صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #551

صحيح ابن خزيمة ٥٥١: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ، أنا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ، وَأَبُو خَالِدٍ يَعْنِي سُلَيْمَانَ بْنَ حَيَّانَ الْأَحْمَرُ، عَنِ الْعَوَّامِ بْنِ حَوْشَبٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّهُ كَانَ " يَسْجُدُ فِي ص، فَقِيلَ لَهُ، فَقَالَ: {أُولَئِكَ الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ فَبِهُدَاهُمُ اقْتَدِهْ} [الأنعام: 90] ، وَقَالَ: سَجَدَهَا دَاوُدُ، وَسَجَدَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 551: Abdullah bin Said Al Asyaj mengabarkan kepada kami, Hafsh bin Ghiyats dan Abu Khalid —yaitu Sulaiman bin Hayyan Al Ahmar— memberitahukan kepada kami, dari Al Awwam bin Hausyab, dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya ia pemah bersujud saat membaca surah Shaad, kemudian dipertanyakan kepadanya, 'la membaca ayat 'Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk (Qs. Al An’am [6]: 90) Dan, ia berkata, “Nabi Daud bersujud padanya dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga demikian.”691

Shahih Ibnu Khuzaimah #552

صحيح ابن خزيمة ٥٥٢: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ كُرَيْبٍ، وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ، عَنِ الْعَوَّامِ، عَنِ الْمُجَاهِدِ قَالَ: قُلْتُ لِابْنِ عَبَّاسٍ: سَجْدَةُ «ص» مِنْ أَيْنَ أَخَذْتَهَا؟ قَالَ: فَتَلَا عَلَيَّ {وَمِنْ ذُرِّيَّتِهِ دَاوُدَ وَسُلَيْمَانَ وَأَيُّوبَ} ، حَتَّى بَلَغَ إِلَى قَوْلِهِ {أُولَئِكَ الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ فَبِهُدَاهُمُ اقْتَدِهْ} [الأنعام: 90] قَالَ: كَانَ دَاوُدُ سَجَدَ فِيهَا، فَلِذَلِكَ سَجَدَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " نا الْأَشَجُّ، نا ابْنُ أَبِي غَنِيَّةَ، نا الْعَوَّامُ بْنُ حَوْشَبٍ بِهَذَا

Shahih Ibnu Khuzaimah 552: Muhammad bin Al A'la bin Kuraib dan Abdullah bin Said Al Asyaj mengabarkan kepada kami, mereka berkata, Abu Khalid menceritakan kepada kami dari Al Awam dari Al Mujahid, ia berkata, “Aku katakan kepada Ibnu Abbas, 'Bersujud Pada surat Shaad, dari mana engkau mengambil dalilnya?' Ibnu Abbas berkata, ‘Lalu ia membacakan kepadaku, kepada sebagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub' (Qs. Al An'am [6]: 84) hingga firman Allah SWT, 'Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka' (Qs. Al An'aam [6]: 90) ia berkata, Nabi Daud melakukan sujud padanya, karena itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun melakukan sujud'.”692 Al Asyaj mengabarkan kepada kami, Ibnu Abu Ghaniyah mengabarkan kepada kami Al Awwam bin Hausyab mengabarkan kepada kami; dengan hadits ini.

Shahih Ibnu Khuzaimah #553

صحيح ابن خزيمة ٥٥٣: نا بُنْدَارٌ، نا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، أنا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ قَالَ: سَمِعْتُ الْأَسْوَدَ يُحَدِّثُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ " قَرَأَ النَّجْمَ فَسَجَدَ فِيهَا، وَسَجَدَ مَنْ كَانَ مَعَهُ غَيْرَ أَنَّ شَيْخًا أَخَذَ كَفًّا مِنْ حَصًى أَوْ تُرَابٍ فَرَفَعَهُ إِلَى جَبْهَتِهِ، وَقَالَ: يَكْفِينِي هَذَا " قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: فَلَقَدْ رَأَيْتُهُ بَعْدَ ذَلِكَ قُتِلَ كَافِرًا

Shahih Ibnu Khuzaimah 553: Bundar mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Ja’far mengabarkan kepada kami, Syu’bah memberitahukan kepada kami dari Abu Ishaq, ia berkata: aku mendengar Al Aswad menceritakan hadits dari Abdullah, [dari Nabi SAW], sesungguhnya beliau pernah membaca surat An-Najm, kemudian Nabi melakukan sujud di dalamnya dan bersujud pula orang yang sedang bersama beliau, hanya saja terdapat seorang laki-laki tua yang mengambil segenggam kerikil atau debu lalu meletakkannya kedahinya kemudian ia berkata, “Cukup bagiku hal ini” Abdullah berkata, “Aku sungguh melihatnya. Setelah itu ia terbunuh dalam keadaan kufur.”693

Shahih Ibnu Khuzaimah #554

صحيح ابن خزيمة ٥٥٤: نا أَبُو مُوسَى، نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، أنا سُفْيَانُ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى، عَنْ عَطَاءِ بْنِ مِينَاءَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، ح وَحَدَّثَنَا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، ثنا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى، عَنِ ابْنِ مِينَاءَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: «سَجَدْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ، وَإِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 554: Abu Musa mengabarkan kepada kami, Abdurrahman bin Mahdi mengabarkan kepada kami, Sufyan mengabarkan kepada kami dari Ayub bin Musa dari Atha' bin Mina' dari Abu Hurairah, Ha’, Salm bin Junadah memberitakan kepada kami, Waki’ menceritakan kepada kami dari Sufyan dari Ayyub bin Musa dari Ibnu Mina' dari Abu Hurairah, ia berkata, “Kami melakukan sujud bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pada bacaan bismi rabbikalladzii khalag dan idzas-samaa un syaqqat?'694

Shahih Ibnu Khuzaimah #555

صحيح ابن خزيمة ٥٥٥: نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بِشْرِ بْنِ الْحَكَمِ، نا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِي أَيُّوبُ بْنُ مُوسَى، أَنَّ عَطَاءَ بْنَ مِينَاءَ، أَخْبَرَهُ أَنَّهُ، سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: «سَجَدْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ وَفِي اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ» وَزَعَمَ أَيُّوبُ أَنَّ عَطَاءَ بْنَ مِينَاءَ كَانَ مِنْ صَالِحِي النَّاسِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 555: Abdurrahman bin Basyar mengabarkan kepada kami, Abdur-Razaq mengabarkan kepada kami, Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami, Ayub bin Musa mengabarkan kepadaku, sesungguhnya Atha' bin Mina' mengabarkan bahwa sesungguhnya ia mendengar Abu Hurairah berkata, “Aku pernah melakukan sujud bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pada ayat idzas-samaa 'un syaqqat dan pada ayat Iqra' bis mi rabbikal-ladzi khalaq. Ayub berasumsi sesungguhnya Atha' bin Mina' termasuk orang yang shalih. 695

Shahih Ibnu Khuzaimah #556

صحيح ابن خزيمة ٥٥٦: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بِخَبَرٍ غَرِيبٍ غَرِيبٍ، أنا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الدِّمَشْقِيُّ، نا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ ثَابِتٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «قَرَأَ عَامَ الْفَتْحِ سَجْدَةً فَسَجَدَ النَّاسُ كُلُّهُمْ، فَمِنْهُمُ الرَّاكِبُ وَالسَّاجِدُ فِي الْأَرْضِ، حَتَّى إِنَّ الرَّاكِبَ لَيَسْجُدَ عَلَى يَدِهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 556: Muhammad bin Yahya mengabarkan kepada kami dengan hadits yang sangat gharib, Muhammad bin Utsman Ad-Dimasyq memberitahukan kepada kami, Abdul Aziz bin Muhammad mengabarkan kepada kami dari Mash’ab bin Tsabit dari Nafi’ dari Ibnu Umar; Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di saat pembukaan kota Makkah membaca ayat sajadah, kemudian orang- orang melakukan sujud semuanya. Di antara mereka terdapat orang yang berkendaraan dan ada orang yang melakukan sujud di atas tanah hingga orang yang berkendaraan melakukan sujud di atas tangannya. 696

Shahih Ibnu Khuzaimah #557

صحيح ابن خزيمة ٥٥٧: نا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، نا عُبَيْدُ اللَّهِ، أَخْبَرَنِي نَافِعٌ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «يُقْرَأُ عَلَيْنَا الْقُرْآنَ، فَيَقْرَأُ السُّورَةَ فِيهَا السَجْدَةُ فَيَسْجُدُ وَنَسْجُدُ مَعَهُ، حَتَّى لَا يَجِدُ أَحَدُنَا مَكَانًا لِجَبِينِهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 557: Bundar mengabarkan kepada kami, Yahya bin Said mengabarkan kepada kami, Ubaidullah mengabarkan kepada kami, Nafi’ mengabarkan kepada kami, dari Ibnu Umar, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membacakan ayat Al Qur'an kepada kami, lalu beliau membaca suatu surat yang di dalamnya terdapat ayat sajadah, kemudian beliau bersujud dan kami juga ikut sujud bersama beliau sampai salah seorang dari kami tidak menjumpai tempat untuk dahinya.” 697

Shahih Ibnu Khuzaimah #558

صحيح ابن خزيمة ٥٥٨: ناه مُحَمَّدُ بْنُ هِشَامٍ، نا ابْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: «كُنَّا نَقْرَأُ السَّجْدَةَ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَسْجُدُ، وَنَسْجُدُ مَعَهُ حَتَّى يَزْحَمَ بَعْضُنَا بَعْضًا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 558: Muhammad bin Hisyam mengabarkan kepada kami, Ibnu Idris mengabarkan kepada kami dari Ubaidullah bin Umar dari Nafi’ dari Ibnu Umar, ia berkata, “Kami pernah membaca ayat sajadah di sisi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian beliau melakukan sujud dan kami juga melakukan sujud bersamanya hingga kami saling berdesak-desakan.” 698

Shahih Ibnu Khuzaimah #559

صحيح ابن خزيمة ٥٥٩: نا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْمُرَادِيُّ، نا شُعَيْبٌ يَعْنِي ابْنَ اللَّيْثِ، نا اللَّيْثُ، عَنْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ نُعَيْمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْمُجْمِرِ، أَنَّهُ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ فَوْقَ هَذَا الْمَسْجِدِ، فَقَرَأَ إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ فَسَجَدَ فِيهَا، وَقَالَ: «رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ فِيهَا» قَدْ خَرَّجْتُ طُرُقَ هَذَا الْخَبَرِ فِي كِتَابِ الصَّلَاةِ، كِتَابِ «الْكَبِيرِ» ، مَنْ قَالَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَوْ سَجَدْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: وَأَبُو هُرَيْرَةَ إِنَّمَا قَدِمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَسْلَمَ بَعْدَ الْهِجْرَةِ بِسِنِينَ قَالَ فِي خَبَرِ عِرَاكِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: قَدِمَتُ الْمَدِينَةَ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِخَيْبَرَ قَدِ اسْتَخْلَفَ عَلَى الْمَدِينَةِ سِبَاعَ بْنَ عُرْفُطَةَ وَقَالَ قَيْسُ بْنُ أَبِي حَازِمٍ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: صَحِبْتُ النَّبِيَّ ثَلَاثَ سَنَوَاتٍ، وَقَدْ أَعْلَمَ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ وَاقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ، وَقَدْ أَعْلَمْتُ فِي غَيْرِ مَوْضِعٍ مِنْ كُتُبِنَا أَنَّ الْمُخْبِرَ وَالشَّاهِدَ الَّذِي يَجِبُ قَبُولُ شَهَادَتِهِ وَخَبَرِهِ مَنْ يُخْبِرُ بِكَوْنِ الشَّيْءِ، وَيَشْهَدُ عَلَى رُؤْيَةِ الشَّيْءِ وَسَمَاعِهِ، لَا مَنْ يَنْفِي كَوْنَ الشَّيْءِ وَيُنْكِرُهُ وَمَنْ قَالَ: لَمْ يَفْعَلْ فُلَانٌ كَذَا لَيْسَ بِمُخْبِرٍ وَلَا شَاهِدٍ، وَإِنَّمَا الشَّاهِدُ مَنْ يَشْهَدُ وَيَقُولُ: رَأَيْتُ فُلَانًا يَفْعَلُ كَذَا، وَسَمِعْتُهُ يَقُولُ كَذَا، وَهَذَا لَا يَخْفَى عَلَى مَنْ يَفْهَمُ الْعِلْمَ وَالْفِقْهَ، وَقَدْ بَيَّنْتُ هَذِهِ الْمَسْأَلَةَ فِي غَيْرِ مَوْضِعٍ مِنْ كُتُبِنَا. وَتَوَهَّمَ بَعْضُ مَنْ لَمْ يَتَبَحَّرِ الْعِلْمَ أَنَّ خَبَرَ الْحَارِثِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنْ مَطَرٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَسْجُدْ فِي شَيْءٍ مِنَ الْمُفَصَّلِ مُنْذُ تُحَوَّلَ إِلَى الْمَدِينَةِ حُجَّةُ مَنْ زَعَمَ أَنْ لَا سُجُودَ فِي الْمُفَصَّلِ، وَهَذَا مِنَ الْجِنْسِ الَّذِي أَعْلَمْتُ أَنَّ الشَّاهِدَ مَنْ يَشْهَدُ بِرُؤْيَةِ الشَّيْءِ أَوْ سَمَاعِهِ لَا مَنْ يُنْكِرُهُ وَيَدْفَعُهُ، وَأَبُو هُرَيْرَةَ قَدْ أَعْلَمَ أَنَّهُ قَدْ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ سَجَدَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ، وَاقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ بَعْدَ تَحَوُّلِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ إِذْ كَانَتْ صُحْبَتُهُ إِيَّاهُ إِنَّمَا كَانَ بَعْدَ تَحَوُّلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْمَدِينَةِ لَا قَبْلُ

Shahih Ibnu Khuzaimah 559: Ar Rabi’ bin Sulaiman Al Muradi mengabarkan kepada kami, Syuaib - yaitu Ibnu Al-Laits - mengabarkan kepada kami, Al-Laits mengabarkan kepada kami dari Bakar bin Abdullah dari Nu'aim bin Abdullah Al Mujmar, sesungguhnya ia pernah berkata, “Aku pernah melaksanakan shalat bersama Abu Hurairah di atas tempat sujud ini, kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam membaca ayat Idzas-samaa 'm syaqqat kemudian beliau bersujud di dalamnya Dan, Abu Hurairah berkata, 'Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan sujud di dalamnya'.“ 699 Aku meriwayatkan sanad hadits ini —dalam bab: Shalat, kitab Al Kabir— ada seorang ulama yang berkata dari Abu Hurairah; yang isinya, “Aku melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam atau aku melakukan sujud bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pada ayat Idzas-samaa'un syaqqat Abu Bakar berkata, “Abu Hurairah pernah datang menemui Nabi, kemudian ia masuk Islam beberapa tahun setelah beliau Hijrah.“700 Abu Bakar mengatakan dalam hadits Arak bin Malik, dari Abu Hurairah, “Aku tiba di Madinah, sementara Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berada di kawasan Khaibar, dan Syiba bin Urfathah saat itu sedang menjabat sebagai khalifah kota Madinah.“ Qais bin Abu Hazim berkata: Aku mendengar Abu Hurairah berkata, “Aku pernah menemani Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam selama tiga tahun. Aku sungguh telah mengetahui bahwa ia melihat Nabi melakukan sujud saat membaca idzas-samaa'un syaqqat dan iqra' bis mi rabbikal-ladzii khalaq Aku memberikan informasi dan hal tersebut bukan hanya pada satu tempat yang ada pada buku-buku kami bahwa orang yang memberitahu dan orang yang menjadi saksi —adalah yang diterima kesaksian dan haditsnya— dan dia adalah orang yang mengabarkan keberadaan sesuatu serta menyaksikan dan mendengar sesuatu tersebut. Ia bukan orang yang menafikan keberadaan sesuatu dan mengingkarinya. Barang siapa yang berkata, “Fulan tidak melakukan hal seperti ini”, maka ia bukan orang yang mengabarkan dan bukan pula menjadi saksi. Orang yang menjadi saksi adalah yang langsung menyaksikan dan berkata, “Aku melihat fulan melakukan hal tersebut dan aku mendengar ia mengatakan seperti ini.” Hal ini tidak meragukan lagi bagi orang yang mengerti ilmu hadits dan ilmu fikih. Aku telah menjelaskan masalah ini bukan hanya pada satu tempat saja dari buku-buku kami. Sebagian orang yang tidak memiliki pengetahuan mendalam berasumsi bahwa hadits Al Harits bin Ubaid dari Mathar701 dari Ikrimah dari Ibnu Abbas: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sama sekali tidak melakukan sujud pada surat Al Mufashal sejak beliau pindah ke kota Madinah, hal ini sebagai dalil orang yang berasumsi bahwa tidak ada sujud pada surat Al Mufashal. Hal ini termasuk jenis hadits yang aku informasikan bahwa orang yang menyaksikan hadits adalah orang yang melihat secara langsung atau mendengarnya, bukan orang yang mengingkari dan menolak hadits. Abu Hurairah telah memberikan informasi bahwa beliau melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan sujud pada ayat idzas-samaa'un syaqqat dan ayat iqra' bismi rabbikal-ladzii khalaq setelah beliau berpindah ke kota madinah, karena pertemanan Abu Hurairah dengan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam terjadi setelah beliau hijrah ke kota Madinah, dan bukan sebelumnya.

Shahih Ibnu Khuzaimah #560

صحيح ابن خزيمة ٥٦٠: نا بِخَبَرِ الْحَارِثِ بْنِ عُبَيْدٍ مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ، نا أَزْهَرُ بْنُ الْقَاسِمِ، نا أَبُو قُدَامَةَ وَهُوَ الْحَارِثُ بْنُ عُبَيْدٍ، وَرَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ، عَنِ الْحَارِثِ بْنِ عُبَيْدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مَطَرٌ الْوَرَّاقُ، عَنْ عِكْرِمَةَ، أَوْ غَيْرِهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ

Shahih Ibnu Khuzaimah 560: dengan hadits Al Harits bin Ubaid Muhammad bin Rafi’ mengabarkan kepada kami Azhar bin Al Qasim mengabarkan kepada kami, Abu Qudamah mengabarkan kepada kami —ia adalah Al harits bin Ubaid—.702 Abu Daud Ath-Thayalisi meriwayatkan hadits dari Al Harits bin Ubaid, ia berkata, “Mathar Al Warraq menceritakan kepada kami dari Ikrimah dan ulama lainnya dari Ibnu Abbas.”