صحيح ابن حبان ١١٣١: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ وَهْبِ بْنِ كَيْسَانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكَلَ مِنْ كَتِفٍ أَوْ قَالَ: تَعَرَّقَ مِنْ ضِلَعٍ ثُمَّ صَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ.
Shahih Ibnu Hibban 1131: Abu Ya’la mengabarkan kepada kami, ia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, ia berkata: Ismail bin Ulayyah menceritakan kepada kami, dari Ayub, dari Wahb bin Kaisan, dari Muhammad bin Amru bin Atha, dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah makan paha kambing- atau Ibnu Abbas berkata: Beliau menggigit dari tulang rusuk- kemudian beliau shalat dan tidak berwudhu.”56 [5 :20]
صحيح ابن حبان ١١٣٢: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا حِبَّانُ بْنُ مُوسَى، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ، عَنْ مَعْمَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: أَكَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ لَحْمٍ، وَمَعَهُ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ، ثُمَّ قَامُوا إِلَى الصَّفِّ وَلَمْ يَتَوَضَّؤُوا. قَالَ جَابِرٌ: ثُمَّ شَهِدْتُ أَبَا بَكْرٍ أَكَلَ طَعَامًا، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ وَلَمْ يَتَوَضَّأْ. ثُمَّ شَهِدْتُ عُمَرَ أَكَلَ مِنْ جَفْنَةٍ، ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ.
Shahih Ibnu Hibban 1132: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Hibban bin Musa menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdullah menceritakan kepada kami, dari Ma’mar, ia berkata: Muhammad bin Al Munkadir menceritakan kepada kami, dari Jabir, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah memakan daging, dan bersama beliau terdapat Abu Bakar dan Umar. Kemudian mereka bangkit menuju shaf shalat tanpa berwudhu. Jabir berkata, “Kemudian aku pernah menyaksikan Abu Bakar memakan suatu makanan, lalu ia berdiri untuk mengerjakan shalat dan ia tidak berwudhu. Kemudian aku (juga) pernah menyaksikan Umar memakan suatu makanan dari mangkok besar, lalu ia berdiri mengerjakan shalat dan ia tidak berwudhu.”57 [4:1]
صحيح ابن حبان ١١٣٣: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي عَوْنٍ الرَّيَّانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو بِشْرٍ بَكْرُ بْنُ خَلَفٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى الْقَطَّانُ، قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ، عَنْ وَهْبِ بْنِ كَيْسَانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكَلَ كَتِفًا فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ.
Shahih Ibnu Hibban 1133: Muhammad bin Ahmad bin Abu Aun Ar-Rayyani”58 mengabarkan kepada kami, Abu Bisyr Bakar bin Khalaf menceritakan kepada kami, ia berkata: Yahya Al Qaththan menceritakan kepada kami, ia berkata: Hisyam bin Urwah menceritakan kepada kami, dari Wahb bin Kaisan, dari Muhammad bin Amru bin”59 Atha, dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah makan paha kambing, kemudian beliau shalat dan tidak berwudhu.”60 [1:100]
صحيح ابن حبان ١١٣٤: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ سَهْلٍ الرَّمْلِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: كَانَ آخِرُ الأَمْرَيْنِ مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَرْكُ الْوُضُوءِ مِمَّا مَسَّتِ النَّارُ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: هَذَا خَبَرٌ مُخْتَصَرٌ مِنْ حَدِيثٍ طَوِيلٍ، اخْتَصَرَهُ شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ مُتَوَهِّمًا لِنَسْخِ إِيجَابِ الْوُضُوءِ مِمَّا مَسَّتِ النَّارُ مُطْلَقًا، وَإِنَّمَا هُوَ نَسْخٌ لِإِيجَابِ الْوُضُوءِ مِمَّا مَسَّتِ النَّارُ، خَلاَ لَحْمِ الْجَزُورِ فَقَطْ.
Shahih Ibnu Hibban 1134: Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Musa bin Sahi61 Ar-Ramli menceritakan kepada kami, ia berkata: Ali bin Ayyasy62 menceritakan kepada kami, ia berkata: Syu’aib bin Abu Hamzah menceritakan kepada kami, dari Muhammad bin Al Munkadir, dari Jabir bin Abdullah, ia berkata : “Akhir kedua perkara ini adalah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak berwudhu lantaran makan sesuatu yang disentuh api.“ 63 [1:100] Abu Hatim RA berkata, “Hadits ini adalah ringkasan dari hadits yang matannya. panjang64. Syu’aib bin Abu Hamzah meringkasnya karena menduga pada dihapusnya kewajiban berwudhu karena memakan sesuatu yang disentuh api secara mutlak. Sesungguhnya hadits ini hanya menghapus hukum wajibnya berwudhu lantaran memakan sesuatu yang disentuh api, kecuali daging unta saja.
صحيح ابن حبان ١١٣٥: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا أَبُو عَلْقَمَةَ عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي فَرْوَةَ الْمَدِينِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكَلَ طَعَامًا مِمَّا مَسَّتِ النَّارُ، ثُمَّ صَلَّى قَبْلَ أَنْ يَتَوَضَّأَ. ثُمَّ رَأَيْتُ بَعْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبَا بَكْرٍ أَكَلَ طَعَامًا مِمَّا مَسَّتْهُ النَّارُ، ثُمَّ صَلَّى قَبْلَ أَنْ يَتَوَضَّأَ. ثُمَّ رَأَيْتُ بَعْدَ أَبِي بَكْرٍ عُمَرَ أَكَلَ طَعَامًا مِمَّا مَسَّتْهُ النَّارُ، ثُمَّ صَلَّى قَبْلَ أَنْ يَتَوَضَّأَ.
Shahih Ibnu Hibban 1135: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata: Abu Alqamah Abdullah bin Muhammad bin Abdullah bin Abu Farwah Al Madini mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Al Munkadir menceritakan kepadaku, dari Jabir, ia berkata, “Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memakan makanan yang disentuh api, kemudian beliau shalat sebelum berwudhu. Lalu setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, aku juga pernah melihat (Abu Bakar) makan makanan yang disentuh api kemudian ia shalat sebelum berwudhu. Lalu setelah Abu Bakar, aku juga pernah melihat Umar makan makanan yang disentuh api kemudian ia shalat sebelum berwudhu. 65 [1:100]
صحيح ابن حبان ١١٣٦: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا حِبَّانُ بْنُ مُوسَى، قَالَ: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ، عَنْ مَعْمَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: أَكَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ لَحْمٍ وَمَعَهُ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ رِضْوَانُ اللهِ عَلَيْهِمَا، ثُمَّ قَامُوا إِلَى الْعَصْرِ وَلَمْ يَتَوَضَّؤُوا. قَالَ جَابِرٌ: ثُمَّ شَهِدْتُ أَبَا بَكْرٍ أَكَلَ طَعَامًا، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ وَلَمْ يَتَوَضَّأْ. ثُمَّ شَهِدْتُ عُمَرَ أَكَلَ مِنْ جَفْنَةٍ، ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ.
Shahih Ibnu Hibban 1136: Al Hasan bin Sufyan mengabarkan kepada kami, ia berkata: Hibban bin Musa menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdullah menceritakan kepada kami, dari Ma'mar, ia berkata: Muhammad bin Al Munkadir menceritakan kepada kami, dari Jabir, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah memakan daging, dan bersama beliau terdapat Abu Bakar dan Umar. Kemudian mereka bangkit menuju barisan shalat dengan tanpa berwudhu. Jabir berkata: “Kemudian aku pernah menyaksikan Abu Bakar memakan suatu makanan, lalu ia berdiri untuk mengerjakan shalat dan ia tidak berwudhu. Kemudian aku (juga) pernah menyaksikan Umar memakan suatu makanan dari mangkuk besar, lalu ia berdiri mengerjakan shalat dan ia tidak berwudhu’66 [5:20]
صحيح ابن حبان ١١٣٧: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ قَزَعَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الطُّفَاوِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: دَعَتِ امْرَأَةٌ مِنَ الأَنْصَارِ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَاةٍ، فَأَكَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابُهُ، فَحَضَرَتِ الصَّلاَةُ، فَتَوَضَّأَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ عَادَ إِلَى بَقِيَّتِهَا فَأَكَلُوا، فَحَضَرَتِ الْعَصْرُ، فَلَمْ يَتَوَضَّأْ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
Shahih Ibnu Hibban 1137: Umar67 bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, ia berkata: Al Hasan bin Qaz’ah menceritakan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Abdurrahman Ath-Thufawi menceritakan kepada kami, ia berkata: Ayyub menceritakan kepada kami, dari Muhammad bin Al Munkadiri, dari Jabir bin Abdullah, ia berkata: Seorang perempuan dari kaum Anshar menghidangkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam daging kambing. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para shahabat lalu makan. Kemudian datang waktu shalat (Zhuhur). Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lalu berwudhu kemudian kembali (dari shalat) ke sisa makanannya dan mereka pun (kembali) makan. Lalu waktu shalat Ashar tiba. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (kemudian shalat) tanpa berwudhu. 68 [1:100]
صحيح ابن حبان ١١٣٨: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبِي، قَالَ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَى امْرَأَةً مِنَ الأَنْصَارِ، قَالَ: فَبَسَطَتْ لَهُ عِنْدَ ظِلِّ صَوْرٍ، وَرَشَّتْ بِالْمَاءِ حَوْلَهُ، وَذَبَحَتْ شَاةً، فَأَكَلَ وَأَكَلْنَا مَعَهُ، ثُمَّ قَالَ تَحْتَ الصَّوْرِ، فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ تَوَضَّأَ ثُمَّ صَلَّى الظُّهْرَ، فَقَالَتِ الْمَرْأَةُ: يَا رَسُولَ اللهِ، فَضَلَتْ عِنْدَنَا فَضْلَةٌ مِنْ طَعَامٍ، فَهَلْ لَكَ فِيهَا؟ قَالَ: نَعَمْ، فَأَكَلَ وَأَكَلْنَا مَعَهُ، ثُمَّ صَلَّى قَبْلَ أَنْ يَتَوَضَّأَ.
Shahih Ibnu Hibban 1138: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ia berkata: Wahb bin Jarir mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ayahku menceritakan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Al Munkadir menceritakan kepadaku, dari Jabir, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam datang menemui seorang perempuan dari kaum Anshar. Jabir berkata: Perempuan itu lalu menggelar tempat duduk untuk beliau di bawah kerindangan pohon-pohon kurma dan menyiramkan air disekelilingnya serta menyembelih seekor kambing. Kemudian beliau makan dan kami ikut makan bersama beliau. Lalu beliau bersabda di bawah kerindangan pohon-pohon kurma. Maka tatkala beliau bangun dari tempatnya, beliau berwudhu lalu melaksanakan shalat zuhur. Perempuan itu kemudian bertanya, “Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, masih ada sisa makanan di sini, apakah engkau masih mau meneruskan makan?” Beliau menjawab, "Iya.” Lalu beliau makan dan kami ikut makan bersama beliau. Kemudian beliau shalat sebelum berwudhu.” 69 [4:1]
صحيح ابن حبان ١١٣٩: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ الْقَاسِمِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: دَعَتْنَا امْرَأَةٌ مِنَ الأَنْصَارِ وَذَبَحَتْ شَاةً، وَصَنَعَتْ طَعَامًا، وَرَشَّتْ لَنَا صَوْرًا، فَدَعَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالطَّهُورِ، فَتَوَضَّأَ ثُمَّ صَلَّى، ثُمَّ أَتَيْنَا بِفُضُولِ الطَّعَامِ فَأَكَلَهُ، وَصَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ يَتَوَضَّأْ. وَدَخَلْنَا عَلَى أَبِي بَكْرٍ، فَدَعَا بِطَعَامٍ فَلَمْ يَجِدْهُ، فَقَالَ: أَيْنَ شَاتُكُمُ الَّتِي وَلَدَتْ؟ قَالَتْ: هِيَ ذِهِ، فَدَعَا بِهَا فَحَلَبَهَا بِيَدِهِ، ثُمَّ صَنَعُوا لِبَأً، فَأَكَلَ فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ. وَتَعَشَّيْتُ مَعَ عُمَرَ، فَأُتِيَ بِقَصْعَتَيْنِ، فَوُضِعَتْ وَاحِدَةٌ بَيْنَ يَدَيْهِ وَالْأُخْرَى بَيْنَ يَدَيِ الْقَوْمِ، فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: الصَّوْرُ: مُجْتَمِعُ النَّخْلِ.
Shahih Ibnu Hibban 1139: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, ia berkata: Bisyr bin Mu’adz Al Aqadi menceritakan kepada kami, ia berkata: Yazid bin Zurai’ menceritakan kepada kami, ia berkata: Rauh bin Al Qasim menceritakan kepada kami, dari Muhammad bin Al Munkadir, dari Jabir bin Abdullah, ia bericata: Seorang perempuan dari kaum Anshar pernah menghidangkan makanan untuk kami. Ia menyembelih seekor kambing dan membuat makanan. Ia menyiramkan air disekeliling kerindangan pohon kurma tempat kami duduk. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam meminta air untuk berwudhu. Maka beliau berwudhu kemudian mengerjakan shalat. Setelah itu kami menghampiri sisa makanan lalu beliau memakannya. Setelah selesai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengerjakan shalat dan beliau tidak berwudhu. Kami masuk bersama Abu Bakar lalu ia meminta makanan namun ia tidak mendapatinya. Ia lalu berkata: “Dimana kambing kalian yang habis melahirkan itu?” Perempuan itu berkata: “Ini (kambingnya).” Lalu ia meminta kambing itu kemudian ia memeras susunya dengan tangannya dan mereka membuatkan susu. Setelah itu ia makan lalu shalat dengan tanpa berwudhu. Pada sore harinya aku masuk bersama Umar. Ia dibawakan dua nampan, satu nampan diletakkan di hadapanya dan satu nampan di letakkan di hadapan orang-orang. Kemudian ia shalat dan ia tidak berwudhu.” 70 [4:1] Abu Hatim berkata, “Kata Ash-Shaur adalah sekumpulan pohon kunna.”
صحيح ابن حبان ١١٤٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي عَوْنٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مَرْوَانَ الْعُثْمَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكَلَ كَتِفَ شَاةٍ، ثُمَّ صَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ.
Shahih Ibnu Hibban 1140: Muhammad bin Ahmad bin Abu Aun mengabarkan kepada kami, ia berkata! Abu Marwan Al Utsmani menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdul Aziz bin Muhammad menceritakan kepada kami, dari Musa bin Aqabah, dari Muhammad bin Amru bin Atha, dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah makan paha kambing, kemudian beliau shalat dan tidak berwudhu.” 71 [5:20]