zainab binti Ummu Salamah, dari Ummu Salamah, bahwa ia berkata: Ummu Salamah -ia adalah istri Abu Thalhah- pernah datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan bertanya : “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sesungguhnya Allah SWT tidak malu terhadap kebenaran. Apabila seorang perempuan bermimpi sebagaimana pria, apakah ia juga wajib mandi?.” Beliau menjawab, “Iya, jika ia melihat air (mani).”106 [3:65]

Shahih Ibnu Hibban #1168

صحيح ابن حبان ١١٦٨: أَخْبَرَنَا ابْنُ سَلْمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ، أَنَّ ابْنَ شِهَابٍ حَدَّثَهُ، أَنَّ أَبَا سَلَمَةَ بْنَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّثَهُ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ‏:‏ الْمَاءُ مِنَ الْمَاءِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1168: Ibnu Salam mengabarkan kepada kami, ia berkata: Harmalah bin Yahya menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, ia berkata: Amru bin Al Harits mengabarkan kepadaku, bahwa Ibnu Syihab menceritakannya, bahwa Abu Salamah bin Abdurrahman menceritakannya, dari Abu Sa’id Al Khudri, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda, “Air itu berasal dari air.”107 [3:57]

Shahih Ibnu Hibban #1169

صحيح ابن حبان ١١٦٩: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي أَبِي، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي أَبُو أَيُّوبَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنِي أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، الرَّجُلُ يَأْتِي الْمَرْأَةَ فَلاَ يُنْزِلُ‏؟‏ قَالَ‏:‏ يَغْسِلُ مَا مَسَّ الْمَرْأَةَ مِنْهُ، وَيَتَوَضَّأُ وَيُصَلِّي‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1169: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, ia berkata: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin Urwah, ia berkata: Ayahku mengabarkan kepadaku, ia berkata: Abu Ayub menceritakan kepadaku, ia berkata: Ubay bin Ka’ab menceritakan kepadaku, ia berkata: "Aku hendak bertanya wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bagaimana (hukumnya) seseorang yang menyetubuhi istrinya namun ia tidak keluar mani?” Beliau menjawab, “(hendaklah) Ia membasuh sesuatu (kemaluan) yang menyentuh (kemaluan) istrinya, lalu ia berwudhu dan melaksanakan shalat.”108 [3:57]

Shahih Ibnu Hibban #1170

صحيح ابن حبان ١١٧٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي عَوْنٍ الرَّيَّانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ رَبِّهِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ أَرَأَيْتَ أَحَدَنَا إِذَا جَامَعَ الْمَرْأَةَ فَأَكْسَلَ وَلَمْ يُمْنِ‏؟‏ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ لِيَغْسِلْ ذَكَرَهُ وَأُنْثَيَيْهِ، وَلْيَتَوَضَّأْ ثُمَّ لِيُصَلِّ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1170: Muhammad bin Ahmad bin Abu Aun Ar-Rayyani mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Abdurabbihi menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdah bin Sulaiman menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Abu Ayub Al Anshari, dari Ubay bin Ka’ab, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Aku bertanya, “Bagaimanakah menurut engkau apabila ada seseorang dari kami yang menyetubuhi istrinya kemudian ia menghentikannya dalam keadaan belum keluar mani?” Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, “Hendaklah ia membasuh kemaluan dan biji dzakamya, setelah itu hendaklah ia berwudhu kemudian shalat.”109 [4:32]